Cara Membuat Artikel yang Enak Dibaca (dan Perlu) – 5 Tips Ringkas

Avatar

Redaksi

0 comments

2019-Maret-22nd at 5:09

Cara membuat artikel blog yang menarik

Membuat artikel itu sama saja dengan mengobrol. Bukankah begitu? Banyak tips cara membuat artikel berisi anjuran seperti:

"Gunakan kata 'kamu' sesering mungkin." (Seorang mentor menyebutnya teknik 'youify').

"Ketika menulis, bayangkanlah gambaran sosok yang akan membaca artikel kamu."

Dan lain sebagainya...

Proses penulisan artikel (ilmiah, blog, jurnal, kolom koran) memang merupakan 15% aktivitas fisik, dan 85% kerja mental. Pergumulan kata-kata berlangsung dalam sepi, di dalam kepala. Maka, banyak anjuran yang membantu Anda mendobrak dinding pikiran yang sering membuat kita berhenti menulis.

Namun, tips attitude saja belum cukup. Bagaimana lalu cara menarik minat pembaca? Bagaimana cara membuat artikel yang enak dibaca?

Itulah yang akan dibahas di sini.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Ini tidak hanya soal skill agar bisa membuat artikel dengan pembuka yang 'nendang', tapi juga berkaitan dengan persiapan. Simaklah poin-poin berikut untuk menggali inspirasi cara membuat artikel yang baik!

1. Pilih tema yang bisa didebatkan.

Fungsi dari tulisan adalah, salah satunya, mengkomunikasikan ide penulis. Anda mungkin punya pandangan mengenai hoax anti-vaksin; mengenai sistem pertanian di abad 17, atau mengenai sistem refleks kucing yang sangat cepat. Topik-topik ini keren, namun, Anda harus bisa menebak: siapa yang akan membaca artikel Anda?

Karena di sini terletak pentingnya satu aspek penulisan, yaitu tema. Menurut Kelley Griffith, penulis buku Writing Essays about Literature:

Tema adalah apa yang pembaca pikir diutarakan oleh suatu artikel.

Apapun yang akan Anda tulis pasti membentuk gambaran di benak para pembaca. Itulah tema. Dan di sini, tema bisa Anda pakai untuk mengundang suatu respon dari pembaca artikel.

Jika Anda ingin mendapat respon minat membaca yang tinggi, maka gunakanlah tema artikel yang relevan. Ada tak terhingga pilihan tema yang bisa dipakai. Ini bisa lalu dipadukan dengan minat penulisan Anda. Jadi, misal Anda pemerhati lingkungan, bahaslah perkembangan terkini lingkungan di sekitar Anda, dampaknya pada hewan dan tumbuhan, dan lain-lain.

Tidak harus peristiwa terbaru. Banyak sekali tema lawas yang timeless, misal, pencarian manusia akan kebenaran (truth), ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, tema yang relevan dan menarik adalah tema yang masih menyimpan sejumlah pertanyaan untuk dijawab.

Lewat artikel Andalah Anda mencoba memberi secuil jawaban atas pertanyaan itu.

2. Siapkan materi tulisan dengan tekun.

ilustrasi persiapan masakan-ikan

Jangan pernah melompati fase pra-penulisan.

Sekitar 70% bagian dari cara membuat artikel yang baik adalah pre-writing atau langkah sebelum menulis. Penulis - entah penulis kolom atau blogger - kerap mengabaikan fase ini. Mereka langsung menulis di word processor - dan submit. Padahal, langkah ini adalah langkah yang terlalu penting untuk dilewatkan. Kualitas artikel bermuara di sini.

Di sinilah penulis bisa meramu resep artikel nya. Resep untuk artikel yang kuat dan menarik.

Bagaimana cara membuat artikel yang tidak hanya berisi bualan? Riset.

Pengumpulan bahan artikel ini berfungsi mendapatkan referensi. Lebih-lebih referensi yang otentik, karena akan menambah minat pembaca pada artikel Anda. Carilah referensi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber yang berbeda.

Anda bisa juga melakukan hal berikut:

  • Riset opini pro-kontra. Tidak hanya opini yang 'pro' saja yang pantas diketahui. Opini 'kontra' juga penting. Perpaduan dua hal ini disebut dialektika, proses pencarian jawaban secara utuh dan berimbang.
  • Riset kata kunci. Penulisan di era digital perlu juga mengindahkan sisi relevansi tulisan Anda. Situs web seperti UberSuggest membantu Anda memilih kata-kata yang tepat, sesuai dengan minat pembaca Anda.
  • Mewawancarai pakar. Seorang pakar sudah mendalami suatu topik relatif lebih lama daripada orang lain. Mereka tentu punya opini yang menarik untuk diketahui.

Mesin pencarian seperti Google bisa menghasilkan tumpukan data untuk tulisan Anda. Bila Anda tekun dan jeli, pasti akan ditemukan informasi emas di antara data tersebut.

Namun...

Hanya gunakan bahan artikel yang cocok

Artikel yang baik dan menarik haruslah enak dibaca. Dan salah satu kriterianya adalah artikel harus fokus.

Seleksi bahan artikel Anda. Tahapan ini juga krusial dalam cara membuat artikel yang baik. Seperti seorang koki, Anda tentu tidak bisa memasukkan semua bahan masakan ke dalam satu wajan.

Arahkan pikiran Anda pada tema. Singkirkan info yang kurang relevan - seberapapun menariknya info itu.

Selain itu, cobalah untuk mengolah data Anda. Jangan hanya salin-tempel saja (copy-paste). Data di Internet hanyal referensi. Bila Anda mengutip seseorang, maka sebutkanlah nama penulis dan sumbernya. Bila tidak, konten Anda masuk dalam kategori konten plagiat, yang dalam rahasia umum tidak disukai oleh Google..

3. Mulailah penulisan dalam draft artikel.

Tulis draft artikel Anda

Dalam cara membuat artikel yang baik, draft artikel adalah keniscayaan. Draft artikel dibuat agar artikel Anda lebih padat. Lebih terstruktur.

Proses ini juga baik untuk sisi psikologis Anda.

Karena, dalam membuat draft, Anda bisa bebas mengeksplorasi bentuk tulisan tanpa takut salah. Di sini tak perlu khawatir berapa persen tulisan Anda yang sudah fixed. Draft lebih untuk menampilkan seperti apa kerangka besar tulisan Anda. Dan itu masih bisa direvisi lagi nanti nya.

Kata seorang blogger:

Draft artikel adalah ruang workshop - yang penuh coretan, kata-kata hambar, atau hal-hal yang serba tidak masuk akal.

Dalam menulis draft, seorang penulis harus merasa sebebas-bebasnya.

Kerangka tulisan = struktur artikel yang baik

Anda memulai dari tema. Lalu, muncul poin-poin yang ingin dibahas. Maka, Anda perlu mengatur mana poin yang Anda bahas lebih dahulu agar alur tulisan enak dibaca.

Maksimalkan juga cara membuat artikel dengan beberapa tahapan-tahapan, seperti deskripsi, point by point, atau hal lainnya. Dengan adanya outline, tulisan Anda kecil kemungkinan dibaca seperti tulisan orang pikun. Anda akan tahu mana poin yang sudah dibahas, dan mana yang belum.

4. Komposisi. Komposisi. Komposisi.

Materi tulisan sudah dipilih. Seluruh ide sudah dituangkan ke dalam draft artikel. Namun, belum saatnya berpuas diri. Masih ada satu lagi hal yang perlu dicermati.

Hal ini disebut... komposisi.

Secara umum, struktur komposisi Pendahuluan, Isi dan Penutup adalah bagian tak terpisahkan dari cara membuat artikel yang baik. Pola ini sangat mudah dikerjakan. Pembahasan yang diberikan juga akan lebih jelas.

Anda juga bisa memakai struktur Piramida Terbalik, dengan menempatkan inti informasi (5W+1H) di bagian paling awal artikel. Berikutnya, Anda menjabarkan informasi pendukung. Teknik ini biasa dipakai oleh para jurnalis dan membuat tulisan mereka padat dan komprehensif.

Komposisi piramida terbalik

Dengan pola ini, maka pembaca blog anda akan merasa dituntun dan untuk memahami pembahasan secara rinci dan mudah.

Selain itu, dengan kesimpulan yang diberikan, pembaca akan mendapatkan solusi yang tepat dari artikel anda mengenai permasalahan yang mereka hadapi.

5. Sunting artikel dengan tekun.

Menulislah dengan pintu tertutup rapat-rapat. Suntinglah tulisanmu dengan pintu yang terbuka lebar.
- Stephen King, penulis novel

Ada berapa banyak orang di luar sana yang mem-posting artikel yang masih berupa draft? Akibatnya, pembaca masih melihat salah eja, kalimat yang tidak logis, dan kelemahan artikel di sana-sini.

Sebelum memposting artikel di blog, ada baiknya melakukan penyuntingan (editing). Editing adalah langkah akhir untuk memastikan bahwa artikel yang anda buat tidak memuat kesalahan.

Setelah Anda cukup percaya diri dengan yang Anda kerjakan, posting artikel Anda!

Di dunia maya sendiri, aspek penting selain cara membuat artikel adalah pengaruh hosting terhadap SEO. Anda tidak bisa semata-mata menulis artikel, lalu populer. Anda perlu nangkring di peringkat atas Google - yang salah satu dari 200+ faktornya adalah karena kualitas hosting blog Anda.

Kesimpulan Cara Membuat Artikel.

Penulisan artikel adalah 15% aktivitas fisik dan 85% kerja mental. Artikel yang baik dan menarik punya tema yang bisa didebatkan. Gunakan data yang akurat. Lalu, tuangkan ide dan gagasan sebebasnya dalam draft artikel. Draft nantinya akan direvisi ke dalam komposisi yang bagus. Sunting juga ejaan dan lain-lainnya sebelum artikel dipublikasikan.

Penulis manapun - bisa blogger, penulis kolom, freelancer, atau mahasiswa yang mengerjakan tugas membuat artikel - perlu memahami dan memperhatikan artikelnya. Artikel yang baik dan menarik dibuat dengan tekun. Tulisan yang enak dibaca biasanya tercipta karena penulis memiliki gambaran siapa pembaca yang akan menyimak artikelnya. Dengan ini cara bertuturnya akan terasa menarik.


Avatar
Redaksi

Redaksi


Hostinger logo
9.7 /10
9.5 /10
7.0 /10