VPS Gratis – Dari Free Trial hingga VPS Gratis (2019)

Avatar

Redaksi

3 komentar

2019-April-1st

VPS Gratis - VPS Windows Gratis, Free Trial VPS

VPS adalah jenis hosting kelas middle-up, alias lebih powerful daripada kelas di bawahnya, seperti contoh shared hosting. Karena tawaran kinerja VPS bersifat premium, tidak mengherankan jika layanan ini dipatok harga cukup tinggi. Maka, munculnya ceruk VPS gratis kerap dirasa hanya isapan jempol.

Jangan salah.

Virtual Private Server (VPS) juga ada gratisannya... meski, memang tidak semuanya murni gratis tanpa syarat. Umumnya, Anda memerlukan kartu kredit dan Email perusahaan, atau salah sastu di antaranya. Juga, mode gratis dari tiap provider berbeda-beda.

Untuk lebih jelasnya, berikut 5 provider VPS gratis yang bisa Anda coba.

1. Amazon Web Services

Laman VPS Gratis Amazon Web Services Kartu Kredit: green check
Email Perusahaan: green check
Data Center: Asia Pasific (Singapura, Tokyo, Sydney)

Untuk urusan cloud computing, Amazon Web Services (AWS) masih duduk di garda depan provider kelas dunia. Belum banyak provider yang berhasil menggusur AWS dari situ.

Infrastruktur AWS adalah yang paling lengkap. Host ini juga dipercaya bermacam proyek hosting skala besar atau raksasa.

AWS Free Tier adalah kesempatan Anda untuk 'icip-icip' VPS dari Amazon ini. Anda boleh coba gratis platform, produk dan layanan AWS selama 12 bulan. Fasilitas gratis ini melengkapi fitur free cloud computing Amazon EC2 (750jam/bulan), layanan monitoring, data storage, source code control, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, Anda hanya perlu membuat Free Account AWS. Lalu, Anda mungkin perlu sedikit mengakrabi platform AWS. Lebih bagus lagi jika Anda sudah sedikit paham soal teknis VPS. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat mengeksplorasi luar-dalam environment teknis AWS yang memang cukup kompleks.

2. Microsoft Azure

Laman VPS Gratis Microsoft Azure Kartu Kredit: green check


Email Perusahaan: green check
Data Center: Asia Tenggara + 41 regio global

Seperti AWS di atas, Microsoft Azure juga punya solusi cloud computing dengan kekhasan teknologi terkini dari sistem server Microsoft. Azure Free Account memberi Anda akses gratis selama 12 bulan, plus kredit $200 untuk dipakai mencoba layanan Azure selama 30 hari.

Tidak berhenti di situ, Azure memperbolehkan Anda memakai 25+ aplikasi web, mobile dan API yang gratis selamanya.

Hmm... kurang apa coba kesempatan VPS gratis ini?

Namun, Microsoft Azure bukanlah untuk penyuka teknologi yang kecil hatinya. Kompleksitas sistem Azure cukup tinggi. Anda perlu mengerti lebih dulu apa kegunaan dari elemen Azure Virtual Machines, Load Balancer, atau menyimpulkan tren data dari Data Lake Analytics. Namun, bila Anda cukup gigih belajar - bukan tak mungkin Anda bisa menguasai sistem kerja Azure ini.

Otomatis, sesi free trial yang mirip VPS gratis dari Microsoft Azure ini cukup menarik. Selain di atas itu, Anda akan dapat bandwidth 15GB, File storage 5GB, dan lain sebagainya. Bila tidak untuk kerja profesional, mencoba layanan ini kemungkinan besar akan memberi Anda pengetahuan lebih dalam mengenai VPS.

3. Amazon Lightsail

Laman VPS Gratis Amazon Lightsail Kartu Kredit: red cross


Email Perusahaan:
red cross
Data Center: 13 regio global (+13 zona Asia Pasifik)

Amazon Lightsail adalah lini VPS konvensional dari Amazon Web Services (AWS). Secara teknis, Lightsail menawarkan platform LAMP stack jenis Cloud. Dan Anda boleh mencobanya gratis untuk 1 bulan pertama.

Dalam paket ini, Anda mendapat 1 IP address statis, DNS management, panel server monitoring, hingga SSH terminal access. Semua itu disokong oleh server AWS yang sangat bertenaga.

Tentu, aspek utama Lightsail adalah fitur 30-day free trial. Bila Anda tertarik, Anda kelak bisa upgrade ke fitur premium, dengan ongkos mulai $5/bulan, atau Rp70.000/bulan.

4. AccuWebHosting

Laman VPS Gratis Accu Web Hosting Kartu Kredit: red cross


Email Perusahaan:green check
Data Center: 7 Data Center (terdekat Singapura)

Fitur Windows VPS dari Accu Web Hosting bisa digunakan secara 100% gratis selama 1 bulan pertama. Setelah masa coba, penggunaan paket akan dikenai ongkos $14.97/bulan (atau Rp209.580,-/bulan).

Apa yang membuat AccuWebHosting berbeda? Di sini Anda tidak perlu pakai credit card!

Setelah membuat akun gratis AccuWebHosting, Anda bisa install langsung Virtual Machine. Anda juga diberi akses quick setup aplikasi seperti IIS Server, ASP.Net frameworks terbaru, server database Microsoft SQL dan lain sebagainya.

Satu prasyarat utama di AccuWebHosting adalah Anda harus mendaftar dengan email berbayar (selain email gratis Gmail, Yahoo, atau sejenisnya). Jika tidak, permintaan pendaftaran Anda tidak akan dilayani.

5. Dewaweb

Laman VPS Gratis Dewaweb Kartu Kredit: red cross


Email Perusahaan: green check
Data Center: Indonesia + 15 lokasi global

Dewaweb sudah dikenal sebagai provider solusi Cloud Server VPS murah di Indonesia. Lebih dari layanan cloud VPS premium, Dewaweb juga menekankan reliabilitas server. Artinya, Anda bisa percaya pada keamanan server Dewaweb ini.

Dewaweb sepertinya menjadi satu-satunya provider lokal Indonesia yang mengantongi sertifikat ISO 27001:2013 dari BSI. Ini menandai kualitas hasil audit keamanan yang ketat.

Fitur lainnya yang jarang dibicarakan adalah adanya free-trial 30 hari untuk layanan Cloud VPS. Namun, kesempatan yang cukup menarik ini mensyaratkan pengalaman menangani server VPS serta alamat email resmi. Dua hal ini akan di-review oleh tim Dewaweb ketika Anda mendaftarkan diri untuk fitur Free-Trial ini.

Bagaimana cara memakai VPS gratis?

Seperti di awal saya katakan, VPS gratis ini diadakan dengan beberapa ketentuan yang berlaku. (Bayangkan ada tanda bintang di samping tulisan ‘VPS gratis’ serta baris keterangan berhuruf kecil sekali di ujung bawah halaman).

VPS gratis ini tidak serupa dengan VPS berbayar, dan provider sudah membuat hal ini jelas sejak awal. Ambil contoh, Microsoft Azure.

Microsoft Azure

Anda bebas memakai layanan mereka selama 12 bulan. Anda juga bebas mengeksplorasi layanan premium Microsoft (dengan kredit $200 yang diberikan ke Anda pada awal pendaftaran) sebagai kesempatan mencoba kecepatan dan reliabilitas server Azure ini.

Nantinya, di akhir masa 12 bulan, layanan VPS ini tidak akan gratis lagi.

Apakah VPS gratis layak dicoba?

Ya, tentu saja. Tapi dengan sejumlah pengertian.

Provider VPS tentu telah mengambil resiko dengan menggratiskan VPS. Layanan hosting ini cukup kapabel untuk beban komputasi yang cukup berat. Dan bukan tidak mungkin dipakai menjalankan kejahatan siber (DDoS attack, phising) dan cyber crime lainnya, dengan dalih pengetesan server VPS. Di sini identitas pendaftar VPS perlu jelas. Itulah fungsi verifikasi kartu kredit.

Nah, fakta di atas bisa dijadikan pegangan.

VPS gratis tidak akan diberikan gratis sepenuhnya. Umumnya, pilihan Anda adalah Free Trial VPS selama 1 minggu, 1 bulan atau bisa juga 12 bulan penuh. Microsoft Azure cukup menarik, karena sekali Anda mendaftar Free Account Microsoft, ada beberapa fasilitas yang bisa Anda akses gratis selamanya.

Kesimpulan: VPS Gratis

VPS gratis adalah kesempatan menilai VPS dari dalam.

Nama VPS Syarat Data Center Masa Gratis
Amazon Web Services Kartu Kredit Email Perusahaan 3 di Asia Pasifik
(SG, Tokyo, Sidney)
12 bulan
Microsoft Azure Kartu Kredit Email Perusahaan 41 Data Center
Asia Tenggara
12 bulan
Lightsail - 13 Global
13 Asia Pasifik
30 hari
Accu Web Hosting Email Perusahaan 7 lokasi Global 30 hari
Kunjungi Dewaweb Email Perusahaan 15 lokasi Global
Indonesia
30 hari

 

 

Anda akan melihat 2 jenis VPS coba gratis: (1) provider cloud environment yang menawarkan masa coba hosting berkapasitas tinggi (contohnya, Amazon Web Services dan Microsoft Azure), dan (2) provider VPS konvensional dengan tawaran free-trial. Hal ini tersedia lewat free account (AWS, Azure, Lightsail) dan masa coba gratis (AccuWebHosting dan Dewaweb). VPS seperti AWS dan Azure bisa dicoba penuh.

Rasakanlah kecepatan kalkulasi computing dan akses via sistem VPS mereka. Anda pasti akan mendapat pengalaman berharga dengan mencoba VPS free trial ini. Namun, VPS gratis ini lebih cocok dipakai untuk 'tes ombak'. Kesempatan pembelajaran. Anda juga perlu memahami Terms & Agreement paket yang Anda ikuti. Misalnya, apakah ada ongkos khusus untuk migrasi data ke luar provider VPS gratis tersebut?

Selebihnya, saya akan lebih merekomendasikan layanan VPS murah. Di Indonesia, layanan VPS murah cukup banyak. Produk ini sangat memadai untuk pemakaian pribadi dan bisnis.


Avatar

Written by Redaksi

Didirikan oleh para pengguna web hosting sama seperti kamu, redaksi webhostingterbaik.id terdiri dari berbagai kalangan profesional yang mencintai satu hal yang sama, yaitu memanfaatkan internet sebagai media berbagi kebaikan seluas-luasnya. Tak perlu mentraktir kopi, redaksi sudah sangat bahagia ketika kamu dan pembaca lainnya benar-benar menemukan apa yang dibutuhkan di sini.

Disclosure :

Our reviews include affiliate links and if you choose to buy a product, you help support the running of this blog. However, we are not sponsored by any of the providers so we can keep our reviews honest and transparent. Read more...
Beri Komentar

* your email will not be displayed

User comments

Ghozali Abdul gambar
Ghozali Abdul

2019-Februari-19th

Jangan pernah menyerah menjadi pejuang cintahhhh!!!!

Jangan pernah menyerah menjadi pejuang cintahhhh!!!!

Gunadi Suryo gambar
Gunadi Suryo

2018-Oktober-30th

Trima kasih mas. Rencananya saya akan ajak murid-murid sy belajar teknis web dengan mencoba VPS Gratis AWS. Soal verifikasi kartu kredit... bagaimana solusinya, sy jg perlu saran dan solusinya...

Trima kasih mas. Rencananya saya akan ajak murid-murid sy belajar teknis web dengan mencoba VPS Gratis AWS. Soal verifikasi kartu kredit... bagaimana solusinya, sy jg perlu saran dan solusinya...

Tyas Kurniasih gambar
Tyas Kurniasih

2018-Oktober-22nd

Trims infonya, kak. Sy sering liat advert AWS di Youtube. Memang bagus ya?

Trims infonya, kak. Sy sering liat advert AWS di Youtube. Memang bagus ya?