Website Builder Gratis – Bikin Website Tanpa Biaya (2018)

Avatar

Redaksi

0 komentar

2019-Januari-11th

Website builder gratis

Yup, website builder gratis adalah sebuah fenomena. Anda bisa membuat website pribadi, bisnis atau eCommerce secepat Anda menghabiskan makan siang – dan semua itu bisa dinikmati secara gratis! Ini terdengar seperti skak-mat bagi layanan web development konvensional. Dan website builder gratis pun menjadi benchmark metode pembuatan website 2.0.

Berikut adalah rekomendasi saya untuk 5 website builder gratis terbaik.

  • Weebly - website builder gratis SSL certificate
  • Wix - artificial desain intelligence (ADI)
  • Webnode - web builder tanpa iklan
  • SITE123 - optimasi CDN untuk website yang cepat
  • 000webhost.com - hosting gratis website builder

Nah, berikut ini adalah aplikasi website builder gratis terbaik secara lebih detail.

1. Weebly

Halaman muka WeeblyMembangun website impian dengan sangat mudah.

Terbaik untuk: website pribadi-profesional, toko online

Yup, Weebly adalah website builder gratis #1 dalam daftar ini. Aplikasi ini memuncaki kompetitornya, seperti Wix, karena sisi fleksibilitas, keamanan (tersedia SSL certificate yang krusial bagi jenis situs eCommerce) serta harga layanan yang gratis... selamanya.

Fitur Weebly seperti paket mewah untuk sebuah layanan gratis. Hosting gratis. Nama subdomain gratis. Kustomisasi HTML dan CSS (bahkan integrasi elemen paralax yang sangat keren).

Weebly juga memiliki elemen dari aplikasi terbaik – speed (300ms), uptime (~100%), customer support (24/7). Apalagi yang bisa mereka tawarkan?

Personalisasi tanpa batas

Design Interface Weebly

Anda akan menemukan banyak website builder gratis maupun berbayar membanggakan interface ‘drop-and-drag’. Elemen ini membuat Anda bisa menyusun tampilan situs hanya dengan klik sebuah elemen lalu menaruhnya di tempat tertentu dalam halaman situs web Anda.
Itu biasa. Percaya deh...

Maka, ketika Weebly menawarkan interface yang code-friendly – ini baru luar biasa!

Desain template Weebly sudah cukup mengesankan. Namun, dengan Code Editor dan akses ke HTML dan CSS source, seluruh tampilan website lalu bisa ada di genggaman Anda.

Built-in marketing

Pertumbuhan pasar eCommerce telah mencapai level baru saat ini. Dan sepertinya hal ini tidak akan mengalami perlambatan dalam waktu dekat, apalagi bila teknologi internet dan browser terus diinovasi oleh pemain-pemain besar seperti Weebly.

Built-in Marketing Weebly

Weebly mem-branding website builder free mereka sebagai yang paling kompatibel untuk mengurus toko online on-the-go. Anda bisa melakukan seluruh pengaturan toko online Anda via smartphone.

Misalnya, urutkan pajangan produk best seller Anda via smartphone. Tangani jumlah pajak penjualan, jumlah produk di inventori Anda, posisi pengiriman barang - semuanya bisa dilakukan via smartphone.

Weebly bahkan juga diisi strategi marketing digital yang menyesuaikan skala bisnis Anda.

Sudah mendapatkan subscriber? Gunakan fitur email marketing. Ingin terlihat lebih personal? Desain sendiri email yang akan Anda kirimkan ke pelanggan Anda dalam hitungan menit.

Dukungan di bidang marketing ini dikuatkan juga dengan testimoni para pengguna Weebly: "Website builder ini sangat berharap agar Anda bisa sukses. Mereka ingin Anda menjadi bos Anda sendiri."

2. Wix

Halaman muka WixWebsite builder cerdas.

Terbaik untuk: desainer, blogger, website portofolio

Website builder Wix pada 2017 membuat berita dengan mengakuisisi laman seni digital, DeviantArt. Komunitas desainer anggota DeviantArt mulai saat itu bisa mengakses design editor di Wix (dan menciptakan template desain website yang keren).

Di lain pihak, pengguna Wix juga punya akses ke 325 juta karya seni digital yang terhimpun di situs DeviantArt.

Wix tidak berhenti di situ. Ia juga menawarkan pencipta website otomatis dan repositori elemen khas Wix - secara gratis.

Dengan itu Wix menempatkan diri sebagai aplikasi website builder gratis yang solid di berbagai sisi.

Posisinya tak akan goyah bila saja Wix bebas dari banner iklan segede gaban. Well, hal inilah yang akhirnya membuat Wix tergeser oleh Weebly sebagai pemuncak website builder gratis. Iklan memang elemen lumrah dalam layanan gratisan. Namun, proporsi iklan yang melebihi normal tentu akan membuat pemilik situs agak mengernyitkan dahi.

Artificial Design Intelligence (ADI)

Artificial Design Intelligence Wix

Fitur Artificial Design Intelligence (atau disingkat, ADI) adalah kartu As dari Wix. Fitur ini meminta Anda menjawab sejumlah pertanyaan dan -boom! - 20 menit kemudian Anda sudah melihat 3 alternatif desain web dengan nama, gaya desain, dan fungsi yang Anda minta.

Fitur ADI bahkan bisa menyesuaikan tema warna website Anda sesuai logo brand yang Anda unggah.

Semua ini adalah hasil kolaborasi para desainer yang menjadi basis komunitas Wix. Saking bagusnya, jika memakai website builder Wix, anak SD atau nenek Anda pun bakal bisa menciptakan website profesional. Nggak perlu pakai kursus-kursusan!

Apps market untuk segala keperluan

Tak perlu sibuk di hal teknis bila hal itu bisa dikerjakan dengan lebih cepat oleh aplikasi atau plugin. Environment Wix sangat kompatibel untuk hal ini. Alhasil, Anda bisa lebih fokus pada konten website Anda. Bahkan Wix apps market terbilang adalah yang paling lengkap di jajaran industri website builder, entah gratis atau berbayar.

Contoh app di Wix App Market

Dorong rangking situs Anda dengan aplikasi SEO. Dengan mudah Anda bisa meningkatkan integrasi antar-situs (media sosial, situs Anda yang lain) dengan plugin integrasi.

3. Webnode

Halaman muka WebnodeWebsite builder untuk bisnis yang mengglobal.

Terbaik untuk: bisnis kecil-menengah, blogger

Website builder Webnode diluncurkan pada 2008 oleh perusahaan asal Ceko, Westcom.

Dulunya, mereka adalah semacam software house yang membuat website perusahaan. Maka, tidak mengherankan bahwa Anda akan menemukan ­ready-made template yang keren, sehingga Anda hanya tinggal mengganti deskripsi bisnis atau foto background Anda.

Mudah dan cepatnya membuat situs via Webnode (hanya 5 menit!) barangkali menjadikan builder ini salah satu yang paling digandrungi. Lihat saja jumlah pengguna terdaftar yang mencapai 30.000.000 akun.

Anda mungkin juga akan menyukai Webnode karena ia gratis dari ujung ke ujung. Semua fitur, mulai dari website builder, CMS, ratusan template, hosting - semuanya bisa dipakai secara gratis.Webnode juuga bersedia menghubungkan builder mereka dengan nama domain Anda.

Belum ada domain? Anda pun bisa mendaftarkan subdomain Webnode secara gratis.

Fitur multi-bahasa otomatis

Website multi-bahasa Webnode

Desain layanan Webnode berpatokan pada skala bisnis global. Jangan khawatir bila ada pengunjung asing melihat bisnis lokal Anda. Webnode menyediakan 20 bahasa berbeda bagi Anda dan website Anda.

Anda tidak perlu menciptakan halaman berbeda untuk bahasa berbeda. Pengunjung tinggal memilih satu bahasa di drop-down menu website Anda - dan, yup, teks dalam website Anda akan otomatis diterjemahkan ke dalam bahasa tersebut.

Desain rapi, tanpa iklan

Keindahan template website sudah jadi trademark website builder gratis manapun. Tak terkecuali Webnode, yang menawarkan ratusan template untuk jenis website pribadi, bisnis atau online store.

Namun, Webnode punya satu bonus lagi.

Seluruh website yang dibikin lewat website builder ini bebas dari iklan.

Kebijakan tanpa iklan dari Webnode

Tidak ada banner iklan layanan, promosi diskon yang berkelap-kelip, atau apapun. Website Anda akan terlihat bersih.

Keputusan tidak menampilkan iklan adalah hal yang unik. Itulah kenapa pengguna menyukai Webnode, apalagi bila website Anda adalah blog atau website pribadi di mana fokus Anda arahkan pada layanan atau cerita Anda.

Sementara itu, bagi jenis website toko online, Webnode sepertinya kurang direkomendasikan. Pertama, dia tidak menawarkan widget atau aplikasi penunjang eCommerce (bahkan Anda akan sulit menemukan fitur ‘Shopping Cart’). Kedua, desain website Webnode tidak memberi banyak peluang utak-atik bagi pengguna pemula. Anda masih bisa mengedit tampilan atau membagi halaman jadi beberapa bagian via HTML editor – namun, bagi pengguna yang tidak tahu cara melakukan hal itu, dia dipastikan tidak berkutik.

4. SITE123

Halaman muka SITE123Bikin website semudah menghitung 1,2,3.

Terbaik untuk: pengguna pemula, website pribadi, business-card website

SITE123 tidak ingin Anda batal membuat website hanya karena tidak bisa mendesain tampilan dengan baik atau memrogram website tersbut secara rapi.

Anda silakan terus menggenggam ide website Anda di kepala. Biarkan website builder SITE123 membantu Anda mewujudkannya.

Aplikasi ini terbilang sangat simpel. Template website sudah tersedia. Anda tinggal mengganti konten website atau gambar latar. Urusan teknis sepenuhnya menjadi tugas SITE123 sendiri.

Website Anda akan dibuat tampil rapi di semua jenis layar (desktop, smartphone, tablet). Website Anda akan dioptimalkan agar mudah ditemukan di mesin pencarian digital (Google, Bing, dsb).

Serba mudah

Website builder manapun tentu menawarkan cara membuat website yang mudah. Sisi maintenance-nya yang punya tantangan tersendiri. Secara berkala, Anda harus membuat website Anda aktual di mesin pencarian. Anda perlu memastikan bahwa pengunjung situs Anda di Puerto Rico bisa akses situs Anda secepat Anda yang berada di Indonesia.

Mudahnya membaut website di Site123

Loading time adalah tantangan tersendiri untuk sistem self-hosting. Namun SITE123 mengoptimalkan kapabilitas globalnya untuk mendukung Anda.

Untuk mengurangi jeda loading time, website SITE123 disimpan di server jaringan konten (atau CDN, content distribution network) yang tersebar di seluruh dunia.

Pengunjung SITE123 bisa akses secepat mungkin, menyesuaikan kapabilitas titik jaringan terdekat dari mereka.

Akses cepat

Site123 Website builder

SITE123 mengusahakan agar pengalaman mengakses website sama menyenangkan dengan ketika membuat website.

Saya telah mengetes seberapa cepat server SITE123 memproses request dari para pengunjung web. Dan hasilnya berada di kisaran 300ms. Angka ini bersaing ketat dengan website builder Weebly, dan keduanya pun memberikan performa kualitas premium yang membuntuti kualitas server web hosting terbaik.

Apakah Anda menyangka website builder gratis bisa secepat ini?

5. 000webhost.com

Website builder 000webhostPerpaduan website builder dan web hosting gratis.

Terbaik untuk: pengguna pemula, mahasiswa/pelajar

000webhost awalnya muncul dalam daftar web hosting gratis terbaik. Namun, lewat kerjasama mereka dengan website builder Zyro, Anda kini juga bisa membuat website profesional dalam 3 langkah mudah:

(1) pilih template; (2) atur/isi konten atau atau elemen lain sesuka Anda; (3) klik 'Publish'.

Pengguna awam pada umumnya akan sangat terbantu oleh interface builder ini.

Tak perlu pengetahuan teknis, desain atau pemrograman. Anda tinggal klik mouse Anda untuk mengubah tampilan website: klik elemen itu, lalu pindahkan ke tempat yang Anda mau. Seperti memindahkan file di file explorer di komputer Anda, bukan?

Optimasi desain dan SEO

Desain website yang berorientasi pada sistem layar gawai (smartphone/tablet) kini menjadi aspek vital. Google bahkan merangking tinggi website yang ramah smartphone.

Desain responsif 000webhost

Builder gratis 000webhost menghadirkan elemen responsif untuk mengkonversi website Anda. Buatlah website sesuai keinginan, dan lewat 1 kali klik maka aplikasi ini akan mengaturkan penampilan situs Anda di berbagai jenis layar.

Elemen responsif tidak terbatas pada satu atau dua template desain saja. Ada ratusan template website gratis, yang didesain oleh para desainer profesional, dan kesemuanya terlihat bagus dari PC, smartphone maupun tablet.

Template 000webhost juga mengintegrasi pola optimasi mesin pencarian (SEO). Dengan begitu, Anda bisa berekspektasi bahwa website pribadi, blog atau website bisnis Anda akan mudah ditemukan di Google.

Integrasi website yang efektif

Integrasi elemen antar situs atau sejenisnya, membuat website Anda efisien dan atraktif. 000webhost pun telah mempermudah integrasi ini untuk Anda.

Integrasi platform di 000webhost

Hanya dengan 1 kali klik, website Anda akan menjadi partner Google Adsense dan Anda mulai akan mendapat pemasukan dari Google. Satu kali klik lagi, maka website Anda akan dimonitor oleh Google Analytics yang membantu Anda mencermati tren pelanggan Anda.

Elemen multimedia pun mudah diintegrasikan hanya dengan menggunakan mouse Anda. Video Youtube, MP3, atau Google Maps - semua plugin ini bisa Anda tambahkan ke website Anda dengan mudah.

Adanya fitur integrasi media sosial juga nilai plus. Anda bisa menambah tombol share media sosial mayor, seperti Facebook, Twitter atau Google+, sehingga situs Anda makin dikenal di dunia maya.

Website builder gratis benar-benar gratis?

Saya tahu: di luar sana kata ‘website builder gratis' sudah dijadikan umpan oleh para pemasar layanan internet. Buktinya adalah pengalaman saya sendiri. Saya pernah menghabiskan banyak waktu eksplorasi hanya untuk menemukan bahwa yang mereka sebut gratis itu hanyalah trik marketing belaka.

Untung saya belum makan umpannya.

Entah kenapa, di sejumlah situs website builder, Anda akan sulit menemukan informasi berikut:

  • Apakah layanan mereka benar-benar gratis?
  • Berapa jumlah halaman situs yang bisa Anda ciptakan?
  • Apakah Anda sudah mendapat domain atau subdomain gratis?
  • Apakah situs bikinan website builder gratis sudah cukup aman untuk transaksi e-commerce?

Sebuah provider website builder bisa jadi contoh. Meski layanan hostingnya cukup baik, mereka terkesan mem-blow-up kata ‘GRATIS’ di halaman website builder mereka. Aplikasi website builder ini memang gratis dan ada tawaran ‘nama domain gratis’. Setelah ditilik lebih lanjut, kita menemukan bahwa layanan itu mengharuskan kita memiliki domain terlebih dahulu. Domain gratis pun tidak tersedia untuk paket website builder 0 rupiah mereka (‘Domain Connect’).

Lihat, kan? Kata GRATIS mudah sekali membuat kita antusias.

Meskipun penawaran layanan website gratis dipenuhi spanduk ‘GRATIS’ yang tidak benar-benar gratis, Anda jangan lekas putus asa. Saya telah menemukan website builder yang tidak menarik ongkos sepeser pun untuk membuatkan Anda sebuah website.

Kenapa Mereka Jadi Website Builder Gratis Terbaik?

Saya rasa dasarnya jelas, bahwa mereka benar-benar memberikan apa yang mereka promosikan. Tidak ada bualan marketing. Informasi di website mereka bisa dipahami dengan jelas.

Namun, selama beberapa detik ke depan, saya ajak Anda melihat sejumlah elemen website development yang berkaitan dengan layanan website builder gratis terbaik. Mereka adalah:

  • Nama domain/subdomain (domain address) tanpa nama domain/subdomain, website Anda tidak akan bisa online. Ia menjadi alamat resmi Anda, rumah Anda di dunia maya. Maka, pastikan bahwa Anda akan diberi subdomain atau domain gratis ketika membuat website menggunakan website builder tertentu.
  • Hosting service tidak jauh berbeda dengan nama domain, hosting memfasilitasi tempat di mana data-data website Anda disimpan. Tidak seperti menyimpan dokumen Microsoft Office di komputer, sebagai bagian dari cara membuat website, Anda perlu menyimpannya di sebuah server. Website builder gratis terbaik adalah yang menyediakan layanan hosting gratis. Anda tidak harus menyewa layanan hosting mereka secara terpisah.
  • Halaman situs (pages)pada dasarnya, website adalah sekumpulan halaman situs (pages) yang dihimpun di bawah satu nama domain. Fitur ini cukup krusial bersangkutan dengan ia membatasi besaran website yang bisa Anda buat. Ada website builder yang didesain sebagai pencipta website business card (hanya bisa memuat 1-3 halaman), namun, ada juga yang memperbolehkan Anda membuat halaman situs tanpa terbatas jumlah.
  • Transfer situs – layanan website builder umumnya menggunakan environment pemrograman yang unik. Website ciptaan website builder A, tidak lantas bisa dioperasikan di website builder B. Di sini fitur transfer data website antar website builder menjadi layanan penting agar Anda tidak ‘terperangkap’ pada satu platform ketika saatnya tiba untuk Anda berpindah ke layanan lain.

Memperhatikan 4 hal di atas setidaknya akan menghindarkan kita dari menilik layanan yang dipenuhi bualan marketing. Anda juga akan bisa melihat pro dan kontra dari sebuah layanan website builder gratis dan membandingkannya dengan aplikasi lainnya.

Masa Depan Website Builder

Sekitar 10 tahun yang lalu, jika Anda mau bikin website, Anda pergi ke web developer. Mereka tahu cara menulis HTML, membuat desain web keren dan lain-lain. Dan di masa itu, website builder gratis hanya dipandang sebelah mata. Hingga akhirnya teknologi menjadi makin maju. Website builder perlahan-lahan menjadi alternatif jasa web development.

Wix website builder

Apakah website bikinan website builder selalu lebih baik?

Pertimbangannya ada banyak. Jenis website apa yang mau Anda buat (pribadi vs korporat)? Seberapa unik desain website Anda? Untuk publik yang sebesar apa website tersebut dibuat? Nah, untuk itu saya melihat ada 4 elemen pertimbangan sebelum memilih website builder gratis.

Saya mengkomparasi produk, perkembangan teknologi dan keunggulan dari web builder vs jasa konvensional.

DESAIN

Desain website

Tren desain website telah beralih dalam beberapa tahun terakhir. Dulu, tren desain mengedepankan kreativitas dan brand yang unik. Di sini keahlian desainer profesional yang disewa secara project-based akan menghasilkan buah yang diharapkan. Namun, penekanan saat ini berpindah pada kegunaan dan familiaritas. Di sinilah website builder menempatkan perannya.

Tentu, ada sejumlah brand yang bekerja keras untuk menciptakan desain web yang unik. Namun, mereka tidak mewakili keseluruhan industri website. Contohnya begini, apakah website milik suatu firma hukum memerlukan desain kontemporer, edgy dan ngetren? Niche ini justru lebih membutuhkan website yang cepat, konten lengkap, dan memiliki sitemap yang mudah dieksplorasi.

Maka, ini bukan semata-mata desain web yang unik. Saat ini, orang mencari desain yang efektif. Dan hal itu bisa disediakan oleh aplikasi website builder pada umumnya.

INTEGRASI

Integrasi platform

Era ‘the internet of things’ sudah meresap ke ruang sehari-hari kita. Kita memakai Google Calendar yang otomatis mencatat jadwal meeting yang masuk ke inbox Gmail. Aplikasi olahraga bisa mencatat seberapa jauh kita berlari – dan entah berapa jauh Anda telah berlari, hasilnya bisa Anda unggah ke media sosial Anda. Itulah yang disebut integrasi.

Teknologi website builder juga mengadopsi hal serupa. Situs web saling terhubung sehingga penampilan konten, sharing, makin dimudahkan. Wix App Market adalah contoh yang impresif di bidang integrasi dan fungsionalitas website builder. Anda akan bisa melihat bahwa layanan web development akan sulit menyaingi kapabilitas website builder gratis dalam hal harga dan kecepatan produksi.

HARGA

Penawaran HargaPerkembangan skema dan desain perangkat lunak menjadi batu pijakan evolusi teknologi dari website builder. Intinya, aplikasi ini bisa menangani prasyarat dasar dari situs web yang performatif – mulai dari optimasi mesin pencarian (SEO), desain responsif, hingga representasi visual yang lebih profesional. Sekitar 10 tahun lalu, hanya perusahaan custom web development yang bisa memberikan value tersebut. Kini, aplikasi website builder telah sanggup menawarkan hal yang sama – dengan fleksibilitas yang lebih variatif..

Perusahaan website builder berhasil menawarkan platform harga yang sangat kompetitif. Dan hal ini telah mengubah ekspektasi industri – dan kita semua sebagai pengguna layanan ini.

Tidak sedikit website modern yang didesain untuk kebutuhan dasar. Lihatlah, situs toko online multi-nasional, perusahaan transportasi udara. Namun, di luar itu, situs-situs sederhana masih bertaburan. Ketika website builder gratis saja bisa mengurus pemrograman secara otomatis dan menawarkan value yang sama seperti jasa pembuatan web, orang-orang tidak akan abai. Buat apa bayar mahal-mahal, kalau website gratis dari website builder sudah cukup?

CUSTOMER SUPPORT

Customer support

Pemrograman dan bahasa komputer itu baru satu elemen dari pembuatan website. Agensi dan jasa pembuatan web umumnya adalah ahli di bidang web development. Mereka memiliki lini bisnis konsultasi berisi repositori best practice di elemen online marketing, targetting, dan sebagainya.

Website builder gratis, saya lihat, berusaha masuk ke ranah tersebut. Aplikasi builder kini sudah bisa menangani strategi user experience, otomatisasi e-mail hingga pengumpulan statistik website (atau analytics).

Meskipun Anda tetap yang memegang kendali situs Anda, namun, mereka bersedia membantu secara teknis.

Saya juga melihat bahwa kategorisasi template memiliki value tersendiri. Anda tidak perlu susah-susah riset pola interaksi pengunjung situs, entah situs e-commerce atau blog. Website builder telah mengelompokkan tema desain mereka sesuai pengalaman mereka berkutat di dunia website selama bertahun-tahun. Anda bisa menggunakan pembelajaran mereka secara cuma-cuma.


Avatar

Written by Redaksi

Didirikan oleh para pengguna web hosting sama seperti kamu, redaksi webhostingterbaik.id terdiri dari berbagai kalangan profesional yang mencintai satu hal yang sama, yaitu memanfaatkan internet sebagai media berbagi kebaikan seluas-luasnya. Tak perlu mentraktir kopi, redaksi sudah sangat bahagia ketika kamu dan pembaca lainnya benar-benar menemukan apa yang dibutuhkan di sini.

Disclosure :

Our reviews include affiliate links and if you choose to buy a product, you help support the running of this blog. However, we are not sponsored by any of the providers so we can keep our reviews honest and transparent. Read more...