Joomla adalah: Pengertian dan Cara Membuat Website dengan Joomla

Joomla adalah Content Management System (CMS) open source yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan basis data MySQL yang cukup baik untuk internet maupun intranet. Joomla diambil dari bahasa Swahili yang berarti kebersamaan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat website dengan Joomla. Joomla menyertakan banyak fitur untuk meningkatkan kinerja termasuk caching, web indexing, page, RSS feed, halaman cetak, search engine.

Seperti web detik.com, kompas.com dan linux.com yang merupakan contoh dari web yang berbasis konten. Isi dari konten web tersebut berupa berita yang mencakup informasi, artikel dan lain sebagainya. Web yang berbasis konten biasanya menggunakan sebuah aplikasi web yang bernama CMS atau Content Management System.

Dengan menggunakan CMS pengelola web tidak perlu lagi melakukan upload file ke hosting jika setiap ada penambahan atau perubahan isi web. Jadi pengguna cukup menjalankan aplikasi web untuk melakukan penambahan atau perubahan. Joomla yang akan dibahas merupakan salah satu aplikasi open source CMS bebasis web yang mudah dan sering digunakan oleh para pengguna yang ingin secara instan dalam membangun website salah satu contoh seperti CMS Joomla.

Apa itu Joomla dan Cara Membuat Website dengan Joomla

Prinsip dasar Joomla adalah

Secara garis besar Joomla terdiri dari 3 dasar elemen, yaitu web server, skrip PHP dan database MySQL. Web server diasumsikan terhubung dengan internet / intranet yang berfungsi untuk penyedia layanan situs dan  melakukan atau mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan lain sebagainya. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan sebuah data atau konten.

Pengguna nantinya akan meminta akses terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada address bar browser yang kemudia terhubung dengan web server. Permintaan ini masuk ke dalam istilah teknis yang lebih dikenal dengan query string  selain terdapat URL didalamnya, juga mengandung parameter konten (section, category, ID article dan lain sebagainya). Berdasarkan parameter tersebut, skrip Joomla melakukan kontak dengan basis data dalam pengambilan konten berdasarkan parameternya. Dan berkelanjutan begitu pun dengan konten dan template yang digabung bersama dan kembali sebagai halaman HTML, CSS dan Javacript.

Ada beberapa bagian yang terpisah dan termodul yang sangan fleksibel, bisa dengan mudah dikembangkan dan diintegrasikan. Sebagai contoh Plugins  Wikibot yang memperbolehkan penulis joomla menggunakan Wikitags  pada bagian artikel yang fungsinya secara otomatis membuat pranala dinamis ke artikel Wikipedia pada saat ditampilkan. Ada lebih 1700 Plugins  yang tesedia secara resmi dideleegasikan oleh open source Matters yang tersedia pada extenxions joomla  namun saat ini dipindahkan ke joomlacode  karena dukungan server yang lebih lengkap.

Cara Membuat Website dengan Joomla

Ada beberapa hal penting dalam penggunaan CMS Joomla yaitu diharuskan jika ingin mendesain atau merangkai (oprek) menginstall aplikasi contoh Xampp karena dibutuhkan untuk membantu pengembangan sebuah website. Berikut cara bagaimana membuat website dengan Joomla.

1. Mendownload file di situs Joomla

Langkah awal untuk membuat website dengan Joomla dengan men download file Joomla di situs resminya, pada gambar dibawah disediakan tombol untuk men download atau juga bisa untuk melihat demo dari Joomla tersebut.

Apa itu Joomla dan Cara Membuat Website dengan Joomla

2. Ekstrak file di htdocs

Setelah men download Joomla, hasil download lalu dilakukan proses ekstrak file menuju ke folder htdocs yang berada pada aplikasi Xampp. Karena disini menggunakan aplikasi Xampp tempat untuk menaruh folder index yaitu di htdocs. Beda lagi dengan aplikasi seperti Wamp yang peletakan indexnya berada di www dan begitu seterusnya dengan aplikasi semacamnya. Agar untuk memudahkan proses konfigurasi alangkah baiknya folder ekstrak di ganti menjadi nama yang mudah di baca dan hindari penggunaan spasi pada penamaan folder. Jika ingin menggunakan 2 kata, berikan tambahan karakter yaitu _ atau underscore.

Apa itu Joomla dan Cara Membuat Website dengan Joomla

3. Aktifkan Apache dan MySQL pada Xampp

Buka aplikasi Xampp. Disini yang dibutuhkan untuk membangun website dengan Joomla (offline) harus mengaktifkan 2 Module dari Xampp yaitu Apache dan MySQL.

Apa itu Joomla dan Cara Membuat Website dengan Joomla

4. Memulai konfigurasi utama Joomla

Setelah mengaktifkan Apache dan MySQL, buka browser kemudian ketikan “localhost/namafolderjoomla” pada address bar. Sesuaikan nama cara memanggil dengan nama folder yang kalian buat di htdocs tadi.

Selanjutnya  nanti diarahkan pada halaman seperti bawah dan usahakan harus diisi jika terdapat symbol *.

Apa itu Joomla dan Cara Membuat Website dengan Joomla
  • Nama situs, isikan sesuai dengan nama situs yang dikehendaki. Misal disini diisikan dengan webdev atau sesuai dengan brand.
  • Deskripsi, penjelasan singkat mengenai website yang dibangun.
  • Padamkan situs, drag pilihan ke “tidak” supaya situs dapat diindex oleh pencarian google.
  • Email admin, masukan email yang digunakan sebagai identitas admi
  • Nama pengguna admin, dalam kata lainnya yaitu username, digunakan untuk melakukan login mengelola halaman admin.
  • Sandi Admin, masukan password yang digunakan untuk login halaman admin.
  • Konfirmasi sandi admin, konfirmasi ulang samakan dengan password yang sudah diisi di atasnya

Lalu klik berikutnya jika form sudah terisi semua.

5. Melakukan konfigurasi database

Dihalaman ini akan ditujukan pada halaman konfigurasi database.

  • Pada form pertama terdapat pilihan database yang digunakan saat ini menggunakan MySQLi
  • Untuk nama host isi saja dengan localhost
  • Isi nama pengguna dengan default atau settingan pada di phpmyadmin dengan nama root
  • Sandi, secara default sandi kosong, sandi disini juga sama menggunakan sandi di phpmyadmin. Jika tidak pernah merasa mengganti sandi apapun di phpmyadmin, tinggalkan kosong saja.
  • Berikan nama database sesuai keinginan anda
  • Prefix atau yang awalan tabel, imbuhan depan dalam pemberian nama table dan sudah degenerate otomatis oleh Joomla.
Apa itu Joomla dan Cara Membuat Website dengan Joomla

6. Memasang sampel data

Pilihlah dengan sesuai kebutuhan, joomla akan memberikan beberapa sampel data sesuai dengan pilihan. untuk memudahkan pengguna pertama kali ketika nanti akan menggunakan halaman admin.

Apa itu Joomla dan Cara Membuat Website dengan Joomla

7. Instalasi berhasil

Jika instalasi sudah berhasil maka akan muncul dengan tampilan dibawah:

  • Hapus directory, supaya menandakan bahwa instalasi berhasil dan tidak adanya instalasi ulang.
  • Ada 2 pilihan tombol untuk menampillkan halaman yang berbeda, yaitu situs dan administrasi.
Apa itu Joomla dan Cara Membuat Website dengan Joomla

8. Tampilan awal pada website

Berikut tampilan halaman utama yang sebelumnya sudah diisi dengan data blog.

Apa itu Joomla dan Cara Membuat Website dengan Joomla

9. Tampilan pada halaman login administrator

Jika ingin masuk ke halaman administrator tulis di address bar seperti “localhost/webdev/administrator”

Apa itu Joomla dan Cara Membuat Website dengan Joomla

Tipe Ekstensi Joomla

Jika website telah  selesai dibuat, langkah apa yang harus dilakukan? Terpikir tentang apa yang nantinya dikerjakan dan salah satunya yaitu menginstall ekstension yang sesuai untuk situs Joomla yang telah dibuat. Lalu ekstension itu apa? Pada Joomla ekstension itu digunakan untuk mengelompokan beberapa program kecil yang bisa ditambahkan ke dalam situs. Ada 5 tipe ekstension yang bisa dipakai untuk menambah fungsionalitas situs, yaitu Plugins, Modules, Components, Templates dan Languages. Dari beberapa tipe tersebut dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Masing masing tipe ekstenstion memiliki fungsi yang berbeda beda. Berikut beberapa ekstension yang ada di Joomla.

1.Components

Components/komponen berfungsi untuk menambahkan fungsionalitas dari sistem Joomla yang memiliki halaman untuk beberapa parameter. Sebagai contoh adalah VirtueMart atau fasilitas Document Manager (DOCMAN) yang memiliki pengaturan untuk membuat kategori artikel, deskripsi, image, hak cipta, alamat link dan lain sebagainya. Setiap component terdiri dari dua bagian, yaitu back-end yang dipakai untuk keperluan administrasi dan front-end untuk menampilkan informasi. Anda bisa memanage component melalui menu Components.

2. Modules

Module adalah sebuah aplikasi mini yang berfungsi untuk menampilkan informasi pada situs yang ditempatkan pada bagian kiri, kanan, atas maupun bawah halaman utama sebuah website. Module dapat menampilkan beberapa component yang telah terinstall. Module memiliki peran sangat penting untuk keindahan tampilan website karena dapat mengendalikan interface dan component yang terinstal. Module juga dapat menampilkan website yang inovatif dengan cara menampilkan gambar dan artikel secara random,  menjalankan dokumen video, audio dan animasi serta dokumen lain sehingga tidak memiliki kesan yang terlihat monoton.

3. Plugins

Joomla versi 1.0.x disebut sebagai Mambots dan sedangkan untuk versi Joomla 1.5.x berubah menjadi Plugins. Plugins atau Mambots adalah aplikasi mini yang disisipkan untuk menambah, memanipulasi, atau membuat perubahan pada contents atau artikel, menyisipkan movie ke dalam artikel, menampilkan tooltips dan sebagainya.

Secara default, sistem Joomla versi 1.5.x memiliki 6 kategori plugins yaitu:

  1. Authentication: berkaitan dengan otentikasi yang terintegrasi dengan sistem Joomla, misal otentikasi Gmail.
  2. Contents: berkaitan dengan manipulasi contents atau artikel.
  3. Editors : berkaitan dengan manipulasi editor yang digunakan untuk menulis contents atau artikel.
  4. Editor-xtd : berkaitan dengan manipulasi fitur-fitur editor yang lebih kompleks.
  5. Search : berkaitan dengan manipulasi fungsi search / pencari pada websit
  6. System: berkaitan dengan sistem Joomla seperi Legacy 1 untuk beberapa module atau component yang bekerja pada versi sebelumnya.

Beberapa plugins/mambots standar atau yang sudah tersedia pada Joomla yaitu:

  1. Image : mambot yang berfungsi untuk mengkonversi perintah {mosimage} di content menjadi perintah untuk menyisipkan gambar pada HTML (tag img)
  2. Pagebreak : mambot yang berfungsi untuk navigasi halaman (memotong sebuah halaman website yang panjang menjadi beberapa halaman  lengkap dengan daftar isi.
  3. Moscode : mambot yang berfungsi untuk menggati perintah {moscode} {/moscode} menjadi perintah tag yang menandakan kode programming.
4. Templates

Tampilan sebuah website sangan mempengaruhi setiap pengunjung dalam menikmati informasi yang disajikan. tak heran denganweb yang hanya berisi iklan yang akan semakin cepat pengunjung untuk meninggalkan website tersebut. Maka dari itu, masing masing template akan menghasilkan tampilan website yang berbeda beda. Dikarenakan tiap template memiliki parameter yang berbeda beda dari mulai font yang digunakan, warna huruf dan pengaturan lainnya. Pada Joomla versi terbaru, umumnya tidak dapat menginstal template yang digunakan pada versi sebelumnya meskipun sudah mengaktifkan plugin Legacy 1, di mana plugin tersebut berfungsi untuk melegalkan beberapa ekstensi (component, module, mambots, dan template) pada versi di bawahnya. Beberapa website telah menyediakan template yang dapat didownload secara gratis.

5. Languages

Extension ini digunakan untuk mengatur setting bahasa yang dipakai dalam situs. Anda bisa memanage-nya melalui menu Extensions – Language Manager.Secara umum Joomla Extension biasanya didistribusikan dengan cara yang sama yaitu menggunakan format file zip. Atau bisa juga untuk menginstall extension melalui menu Extensions – Install/Uninstall. Setelah proses instalasi selesai secara otomatis Joomla akan mengelompokkan extension tersebut sesuai dengan tipenya.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Dapatkan posting terbaru :