Web Hosting TerBaik selalu siaga memonitor papan atas barisan hosting bagus di Indonesia.

Seakan seperti pengamat saham, kami mencatat perubahan harga terakhir web hosting terbaik di sini. Kami, kadang dengan mengubah logat teks, chatting dengan customer service layanan web hosting (menyamar sebagai visitor mereka; tanya ini-itu). Tak jarang kepala kami senat-senut memillih #1 dari sepuluhan web hosting Indonesia ini.

Sekadar iseng? Tentu tidak.

Kami tahu, bagi pebisnis atau blogger pemula, salah pilih web hosting akan membikin hati sebal. Maka, ulasan kami hendak menghindarkan pembaca dari itu.

Memilih hosting terbaik memang krusial. Sebagai bagian dari skor SEO dan social media reach, hosting pilihan Anda menentukan seberapa cepat Anda balik modal. Alias, hosting bagus adalah faktor kunci rate of investment (ROI) yang baik dalam bisnis online.

Kami jarang membahas ini di artikel-artikel lainnya. Maka, inilah saatnya...

Ilustrasi ciri-ciri hosting bagus

Ciri Khas Hosting Bagus

Kualitas hosting diketahui tak semata berdasar uraian di atas kertas. Kami menilainya lewat sejumlah tes. Seringkali, trial and error. Butuh waktu, juga dana.

Dari hasil pencermatan itu, kami menyimpulkan 6 kriteria yang bisa Anda harapkan di setiap layanan hosting bagus.

Keenam ciri dan kriteria tersebut adalah sebagai berikut.

1. Akses server bisa ngebut terus selama hampir 24/7, sepanjang tahun

Performa super web hosting bagusElemen yang dimaksud adalah response time dan uptime.

Elemen performa server: Response Time

Response time adalah ukuran seberapa ngebut akses ke suatu server. Makin singkat response time, berarti makin cepat server tersebut merespon request di website Anda. Situs seperti BitCatcha dan Cepatkah.com menawarkan platform test untuk pengetesan semacam ini.

Server adalah satu set komputer dengan spek teknis tertentu. Yang membuat ia cepat (atau lambat) adalah:

  • besar memori (RAM) - makin besar RAM, makin baik dalam menangani volume traffic; lebih lancar.
  • jenis jaringan server - jaringan Indonesia (IIX), misalnya, memberi akses sangat cepat untuk akses dari dalam area Indonesia.
  • jenis ruang simpan - storage SSD (Solid State Drive) lebih cepat memproses data daripada jenis HDD (Hard Disk Drive)
  • volume traffic - makin tinggi traffic, makin menyedot sumber daya yang dimiliki server.

Ini adalah contoh response time yang tinggi, yaitu hasil tes web Cepatkah.com untuk server Hostinger Indonesia:

CepatKah Builder Hostinger

Response time tidak melulu stabil. Misal, mendekati tenggat upload data administrasi seleksi beasiswa LPDP (Lembaga Penyelenggara Dana Pendidikan), seketika server web dibanjiri ratusan juta pengunjung dari seluruh Indonesia. Server pun melemah dan sering gagal koneksi.

Korporasi retailer besar pun bisa juga bergulat dengan gagal koneksi (web crashes) ketika website mereka dibanjiri pembeli di event-event seperti HarBolNas atau Black Friday. Contohnya, website perusahaan Jerman, Lowes, offline selama beberapa jam akibat lonjakan jumlah pengunjung.

Artinya, bahkan jika situs biasanya Anda baik-baik saja, melonjaknya volume traffic bakal membuat kecepatan akses Anda merangkak turun.

Dan loading page yang lambat, bakal membuat customer Anda pergi. Seperti studi Soasta ini. Hanya dalam hitungan 8 detik, website toko online yang tidak merespon akan kehilangan banyak sekali calon pembeli.

Customers lost and kept for a given load time

Oke. Sekarang kita menuju elemen akses server berikutnya, Uptime.

Elemen performa server: Uptime

Uptime adalah prosentase ketersediaan sebuah server. Hosting bagus selalu menawarkan uptime 99% ke atas. Nilai sempurna untuk uptime adalah 100%.

Downtime adalah kebalikan dari uptime. Penghitungan nilai downtime adalah 100% - (nilai uptime). Untuk uptime 99,8%, suatu server memiliki akumulasi downtime 0,2% (sekitar 1 menit 26,4 detik per hari). Dalam periode downtime, server mengalami gagal akses. Penyebabnya bisa voltase listrik turun atau maintenance teknis. Di sini, server akan offline dan tak bisa diakses dari manapun

Secara rasional, server dengan uptime sangat besar, akan memiliki downtime yang kecil.

Apakah ada server dengan uptime 100%? Ternyata ada. Pada pengetesan uptime server, kami menemukan nilai sempurna 100% uptime pada server milik Hostinger Indonesia.

Hostinger uptime results

Nilai response time yang kecil dan uptime yang besar, adalah konfigurasi dari hosting bagus. Kombinasi itu akan membuat website Anda mudah diakses, di manapun, kapanpun.

2. Punya tawaran harga yang menarik.

Harga terbaik hosting bagusBerkualitas dan murah. Paduan dua hal itulah yang diincar semua pengguna hosting.

Dalam industri web hosting, dua hal itu juga tak saling bertentangan. Layanan murah bukan berarti murahan.

Namun, yang mahal juga belum tentu bermutu.

Dalam pandangan saya, produk hosting bisa diibaratkan hamburger (makanan favorit saya).

Burger yang baik perlu disajikan secara sederhana dengan seluruh bagiannya (selada, bawang, jamur, ham - apapun selera Anda) bekerja untuk kesempurnaan satu kali gigitan. Lalu, kita bisa bicara harga. Saya akan memilih bayar Rp20.000,- untuk burger di atas, daripada burger seharga Rp150.000,- yang dijejali daging sapi impor Australia, selada yang disimpan di suhu 6°C.

Web hosting pun tak jauh beda. Ada pilihan mahal yang cukup populer hanya karena brand mereka seperti restoran Perancis bintang lima.

Sementara itu, layanan web hosting punya dua divisi, hosting gratis dan hosting berbayar.

Hosting gratis lebih diperuntukkan untuk pembelajaran dunia hosting. Anda diberi ruang simpan beberapa MB, namun, harus memakai subdomain tertentu, misalnya 000webhost.com.

Sementara itu, hosting berbayar punya tawaran yang lebih luas. Misalnya, Niagahoster menjual produk hosting mulai Rp19.800,-/bulan. Dengan harga itu Anda sudah mendapatkan:

  • 500 MB Disk Space
  • Unlimited Bandwidth, Database dan SSL Certificate
  • 1 nama domain
  • Instant backup dan BitNinja Smart Security

3. Customer support mereka mudah dihubungi. Sepanjang hari.

Customer support terbaik contoh website bagusDunia internet selalu aktif selama 24 jam penuh setiap harinya. Ketika manusia tidur pun masih terjadi lalu lintas data dari belahan bumi yang lain. Bahkan, juga ketika bencana atau krisis sosial melanda suatu daerah, internet tetap aktif.

Oleh karena itu, customer support suatu hosting perlu aktif sepanjang waktu. Ini diupayakan agar respon yang didapat customer bisa secepat mungkin.

Sebagai support system, terdapat istilah First Response Time.

First Response Time adalah angka dalam menit, jam, atau hari antara ketika customer memberikan aduan (dalam bentuk support ticket) dan ketika kru customer support memberikan respons pertama.

Seperti ditulis Geckoboard, metrik ini juga diberi nama First Reply Time dan standarnya berbeda-beda tergantung metode yang dipakai mengontak suatu customer support.

  • Email: 24 jam atau kurang
  • Media sosial: 60 menit atau kurang
  • Phone: 3 menit atau kurang

Kemudahan kontak ke customer support menjadi alasan dasar memilih suatu layanan hosting. Banyak hal teknis yang belum kita ketahui dan hanya dapat ditanyakan ke pihak support. Karena itu, kemudahan pelayanan tentu saja merupakan elemen wajib.

4. Kaya akan fitur.

Fitur lengkap dari contoh hosting bagusKekayaan fitur juga perlu dipertimbangkan dalam memilih hosting.

Misal, kita sebut ada dua perusahaan hosting masing-masing punya produk dengan harga yang sama. Produk hosting A menawarkan hosting gratis domain. Hosting B hanya menawarkan hosting, tanpa domain.

Tentu saja, paket Hosting A lebih praktis. Sekali beli hosting, tidak perlu urus beli nama domain.(Layanan seperti ini benar-benar ada, seperti ditawarkan Hostinger Indonesia dan Niagahoster).

Itu baru satu aspek. Hosting dan domain.

Barangkali, Anda membutuhkan lebih dari sekadar web hosting standar. Misalnya, hosting untuk radio atau streaming. Atau Anda sangat concerned dengan proteksi data, maka Anda perlu fitur backup rutin.

Selain itu, fitur yang bisa Anda harapkan dari hosting terbaik adalah:

  • scan rutin untuk mendeteksi dan menghilangkan malware
  • sertifikat SSL gratis
  • server firewall yang selalu diperbarui
  • keamanan fisik dari tempat penyimpanan server

5. (Sangat) User-friendly.

Aspek user-friendly dari hosting bagusAspek simplicity dan easy-to-use sangatlah penting bagi pengguna hosting pemula.

Anda bisa menghitung beberapa hal. Misal, apakah langkah daftar hosting di provider tersebut lama dan berbelit-belit? Apakah Anda tahu di mana harus menanyakan sesuatu? Juga, apakah website provider tersebut tersedia dalam bahasa Anda (Bahasa Indonesia)?

Hosting bagus umumnya punya dokumentasi yang lengkap atas komponen tersebut. Website mereka juga mudah ditelusuri, termasuk menyediakan satu menu (biasanya, Knowledgebase) berisi FAQ atau informasi penting mendasar lainnya.

cPanel Hostinger Indonesia

Aspek aplikasi juga penting. Web hosting adalah produk layanan IT. Maka, upayakan untuk memilih hosting dengan aplikasi yang user friendly, seperti aplikasi admin cPanel yang dipakai Hostinger Indonesia di atas.

6. Punya integrasi metode pembayaran.

Integrasi cara pembayaran contoh hosting bagusBanyaknya channel pembayaran adalah nilai plus bagi suatu bisnis. Khususnya bagi seorang customer jasa web hosting. Variasi metode pembayaran memberikan beberapa pilihan untuk hal-hal yang sangat esensial.

Ada dua hal di sini, yaitu soal keamanan data dan soal menghindari biaya ekstra.

a. Proteksi identitas pembayar: menghindarkan dari penipuan (fraud)

Banyak orang sadar kalau hacker bisa mencuri informasi saat Anda belanja secara online. Anda bisa mempercayai teknologi untuk perlindungan ini. Identitas finansial Anda disamarkan (di-enkripsi) ke format yang sulit dibaca.

Maka, penting kalau Anda mendapat beberapa jenis metode pembayaran untuk membantu menghindari beberapa masalah.

  • Kartu kredit. Proteksi penipuan dari kartu kredit cukup kuat. Proses pembatalan pembelian pun mudah dilakukan. Alih-alih, uang meninggalkan akun bank Anda seketika, penerbit kartu akan mengirim sejumlah uang dan Anda melunasinya belakangan.
  • Layanan Pembayaran (Payment Services). Layanan pihak ketiga, seperti PayPal atau Google Wallet, cukup populer saat ini. Layanan ini pun bisa memberi satu lapisan proteksi ekstra. Jadi, alih-alih menunjukkan nomor kartu kredit atau informasi akun bank ke website web hosting, Anda bisa menyimpan informasi itu di satu tempat sentral (di PayPal, misalnya).
  • Kartu Debit. Jenis pembayaran kartu debit akan mengambil uang langsung dari akun kas Anda. Sementara itu, kartu debit langsung terhubung ke akun bank Anda. Jadi, saat seseorang mengetahui nomor kartu Anda tanpa permisi, uang bisa langsung keluar dari akun kas bank Anda.

b. Alternatif bank: menghindari biaya tambahan

Khusus di Indonesia, transfer antar bank saat ini dikenakan biaya sebesar Rp.6.500,-. Biaya tersebut dapat dihindari bila transfer dilakukan dengan bank yang sama.

Jadi  semakin hosting memperluas channel pembayarannya akan semakin memberikan kemudahan kepada pelanggan.

Sudah bisa membedakan mana hosting terbaik?

Di atas tadi adalah 6 ciri khas layanan hosting terbaik.

Kriteria itu mungkin sudah sesuai menjawab teka-teki apa dasar penilaian hosting bagus yang kami punya. Namun, Anda juga belum bisa mendapat gambaran utuh, sebelum melihat provider mana saja yang punya layanan hosting unggulan.

Untuk itu, laman web hosting terbaik telah menyusun 5 nama provider dengan paket web hosting berkualitas seperti di atas. Untuk pemilik website yang lebih besar, atau korporasi besar, kami menyarankan 5 VPS Indonesia terbaik yang setingkat lebih unggul daripada jenis shared web hosting.

Dan jangan sungkan meninggalkan pertanyaan atau saran di kolom komentar di bawah ini 🙂 Saya akan dengan senang hati menanggapi.

Protected by Copyscape

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.
Get new blog posts by email: