4 Pengaruh Hosting Terhadap SEO

Avatar

Redaksi

0 comments

2018-Desember-6th at 3:00

Posisi konten atau produk dalam Search Engine Result Position (SERP) sering dihubungkan dengan kualitas produk atau konten tersebut. Jika produk Anda muncul di posisi pertama, maka orang akan melihat produk Anda paling keren. Tentu diketahui bahwa sebenarnya, SERP adalah daftar rekomendasi Google berdasar cara pikir mesin pencarian, atau disebut algoritma.

Faktor langsung dalam SERP kerap dijunjung tinggi sebagai 'pemuas' algoritma Google.

Mungkin Anda pernah dengar tips Search Engine Optimization (SEO) berikut. Gambar harus dioptimasi (ukuran kecil, dalam kompresi). Letakkan coding Javascript dan CSS di tempat yang benar. Dan berbagai faktor lainnya.

Di samping itu, justru ada faktor tidak langsung yang sangat berperan, tapi tidak menjadi perhatian.

Google Mobile-friendly updatePengaruh hosting terhadap SEO, salah satunya. Update Google Mobile menjadi dasar.

Belum pernah sebelumnya kecepatan loading website, responsivitas, dan ketersediaan (availability) menjadi faktor penentu ranking.

Padahal dalam hal itulah sebenarnya web hosting berperan.

Google – bos organic traffic

Bila berbicara SEO, maka kita berbicara soal organic traffic.

Organic traffic adalah kunjungan ke website melalui pencarian organik (tanpa dibayar, unpaid) di mesin pencarian, misal Google, Bing atau Yahoo. Trafik dari sumber-sumber itu mencakup 60% dari total volume kunjungan (traffic) yang didapatkan suatu website.

Sejumlah studi juga memperkuat akan pentingnya menjadi 'sahabat' Google.

Studi menyebutkan, 48% calon customer memakai Google untuk meriset produk atau jasa yang mau dibeli. Dan ada fakta yang dahsyat. 95% tindak lanjut (misal, pengunjung meng-klik hasil pencarian) terjadi di halaman pertama SERP.

95%!

Itu sama dengan hampir semua aktivitas hanya terjadi di halaman pertama SERP Google. Bila produk atau konten Anda oleh Google hanya ditempatkan di halaman kedua, ketiga dan seterusnya... maka calon customer tidak akan melihatnya. Di sinilah letak pentingnya ranking tinggi di SERP. Di sini juga letak relevansi strategi SEO.

Faktor-faktor Kesuksesan SEO

Google

Mendapatkan SEO rating tinggi sendiri bukan urusan mudah.

Website yang didudukkan Google pada posisi pertama di setiap kata kunci adalah website yang paling relevan dan berguna.

Sebentar... "relevan dan berguna"? Apa itu?

Perlu diketahui, Google adalah program komputer yang memproses 200+ faktor. Tiap konten atau produk online akan diukur berdasarkan faktor-faktor tersebut. Relevan dan berguna berarti konten atau produk Anda memuaskan faktor tersebut. Ini artinya, konten Anda kemungkinan besar adalah solusi atas pencarian pengguna Google atas suatu kata kunci.

Google sendiri tidak pernah mempublikasikan apa saja faktor SEO. Namun, lewat riset, trial-and-error, para konsultan marketing telah mampu men-deduksi hal-hal yang dianggap penting oleh Google.

Beberapa faktor tersebut, yaitu:

  • Keyword usage – seberapa sering kata kunci digunakan
  • Site structure – struktur website yang diranking
  • Site speed – kecepatan loading website dalam menyajikan kontennya
  • Time spent on site – seberapa lama seorang pengunjung biasa tinggal di website tersebut
  • Number of inbound links – biasa disebut backlink, seberapa banyak link yang mengacu ke website tersebut
  • Quality of inbound links – kualitas dari link yang mengacu ke website tersebut
  • Mobile usability – seberapa mudah website tersebut diakses lewat gawai

Sekilas, faktor SEO di atas memang menyoal kualitas konten dan desain website.

Namun, bila dicermati lebih dekat, kualitas konten dan situs web tidak berdiri sendiri. Skor konten akan rendah ketika akses ke suatu konten yang bagus diperlambat oleh loading website hosting abal-abal.

Nah, dengan ini kita masuk ke pentingnya hosting terhadap SEO.

Pengaruh Hosting Terhadap SEO

Apa aspek hosting yang berpengaruh terhadap SEO?

4 basis poin berikut dianggap akan menambah skor Anda dalam algoritma Google. Poin-poin tersebut adalah: kecepatan (server speed/loading time), uptime, geolocation, dan bad neighborhoods.

1. Mempengaruhi cepat akses dan loading time

website speed loading time

Tiap server hosting punya kapasitas kecepatan akses dan loading website. Ini dipengaruhi oleh jaringan yang ia pakai.

Misal, Indonesia memiliki jaringan data center IIX yang kencang jika diakses dari dalam negeri.

Cepatnya akses dan loading time akan menghindarkan customer bosan dan pergi dari website Anda. Artinya, bounce rate website akan rendah dan menguntungkan SEO.

2. Skor Uptime meningkatkan trust.

Uptime adalah prosentase stabilitas dan konsistensi server. Selain kecepatan loading website, uptime yang lebih tinggi akan menghindarkan situs Anda dari reputasi buruk, karena ia lebih stabil dan minim resiko tidak responsif saat dikunjungi customer.

Rendahnya uptime tidak hanya menurunkan peringkat. Ia bisa juga menyebabkan pelanggan Anda pergi. Bayangkan jika ini terjadi pada sebuah toko online – tentu, calon customer itu akan berpikir untuk mencari produk di tempat lain.

3. Lokasi server mempengaruhi Geolocation

Memilih IP address geolocation yang baik

Geolocation berkaitan dengan IP address server Anda.

Mesin pencarian Google akan mengutamakan website dengan IP address yang sama dengan IP address calon pengunjung.

Sebagai contoh, jika target pasar website adalah masyarakat Indonesia, maka gunakanlah hosting yang berada di Indonesia. Begitu pun dengan bisnis yang menyasar negara lain.

4. Bad Neighborhoods – IP address dari web dan mail server

Layanan semacam shared hosting memasang alamat IP yang sama bagi ribuan website yang ia host. Cara ini memiliki resiko besar.

Maksud dari bad neighborhoods (lingkungan tetangga yang buruk) adalah website kita berbagi IP address dengan website yang mengandung spam atau malware. Ini juga berdampak pada SMTP atau IP email server.

Google tentu memberi skor rendah untuk IP address bermasalah. Jika server Anda berada di IP yang sama dengan spammer, Anda akan masuk daftar hitam bersamaan dengan mereka.

Cara Meningkatkan Peringkat Website di Search Engine

Selain menulis konten dengan baik, Investasi dalam solusi hosting akan mendongkrak SEO Anda. Upayakanlah agar loading website Anda tetap berada di bawah 3 detik. Website juga perlu online secara konsisten, melalui jaminan uptime yang tinggi. Uptime 99% sendiri biasanya sudah standar dari banyak web hosting murah terbaik.

Kurangi hal-hal yang memperlambat situs seperti JavaScript atau skrip PHP yang rumit. Jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress, hati-hati dengan jumlah plugin yang anda gunakan. Setiap plugin dapat menambahkan sepersekian detik waktu loading halaman Anda.

Pada dasarnya, web hosting terbaik sudah memiliki standar kualitas hosting untuk SEO. Mereka telah mengoptimasi server secara teknis, sehingga di atas kertas memiliki skor-skor metrik yang menjanjikan bagi algoritma mesin pencarian.


Avatar
Redaksi

Redaksi


Top 3 Hosting Providers
Hostinger logo
9.7 /10
9.5 /10
7.0 /10