Web Hosting Gratis – Bikin Website Dengan Ongkos Nol Rupiah

Jaman internet itu era wolak-waliking jaman. Namun, juga… jaman gratisan. Web hosting gratis adalah buktinya. Sekarang, tidak hanya akses konten yang digratiskan (lihat media sosial, Youtube, berita online) – alat buat bikin websitenya pun juga ikut digratiskan.

Pilihan web hosting gratis – entah yang hanya hosting, atau yang hosting ‘berhadiah’ website – ini memakan biaya yang jauh lebih minimal dari era tahun 2000an. Bahkan tidak mustahil, biaya bikin website, atau biaya memiliki hosting, bisa benar-benar nol rupiah.

Aha, Masuuuk Pak Ekooo!

Web hosting gratis

Anda nggak ja’im kan kalau soal gratisan? Pendapat pribadi saya, nih, – web hosting gratis tetap merupakan pilihan masuk akal kala budget mepet dan proyek Anda adalah proyek jangka pendek atau sementara.

Memang, sih, Anda pasti menyadari kalau penyediaan jasa itu menimbulkan ongkos. Misalnya, kalau ada yang menyediakan web hosting gratis, apa penyedia jasa ini nggak merugi? Nanti saya tunjukkan, bahwa tiap pilihan – ada (1) website builder gratis; (2) web hosting gratis – punya cara masing-masing menanggapi pertanyaan tersebut.

Namun ada 1 hal yang perlu saya sampaikan di awal. Sejumlah pengguna sering merasa dikibulin penyedia hosting gratis. Ada yang sewot servernya lemot, iklannya seperti reklame di perempatan traffic light, dan lain-lain. Sekali lagi saya pastikan, ini soal perspektif.

Anda perlu paham tawaran dan batasan dari web hosting gratis. Barulah Anda akan bisa mengukur untung-rugi opsi ini bagi proyek Anda.

Sumber layanan web hosting gratis

Oke, kita langsung mulai saja…

Bagaimana cara mencari web hosting gratis? Saya akan pilih metode ‘online searching’ via mesin pencarian Google. Cara ini paling praktis dan bisa Anda lakukan tanpa perlu ke mana-mana.

Ada 2 sumber web hosting gratisan yang bisa ditemukan secara online:

  • Website Builder. Situs seperti Wix, Weebly dan Webnode memberi Anda ruang (‘disk space’) untuk diisi situs web Anda. Bagi Anda yang belum tahu, website builder ini juga akan membantu Anda membuat web dan mengolah tampilannya.
  • Web Hosting. Provider seperti 000webhost dan Awardspace adalah web hosting service yang memberi disk space dan prasarana hosting secara gratis. Di sini, Anda bebas memilih ‘software’ konten Anda (misal, WordPress, Joomla, atau Drupal) yang batasan pengaturannya relatif lebih luas dari website builder.

Kita akan melihat keduanya secara lebih terperinci, dimulai dari website builder – pilihan hosting gratis yang melengkapi aplikasi pembuatan website instan.

Website builder – hosting gratis, sekalian dapat website

Kita akan memulai dengan menyamakan pemahaman soal baik-buruknya suatu layanan.

Web hosting gratis terbaik adalah yang berperforma baik, sesuai dengan kebutuhan Anda, serta konsistensinya dapat diandalkan.

Laman website builder gratis WixDengan berpedoman statement tersebut, saya cukup yakin website builder gratis adalah layanan nol-rupiah yang tak patut untuk dilewatkan.

Website builder Wix, misalnya, adalah solusi instan dan mudah bagi siapapun yang sangat awam perihal cara membuat website. Aplikasi pembuat website yang bisa diakses secara online ini juga langganan usaha kecil menengah (UKM) dan wirausahawan muda.

Anda sama sekali tidak perlu mahir bahasa program komputer. Dan, ajaibnya, lewat algoritma dan template design yang disediakan, website Anda akan sanggup diselesaikan dalam waktu maksimal 25 menit.

Bagaimana aspek hosting dari website builder?

Laman website builder gratis WeeblyPada dasarnya, website builder gratis menawarkan cara membuat website yang praktis. Maka, tidak heran jika kapasitas hosting yang disediakan relatif kecil, cukup untuk menjalankan 1 website.

Kapasitas data storage agak beragam. Wix dan Weebly sama-sama menyediakan kapasitas ruang 500MB. Sementara, Webnode membatasi storage kurang dari 100MB.

Lalu, dalam hal bandwidth, Weebly menawarkan bandwidth tak terbatas; Wix, 1GB; dan Webnode lebih kecil dari itu.

Terserah bagaimana Anda menyikapi ketiga pilihan tersebut. Mereka adalah layanan website builder gratis terbaik saat ini.

design interface dari weeblyPerlu juga disampaikan bahwa elemen hosting ini hanya disediakan untuk website yang dibuat di platform website builder (dengan subdomain, misal www.kitaindonesia.wix.com). Website Anda, dan domain Anda yang didaftarkan di tempat lain, tidak bisa menggunakan aspek hosting ini secara terpisah.

Dari sisi hosting, tawaran website builder gratis memang sangat terbatas. Bayangkan seberapa cepat kapasitas disk storage Anda habis jika situs Anda adalah e-commerce atau toko online dengan gambar resolusi tinggi.

No-Ads policy dari WebnodeBelum lagi soal iklan. Website builder gratis mencari penghasilan dengan memasang iklan di situs Anda, misalnya Wix dengan “Wix Brand Ads”. Sejauh ini baru website builder Webnode yang sama sekali tidak memasang iklan (‘No Ads policy’) dan lebih berstrategi mengecilkan kapasitas hosting yang bakal Anda terima.

Saya tidak ingin terlalu melebihkan sisi lemah website builder gratis di sini. Tapi, opsi ini sangat terbatas dalam hal hosting. Pertama, Anda tidak bisa migrasi server dari layanan ini, kecuali Anda mau membayar. Kedua, Anda tidak dapat melakukan backup data.

Skenario terburuk dari memakai website builder gratis berpusar pada ketidakpastian. Bagaimana jika Anda ingin pindah server, apakah data Anda bisa ikut dipindah? Lalu, tanpa fitur backup, siapa yang akan menggaransi bahwa data Anda tidak hilang?

Interface desain dari WixWebsite builder gratis adalah aplikasi praktis dan desain web buatannya terlihat profesional. Namun, saya akan lebih merekomendasikan pilihan gratis ini untuk proyek-proyek non-komersil atau sebatas situs landing page di mana Anda menampilkan identitas bisnis Anda.

Proyek komersil atau jangka panjang akan lebih menguntungkan memakai website builder terbaik yang berbayar. Atau, bisa juga, memakai web hosting gratis – yang akan kita bahas pada bagian berikut ini.

Web hosting gratis – rasa berbayar, ora sah ‘mbayar

Pemilihan subjudul di atas bukannya tanpa alasan. Hosting web gratis dari sejumlah provider web hosting tidak lantas melucuti fitur penting dari layanan hosting kebanyakan.

Panel web hosting dan website builder 000webhostPanel kontrol 000webhost.com bisa dijadikan contoh. Lihatlah fitur panel hosting gratis tersebut yang memuat elemen premium dari hosting berbayar.

Anda bisa install sistem manajemen konten (CMS) WordPress, Joomla, Drupal, Magento atau apapun. Anda juga bisa menggunakan aplikasi website builder yang Anda rasa paling praktis dan hasilnya bagus. Bahkan, Anda bisa mengunggah website dengan domain Anda sendiri.

Mungkin di benak Anda muncul pertanyaan: jika provider hosting bisa meraup uang dari menjual layanan hosting, kenapa mereka malah menggratiskannya?

web hosting gratis 000webhostJawabannya sangat bervariasi. Namun, pada dasarnya, web hosting gratis ditawarkan sebagai kesempatan belajar bagi pengelola situs web yang masih minim pengalaman.

Customer diperbolehkan mencoba fitur lengkap dari hosting ini sembari mereka belajar. Dari sini nantinya akan tumbuh loyalitas brand.

Maka, tidak heran bila opsi ini juga dibarengi dengan adanya komunitas pengembang dan database tutorial yang lengkap.

Tak perlu berlama-lama lagi. Berikut 5 provider web hosting gratis yang saya rekomendasikan pada Anda:

1. 000webhost

Sebagai satu provider web hosting gratis terbaik, 000webhost hadir dengan tawaran pengalaman eksplorasi situs web bagi pemula. Oleh provider ini, Anda diberi akses menuju tutorial WordPress 000webhost, yang kontennya menuntun Anda A-Z hingga sukses.

Pengalaman premium web hosting gratis webhost tidak berhenti di sini. Anda akan mendapat sertifikat SSL Let’s Encrypt, ruang simpan data 1 GB SSD dan 10GB batas traffic ke website Anda (‘bandwidth’). Anda punya lebih dari satu web? Provider ini memperbolehkan Anda hosting 2 situs web sekaligus – tanpa ada biaya tambahan.

2. IndoWebsite

IndoWebsite punya mimpi akan adanya lebih banyak konten lokal asli Indonesia di dunia Internet. Mereka berinisiatif menawarkan web hosting gratis dengan lokasi pusat data (‘data center’) di Indonesia, serta layanan yang gratis selamanya. Anda juga akan difasilitasi fitur standar web hosting: cPanel, PHP, dan MySQL dengan sistem operasi CloudLinux OS.

Namun, fasilitas paket hosting gratis harus berhenti di situ. Anda harus beli domain di IndoWebsite agar bisa mendapat hosting gratis. Dan meskipun, customer support via website cukup responsif (24 jam), proses pendaftaran hosting gratis di IndoWebsite cukup berbelit. Ini menurunkan poin performa provider ini secara umum – yang mana sangat disayangkan.

3. FreeHostia

FreeHostia membuat statemen berani dengan menyebut diri ‘surga hosting di Bumi’. Selain memiliki sejumlah paket web hosting premium (bernama Watercircle, Lovebeat, Wildhoney, dan Supernatural), hosting ini juga menawarkan cloud hosting gratis.

Cloud hosting berarti alih-alih disimpan di satu server, data Anda di-enkripsi dan diletakkan di sejumlah pusat data. Sangat menarik bahwa ada perusahaan yang menawarkan layanan ini secara gratis.

Namun, di sini ada keterbatasan fitur. 6GB bandwidth dan 0,25GB ruang data tak terasa melegakan, demikian juga dengan batasan file ter-upload harus di bawah 500kb. Meski Anda bisa hosting hingga 5 domain, di layanan ini Anda tidak akan mendapat domain gratis.

4. FreeHosting.com

Masih fresh setelah mengalami perombakan desain, FreeHosting.com punya tawaran cPanel hosting gratis. Tapi semua tidak selesai di situ – Anda akan dapat fitur cloud backup, FTP, DNS hosting dan domain berbayar.

Registrasi di FreeHosting.com juga simpel. Anda bahkan bisa daftar pakai akun Facebook. Lalu, saat masuk – whoops! – Anda akan melihat paket ini menyediakan storage 10GB dengan bandwidth 250GB! Bikin kita bisa kipas-kipas santai, ya kan?

Hanya saja, provider ini belum akan memuaskan Anda dalam hal kecepatan server. Tingkat laju data mereka masih jauh dari ideal.  Tapi, toh, bila kecepatan data tidak masalah bagi Anda, provider ini adalah layanan yang cukup keren.

5. AwardSpace

AwardSpace adalah bagian dari grup AttractSoft yang berpusat di Jerman. AwardSpace ini sendiri adalah subsidiari grup web hosting tersebut di ceruk pasar web hosting gratis.

Di sini Anda akan mendapat paket layanan hampir mirip dengan paket berbayar. Storage 1GB, bandwidth 5GB, ruang hosting untuk 1 website dan 3 subdomain – satu paket yang solid untuk web hosting gratis. Anda pun bisa upgrade paket ini menjadi berbayar untuk mengaktifkan sejumlah fitur.

AwardSpace sendiri punya penekanan pada bidang perangkat lunak (‘software’). Aplikasi auto installer perusahaan ini, bernama Zacky, memiliki sejumlah script template untuk blog, situs pendidikan, toko online dan banyak lagi. Hasil desain situs web Anda akan tampak seperti layanan web hosting berbayar.

Untuk mempermudah pilihan Anda, berikut tabel evaluasi performa provider web hosting gratis terpopuler saat ini. 000webhost unggul berkat panel admin yang rapi, domain gratis, fitur tutorial dan tentunya, kecepatan server yang top. Yang lain cukup tertinggal di belakang, meskipun Anda tetap akan mendapat beberapa tawaran menguntungkan.

NoNama ProviderKecepatan  ServerDisk SpaceBandwidthDomain
1000webhostA+1GB10GB2
2IndoWebsite *0,1GB100GB1
3FreeHostiaB+0,25GB6GB5
4FreeHostingC+10GB250GB1
5AwardSpaceC+1GB5GB1

Kami tidak bisa menilai kecepatan server IndoWebsite karena terkendala Terms & Service provider tersebut.

Kesimpulan

Hosting gratisan dari website builder gratis dan web hosting gratis memiliki untung-rugi tersendiri. Anda perlu melihat paket yang ditawarkan secara detail, misal soal bandwidth, disk space, memory hingga jumlah domain yang bisa terhubung lewat satu akun.

Secara kegunaan, dua opsi di atas punya titik tawar tersendiri. Website builder gratis ideal untuk proyek UKM berupa landing page mengenai identitas bisnis. Sementara, web hosting gratis cocok untuk keperluan pembelajaran mengelola website.

Jangan berhenti di sini juga. Barangkali solusi Anda ada pada layanan web hosting berbayar? Sekarang saatnya melihat daftar kami untuk rekomendasi web hosting terbaik (2018).

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Dapatkan posting terbaru :