Cara Membuat Blog yang Sukses: Tips dan Trik Menguasai Internet

  • 2017-Desember-7th
  • Tutorial

Blogging adalah salah satu hobi di internet yang sering digemari banyak orang. Entah itu mengenai memasak, travelling, teknologi atau sesuatu yang sama sekali berbeda, ketika Anda berselancar di internet pasti pernah melihat ratusan, bahkan ribuan orang berbakat menulis tentang topik favorit mereka. Blogger adalah sebuah istilah yang digunakan untuk memuat tulisan dalam bentuk postingan-postingan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini akan termuat dalam sebuah mesin pencari (google) berdasarkan urutan-urutan terbaik, terpopuler, sering dikunjungi. Situs web ini dapat di akses oleh semua pengguna internet. Penggunanya bisa mencari berdasarkan topik.

Bagi seseorang yang baru memulai karir blogging, mungkin tampak sangat sulit untuk mengetahui bagaimana cara membuat blog pribadi yang sukses. Itu karena ada begitu banyak kompetisi! Namun, untuk sampai ke puncak mungkin tidak sesulit yang terlihat. Disini saya punya beberapa tips yang bisa membantu Anda menjadi blogger yang sukses.

Cara Membuat Blog

Tips Memulai Blog yang Sukses

Tentukan Pembaca Anda

Apakah pembaca Anda adalah orang muda yang ingin bepergian dengan harga murah? Atau apakah orang paruh baya yang mencari cara efektif untuk berkebun? Pilih target pemirsa yang akan membaca blog Anda. Jangan takut untuk memilih target spesifik! Blog Anda tidak akan cocok untuk semua orang. Ada hampir 4 miliar pengguna internet di seluruh dunia! Namun, tidak sampai 10% dari jumlah tersebut yang akan masih relevan dengan blog Anda. Ketahui persis untuk siapa Anda menulis akan membantu Anda dalam memilih topik untuk ditulis.

Tekun namun Bersenang-senanglah.

Tidak ada yang namanya bagaimana cara menjadi blogger dalam semalam. Anda tidak mungkin menjadi terkenal dengan banyak pengikut dari postingan pertama Anda! Itu sebabnya penting untuk selalu menyenangi aktivitas blogging Anda! Mungkin terdengar seperti slogan di sekolah dasar tapi sebenarnya, menyenangkan adalah sesuatu yang akan mendorong Anda untuk terus maju.

Ketika memulai blogging, mungkin tidak banyak manfaat yang secara langsung diperoleh. Anda tidak akan mendapatkan banyak sponsor dan bukannya menghasilkan uang dari artikel, Anda bahkan mungkin harus membelanjakan uang untuk mendapatkan konten yang bagus. Inilah sebabnya mengapa blogging harus menjadi hobi yang baik juga.

Gunakan Konten yang Berbeda. Jangan Takut Bereksperimen.

Tidak ada kunci utama konten apa yang sesuai untuk Anda. Beberapa orang merasa sukses dalam mengerjakan artikel instruksi/tutorial. Beberapa berkembang dalam menulis cerita pendek atau menceritakan pengalaman pribadi mereka sendiri. Anda dapat menemukan penulis yang hebat dalam menulis cerita panjang dan penulis yang hebat saat menulis daftar pendek. Bahkan ada orang yang menggunakan blog sebagai batu loncatan untuk menjadi kreator video. Waktu terbaik untuk bereksperimen adalah saat blog Anda belum dimulai dengan benar!

Pastikan keluar dari zona nyaman anda untuk menemukan sesuatu yang cocok dengan anda. Itu mungkin sesuatu yang tidak anda duga untuk lakukan. Keluarkan telepon atau kamera Anda dan mulailah memotret! Ajaklah bersama-sama teman anda dan buatlah sebuah cerita beberapa episode! Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan konten anda. Setelah anda menemukan hal potensial dan mendapatkan banyak pengunjung, Anda akan tahu persis apa yang Anda sukai. Kemungkinan besar Anda juga akan mendapatkan banyak pengalaman ditengah jalan.

SEO (Search Engine Optimization)

Anda perlu mempertimbangkan SEO (search engine optimization). Tulis konten Anda sendiri, gunakan foto dan video asli. Jangan lupa gunakan kata kunci yang mungkin sering dicari orang dan pastikan untuk membuat halaman sosial media untuk blog Anda. Pastikan situs web Anda cepat dan penyedia hosting Anda menawarkan respon dan kecepatan akses yang baik.

Di samping itu semua, ada satu hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk segera meningkatkan rangking Anda di search engine yaitu sertifikat SSL (HTTPS). Dengan menggunakan Sertifikat SSL berarti pertukaran informasi antar server menjadi lebih aman. Perusahaan seperti Google cenderung memberi peringkat lebih tinggi pada situs web yang lebih aman – dan semakin tinggi di penelusuran Google secara otomatis berarti lebih banyak pengunjung!

Selesaikan Hal Teknis

Sebelum Anda memulai blogging dengan benar, Anda perlu merencanakan banyak hal di awal.Salah satu hal terpenting adalah memilih platform blog Anda. Jika Anda blogger pemula dan hanya ingin coba-coba, alangkah baiknya Anda membuat blog dengan memanfaatkan platform yang gratis seperti blogspot. Namun jika Anda menginginkan blog yang terlihat lebih profesional, sebaiknya Anda mempertimbangkan platform blog dengan hosting sendiri. Berikut ini adalah cara membuat blog pribadi dengan blogspot dan hosting sendiri.

Cara Membuat Blog Pribadi dengan Blogspot

Cara membuat Blogspot sangatlah mudah. Asalkan jaringan internet ada, memiliki email, dan browser PC yang mendukung maka siapapun bisa membuatnya. Selain itu, blogspot sebagai software blog yang terkenal memberikan layanan gratis untuk mendaftar dan mempublikasikan tulisan.

Google merupakan sebuah perusahan yang bergerak dalam dunia internet sebagai situs pencari untuk mempermudah penggunanya dalam menusuri apa yang diinginkan. Google memberikan konten-konten yang dapat dilihat dan dinikmati, salah satunya adalah blog. Anda yang ingin memiliki blog bisa menggunakan fasilitas google yaitu Blogspot. Dengan blogspot, Google memberikan sebuah fasilitas kepada penggunanya untuk ikut andil dalam dunia internet sehingga para pengguna bisa melakukan penulisan artikel, video, dan music.

Adapun beberapa step yang bisa dilakukan untuk memulai sebuah blogspot adalah sebagai berikut.

Tahap Persiapan

Sebelum menjadi penulis di blogspot, sebaiknya Anda melakukan persiapan-persiapan dulu sehingga mempermudah dalam pembuatan blog. Persiapannya sebagai berikut:

  1. Buatlah akun Gmail terlebih dahulu, untuk memulai membuat blog dibutuhkan sebuah akun Gmail sebagai user dalam keluar masuknya ke dashbord di blogspot.
  2. Menentukan niche/topik yang akan digunakan dalam membuat blog. Topik yang di gunakan dalam blog haruslah sesuai dengan isi yang ada di dalam blog tersebut. Contoh disini adalah pengobatan tradisional.

 

Proses Pembuatan Blogspot

Setelah Akun Gmail siap dan topik untuk blog telah Anda tentukan, saatnya Anda merancang sebuah blog. Adapun tahap tahap yang digunakan untuk membuat  blog adalah sebagai berikut

  1. Buka situs google.com dan ketik blogspot pada mesin pencari google.Cara Membuat Blogspot

2. Dapat juga langsung mengakses ke situs blogger.com. Setelah masuk ke situs blogger, klik tombol buat blog  yang berada di tengah tampilan situs tersebut.

Cara Membuat Blogspot

3. Pada saat mengklik buat blog akan diminta memasukan alamat Gmail, log in-lah menggunakan alamat email Gmail yang telah dibuat sebelumnya.

4. Masukan password (sandi) gmail sesuai dengan alamat email yang telah di buat sebelumnya. Setelah benar masukan sandi dan pilihlah pilihan “berikutnya”.

5. Selanjutnya pilih salah satu profil akun yang akan dipakai. Ada dua pilihan profil yang digunakan yaitu profil Google+ atau profil Blogger biasa. Sebaiknya menggunakan profil Google+  saja, maka pilihlah “buat profil Google+”.

Cara Membuat Blogspot

6. Secara otomatis form profil akan terisi. Jika ingin mengubah nama dan jenis kelamin, di sini bisa diubah. Setelah yakin dengan isian pilihlah opsi “buat profil”.

7. Selanjutnya akan ada pilihan tambah foto profil . Di sini kamu bisa menambahkan foto profil sesuai dengan apa yang diinginkan . Jika memasukan foto silahkan pilih save atau simpan. Jika tidak menggunakan foto profil silahkan pilih skip atau lewati. Pada langkah cara membuat blogspot kali ini kami tidak memasukan foto dan langsung mengklik pilihan “skip” atau “lewati”.

8. Profil google+ Anda telah berhasil dibuat setelah itu klik “lanjutkan ke blogger”.

Cara Membuat Blogspot

9. Selanjutnya pilih tombol “Buat Blog Baru”

Cara Membuat Blogspot

10. Anda akan diminta memasukan judul blog yang sesuai dengan topik yang diinginkan. Contoh misalnya topik Pengobatan Tradisional, maka alamat blog dapat seperti ini “pengobatansederhana2.blogspot.com”.

Jika ingin menggunakan domain sendiri tanpa tulisan “.blogspot” dibelakangnya maka harus membeli sebuah domain terlebih dahulu. Untuk membeli domain dengan harga murah dapat dibeli disini:

Domain Murah

Kemudian langkah selanjutnya adalah memilih tema. Pilihlah salah satu tema yang tersedia. Misalnya tema cotempo, dan pilih “Buat Blog”.

Cara Membuat Blogspot

11. Untuk step ini abaikan saja, langsung aja klik “lain kali”.

12. Selamat! Blogspot Anda telah selesai dibuat.

Cara Membuat Blogspot

Setelah blog selesai dibuat akan muncul tampilan seperti di atas. Ada beberapa pilihan pada panel kiri. Berikut penjelasan mengenai panel tersebut.

Postingan, menampilkan semua pos yang ada pada blog yang telah kamu buat,Statistik, menampilkan jumlah pengunjung harian, bulanan, dan tahunan:

  1. Komentar, berisi pendapat yang menunggu persetujuan untuk ditayangkan atau tidak di dalam blog
  2. Kampanye, berisi beragam iklan Adwords untuk promosikan blog anda
  3. Halaman, menampilkan jumlah halaman yang ada pada blog
  4. Tata letak, digunakan untuk menampilkan tampilan widget pada blog
  5. Tema, berisikan tema
  6. Setelan, pengaturan lanjutan dari blog kamu
  7. Daftar bacaaan, berisi publikasi dari blog yang diikuti
  8. Bantuan, menampilkan referensi cara mengenai blogger lebih lanjut.

Selanjutnya mempublikasikan tulisan. Bagaimana cara membuat tulisan pada sebuah blog?

Cara Mempublikasikan Tulisan di Blogspot

Adapun langkah-langkah untuk membuat tulisan dan mempublikasikannya di blogspot adalah sebagai berikut :

  1. Klik Menu Postingan, dan kemudian pilih “entri baru”.

2. Akan muncul tampilan kurang lebih seperti pada MS Office word. Ada beberapa menu pada bagian ini seperti entri. Entri digunakan untuk memasukan judul postingan. Kemudian ada pilihan publikasikan, pilihan ini digunakan untuk menayangkan hasil dari tulisan agar bisa dilihar oleh para pengunjung.

Simpan merupakan menu yang disediakan untuk menyimpan tulisan sebelum ditayangkan sehingga bisa diedit lagi sebelum ditayangkan. Pratinjau digunakan untuk melihat tampilan dari tulisan yang telah kamu tulis. Dan Tutup untuk keluar dari menu ini. Jika tulisan kamu sudah siap untuk dilihat oleh para pengunjung, maka pilihlah pilihan “publikasikan”.

Cara Membuat Blogspot

3. Setelah dipublikasikan, akan muncul pilihan bagikan ke Google + atau batal. Sebaiknya klik pilihan “Bagikan” sehingga para pengguna google+ bisa melihat tulisan Anda.

4. Selamat kamu telah berhasil membuat postingan di blog

Cara Membuat Blog dengan Hosting Sendiri

Membuat blog dengan menggunakan blogspot memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah kontrol yang terbatas dalam kustomisasi web. Selain itu web dengan blogspot juga kurang profesional. Membuat blog dengan hosting sendiri adalah pilihan yang tepat apabila Anda ingin terlihat profesiona dan benar-benar sukses di dunia Blogging. Untuk ini, Hal pertama yang Anda perlu adalah menentukan nama dan membeli nama domain. Pikirkan nama yang mudah ditulis, mudah diingat dan dibedakan dalam huruf kecil dan huruf besar. Cara memulai blog yang sukses salah satunya adalah memiliki nama yang mudah diingat dan mudah dimengerti.

Jika Anda mengalami masalah, ada alat yang dapat membantu dalam memilih nama yang sesuai. Hostinger Smart Domain Checker adalah salah satunya. Alat ini tidak hanya akan mengecek apakah nama blog yang Anda cari sudah diambil atau masih tersedia. Alat ini juga akan menawarkan alternatif nama lain untuk dipilih. Anggap ini sebagai alat brainstorming cerdas yang bisa tahu persis bagaimana cara membuat blog yang sukses!

cara membuat blog yang sukses

Setelah memilih nama, selanjutnya adalah memilih penyedia hosting. Hosting yang baik merupakan hal penting lebih dari yang Anda bayangkan. Hosting yang baik akan menjadikan website atau blog cepat dan akhirnya pengunjung Anda-pun menjadi senang. Anda mungkin akan mengalami downtime – ini adalah periode waktu ketika server sedang down dan tidak ada yang bisa membaca artikel Anda. Beberapa penyedia hosting mengalami down lebih sering daripada yang lain. Jadi Anda harus memilih dengan bijak sebelum memebeli. Penting untuk memilih penyedia hosting yang menggabungkan kecepatan tinggi dan kinerja yang handal. Berikut ini adalah salah satu hosting tercepat di Indonesia yang sudah banyak digunakan banyak orang:

Web Hosting Cepat Indonesia

Setelah Anda memilih nama website dan penyedia hosting, sekarang saatnya untuk memilih platform situs web. Platform CMS (content management system) yang paling populer didunia adalah WordPress dan sulit untuk merekomendasikan platform lainnya. WordPress Mudah digunakan, mudah dipasang, dan ada komunitas besar yang selalu siap membantu anda jika ada masalah. Beberapa mungkin merekomendasikan CMS seperti Joomla atau ImpressPages atau website builder seperti Weebly atau Wix. Ini juga pilihan yang bagus tapi menurut pendapat pribadi saya, WordPress menggabungkan kemudahan dan fitur dengan cara yang tidak dilakukan CMS lain. Ini sangat baik bagi pengguna baru yang masih belum memiliki banyak pengalaman tentang memulai dan cara membuat blog yang sukses.

Semua hal teknis ini tidak akan berpengaruh besar jika dilakukan terpisah. Namun, ketika dilakukan bersama-sama, Semuanya bisa menjadi pembuat perbedaan nyata antara kesuksesan dan kegagalan. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memilih dengan bijak – Lihat penyedia hosting terbaik dengan mengklik di sini!

Kesimpulan Cara Membuat Blog yang Sukses.

Jika Anda ingin tahu bagaimana memulai sebuah blog yang sukses, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Anda harus memilih pembaca dan memenuhi selera mereka. Menulis untuk pembaca tertentu akan memungkinkan Anda membangun basis penggemar setia yang akan membantu Anda maju. Itu tidak akan mudah – itu akan membutuhkan ketekunan dan banyak kerja keras, jadi saat Anda melakukannya, pastikan untuk bersenang-senang. Ini mungkin tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa membantu Anda memperbaiki diri. Itu adalah mungkin untuk dicapai jika Anda mencoba berbagai hal, gunakan format konten yang berbeda dan terus menjadi lebih baik. Dan akhirnya, semua ini bisa sia-sia jika situs Anda akan menjadi lambat. Jadi, pastikan untuk memilih penyedia hosting yang baik untuk petualangan blogging Anda.

Dengan semua tip yang baru saja saya ceritakan, saya harap sekarang anda mendapat gambaran bagaimana memulai dan cara membuat blog yang sukses dalam waktu singkat. Jadi sampai jumpa lagi dan …

Semoga beruntung dipetualangan blogging anda!

Menyukai bidang SEO & digital marketing. Mengikuti perkembangan internet terupdate agar dapat diterapkan kedalam pekerjaan sehari-hari. Bergabung dengan team web hosting terbaik sejak awal website dibangun dan bersama-sama membuat website ini menjadi hebat.

TOP 5 WEB HOSTING

#1 Hostinger logo 9.7 Review
#2 9.5 Review
#3 7.0 Review
#4 6.5 Review
#5 review idwebhost 6.2 Review
Perbandingan Web Hosting Lengkap

Daftar Isi

    Dapatkan posting terbaru :