VPS Murah Indonesia – Server Indonesia dan Internasional (2018)

Kita sudah cukup mengenal layanan shared hosting untuk keperluan pribadi dan dedicated server, untuk menjadi powerhouse website korporat. Namun, di antara dua ayunan pendulum itu terdapat alternatif ketiga, yaitu VPS murah.

Metode ‘virtualisasi’ adalah trik ‘sulap’ VPS, sehingga dari satu server fisik, bisa terdapat sejumlah ruang VPS secara bersamaan. Keuntungan metode ini adalah skalabilitas, sehingga besar paket ‘hosting’ Anda bisa menyesuaikan ukuran proyek Anda (bandingkan dengan paket ‘shared’ yang umumnya fixed). Anda bisa menambah dan mengurangi kapasitas (CPU, RAM, atau disk space). Nantinya, Anda hanya membayar sesuai dengan yang benar-benar Anda gunakan.

5 VPS Murah Indonesia

Melihat sejumlah nilai tambah yang dimiliki VPS, saya lalu mengumpulkan informasi soal sewa VPS murah Indonesia. Lalu, saya meniliknya dan merekomendasikan pada Anda 5 VPS terbaik yang pantas dicoba.

Kriteria yang saya pakai di sini adalah harga (yang termurah), server (Indonesia atau luar), dan berapa besar kapasitas yang ditawarkan dengan harga tersebut.

Silakan menyiapkan kertas dan ball point jika Anda ingin mencatat!

1. Jagoan Hosting

Laman VPS murah Indonesia Jagoan HostingHarga Mulai: N/A
Server:
Indonesia

Jagoan Hosting sudah berdiri selama 7 tahun sebagai bagian dari PT Beon Intermedia di bidang layanan web hosting di Indonesia.

Cloud VPS murah dari Jagoan Hosting tidaklah berupa paket. Anda membuat paket VPS Anda sendiri.

Pilih seberapa besar kapasitas yang Anda butuhkan, bayar biayanya, dan akun VPS murah Anda akan siap dalam hitungan detik. Dengan cara seperti ini, opsi VPS murah 50rb pun sangat mungkin diwujudkan.

Mudah bukan? Perangkat Jagoan Hosting sudah dilengkapi SSD Storage, network Tier-1 Indonesia,  dan sistem Cloud yang sangat resilient dalam memitigasi problem jaringan dan data.

Mengenai biaya, dengan budget Rp59.520,-/bulan, Anda sudah bisa mendapatkan spesifikasi berikut:

  • 512 MB RAM
  • 1 Core CPU
  • 15 GB SSD
  • Unlimited Bandwidth
  • VPS Panel

Setelah Anda memakai VPS murah Jagoan Hosting, Anda bebas menambah dan mengurangi kapasitas VPS Anda secara mandiri. Billing cycle Cloud VPS dijalankan secara harian, sehingga akan memudahkan penghitungan dan efisiensi budget Anda.

2. Hostinger

Laman VPS murah Indonesia Hostinger Harga Mulai: Rp43.159,-/bulan
Server: Indonesia

Hostinger Indonesia adalah bagian dari perusahaan hosting Hostinger yang berdiri pada 2004.

Komitmen perusahaan ini adalah pada penciptaan website bagi siapapun, tak terkecuali pengguna awam, serta layanan hosting dan VPS murah.

Barangkali itulah yang membuat Hostinger cukup populer – dengan 29 juta pengguna di 178 negara. Dan basis provider ini juga sangat kuat di Indonesia.

Kapasitas server terdedikasi dengan sistem VPS Linux dari Hostinger ditawarkan dengan harga semurah layanan web hosting (Rp43.159,-/bulan). Layanan VPS ini adalah Unmanaged Server atau Partly-Managed. Anda akan mendapat akses penuh ke SSH root, stack cloud fully customizable. Namun, engineer dari  Hostinger akan memantau server 24/7 untuk menghindari serangan DDoS dan problem teknis. Tersedia juga layanan live chat untuk request stabilitas dan ketersediaan hardware VPS.

Ada 6 Paket VPS Terdedikasi yang ditawarkan Hostinger. Berikut adalah detail paket termurah:

  • 1GB RAM
  • 2GB Burst RAM
  • 4 GHz CPU
  • 20GB SSD Disk Space
  • 1TB Bandwidth
  • Dedicated IP
  • 100 MB/s Network
  • Support IPv6

Fitur garansi 30-Hari Uang Kembali memberi Anda kesempatan mencoba VPS murah Hostinger tanpa khawatir salah pilih. Bila nantinya Anda kecewa, Anda bisa membatalkan paket dan 100% uang Anda akan dikembalikan oleh Hostinger.

3. DewaBiz

Laman VPS murah Indonesia DewaBizHarga Mulai: Rp90.000,-/bulan
Server:
Amerika Serikat

DewaBiz adalah penyedia hosting SSD, VPS dan Domain murah Indonesia yang bertempat di Aceh.

VPS dari DewaBiz adalah VPS KVM dengan lokasi server di Amerika Serikat.

Server jenis KVM cukup cepat diakses secara internasional dan memilii akses dekat dengan server Yahoo, Google, Facebook atau data center besar lainnya.

Paket VPS DewaBiz ini ditawarkan secara Unmanaged, jadi selain mendapat root akses penuh, Anda bebas instal OS, memilih script, menambah user, dan sebagainya.

Di sini terdapat 4 Paket VPS KVM USA. Saya rasa VPS-US1 yang berharga Rp90.000,-/bulan cukup memadai walaupun harga terjangkau. Spesifikasinya adalah:

  • 1GB RAM
  • 2 Core CPU
  • 50GB Disk Storage
  • Unlimited Bandwidth

Sebagai pelanggan DewaBiz, Anda akan diberi jaminan support 24/7 sepanjang tahun serta hardware yang berkualitas. Anda juga bebas upgrade paket VPS yang Anda gunakan.

4. IDCloudHost

HLaman VPS murah Indonesia IDCloudHostarga Mulai: Rp100.000,-/bulan
Server:
Indonesia, Singapore, Hong Kong

IDCloudHost adalah web hosting provider yang cukup populer di Indonesia.

Mereka menawarkan berbagai layanan hosting, mulai dari Server, Cloud VPS Hosting (Indonesia dan VPS Singapura murah) hingga Pendaftaran dan Reselling Domain.

Layanan VPS terbaik IDCloudHost adalah Unamanaged VPS yang terbagi menjadi 2, VPS SSD dan SAS Indonesia, yang dibedakan oleh fasilitas disk storage yang digunakan (SSD atau SSD+HDD). Total, Anda bisa memilih dari 8 paket VPS, dengan paket VPS termurah (VPS SSD 1) memiliki spesifikasi berikut:

  • 256MB RAM
  • 15GB SSD Storage
  • Jaringan OpenIXP up to 1GBps
  • Jaringan IIX APIII up to 1GBps
  • Equinix peering SGIX, HKIX up to 100Mbps

ID CloudHost menjadi alternatif VPS murah Singapura yang tidak menyulitkan Anda dalam hal pembayaran (tanpa perlu kurs dollar Singapura). Anda juga akan mendapat akses langsung ke server Google, Yahoo, dan Facebook melalui jaringan CDN atau PGASIX dengan kecepatan koneksi minimal up to 50 Mbps.

Untuk alternatif kapasitas penyimpanan, IDCloudHost juga menawarkan Paket VPS SAS (disk storage SSD+HDD). Disk space lebih besar, biaya lebih terjangkau.

5. Niagahoster

Laman VPS murah Indonesia NiagahosterHarga Mulai: Rp104.000,-/bulan
Server:
Indonesia

Niagahoster adalah cabang perusahaan Hostinger di Indonesia. Diluncurkan pada 2013, provider ini memperkenalkan diri sebagai layanan web hosting Indonesia server IIX dengan Data Center Tier-4.

VPS Cloud Hosting Indonesia (IIX) dari Niagahoster rupanya ingin menarget pengguna developer dan awam sekaligus.

Tidak hanya Anda mendapat layanan VPS terbaik dan murah yang variatif dengan dedicated resource, terdapat fitur 350+ script website untuk instalasi plugin/software dengan 1 kali klik. Selain itu, control panel tersedia dengan Webuzo dengan fitur FTP Management, IP Block, SSL Quick Install), cPanel (semudah SHared Hosting).

Paket VPS murah Niagahoster terbagi ke dalam 6 paket. Yang termurah (Nano) memiliki spesifikasi:

  • 1024MB RAM
  • 20GB SSD Disk
  • 4GHz CPU
  • 1000GB Bandwidth
  • Dedicated IP Address
  • Network 100MB/s

Teknologi utama VPS Niagahoster adalah Cloudflare yang mengakomodasi fitur Nginx Proxy, Cloudflare CDN dan fitur Cache. HTTP/2 dan SPDY juga bisa dikombinasikan (alih-alih memilih salah satu dari keduanya) agar penggunaan daya dan loading time menjadi lebih efektif.

Standar dari Layanan VPS Murah

Harga murah bukan berarti harus bikin boss gerah. Teknologi Virtual Private Server (VPS) menjembatani jarak lebar biaya paket shared hosting dan dedicated server. Namun, metode ini tidak berarti mengambil setengah-setengah dari dua jenis server hosting tersebut. VPS memiliki karakter layanannya sendiri.

Bahkan, untuk VPS murah pun, akan kurang tepat bila ia disamakan dengan ‘shared hosting mewah’. Keduanya adalah ‘mahkluk’ yang berbeda…

Agar Anda lebih mudah melihat keunggulan VPS, saya akan membahas sekilas elemen-elemen kunci dari teknologi ini. Saya juga akan menunjukkan apa saja yang bisa Anda jadikan ekspektasi saat membeli paket VPS murah.

Ruang dan Kapasitas Server Lebih Fleksibel

Secara garis besar, web server terbagi jadi 3 jenis, yaitu shared hosting, virtual private server (VPS) dan dedicated server. Sistem shared hosting dan dedicated server dipasarkan dengan kapasitas terbatas, masing-masing untuk ukuran kecil-menengah dan ekstra besar.

Khusus sistem VPS, kapasitas perangkat keras telah ‘divirtualisasi’ sehingga bisa dibagi-bagi. Pengguna pun bisa menambah dan mengurangi kapasitas miliknya secara lebih mudah daripada sistem shared hosting (yang kerap harus berarti ‘upgrade’ paket yang 2x lebih mahal).

Pilihan Server Indonesia dan Internasional

Masing-masing provider hosting Indonesia memiliki spesifikasi jaringan tersendiri. Umumnya, mereka memakai data center Indonesia (kode: ‘IIX’), Singapura dan Amerika Serikat.

Mana yang lebih baik? Itu tergantung dua hal, letak pengunjung website Anda dan apakah ia perlu mengakses data center tertentu (misal, Yahoo, Google, atau Facebook). Server Indonesia tentu lebih cepat dalam akses nasional (umumnya berkecepatan 1024Mbps), namun ia lebih lambat jika diakses dari luar negeri.

Sementara itu, server Amerika Serikat atau Singapura cukup cepat untuk akses internasional, mengingat Amerika Serika adalah simpul data dunia. Namun, kecepatannya akan tetap lebih lambat jika digunakan hosting situs web yang ditujukan bagi orang Indonesia.

Disk Storage Teknologi Tinggi

Teknologi penyimpanan data VPS murah sudah memakai metode mutakhir, yaitu Solid State Disk (SSD) drive. Berbeda dengan sistem Hard Disk Drive (HDD), teknologi SSD lebih tahan terhadap gangguan perangkat keras akibat guncangan. Kecepatan transfer data juga bisa lebih cepat.

Secara menyeluruh, data Anda akan lebih mudah diakses bila disimpan di SSD. Namun, karena teknologi ini masih baru, harga paket VPS akan menentukan besar kecil kapasitas SSD secara cukup signifikan. Untuk ini Anda bisa memilih paket yang memadukan SSD+HDD (seperti ditawarkan IDCloudHost).

Tiga hal di atas menjadi standar kualitas VPS murah Indonesia. Bila Anda ingin mempelajarinya lebih lanjut, silakan membaca artikel mengenai website server di blog Web Hosting TerBaik.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Leave a Comment

    • Gunadi Suryo portrait Gunadi Suryo
    • 2018-November-5th
    Balas

    Sebagai pembanding, shared hosting umumnya 30-50an ribu, itu udah unlimited apa-apanya. Tp rata-rata ribet sih kalo mo upgrade paket. vps lebih praktis, tinggal klik-klik-klik ud lancar jaya.

Get new blog posts by email: