Cara Membuat Website Sendiri Bagi Pemula

Di era yang sudah serba digital ini, memiliki website sendiri memang menjadi suatu hal yang menarik dan bisa memberikan nilai tambah. Terlebih bagi Anda yang merupakan seorang profesional atau pemilik usaha, buat website yang representatif adalah hal mutlak yang diperlukan sebagai bentuk eksistensi dan juga penunjang bisnis. Dengan mempunyai website, Anda memiliki alamat yang mudah dituju oleh pelanggan untuk mencari informasi lengkap tentang Anda atau bisnis Anda. Jika Anda cerdik dan ulet, Anda bahkan bisa mengetahui cara membuat website Anda sebagai sumber untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan lebih.

Sebagai pemula, mungkin Anda kebingungan bagaimana cara membuat website. Sebenarnya untuk buat website sendiri, tak melulu Anda harus lulus sarjana IT dulu atau mengeluarkan uang banyak untuk membayar sesorang agar membuatkan website untuk Anda. Banyak cara sebenarnya yang bisa Anda coba. Memiliki sebuah website bahkan bisa juga Anda lakukan dengan beberapa langkah mudah saja. Berikut ini beberapa cara membuat website yang bisa Anda pertimbangan beserta kelebihan dan kekurangannya.

Membangun Website Sendiri secara Manual

Cara ini adalah cara membuat website yang memerlukan ketekunan tinggi karena Anda benar-benar membangun website dari scratch atau halaman kosong. Jika Anda tidak punya waktu untuk belajar atau ingin cara membuat website yang lebih praktis, lebih baik Anda melewati cara yang satu ini dan langsung mempertimbangkan cara selanjutnya.

Namun jika Anda kekeuh ingin tahu bagaimana cara membuat website sendiri secara manual, caranya adalah Anda mau tidak mau harus mempelajari seluk beluk menulis koding atau programming. Apa itu menulis koding atau programming? Sederhananya, koding atau programming adalah aktivitas menuliskan kode-kode perintah tertentu sesuai bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah program yang terotomasi secara komputer. Jika Anda pernah belajar rumus-rumus Microsoft Excel di sekolah sebelumnya, dasar-dasar programming kurang lebih seperti itu, namu tentu saja lebih kompleks.

Mengenal HTML

Oke, langkah pertama dalam belajar cara membuat website secara manual adalah belajar bagaimana membuat tampilan website sederhana menggunakan HTML (HyperText Markup Language). Cukup dengan laptop di depan Anda sekarang, Anda bisa membuat kode HTML website Anda sekarang juga tanpa perlu menginstall program khusus.

Langsung saja, buka aplikasi Notepad Anda, kemudian ketikkan kode berikut ini:

Kode-kode di atas adalah tag-tag utama dalam HTML. Selanjutnya, simpan file Notepad tersebut dengan ekstensi .html misal websiteku.html

Jika sudah, coba buka file websiteku.html yang telah Anda simpan dengan menggunakan browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome. Taada! Website pertama Anda telah berhasil dibuat!

Yap, masih sangat sederhana sekali. Klik artikel belajar HTML dari kami untuk belajar mengenai tag-tag lainnya serta tips mudah memahami HTML.

Mengenal CSS

Setelah Anda mengetahui dasar-dasar cara membuat website dengan HTML, selanjutnya Anda perlu mengenal CSS (Cascade StyleSheet).CSS ini sangat penting agar Anda bisa mengatur tampilan website Anda secara penuh dengan mudah. Misalnya saja Anda memiliki puluhan halaman website, jika Anda mengatur tampilannya satu persatu pastinya akan sangat memakan waktu. Apalagi jika ada perubahan yang ingin dilakukan, maka Anda harus mengganti kode untuk tiap halaman satu per satu.

Namun dengan CSS, Anda cukup memiliki satu file saja yang akan mengatur semua tampilan website. Jika tampilan ingin diganti, tinggal ganti saja file CSS tersebut, maka seluruh tampilan website yang disisipin CSS ini juga akan ikut berubah semua. Benar-benar bermanfaat bukan?

Berikut ini adalah contoh file CSS sederhana:

Properti atau kode CSS cukup banyak, sehingga cara paling mudah untuk menghapalnya adalah dengan sering-sering menggunakannya.

Mengenal Bahasa Pemrograman

HTML dan CSS yang sudah dijelaskan di atas sebenarnya bukanlah bahasa pemrograman melainkan hanya kode untuk membuat tampilan website. Jika Anda sudah mahir dengan HTML dan CSS, Anda bisa beranjak ke bahasa pemrograman sesungguhnya seperti JavaScript dan PHP(HyperText PreProcessor).  Dengan bahasa pemorgraman, Anda dapat melakukan berbagai macam operasi logika, pengandaian, pengulangan dan perintah komputerisasi lainnya untuk website Anda secara otomatis. Misalnya saja, Anda ingin di website Anda bisa menampilkan hasil penjumlahan dua angka yang dimasukkan oleh pengunjung, HTML dan CSS tidak bisa melakukan hal ini, namun dengan bahasa pemrograman hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Jika Anda benar-benar serius ingin belajar mengenai perihal bahasa pemrograman, Anda bisa mengunjungi artikel Belajar PHP kami dam website W3Schools . Di artikel dan website tersebut tersedia tutorial lengkap bagaimana cara membuat website manual dengan koding. Menguasai bahasa pemograman untuk buat website sebenarnya merupakan aset yang berharga karena saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan kemampuan seperti ini. Sekali Anda sudah menguasai berbagai macam bahasa di atas, Anda bisa buat website hingga mengedit website Anda semau Anda sendiri tanpa adanya batasan.

Sekarang bagaimana? Mungkin mendengar nama-nama asing di atas saja sudah membuat Anda pusing. Apalagi jika nanti Anda sudah mulai mencoba menuliskan kode-kodenya lebih lanjut. Sekali lagi saya katakan perlu waktu yang tidak sebentar dan ketekenunan ekstra sampai Anda benar-benar bisa mengetahui cara membuat website sendiri secara manual yang benar-benar “layak” ditampilkan ke pengunjung Anda. Cara membuat website secara manual ini sangat tidak saya rekomendasikan bagi Anda yang ingin website dalam waktu cepat dan benar-benar awam dunia IT. Saya sarankan Anda untuk melirik opsi-opsi lainnya yang jauh lebih mudah di bawah ini.

Membayar Jasa Pembuatan Website Profesional

Jika Anda memiliki dana lebih dan tidak merasa rugi melakukan investasi untuk memiliki sebuah website, opsi ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk Anda. Namun jika Anda hanya ingin coba-coba saja untuk membuat website sendiri. Sekali lagi Anda dapat melewatkan bagian ini dan melanjutkan membaca cara membuat website selanjutnya.

Anda bisa membayar seseorang yang dapat membuatkan website untuk Anda . Walaupun Anda harus merogoh uang yang cukup banyak untuk hal ini, Anda tidak perlu pusing-pusing lagi untuk memikirkan semuanya. Cukup tunjukkan keinginan Anda seperti apa, bayar si penyedia jasa, tunggu website dibuat dan Anda bisa melihat website Anda sudah siap digunakan.

Banyak sekali pihak-pihak yang menyediakan jasa pembuatan website di luar sana. Mulai dari jasa perorangan hingga perusahaan-perusahaan besar. Berikut ini adalah pihak-pihak yang bisa membuatkan website bagi Anda.

Software House

Memesan website kepada pihak Software House atau Pengembang Website mungkin menjadi pilihan paling mudah bagi Anda yang ingin memesan website secara resmi dan aman. Mengapa saya bisa bilang Aman? Karena dalam pembuatan website melalui Software House, biasanya akan dibuat perjanjian-perjanjian mengenai detail website yang akan dibuat mulai dari spesifikasi minimal hingga lama waktu pengerjaan. Dengan demikian, Anda memiliki kepastian kapan website Anda bisa tayang sesuai keinginan Anda. Jika yang Anda dapa ternyata tidak sesuai, Anda berhak menuntut kepada pihak Software House.

Perlu diperhatikan,  sebelum memesan website kepada sebuah Software House, pastikan Anda memesan kepada Software House yang benar-benar terpercaya dan sudah memiliki portofolio yang baik. Jangan memesan website kepada pengembang yang tidak  memiliki badan hukum jelas seperti tidak berbentu PT dan CV. Hal ini penting jika sewaktu-waktu terdapat masalah dengan website Anda.

Cara membuat website dengan memesan kepada Software House biasanya memakan biaya yang cukup banyak. Namun hasil yang didapat lebih terjamin asalkan Anda memilih Software House yang tepat.  Pilih opsi ini jika Anda benar-benar ingin memiliki website untuk tujuan yang serius, memiliki banyak dana serta apabila skala buat website yang Anda bangun benar-benar kompleks.

Freelancer

Alternatif, jika Anda menginginkan pembuatan website dengan biaya lebih terjangkau adalah dengan memanfaatkan pengembang website freelance. Ya, banyak orang di luar sana yang memiliki kemampuan membuat website yang mengagumkan namun enggan bergabung dengan Software House. Alhasil, mereka bekerja secara mandiri. Contoh mudah pekerja freelance ini misalnya mahasiswa IT tingkat akhir atau pekerja lain yang menjadikan profesi web developer sebagai sampingan. Karena tidak melalui birokrasi yang ribet, opsi menggunakan freelancer ini biasanya lebih murah dan terjangkau.

Walaupun demikian, Anda harus ekstra berhati-hati dalam memilih penyedia jasa freelance, karena bisa jadi hasilnya nanti kurang memuaskan atau tidak sesuai yang diharapkan. Anda bisa melihat portofolio mereka sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa mereka. Pastikan pula mereka mau menerima revisi jika website tidak sesuai dan sejauh apa garansi yang diberikan. Hal ini penting karena terkadang banyak sekali developer website yang setelah website jadi tidak mau melakukan hal tersebut jika tidak ada tambahan biaya lagi.

Jika Anda tidak tahu persis di mana tempat mencari orang yang menyediakan jasa pembuatan website ini, Anda dapat mengunjungi situs penyedia freelancer atau marketplace freelance. Berikut ini adalah situs-situs freelancer yang cukup populer di Indonesia:

Projects.co.id.

Berbasis di Bandung, Projects.co.id merupakan salah satu marketplace freelancer terbesar di Indonesia. Di situs ini, tersedia berbagai macam jasa yang ditawarkan oleh berbagai profesional, salah satunya adalah jasa cara membuat web. Anda dapat memilih paket jasa yang ada, atau membuat sebuah tender di mana Anda bebas menentukan budget serta spesifikasi, sementara penyedia jasa akan melakukan penawaran harga. Walaupun Anda dapat mengatur harga serendah-rendahnya, jangan memberikan harga yang terlalu rendah agar Anda dianggap serius. Dengan demikian banyak orang yang akan memberikan penawaran termasuk yang benar-benar sudah profesional. Jika budget Anda kelewat rendah, Anda dipastikan hanya mendapat tawaran-tawaran dari freelancer newbie yang kurang meyakinkan.

Sribulancer.com

Situs martketplace freelancer yang ini juga merupakan salah satu terbesar di Indonesia. Berbasis di Jakarta, kebanyakan penyedia jasa pada situs ini merupakan jasa desain seperti desain pamflet, logo maupun banner, namun jasa pembuatan website juga tidak kalah banyak. Kelebihan dari Sribulancer adalah penyedia jasa atau freelancer yang terdafar di situs ini melalui proses review atau test tertentu sesuai bidangnya ketika mendaftar sehingga kualitas dari freelancer cukup terjamin. Dari sisi harga, rate untuk membuat website juga cukup terjangkau di Sribulancer.

Freelancer.co.id

Situs ini adalah versi Indonesia dari Freelancer.com yang merupakan platform penyedia freelance terbesar di dunia. Dengan reputasi tersebut, cara membuat website dengan menawarkan job di Freelancer.co.id cukup menjanjikan. Harga minimal yang bisa Anda dapatkan adalah $30 atau sekitar Rp400.000. Penyedia jasa tidak terbatas dari Indonesia, namun juga dari luar Indonesia sehingga menambah kompetisi persaingan untuk mendapatkan yang paling berkualitas.

Ketiga situs penyedia freelancer di atas memiliki sistem yang sama, yaitu Anda menyetorkan uang dahulu sebelum Anda dapat membuat sebuah lelang atau job. Uang baru diteruskan ke penyedia jasa setelah Anda memilih pemenang lelang dan dia menyelesaikan pekerjaan misalnya pekerjaan buat website sesuai keinginan Anda.

Menggunakan Website Builder

Website builder merupakan tools atau perangkat lunak  untuk membuat website yang mana Anda bisa membangun website tanpa pengetahuan koding sama sekali. Anda bisa membuat sebuah website dengan sangat mudah dengan cara memilih opsi yang telah disediakan, selanjutnya Anda juga cukup melakukan drag and drop seperti halnya saat Anda menggunakan aplikasi Power Point. Opsi ini mungkin merupakan yang paling mengasyikkan daripada opsi lainnya.

Beberapa penyedia website builder seperti Wix dan Weebly menawarkan tools cara membuat website ini secara gratis. Anda bisa mencobanya sendiri jika Anda mau. Cara membuat website gratis dengan Website Builder ini cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Kunjungi halaman situs website builder seperti Wix atau Weebly.
  2. Daftar menggunakan akun email Anda kemudian lakukan verifikasi dengan mengklik email verifikasi yang dikirimkan.
  3. Pilih paket gratis dari penyedia layanan Website Builder.
  4. Masukkan nama website serta domain yang akan dipakai. Jika paket yang Anda pilih merupakan paket gratis, biasanya Anda hanya bsa menggunakan subdomain
  5. Buat website dengan memilih template dari website yang ingin Anda gunakan. Website builder yang baik biasanya menyediakan ratusan hingga ribuan template yang berbeda-beda pula.
  6. Lakukan kustomisasi terhadap template sesuai keinginan Anda.Drag and Drop item yang ada. Atur tampilan halamannya. Unggah gambar dan seterusnya. Anda bisa menambahkan halaman apabila diperlukan nantinya.
  7. Terbitkan atau Publish website yang sudah Anda buat.
  8. Terakhir, cek kembali website Anda yang sudah tayang.

Sayangnya, paket buat website builder gratis ini kebanyakan memiliki  banyak batasan dan juga memiliki kelemahan. Pertama yaitu website yang telah Anda buat mau tidak mau harus tersisipi iklan. Iklan ini biasanya terletak pada bagian atas website atau pada bagian bawah  website Anda. Anda tidak dapat memilih jenis iklan apa yang ingin ditampilkan sehingga iklan yang ada ini cukup mengganggu. Kedua, Anda hanya bisa menggunakan subdomain yang telah disediakan dan tidak dapat menggunakan domain sendiri walaupun Anda sudah membelinya di registrar domain lain.

Sebenarnya kekurangan-kekurangan dari website builder di atas bisa diatasi apabila Anda mau mengeluarkan biaya untuk membayar paket yang lebih tinggi. Namun tunggu dulu, jika dihitung-hitung kembali, harga yang ditawarkan oleh website builder biasanya tergolong sangat mahal untuk fasilitas dan sumber daya yang tidak terlalu banyak apabila dibandingkan dengan Anda membuat website dengan cara lain dan menghosting sendiri. Misalnya saja, website builder bisa mematok harga hingga lebih dari $10 atau kira-kira Rp140.000 per bulan yang mana paket dengan harga segini masih memiliki keterbatasan seperti bandwith dan kapasitas penyimapan. Untuk harga demikian, Anda sebenarnya sudah bisa mendapatkan fasilitas premium yang serba unlimited dari berbagai web hosting.

Cara membuat website dengan website builder ini juga memiliki kelemahan lain seperti Anda tidak bisa memindahkan file website Anda ke tempat lain. Alhasil, Anda mau tidak mau harus tergantung dari penyedia web builder tersebut secara terus menerus untuk buat website. Sebagai informasi, beberapa penyedia hosting ternyata telah memasukkan fasilitas website builder ini ke dalam paket yang mereka tawarkan. Ini adalah pilihan yang lebih tepat rasanya daripada Anda menggunakan website yang memang hanya menyediakan fasilitas website builder saja. Dengan hosting sendiri, Anda memiliki lebih banyak kebebasan dan kontrol terhadap website yang Anda miliki jika terjadi apa-apa nantinya.

Menggunakan Template

Berbagai template website bisa dengan mudah anda download dari internet baik yang berbayar maupun gratis. Anda cukup menuliskan keyword “Free download website template … ” maka serangkaian daftar situs yang menyediakan template website gratis bisa anda kunjungi satu per satu. Jika Anda merasa cocok dengan salah satu template, Anda bisa mendownloadnya kemudian mengedit isi atau bagian dari template tersebut.

Tentu saja, untuk memlakukan pengeditan website ini, Anda harus memiliki setidaknya sedikit pengetahuan mengenai HTML dan CSS. Jika Anda benar-benar awam, sebaiknya Anda berhati-hati dalam melakukan editing. Cukup cari bagian kata yang ingin Anda ganti, jangan sampai Anda menghapus tag-tag yang ada karena bisa berakibat tampilan website rusak jika Anda salah dalam melakukan penghapusan.

Setelah diedit, Anda dapat mengunggah file website ke hosting dengan melalui File Manager di cPanel atau perangkat lunak FTP seperti FileZilla atau WinSCP. Jangan lupa untuk turut serta mengunggah asset dari file website tersebut seperti gambar, video, atau musik jika ada. Setelah semua selesai diunggah, Anda dapat langsung melihat website Anda melalui domain yang sudah dikaitkan dengan hosting.

Perlu diingat ketika Anda buat website menggunakan template gratis, Anda dilarang keras untuk menghapus bagian copyright yang biasanya terdapat di bagian bawah halaman. Hargai waktu dan tenaga orang yang telah susah payah menghabiskan waktunya dalam proses buat website template tersebut dengan tetap membiarkan bagian copyright tetap ada sebagaimana asalnya. Perlu diperhatikan pula apakah template website yang didownload boleh digunakan untuk keperluan tertentu seperti bisnis atau tidak.

Jika Anda tidak puas dengan template gratisan dan memiliki dana lebih, Anda juga bisa membeli template premium. Situs seperti themeforest dari envato menyediakan banyak pilihan template website premium yang sangat menggoda untuk digunakan. Tema premium juga memberikan dukungan pengguna yang lebih sehingga jika Ada kesulitan yang Anda temui saat membuat website Anda bisa menanyakan langsung kepada pembuat template website.

Menggunakan CMS

Cara membuat website dengan menggunakan CMS(Content Management System) ini adalah cara yang menurut saya paling efisien dan mudah dilakukan.  Content Management System adalah script website yang sudah ada sebelumnya dan anda tinggal melakukan instalasi untuk menggunakannya. Script-script ini tersedia sangat banyak, bebas serta gratis di internet dan anda tinggal memilih sesuai website yang ingin anda buat. Jika Anda ingin membuat website pribadi atau blog misalnya, Anda bisa menggunakan WordPress atau Joomla, jika Anda ingin membuat website toko online Anda bisa memilih PrestaShop atau OpenCart, mau buat website e-learning Anda bisa menggunakan Moodle.

buat website dengan CMS - membuat website

Proses pemasangannya pun sangat mudah. Secara umum berikut ini adalah cara membuat website dengan CMS:

  1. Setelah Anda membeli dan memiliki sebuah hosting, login ke cPanel Hosting Anda.
  2. Masuk ke menu phpMyAdmin, dan buat database yang disiapkan untuk website yang ingin Anda bangun.
  3. Kembali ke halaman cPanel untuk melakukan proses instalasi.
  4. Pada bagian paling bawah cPanel, biasanya tersedia fasilitas Softaculous Installer. Di sini Anda tersedia ratusan script CMS yang siap install.
  5. Pilih script sesuai kebutuhan, misalnya saja script CMS dari WordPress.
  6. Isikan beberapa isian yang dibutuhkan seperti nama website, lokasi penginstallan, nama database hingga username dan password.
  7. Klik “Selesai” / “Buat”, dan tunggu proses instalasi.
  8. Jika sudah selesai, cek website yang sudah Anda install.
  9. Jika berhasil, Anda tinggal melakukan kustomisasi dan pengisian konten website sesuai keinginan Anda.

Sebagian besar web hosting seperti Hostinger bahkan sudah menyediakan fasilitas instalasi dengan beberapa klik saja. Berbagai template website yang menarik pun sudah tersedia di dalamnya. Anda tinggal menyesuaikan bagian tertentu dan mengisikan kontennya. Fasilitas pengisian konten ini pun sudah tersedia dengan lengkap.

Kesimpulan Cara Membuat Website

Mem buat website bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Membuat website sendiri secara manual akan memakan waktu yang lama. Sedangkan membayar orang untuk membuat website akan menghabiskan banyak biaya. Web builder kurang saya sarankan karena secara harga dan fasilitas tidak worth it.

Jika Anda seorang yang pemula, saya menyarankan Anda membuat website menggunakan CMS(Content Managemen System) atau menggunakan template. Selain mudah, kedua cara membuat website ini juga tidak memerlukan banyak biaya mengingat banyak script dan template website yang tersedia secara gratis.

Ketika Anda memiliki sebuah website, Anda harus menghostingnya di layanan web hosting agar website anda bisa online dan diakses banyak orang. Web hosting di Indonesia yang sudah banyak digunakan orang untuk buat website dengan harganya terjangkau dapat Anda lihat daftarnya di link berikut ini: Web Hosting Cepat Indonesia

Anda dapat juga membaca review kami mengenai 10 penyedia layanan web hosting terbaik di Indonesia pada link berikut top 10 penyedia web hosting terbaik kami.

Bergabung dengan tim webhostingterbaik semenjak website ini mulai dirilis. Selalu antusias mencari berbagai informasi dan membagikan informasi yang diketahuinya kepada semua orang melalui tulisannya secara lengkap.

Dapatkan posting terbaru :