Cara Membuat Blog Pribadi

Halo, halo, halo! Selamat datang di tutorial Cara Membuat Blog. Ini adalah sebuah panduan ringkas berisi beberapa langkah membuat blog pribadi. Silakan meluangkan waktu sekitar 15 menit untuk mengikuti panduan ini.

Blog adalah kependekan dari istilah web-log, yaitu website berisi tulisan informatif yang diperbarui secara berkala dan disampaikan dengan gaya santai/informal. Artikel blog ditampilkan secara kronologi mundur, sehingga tulisan terbaru akan muncul paling atas.

Kenapa Anda membuat blog? Barangkali Anda suka menulis. Mungkin juga karena ini tugas kantor/sekolah. Mungkin Anda sekadar penasaran…

Tak masalah! Bila Anda tak yakin bagaimana harus memulai, Anda bisa memasukkan kata kunci seperti ‘blog terbaik’ di laman Google. Ada banyak inspirasi di luar sana, inspirasi di antara 156 juta blog yang aktif per tahun 2011.

Dan artikel Cara Membuat Blog yang Anda baca ini akan membantu Anda secara lebih konkret. Ciptakan blog pribadi Anda sembari mengikuti panduan atau selesai membaca panduan ringkas berikut.

Cara Membuat Blog

Oke… Apa saran pertama untuk saya?

Saran pertama saya adalah… mulai saja dulu. Soal tampilan keren itu nanti.

Terkadang, fokus berlebih ke tampilan desain blog mengaburkan ‘senjata pusaka’ dari blog itu sendiri: yaitu, popularitas. Tidak seperti jenis website statis dengan banyak halaman – blog menggunakan sistem pencatatan kualitas yang lebih menguntungkan Anda.

Search Engine OptimizationIstilahnya, Search Engine Optimization (SEO).

Optimasi situs ke mesin pencarian, atau SEO, akan lebih mudah via blog. Tiap kali Anda menerbitkan 1 tulisan baru, otomatis Anda mengirim sinyal ke Google sehingga kualitas situs Anda akan diperbarui dengan cepat.

Itu berbeda dengan jenis website lainnya, di mana proses pembaruan rating kualitas harus menunggu 1x putaran mesin Google mendata milyaran situs di Internet.

Maka, panduan ini akan mengerucut pada bagaimana cara membuat blog yang siap untuk populer. Anda bisa memilih dari dua cara berikut (klik link bila ingin langsung menuju ke metode pilihan Anda):

Bila Anda masih benar-benar baru, Anda bisa memulai dari WordPress, mesin pembuat website sejuta umat.

Blog WordPress.com

WordPress adalah aplikasi open source yang diciptakan pada 2003 oleh dua orang pengembang software blogging, Matt Mullenweb dan Mike Little.

Logo dari WordPressDari 156 juta blog di dunia, platform WordPress digunakan sebanyak 49%, atau 75,8 juta blog aktif. Kenapa blog WordPress? Karena platform ini memiliki komunitas developer yang sangat kuat – ia tumbuh pesat; fiturnya sesuai dengan kebutuhan blogging terkini.

Di WordPress, Anda bisa memakai layanan hosting dari WordPress. Anda bebas menentukan kapan website aktif dan non-aktif. Anda memiliki hak atas seluruh data Anda.

Dan bila itu belum cukup… WordPress menawarkan paket blog gratis seumur hidup – di samping paket berbayar dengan fitur yang tak kalah menarik.

Cara Membuat Blog WordPress.com

Baik. Saya akan memulai langkah-langkah membuat blog gratis WordPress.com. Tidak panjang, hanya perlu 5 langkah saja.

Langkah Satu

Kunjungi website WordPress.com. Setelah halaman terbuka, klik link Mulai di sebelah kanan atas situs tersebut.

Cara membuat blog dengan wordpress

Langkah Dua

Pada formulir yang muncul, isilah kolom Judul Website, Jenis Konten hingga Fungsi dari blog Anda. Jangan khawatir, informasi yang Anda masukkan sekarang bisa diganti kapan saja.

Cara Membuat blog wordpress

Langkah Tiga

Tentukan nama domain atau subdomain WordPress Anda. Nama domain disediakan gratis jika Anda menyewa paket WordPress.com premium. Sementara itu, subdomain WordPress bisa Anda dapatkan dengan gratis tanpa syarat.

Cara membuat wordpress-domain

Langkah Empat

Pilih jenis langganan paket WordPress. Tersedia dari paket Gratis hingga Bisnis (Rp340.000,-/bulan). Paket Gratis sudah cukup bila Anda hanya ingin berbagi tulisan. Sementara itu, Paket Bisnis memiliki fitur premium, seperti tambahan pengaturan SEO.

Pilih Paket WordPress

Langkah Lima

Masukkan alamat email dan password Anda. Belum memiliki email? Buat saja, gratis!

Gunakan Email dan Password untuk mendaftar WordPress

Ketika Anda sudah berada di dalam panel WordPress, berarti blog Anda sudah aktif. Selamat!

Menulis di Blog WordPress.com

Mengisi blog dengan tulisan adalah tujuan besar Anda. Maka, WordPress.com menyederhanakan cara menulis di blog menjadi hanya 4 langkah saja.

Langkah Satu

Di panel admin blog WordPress.com, klik tombol Write yang terletak di sebelah kanan atas panel.

Panel WordPress blog gratis

Langkah Dua

Ketika jendela baru muncul, Anda akan melihat sebuah tampilan yang mirip software word processor, seperti Microsoft Word atau Writer. Isi kolom judul dan tulis konten Anda di kotak kosong berukuran besar, di bawah panel toolbar.

Tulis konten Anda di blog WordPress

Langkah Tiga

Publish tulisan AndaJika seluruh konten telah selesai, klik tombol Schedule. Anda akan diminta mengatur waktu penerbitan dan tanggalnya. Lalu klik tombol Publish. Maka, tulisan Anda sudah bisa dilihat di blog WordPress.com Anda!

Saya akan selalu menyarankan untuk setidaknya mempublikasikan 5 artikel sekaligus ketika blog WordPress.com Anda pertama kali terbit. Hal ini salah satunya akan memberi sinyal yang baik bagi mesin pencarian Google.

Cara Membuat Blog dengan Hosting Sendiri

Blog gratis dari WordPress.com rasa-rasanya sudah cukup memadai untuk pengguna pemula. Bila Anda sekadar ingin bercerita kisah tamasya Anda di bulan Agustus, atau kuliner terkini di kota Anda – cara membuat blog gratis tak memiliki banyak kerugian.

Creative BloggingNamun, bila Anda adalah blogger profesional, atau berniat menjadi profesional, WordPress.com gratis memiliki sejumlah batasan.

Selain hanya memakai subdomain (yang melekat dengan WordPress.com dan kurang catchy), fitur panel gratis kurang memberi keleluasaan total. Anda tidak akan menemukan plugin payment, integrasi yang total, atau setting SEO premium di paket gratis. Anda hanya bisa menemukannya di paket WordPress berbayar atau di metode hosting blog pribadi.

WordPress berbayar memiliki fitur menarik dengan plus-minus tersendiri. Namun, kali ini saya akan menunjukkan ke Anda cara membuat blog dengan hosting sendiri.

Kenapa? Karena dengan memiliki hosting sendiri, Anda tidak akan terbatas pada software WordPress. Anda bisa memilih platform lain – mulai dari Joomla!, Wix, atau apapun yang Anda suka.

Cara Membuat Blog dengan Hosting Sendiri

Berbeda dengan cara pertama di atas, di metode ini Anda akan memulai dengan menyewa web hosting. Kemudian, baru Anda memulai pilih platform blogging Anda.

Langkah Satu

Kunjungi penyedia web hosting terbaik Anda. Untuk Anda yang ngefans dengan WordPress, artikel WordPress Hosting Terbaik telah menilik 5 provider web hosting yang memiliki layanan tersendiri untuk WordPress.

Halaman muka idhostinger

Langkah Dua

Pilih dan daftarkan domain blog Anda. Hostinger Smart Domain Checker bisa jadi alat untuk mengecek ketersediaan domain yang Anda mau. Penyedia seperti Hostinger atau Niagahoster umumnya juga menyediakan domain gratis di setiap penyewaan paket hosting mereka.

Cara membuat blog dengan mengecek domain

Langkah Tiga

Setelah proses registrasi hosting berhasil, berikutnya adalah memilih platform blogging. Gunakan software Softaculous Auto-Installer untuk install platform Anda, mulai dari CMS WordPress, Joomla, ImpressPages atau platform lainnya.

Softaculous Auto-Installer

Proses dari pembelian hosting hingga instalasi platform biasanya tidak lebih dari 24 jam. Berikutnya, Anda bisa memulai menulis di blog Anda.

Sekadar ilustrasi, cara menulis di blog WordPress hosting sendiri dan blog gratis WordPress.com tidak ada bedanya. Anda tinggal masuk ke panel Admin blog Anda dan menambahkan Pos.

Blog: Masa Depan dan Peluang

Menilik sitemap sejumlah website, blog biasanya ‘hanya’ bagian sampingan dari situs utama.

Contoh minat tulisan untuk blogMisal, Anda punya bisnis taman rekreasi bergaya monolithic, maka Anda mengisi blog Anda dengan artikel seputar fakta unik prasejarah, penemuan jenis orang di era tersebut, dan lain sebagainya.

Ini seakan blog tidak terlalu penting. Padahal faktanya sebaliknya.

Sampai tahu 2009an, blog ditulis oleh satu penulis saja. Namun, sejak 2010 muncul istilah ‘multi-author blog)’ atau MAB di mana sebuah blog diisi oleh sekumpulan penulis (yang biasanya profesional). Blog beralih dari ‘diary digital’ menjadi situs dengan potensi traffic pengunjung yang cukup berkualitas.

Lebih lanjut lagi, blog  juga menciptakan hubungan sosial – antara penulis, pembaca, dan juga penulis blog lainnya. Ekosistem ini mudah membangun ‘basis fans’ terutama bagi seorang penulis yang telah dikenal.

Maka, jangan percaya bila ada yang berkata ‘blog itu situs remehan’. Itu salah besar.

Kenali Blog Anda Sendiri

Nah, berikut ini hal-hal yang bisa Anda perhatikan agar blog Anda menjadi lebih berkualitas:

  • Tentukan jenis pembaca Anda (niche). Komunitas blog adalah komunitas dengan minat yang spesifik. Ada blog peminat buku, fashion, barang antik, dan lain-lain. Dengan memilih jenis minat yang Anda sasar, komunitas blog Anda akan lebih kuat karena konten Anda berkualitas dan konsisten.
  • Tekun namun Bersenang-senanglah. Banyak pengikut di artikel pertama Anda tidak akan menggaransi popularitas Anda. Anda perlu terus menulis, secara rutin. Anda mungkin perlu belanja ‘konten’ – dan perlu beberapa saat untuk balik modal. Maka, sangat disarankan untuk menulis tentang sesuatu yang sungguh Anda minati.
  • Pelajari SEO. Saya telah memaparkan bahwa blog punya chance yang baik untuk skor SEO yang tinggi. Namun, seiring pembaruan SEO yang terus terjadi, tidak ada salahnya mempelajari hal ini untuk kualitas blog Anda. Misalnya, dengan memiliki sertifikat SSL (HTTPS), Anda akan mendapat skor SEO yang lebih baik dan memiliki peringkat yang lebih bagus.

Pada akhirnya, popularitas situs blog tak bisa dibangun dalam 1 malam. Anda perlu menulis dengan rutin. Anda perlu kerja keras.

Elemen teknis juga tidak bisa disisihkan begitu saja. Layanan web hosting terbaik akan mengangkat rating blog Anda. Soal hal ini bisa Anda pelajari lebih lanjut dalam hal optimasi mesin pencarian (SEO). Anda juga bisa eksplorasi website builder terbaik atau CMS WordPress, Joomla, dan platform lainnya yang memiliki tawaran khas yang dimiliki masing-masing platform tersebut.

Dan sampailah kita di ujung panduan cara membuat blog ini. Saya senang bila Anda bersedia berbagi komentar, pertanyaan seputar blogging. Terima kasih dan sukses selalu!

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Dapatkan posting terbaru :