Web Hosting Adalah? – Penjelasan dan Tips

Web hosting adalah jasa internet paling sibuk dan paling penting dalam dunia World Wide Web (alias internet). Hosting adalah kolaborasi teknologi ruang simpan dan konektivitas bagi suatu situs web.

Dan tahukah Anda?

Tanpa teknologi web hosting, internet saat ini hanya akan menjadi isapan jempol belaka.

Web hosting adalah layanan internet paling sibuk.

Server Hosting

Sebelum masuk lebih jauh ke pengertian web hosting, pertama-tama Anda perlu paham tentang istilah ‘server’ (atau ‘peladen’ dalam diksi Bahasa Indonesia terbaru).

Server adalah komputer spesifikasi ultra-kuat yang menjadi tempat penyimpanan data suatu situs web.

Web server dan kegunaannyaData website itu bentuknya macam-macam. Ada data konten teks, gambar, file unduhan hingga kerangka desain dalam bentuk HTML CSS sheet, atau data-data yang dihimpun dalam bentuk database (MySQL).

Karena ditempati seluruh data aktif tersebut, server bisa disebut sebagai ‘rumah’ sebuah situs web.

Dan seperti bangunan fisik, server menjadi peranti komputer dengan kompleksitas sedemikian rupa, yang perlu terus dimonitor. Layanan web hosting adalah solusi bagi urusan tersebut.

Web hosting adalah layanan internet paling sibuk.

Teknologi web hosting adalah cikal bakal besarnya World Wide Web, atau internet. Saat ini ada 1,8 milyar website aktif. Dan layanan web hosting, dijalankan oleh jutaan perusahaan web hosting, membentuk unit daya besar agar website tersebut selalu aktif.

Layanan web hosting juga solusi demokratisasi akses website. Harga server itu bisa Rp20an juta; itu belum termasuk asupan listriknya.

Maka, daripada harus membeli utilitas mahal dengan biaya koneksi internet yang juga tinggi, orang akan terbantu dengan layanan web hosting yang ongkosnya jauh lebih murah. Misalnya, seperti paket hosting murah Hostinger yang harganya mulai dari Rp26.730,- /bulan.

Web Hosting Tercepat Hostinger.co.id

Selain itu, layanan web hosting adalah juga fasilitas untuk ‘memarkir’ situs web. Pemarkiran situs web adalah metode pemberian identitas ‘IP address’, yaitu suatu simbol numerik 128-bit agar data bisa diakses.

Cara Kerja dan Elemen Web Hosting

Web hosting ini adalah produk dari pemrosesan data oleh komputer server. Ya, komputer. Lalu apa bedanya dengan komputer Anda di rumah? Bagaimana cara kerja web hosting sehingga bisa menyambung data di komputer ke internet?

Berikut beberapa elemen kunci cara kerja web hosting.

1. Komputer server sebagai basis hosting

Server sebagai basis hostingPikirkan tentang file dan folder di komputer Anda. Data digital tersebut disimpan di perangkat bernama hard disk. Jika Anda perlu mengaksesnya, Anda bisa langsung membuka lewat software tertentu.

Website pada dasarnya sama dengan file tersebut. Hanya saja, dia tidak disimpan di komputer Anda, namun, di komputer server. Aksesnya juga memakai software khusus.

Jasa web hosting adalah

  • Pertama, penyedia web space (dalam ukuran megabyte, atau MB). Ini adalah ruang kapasitas untuk menyimpan file website Anda.
  • Kedua, mengkoneksikan data via software server dan kepemilikan IP address.

2. Komunikasi data melalui interaksi antar server

Saat Anda mengunjungi sebuah website, sebenarnya terjadi proses request-feedback. IP address Anda ke IP address server website tersebut. Web server lalu merespon dengan mengirim data ke perangkat Anda. Inilah proses yang mengkomunikasikan data situs web ke komputer Anda.

Web hosting sebagai superpower3. Kapasitas server ekstra kuat menghindarkan internet dari kolaps

Lebih dari 90% website aktif saat ini dijalankan lewat server hosting sewaan. Kemampuan web server ini berbeda, bergantung pada tipe, ukuran dan paket layanan hosting.

Standar fasilitas server tiap web hosting sudah pada sangat  tinggi. Spek komputer mereka istimewa dan kapasitas arus informasinya kencang.

Koneksi internet mereka juga luar biasa kuat, sehingga server tidak jebol saat diakses banyak orang sekaligus.

Apakah web hosting sama dengan data center (pusat data)?

Ya – dan tidak.

Keduanya sama secara fungsi, yaitu perihal penyimpanan data digital dan penyediaan aksesnya ke jejaring internet. Namun, berbeda secara bentuk.

Ketika web hosting adalah spesifik pada unit layanan konektivitas situs web Anda...

...data center (pusat data) mengacu pada suatu kompleks bangunan berisi sejumlah server aktif. Jadi, pusat data lebih berupa prasarana fisik. Pusat data umumnya dilengkapi dengan alat pencadang daya, koneksi komunikasi data yang optimal, hingga sistem kontrol lingkungan, seperti AC, pencegah kebakaran, dan perangkat keamanan.

Jenis Hosting

Kita mengenal banyak jenis hosting. Mulai dari  VPS, Dedicated, dan Server Hosting.

Gambar unggulan dari artikel Web Server adalahArtikel mengenai web server telah membahas ketiganya – di mana tertera bahwa tiga jenis hosting ini tidak hanya populer saat ini, namun, juga punya kegunaan masing-masing.

Kemunculan layanan data Cloud gratis saat ini adalah satu contoh jenis server hosting.

Teknik Cloud hosting, yang dipakai di aplikasi seperti Google Drive atau Docs, adalah tipe platform server hosting terpadu ('clustered') yang membuat himpunan kapasitas data dan daya listrik ekstra besar.

Ciri Web Hosting Terbaik: Tips Memilih Hosting

Memilih web hosting terbaik perlu sedikit usaha. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah mencermati hal-hal berikut.

1. Ketersediaan (Availability)

Dalam dunia industri, availability akan produk hosting bisa diandalkan dalam berbagai situasi. Di sini, perlu ada jaminan bahwa server tidak mati karena kesalahan administrasi atau hiatus maintenance yang terlalu lama. Customer juga perlu jaminan bahwa situs web tetap online bahkan dalam situasi krisis sekalipun.

2. Batas Bandwidth

Ilustrasi kehabisan bandwidthBandwidth web hosting mengilustrasikan kapasitas data keluar dan masuk dari server Anda. Setiap kali seseorang memuat sebuah halaman situs web, jatah bandwidth Anda berkurang.

Otomatis Anda perlu jatah bandwidth yang besar, atau unlimited, jika menaruh file video berukuran raksasa dalam website.

3. Uptime

Uptime adalah persentase stabilitas kerja server. Makin tinggi nilainya, makin baik, karena itu artinya server sangat stabil. Uptime 100% memang sifatnya mustahil, namun, Anda perlu punya ekspektasi uptime di atas 99,9%. Kunjungi web hosting murah terbaik untuk menemukan provider dengan uptime di atas rata-rata.

4. Alokasi Disk Storage

Kapasitas Disk StorageDisk storage adalah ruang simpan data Anda. Semakin besar data dalam situs Anda, makin besar pula disk storage yang Anda butuhkan. Selain konten, aplikasi dan plugin tambahan (biasanya untuk meningkatkan aspek visual atau efisiensi fitur situs web) juga akan mengisi kapasitas disk storage server Anda.

5. Customer Support

Secara global, jaringan Internet tidak pernah berhenti terkoneksi. Maka, problem bisa datang kapan saja. Saat ini standar customer support adalah layanan 24 jam, satu minggu full. Tanpa ada libur. Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengantisipasi kendala teknis tanpa perlu khawatir tidak terlayani di luar ‘jam kerja’.

Web hosting adalah esensi dari internet.

Web hosting adalah cikal bakal internet. Industri web hosting menyediakan solusi kontektivitas website untuk mendongkrak jangkauan bisnis digital mereka.

Memilih jenis web hosting barangkali cukup menyulitkan bagi banyak pemula. Namun, jasa penyedia web hosting terbaik pada umumnya sudah sangat kredibel. Mereka punya produk hosting dengan availabilitas, bandwidth, disk storage, hingga uptime yang optimal.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.
Dapatkan posting blog baru melalui email: