Mengenal Pengertian PHP

Hypertext Preprocessor atau PHP adalah bahasa pemrograman untuk membuat web pribadi. Tidak hanya web sederhana saja. Anda bisa melihat Facebook, Twitter atau website besar lainnya, dan kesemuanya itu memakai script PHP. Saat ini terdapat framework berupa kumpulan class dan library yang terpadu, misal framework CakePHP. Framework ini bertujuan pada efisiensi waktu penciptaan website via PHP.

Bahasa ini masuk dalam bahasa pemrograman website dasar, selain HTML, JavaScript dan CSS. .

Apa itu PHP?

Berikut adalah penjelasan singkat PHP:

PHP adalah bahasa pemrograman script yang dijalankan dari komputer server (atau server-side). PHP dipakai untuk pengembangan web. Script PHP disisipkan ke dalam file HTML. Aspek server-side membuat kode PHP tidak bisa diubah seenaknya oleh pengunjung web.

PHP dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf dan saat ini dikelola oleh The PHP Group. Awalnya, PHP berarti 'Personal Home Page'. Tapi singkatan ini belakangan diubah menjadi 'Hypertext Preprocessor'.

Di dunia programming, bahasa PHP masih sangat populer. Hal ini dikarenakan oleh PHP gratis dan bersifat open source, sehingga mudah mencari source code PHP.

Konsep Dasar Pemrograman PHP

Request halaman web (web.php) oleh browser atau client mengawali proses eksekusi PHP. Alamat situs (dalam format URL, Uniform Resource Locator) menujukkan lokasi web server. Dari situ browser bisa meminta ke web server tujuan identifikasi halaman situs web dan elemen lain yang dibutuhkan.

PHP x HTML

Kode PHP bisa disatukan dengan kode HTML. Kode ini juga bisa dikombinasikan dengan berbagai sistem template web, CMS atau web frameworks. Kode PHP nantinya akan dijalankan oleh PHP interpreter dalam bentuk modul dalam server web. Bahasa PHP berkembang tanpa format standar hingga tahun 2014. Sejak itu muncul spesifikasi standar yang dikembangkan bersama.

Fitur Khas PHP

PHP menjadi bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan didunia karena open source (gratis) dan sangat sederhana. Fitur-fitur PHP diantaranya adalah:

  • Open Source - Open source berarti tidak perlu membayar untuk penggunaannya. Kita dapat bebas menggunakannya secara gratis.
  • Sederhana - PHP sederhana dan mudah digunakan, dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Karena alasan inilah PHP banyak digunakan di seluruh dunia.
  • Interpreted - PHP adalah bahasa yang bersifat interpreted, sehingga tidak membutuhkan proses compile.
  • Cepat - PHP lebih cepat dari bahasa pemrograman lainnya, misal ASP.
  • Platform Independent - PHP dapat berjalan di semua platform seperti Linux, Unix, Mac OS X, dan Windows.

Belajar PHP Dasar

Skrip PHP ditunjukkan oleh barisan kode yang diapit tanda khusus dalam struktur PHP, yaitu <?___ ?> atau <?php ___ ?>. Dari aturan penulisan pembuka PHP diatas yang sering digunakan para programmer ialah pada nomer 1.

Contoh penggunaan PHP :

PHP echo hello

PHP juga punya sistem tanda di dalam struktur script-nya, yaitu:

  • // atau #, yang digunakan untuk mengawali uraian komentar dalam 1 baris saja.
  • /* ___  */ (dengan uraian berada di area bergaris bawah), yang mengapit uraian komentar yang panjangnya bisa lebih dari 1 baris.

Contoh penggunaan komentar pada bahasa pemrograman PHP adalah

Komentar dalam PHP

Script PHP juga sama dengan bahasa pemrograman lain. Tata bahasa PHP mengenal variabel, fungsi, array, operator, atau kalimat bersyarat (if). Yang spesifik pada PHP adalah ia bahasa pemrograman server-based. Sistem ini membuat PHP sanggup melakukan koneksi database, membaca sistem dan server client, hingga enkripsi.

Operator dalam PHP

Operator digunakan untuk melakukan operasi pada variabel dan nilai, Ada beberapa operator dalam pemrograman PHP untuk menyelesaikan suatu permasalahan, antara lain:

Jenis OperatorOperatorContohKeterangan
Aritmatika+$a + $bPertambahan
-$a - $bPengurangan
*$a * $bPerkalian
/$a / $bPembagian
%$a % $bModulus, sisa pembagian
Jenis OperatorOperatorContohKeterangan
Bitwise&$a & $bBitwise AND
|$a | $bBitwise OR
^$a ^ $bBitwise XOR
~!$aBitwise NOT
<<$a << $bShift Left
>>$a >> $bShift Right
Jenis OperatorOperatorContohKeterangan
Perbandingan==$a == $bSama dengan
===$a === $bIdentic
!=$a != $bTidak sama dengan
<>$a <> $bTidak sama dengan
!==$a !== $bTidak identic
<$a < $bKurang dari
>$a > $bLebih dari
<=$a <= $bKurang dari sama dengan
>=$a >= $bLebih dari sama dengan
Jenis OperatorOperatorContohKeterangan
LogikaAND$a AND $bTRUE jika $a dan $b TRUE
&&$a && $bTRUE jika $a dan $b TRUE
OR$a OR $bTRUE jika $a atau $b TRUE
||$a || $bTRUE jika $a dan / atau $b TRUE
XOR$a || $bTRUE jika $a atau $b TRUE, tapi tidak keduanya
!!$aTRUE jika $a FALSE

Kelebihan Bahasa Pemrograman PHP

PHP punya sejumlah elemen unggulan dibanding bahasa pemrograman lain. Hal ini pun diakui programmer secara global. Salah satu keunggulannya adalah pengguna tak perlu melakukan proses kompilasi script PHP.

Keunggulan lainnya adalah:

1. Basis komunitas lebih luas

PHP usergroupProgrammer berpengalaman tentu tahu seberapa populer PHP ini. Sebut saja Facebook, Yahoo, Wikipedia, WordPress dan lain sebagainya.

Itu merupakan website besar ber-framework dasar PHP. Otomatis, terdapat banyak pengembang web yang membentuk jaring-jaring komunitas PHP, baik di tingkat lokal maupun internasional.

2. Pengembangan software pesat

Relevansi suatu aplikasi bergantung pada kemampuannya menyesuaikan kebutuhan programming. PHP dalam hal ini jawara. Banyak tools disediakan secara open source. Hal ini menarik para programmer untuk mengutak-atik fitur PHP, mempercepat proses update secara holistik.

3. Banyak materi belajar PHP

Pada dasarnya, bahasa PHP punya level kesulitan entry level. Bisa dipelajari oleh pengguna pemula. Namun, internet banyak memuat sumber tutorial bagi Anda yang mau mempelajari PHP lebih lanjut. Untuk website ada situs W3Schools. Ada juga banyak e-book dari tempat-tempat kursus online.

4. Upgrade versi PHP tidak ribet

Memasang update versi terbaru PHP tidaklah sulit. PHP memiliki sifat interpreter. Artinya, aplikasi web berbasis PHP akan dengan mudah di-update tanpa perlu kompilasi source code. Dan versi terbaru PHP diakomodir oleh berbagai aplikasi server. PHP kompatibel dengan Apache, Nginx dan IIS.

Currently supoorted versions of PHP

5. Ringkas

Programmer yang pernah memegang bahasa ASP atau Java tentu tahu arti keunggulan ini. PHP utamanya tidak menuntun kompilasi source code. Instalasi mudah. Anda tidak diminta konfigurasi server secara kompleks. Bahasa PHP sendiri bisa dimasukkan ke dalam dokumen HTML, yang mana adalah bukti efisiensi pemrograman ini.

Cara Cepat Belajar PHP

Jika anda baru pertama kali belajar PHP, cara paling cepat mempelajarinya adalah dengan mengunjungi situs w3schools.com. Disana sangat lengkap sekali panduan cara penggunaan bahasa PHP. Anda tinggal mencari pembahasan materi PHP apa yang diperlukan dan melihat panduannya. Mulai dari materi basic hingga advance semua tersedia. Selain itu penggunaan website ini gratis dan dapat di explore sepuasnya.

Mengenal Pengertian PHP dan Belajar PHP Dasar

Yang menarik dari w3school adalah, di sana disediakan tempat khusus untuk menguji baris program dan langsung dapat dilihat hasilnya. Tulis baris program anda di kolom sebelah kiri dan hasilnya langsung terlihat seketika dikolom sebelah kanan.

Ringkasan: Pengertian PHP

PHP adalah bahasa pemrograman website dari sisi server (server-side). Pengembang web lewat PHP bisa memasukkan skrip PHP ke dalam HTML website, atau mengombinasikannya dengan berbagai sistem template website. Tatanan bahasa PHP akan dijalankan oleh PHP interpreter berupa modul. Bahasa ini kini salah satu bahasa pemrograman terpopuler di dunia. PHP bersifat gratis dan open source.

Dari semua itu, yang terpenting agar cepat menguasai bahasa pemrograman adalah dengan cara praktek. Tanpa praktek langsung dan latihan, mustahil anda dapat mengerti dan menguasai bahasa pemrograman. Apapun bahasa pemrogramannya, tidak terbatas hanya pada PHP. Semua membutuhkan proses belajar untuk menguasainya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel terkait lainnya mengenai HTML: Mengenal Pengertian HTML dan Belajar HTML dasar.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Leave a Comment

Get new blog posts by email: