Web Hosting Indonesia Terbaik – Ini Daftar 5 Server Tercepat (2018)

Web hosting indonesia terbaik

Ternyata, cukup sulit menemukan web hosting yang sempurna dalam segala hal. Namun begitu, kami rasa kami menemukan sejumlah web hosting yang tawarannya cukup dahsyat. Mereka inilah yang masuk dalam 5 besar web hosting terbaik.

Nah, mari lihat lebih dekat web hosting provider yang telah kami kumpulkan. Anda juga boleh bertanya: Kenapa kami memilih mereka? Apa fitur terbaik mereka? Untuk siapa paket mereka dianggap paling sesuai?

1. Hostinger

Hostinger Indonesia 90% off promo black fridayRating: 9,7 5-star
Rating Kecepatan Server: A
Uptime: 99,99%
Disarankan untuk: Bisnis startup, pengelola website profesional, dan freelancer (pekerja lepas) web developer/web designer

Pada dasarnya, kualitas Hostinger adalah kelas dunia. Namun, banderol harga mereka tidak membuat Anda bangkrut.

Hostinger ini benar-benar perusahaan yang menarik. Nggak hanya bahwa mereka nomor #1 di daftar web hosting terbaik kami. Mereka kece punya! Dengan paket pemula seharga hanya Rp8.739,-/bulan, tawaran mereka mencakup SSD (Solid State Disk) storage 10GB dan bandwidth 100GB. Tawaran ini susah dikalahkan.

Selain itu, kami juga menemukan 2 kejutan dari Hostinger. Pertama adalah integrasi gratis dari BitNinja, sistem security anti-maling, dan SpamAssassin, yang adalah tool anti email spam. Nggak perlu ada biaya tambahan apa-apa lagi. Tools keamanan virtual tersebut sudah jadi hak Anda sepenuhnya.

Performa Hostinger tak tertandingi

Nggak hanya menawarkan kecepatan respon paling cepat (yaitu 77ms), Hostinger juga menyediakan statistik uptime di atas 99,99%. Fantastis! Bahkan ketika performa ini anjlok, speed respon mereka tidak melebihi 1 detik. Hasil ini terbilang kecepatan tertinggi di antara web hosting provider yang kami ujicoba.

Hostinger uptime results

Pilihan sempurna untuk UKM/Startup.

Upaya memajukan para developer dalam hal skill, pengetahuan tools dan bantuan lainnya tampak menjadi nilai plus terbesar Hostinger. Buat Anda yang baru memulai bisnis, Hostinger punya banyak tawaran tools untuk membantu Anda – mencakup lebih dari 300 artikel dan video tutorial, tool canggih pelacak domain, domain gratis dan customer support yang mengesankan.

Memang, saat bisnis Anda semakin di depan, perpindahan ke Cloud hosting bisnis yang kuat dan bisa diandalkan, bakal mudah dilakukan. Gabungankan semuanya jadi satu, maka, Anda akan menemukan Hostinger adalah platform terbaik bagi para pemilik bisnis.

2. Niagahoster

Halaman Muka Niagahoster
Halaman Muka Niagahoster

Rating: 9,5 4-star
Rating Kecepatan Server: B+
Uptime: 99,98%
Disarankan untuk: Bisnis multi-skala dan website pribadi

Terbilang masih pemain muda di belantara hosting provider murah, Niagahoster telah memiliki skor menakjubkan. Harga paket Niagahoster cukup terjangkau di kelasnya. Dari sisi fasilitas, kiranya Niagahoster mengungguli hosting provider lain.

Niagahoster menawarkan 4 jenis paket: Paket Bayi, Pelajar, Personal dan Bisnis. Harga paket mereka dibanderol antara Rp8.000/bulan – Rp76.900/bulan.

Paket Hosting Niagahoster
Paket Hosting Niagahoster

Yang menarik di Niagahoster adalah bahwa dengan harga Paket Bayi, Anda sudah mendapat fitur selayaknya paket personal atau bisnis di provider hosting lain. Prosentase uptime Niagahoster adalah 99,98%. Angka yang sangat tinggi, mendekati sempurna. Respon server juga cukup tinggi: 386 ms.

Niagahoster memberi penawaran istimewa untuk 3 paket premium (Pelajar, Personal dan Bisnis): Domain gratis, SSL gratis, fitur keamanan termasuk Anti-DDOS, Bitninja Smart Server Security, cPanel, dan lain sebagainya.

1-Click Script

Softaculous App-Installer Niagahoster

Di Niagahoster, Anda tak perlu berlama-lama utak-atik kode pemrograman agar tampilan website Anda elegan. Web hosting Niagahoster dilengkapi Softaculous Apps Installer dengan berbagai CMS siap pasang. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 280 web script tersedia untuk WordPress, Joomla, Opencart, Prestashop, Moodle, Magneto dan sistem manajemen konten lainnya.

Hampir semua template website di atas bisa Anda terapkan hanya dengan 1 kali klik. Bila kemudahan ini masih menyisakan problem bagi Anda, customer support Niagahoster tersedia 24 jam sepanjang tahun. Dan bila Anda tidak sreg dengan layanan hosting terbaik ini? Tenang – uang Anda masih bisa kembali dalam durasi 30 hari sesudah pembelian paket web hosting Niagahoster. Menarik, kan?

3. DewaWeb

Homepage Dewaweb
Halaman Muka Dewaweb

Rating: 7.0 4-star
Rating Kecepatan Server: A
Uptime: 100%
Disarankan untuk: Pengguna yang Fokus pada Keamanan

DewaWeb adalah satu penyedia jasa hosting yang didirikan tahun 2014 di Indonesia. Customer-nya telah mencapai 20.000 users di Indonesia dan luar neger.

Perusahaan ini menggunakan teknologi seperti HP Blade System, SSD disk space, LiteSpeed Enterprise, Time Machine Backup dan lain-lain. Fitur tersebut menunjukkan concern mereka pada data Anda.

Paket Shared Hosting Dewaweb
Paket Shared Hosting Dewaweb

Paket hosting DewaWeb telah mendapat fitur standar yang menarik. Unlimited bandwidth. Backup otomatis setiap hari. Tentunya Anda akan menikmati keuntungan fitur Cloud Hosting yang cepat dan powerful.

Salah satu kelebihan dari paket cloud hosting DewaWeb adalah fitur domain gratis dengan pembelian paket terusan termurah untuk satu tahun (Paket Scout, Rp180.000/tahun).

Free hosting untuk organisasi non-profit

Free Hosting untuk Lembaga Non-ProfitDewaWeb memberikan layanan cloud hosting domain gratis pada semua organisasi non-profit di bidang kemanusiaan, pendidikan, dan lingkungan hidup. Buahnya adalah website organisasi/yayasan Anda bisa diakses dengan cepat.

Syarat-syaratnya adalah organisasi berdiri resmi di Indonesia. Anda juga tidak boleh menjual akun hosting terbaik ini untuk keperluan komersil.

Nah, Anda tertarik?

Security is Priority

Layanan Sertifikat SSL Dewaweb
Layanan Sertifikat SSL Dewaweb

Fokus DewaWeb memang kentara terletak pada aspek keamanan. Hosting provider ini adalah cloud hosting pertama yang menerima ISO 27001 untuk Standard Information Security Management.

4. ArdHosting

Homepage Ardhosting
Halaman Muka Ardhosting

Rating: 6,5 3-star
Rating Kecepatan Server: B
Uptime: 99,94%
Disarankan untuk: Pengguna Skala Menengah-Besar

Pada tahun 2000, dunia web hosting Indonesia kedatangan satu lagi pemain tangguh bernama ArdHosting atau Ard Hosting.

Merupakan brand image dari PT. Ardh Global Indonesia, perusahaan ini fokus dalam penyedia layanann web hosting terbaik dan registrasi domain. ArdHosting memiliki slogan “Fast and Reliable Webhosting”. Dengan slogan tersebut, web hosting ini berharap dapat memberikan layanan web hosting dan domain yang murah, cepat dan handal sesuai kebutuhan dari pengguna.

Situs Hostadvice menyebut ArdHosting sebagai peringkat 4 web hosting dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Market share mereka mencapai 4,38%. Customer ArdHosting ini bisa menikmati 8 layanan hosting – mulai dari Shared Hosting berbasis Linux hingga paket Colocation Server.

Evaluasi Performa

Untuk mengetahui seberapa tinggi skor uptime dari ArdHosting, seperti biasa saya mencoba mengeceknya melalui situs webhostingstuff. Hasil pengecekan dari situs yang telah melakukan monitoring terhadap server ArdHosting selama kurang lebih 2.729 hari atau lebih dari 7 tahun tersebut menunjukkan skor uptime yang sangat tinggi yaitu sebesar 99.94%.

Dari hasil pengecekan response time dengan tools cepatkah.com diatas menunjukkan average (avg) response time yang sebesar 1.754 hingga 1.848 ms. Hal ini menunjukkan response time web hosting di ArdHosting bisa dibilang memang cepat dan bagus.

Uptime ArdHosting Review ArdHosting - Uptime

Tidak puas dengan memeriksa response time hanya dari lokasi Indonesia, kami menggunakan tools yang disediakan oleh BitCacha untuk mengecek server website apabila diakses dari luar negeri. Dan ternyata walaupun lokasi servernya di Indonesia, response time dari website yang dihosting di ArdHosting ini masih memiliki skor response time yang cukup bagus.

Di sebelah atas adalah skor response time untuk website sederhana atau HTML saja.

Shared Hosting

Jumlah paket shared hosting di web hosting ini benar-benar sangat banyak. Jika ada penghargaan, mungkin ArdHosting akan menang sebagai web hosting penyedia paket shared hosting yang terbanyak variasinya.

Untuk paket shared hosting Linux di ArdHosting saja, jika kami rangkum, tersedia dalam 21 paket yang dikelompokkan dalam 4 kategori. Kategori-kategori tersebut adalah paket Usaha Kecil Menengah (UKM), Paket E-Commerce, Paket Corporate dan Paket Unlimited.

5. IDwebhost

Homepage IDwebhost
Halaman Muka IDwebhost

Rating: 6,2 3-star
Rating Kecepatan Server: B+
Uptime: 99,76%
Disarankan untuk: Pencari Hosting Cepat & Murah

Merupakan salah satu layanan hosting terbaik Indonesia yang berdiri sejak 2004, IDwebhost telah membuka kantor di Yogyakarta, Jakarta, dan Semarang. Web hosting ini telah memiliki klien aktif lebih dari 75.000 dengan jumlah domain hingga 122.000 domain aktif dan didukung oleh shared server di atas 100 server.

Pilihan layanan IDwebhost mencakup domain, hosting, sertifikat SSL, hingga jasa web development. Opsi hosting ada 10 paket, dimulai dari yang termurah idPersonal (Rp800/bulan) hingga termahal idSuperCorporate (Rp619.900/bulan). Anda juga mendapat domain gratis jika membeli paket shared hosting untuk 1 tahun.

IDwebhost IdPersonalIDwebhost IdBasic IDwebhost IdPro IDwebhost IdSemiCorporate

Kinerja Hosting Cukup Baik

Performa layanan shared hosting IDwebhost bisa dibilang cukup baik. Uptime tercatat 99,76% setelah pengecekan selama 15 hari. Ini artinya downtime terjadi belasan kali (total, 3 jam).

Response Time IDwebhostPage Load

Sementara itu, response time WordPress dari server IDwebhost (tes dengan tools Bitcatcha) memiliki rating ‘B’

Web Development

Perkembangan teknologi masa kini megharuskan setiap elemen bisnis untuk mempunyai sebuah website professional. Bagi anda yang tidak mau ribet tapi pengen mempunyai website, anda bisa menggunakan jasa web development di Idwebhost. Idwebhost menerima jasa pembuatan segala tipe website seperti company profile, restoran, berita, sekolah dan masih banyak lagi.

Web Development IDwebhost
Dewaweb menawarkan layanan Web Development untuk pembuatan website pribadi

Keuntungan menggunakan jasa pembuatan website dari IDwebhost :

  • Ditangani oleh teknisi handal dan berpengalaman dalam bidang website.
  • Menggunakan teknologi canggih terbaru masa kini.
  • User friendly.
  • Tampilan mobile responsive.

Kenapa Mereka yang Terbaik?

Daftar hosting terbaik di atas mewakili 5 kategori berbeda: Performa, Harga, Kemudahan Penggunaan, Customer Support, dan Fitur. Semua dari 5 provider terbaik yang akan Anda dalami sebentar lagi ini berpredikat antara sangat baik atau memukau di semua kategori. Pilih saja salah satu provider – Anda tidak akan kecewa.

Ini yang kami lakukan agar bisa menentukan siapa yang terbaik:

  • Membeli akun di setiap host secara anonim/ tanpa sepengetahuan provider;
  • Mengatur HTML, website builder dan website WordPress, agar kami bisa melacak tingkat uptime dan kecepatan respon server;
  • Mempelajari harga dan Terms of Service agar bisa menemukan potensi masalah yang berusaha disembunyikan provider;
  • Mengetes software control panel dan melihat seefektif apa ia mengatasi berbagai problem dan situasi;
  • Akhirnya, kami mengetes customer support secara menyeluruh, mengecek bagaimana mereka menangani pertanyaan teknis, juga berbagai kasus kompleks lainnya.

Apakah Saya Perlu Web Hosting?

Tentu, Anda tidak bisa bikin website kalau tidak punya hosting. Yang namanya hosting ini pada dasarnya adalah sebuah server, set komputer yang terhubung ke internet. Di sinilah seluruh data website disimpian. Saat Anda beli paket hosting, Anda menyewa sebuah komputer (atau sebagian kapasitas komputer it) yang lalu menjadi ruang kendali website Anda.

Lalu, kenapa tidak pakai komputer rumah Anda saja untuk hosting?

Jawabannya sederhana – komputer Anda bisa ambruk karena tidak kuat, offline karena mati listrik atau bahkan karena voltase listrik yang naik turun. Saat komputer Anda tidak aktif, website Anda pun juga. Maka, akan lebih baik percaa pada provider hosting agar mereka saja yang mengurusi hal ini. Pilihan Anda pun ada 2: Website builder atau Web hosting.

Website Builder – alternatif minimalis dari hosting.

Tampilan artikel Website Builder Terbaik
Tampilan artikel Website Builder Terbaik

Di sisi lain, ada banyak sekali pengguna pemula. Mereka hanya ingin situs web mereka jadi dan bisa online. Mereka tidak pernah berencana bikin server dari komputer, maupun jadi profesional manajer database. Untuk para pemula, website builder bisa jadi opsi sempurna.

Website builder mudah digunakan dan serba murah – kecuali soal urusan desain mereka. Desain situs yang optimal biasanya berharga lebih tinggi, dan website builder terbatas dalam fitur experimental (alias agak sulit diutak-atik). Namun begitu, beberapa orang bisa menerima hal ini dan urusan mereka pun kelar.

Untuk yang bukan pemula tapi belum terlalu mahir-mahir amat, ada pilihan web hosting.

Web hosting – pilihan komplit untuk server website.

Web hosting adalah opsi yang memperbolehkan Anda meng-install berbagai jenis software pencipta situs web. Anda juga bisa utak-atik kode pemrograman agar segalanya terlihat seperti yang Anda inginkan. Anda bisa memakai WordPress – sistem managemen situs yang paling populer saat ini. Pilihan lain juga beragam, seperti PrestaShop atau Magento, kalau Anda berencana bikin toko online.

Terlebih lagi, dibandingkan opsi bikin server pribadi di rumah atau opsi web builder, web hosting terbaik adalah opsi yang jauh , jauh lebih murah dari ketiganya itu. Inilah kenapa web hosting sangat populer bagi para blogger, desainer, dan berbagai bentuk startup. Web hosting memadukan kebebasan, fitur custom dan harga murah.

Jadi, di atas kertas, web hosting ini benar-benar bagus. Namun, seperti Anda bisa bayangkan, provider berbeda menawarkan layanan yang berbeda pula. Dalam review kami, berbagai provider itu kami evaluasi secara menyeluruh – lalu kami melihat sejumlah hal berikut untuk mencari yang terbaik di antara mereka.

Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Kami berpikir soal pengalaman apa yang akan dirasakan kebanyakan pengguna. Lalu kami mengetes dalam konteks tersebut. Inilah kenapa review kami memakai metode ‘pembeli rahasia’, yaitu dengan membeli layanan tanpa memberi tahu provider bahwa kami akan mengetes layanan mereka. Prosedur ini membantu membuka tabir ‘sifat’ provider tersebut – bak yang baik dan kurang bai.

Di bawah ini adalah poin-poin utama yang kami perhatikan saat memberi bintang pada provider.

1. Cermati kecepatan server skala nasional dan internasional

Situs yang enteng dibuka meningkatkan pengalaman pengguna dan menolong bisnis Anda. Pengunjung Anda akan suka menelusuri website yang kencang. Dan bila server pilihan Anda cukup kuat, Googla akan menaruh situs Anda di ranking lebih tinggi.

Kecepatan server telah digunakan dalam penempatan ranking selama beberapa saat, … mulai Juli 2018, kecepatan pembukaan halaman situs akan menjadi faktor perangkingan untuk pencarian di platform mobile.
Google Webmasters Blog, Januari 2018

Kami paham sepenting apa kesuksesan proyek Anda, jadi tiap-tiap review mencakup tes kecepatan respon (‘response time’). Dengan membandingkan performa tiap hosting, Anda bisa menentukan bakal secepat apa website Anda bisa berjalan.

2. Uptime server di atas 99,8%

Ini satu hal yang perlu Anda tahu – ada satu lagi ukuran yang menentukan sukses tidaknya situs web Anda.

Server Hosting Harus Bisa DIandalkanUkuran tersebut bernama Uptime.

Lebih jelasnya, uptime adalah seberapa konsisten server Anda berjalan stabil. Uptime sempurna adalah 100%, namun umumnya angka segitu sekadar kemungkinan teoritis. Anda bisa melihat bahwa umumnya web hosting menaruh tajuk “garansi uptime 99,9%” yang terdengar cukup impresif.

Namun, coba dengarkan kami – uptime 99,9% ini terhitung rendah. Berikut alasannya.

Katakanlah Anda punya situs eCommerce dan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) sudah tinggal 3-5 minggu lagi. Tentu ini peluang bagus untuk penjualan Anda, maka server hosting bakalan bekerja ekstra agar bisa menampung traffic ke situs Anda.

Dengan hosting provider yang menawarkan 99,9% uptime, server Anda masih bakal macet selama 0,1% waktu operasional Anda.

Umm, sepertinya nggak masalah, ya?

Mari lihat, berapa besar angka 0,1% itu. Prosentase 0,1% bisa dibaca bahwa suatu provider besar kemungkinan akan down selama 7 jam/bulan – alias macet selama 4 hari/tahun!

Jika website Anda macet seharian selama Harbolnas, Anda bakal kehilangan sejumlah pembeli.

Nggak ada bisnis yang menyukai fakta tersebut. Maka dalam tes kami, seluruh downtime (alias durasi macet sebuah server) kami pandang sebagai benalu dan kami berusaha memutuskan bagi Anda apakah suatu hosting pantas dicoba atau tidak.

Kecepatan itu hal utama. Maka kami mengetesnya. Namun, server juga harus konsisten – maka kami juga mengetes hal itu.

Kombinasi keduanya menjadikan sebuah provider bekerja dengan mengagumkan. Dan itulah yang kami cari di website ini. Beberapa faktor bisa mempengaruhi aspek uptime, termasuk server yang overload, pasokan daya listrik yang ‘goyang’, dan disk error. Namun web hosting terbaik punya parameter prventif untuk itu, sehingga bisa memperkecil kemungkinan masalah tersebut mengganggu situs Anda.

3. Realistis terhadap harga hosting

Seperti halnya jenis layanan lainnya, paket web hosting hampir selalu tersedia melalui sistem berlangganan.

Trik HargaRumusnya nggak sakadar “harga bulanan termurah= skor tertinggi”. Beberapa provider bahkan ingin memperdaya Anda.

Seringkali, paket Rp34.000/bulan hanya jadi iming-iming saja jika Anda harus membeli hosting selama 36 bulan di awal (alias ongkos Rp1,224 juta di muka!). Atau, ongkosnya Rp34.000 selama beberapa bulan, dan kemudian pelan-pelan meroket hingga Rp204.000/bulan.

Ambil ontoh situs Web.com. Kami perlu banyak waktu untuk meriset rahasia di balik harga web hosting mereka yang kelewat murah.

Paket Business Builder seharga Rp40.100/bulan tiba-tiba menjadi Rp448.120/bulan segera setelah durasi awal paket Anda selesai.

Saat harga paket tiba-tiba naik 11x lipat tanpa alasan jelas, Anda harus diberitahu. Inilah kenapa, kami tidak pernah percaya pada tajuk dan lebih memilih mengetes langsung – sehingga Anda tidak dikelabui.

Saat Anda hendak membuka dompet, Anda rentan menjadi target berbagai trik penjualan. Penting diketahui seberapa banyak ongkos yang benar-benar akan Anda bayar.

Tentu saja, ada cara menghindari trik harga tersebut. Misalnya, pilih saja paket web hosting gratis. Tentu saja fiturnya tidak sebanyak versi berbayar. Namun, jika Anda tertarik, cek link tersebut untuk melihat review kami.

4. Customer service ramah dan mudah dijangkau

User ExperiencePengalaman pengguna, atau ‘user experience’, entah baik atau buruk, dapat menentukan sukses tidaknya misi hosting Adnda. Setidaknya, tidak ada yang lebih bikin jengkel daripada mencoba melakukan pekerjaan sederhana, tapi terkendala proses yang macet.

Itulah kenapa kami menekankan aspek performa dan desain. Sejumlah hosting terbaik memiliki panel custom yang keren – namun, panel ini cenderung susah digunakan! Di review web hosting kami, kami memberi pandangan soal bagaimana panel mereka berkerja dan apakah Anda patut mencobanya.

Secara umum, web hosting harus fungsional, mudah digunakan juga. Dan suatu provider bisa menambahkan berbagai hal ekstra untuk menambah aspek user experience. Itulah yang kami cari.

5. Gunakan garansi 30-hari uang kembali

Kepuasan PelangganBerbicara soal user experience, customer support yang baik adalah satu aspek utamanya. Inilah kenapa kami berusaha memastikan bahwa kami mendapat customer support yang baik di suatu paket hosting.

Seperti yang sudah kami beritahukan, saat membeli suatu paket, kami melakukannya diam-diam. Transkrip dari live chat atau pengalaman konsultasi via telepon seluruhnya asli dan benar-benar mencerminkan apa yang akan Anda alami saat konsultasi dengan hosting provider tersebut.

Pada umumnya, kami bertanya dengan sederhana. “Gimana sih cara instal WordPress?” dan lain sebagaimnya.

Inilah yang kami dapatkan saat ngetes customer support Hostinger. (P.S. Meski chat kami dalam Bahasa Inggris, Anda tidak perlu khawatir; mereka juga punya layanan support dalam Bahasa Indonesia, kok). Kami masuk ke file wp-config.php di salah satu situs WordPress kami, dan dengan sengaja mengubah nama databasenya. Alhasil, website tidak bisa diakses. Mari lihat bagaimana isu ini mereka tangani!

Chat Customer Support HostingerChat Customer Support Hostinger

Dalam hitungan detik kami telah terhubung ke Mantas, dan selang 3 menit kemudian semua masalah kelar.

Nilai efisiensi – top markotop!

Pengalaman positif ini bisa mengubah pengguna yang berang menjadi senang – dan web hosting terbaik tahu cara melakukannya.

6. Fitur extra multi-guna

Fitur EkstraBeberapa hosting provider sangat bisa diandalkan, yang lain punya customer support yang baik. Namun, web hosting terbaik bisa memadukan keduanya!

Namun, ada satu hal yang membuat web hosting tertentu selangkah di depan. Extra features.

Perusahaan top di daftar kami melakukan yang terbaik agar Anda tertarik mencoba fitur ekstra mereka. Fiturnya bisa berupa manajemen website, yang lain meningkatkan performa atau memberi alternatif bentuk situs Anda.

Tersedia sertifikat SSL, software website building yang keren, transfer website atau layanan caching. Beberapa provider bisa juga memberi Anda keamanan website tambahan maupun kupon untuk ikut program promosi mereka. Mereka tertarik untuk terus menarik minat pelanggan mereka.

Jadi, buka mata – barangkali beberapa hosting provider terbaik akan memberi fitur yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Proyek Anda cocok dengan web hosting mana?

Seperti halnya banyak hal dalam hidup ini, pilihan web hosting itu subyektif. Jadi, tanyai diri Anda sendiri: Apakah Anda selalu mengutamakan performa? Atau apakah Anda belum punya pengalaman sama sekali mengenai aspek customer support? Atau barangkali Anda butuh platform belajar program development, sehingga tutorials dan manual bakal sangat berharga untuk Anda?

Di 5 kategori yang kami sebut di atas, tiap-tiap provider tentu memiliki keunggulan masing-masing. Dan itu tentu akan mampu membuat Anda gamang. Maka, perhatikan sejumlah hal ini agar Anda bisa makin menajamkan intuisi Anda dalam memilih web hosting terbaik untuk proyek Anda.

1. Anda mau bikin berapa website?

Banyak provider web hosting yang menawarkan paket unggulan ‘unlimited websites’, alias jumlah website tak terbatas. Anda bisa menghubungkan sebanyak mungkin domain ke host Anda. Artinya, untuk menjalankan sejumlah website itu, Anda hanya perlu beli 1 paket web hosting saja.

Di sisi lain, jika Anda tidak berencana punya lebih dari 1 website, maka silakan hemat uang Anda dan pilihlah paket yang lebih umum dan lebih murah. Kalau memang Anda hanya perlu paket dasar, Anda tidak perlu membayar untuk fitur yang tidak Anda gunakan.

2. Berapa jumlah pengunjung yang Anda antisipasi?

Apakah Anda menantikan 100 pengunjung per hari? Atau 1.000? Tak masalah berapa jumlahnya, Anda perlu memilih hosting yang sesuai dengan skala situs web Anda.

Sama seperti pada poin 1 di atas, tak perlulah Anda membeli paket yang mendukung traffic 100.000 pengunjung, kalau blog Anda hanya untuk komunitas kecil.

Beri diri Anda target yang realistis dan ketahuilah bahwa ketika Anda berhasil menumbuhkan basis pengunjung situs, Anda bisa upgrade paket untuk mengakomodasi keperluan Anda.

3. Berencana untuk bikin online shop?

Jika jawaban Anda adalah “YA!”, maka Anda perlu paket yang mencakup sertifikat SSL.

SSL gratis Niagahoster
SSL gratis Niagahoster

Seringkali hosting provider akan menawarkan sertifikat SSL sebagai fitur paket, namun, ada juga yang memasang fitur ini sebagai elemen ekstra yang perlu Anda beli terpisah. Terlebih lagi, ada juga paket yang bahkan tidak mendukung enkripsi SSL.

Opsi paket yang tidak mendukung SSL itu jangan dipilih! Apalagi jika Anda ingin membuka online shop.

Sekarang saatnya Anda mencoba!

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih paket web hosting terbaik – harga, fitur, performa, customer support dan banyak lagi. Kami telah berusaha sebaik mungkin untuk mengevaluasi semua hal penting, jadi Anda akan mendapat gambaran lebih baik soal apa yang akan didapat dari memilihi sebuah platform. Meski begitu, hal terbaik yang kami sarankan adalah ‘coba sendiri’.

Gunakan penilaian kami sebagai titik acuan, lalu pilihlah 1 paket hosting terbaik yang paling sreg di benak Anda. Beli paketnya lalu temukan pengalaman Anda atas paket itu.

KeunggulanHarga MulaiRating
HostingerOptimasi WordPress
Uptime 100%
Rp8.739/bln
Niagahoster1-Click Script
Gratis Domain dan SSL
Rp19.800/bln
DewawebSertifikasi ISO 27001
Free Hosting (untuk NGO)
Rp15.000/bln
ArdHostingHosting Windows & Linux
Shared Hosting Terpercaya
Rp18.300/bln
IDwebhostGratis Domain & SSL
Layanan Web Development
Rp17.900/bln

Jangan lupa isikan kolom comment di bawah, nama paket web hosting pilihan Anda! Bila ada, apa pengalaman menarik, atau juga menjengkelkan, mengenai web hosting Anda tersebut? Kami akan sangat antusias mendengar pengalaman Anda 😀

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Leave a Comment

    • Jancukers Alfons portrait Jancukers Alfons
    • 2018-Oktober-8th
    Balas

    Bang, kalo mau bikin partnership ama online shop kayak amazon ato ebay pake software apa?

    • Jati Durna9019 portrait Jati Durna9019
    • 2018-Oktober-15th
    Balas

    Keren, artikelnya panjang dan mendalam. Salut buat penulisnya! Btw, masih ad pertanyaan, si. Sertif SSL Niagahoster dan yang djual Dewaweb tu apa bdanya, mas Gabril? Masa SSL ssl gratisan beda dengan ssl berbayar.

    • Fafa Kesolsol portrait Fafa Kesolsol
    • 2018-Oktober-22nd
    Balas

    Thanks reviewnya. Membantu banget buat nubi kayak gw. Btw, GoDaddy kenapa nggak masuk daftar ya? Ada alasannya? Gw berencana pake hosting itu, min

    • Ghozali Abdul portrait Ghozali Abdul
    • 2018-Oktober-22nd
    Balas

    Uptimenya idwebhost cuma 99,76prsen? Padahal gw jajal keknya lumayan. Klien jarang komplen.

    • Dewi Durgalestari portrait Dewi Durgalestari
    • 2018-Oktober-22nd
    Balas

    Mas, boleh minta info soal hosting gratis buat NGO?

    • Sukidi Mawongso portrait Sukidi Mawongso
    • 2018-November-1st
    Balas

    Wix itu mending pake hosting apa mas?

    • Suzan Fontenot portrait Suzan Fontenot
    • 2018-November-8th
    Balas

    Estimate the amount of traffic you expect (and be honest with yourself).

    https://seo.org.gr/web-hosting-filoxenia-istoselidon/

    • KrunK! portrait KrunK!
    • 2018-November-14th
    Balas

    #2019JokowiMasihDiHati

    • Nurul Al-Jahil portrait Nurul Al-Jahil
    • 2018-November-14th
    Balas

    Yuk, kak bisnis online omzet 100jt hanya modal smartphone ajahhhh

    • Joko Riyanto portrait Joko Riyanto
    • 2018-November-14th
    Balas

    local hosting provider yang pake network IIX udah bagus kalo buat nasional, bos. Soal kualitas customer serve… 11-12 lah di mana-mana sama aja.

5 WEB HOSTING TERBAIK

#1 Hostinger logo 9.7 Review
#2 9.5 Review
#3 7.0 Review
#4 6.5 Review
#5 review idwebhost 6.2 Review

Get new blog posts by email: