5 Aplikasi Web Builder Terbaik – Pilih Yang Sesuai Style Anda!

Kita sudah mengenal website sejak tahun 1989. Dan, 29 tahun evolusi situs web membawa banyak perubahan. Sebagai contoh, evolusi pun sampai ke standar keindahan suatu website. Sekitar, 3,74 milyar pengguna Internet kini bisa menilai mana situs web yang memberi pengalaman baik, juga mana yang memiliki desain yang menarik.

Maka, tidak mengherankan jika 74% pengunjung website menilai kredibilitas sebuah situs web lewat desainnya. Sebenarnya, hal ini tak terlalu menguntungkan bagi pemula, karena desain website yang baik pada dasarnya perlu keahlian pemrograman yang ciamik. Nah, di sinilah sebenarnya peran dari website builder terbaik, yaitu sebagai ‘mesin’ yang membantu orang awam menciptakan website modern.

Mesin? Ya.

Mesin pencipta website, yang tinggal beberapa kali klik, lalu jadi? Yup. Anda tidak salah dengar.

Namun, mesin ini bukan sekadar ‘Abrakadabra! Jadilah website!’ Ia perkakas (‘tools’) yang akan membantu Anda menuangkan imajinasi website Anda menjadi nyata di Internet.

Saat ini makin banyak orang terpikat memakai website builder sebagai platform pembuatan situs web. Fiturnya simpel dan efisien (bahkan dikatakan, Anda hanya perlu 27 menit untuk bikin website dengan website builder terbaik). Dan soal hasilnya, Anda bisa membandingkan sendiri. Beberapa website builder menawarkan rancangan situs web yang modern, personal, dan fungsional.

Itulah kenapa saat ini ada jutaan – ini bukan typo – ada jutaan orang bikin website menggunakan website builder. Dan website builder terbaik tentu memiliki tawaran yang tak seharusnya Anda lewatkan.

Apa itu website builder?

Sederhanya, website builder ini bisa memudahkan Anda menciptakan sebuah situs web! Biasanya ia memakai fungsi klik-dan-geser (seperti memindah ikon folder di layar komputer Anda), sehingga pengguna bisa punya kebebasan kreatif.

Misal, Anda ingin logo Anda muncul di pojok kiri layar? Di aplikasi web builder, Anda tinggal menggunakan mouse Anda untuk melakukan hal itu secara intuitif. Tak perlu belajar pemrograman terlebih dahulu.

Website builder itu setara perbandingan mobil otomatis dengan yang manual. Mereka sama-sama mengantar Anda ke tujuan, tapi mobil otomatis mengurangi jumlah tugas Anda di setir kemudi!

Tentu saja, dalam kasus tertentu, Anda berharap mendapat saran desain website yang lebih baik dari ide Anda sendiri. Asyiknya di sini, website builder terbaik akan memberikan Anda hal tersebut! Ambil contoh Wix. Anda bisa memakai fitur kecerdasan artifisial (‘Artificial Intelligence’, atau AI) untuk mendapatkan personalisasi website yang lebih canggih. Atau Anda bisa langsung ke panel editorial dan membuat konten sesuai gaya Anda! Ini belum menyinggung opsi untuk menulis kode pemrograman, lho.

Website builder membuat hidup jadi mudah, karena beberapa elemen website memang cukup sulit diciptakan jika Anda bukan seorang jago komputer.

Bikin website sendiri itu berat, Mas/Mbak!

Di pikiran kita, sering muncul ide proyek A atau B itu harus terlihat seperti begini dan begitu. Banyak cara untuk mewujudkannya. Beberapa orang menggunakan Photoshop untuk urusan desain; beberapa orang langsung jalan dengan menulis kode pemrograman. Sisanya yang lain, seperti saya, menggambar semua itu di atas selembar kertas. Yang Anda lihat di samping kiri kolom ini adalah draft pertama dari proyek website hosting review ini 🙂

Lalu, saya mencoba mewujudkan gambar tersebut. Dan seketika itu juga saya sadar kalau ternyata prosesnya lebih susah dari yang saya kira!

Contohnya begini. kalau bikin secara manual, Anda bisa menemui kesulitan menaruh sebuah gambar di tempat yang pas. Mengganti background atau membuatnya merespon sesuai yang Anda inginkan juga susahnya greget banget. Bahkan, ada bagian yang perlu software tambahan, juga pemrograman yang berat!

Memang hal-hal tersebut remeh sih. Namun, dalam prosesnya, hal tersebut seringkali muncul, bertambah berat dan membuat migrain saya kumat.

Sementara itu, website builder biasanya hanya perlu pakai pola ‘klik-dan-geser’. Bikin website jadi mirip menggambar di atas selembar kertas.

Sering juga, mesin pencipta situs web ini menggunakan sistem AI yang intuitif. Ia bisa membantu menciptakan website keren, bahkan hanya dengan meminta Anda menjawab sejumlah pertanyaan!

Meski terdengar keren, saya mengakui: menemukan website builder terbaik itu prosesnya bikin pusing. Susah banget.

Website builder terbaik nggak akan menggusur peran developer yang sesungguhnya

Kalau ‘mesin’-nya udah sempurna, pengembang website jadi nganggur, dong?

Di website builder, Anda memang bisa menambahkan sejumlah file dan utak-atik sedemikian rupa sesuka Anda. Namun akses untuk eksperimen, atau opsi membuat/menambah program buatan Anda sendiri, sangat dibatasi di sini.

Kedua, ada sejumlah isu mengenai terbatasnya prasarana. Sebut saja soal jumlah halaman situs yang bisa Anda bikin lewat sebuah akun, data atau bandwidth. Sering banget, satu paket website builder hanya boleh untuk bikin satu halaman web. Ugh.

Ya, untuk bisnis skala kecil, seperti UKM, website tidak perlu pakai banyak halaman; satu saja cukup. Namun, jangan banyak berharap bisa bikin website yang ‘komplit’ dengan halaman-halaman spesifik.

Kalau Anda mau melakukan hal-hal tersebut, Anda mendingan melihat web hosting terbaik, lalu bangunlah website dari awal, dengan kode pemrograman sekalian. Hal ini karena layanan itu bikin Anda bebas bikin apapun yang Anda suka!

“Saat pakai web hosting, Anda perlu sewa ruang server dan mengunduh sejumlah kode pemrograman (‘script’) yang Anda mau. Sebaliknya, website builder adalah secuil perangkat lunak yang telah terinstall di sebuah server yang aksesnya tidak Anda miliki. Anda hanya bisa akses aplikasinya saja.”

Sebelum memulai segalnya, fakta di atas perlu Anda pahami.

Menarik juga mengatakan bahwa website builder tampak cukup mahal. Paket yang paling komplit akan menagih Anda ongkos Rp140.000,- atau lebih per bulannya.

Di awal saya juga merasa ini layanan mahal. Namun, paket ini sudah termasuk ruang server, nama domain, hingga layanan customer support yang memadai. Jadi, harga yang dipatok memang sudah sesuai dengan apa yang akan Anda dapat.

Sekarang, pertanyaannya adalah bagaimana cara menemukan paket semacam itu.

Yang mana sih contoh website builder terbaik?

Setelah kita sepakat sisi untung pakai website builder, saya akan tunjukkan yang berikut ini. Di bawah ini daftar website builder terbaik di luar sana. Yang mereka bikin adalah website yang aduhai dan efisien!

Bagaimana kami mereview mereka?

Di setiap review, kami memulai dengan proses beli paket. Kami diam-diam mendaftar akun di layanan tersebut. Dengan begini, kami bisa bilang kalau kami tidak mendapat ‘perlakuan istimewa’ – misal, privilese dalam customer support> atau performa yang sengaja dibuat melejit. Kami ngetes sebagai user biasa, agar setara dengan pengalaman Anda.

Setelah masuk, tes kami mulai. Riset kami lakukan dengan sungguh-sungguh dan detil. Kami juga berusaha menulis review yang terbaik dan obyektif. Setelah berbagai pengetesan dan pembandingan, kami akhirnya mampu membuat daftar website builder terbaik itu.

Nah sekarang perihal kriteria.

Apa yang kami cari dari sebuah website builder?
Apa yang perlu dimiliki sebuah provider agar produk mereka bernilai bagus?

Jawabannya ada pada 6 pedoman dasar ini.

1. Kalau tidak simpel, lupakan.

Apa gunanya pakai website builder kalau proses bikinnya susah?

Secara umum, website builder terbaik adalah yang bisa dipahami penggunaannya bahkan oleh seseorang yang sama sekali belum paham bahasa pemrograman. Dalam hal ini, perusahaan website builder punya solusi masing-masing. Misal, Anda bisa menggunakan metode ‘klik-dan-geser’ sehingga proses bikin website jadi seperti bikin mainan Lego (menaruh satu elemen di atas elemen lain). Metode yang juga biasa digunakan adalah Artificial Intelligence, atau ‘AI’.

Banyak perusahaan telah bekerja ekstra keras agar builder mereka serba simpel. Kami telah mengetesnya satu persatu, dan membuat evaluasinya dengan sangat teliti – hanya untuk Anda!

2. Hasil desain web mereka sanggup memikat user Anda

Anda dan bisnis Anda berhak mendapat website yang keren!

Dengan website builder yang baik di tangan Anda, Anda nggak akan ketinggalan tren desain terkini. Intinya, mayoritas platform website builder punya belasan atau ratusan template keren dan profesional yang dibuat oleh desainer web kece.

Utak-atiklah template tersebut sesuai kesukaan Anda dan – taraaa! – website Anda sudah keren dan siap diluncurkan. Desain ini adalah bagian penting dari tes kami, karena kami tahu 97% rasa suka pengunjung pada sebuah website didasarkan pada kualitas desain.

Di Web Hosting Terbaik, kami suka sekali dengan template keren. Dan sering sekali, saat menilik desain website builder terbaik, kami melihat sesuatu yang menakjubkan.

3. Opsi untuk eksperimen, agar Anda makin bisa berekspresi

Yup, template memang keren. Tapi kita juga ingat bahwa tiap user itu unik dan punya keinginan khusus!

“Website builder terbaik adalah yang membantu mewujudkan seluruh visi Anda menjadi kenyataan.”

Kami memperhatikan hal ini secara serius. Bahkan, sebagian besar review website builder didedikasikan untuk opsi eksperimen ini. Atau lebih jelasnya – kami mencoba eksperimen ini di setiap platform page builder!

Ini pekerjaan yang tidak gampang, namun, kami terus menantang diri sendiri. Dan, apakah visi kami bisa terwujud via website builder di luar sana? Website builder terbaik bisa melakukannya.

4. Apps – Kami suka apps!

Aplikasi (‘apps’) ada di mana-mana, bahkan di dalam website builder Anda!

Konsep sederhana berupa software yang gampang dipakai dan senantiasa update, akan mampu meningkatkan kualitas halaman website Anda. Pengalaman pengguna, desain, hingga metode penjualan bisa berjalan lebih baik dengan satu software saja.

Kalau website builder memiliki toko aplikasi (atau ‘app store’), urusan akan serupa mengunduh sebuah game ke smartphone Anda. Review kami pun sampai ke aplikasi apa yang bisa Anda download – bila Anda tertarik, teruslah membaca!

5. Website builder terbaik membantu Anda menjual secara online

Tiap transaksi $0.56 di toko riil, dipengaruhi oleh interaksi di dunia digital. Makin banyak pula orang yang membeli produk via Internet. Fenomena global ini belum akan surut dalam waktu dekat.

Lihat saja Google Search Trends untuk frase kata ‘eCommerce’. Anda bisa melihat bahwa hal-hal ini terus bertambah populer!

Anda yang hendak memulai dari nol pastinya tidak ingin tertinggal momentum ini. Di sinilah website builder terbaik bisa membantu. Anda tak sampai berkeringat untuk membuat toko online digital Anda.

Di review website builder kami, tinjauan terfokus pada apakah provider bersangkutan mempersilakan halaman web sebagai toko online. Jika iya, paket mereka bisa jadi kesempatan untuk Anda memulai bisnis.

6. Performa adalah segalanya.

Performa betul-betul faktor kunci website Anda. Tidak ada untungnya punya website keren, tapi jalan seperti siput dan ambruk hanya karena sedikit beban. Faktanya, 64% pembelanja yang punya pengalaman buruk dengan kunjungan online mereka, akan berbelanja di tempat lain. Tentu Anda tidak ingin itu terjadi.

Penyedia layanan website builder terbaik memastikan performa server mereka benar-benar cepat. Secepat petir. Ini agar pengunjung Anda senang dan bisnis Anda pun sukses.

Dalam tes performa, kami hanya menggunakan metode tes yang terbaik dari pihak yang independen. Yakinlah bahwa response time yang muncul di sini mencerminkan performa yang sebenarnya.

Website builders favorit kami

Nah, setelah semua ditimbang-timbang, tidak ada banyak website builder yang masuk ke dalam 6 faktor tersebut. Namun, kami berhasil menemukan dan mereview mereka. Berikut adalah website builder yang unggul dalam 6 faktor tersebut, yang kami pikir berhak mendapatkan waktu dan uang Anda.

Wix

Rating Umum: 9,8
Direkomendasikan bagi: Seniman dan desainer

wix-homepage

Wix adalah satu dari website builder paling populer di dunia. Berfokus pada gaya dan desain, mereka membanggakan ratusan template keren. Wix kini makin diminati dan barangkali menjadi website builder terbaik untuk para seniman dan desainer yang ingin menunjukkan karya mereka secara digital.

Website builder ini adalah website builder unggulan kami, nomor 1. Reputasinya berdasar pada kemudahan penggunaan, template yang keren dan fitur multi guna yang membuat kami terkesan. Berikut fitur favorit kami.


Artificial Intelligence

Template yang keren selalu memukai – namun, apa Anda menolak sesuatu yang lebih personal? Selain bahwa template Wix ada banyak (dibuat ratusan desainer), builder ini juga menyediakan ADI, Artificial Design Intelligence. Sistem ini mengumpulkan informasi tentang Anda, bisnis Anda, skema desain yang Anda suka, lalu menggunakannya untuk merancang website.

App Store Lengkap

Wix App Market menang mudah di aspek pengembangan aplikasi website builder saat ini. Mengakses app store Wix, ratusan program akan tersedia di tangan Anda. Seluruh aplikasi ini siap menjadi ekstensi agar situs Anda keren, fungsional dan loading dengan cepat. SEO, iklan, grafik, daftar email dan banyak lagi – semua itu bisa diakses hanya dengan beberapa kali klik.

Niagahoster

Rating Umum: 9.2
Direkomendasikan bagi: UKM dan Wirausahawan

niagahoster-builderNiagahoster, hosting provider Indonesia IIX, telah dipercaya ribuan developer. Provider ini juga menyediakan koneksi ke web builder Weebly. Dengan begitu, Anda bisa membuat website pribadi, bisnis, ataupun toko online dengan mudah.

Template Weebly fokus pada penataan konten teks. Template blogging beragam (tema desain Bisnis, Portfolio, Personal Event, Blog dan Other). Interface Weebly yang simpel terasa optimal, tanpa ada fungsi yang dikorbankan.

Banyak Pilihan Template

Perhatian. *Ehem*. Setelah kami melanglang buana mencari website builder terbaik, template Niagahoster kami bilang sangat profesional dan menarik. Pilihan template gratis di sini pun tidak kalah dengan yang premium. Tool utak-atik di Weebly pun sangat mudah. Ganti font, header, skema warna dan elemen utama desain website Anda – semua bisa Anda lakukan di website builder Niagahoster.

Customer Support Maksimal

Niagahoster memiliki fitur bantuan pelanggan 24/7 sepanjang tahun. Dengan begitu, Anda akan menjadi prioritas perusahaan server Indonesia IIX ini. Layanan customer support sepanjang hari ini bisa Anda nikmati – tak peduli Anda berlangganan paket Bayi atau Bisnis. Kalau sudah begini, Anda tak perlu khawatir problem teknis bahkan di saat-saat kritis.

Dewapress

Rating Umum: 7.6
Direkomendasikan bagi: blogger

Dewapress adalah site builder milik Dewaweb, hosting provider asli Indonesia. Di site builder ini tersedia 20+ template desain dengan sejumlah kemudahan. Anda juga tidak perlu memahami pemrograman untuk memuli – benar-benar ‘one-click-away’.

Dewapress mengutamakan 3 elemen kunci: performa, efisiensi dan elegance. Panel kontrol desain mereka lengkap dan simpel. Anda juga bisa setting respons desain untuk berbagai platform (desktop, smartphone). Dan pilihan mode drag-and-drop akan membuat semuanya mudah. Berikut aspek menarik lainnya.


Desain Maksimal

Fitur Design & Customization dari Dewapress terbilang cukup lengkap. Selain tersedia Image Editor (di mana Anda bisa melakukan cropping, tambah filter, atur fokus, dan sebagainya), Anda punya akses HTML dan CSS menu responsif dari website Anda. Artinya, Anda bisa mengatur bagaimana website Anda tampil di semua jenis platform: desktop, tablet, atau mobile.

Google Preferred Web Builder

Dewapress adalah salah satu Google Preffered website builder. Artinya, Dewapress sejalan dengan cara kerja Google, si raksasa mesin pencarian, dalam hal optimasi kecepatan loading. Hasilnya adalah setiap website responsif di Dewapress, entah lama atau baru, akan memiliki kecepatan optimal. Tentu Anda bisa membayangkan keuntungan dari fitur ini bagi bisnis Anda, bukan?

Hostinger

Rating Umum: 9,5
Direkomendasikan bagi: mereka yang memprioritaskan performa!

Hostinger Indonesia adalah web hosting murah yang telah dipercaya 29 juta klien. Selain menawarkan performance canggih, Hostinger Indonesia juga dinilai sebagai penyedia Website Builder terbaik 2018.

Web builder Hostinger bisa diperoleh gratis bagi yang memesan layanan hosting murah Premium & Bisnis. Fiturnya menarik: SSL, Domain Gratis, hingga Bantuan Pelanggan 24/7 selama 365 hari penuh. Hostinger Indonesia juga menaruh website Anda dalam layanan cloud hosting mereka. Berikut fitur keren dari Hostinger:

Performa Ngebut

Gabungan kecepatan respons dan konsistensi server (‘uptime’) yang tanpa cacat bisa menggambarkan bagaimana website builder Hostinger diproyeksikan untuk suatu kualitas performa yang optimal. Pengguna web builder Hostinger tak perlu kuatir soal availibility website builder ini. Respon server mereka termasuk yang tercepat – setidaknya di area website builder.

Mudah Digunakan

Interface Hostinger sangat simpel dan optimal. Anda tinggal klik-dan-geser fitur yang ingin Anda pakai di laman situs Anda. Gabungkan kemudahan itu dengan ketersediaan template dan panduan penggunaan, maka Anda akan melihat sebuah website builder yang membuat Anda jatuh cinta. Barangkali via Hostinger imajinasi visual website Anda semakin solid? Coba saja sendiri!

Weebly

Rating umum: 9.0
Direkomendasikan bagi: organisasi dan proyek website khusus

Weebly menjahit cerita menjadi blog atau online store. Interface ‘drag-and’drop’ website builder ini diintegrasikan dengan eCommerce dan tema yang responsif.

Dipercaya 30.000.000 pengguna, Weebly memukau dalam hal desain. Mereka memiliki fitur video background, custom headers, hingga full-width background. Berikut fitur unggulan lainnya.

Performa Mengesankan

Seperti dibilang di atas, performa sangat penting. Weebly tahu hal tersebut – yang bisa terlihat dari kecepatan server perusahaan ini. Di atas kertas, website builder ini mengalahkan kompetitor lain yang kami tes sejauh ini. Weebly cocok untuk mereka yang memerlukan kecepatan ultra-tinggi, yang siap menyambut pengunjung situs web Anda – entah saat siang atau kala dini hari.

Ramah Developer

Meski website builder tidak dikhususkan bagi yang mencari pengalaman pemrograman, bukan berarti Anda perlu ‘gantung komputer’. Via Weebly, para developer tetap bisa bereksplorasi. Anda juga bisa dengan mudah memindah (‘export’) seluruh website ke platform berbeda. Jadi, jika suatu saat Anda ingin migrasi platform, tampilan website via Weebly Anda tidak terciderai.

Waktunya Anda Coba Sendiri!

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat mencari website builder terbaik – misal, harga, fitur, kemudahan penggunaan, customer support dan banyak hal lainnya.

Dalam review ini, kami lakukan yang terbaik dan mengulas semuanya, jadi Anda mendapat gambaran utuh tentang peroleh Anda sebagai pengguna. Setelah ini, saatnya bagi Anda untuk mencoba!

Terbaik UntukFitur TerbaikHarga MulaiRating
WixSeniman dan DesainerArtificial Intelligence
App Store
Rp70.000/bulan
9.8
NiagahosterUKM dan WirausahawanPilihan Template
Customer Support
Rp19.800/bulan
9.0
DewaWebBloggerBanyak Template
Google Preferred
Rp250.000/bulan
7.6
HostingerPrioritas PerformaPerforma Ngebut
Mudah Digunakan
Rp8.739/bulan
7.0
WeeblyOrganisasi dan Proyek WebsitePerforma
Developer-friendly
Rp108.160/bulan
6.0

Hampir seluruh website builder yang kami tes memiliki periode coba gratis (‘free trial’) – atau bisa juga ongkosnya tidak melebihi beberapa puluh ribu per bulan. Pada dasarnya, ada banyak pilihan, dan Anda pasti menemukan yang terbaik. Kami menyarankan Anda untuk mencari dan mencoba sejumlah platform di atas. Siapa tahu, mungkin Anda akan menemukan website builder yang mengubah bisnis Anda menjadi sebuah kisah sukses?

Kalau itu sudah terjadi, kabari kami dengan menulis di comment bawah ini ya! Kami akan senang membacanya!

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Leave a Comment

    TOP 5 WEBSITE BUILDERS

    #1 Wix logo 9.8 Review
    #2 9.2 Review
    #3 7.6 Review
    #4 Hostinger logo 7.0 Review
    #5 weebly logo 6.0 Review

    Get new blog posts by email: