Website bisnis adalah amunisi usaha kecil menengah (UKM) di era e-commerce. Ada jenis toko online, blog untuk content marketing dan sebagainya. Jenis hosting ideal untuk situs web ini pun banyak variannya, seperti Shared hosting atau Virtual Private Server (VPS).

Namun, di antara lautan produk hosting di internet...

... mana hosting yang ideal untuk website rintisan?

Jenis hosting terbaik untuk kelompok usaha kecil

Target operasi Anda saat ini adalah mencari hosting untuk website bisnis. Itu adalah rencana jitu ketika insting Anda merasakan bahwa bisnis Anda akan sukses dan website Anda akan mengantongi jumlah pengunjung yang fantastis. Dan - hey! - itulah yang diharapkan semua pemilik usaha!

Oke.

Tapi sebelum berangkat ke gagasan tersebut, barangkali Anda tertarik pada kesempatan memiliki website bisnis tanpa perlu mengurus teknis hosting?

Kemudahan itu ditawarkan oleh layanan bernama website builder.

Website builder - gratis hosting, gratis web profesional

Layanan website builder adalah bukti atas betapa canggih teknologi internet saat ini.

Misal, Anda perlu punya website bisnis untuk dikenalkan ke customer dalam suatu expo?

Website builder bisa membuatkannya dalam waktu 25 menit.

Website bisnis jenis apapun bisa dibuat - mulai dari website pajangan produk/karya UKM, toko online, landing page 1 halaman (semacam 'kartu nama digital'), hingga situs berita atau blog.

Laman website builder Wix untuk Usaha kecilLayanan website builder sendiri diciptakan oleh para web developer, agar tiap orang bisa bikin website sendiri sebagus buatan desainer pro.

Para developer ini  tahu benar apa yang Anda mau. Platform website builder Wix, misalnya, menawarkan integrasi website bisnis usaha kecil Anda ke channel media sosial (Facebook, Twitter, dan lain-lain). Mereka juga menyediakan desain website gratis yang bisa Anda pilih sesuka hati.

Website builder gratisAda satu yang belum saya sebutkan di atas. Meski menyediakan produk layanan yang mengagumkan, website builder tersebut juga ada yang dibanderol tanpa ongkos.

Alias, gratis!

Memang sih... opsi ini bukannya tanpa syarat dan ketentuan. (Uuhh!) Website dari website builder gratis biasanya harus menampilkan satu emblem iklan berukuran besar sehingga situs bisnis UKM Anda terlihat kurang rapi. Hanya web builder gratis Webnode yang tidak menampilkan iklan di situs Anda.  Dan... Anda tidak bisa mendapatkan domain khusus.

Misal, 'www.mainair.wix.com' alih-alih mendapatkan alamat website 'www.mainair.com'.

Namun, ada solusinya. Dengan sedikit keluar uang (mulai $5/bulan) Anda sudah bisa sepuas hati mengutak-atik website bisnis Anda. Anda juga akan mendapat domain khusus.

Website builder vs web hosting?

Design Interface website builder Wix

Lihat, kan? Website builder berbiaya murah adalah satu strategi pemilik usaha kecil untuk meng-online-kan bisnisnya. Sekali lagi, pilihan website builder tidak akan memusingkan Anda perihal teknis hosting server, karena urusan itu akan di-manage oleh pihak website builder terkait.

Namun...

... website builder terlalu minim jika Anda memerlukan garansi akses website yang cepat dan konsisten.

Sangat disayangkan memang, belum ada website builder yang lokal Indonesia. Data center di Eropa atau Amerika Serikat, tempat perusahaan itu berada, tentu memberi kecepatan akses yang rendah.

Hal berbeda ditawarkan oleh layanan web hosting. Sejumlah layanan web hosting terbaik punya basis data center yang kuat (lokal dan internasional), sehingga bisa jadi pondasi access speed yang baik untuk website UKM Anda.

Auto-installer dari SoftaculousJenis web hosting juga membuka kesempatan bagi Anda untuk memakai berbagai jenis aplikasi. Perangkat lunak tersebut, yang dinamai Content Management System (CMS), seperti WordPress, Joomla!, Drupal dan Magento punya keistimewaan masing-masing. Dan menariknya, sekali setelah Anda berlangganan hosting, berikutnya Anda tidak perlu membayar lagi untuk menggunakan aplikasi yang Anda butuhkan.

Maka, kita akan menuju ke opsi hosting untuk usaha kecil. Layanan ini memang berbayar, namun, garansi kualitasnya barangkali akan menjadi nilai lebih untuk usaha kecil menangah Anda.

Jenis web hosting untuk UKM

Dalam blog post ini, saya tidak akan mendaftar hosting provider tertentu. Saya justru akan memaparkan secara singkat 2 jenis hosting, yaitu Shared hosting dan Virtual Private Server (VPS). Dari sekian banyak opsi, kedua jenis ini memiliki karakter skalabilitas, teknis dan harga yang khas.

Memahami keunggulan dan kekurangannya, pada akhirnya, akan membuat Anda lebih aware akan jenis hosting yang paling pas untuk usaha kecil Anda.

Web hosting untuk usaha kecil

Tidak semua orang pernah mendengar istilah web hosting. Maka, marilah kita menyamakan persepsi mengenai definisi layanan ini. Cara sederhana untuk memahaminya adalah

Web hosting adalah lokasi fisik website Anda di dalam jaringan internet. Ia adalah pusat penyimpanan data online dan rumah seluruh informasi, gambar, video dan konten lain yang menjadi bagian website Anda.

Solusi web hosting sudah menjadi lini bisnis tersendiri di industri internet service. Variasinya sudah sangat beragam. Karena saat ini fokus Anda adalah usaha rintisan Anda, maka kita akan menuju ke Shared Hosting dan VPS hosting.

Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting di mana beberapa situs web berlokasi di satu server yang sama. Perusahaan hosting, seperti Hostinger, adalah contoh pemilik server kapasitas mega besar ini. Ia tidak memakai server itu sendirian - namun, justru disewakan untuk para customernya. Sebagai aturan, website customer wajib berbagi kapasitas sumber daya server. Itulah yang disebut jenis shared hosting - berbagi kapasitas hosting.

Shared hosting adalah jenis hosting paling ekonomis, karena ongkos keseluruhan dari perawatan server nantinya akan ditanggung bersama/dibagi ke customer yang memakai server tersebut.

Ongkos relatif rendah tentu memiliki harga yang harus dibayar. Pertama, ada kemungkinan Anda tidak memiliki IP Address (alamat protokol server) pribadi. Ini bukan hal krusial kecuali customer lain di server Anda telah melakukan aksi kriminal dengan identitas IP Address tersebut. Akibatnya, website Anda dan identitas Anda akan ikut tercemar reputasi yang buruk.

VPS Hosting

VPS (Virtual Private Server) adalah jenis server virtual yang disewakan sebagai layanan internet hosting. VPS hosting juga ada yang memakai teknologi cloud computing (komputasi awan). Pada Cloud VPS hosting, Anda menyewa ruang dalam jaringan mesin server raksasa yang tersebar di penjuru dunia. Jaringan ini lah yang disebut cloud.

Dalam hal kustomisasi dan skalabilitas, VPS adalah jenis hosting ideal untuk usaha kecil menengah. Namun, sayang jenis hosting murah yang powerful ini bisa menjadi 'bencana' bila customer belum terampil menangani teknis hosting secara mandiri.

Pengelolaan teknis adalah hal esensial dari VPS. Berbeda dengan Shared hosting yang diurus provider, VPS biasanya diserahkan utuh pada customer (unmanaged). Memang ada sejumlah VPS provider dengan fitur managed, namun ongkosnya akan banyak membebani usaha kecil Anda (Cloud VPS termurah masih di kisaran harga Rp69.305,-/bulan).

Apa Jenis Hosting ideal untuk Usaha Kecil Saya?

Memilih jenis hosting untuk usaha kecil

Sekarang saatnya membuat kesimpulan umum dari pilihan hosting yang tersedia. Anda tentu juga memiliki kesimpulan sendiri sesuai keadaan usaha kecil menengah Anda.

1. Website builders memberi solusi hosting minimalis untuk website bisnis sederhana.

Website builders memiliki karakteristik:

  • Halaman website builder terbaiktersedia gratis (dengan kebijakan 'banner iklan') atau berbayar
  • menyertakan paket hosting secara gratis (lokasi server Eropa, AS, atau Singapura)
  • menyediakan teknologi pembuatan website otomatis dalam waktu 24 menit.
  • cocok untuk website kartu nama ('Tentang Bisnis') dengan sedikit halaman situs.
  • bersifat closed-platform sehingga menyulitkan migrasi data ke platform lain

Platform website builders memiliki kompetisinya tersendiri. Jika Anda tertarik opsi ini, saya sarankan Anda menuju keartikel saya mengenai website builder terbaik.

2. Shared hosting adalah yang jenis hosting ideal untuk usaha kecil menengah (UKM), proyek pribadi dan pengguna dengan pengalaman minim di bidang web hosting.

  • Laman web hosting terbaikShared hosting memiliki karakteristik:
  • paling ekonomis di antara tiga pilihan yang ada.
  • tidak memerlukan keterampilan hosting khusus, disertai bantuan teknis, customer support 24/7
  • cocok untuk website dengan pengunjung < 3.000/hari
  • kurang responsif untuk lonjakan traffic website

Dari sini, Anda bisa melangkah lebih jauh untuk mendalami shared hosting terbaik. Provider web hosting terbaik akan memungkinkan Anda melakukan upgrade ke paket yang lebih bagus setelah Anda siap.

3. VPS hosting adalah jenis hosting yang powerful untuk perusahaan skala menengah-atas dengan target penjualan raksasa.

Laman VPS murah IndonesiaVPS (Cloud) Hosting memiliki karakteristik:

  • harga menengah di atas Shared hosting
  • tersedia secara unmanaged, tanpa support teknis; atau managed dengan biaya sewa yang lebih mahal
  • cocok untuk website dengan website dengan angka pengunjung > 3.000/hari
  • penambahan/pengurangan kapasitas server bisa dilakukan dengan mudah dan mandiri

VPS memang lebih cocok bagi perusahaan skala menengah. Namun, jika Anda tertarik memakai VPS, tersedia juga layanan VPS murah Indonesia yang menawarkan layanan server virtual dengan harga cukup terjangkau.

Penasaran dengan 3 provider terbaik untuk Shared Hosting dan VPS? Berikut nama-nama penyedia web hosting terbaik untuk usaha kecil:

No.NamaShared HostingVirtual Private ServerRating
1.Hostingermulai Rp26.730,-/bulanmulai Rp83.166,-/bulanHostinger bintang 5
Review
2.Niagahostermulai Rp19.800,-/bulanmulai Rp139.000,-/bulanNiagahoster bintang 4
Review
3.Dewawebmulai Rp15.000,-/bulanmulai Rp300.000,-/bulanDewaweb bintang 4
Review

Nah, akhir kata, semua berawal dan bersimpul pada kebutuhan usaha kecil menengah Anda. Layanan hosting adalah salah satu layanan paling variatif, sehingga Anda pantas berharap menemukan jenis hosting service yang pas dengan keperluan - tidak lebih, juga tidak kurang.

Semoga sukses dalam memilih jenis hosting untuk usaha modal kecil!

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.
Get new blog posts by email: