Penyedia WordPress Hosting – Server WordPress Tercepat (2018)

WordPress hosting

Saat ini kita bisa bilang: tidak ada dua website WordPress di dunia ini yang sama persis.

Jenis WordPress berbagai rupa. Ada toko online, situs 'video streaming', situs review buku teenlit romantik. Tak jarang website WordPress diisi foto liburan - daripada memenuhi hard-disk komputer.

Keanekaragaman WordPress berimbas pada bisnis hosting. Ada bervariasi WordPress hosting dewasa ini. Misal, provider Niagahoster menawarkan hosting WordPress murah ongkos Rp19.800,-/ bulan (alias seharga satu cangkir kopi saja!) Ada juga WordPress hosting kelas bisnis, yang price-tagnya ratusan ribu per bulan. Paket bisnis ini biasanya mencakup fasilitas premium, misal JetPack Professional. Benar-benar kelas WordPress profesional, lah...

Meski variatif, banyaknya pilihan malahan bisa membuat bimbang. Untuk itu, kami mendaftar 5 provider WordPress hosting terbaik di Indonesia.

Berikut ini adalah 5 penyedia hosting terbaik untuk WordPress.

  • SiteGround - hosting WordPress yang sangat solid.
  • InMotion Hosting - provider ideal untuk pembelajar WordPress.
  • DreamHost - direkomendasikan sendiri oleh WordPress
  • ArdHosting - paket cloud hosting WordPress model custom.
  • Niagahoster - berpotensi menjadi teman seperjalanan bisnis Anda.

Mari lihat siapa mereka ini dan fitur apa yang mereka tawarkan.

1. SiteGround

Halaman Muka SiteGroundBatu pondasi hosting yang kokoh.

Harga Mulai: Rp55.000,-/ bulan
Kecepatan: 266ms Uptime: 99,98%

Didirikan pada 2004, SiteGround kini menjadi opsi WordPress hosting yang cukup diandalkan para pemula dan profesional. SiteGround memadukan kualitas customer support WordPress dan sejumlah tools keren.

WordPress sendiri merekomendasikan SiteGround sebagai hosting platform mereka.

Kita perlu mengapresiasi upaya SiteGround dalam membagi ilmu tentang WordPress. Tutorial WordPress mereka mencakup topik 'Cara Install WordPress" hingga 'Cara Tingkatkan Keamanan WordPress.'  Bila itu belum cukup, Anda masih bisa menghubungi ahli WordPress mereka yang memang stand-by 24/7.

Dukungan terbaik di sektor WordPress

CMS WordPress adalah CMS terbaik saat ini. Namun, bukan berarti tanpa suatu kerumitan.

Saya dulu perlu waktu 2 bulan untuk bisa menampilkan sidebar widget dengan benar. Dan tiap pengguna tentu akan memiliki kesulitannya masing-masing. Di sini, SiteGround selalu siap membantu.

Anda bisa kontak via Live chat instan atau panggilan telepon instan. Respon CS SiteGround biasanya hanya butuh waktu 10 menit saja. Dan perlu diketahui, kecepatan respon itu konsisten dipertahankan oleh SiteGround. Maka, jika Anda sangat mengutamakan CS hosting yang responsif, jangan lewatkan SiteGround.

Tools penting dengan harga terjangkau

Hatga paket GoGeek (seharga Rp167.323,-/ bulan) sangat terjangkau. Seakan-akan, harga serupa (dengan kualitas seperti SiteGround) sulit Anda temukan di WordPress hosting lain. Dengan harga segitu, Anda mendapat fitur SuperCacher (kombinasi 3 janis caching: static, memchached dan dynamic) sehingga akses ke website WordPress Anda konsisten ngebut. Ada juga 1 tombol untuk fitur Staging untuk mencek situs Anda pra-rilis. Mudah, kan?

Peminat coding juga mendapat fitur istimewa.

SG-Git adalah fitur SiteGround di mana Anda bisa membuat 'Git repository' . Dengan begitu, Anda bisa menyimpan seluruh kode pemrograman situs WordPress Anda di satu tempat yang integral.

WordPress tools dari Siteground

Sayangnya, paket SiteGround masih memakai shared hosting. Namun, bila Anda ingin membeli IP Address terpisah juga bisa. Harga IP Address terpisah ini Rp.63.000,- per bulan. Sekarang gabungkan biaya itu dengan biaya langganan GoGeek dan Anda sudah mendapat sistem caching, staging yang bagus, Git repository serta IP Address terpisah hanya dengan biaya Rp233..300,-/ bulan. Yeah - investasi yang cukup menguntungkan.

2. InMotion Hosting

Inmotion hosting WordPressHosting ideal bagi yang sedang mempelajari WordPress.

Harga Mulai: Rp41.300,-/ bulan
Kecepatan: 132ms Uptime: 99,89%

InMotion Hosting baru berdiri pada tahun 2001. Namun, berkat customer support yang baik, dan elemen tutorial dalam pelayanan mereka, perusahaan ini telah membantu melatih ribuan pengembang WordPress menjadi profesional berpengalaman.

Mau tahu berapa klaim uptime InMotion? 99,999%!

Provider ini terus berinvestasi pada teknologi hosting terbaru. Termasuk juga komitmen pada pengembangan dan penggunaan software open source. Jika Anda adalah pengembang WordPress, Joomla, b2evolution atau PrestaShop, inilah WordPress hosting yang perlu Anda pilih.

Komunitas pengguna InMotion sendiri cukup solid. Bahkan, host ini mengakui bahwa promosi mulut-ke-mulut ('word-of-mouth') dari kolega atau keluarga menjadi magnet ketertarikan customer baru bagi layanan WordPress hosting InMotion.

Paket WordPress SiteGroundBoldGrid: ideal untuk WordPress

WordPress itu mudah digunakan - namun, sukar dikuasai. Maka, sekecil apapun bantuan pasti akan sangat berharga. Di sinilah peran yang dimainkan InMotion lewat BoldGrid.

Dari berbagai aspek, BoldGrid adalah WordPress dengan beberapa fitur ekstra. Fitur tersebut membuat pengembangan situs yang kompleks terasa mudah. Dan fitur ini juga, barangkali, yang membuat InMotion Hosting menjadi hosting WordPress terbaik bagi pengguna pemula.

Plugin penting untuk berbagai keperluan (seperti SEO, backup hingga untuk keperluan eCommerce) memudahkan rencana-rencana Anda.

Dengan memberi kontrol atas semuanya, BoldGrid hadir lewat metode 'click-and-drag' sehingga Anda makin percaya diri menjadi profesional di bidang WordPress.

3. DreamHost

Direkomendasikan langsung oleh WordPress

Harga Mulai: Rp111.315,-/ bulan
Kecepatan: 747ms Uptime: 99,95%

Jika InMotion bergantung pada promosi penggunanya, dari mulut ke mulut, DreamHost adalah salah satu hosting yang direkomendasikan langsung oleh WordPress.org.

Sejujurnya, tidak mengherankan. Beberapa penyedia layanan WordPress hosting bekerja sekadar untuk menyediakan server dan memastikan mereka bisa menjalankan WordPress dengan baik - tanpa optimisasi yang berguna.

DreamHost sendiri berjalan lebih jauh dan membangun server mereka khusus agar berjalan prima di atas sistem WordPress.

Kekuatan penuh dengan Jetpack Professional

Fitur Jetpack ProfessionalJetpack adalah plugin WordPress yang diciptakan oleh developer WordPress sendiri, yaitu Automattic. Plugins Jetpack memasukkan fitur penting di WordPress.com ke dalam WordPress self-hosting. Pengaruhnya, blog dan website WordPress menjadi lebih cepat dan efektif.

Paket WordPress bernama DreamHost Plus dan Advanced, keduanya managed hosting, hadir dengan plugin Jetpack Professional (seharga total Rp4.186.600,- jika dibeli terpisah).

Apa yang bisa Anda capai dengan Jetpack?

Versi Jetpack ini menyediakan fitur seperti media 'content delivery network' (CDN), sehingga loading gambar dan video lebih cepat tanpa terpengaruh di mana lokasi server Anda.

Ada juga add-on untuk keamanan, monitoring website, formulir kontak pelanggan dan banyak lagi.

Secara umum, Jetpack Professional kurang lebih adalah segala hal yang dibutuhkan sebuah situs WordPress. Dan hal menggembirakan adalah ketika DreamHost memutuskan menggabungkan paket WordPress hosting mereka (DreamPress) dengan salah satu plugin WordPress paling bertenaga yang pernah ada.

Oh, dan satu bonus lagi. Setiap pembelian paket hosting, Anda akan mendapatkan satu nama domain gratis - dengan domain name privacy sudah termasuk dalam fasilitas ini. Ah - apa lagi yang perlu Anda cari?

4. ArdHosting

Halaman Muka ArdHostingCloud hosting ini bisa menyesuaikan skala proyek Anda.

Harga Mulai: Rp25.000,-/ bulan
Kecepatan
: 679ms Uptime: 99,94%

Pada tahun 2000, dunia WordPress hosting Indonesia kedatangan satu lagi pemain tangguh bernama ArdHosting. Merupakan brand image dari PT. Ardh Global Indonesia, perusahaan ini fokus dalam penyedia layanann web hosting dan registrasi domain.

ArdHosting seakan melihat sektor WordPress dengan cukup serius. Ini terlihat dari jumlah tawaran paket WordPress Cloud Hosting mereka yang - coba tebak - berjumlah 10 jenis paket!

Entah Anda mencari shared hosting bagus harga murah atau cloud hosting untuk WordPress - Anda selalu bisa datang ke ArdHosting.

Cloud hosting bagi siapa saja

Cloud hosting membuat Anda bisa memiliki situs lebih cepat dari hosting konvensional. Kecepatan server dan akses data tampak sangat diutamakan provider ini. Data Anda akan disimpan dalam SSD drive (8x lebih cepat dari hard disk biasa), lalu diakses lewat protokol HTTP/2 dan elemen LiteSpeed Web Server (yang diklaim ArdHosting akan membuat loading speed situs WordPress menjadi 50x lebih cepat).

Pilihan paket WordPress Cloud Hosting di ArdHosting

Dan mau tidak mau, ArdHosting membuat siapapun tak mampu menolak tawaran mereka. Mulai paket cloudMax 1 seharga Rp25.000,-/ bulan, Anda masih memiliki 9 opsi lain untuk dipaskan dengan besar proyek Anda. Seperti sebuah equalizer tata suara – Anda atur besaran kapasitas sampai pas, dan WordPress Anda akan bekerja dengan optimal.

WordPress Cloud Hosting dari ArdHosting benar-benar mencerminkan moto mereka: "Reliable, Easier, Fastest."

5. Niagahoster

Niagahoster hosting wordpressTeman seperjalanan bisnis Anda.

Harga mulai: Rp19.800,-/ bulan
Kecepatan: 340 ms Uptime: 99,99%

Dengan Niagahoster, Anda mendapat yang terbaik dari segalanya. Paket web hosting Bayi Rp19.800,-/ bulan bisa jadi titik mulai WordPress hosting untuk bisnis wirausaha atau startup Anda.

Customer support yang siap sedia 24/7, serta control panel yang super mudah, sangatlah membantu pengguna mula. Dan jika bisnis Anda meroket, silakan upgrade ke paket Bisnis dengan mudah.

Performa server yang stabil

Performa website itu sangat penting - dan melebihi segalanya ketika berkaitan dengan jenis situs bisnis. Anda tidak bisa membuat pengunjung Anda menunggu sebuah konten terbuka - jika tidak, pengunjung akan segera meninggalkan keranjang belanjanya segera!

Ini berarti ukuran kecepatan internet hingga tingkat milidetik (!) memberikan perbedaan mencolok. Dan ketika berurusan dengan managemen kecepatan server, hanya sedikit saja yang bisa menyaingi Niagahoster.

Untuk sebuah WordPress hosting Indonesia, loading time di angka 340ms terbilang sangat bagus.

Loading time Niagahoster wordpress

Biasanya, situs WordPress biasa butuh waktu loading 500ms. Di review kami, angka itu menjadi standar dasar. Yang kinerjanya lebih baik dari itu akan kami beri acungan jempol. Yang lebih buruk, mau tidak mau perlu kami beri skor rendah. Nah, berikut hasil tes kecepatan situs WordPress yang ditaruh di server Niagahoster.

Response time Niagahoster

Seperti Anda lihat di gambar, situs WordPress di atas server Niagahoster hanya akan tertawa kecil terhadap kecepatan standar tes kami. Kecepatan server Niagahoster pun konsisten umumnya merespon dengan kecepatan di bawah 400ms. Mereka sangatlah stabil.

Secara umum, kesimpulannya di sini jelas. Situs bisnis yang dijalankan di server Niagahoster akan sangat jarang membuat pelanggannya menunggu.

Jenis Hosting WordPress Mana yang Terbaik?

Memadukan sebuah website WordPress dengan suatu WordPress hosting tidak bisa pakai metode 'gebyah uyah', alias menyama-ratakan. Sistem hosting yang satu mungkin optimal untuk proyek situs web 'video-streaming', tapi terlalu 'kedodoran' untuk website lain. Lalu, bagaimana cara menghindari beli paket hosting yang terlalu mahal untuk situs Anda?

Tips kami mudah saja.

Pertama: Cermati, Anda termasuk level pengguna WordPress jenis apa.

Dari situ Anda akan lebih mengenali tujuan Anda membuat blog/website WordPress. Dan Anda bisa melihat 4 jenis pengguna WordPress pada paparan di bawah ini.

Hosting WordPress terbaik untuk pemula

Hosting wordpress untuk pemula

Aku tidak ingin yang repot-repot. Pokoknya, setelah WordPress dipasang, langsung jalan."

Percobaan pertama saya pada hosting WordPress terbilang hampir gagal. Jangankan paham istilah 'WordPress hosting', cara kerja WordPress sendiri saja sudah bikin saya pusing kepala. Saya tidak tahu cara menciptakan hal-hal keren yang saya lihat di website favorit saya. Dan, masa muda saya bisa habis hanya untuk memahami kegunaan masing-masing tools di WordPress!

Padahal, awalnya saya cuma mau bikin website keren. Dan saya berharap semua berjalan lancar, mulus.

Salah satu bantuan yang saya dapatkan datang dari komunitas pengguna WordPress dan layanan customer support. Mereka selalu ada untuk membantu saya mewujudkan satu dua hal, misalnya, memilih plugin atau bagaimana mengaplikasikan sebuah elemen ke halaman situs. Layanan customer support bahkan telah menyelamatkan situs saya waktu tiba-tiba halaman situs berubah kosong - zonk!

Sejumlah hosting provider punya aspek komunitas yang menghubungkan para penggunanya. Namun, saya pribadi merasa bahwa untuk pemula, tidak ada opsi WordPress hosting yang lebih baik dari yang ditawarkan InMotion.

Contoh percakapan di community Support InMotion HostingAlasan utama saya adalah jaringan tutorial yang luas - tidak hanya soal WordPress tapi juga soal pembuat website secara umum. Halaman Community Support mereka dipenuhi daftar pertanyaan dari pengguna asli seperti kita - dan dijawab oleh komunitas InMotion.

Support mereka juga tersedia 24 jam penuh untuk semua jenis paket. Anda bisa kontak via telepon, Skype, email atau chat ticket.

Dan masih ada lagi satu ujung tombak keunggulan InMotion. Website builder BoldGrid. Aplikasi ini memakai pondasi WordPress dengan metode 'click-and-drag'.

Di sini, membuat halaman situs sama mudahnya dengan mempelajari WordPress dari tingkat dasar.

Hosting WordPress terbaik untuk developers

Hosting wordpress untuk developers

Saya adalah pengembang WordPress: menulis coding dari kemarin malam sampai entah kapan.

Fase coba-coba sudah lewat, dan Anda sudah memakai WordPress secara lebih serius.

Di titik ini, saya sendiri mulai membutuhkan lebih dari sekadar tools dasar. Saya bahkan belum memakai elemen staging atau repositori (yang tersedia dalam aplikasi bawaan WordPress hosting). Apa juga itu 'caching'? (terdengar seperti hewan melata ~ cacing...). Saya masih belum ngeh. Namun, saya ingin belajar lebh lanjut.

Dalam kasus saya, semua kembali pada ongkos dan pemasukan. Mau saya, sih, bisa beli paket hosting WordPress yang cukup gede, berharga ratusan ribu rupiah per bulan, agar bisa menampung sejumlah proyek website berukuran besar. Tapi, duit dari mana? *blink-blink* Tapi ini faktanya. Pada saat itu, awal tahun 2000-an, saya beruntung telah purchase paket shared hosting murah yang cukup baik, yang cukup besar untuk menampung beberapa proyek ukuran sedang. Saya pun bisa hemat ongkos.

Jadi, goal saya adalah mendapatkan fitur hosting sebanyak mungkin, dengan ongkos se-sedikit mungkin.

Best-value hosting

Sekarang, kalau Anda mencari tawaran serupa, maka SiteGround bisa jadi opsi Anda. Tawaran harga mereka bukan yang termurah, tapi tetap merupakan opsi investasi yang menghasilkan banyak keuntungan.

Halaman muka situs SiteGround

Misal, paket GoGeek (harga mulai Rp167.323,-/ bulan) memang setara 12 mangkuk Indomie kornet yang Anda santap tiap akhir pekan, namun, membeli WordPress hosting akan membuat Anda sedikit lebih produktif (dan sehat).

SiteGround sendiri menamai paket ini 'solusi hosting semi-terdedikasi'. Tersedia SSD disk storage di samping fasilitas yang katanya 4x lebih banyak dari paket sejenis di provider lain. Anda juga bakal dapat fitur pro. Ambil contoh 3-layer-caching yang sungguh-sungguh meningkatkan performa situs Anda. Ada juga elemen Git repository yang membuat seluruh coding dan proyek Anda dalam pengawasan yang mudah.

Anda juga bisa mencoba SiteGround Staging untuk melihat situs Anda sebelum dirilis ke publik.

Fitur staging Siteground

SiteGround mengerti betapa krusial masa percobaan ini. Maka, mereka membantu Anda melakukannya lewat akses tombol staging yang mudah ditemukan.

Secara umum, SiteGround adalah tawaran manis bagi para developer. Dan jika ongkos GoGeek masih terlalu tinggi untuk Anda, masih ada sejumlah paket lain yang bisa Anda pillih saat ini lalu di-upgrade di kemudian hari.

Hosting WordPress terbaik untuk agensi

WordPress hosting untuk agensi

Kami menangani proyek besar. Lebih besar dari yang bisa Anda bayangkan

Lumrahnya, pengguna biasa yang tekun akan menjadi pengembang WordPress. Berikutnya, dia akan mulai mencari proyek-proyek besar - yang umumnya dicapai dengan bergabung ke sebuah agensi. Di posisi seperti ini, standar kualitas disetel cukup tinggi dan tidak ada cukup ruang untuk kesalahan. Situasi seperti inilah yang kami jalani dalam website ini.

WordPress hosting biasa tidak bisa Anda serahi proyek sepenting ini. Jjika ada layanan customer support, bantuan mereka harus menyeluruh dan bisa dipahami. Agen CS yang membantu juga harus expert di bidang WordPress. Ini mengisyaratkan bahwa para pengembang WordPress profesional perlu orang-orang yang kemampuannya setara dengan mereka.

Pada level ini, agensi perlu memilih layanan dengan kelas seperti DreamHost atau ardHosting.

Kenapa mereka? Karena semata-mata soal performa!

Halaman muka DreamHostKedua hosting provider tersebut dedicated di bidang hosting WordPress. Mereka juga memakai tools paling wahid dan canggih di industri mereka - seperti, misalnya, tool Jetpack.

DreamHost punya satu hal yang sulit Anda lewatkan: paket Jetpack Professional. Paket ini punya fitur tambahan yang mencakup sangat banyak fitur performa, tools managemen dan template yang profesional.

Jetpack Professional (yang berharga $299 jika dibeli terpisah) memberi proteksi pada kualitas service agensi Anda.

Misal, Anda akan mendapat backup konten rutin dengan ruang simpan tak terbatas. Juga situs Anda akan terus dioptimasi, sehingga selalu ada ketika pengunjung membutuhkan Anda. Dan, jika Anda berencana membeli paket Jetpack, ketahuilah bahwa server DreamHost direkomendasikan sendiri oleh WordPress sebagai server hosting optimal untuk Jetpack.

Hosting WordPress terbaik untuk UKM

Hosting WordPress untuk UKM

Usaha kami baru saja dirintis. Kami perlu mengupayakan segala hal dengan biaya seminimal mungkin.

Ada banyak orang, yang menjalankan bisnis UKM atau startup mereka, bertanya pada saya: WordPress hosting mana yang terbaik untuk mereka? Dan pertanyaan itu membuat saya tertarik. Ini karena bisnis UKM atau startup punya kekhasan tersendiri. Mereka tidak bisa sekadar dimasukkan ke kelompok 'pemula' di bidang WordPress. Di lain pihak, mereka juga jarang yang berencana menjadi pengembang ahli.

Pelaku bisnis cuma berniat memiliki website yang bekerja dengan baik. Misal, bisa jual-beli secara online, mendapat pelanggan milis, atau semata demi mempopulerkan merek mereka.

Untuk pengguna WordPress dengan kebutuhan tersebut, saya sering menyarankan untuk memulai dengan paket murah. Pilih paket web hosting basic dengan banyak dukungan dan kemungkinan untuk meningkatkan paket itu secara lebih premium di kemudian hari.

Di sini, kombinasi layanan paket hosting WordPress Indonesia terbaik dari Niagahoster patut Anda ulik lebih dalam.

Pengakuan atas layanan Niagahoster

Paket medium mereka, paket Pelajar, hanya seharga Rp38.900,-/ bulan - cukup baik, kan? Namun, jangan salah: mereka menawarkan nilai layanan yang tinggi. Fasilitas yang melengkapi paket hosting mereka juga umumnya memuaskan pelaku bisnis kecil.

Tidak cukup? Upgrade saja ke paket yang lebih 'serius' - Personal atau Bisnis - yang sudah memungkinkan Anda membuat situs bisnis atau toko online yang kredibel. Anda bisa lihat bahwa Niagahoster adalah provider yang cocok bagi bisnis kecil maupun besar.

Silakan coba sendiri!

Membeli paket WordPress hosting, dan mencobanya sendiri, adalah cara terbaik untuk mengecek apakah sebuah paket cocok dengan kebutuhan Anda. Bagi kebanyakan orang, membeli paket hosting WordPress memang terlihat 'menyedot isi kantong'. Tapi, Anda tentu bisa sedikit tenang karena terdapat fitur 'garansi uang kembali'. Misalnya, SiteGround punya garansi 30-hari uang kembali. InMotion, 90 hari. DreamHost - 97 hari penuh!

Nantinya, bahkan ketika hosting pilihan Anda tidak sesuai ekspektasi, Anda masih bisa mendapatkan uang Anda kembali. Jadi, bisa dibilang tidak ada ruginya mencoba salah satu dari 5 hosting terbaik untuk WordPress ini.

ProviderCocok bagiHarga MulaiFitur Terbaik
SiteGroundPemula WordPressRp55.000,-/ blnTutorial dan tools premium
InMotion HostingDeveloper WordPressRp41.300,-/ blnBoldGrid web builder
DreamHostAgensiRp111.315,-/ blnJetpack Professional
ArdHostingPeminat cloud hostingRp25.000,-/ blnCloud hosting
NiagahosterUKM dan startupRp19.800,-/ blnCostumer Support 24/7

Dan seperti kami katakan di awal - tidak ada satu paket WordPress hosting pun yang bisa memuaskan semua jenis orang. Tiap pengguna punya kebutuhan khusus yang membuatnya lebih membutuhkan paket ini daripada paket lainnya. Jadi, kami harap artikel kami ini bisa membantu Anda menemukan hosting WordPress yang tepat agar website impian Anda menjadi nyata!

[P.S. Anda barangkali juga mencari hosting WordPress gratis. Meski untuk memiliki situs WordPress sendiri bisa gratis, umumnya tidak ada hosting terpisah yang menggratiskan layanan mereka untuk WordPress. Bila Anda tertarik, Anda bisa melihat alternatif web hosting gratis non-WordPress).

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Leave a Comment

  1. Gunadi Suryo picture Gunadi Suryo
    2018-November-13th
    Balas

    Sy uda pake shared host Hostinger 3 taun belakangan. DIpake buat wordpress lancar-lancar aja. Lumayan, harga segitu dapetnya bagus.

  2. Nurfida Azalia picture Nurfida Azalia
    2018-November-13th
    Balas

    Mas, jetpack di dreamhost itu bedanya apa dengan plugin jetpack essential kalo di wordpress.com?

  3. Refli Warokoh picture Refli Warokoh
    2018-Oktober-31st
    Balas

    Mas, apa Boldgrid itu sama dengan website builder? Kira-kira kalau sama Wix hasilnya lebih bagus mana ya? Saya rencana mau bikin website travel blogging doang sih, tp sambil ada tambahan video-video streaming kayak di youtube

  4. Rika Melati picture Rika Melati
    2018-Oktober-22nd
    Balas

    Ini pendapat saya. WordPress memang lengkap soal fitur, tapi Blogger karena didukung Google, punya masa depan yang lebih jelas. Gampangannya, mana mungkin sih Google koleps? Dan pasti sebagai bagian dari induk, Blogger bakal dapat prioritas dlm hal seo.

  5. Dante Alfonsa picture Dante Alfonsa
    2018-Oktober-8th
    Balas

    Customer support seminggu full on terus… nggak boleh ditawar. Emang ente mau pas lagi enak-enak bobo siang (di pinggir kolam ikan…ea..), tiba-tiba website off. Duhh. Untung ArdHost waktu itu bisa handle…

  6. Noii Sequeira picture Noii Sequeira
    2018-Oktober-8th
    Balas

    Kalau saya lihat, host lokalnya cuma Ard ama Niagahoster. Cm 2 itu kah yg recommended?

Dapatkan posting blog baru melalui email: