Apakah Saya Harus Pakai Cloud Hosting? – Apa itu Cloud Hosting dan Server

Server hosting tradisional adalah teknologi IT yang terbatas oleh elemen fisik komputer. Dia tak ubahnya satu perangkat komputer dengan, misalnya, hard disk sudah mentok di angka 10GB. Namun, kemunculan Cloud hosting mengubah aturan permainan ini.

Sekeren itukah Cloud hosting?

Intinya, Cloud hosting atau Cloud server adalah superpower dan solusi bagi masa depan infrastruktur hosting web. Basis peminatnya makin bertambah. Dalam sebuah studi di tahun 2015, banyak perusahaan rela menginvestasikan 45% budget mereka untuk mengintegrasikan sistem Cloud ini.

Memang seberapa besar kegunaan Cloud hosting ini?

Mari kita tengok lebih lanjut...

apa itu cloud hosting

Apa itu Cloud?

Awalnya, teknologi Cloud server adalah 'mainan' penggila IT. Baru karyawan ARPANET dan CSNET (dua-duanya adalah versi awal internet) yang tahu arti simbol awan dari Cloud ini. Namun, kemudian, perusahaan Amazon memperkenalkan Elastic Computer Cloud (EC2) pada tahun 2006, dan teknologi Cloud semakin membudaya.

Bentuk bisnis Cloud menawarkan kapasitas komputasi (penanganan pemrograman otomatis) yang luar biasa besar. Teknik ini juga bisa membagi beban komputasi agar bisa diproses secara efisien.

Perkembangan Amazon EC2

Wow. Keren. Oke.

Oh ya, tapi saya belum menjawab pertanyaan pertama Anda...

Apa itu Cloud hosting?

Cloud hosting adalah layanan yang berdiri di atas server virtual yang ditenagai jaringan raksasa dari beberapa server web. Anda tidak bisa menunjuk secara spesifik di server mana ‘Cloud’ ini berada, karena istilah Cloud server adalah mengacu ke jaringan virtual, bukan suatu mesin secara fisik.

Sebuah dedicated server saja sudah memiliki daya komputasi yang besar, apalagi Cloud yang merupakan himpunan dari sejumlah server semacam itu. Hasil konfigurasi jaringan server ini menghasilkan agregat kapasitas yang sangat besar.

Kapasitas Cloud ini pun bisa dipakai bersama-sama oleh lebih dari satu pengguna Cloud.

Bagaimana cara kerja Cloud hosting?

Buku biologi SMA tak menerangkan bagaimana teknisi komputer mencipta Cloud (awan).

Anda bisa memahami apa itu Cloud hosting sebagai berikut.

Berkat teknik virtualisasi, Cloud hosting menghimpun beberapa server yang letaknya tidak harus dalam satu lokasi data center (bisa saja tersebar di 7 benua dunia). Beberapa server tersebut akan ditempati file (file hosting) dan melakukan data sharing di antara mereka, melalui koneksi yang terenkripsi.

Bagaimana cara kerja cloud hosting

Tidak seperti dalam server fisik, beban kerja dalam jaringan Cloud hosting tidak dibebankan ke satu server saja. Virtualisasi server telah mengubah beberapa server ke dalam satu himpunan unit Cloud dan bebannya ditanggung bersama oleh seluruh server yang terhimpun tadi.

Apa Kegunaan Cloud Hosting?

Resilience, alias kemampuan mengembalikan kondisi kritis ke kondisi normal, adalah satu karakteristik kunci dari Cloud hosting. Sebagai contoh, matinya satu server tidak akan mengganggu di sistem ini. Unit virtual masih memiliki daya dari jaringan server tadi.

Apa itu Cloud hosting pun menjadi alternatif web hosting server tunggal (shared atau dedicated). Layanan ini menawarkan solusi untuk meminimalisir ongkos produksi, memperkuat keamanan, dan sebagainya.

Secara garis besar, keuntungan dari Cloud server adalah:

  • Konektivitas yang tahan kendala (resilient). Matinya satu server tidak mengganggu service uptime jaringan Cloud, karena server virtual masih memiliki stok daya dari jaringan server tadi. Tak mengherankan kalau provider Cloud hosting punya tawaran uptime 100%.
  • Skalabilitas tanpa batas. Total kapasitas sumber daya Cloud hosting terbilang infinite dan tersedia saat itu juga (real time on-demand). Anda bisa atur konsumsi CPU, disk storage, RAM sesuai kebutuhan. Perubahan (upgrade/downgrade) juga bisa dilakukan tanpa perlu me-non-aktif-kan website (seamless).
  • Efisiensi ongkos produksi. Hasil, dan tujuan cloud hosting, adalah ongkos yang lebih murah. Pelanggan hanya membayar sesuai kapasitas yang dipakai (pay-as-you-go), dan karena bisa diakses kapan saja, maka tidak ada ongkos ekstra.
  • Reduksi emisi karbon. Cloud hosting membagi beban kerja ke semua server yang terlibat, sehingga memperkecil peluan server idle (yang artinya server menyala sia-sia). Efisiensi konsumsi listrik pada akhirnya mengurangi emisi karbon yang diproduksi perusahaan klien.

Cloud and energy conservationAda cerita menarik dari simulasi model CLEER yang dilakukan Lawrence Berkeley National Laboratory dan Nortwestern University di California, AS. Penemuan mereka menunjukkan seberapa efektif cloud hosting ini.

Dua institusi ini mengetes berapa banyak energi yang dihemat jika semua perusahaan di Amerika Serikat memindahkan spreadsheet, email hosting, dan software customer management ke sistem cloud hosting.

Hasilnya? Energi yang dihemat bahkan cukup untuk melayani listrik seluruh Los Angeles.

Apakah saya perlu memakai Cloud hosting?

Soal ini, semua kembali pada kebutuhan pribadi atau bisnis Anda.

Cloud server adalah teknologi yang bakal menggantikan posisi layanan shared hosting di masa depan. Melihat garansi uptime 100% dan mudahnya menambah/mengurangi kapasitas server, hal tersebut sangatlah masuk akal. Selain itu, Cloud hosting paralel dengan kebutuhan IT modern, yaitu teknologi keamanan, kapasitas penyimpanan (storage), dan prinsip 'mobile-first'.

Peningkatan budget teknologi pada 2915

Namun, satu beban dari apa itu hosting adalah harga layanannya.

Perlu diketahui, bahwa Cloud hosting masih merupakan layanan premium. Anda perlu membayar 4x lebih mahal untuk memakai layanan Cloud hosting termurah di Indonesia.

Bila yang Anda utamakan adalah website yang ‘on terus’, maka mempertimbangkan Cloud hosting, via VPS Indonesia terbaik, adalah cukup pas.

Kesimpulan

Akan seperti apa cloud hosting di masa depan?

Saya yakin teknologi ini akan menjadi lebih populer daripada sekarang. Saat ini saja, orang makin aware tentang apa itu cloud hosting dan teknologi ini perlahan telah mulai mengambil alih pasar web hosting terbaik di dunia.

Cloud hostingSolusi IT berbasis cloud server adalah tren di seluruh dunia. Cloud hosting adalah upgrade dari shared hosting biasa. Dibandingkan dengan shared hosting, teknologi ini lebih cepat, lebih efisien dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam beberapa kasus, hosting berbasis Cloud bahkan bisa menjadi pilihan yang lebih baik daripada dedicated server hosting.

Teknologi cloud menawarkan sumber daya dan fleksibilitas dengan harga yang jauh lebih murah.

Kemampuan utamanya untuk menyimpan informasi di beberapa pusat data di seluruh dunia membuatnya cepat, aman, andal dan efisien. Walaupun demikian ruang untuk mengembangkan hosting cloud masih terbuka lebar.

Cloud hosting adalah teknologi hosting yang mulai populer di dunia termasuk Indonesia. Web hosting di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi cloud dan SSD dapat dibeli di sini:
Cloud Hosting Murah Indonesia

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.
Dapatkan posting blog baru melalui email: