Cara Hosting Web yang Baik – Tips Memilih Hosting bagi Pemula

Walaupun sekarang popularitas sosial media tengah di atas angin, tak dapat dipungkiri bahwa memiliki sebuah website personal bagi bisnis masih merupakan hal yang sangat penting. Sebuah halaman website memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh sosial media yaitu tampilan dan kontennya yang dapat diatur sendiri sepenuhnya sesuai keinginan. Terutama untuk urusan blogging, mempublikasikan berita atau menjual barang secara online, sebuah halaman web tentunya tetap menjadi pilihan terbaik. Maka dari itu perlu lah kiranya Anda mengetahui seluk beluk bagaimana cara hosting web mulai dari memilih hosting hingga akhirnya website Anda dapat dilihat secara online oleh banyak pengunjung.

Panduan berikut ini akan menunjukkan apa saja cara-cara hosting web yang bisa Anda pilih beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan tips-tips cara hosting web berikut ini juga, semoga Anda mendapatkan pencerahan alat atau tools yang benar dalam melakukan hosting web.

Cara Hosting Web Yang Baik dan Benar

Oke, jadi hal terpenting apa yang perlu diketahui sebagai pemula dalam hal cara hosting website?

Jangan Gunakan Website Builder!

Bagi kebanyakan orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang web atau ilmu koding, sebuah website builder yang mana memungkinkan Anda bisa membuat web dengan cara drag and drop memang sangat menarik. Tools atau software seperti website builder ini sangat mudah dipahami dan digunakan. Walaupun demikian, cara hosting web menggunakan website builder adalah cara hosting web yang kurang disarankan. Mengapa?

Demi masa depan Anda dan keberlangsungan website yang Anda rintis, saya memberi pesan bahwa sebaiknya Anda menghindari penggunaan website builder seperti ini!

Hindari Website Builder

Cara hosting web menggunakan website builder bisa saya umpakan Anda belajar naik sepeda beroda satu. Anda dapat menguasai dan ahli dalam atraksi sepeda yang unik ini, namun coba pikirkan kembali, dalam kehidupan nyata menggunakan sepeda roda satu tidak sepraktis jika dibandingkan menggunakan mobil atau sepeda motor. Selain itu, walaupun Anda telah mahir dalam menggunakan website builder, Anda kurang bisa berkembang karena perkembangan Anda terbatas dengan fitur yang ada di website builder dan biaya. Banyak perusahaan website builder yang menawarkan harga paket murah, tetapi sayangnya memiliki fitur yang kurang lengkap dan keterbatasan di sana sini. Menginginkan fitur lebih berarti Anda harus berani mengeluarkan dana yang lebih besar pula.

Ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda perhatikan, cara hosting web dengan memanfaatkan website builder ini memiliki banyak kelemahan. Contohnya bilamana suatu saat Anda ingin berubah menggunakan website builder lain atau ingin mengubah desain website tanpa merubah konten. Kebanyakan penyedia layanan website builder tidak ada yang membolehkan hal tersebut. Anda tidak dapat memindahkan website yang Anda buat ke tempat hosting lain. Jerih payah Anda sebelumnya dalam membuat website dengan web builder mau tidak mau akan hilang. Dan ini tentunya bukanlah hal yang bagus.

Sebagai alternatif cara hosting web selain menggunakan website builder, Anda dapat menggunakan apa yang disebut Content Management System (CMS). Salah satu CMS yang paling populer di dunia adalah WordPress dan saya sangat merekomendasikan CMS ini. Hampir sepertiga website di internet menggunakan WordPress. Selain mudah digunakan, CMS ini juga mudah dipindahkan dari hosting yang satu dengan hosting yang lain. Ribuan template atau tema yang bagus juga tersedia. Jika Anda menemui masalah dalam instalasi dan cara hosting webnya, banyak komunitas WordPress yang siap membantu.

WordPress dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP yang mana merupakan bahasa pemrograman yang  relatif mudah dipelajari. Jika Anda berhasil menguasai bahasa pemrograman ini, Anda dapat mengubah CMS WordPress sesuai keinginan Anda hampir dengan tiada batas.  Anda bisa membuat widget sendiri ataupun membuat tema sendiri sesuai keinginan. Bahasa pemrograman PHP yang populer juga akan memudahkan Anda menyelesaikan masalah yang suatu saat mungkin timbul di website Anda. Anda tinggal mengetikkan permasalahan di mesin pencari, dalam sekejap berbagai solusi pemecahan masalah yang sejenis pun akan muncul.

WordPress sebenarnya bukanlah satu-satunya CMS yang ada. Content Management System lain seperti Joomla dan Drupal mungkin bisa Anda pertimbangkan pula sebagai cara hosting web dengan CMS. Dengan mahir menggunakan CMS seperti ini, selain akan mendapatkan pengalaman yang bagus, kedepan bisa jadi dapat menunjang karir Anda. Karir sebagai “Drupal / WordPress Developer” tentunya lebih terlihat kece daripada “Saya tahu cara menggunakan website builder”.

Pilih Hosting dengan cPanel

Setelah Anda mengetahui kekurangan website builder, maka cara hosting website yang paling baik adalah dengan membeli web hosting sendiri sehingga Anda benar-benar memiliki kontrol terhadap web Anda. Namun, jangan asal hosting website karena tergiur harga murah. Banyak pertimbangan yang juga harus Anda pikirkan. Salah satunya adalah memilih web hosting yang memiliki cPanel yang mudah dimengerti.

Ya, cPanel. Hal yang satu ini saya rasa akan mengakibatkan pembahasan yang agak berat. Sebelumnya, perkenankan saya untuk menjelaskan apa itu cPanel. Singkatnya, cPanel atau panel hosting adalah tempat di mana sebagian besar hal penting yang berkaitan dengan hosting website dapat dilakukan. Meng-onlinekan website dengan cara hosting web melalui cPanel ini merupakan hal yang paling umum dilakukan. Dengan cPanel Anda bisa mengunggah file website Anda, membuat subdomain, menginstal Content Management System, melihat statistik penggunanaan sumber daya, menautkan alamat domain ke hosting dan melakukan banyak hal-hal lainnya. Tentu saja dengan banyaknya macam fungsi yang ada di cPanel, Anda mengharapkan cPanel ini sesederhana mungkin agar mudah dimengerti.

Fasilitas-fasilitas penting dalam sebuah cPanel haruslah mudah ditemukan ketika dibutuhkan. Beberapa penyedia web hosting bahkan membuat panel mereka sendiri, yang terkadang bisa jadi malah sulit dan tidak user friendly untuk digunakan. Tampilan cPanel standar dan sederhana yang banyak telah banyak digunakan oleh berbagai penyedia web hosting saya rasa sudah cukup efisien. Tampilan antarmuka yang sama hampir digunakan oleh semua shared web hosting dan dedicated server. Jika dalam pengoperasian cPanel Anda menemui kesulitan, misalnya cara hosting website tertentu, Anda juga mudah mememukan tutorial yang sesuai karena panel hosting cPanel ini telah digunakan banyak pihak.  Singkatnya – cPanel sangat cocok untuk semua kalangan pengguna dan tidak ada alasan yang rasional untuk tidak memilihnya.

Cari Hosting dengan Banyak Script Auto-Installer

Tips selanjutnya cara hosting web yang baik adalah dengan mencari web hosting dengan banyak script auto-installer. Script yang dapat di-install otomatis bisa jadi sangat membantu Anda. Script Auto-Installer adalah program, software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai hal dan tujuan. Contohnya seperti Content Management System (CMS) WordPress, membuat blog, aplikasi perpesanan, bahkan sistem pembelajaran online. Berbagai script website di atas dapat dengan mudah dipasang dengan hanya dengan beberapa klik saja.

Sebenarnya, cara hosting web dengan menggunakan script ini bisa Anda lakukan sendiri dengan mendownload script di website pengembangnya lalu menginstallnya sendiri. Namun bagi pemula, membangun database dan menginstal aplikasi secara manual bisa jadi sebuah kerumitan tersendiri. Anda harus tahu hal-hal teknis secara mendetail. Mungkin setelah belajar yang cukup suatu saat nanti Anda bisa melakukannya, namun untuk saat ini ketika Anda masih belum memiliki wawasan tentang instalasi website secara manual memiliki fasilitas yang mampu menginstall banyak script dengan beberapa klik saja tentunya sangat memudahkan bagi Anda.

Beberapa penyedia layanan web hosting hanya menyediakan script auto-installer dengan jumlah terbatas, bahkan saya pernah menemukan penyedia yang hanya menyediakan sebanyak 4 script saja. Namun beberapa penyedia ada yang menyediakan banyak sekali skrip siap install. Sejauh pengalaman saya, paling banyak saya pernah menemukan penyedia web hosting dengan script yang disediakan hingga 300 aplikasi. Web hosting yang menawarkan pilihan yang lebih lengkap pastinya akan lebih menarik dan bisa Anda pertimbangkan sebagai tempat cara hosting website Anda.

Ketersedian Tutorial adalah Hal Penting

Memang benar, tidak peduli seberapa pandai kita baik, akhirnya bantuan tetaplah dibutuhkan. Bila itu terjadi, pastikan Anda menggunakan hosting yang peduli dengan pelanggan. Basis tutorial yang lengkap tentu akan sangatlah membantu karena berisi banyak jawaban atas pertanyaan atau kendala yang mungkin suatu saat Anda hadapi.

TIPScarilah penyedia web hosting yang memiliki tutorial dengan informasi visual: seperti foto dan video. Tutorial semacam itu cenderung lebih mendalam dan bisa memberikan panduan menyeluruh jika Anda benar-benar stuck dalam suatu masalah.

Carilah Layanan Pelanggan yang Unggul

Beberapa kasus atau kendala yang tidak bisa diselesaikan dengan tutorial atau mencari jawabannya di Google bisa diatasi dengan menghubungi layanan pelanggan atau Customer Service yang siap selalu siap sedia. Anda harus memilih hosting yang menawarkan layanan pelanggan yang bisa dihubungi kapan saja dengan berbagai macam saluran. Misalnya layanan pelanggan melalui live chat atau ticket support yang aktif melayani selama 24 jam perhari / 7 hari seminggu. Dengan demikian jika suatu saat Anda menemukan masalah dapat mudah menemukan solusinya baik itu berupa masalah teknis atau tidak. Percayalah, kendala-kendala yang sering muncul ketika Anda memiliki website seringkali terjadi di luar jam kerja seperti malam hari atau hari libur.


Beberapa orang mungkin lebih memilih menggunakan layanan telepon. Layanan dengan telepon ini memang cukup penting dari pengalaman saya, namun layanan dengan telepon ini lebih sesuai untuk pertanyaan mengenai pembelian. Pertanyaan yang berhubungan seputar hal-hal teknis tetap paling baik dilayani dengan cara menulis sehingga penjelasannya dapat diuraikan secara mendetail.

TIPS – jangan ragu untuk menanyakan pertanyaan apapun walaupun itu terlihat sepele! Jika Anda tidak berpengalaman, itu adalah kewajiban penyedia hosting untuk memastikan Anda menjadi ahli dan mengetahui dengan benar cara hosting web di layanan mereka. Jika penyedia hosting Anda tidak dapat menangani Anda dalam kondisi demikian, mereka saya rasa tidak layak mendapatkan yang terbaik dari Anda .

Jadi,

Bagaimana Cara Hosting Web yang Baik?

Posting blog ini tidak disponsori oleh penyedia hosting, oleh karena itu, saya tidak akan memberikan jawaban tertentu. Memilih tempat untuk hosting situs web memang bisa menjadikan Anda stres, apalagi dengan banyaknya penawaran promosi, potongan harga dan iklan di kiri dan kanan Anda.

Namun, semoga sekarang, Anda mendapatkan pencerahan bagaimana cara hosting web di penyedia layanan yang benar. Lihat review web hosting teratas kami dan Anda bisa menilai sendiri penyedia web hosting sesuai kebutuhan Anda. Di sana, kami telah mereview banyak perusahaan papan atas dan menilai semua hal termasuk yang saya sudah sebutkan di artikel ini.

Bergabung dengan tim webhostingterbaik semenjak website ini mulai dirilis. Selalu antusias mencari berbagai informasi dan membagikan informasi yang diketahuinya kepada semua orang melalui tulisannya secara lengkap.

Dapatkan posting terbaru :