Cara Membuat WordPress.com dan Self-Hosting – Tutorial Website WordPress

Cara membuat wordpress

Cara membuat WordPress ini adalah tutorial bagi pemula yang ingin belajar membuat website atau blog WordPress. Maka, langkah di sini saya sederhanakan. Tapi, pada prinsipnya, web WordPress Anda nanti sudah bisa dipakai macam-macam, i.e. menulis blog sampai jualan online.

Namun, pertama-tama... Apa sih WordPress itu?

WordPress adalah aplikasi untuk membuat blog atau website menggunakan sistem CMS, atau sistem manajemen konten.

Tidak hanya gratis, fitur dari WordPress – seperti navigasi, widget (semacam 'aksesoris tambahan', hingga tema – sangatlah lengkap dan memudahkan pengguna untuk bikin WordPress. Karena sebagai Content Management System (CMS), WordPress punya sistem penulisan dan pengelolaan tulisan/media yang rapi. Bila Anda akrab dengan aplikasi seperti MS Word, pasti tidak kagok dengan WordPress.

Fitur-fitur wordpress

Jadi, proses belajar cara membuat WordPress nggak susah-susah amat, lah...

Nah, sekarang mari kita mulai tutorial bikin WordPress ini secara resmi. Hahaha.

Proses membuat website dengan WordPress Gratis dilakukan dengan mendaftar 2 hal, yaitu (1) akun WordPress, dan (2) website WordPress (dengan subdomain atau domain aktif). Bila Anda belum tahu apa itu domain dan lain-lain, tenang saja. Nanti semoga Anda akan mengerti...

Oleh karena itu, saya akan memulai panduan ini dengan cara daftar WorPress.

1. Kunjungi WordPress.com.

Klik link WordPress Indonesia untuk mengunjungi laman resmi WordPress. Alamat ini merujuk pada WordPress berbahasa Indonesia. Selanjutnya untuk memulai cara buat WordPress, pilih menu Mulai pada bagian pojok kanan atas.

Cara Membuat WordPress Gratis

2. Isi detail situs WordPress.com Anda.

Setelah Anda masuk ke halaman pendaftaran, isi semua kolom dan centang tujuan utama yang sesuai dengan blog Anda serta pilih tingkat kemahiran Anda. Contohnya seperti di bawah ini.

Cara Membuat WordPress Gratis

Kemudian, klik tombol biru Lanjutkan pada area bawah layar.

Cara Membuat WordPress Gratis

3. Masukkan nama website/blog yang Anda mau.

Anda akan dibawa ke kolom nama website/blog Anda. Di sini, masukkan nama blog Anda di kolom dengan tanda kaca pembesar. Saya ambil contoh nama blog ‘obrolinbuku’. Akan muncul beragam pilihan alamat blog (nama domain) seperti di bawah ini. Tersedia subdomain WordPress gratis (tertulis paling atas. Saya sendiri mendapat nama subdomain ‘www.obrolinbuku.wordpress.com’.

Klik link Pilih di baris yang sama dengan domain yang Anda mau.

Cara Membuat WordPress Gratis

4. Pilih paket WordPress.

Berikutnya adalah memilih paket WordPress. Terdapat 4 pilihan jenis blog, yaitu Gratis, Pribadi, Premium, dan Bisnis. Pilih paket Gratis dengan klik tombol bertuliskan Mulai dengan Gratis.

Cara Membuat WordPress Gratis

 

5. Buat akun WordPress.

Anda kemudian akan diminta untuk membuat akun WordPress. Isi alamat email dengan alamat email Anda yang masih aktif. Isi juga passwordnya. Minimal password 6 karakter, semakin rumit akan semakin kuat (mudah ditebak). Setelah selesai, klik tombol Lanjutkan.

Cara Membuat WordPress Gratis

6. Website/Blog WordPress.com Anda telah jadi!

Bila semua informasi berhasil ditulis dengan benar, Anda akan diberi halaman notifikasi berikut. Muncul tulisan “Selamat Situs Anda telah aktif”. Itu berarti semua proses cara buat WordPress telah selesai. Silahkan verifikasi email dengan masuk ke inbox alamat email Anda. WordPress sudah mengirimkan email yang di dalamnya terdapat tombol Konfirmasi Sekarang yang perlu Anda klik.

Jika diklik, tombol tersebut akan mengantar Anda ke laman WordPress kembali.

Cara Membuat WordPress Gratis

Jika Anda sukses sampai langkah ke 5, maka dipastikan website/blog WordPress Anda sudah aktif. Selamat! Anda sudah menguasai cara membuat website dengan WordPress!

Berikutnya, Anda sudah bisa membuat artikel (posting), memperbarui informasi kontak Anda, dan lain sebagainya.

7. Mulai Posting di WordPress.com.

Website atau blog WordPress Gratis Anda kini sudah aktif. Saatnya mempublikasikan tulisan di website tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

a. Masuk ke panel admin WordPress.com

Silakan Masuk atau Log In terlebih dahulu ke WordPress. Caranya dengan memasukkan alamat email dan password akun WordPress Anda.

Cara Membuat WordPress Gratis

b. Masuk ke menu Tulis

Anda akan masuk ke halaman bernama Dashboard WordPress. Ini bukanlah website Anda, melainkan panel kontrol di belakang layar website Anda. Untuk mulai menulis, klik tombol Tulis di bagian kanan atas.

Cara Membuat WordPress Gratis

c. Tulis postingan Anda.

Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Tambahkan judul tulisan pada kolom “Judul”. Kemudian, tuliskan isi artikel Anda di kotak di bawah menu teks. Jangan khawatir. Menu-menu yang tertera pada umumnya sama seperti pada software Microsoft Word atau pengolah kata lainnya.

Cara Membuat WordPress Gratis

d. Berikan kategori dan tag yang cocok.

 Klik Kategori & Tag di kolom sebelah kanan layaru ntuk menuliskan kategori tulisan Anda. Tag juga berfungsi sama. Pisahkan dengan koma jika Tag artikel lebih dari satu
Apa fungsi Kategori dan Tag? Fitur ini akan memudahkan kategorisasi Anda. Seperti sebuah folder, artikel dengan kategori yang sama akan disimpan dalam kategori tersebut.

Cara Membuat WordPress Gratis

e. Atur publikasi postingan blog Anda.

Untuk itu, klik Publikasikan pada pojok kanan atas layar.

Cara Membuat WordPress Gratis

Lalu, biasanya Anda diminta mengatur siapa yang bisa melihat artikel Anda. Klik tanda panah ke bawah pada tombol Publik. Maka, akan muncul total 3 pilihan: Publik, Admin dan Penyunting, dan Dilindungi Kata Sandi.

  • Publik – artikel bisa dilihat oleh pengguna internet tanpa terkecuali,
  • Admin dan Penyunting – hanya Anda sendiri yang bisa melihat artikel tersebut,
  • Dilindungi Sandi – bisa dilihat orang selain Anda, asal mereka memiliki kata sandi yang Anda berikan.
Cara Membuat WordPress Gratis

Tunggu sampai muncul notifikasi “Pos diterbitkan di [alamat website Anda]”. Ini berarti tulisan/pos telah berhasil dipublikasikan sesuai settingan Anda di nomor #6 tadi.

Cara Membuat WordPress Gratis

Jenis-Jenis WordPress

WordPress adalah aplikasi CMS yang populer. Peminatnya ada di seluruh dunia.

Salah satu penyebabnya adalah karena WordPress sendiri punya 2 versi, yaitu:

  • WordPress Gratis yang menggunakan subdomain WordPress.com; dan
  • WordPress Self-Hosting yang mengharuskan Anda memiliki hosting dan domain sendiri.

Untuk cara membuat WordPress versi gratis, anda akan memakai subdomain WordPress.com, berupa namabloganda.wordpress.com. Tersedia template desain, meskipun terbatas dan standar. Bila ingin menambah fitur, versi gratis ini bisa Anda upgrade dengan tambahan biaya.

Sementara itu, di cara membuat blog di WordPress (WordPress.org) self-hosting, Anda bisa memiliki nama domain sesuka Anda, tanpa perlu embel-embel WordPress.com di belakangnya. Nama domain itu bisa didapat di tempat beli hosting dan domain.

WordPress.com vs WordPress.org

Cara membuat blog di WordPress self-hosting juga menawarkan lebih banyak pilihan template desain. Utak-atik website juga lebih luwes dan bebas, terutama bila Anda mengenal bahasa pemrograman HTML/CSS. Hasilnya, cara buat  WordPress self-hosting menghasilkan tampilan yang lebih prefsional daripada versi gratis.

WordPress Self-Hosting

WordPress Self-Hosting adalah Content Management System (CMS) WordPress.org yang di-install pada hosting milik sendiri. Sistem CMS WordPress ini dapat dimanfaatkan secara gratis oleh siapa saja karena bersifat open-source. Cara membuat WordPress Self-Hosting ini juga sangat mudah. Setiap web hosting kebanyakan juga telah menyediakan WordPress yang siap install dan digunakan sehingga untuk membangun website Anda tidak perlu pengetahuan teknis atau koding yang mendalam.

Berikut ini cara menjalankan WordPress hosting sendiri.

a. Memesan Hosting dan Domain.

WordPress Hosting Terbaik di IndonesiaMembuat website dengan WordPress membutuhkan hosting sebagai wadah penyimpanan file-file website dan tempat untuk menginstall WordPress. Anda juga perlu nama domain sebagai identitas website Anda.

