Web Hosting Gratis – Bikin Website Dengan Ongkos Nol Rupiah

Kecuali Anda tinggal di hutan terpencil 5 tahun belakangan, Anda tentu telah tahu bahwa Internet menyediakan bermacam hal secara gratis. Sebut saja media sosial, berita, hingga layanan putar lagu – semua tinggal daftar, lalu putar. Gratis. Begitu juga untuk urusan bikin situs web. Anda punya opsi web hosting gratis yang akan memampukan Anda punya website dengan biaya yang sangat minimal, bahkan nol rupiah.

Tentu tidak ada yang salah dengan hal-hal bersifat gratisan. Iya, kan? Jika Anda bisa menggunakannya untuk memangkas pengeluaran, mengapa tidak?

ikan-gratis
Ibarat ikan, kalau di sungai saja ada, kenapa harus beli yang di pasar? Begitupun, web hosting gratis adalah ‘ikan’ yang perlu Anda cari dengan sabar.

Menggunakan web hosting gratis kerap jadi pilihan jitu jika dana yang dimiliki terbatas. Di sisi lain, mungkin proyek website tersebut hanya bersifat sementara. Atau Anda hanya sekadar ingin coba-coba bikin situs web. Masa depannya masih belum bisa ditengarai akan bertahan lama atau tidak. Untuk alasan-alasan ini, web hosting gratis adalah pilihan aman.

Terdengar asyik dan menjanjikan, ya? Nah, kini saatnya Anda perlu tahu satu fakta: opsi web hosting gratis sering dianggap ‘perangkap’ belaka, yang membujuk pengelola situs web yang ingin berhemat. Tak jarang, peminat jenis layanan ini merasa dikibulin karena baru tahu ‘isi’ paket layanan semacam ini ketika web hosting sudah dijalankan. Misal, web hosting gratis tertentu ternyata memiliki kecepatan server yang lambat. Situs Anda bisa jadi juga dipenuhi iklan. Dan ini masih bisa lebih buruk lagi.

Seperti pepatah lama, “Ada harga, ada rupa,” hal yang didapat dengan cuma-cuma tentu keuntungannya tidak seberapa. Namun, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan optimal dari opsi ini dengan mengetahui lebih dulu apa isi dari paket layanan web hosting gratis. Anda bisa memilih paket layanan yang paling sesuai kebutuhan Anda.

Itulah yang akan Anda baca dalam artikel ini.

Sebagai tips singkatnya, begini arah kompas yang perlu Anda tuju:

Web hosting gratis terbaik adalah yang berperforma baik, sesuai dengan kebutuhan Anda, serta konsistensinya dapat diandalkan.

Sekarang kita akan menilik sejumlah penyedia web hosting dan juga produk mereka. Secara mendasar, saya akan membandingkan dan menunjukkan perbedaan layanan mereka, sehingga di akhir uraian ini Anda akan sanggup membuat keputusan mengenai pilihan layanan yang tepat bagi proyek situs web Anda.

Jenis Layanan Hosting

Saat mencari web hosting gratisan secara online, Anda akan menemukan dua jenis layanan berikut.

  • Website Builder. Mereka memberi Anda ruang untuk membuat situs web secara gratis. Namun, ini terbatas pada pembuatan tampilan website, dengan fasilitas terbatas (dan tidak termasuk pilihan hosting server). Contoh untuk opsi tersebut adalah Wix, Weebly, dan Bravenet.
  • Web Hosting. Selangkah lebih jauh dari opsi pertama, di layanan ini Anda boleh memilih sistem pengelolaan konten pilihan yang anda gunakan (misalkan, WordPress, Joomla, atau Drupal). Anda juga akan mendapatkan prasarana guna membangun situs web Anda, misalkan ruang simpan data (disk space) hingga fleksibilitas tampilan website. Layanan ini, sebagai contoh, disediakan oleh 000webhost dan Awardspace.

Mari tinjau kedua layanan di atas. Khususnya, kita nanti akan melihat apa sebenarnya yang akan kita peroleh dari pilihan ‘web hosting gratis’ yang cukup populer saat ini. Dari situ, nanti Anda bisa menentukan layanan mana yang paling cocok Anda beli.

Eh, ini gratis ya?

Maksud saya, layanan web hosting mana yang akan memberi Anda keuntungan paling optimal.

Situs Web Instan Dengan Website Builder

Layanan penciptaan situs web (‘website builder’), seperti Wix yang gambarnya tertera di atas, adalah solusi ringkas bagi pemula di bidang pembuatan situs web.

Di awal 90-an, saya pernah menggunakan website builder sejenis, yaitu freewebs.com (sekarang dikenal dengan nama webs.com). Di situ, Anda akan dibuatkan situs web oleh ‘mesin’ website builder ini. Anda sama sekali tidak perlu mahir bahasa program komputer. Namun, di sini pilihannya juga tidak banyak. Anda hanya bisa memilih dari pilihan desain (‘template’) bawaan pabrikan, yang kemudian Anda isi konten sesuai keperluan Anda.

Meski simpel, tidak semua orang menikmati hal ini! Sejumlah orang berharap bisa dapat ruang eksperimen lebih luas, bisa mengutak-atik lebih banyak elemen, atau ingin bebas memilih sistem manajemen konten (CMS) tertentu, seperti WordPress. Bagi sejumlah orang tersebut, website builder bukan ‘mainan’ yang keren. Mereka ingin dapat memajukan keterampilan dalam membuat halaman web yang lebih profesional.

Perusahaan besar jarang sekali pakai website builder. Hanya sejumlah bisnis kecil menengah (UKM) dan wirausahawan yang kerap memilih opsi ini. Walau begitu, website builder yang bagus biasanya berbayar. Dan itu otomatis ada di luar misi kita sekarang, yaitu mencari sesuatu yang benar-benar gratis. Maka, muncullah satu pertanyaan.

Ada Tidak Website Builder Gratisan?

Jawaban cepatnya, ada.

Wix, Weebly, Bravenet dan sejumlah penyedia website builder lain menawarkan medium gratisan agar Anda bisa punya website sendiri. Namun, di sini hanya ada secuil kapasitas penyimpanan data (‘storage’). Misalnya, Wix dan Weebly masing-masing menawarkan kapasitas 500 MB, sementara Bravenet hanya 50MB (alias 40x lebih kecil dari disk storage website normal yang umumnya 10-20GB). Lalu dalam hal lalu lintas data, Bravenet menawarkan patokan (‘bandwidth’) 3GB; Weebly menawarkan bandwidth tak terbatas; dan Wix – 1GB.

Terserah bagaimana Anda menyikapi ketiga pilihan tersebut. Mereka adalah layanan hosting web gratis terbaik saat ini. Anda tentu bisa melihat bahwa pilihan ini serba terbatas. Lupakanlah mimpi menyimpan gambar atau file video di situs web Anda. Pilihan ini juga beresiko boros kapasitas jika situs web Anda adalah situs e-commerce atau toko online dengan tampilan gambar resolusi tinggi.

Ada hal lain lagi yang perlu dipertimbangkan. Situs bikinan website builder akan disisipi iklan, bahkan setelah Anda membayar, karena begitulah cara penyedia jasa mendapatkan penghasilan (dengan iklan). Salah satu contohnya adalah iklan “Wix Brand Ads”. Mereka tidak hanya menempatkan iklan di website builder gratis mereka tapi bahkan di paket berbayar “Connect Domain” seharga $4,50 (setara Rp65.250,-) per bulan. Ini berarti Anda sudah membayar, tapi masih ada iklan juga di situs Anda!

Keterbatasan Fitur

Apa yang bisa Anda dapatkan dari website builder gratis? Tidak terlalu memuaskan. Jangan berharap mendapatkan alamat situs web (‘domain’) gratis. URL situs web Anda akan tetap mencantumkan nama penyedia hosting di dalamnya, seperti misal:

http://websiteanda.NamaWebsiteBuilder.com

Itulah format nama website yang biasanya ditawarkan. Tentu Anda bisa berkreasi membuat nama situs Anda – tapi, ya, sudah sampai di situ saja. Karena ini layanan gratis, maka hal tersebut masuk akal. Anda perlu dikenai biaya tambahan oleh penyedia hosting agar nama situs Anda bisa didaftarkan menjadi www.websiteanda.com.

Dalam memakai website builder, ada satu aspek penting yang perlu Anda tahu. Tidak ada paket website builder gratis yang bisa Anda pakaikan domain web dari luar. Jadi, bahkan jika Anda sudah membeli domain eksternal, ia tidak bisa dihubungkan ke website builder ini. Anda perlu merogoh kocek hingga Rp700 ribu per tahun untuk bisa meluluskan niat tersebut.

Selain itu, Anda tidak bisa migrasi server dari layanan website builder.

Jika Anda memutuskan untuk mengganti provider web builder, Anda tidak akan dapat mentransfer situs web yang sudah jadi itu ke layanan website builder atau web hosting lain. Situs web Anda terikat dengan web builder di mana ia dibuat. Di sini imbasnya, jika suatu saat Anda memilih pindah provider, Anda mungkin harus mulai membangun situs web dari awal lagi.

Kelemahan lainnya dari website builder adalah Anda tidak dapat melakukan backup terhadap website Anda. Tentu ada skenario bahwa pihak website builder menghentikan operasinya, baik untuk layanan gratis maupun berbayar. Bisa juga bahwa pusat data dari website builder itu dibobol dan dibajak oleh pihak asing. Dalam skenario tersebut,  website yang telah Anda bangun dengan susah payah terancam hilang tak berbekas karena tiadanya layanan backup. Anda barangkali bisa mem-backup data Anda sendiri. Tapi seiring berjalannya waktu dan website Anda makin besar, menyalin-simpan data sendiri bukanlah hal yang efisien.

Apa yang bisa kita pelajari dari opsi ini? Di luar sana ada sejumlah website builder gratis, namun, kapasitas dan fitur mereka terbatas. Untuk dapat layanan penuh, Anda perlu membayar.

Persuasi gratisan dari website builder juga dapat membuat Anda kecewa bila Anda tidak memahami konsekuensi layanan ini. Istilahnya, karena ini juga gratis, pengguna juga tidak bisa banyak protes. Terima saja.

Jika Anda hanya memerlukan website sederhana dengan sedikit informasi, website builder sudah cukup. Ringkas, simpel dan langsung jalan.

Nah, di luar itu ada pilihan alternatif untuk mendapatkan situs web yang lebih solid. Pilihan berikut juga bisa optimal jika Anda ingin berkembang secara pengetahuan pengelolaan website. Pilihan itu terdapat dalam layanan server hosting gratis.

Web Hosting Gratis

Lain ladang, lain belalang. Lain lubuk, lain ikannya. Kalau Anda kurang tertarik pada opsi  website builder, berikut ini ada sejumlah web hosting gratis dengan opsi paket yang mantap. Layanan web hosting gratis ini memungkinkan Anda untuk:

  • Install sistem manajemen konten (CMS) WordPress, Joomla, atau Drupal;
  • Menggunakan website builder bikinan sendiri;.
  • Mengunggah website dan domain Anda sendiri.

Anda bisa melihat contohnya di kontrol panel 000webhost – salah satu penyedia web hosting gratis terbaik saat ini. Bisa dilihat bahwa layanan ini punya fitur seperti paket berbayar – namun bisa dimiliki dengan gratis. Opsi ini adalah sarana asyik bagi mereka yang beraspirasi menjadi profesional di bidang pengembangan situs web.

Namun, sebelum masuk lebih dalam, opsi gratisan ini masih menyinggung isu utama yang sempat saya kemukakan di awal – fitur yang dikompensasi sebanyak apa?

Saya telah mengungkap apa saja di balik selimut ‘website builder gratis’. Ia menawarkan fitur layanan yang mudah digunakan, namun, kemudian justru ‘menyandera’ konten Anda karena Anda toh tidak dapat memindahkannya ke tempat lain. Apakah demikian juga halnya dengan layanan web hosting gratis? Rupanya, penyedia layanan sejenis ini punya pandangan berbeda.

Pilihan web hosting gratis ditawarkan sebagai kesempatan belajar bagi pengelola situs web yang masih minim pengalaman. Dari sini, para provider web hosting gratis juga berharap dapat mengembangkan loyalitas merek mereka. Anda masih belum mendapatkan domain web gratis, namun, kali ini Anda bisa menghubungkan domain eksternal yang telah Anda beli dengan server hosting gratis ini. Lalu, bila tiba Anda ingin berganti provider web hosting gratis, prosesnya tidak dipersulit. Anda bisa migrasi server dengan mudah.

Sudah tidak sabar mengetahui 5 provider web hosting gratis yang saya rekomendasikan? Inilah mereka:

1. 000webhost

Sebagai satu provider web hosting gratis terbaik, 000webhost hadir dengan tawaran pengalaman eksplorasi situs web bagi pemula. Oleh provider ini, Anda diberi akses menuju tutorial WordPress 000webhost, yang kontennya menuntun Anda A-Z hingga sukses.

Pengalaman premium web hosting gratis webhost tidak berhenti di sini. Anda akan mendapat sertifikat SSL Let’s Encrypt, ruang simpan data 1 GB SSD dan 10GB batas traffic ke website Anda (‘bandwidth’). Anda punya lebih dari satu web? Provider ini memperbolehkan Anda hosting 2 situs web sekaligus – tanpa ada biaya tambahan.

2. IndoWebsite

IndoWebsite punya mimpi akan adanya lebih banyak konten lokal asli Indonesia di dunia Internet. Mereka berinisiatif menawarkan web hosting gratis dengan lokasi pusat data (‘data center’) di Indonesia, serta layanan yang gratis selamanya. Anda juga akan difasilitasi fitur standar web hosting: cPanel, PHP, dan MySQL dengan sistem operasi CloudLinux OS.

Namun, fasilitas paket hosting gratis harus berhenti di situ. Anda harus beli domain di IndoWebsite agar bisa mendapat hosting gratis. Dan meskipun, customer support via website cukup responsif (24 jam), proses pendaftaran hosting gratis di IndoWebsite cukup berbelit. Ini menurunkan poin performa provider ini secara umum – yang mana sangat disayangkan.

3. FreeHostia

FreeHostia membuat statemen berani dengan menyebut diri ‘surga hosting di Bumi’. Selain memiliki sejumlah paket web hosting premium (bernama Watercircle, Lovebeat, Wildhoney, dan Supernatural), hosting ini juga menawarkan cloud hosting gratis.

Cloud hosting berarti alih-alih disimpan di satu server, data Anda di-enkripsi dan diletakkan di sejumlah pusat data. Sangat menarik bahwa ada perusahaan yang menawarkan layanan ini secara gratis.

Namun, di sini ada keterbatasan fitur. 6GB bandwidth dan 0,25GB ruang data tak terasa melegakan, demikian juga dengan batasan file ter-upload harus di bawah 500kb. Meski Anda bisa hosting hingga 5 domain, di layanan ini Anda tidak akan mendapat domain gratis.

4. FreeHosting.com

Masih fresh setelah mengalami perombakan desain, FreeHosting.com punya tawaran cPanel hosting gratis. Tapi semua tidak selesai di situ – Anda akan dapat fitur cloud backup, FTP, DNS hosting dan domain berbayar.

Registrasi di FreeHosting.com juga simpel. Anda bahkan bisa daftar pakai akun Facebook. Lalu, saat masuk – whoops! – Anda akan melihat paket ini menyediakan storage 10GB dengan bandwidth 250GB! Bikin kita bisa kipas-kipas santai, ya kan?

Hanya saja, provider ini belum akan memuaskan Anda dalam hal kecepatan server. Tingkat laju data mereka masih jauh dari ideal.  Tapi, toh, bila kecepatan data tidak masalah bagi Anda, provider ini adalah layanan yang cukup keren.

5. AwardSpace

AwardSpace adalah bagian dari grup AttractSoft yang berpusat di Jerman. AwardSpace ini sendiri adalah subsidiari grup web hosting tersebut di ceruk pasar web hosting gratis.

Di sini Anda akan mendapat paket layanan hampir mirip dengan paket berbayar. Storage 1GB, bandwidth 5GB, ruang hosting untuk 1 website dan 3 subdomain – satu paket yang solid untuk web hosting gratis. Anda pun bisa upgrade paket ini menjadi berbayar untuk mengaktifkan sejumlah fitur.

AwardSpace sendiri punya penekanan pada bidang perangkat lunak (‘software’). Aplikasi auto installer perusahaan ini, bernama Zacky, memiliki sejumlah script template untuk blog, situs pendidikan, toko online dan banyak lagi. Hasil desain situs web Anda akan tampak seperti layanan web hosting berbayar.

Tabel Evaluasi Performa

Untuk mempermudah pilihan Anda, berikut tabel evaluasi performa provider web hosting gratis terpopuler saat ini. 000webhost unggul berkat panel admin yang rapi, domain gratis, fitur tutorial dan tentunya, kecepatan server yang top. Yang lain cukup tertinggal di belakang, meskipun Anda tetap akan mendapat beberapa tawaran menguntungkan.

NoNama ProviderKecepatan  ServerDisk SpaceBandwidthDomain
1000webhostA+1GB10GB2
2IndoWebsite *0,1GB100GB1
3FreeHostiaB+0,25GB6GB5
4FreeHostingC+10GB250GB1
5AwardSpaceC+1GB5GB1

Kami tidak bisa menilai kecepatan server IndoWebsite karena terkendala Terms & Service provider tersebut.

Kesimpulan

  • Opsi situs web gratisan bisa diperoleh dari layanan website builder gratis atau web hosting gratis.
  • Setiap paket punya tawaran fitur berbeda, misal soal bandwidth, disk space, memory, hingga jumlah domain yang bisa dikoneksikan. Anda sendiri yang bisa memutuskan seberapa sesuai paket tersebut dengan kebutuhan Anda.
  • Konten yang dibuat lewat website builder bersifat terikat pada layanan tersebut. Sementara, hal ini tidak terjadi pada jasa web hosting gratis.
  • Web hosting gratis adalah kesempatan berharga jika Anda ingin belajar mengembangkan situs web dari awal, serta punya pandangan membuat situs web untuk jangka panjang.

Nah, semoga Anda beruntung menemukan penyedia hosting web gratis yang sesuai dengan proyek situs web Anda!

Jangan berhenti di sini juga. Barangkali solusi Anda ada pada layanan web hosting berbayar? Sekarang saatnya melihat daftar kami untuk rekomendasi web hosting terbaik (2018).

Bergabung dengan tim webhostingterbaik semenjak website ini mulai dirilis. Selalu antusias mencari berbagai informasi dan membagikan informasi yang diketahuinya kepada semua orang melalui tulisannya secara lengkap.

Dapatkan posting terbaru :