Tanpa SSL, Website Anda Tidak Akan Dipercaya – Pengertian SSL dan Fungsinya

SSL Adalah

Apa itu SSL?

SSL adalah singkatan dari ‘Secure Socket Layer’, suatu protokol pengamanan transaksi virtual di sebuah website melalui metode enkripsi sambungan Internet. Website dengan SSL ditandai dengan kode protokol ‘HTTPS’ (Hypertext Transfer Protocol Secure) pada URL tab web browser.

SSL/HTTPS sendiri menutup ‘lubang menganga’ dari protokol internet (HTTP) biasa. Celah tersebut dulunya biasa dipakai para hacker untuk mencuri kata sandi (‘password’), biodata, hingga isian informasi kartu kredit. Sekarang, dengan adanya SSL/HTTPS, celah itu ditutup dengan menyamarkan data pengguna ke dalam sistem yang tidak dipahami para hacker.

Teknik penyamaran itu yang disebut data encryption, atau enkripsi data.

Dari sini sudah terlihat, penambahan sertifikat SSL/HTTPS akan membantu Anda menyelamatkan data Anda. Namun, titik tawar layer enkripsi satu ini lebih dari proteksi. Malahan, SSL adalah esensi keterpercayaan suatu website. Akun media sosial, layanan e-mail, e-commerce/toko online, hingga layanan pemerintahan berbasis virtual, kini diwajibkan memiliki SSL/HTTPS agar pengunjung merasa aman dan nyaman untuk memberikan data mereka ke situs tersebut..

Bagaimana cara kerja SSL?

Di atas, saya paparkan bahwa fungsi SSL adalah untuk proteksi data Anda dan pengunjung website Anda.

Teknisnya, saat suatu data penting hendak dikirim melalui server Internet, ia akan di-enkripsi terlebih dahulu sehingga hanya bisa dibaca oleh perangkat receiver di server tujuan. Seperti Anda tahu, kiriman data via Internet tidak tersalur melalui ‘udara’ semata, tapi melalui jalinan perangkat sistem di mana terhubung banyak komputer dan web server. Dengan memasang SSL, komputer lain yang bukan tujuan data Anda tidak akan diperlihatkan data penting ini, sehingga meminimalisir ancaman virtual dengan modus pencurian data.

Cara kerja sertifikat SSL

Dari sisi pengembangan website, sisi psikologis (‘rasa aman’) semakin menempati posisi penting.

Misalnya, dalam berita Google, mulai September 2018, situs yang masih tanpa SSL akan ditandai dengan tulisan merah ‘Not Secure’. Artinya, Google memberi rambu-rambu bahwa pengunjung perlu waspada. Data pengguna menghadapi resiko tercuri atau disalahgunakan jika masuk ke situs yang tak berpengaman tersebut.

Maka, website yang belum memiliki SSL ke depannya bakal dijauhi pengunjung internet. Awareness kini makin kuat, bahwa jika muncul tanda HTTP tercoret merah (‘Not Secure’), maka mereka harus segera pergi dari situs tersebut.

Siapa yang perlu SSL?

Pada dasarnya, semua jenis website yang me-request data identitas pengguna (contohnya, nama, alamat, tanggal lahir), perlu di-sertifikasi SSL. Penekanan diberikan pada situs yang bersifat transaksi ekonomi dan yang memanfaatkan data penting untuk menjalankan fitur tertentu.

Misal, website perbankan pasti akan memuat data nasabah; situs toko online (‘e-commerce’) memuat informasi kartu kredit; bahkan situs pada umumnya yang meminta kata sandi bisa masuk ke jenis web dengan informasi sensitif. Jenis website tersebut wajib menggunakan teknologi SSL.

Manfaat Penggunaan SSL

SSL memberi manfaat positif bagi pemilik situs dan pengguna Internet. Protokol SSL berdampak baik untuk:

  • Level Keamanan Website. Protokol HTTPS dengan modul enkripsi lebih sulit diretas daripada protokol HTTP biasa.
  • Kepercayaan Pengguna. Pelanggan makin yakin dan tenang dalam melakukan transaksi di suatu website. Contohnya, pembayaran transaksi online shop, pemberian data pada website, dan sebagainya.
  • Branding. Merek (‘brand’) Anda akan tampak elegan bila alamat situs Anda dilabeli sertifikat SSL. Ini juga menunjukkan bahwa Anda peduli dengan keamanan data customer Anda.
  • Ranking SEO. Google menilai situs web dengan HTTPS lebih aman dan baik. Dengan Google menilai situs Anda sebagai ‘trusted website’, otomatis aspek SERP (Search Engine Result Page), atau ranking di mesin pencarian Google, akan lebih tinggi.

Jenis-Jenis SSL

Terdapat berbagai jenis SSL yang masing-masing punya harga beragam. Berdasarkan provider, sertifikat SSL dikeluarkan oleh sejumlah brand seperti Symantec, GeoTrust, Thawte, RapidSSL, dan Comodo.

Sertifikat SSL bisa dikelompokkan jadi 3 tipe.

1. Domain Validation (DV)

Jenis SSL Domain Validation adalah untuk validasi nama domain. Sertifikat SSL ini diterbitkan pihak provider. Metode validasi kepemilikan nama domain dilakukan via email pemilik. Karena mudah dan gratis, sertifikat SSL ini cocok untuk website pribadi (‘personal website’) maupun bisnis kecil yang belum memiliki badan usaha di Indonesia. Website yang menggunakan SSL DV ditandai dengan tanda protokol HTTPS dan ikon kunci gembok pada URL bar.

2. Organization Validation (OV)

Organization Validation adalah sertifikat SSL yang hampir mirip dengan SSL DV di atas. Namun, SSL OV perlu diserta dokumen validasi kepemilikan badan usaha. Ciri SSL organisasi adalah tanda protokol HTTPS serta tampilan nama organisasi pada detail sertifikat. Detail sertifikat dapat dilihat dengan mengklik ikon kunci gembok pada URL bar.

3. Extended Validation (EV)

Extended Validation adalah level tertinggi sertifikat SSL. Pemasangan SSL ini perlu disertai verifikasi dokumen kepemilikan badan usaha tertentu, khususnya website bank atau website kelas enterprise. Jenis SSL EV memiliki tanda eksklusif berupa alamat situs berwarna hijau pada URL bar pengunjung website.

Tipe sertifikat SSL

Tempat Membeli SSL

Mendapatkan sertifikat SSL di Indonesia cukup mudah. Sejumlah perusahaan hosting lokal sudah menyediakan layanan penjualan sertifikat SSL. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Anda kami sarankan untuk membeli sertifikat SSL sesuai kebutuhan website dan budget proyek Anda.

Simak nama-nama provider web hosting terbaik berikut untuk meninjau paket sertifikat SSL mereka.

1. Niagahoster

Sertifikat SSL NiagahosterNiagahoster memiliki paket Comodo Positive SSL. Sertifikat SSL ini sudah mengakomodir 128/256 bit SSL Encryption untuk melindungi 1 domain atau subdomain. Provider ini juga menyediakan Sertifikat SSL Unlimited gratis setiap Anda mendaftar akun web hosting di Niagahoster.

Layanan Private SSL murah ini dilakukan dengan aktivasi instan. Di samping itu, Anda juga diperlengkapi dengan Customer Support 24 jam. Sementara itu, harga paket SSL berbayar Niagahoster, Comodo Positive SSL, adalah Rp115.000/tahun. Yang menarik, Niagahoster memiliki kebijakan ‘garansi 30 hari uang kembali’ jika Anda menemukan yang Anda terima berbeda dengan promosi mereka.
Beli SSL di Niagahoster

2. Dewaweb

SSL DewawebOpsi SSL di Dewaweb cukup beragam dan sejumlah fitur menarik. Anda bisa memilih dari 4 kelas SSL: Economy Class (DV), Business Class (OV), First Class (EV), dan, yang cukup berbeda, Wildcard SSL. Fitur yang ditawarkan seperti Site Seal dari penerbit sertifikat SSL terkemuka (Symantec hingga thawte).

Harga SSL di Dewaweb sendiri terbilang paling tinggi di antara 3 alternatif di sini. Paket RapidSSL dan Economy Class (DV) dimulai dengan harga Rp193.200,-/tahun.
Beli SSL di Dewaweb

3. Rumahweb

SSL RumahwebRumahweb menempatkan layanan web hosting mereka sebagai layanan simpel dan efektif. ‘Hanya butuh 48 jam saja’ agar website Anda aktif ke Internet. Sertifikat SSL di Rumahweb tersedia dalam 4 kategori: AlphaSSL, DomainSSL, OrganizationSSL, dan EV SSL. Pembedanya adalah level kekuatan enkripsi SSL serta kecepatan pemasangan.

Harga SSL di Rumahweb mulai dari Rp155.000/tahun.
Beli SSL di Rumahweb

Kesimpulan

SSL adalah sebuah protokol atau lapisan keamanan untuk melindungi transaksi pada website dengan cara enkripsi koneksi atau sambungan Internet. Dengan adanya proses enkripsi, maka komunikasi data antara web server dan web browser akan menjadi lebih aman. SSL wajib digunakan oleh website yang menggunakan informasi rahasia yang sifatnya sensitif. Contohnya seperti data pelanggan berupa password, informasi pembayaran, dan data lainnya.

Website yang menggunakan SSL ditandai dengan digunakannya protokol HTTPS yang dapat dilihat pada URL bar ketika website diakses. Selain itu, pemasangan SSL di Indonesia juga cukup mudah. Pelanggan dapat membelinya langsung melalui perusahaan penyedia hosting yang menawarkan produk SSL.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Dapatkan posting terbaru :