Artikel WordPress hosting telah membahas pemilihan hosting paling optimal untuk WordPress. Paket hosting terbaik ini juga memberikan  gratis domain sehingga budget bisa lebih hemat.

b. Masuk ke cPanel hosting.

Setelah hosting dan domain Anda aktif dan siap digunakan, langkah selanjutnya adalah menginstall CMS WordPress pada hosting yang Anda gunakan. Masuk ke cPanel dan cari icon WordPress. Tampilan cPanel yang ada pada artikel ini dengan milik Anda mungkin berbeda, namun tidak masalah, karena intinya caranya tetap sama.

Klik pada icon WordPress tersebut untuk membuka menu WordPress.

Cara Membuat Website Dengan WordPress

c. Install CMS WordPress

Pada halaman deskripsi WordPress yang muncul, klik tombol Install Now untuk memulai proses install.

Cara Membuat Website Dengan WordPress

d. Lengkapi detail website WordPress Anda.

Kemudian sebagai cara membuat WordPress, isilah formulir instalasi. Panduannya adalah sebagai berikut

  • Choose protocol:  Jika domain anda sudah menggunakan sertifikat SSL, pilih HTTPS. Jika belum, pilih HTTP.
  • Nama domain:  Isi dengan nama domain yang akan digunakan.
  • In Directory: Dikosongi saja jika anda ingin membuat website yang halaman utamanya dapat diakses via alamat domain. (Misal: ketika mengakses “diskusibuku.com” akan keluar Halaman Utama).
  • Site name & description: Isi identitas website sesuai dengan nama yang anda inginkan. Poin ini dapat diubah lagi nanti setelah proses instalasi.

Cara Membuat Website Dengan WordPress

  • Admin username & password: Isi sesuai keinginan Anda.
  • Loginizer: Centangi untuk mengaktifkan. Fungsinya adalah jika salah memasukkan username/password selama 3x saat proses login, maka sistem akan memblock akses login dalam jangka waktu tertentu. Ini berfungsi untuk mencegah orang lain yang sengaja mencoba masuk secara paksa ke Dashboard WordPress Anda.

Formulir Pemasangan CMS WordPress

e. Masuk/Login ke Dashboard WordPress.

Setelah berhasil melakukan instalasi, silakan login ke Dashboard WordPress menggunakan username dan password yang Anda buat tadi. Sampai di sini WordPress Anda sebenarnya sudah siap untuk digunakan. Mudah sekali bukan?

Cara Membuat Website Dengan WordPress

Menu-Menu pada Dashboard WordPress Self-Hosting

Berikut ini adalah menu-menu yang akan sering Anda gunakan dalam cara membuat website dengan WordPress Anda.

  1. Posts: Untuk membuat artikel/postingan yang tampil dalam satu halaman (page).
  2. Media: Untuk upload/delete file gambar maupun video pada wordpress anda.
  3. Pages: Untuk membuat suatu halaman website. Bedanya dengan posts adalah, posts dapat dibagi dalam beberapa kategori dan cocok untuk postingan artikel yang rutin. Sedangkan pages lebih cocok untuk suatu halaman utama/besar yang bukan merupakan postingan rutin.
  4. Comments: Tempat melihat/edit comment yang masuk.
  5. Appearance: Untuk setting tampilan website, termasuk memilih tema baru juga melalui menu ini.
  6. Plugins: Untuk install/hapus plugin pada wordpress.
  7. Users: Untuk menambah/menghapus users yang dapat mengakses dashboard wordpress.
  8. Tools: Untuk setting tools, biasanya jika ada setingan plugin tertentu dapat diakses melalui menu ini.
  9. Settings: Settingan utama website anda seperti settingan general, setting permalink, dan sebagainya.

Penutup: Cara Membuat WordPress

Website WordPress terdiri dari 2 jenis, yang di-host oleh WordPress.com dan yang di-host oleh hosting Anda sendiri (self-hosting). Keduanya memberi fitur yang kurang-lebih sama, kecuali Anda memakai jenis blog WordPress.com Gratis. Di blog gratis WordPress.com, Anda hanya bisa menambah posting, diberi subdomain WordPress.com, atau berbalas komentar. Untuk fitur yang lebih lengkap, WordPress self-hosting biasanya dipilih. Ini karena Anda bebas menambah plugin atau fitur optimasi apapun ke dalam website Anda.

Sekadar tips:

  • Agar website Anda memiliki akses yang cepat, sebaiknya gunakan plugins seperlunya sesuai dengan kebutuhan. Jika ada plugin yang tidak terpakai lebih baik dihapus.
  • Gunakan juga theme yang responsive dan mobile friendly agar website dapat diakses dengan cepat pada perangkat mobile.

Silakan menyimak contoh website dengan desain menarik. Dan jangan lupa, bahwa WordPress perlu dioptimasi dengan hosting yang bagus supaya tidak lemot dan mobile-friendly.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.
Leave a Comment

Dapatkan posting blog baru melalui email: