Ada 3 Cara Hosting Web- Seperti Apa Plus-Minusnya Masing-Masing?

Cara hosting web yang praktis

Seseorang punya 3 cara hosting web. Dan sebagai peminat olah raga hiking, saya melihat tiap cara itu bisa dianalogikan ke beberapa jenis pendaki gunung.

Ada cara hosting web mandiri: memakai komputer pribadi, utak-atik software sendiri. Cara ini mirip pendaki gunung sejati yang mempersiapkan segalanya sendiri dan tahu jalur pendakian yang harus dilalui. Yang lain lagi cara hosting lewat web hosting profesional. Seseorang menyewa jasa server hosting untuk jangka waktu tertentu – seperti seseorang yang menyewa sherpa untuk mendaki ke puncak Everest.

Lalu, ada cara hosting gratis, yaitu lewat website builder.

Yang terakhir ini mirip seseorang yang duduk manis naik gondola yang berayun ke puncak gunung. Dalam waktu 15 menit ia sudah bisa menyaksikan sunrise dari ketinggian!

Tentu tiap cara dan karakter di atas punya plus-minus masing-masing. Masing-masing akan dibahas dalam pembabakan 3 opsi berikut:

Artikel ini bukan artikel teknis. Saya tak akan berbicara mengenai HTML dan lain-lain juga. Tujuan pemaparan ini adalah agar Anda akrab dengan sejumlah cara hosting web yang bisa dipilih.

1. Hosting Web Mandiri

Untuk online, suatu data website perlu disimpan dalam server,. Server ini pun pada dasarnya adalah komputer seperti pada umumnya. Jika Anda memiliki sambungan internet dan satu set komputer (yang cukup canggih untuk memproses data digital virtual) Anda sudah memenuhi satu syarat mengonlinekan website dari rumah.

Cara hosting web sendiri ini juga metode yang dipakai penemu internet, Tim Berners-Lee untuk mengonlinekan website-nya pada tahun 1983. Dan saat ini, cara hosting ini masih menyimpan banyak potensi. Bayangkan di masa depan Anda bisa host aplikasi chat keluarga, atau mengintegrasi smartware di rumah (lampu otomatis, teko yang terkoneksi ke smartphone, dan lain-lain). Atau Anda bisa hosting website portofolio produk seni atau karya Anda lainnya dari server rumah.

Wampserver optionsRasanya tak salah mencoba teknologi di atas. Misalnya, lewat platform web stack Apache, MySQL dan PHP (AMP) yang dijalankan di atas sistem operasi Windows (WAMP) dan Linux (LAMP).

Tak dipungkiri, Anda akan mendapat pengalaman edukatif dan barangkali baru di sini.

Namun, sayang sekali, saya sejak awal kurang merekomendasikan cara hosting web mandiri ini. Terutama bila Anda masih sangat awam dalam teknologi server hosting.

Cara host web mandiri masih punya 3 tantangan serius

  • Alamat IP yang dinamis – koneksi Wi-Fi atau internet rumah umumnya memakai IP Address yang berubah-ubah (dinamis). Ini akan menyulitkan setting IP bagi server website Anda nantinya.
  • Batasan bandwidth – layanan home internet service umumnya didesain untuk penggunaan rumahan dengan kapasitas secukupnya. Kapasitas ini akan sulit menanggulangi traffic yang meningkat pada momen khusus, misal Hari Belanja Online atau ketika forum Anda laris.
  • Biaya listrik yang membengkak – karena server adalah perangkat elektronik (komputer), ia membutuhkan asupan listrik. Dan server harus menyala 24 jam penuh.

Tiga hal di atas berkorelasi dengan sebuah alasan finansial. Yaitu, bahwa server pribadi bukanlah cara ekonomis untuk hosting website. Jika Anda baru memulai, atau berencana, mengonlinekan website Anda, gunakan layanan hosting yang sudah ada, yaitu dari website builder atau layanan web hosting profesional.

2. Hosting Gratis dari Paket Website Builder

Weebly homepageNiagahoster, Weebly, atau Webnode pada dasarnya adalah aplikasi pembuatan website. Namun, lebih dari itu. Paket website builder juga mencakup fitur hosting gratis untuk semua website yang diciptakan lewat platform mereka.

Jadi, pilihan ini cocok untuk Anda yang belum punya website. Anda sekaligus tidak perlu pusing cari hosting web lagi.

Walaupun begitu, saya kurang merekomendasikan cara hosting web dari website builder. Terutama bila Anda memproyeksikan website Anda nanti sebagai website profesional jangka panjang.

Soal masa depan, website builder terbilang cukup over-protective.

Platform desain dari WixAnda mungkin ingin menyimak Syarat dan Ketentuan kebanyakan platform web builder. Memang, tidak banyak informasi pribadi, biaya sewa, atau tetek-bengek lain yang dimintakan di awal pendaftaran.

Namun, ada beberapa kerugian fatal di sini: Kekurangan ini yang kerap jadi poin negatif website builder:

  • Sulitnya migrasi data ke server lain – website builder bersifat closed platform, jadi data Anda bisa terkunci di satu platform itu, tidak bisa dipindah ke server lain.
  • Tidak tersedianya fitur backup data – terutama website builder gratis menghilangkan fasilitas backup data, sehingga data Anda bisa hilang kapan saja.
  • Kapasitas hosting yang ala kadarnya – tawaran termurah biasanya hanya menyediakan 100MB disk storage dengan bandwidth 1-2GB

Di luar itu, platform harga website builder terbilang cukup mahal. Untuk kapasitas disk storage standar dan bandwidth tak terbatas, misalnya, Anda harus membayar  Rp192.000,-. Harga ini terus terang beberapa kali lipat dari harga layanan web hosting profesional dengan tawaran serupa.

platform harga wix

Kesimpulannya, website builder menyediakan hosting secara cuma-cuma. Namun, inti layanan website builder terbaik adalah membuat website Anda tampil indah, bukan memberikan layanan hosting yang di atas rata-rata. Alias hosting server yang cepat, stabil dan ekonomis.

Padahal, website yang merespon dengan cepat adalah kunci peringkat situs yang baik di Google. Di samping itu, sebanyak 41% pengunjung akan meninggalkan website yang belum memberi respon setelah lebih dari 3 detik. Dan semua ini hanya bisa ditangani oleh web hosting profesional – yang memang disediakan untuk memberikan kualitas yang bisa diandalkan..

3. Sewa Layanan Web Hosting Profesional

Halaman muka NiagahosterLayanan web hosting profesional ditawarkan oleh perusahaan server hosting, lokal maupun internasional, di mana Anda bisa menyewa sebagian atau seluruh kapasitas server yang tersedia.

Perusahaan web hosting diisi oleh ahli teknologi internet dan tim customer support yang memahami seluk-beluk teknis web hosting.

Kerja sama Anda adalah menyewa layanan web hosting mereka, yang bisa Anda gunakan secara mandiri. Anda tidak menitipkan website Anda untuk di-administrasi oleh mereka.

Predikat yang disandang oleh Niagahoster

Anda bisa melihat profil perusahaan web hosting terbaik di Indonesia dengan mengunjungi situs resmi Niagahoster, Hostinger, Dewaweb.

Cara mendaftar web hosting

Layanan web hosting bisa diakses secara online. Jadi, untuk menyewa paket ini, Anda tidak perlu Googling nomor telepon atau alamat kantor mereka.

Sebagai contoh, saya akan menunjukkan cara mendaftar web hosting di Niagahoster. Pada umumnya, mekanisme di perusahaan akan kurang lebih sama sebagai berikut:

  1. Pilihan Paket NiagahosterKunjungi website resmi provider web hosting. Untuk Niagahoster, masukkan alamat situs resmi Niagahoster
  2. Di halaman muka, cari tawaran web hosting, lalu klik tombol Pilih Sekarang (dari contoh Niagahoster).
  3. Pastikan Nama Paket yang Anda pilih, Durasi sewa web hosting, dan fitur lainnya (misal, domain, auto-installer WordPress)
  4. Di bagian pencarian nama domain, Masukkan nama domain yang Anda inginkan. Perhatian: Tidak semua hosting menyediakan domain gratis; Niagahoster sendiri menawarkannya mulai dari paket Pelajar ke atas.
  5. Selanjutnya, jawab apakah Anda menerima fasilitas tambahan dari provider. Misalnya, aplikasi website builder, proteksi WHOIS.
  6. Terakhir, buat akun. Untuk Niagahoster, Anda akan dimintai identitas pribadi (email, password, dan sebagainya) serta metode pembayaran yang Anda mau.
  7. Klik Checkout Sekarang! untuk menyudahi pembuatan akun dan memulai transfer biaya sewa hosting.

Nanti Anda akan dikirimi email verifikasi dan permintaan pembayaran sewa hosting. Dan dimulailah petualangan Anda untuk mencoba web hosting ini.

Jangan khawatir, sebagian besar provider memiliki garansi 30-hari uang kembali. Jika Anda tidak puas dengan layanan mereka, segera lakukan pembatalan sewa sebelum batas 30 hari, maka uang Anda akan dikembalikan seutuhnya.

Cara Pilih Hosting Terbaik

Tidak semua layanan web hosting itu sama. Beberapa hosting lebih buruk dari hosting lainnya. Maka, untuk mendapatkan layanan terbaik, pertimbangkanlah hal-hal berikut

1. Pilih Hosting dengan cPanel Yang Mudah DIpakai

Contoh Tampilan cPanelcPanel adalah dapur website Anda. Di sinilah Anda melakukan sebagian besar aktivitas web hosting. Misalnya, membuat subdomain, instal Content Management System (CMS), melihat statistik penggunaan kapasitas server, dan banyak lainnya.

Banyak provider web hosting membuat panel mereka sendiri. Namun, kebanyakan malahan kurang user-friendly. Bukannya pekerjaan Anda cepat selesai, malahan Anda bingung cara mengoperasikan panel tersebut.

Oleh karena itu usahakan gunakan cPanel, karena ini adalah panel paling bersahabat bagi pemula.

2. Utamakan Script Auto-Installer

Bila Anda sudah membaca pembahasan website builder di atas, web hosting ini bisa dilihat sebagai solusi kekurangan web builder tersebut. Cara hosting web ini sangat fleksibel dan open-platform.

Pilihan aplikasi via SoftaculousSebagai alternatif aplikasi web builder, misalnya, Anda bisa instal Content Management System (CMS) seperti WordPress, Joomla!, Drupal, atau Magento. Masing-masing CMS itu menghasilkan website dengan cara kerja spesifik. Dan semuanya itu bisa di-instal menggunakan Auto-Installer, contohnya dari aplikasi Softaculous.

Berapa banyak auto-installer yang Anda butuhkan? Satu provider bisa hanya menawarkan 4 aplikasi, yang lainnya sampai 300. Intinya, makin lengkap dan beragam auto-installer yang disediakan, makin nyaman kerja Anda kemudian.

Knowledgebase Hostinger3. Ketersedian Tutorial atau Knowledgebase

Fungsi pembelajaran dari web hosting jangan pernah terlupakan. Sebelum menyewa sebuah paket hosting, pastikan Anda melihat Knowledgebase atau bagian Tutorial dari provider tersebut.

Carilah penyedia web hosting yang memiliki tutorial dengan informasi visual: seperti foto dan video.

Tutorial semacam itu cenderung lebih mendalam dan bisa memberikan panduan menyeluruh jika Anda benar-benar kehabisan akal.

4. Customer Support, 24/7

Good customer supportYa, 24/7 itu berarti Customer Support yang siap siaga sepanjang minggu, tanpa libur. Fasilitas ini penting mengingat internet juga aktif sepanjang minggu. Ketika ada kendala teknis, siapa yang bisa menangani kalau bukan provider itu sendiri?

Tutorial dari provider web hosting umumnya sudah melingkupi seluruh problem yang mungkin muncul. Namun, untuk yang bersifat spesifik, Anda bisa menghubungi Customer Support ini lewat berbagai macam cara, bisa WA, telepon, atau ticket (bantuan personal).

Sudah Menemukan Cara Hosting Web Terbaik?

Posting blog ini tidak disponsori oleh penyedia hosting tertentu. Oleh karena itu, saya tidak akan memberikan jawaban tertentu.

Prinsipnya, kenali kebutuhan dan proyeksi situs web Anda. Jika website Anda hanya untuk jangka pendek, maka website builder bisa dipakai (ada website builder gratis yang juga gratis hosting). Sementara, kalau website Anda akan menjadi website profesional, saya menyarankan menyewa web hosting terbaik. Layanan ini cukup simpel, dan banyak juga yang ekonomis.

Sementara, cara hosting mandiri hanya saya rekomendasikan untuk tujuan edukatif saja.

Ya, memilih cara hosting memang bisa bikin stres. Namun, Anda bisa mengurangi beban pikiran Anda setelah mengakrabi berbagai cara hosting di atas. Semoga artikel ini sedikit memberi klarifikasi atas plus-minus beberapa cara hosting tersebut.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Dapatkan posting terbaru :