VPS Indonesia Terbaik – 5 Provider VPS Murah (Update: 2019)

Avatar

Redaksi

13 comments

2019-April-8th at 1:00

5 VPS terbaik Indonesia

Marzuki, yang dijuluki ‘the Matrix’, kini duduk di depan layar komputer yang menunjukkan kapasitas website yang ia kelola makin habis. Ada 10 situs yang ia tangani dengan shared hosting – dan sepertinya kapasitas sudah sesak (sebagian besar situs dikunjungi 3.000 orang/hari). Maka, saat itu juga ia berpikiran untuk pindah ke fasilitas Virtual Private Server (VPS). Ia perlu menemukan penyedia VPS Indonesia terbaik – segera.

Untuk Anda yang mengalami situasi seperti Marzuki di atas, saya punya jawabnya.

Berikut ini 5 VPS Indonesia termurah:

  • Hostinger - VPS Indonesia bagian dari jaringan data center 1Gbps
  • Niagahoster - layanan cepat dari server IIX & Data Center Tier-4
  • DewaWeb - hosting solution dengan proteksi server kelas atas
  • IDCloudHost - VPS cloud Indonesia dengan dua pilihan storage
  • ArdHosting - solusi VPS SSD Indonesia dengan OS Linux

Kebanyakan pembaca saya yang sampai ke laman VPS Indonesia terbaik ini, umumnya telah sedikit mengerti mengenai kerja server dan industri hosting. Namun, bila Anda masih baru dan ingin tahu mengenai layanan ini, silakan simak penjelasan saya di artikel “Web Server adalah?

1. Hostinger

Harga Mulai: Rp57.699,-/bulan

Hostinger Indonesia, atau IDHostinger, adalah bagian dari perusahaan multinasional Hostinger yang berdiri pada 2004. Hosting provider ini adalah pada penciptaan website bagi siapapun, tak terkecuali pengguna awam, serta layanan hosting dan VPS murah.

Barangkali ini yang membuat Hostinger cukup populer - dengan 29 juta pengguna di 178 negara.

Kapasitas server terdedikasi dengan sistem VPS Linux dari Hostinger ditawarkan dengan harga semurah layanan web hosting (Rp57.699,-/bulan). Ranking #1 daftar VPS Indonesia terbaik ini memakai metode Unmanaged Server atau Partly-Managed.

Anda akan mendapat akses penuh ke SSH root, stack cloud fully customizable. Namun, engineer dari Hostinger akan memantau server 24/7 untuk menghindari serangan DDoS dan problem teknis. Tersedia juga layanan live chat untuk request stabilitas dan ketersediaan hardware VPS.

Berikut adalah detail tiap paket yang bisa Anda pilih:

Daftar harga VPS murah Hostinger

Tiap paket VPS IDHostinger sudah mencakup:

  • Dedicated IP
  • 100 MB/s network connection
  • IPv6 Support
  • SSD Disk Drives
  • Garansi 30-hari Uang Kembali

2. Niagahoster

Niagahoster VPSHarga Mulai: Rp104.000,-/bulan

Niagahoster adalah anak provider Hostinger di Indonesia. Diluncurkan pada 2013, Niagahoster memperkenalkan diri sebagai layanan web hosting Indonesia server IIX dengan Data Center Tier-4. Di provider ini, VPS Cloud Indonesia (IIX) ditargetkan bagi dua jenis pengguna, para developer dan pengguna awam.

Anda tidak hanya akan mendapat layanan VPS Indonesia terbaik dan murah yang variatif dengan dedicated resource, terdapat fitur 350+ script website untuk instalasi plugin/software dengan 1 kali klik.

Selain itu, control panel tersedia dengan Webuzo dengan fitur FTP Management, IP Block, SSL Quick Install), cPanel (semudah SHared Hosting).

Teknologi utama VPS Niagahoster adalah Cloudflare yang mengakomodasi fitur Nginx Proxy, Cloudflare CDN dan fitur Cache. HTTP/2 dan SPDY juga bisa dikombinasikan (alih-alih memilih salah satu dari keduanya) agar penggunaan daya dan loading time menjadi lebih efektif.

Untuk selengkapnya, terdapat 6 paket VPS Indonesia murah dengan detail sebagai berikut.

NanoMikroStarterBisnisBizextraEnterprise
CPU2.4Ghz4.8GHz7.2GHz9.6GHz14.4GHz19.2GHz
RAM1024MB2048MB3072MB4096MB6144MB8192MB
Disk Space20GB40GB60GB80GB120GB160GB
Bandwidth1000GB2000GB3000GB4000GB6000GB8000GB

Seluruh paket tersebut sudah mencakup:

  • Dedicated IP Address
  • Garansi 30-Hari uang kembali
  • Panel kontrol gratis
  • Pre-installed Cloudflare
  • Burstable RAM 2x lipat dari dedicated RAM
  • Network link 100Mb/s dengan jaminan uptime 99,9%

3. Dewaweb

Laman DewawebHarga Mulai: Rp300.000,-/bulan

Dewaweb memiliki layanan VPS KVM dengan teknkologi OnApp yang dijalankan di OS Windows/Linux. Ada garansi 100% Uptime SLA, bandwidth unlimited dan Ninja Support 247. Seluruh fitur tersebut sudah masuk dalam platform harga - tidak ada biaya tambahan lagi.

VPS Indonesia Terbaik dari Dewaweb sangatlah secure. Ditenagai oleh HP Enterprise Blade System, server Dewaweb mendukung IPv6 dan menjadi layanan dengan audit keamanan pertama (sertifikat ISO 27001:2013) di Indonesia.

Layanan VPS Cloud murah mereka terbagi ke dalam 4 paket. Yang membedakan adalah besar disk storage (minimal 20GB). Dan di Dewaweb, Anda tak perlu khawatir kekurangan storage, karena paket terkuat mereka cukup sizable sesuai kebutuhan riil Anda.

Paket VPS Terbaik dari Dewaweb

Setiap paket VPS Cloud Indonesia dari Dewaweb mencakup fitur berikut:

  • 70 variasi template (RHEL, CentOS, Debian, Ubuntu, dsb)
  • HP Enterprise-Class Blade Server
  • Free 1 GBps Private VLAN
  • KVM Virtualization
  • Free KernelCare Protection
  • Free Imunify360 Security

4. IDCloudHost

IDCloudHost VPSHarga Mulai: Rp100.000,-/bulan

IDCloudHosting adalah salah satu web hosting provider di Indonesia yang bergerak di bidang server hosting dan reseller VPS Indonesia.

Apakah Anda lebih menyukai Cloud server? Nah, provider ini menyediakan VPS Cloud Indonesia bagi yang mencari kualitas server ekstra cepat.

IDCloudHost memiliki paket VPS ssd Indonesia dengan metode Unamanaged. Paket VPS murah ini tersedia dalam 2 jenis. VPS SSD memakai storage SSD (Solid State Drive). Lalu, pilihan kedua SSD SAS Indonesia. Jenis ini memakai kombinasi SSD+HDD.

IDCloudHost VPS SAS

Total, Anda bisa memilih dari 8 paket VPS Indonesia Terbaik IDCloudHost. Untuk paket ini kapasitas terkecil adalah 15 GB, RAM 256 MB dengan biaya Rp100.000,-/bulan. Sementara, Paket VPS SAS Indonesia terbilang menawarkan kapasitas disk space lebih besar, dengan biaya lebih terjangkau.

IDCloudHost sendiri memiliki akses jaringan yang sangat kompetitif. Akses nasional hingga 1GBps (OpenIXP atau IIXAPIII) didukung Equinix peering 100Mbps dari server Singapura dan Hong Kong. Belum lagi, server Anda mendapat akses langusng ke server Google, Yahoo, dan Facebook melalui jaringan CDN atau PGASIX dengan kecepatan koneksi minimal up to 50 MBps.

Seluruh paket VPS SSD/SAS sudah mencakup:

  • Akses SSH via browser
  • Fitur VPS Reparir, Reinstall & Action dengan 1 kali klik
  • Unlimited Domain
  • Multiple Linux OS & IPs

IDCloudHost juga membuka layanan selain Self-Managed server. Tersedia On-Demand Support dan Fully-Managed server yang masing-masing memberi Anda konfigurasi seberapa jauh pihak IDCloudHost perlu membantu Anda dalam menangani server Anda.

5. ArdHosting

Laman ArdHostingHarga Mulai: Rp350.000,-/bulan

ArdHosting berdiri pada tahun 2000 dengan slogan "Fast & Reliable Webhosting". Mereka fokus menyediakan layanan hosting Linux atau VPS Windows Indonesia murah dengan panel kontrol cPanel/Parallels Plesk. Layanan VPS ArdHosting secara khusus merupakan VPS SSD Indonesia dengan panel kontrol SolusVM.

Data center mereka terletak di Indonesia (IIX), Singapore (SGP), Amerika Serikat (USA) dan Hongkong.

Dalam 6 paket VPS SSD yang ditawarkan, tidak ada limitas dari provider ini dalam konfigurasi server dan pilihan security setting. Namun, ada alokasi resource yang diatur berdasarkan jenis paket:

Paket VPS terbaik dari ArdHosting

VPS Indonesia terbaik dari ArdHosting sudah menerapkan sistem layered backup local maupun remote (harian, mingguan dan bulanan. OS Linux mereka padukan LiteSpeed untuk optimasi software Apache.

Fitur lainnya yang tersedia untuk setiap paket adalah:

  • Pure SSD Storage (8x speed)
  • Server Supermicro
  • 1GBPs to IIX (Direct Connection)
  • 1GBps to MCSIX Singapore (International
  • 80MBps to International Network

VPS Indonesia – Powerful dan Terjangkau

Drama si Marzuki di awal tadi adalah yang membuat seorang developer dag-dig-dug 10 tahun lalu. Saat itu, VPS server terbaik masih terletak paling dekat di Singapura, kalau bukan West Coast (Amerika Serikat). Urusanna bisa lama...

Bedanya sekarang, sebuah sistem server bernama Indonesia Internet Exchange (IIX) sudah tersedia. Ia digunakan oleh mayoritas hosting terbaik Indonesia untuk menghasilkan performa yang unggul. Dan dengan adanya fasilitas VPS Cloud murah, maka opsi VPS server Indonesia terbaik bisa makin murah dan terjangkau bagi developer lokal Indonesia dan siapapun yang membutuhkannya.

Kapan Saya Harus Pakai VPS?

Marzuki, yang saya ceritakan di awal artikel ini, punya sejumlah alasan krusial soal kenapa ia perlu segera sewa VPS. Misalnya, bahwa website dia sudah dikunjungi 3.000 orang/hari dan akan ada lonjakan pengunjung dalam waktu dekat.

Tentu, sebelumnya ia telah memakai layanan lain (barangkali shared hosting atau web hosting lainnya) dan layanan tersebut pernah bekerja dengan cukup baik hingga satu titik tertentu.

Berikut ini kondisi yang menandai sudah saatnya Anda beralih ke Virtual Private Server.

1. Perlu Garansi Performa yang Lebih Baik

Hostinger Platform VPS hosting kecepatan stabil

Skema upgrading pada umumnya adalah seorang pengguna memulai hosting dengan cara Shared Hosting (karena paling murah dan cukup memadai untuk situs web yang baru dirintis). Namun, lambat laun situs web makin populer. Pengunjung meningkat dari 150 viewer/hari menjadi 3.000 viewer/hari. Situs juga mulai sering memunculkan tanda ‘Connection Timed Out’ sebagai tanda kapasitas server tidak cukup untuk merespon request yang masuk (banyaknya viewers dan aktivitas di situs).

2. Perlu Konfigurasi Spesifik

Server Shared Hosting, sebagai pembanding, dipakai oleh banyak akun secara bersama. Fiturnya dibatasi. Nomor IP Address Anda juga sama dengan pengguna lain. Pada saatnya, popularitas website akan mengundang banyak viewer dan revenue, juga mengundang cyber threats. Oleh karena itu, developer sering beralih ke VPS Indonesia terbaik. Di paket ini, mereka bisa memasang konfigurasi tertentu (Caching, firewall, versi PHP tertentu) sesuai tingkat proteksi yang diperlukan.

3. Penyesuaian Budget

Secara budget, VPS adalah jalan tengah dari 2 paket lainnya, yaitu Shared Hosting dan Dedicated Server. Beberapa user tidak mampu bayar biaya sewa Dedicated Server. Maka, mereka memilih jalan tengah: VPS hosting Indonesia murah. Paket ini juga telah memakai sistem komputasi awan (cloud) dan menghasilkan sistem pembagian daya yang yang memadai. Dan harga VPS dari tiap provider cukup beragam, menyesuaikan kebutuhan riil tiap klien.

Terlebih lagi, provider seperti Hostinger memberi garansi uang kembali jika Anda tidak puas dengan layanan mereka.

Hostinger Jaminan 30 Hari Uang Kembali

4. Perlu Keamanan yang Lebih Kuat

Serangan siber pernah menghabisi server-server Shared Hosting pada era 2009/2010. Penyebabnya adalah kelengahan pemilik server. Pengguna tidak hanya perlu menulis konten web/berjualan, mereka juga perlu mem-proteksi situs mereka. Saat itu, serangan yang dirumitkan lagi oleh sistem shared. Sang  hacker masuk dari satu akun, tapi lalu menyusup ke keseluruhan server tersebut.

VPS, di sisi lain, haya berbagi daya (CPU, memori, atau kecepatan server). Namun, terpisah secara virtual. Proteksinya pun menyeluruh, seperti ditunjukkan oleh Dewaweb berikut.

Proteksi VPS Dewaweb

Namun, perlu dipahami, bahwa VPS kerap disediakan sebagai layanan Unmanaged, di mana Anda sendirilah yang harus mengurus kebutuhan server Anda. Ini menyaratkan pemahaman teknologi server yang memadai. Bila tidak, ada baiknya Anda mencari VPS Indonesia terbaik yang ditawarkan lewat opsi Fully-managed VPS, sehingga Anda sekalian menyewa teknisi untuk memonitor dan mengkonfigurasi server Anda dengan baik.

5. Data Anda Sering Hilang/Tidak Sampai ke Anda

Shared hosting biasanya juga menyediakan email hosting bawaan. Rasanya keren juga, ya, Anda bisa punya email address yang tidak pasaran (misal, selain Gmail atau Yahoo). Namun, ia punya banyak kelemahan krusial. Misal, sekali server Anda down, maka email hosting Anda juga akan down. Dan... migrasi email dari satu host ke host lain terbilang tidak semudah migrasi website. Akibatnya, email bisa ‘terkunci’ di host Anda sebelumnya dan membuat Anda kelabakan.

Sebaliknya, paket VPS juga memberi ruang untuk transmisi data eksternal ke server Anda (dalam bentuk email, data unggahan, dsb). Dan, bedanya dari shared hosting, paket VPS membebaskan Anda untuk memilih sendiri data client/plugin yang akan mengurusi email atau data masukan lainnya.

Kesimpulan VPS Indonesia Terbaik

VPS server Indonesia tersedia dalam berbagai jenis. VPS Cloud Indonesia disediakan untuk mereka yang mencari kecepatan dan keamanan ekstra tinggi. VPS SSD Indonesia maju selangkah dalam kecepatan akses data, karena memakai jenis storage terbaru (SSD).

Secara keseluruhan, 5 provider VPS Indonesia termurah di atas memiliki kualitas di atas web hosting terbaik. Harga tentu di atas layanan Shared Hosting, namun, itu akan terbayar dengan apa yang akan Anda dapatkan kemudian.


Avatar
Redaksi

Redaksi


Hostinger logo
9.7 /10
9.5 /10
7.0 /10
Leave a Comment

13 comments

grizzlyb3ar picture
grizzlyb3ar

2018-November-16th

kalo kayak Google itu pakai hostingnya apa mas gabs?

rosemarried1029 picture
rosemarried1029

2018-November-16th

Hostinger! udah terjamin aja sih sama pengalaman gw 5 tahun pake dia. Dewa ato niaga so-so, lah.

Raw Milk picture
Raw Milk

2018-November-16th

web hosting dari komputer itu bisa juga kan ya?

Crowser170 picture
Crowser170

2018-November-16th

VPS meskipun emang powerfull, gak gw terlalu rekomendasiin buat pemula. Learning curvenya nggak terlalu tajem sih, masih manageble kalo lo nggak gagap sama basa inggris ato buttons. Cuma kalo lo mau cari yang 0 resiko, dan lo merasa diri masih pemula, mendingan pake web hosting shared aja. Kecuali punya duit, pake managed VPS juga bisa (mahal).

Twinky Dipsy 801 picture
Twinky Dipsy 801

2018-November-16th

Kalau VPS Managed itu kisaran harga berapa ya, mas?

asd783l picture
asd783l

2018-November-16th

What you see is what you get… That’s VPS/

Jakarta Robotica picture
Jakarta Robotica

2018-November-16th

V(a)P(e)S… JR bikin vape machine custom buat kamu yang suka nge-vape…!!! Bullsss. Check online store kami!

ForceMajor263 picture
ForceMajor263

2018-November-16th

Satu web paling sy sukai saat ini TheGuardian.com. Ternyata mereka pake vps AWS (yang harganya selangit, tingkat ke-7 :D). Sy penasaran apakah vps lokal bisa setidaknya sedikit memiliki performa seperti web the guardian itu

Virtual merchant picture
Virtual merchant

2018-November-16th

Masih pakai gaya stack-stackan nggak mas gab VPS ini? Aku bc posting blog soal DigitalOcean – duh, apose bingung bgt

BitDegree COrp. picture
BitDegree COrp.

2018-November-16th

Forex, bitcoin, – anything! Sebut saja semua jenis digital economy – kami ajari Anda menguasai, demi profit 105jt per minggu. Tertarik?