PHP adalah: Belajar PHP Dasar, Konsep, Fitur dan Kelebihannya

Awal mulanya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Namun, saat ini PHP merubah singkatannya menjadi Hypertext Preprocessor, sebuah kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri. Dalam jangka beberapa tahun perkembangannya, banyak orang tertarik dan belajar PHP. PHP mulai menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang dinamis dan powerful. Tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga utntuk pembuatan website-website populer yang digunakan oleh jutaan orang.

Pada dasarnya PHP bukan lah CMS ( Content Management System) yang ketentuannya sudah ada pada aturan PHP. PHP itu Bahasa dasar dari aplikasi CMS ( Content Management System ) yang digunakan untuk mempermudah dalam hal pembuatan web. Semakin majunya jaman pengguna PHP dan semakin kompleks nya permasalahan pemrograman web, maka dari itu diambil lah jalan keluar untuk dibentuknya sebuah framework atau alat bantu kerja yang tujuannya untuk mempermudah pekerjaan. Framework adalah sekumpulan class dan library yang terpadu sehingga memudahkan untuk menyelesaikan permasalahan pemrograman secara menyeluruh dan berefek pada waktu pembuatan website itu sendiri.

Mengenal Pengertian PHP dan Belajar PHP Dasar

Pengertian PHP

PHP adalah Bahasa pemrograman script server side yang didesain untuk mengembangkan sebuah web dengan cara menyisipkan script ke dalam file HTML. PHP disebut Bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbanding terbalik dengan bahasa pemrograman client side yang hanya diproses pada web browser. Dikarenakan PHP ini bersifat server side jika ada pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melihat code di browser, maka browser tidak dapat menampilkan hasil code tersebut. Oleh karena itu, setiap bahasa pemrograman yang memiliki sifat server side code hanya akan berjalan di server bukan untuk ditampilkan di browser atau lebih tepatnya pada inspect element pada menu.

PHP dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf dan saat ini dikelola oleh The PHP Group. PHP dapat digunakan secara gratis (free) dan bersifat open source. Di dunia programming Bahasa pemrograman PHP masih sangat popular dengan banyaknya pengguna yang memakai Bahasa ini dikarenakan masih mudahnya untuk mencari informasi tentang source code nya.

Kelebihan Bahasa Pemrograman PHP

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya PHP memiliki kelebihan tersendiri. Hal itu terbukti dari adanya standar yang menjadikan PHP menjadi dasar bagi para programmer web diseluruh dunia. Dimana dalam penggunaannya bahasa pemrograman berbasis server side ini memiliki mayoritas yang dipegang oleh seluruh dunia untuk membandingkan antara bahasa pemrograman PHP dengan bahasa pemrograman lainnya.

Dengan kelebihan yang dimiliki PHP,  dalam menjalankan script PHP sudah tidak perlu melakukan proses kompilasi dan juga ada beberapa kelebihan lainnya, antara lain:

Pastinya lebih mudah dalam mencari komunitas

Setiap programmer yang sudah lama menduduki dunia programming harusnya sudah tidak asing lagi mendengar kata PHP. Banyak sekali website yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi sebagai contoh facebook, yahoo, Wikipedia, wordpress dan lain sebagainya. Sudah banyak sekali kuliah di bidang IT yang menggunakan PHP sebagai bahan ajar sebagai Bahasa awal untuk develop website.

Pengembangan yang cukup cepat

Dalam pembuatan aplikasi menggunakan PHP jauh lebih cepat dari pada mengembangkan dengan bahasa pemrograman lain. Banyak sekali tools yang tersedia secara open source untuk bahasa pemrograman PHP, dikarenakan hal ini dapat mempercepat suatu proses dari awal sampai akhir dari sebuah projek pembuatan aplikasi web.

Belahar PHP Mudah

Bahasa pemrograman PHP mudah diinstall dan dikonfigurasi. bahasa pemrograman yang memiliki level tingkat entry level yang mudah dipelajari oleh seseorang yang baru memulai pengembangan sebuah web. Bagi yang ingin memulai di dunia programming banyak sekali tutorial yang di dapat secara online seperti w3schools atau seperti ebook dan bisa juga di lembaga bimbingan kursus pengembangan website.

Maintenance yang mudah

Programmer dapat dengan mudah melakukan update software PHP dengan mudah jika memang diperlukan. Karena sifat PHP merupakan interpreter. Aplikasi web yang dibuat dengan menggunakan PHP akan dengan mudah di upgrade ke versi PHP tanpa harus melakukan kompilasi source code. Berbeda sekali dengan beberapa bahasa pemrograman lainnya jika ingin melakukan upgrade ke versi terbaru maka membutuhkan kompilasi ulang. PHP juga dapat berjalan pada berbagai macam web server seperti apache, nginx dan IIS.

Ringkas

Bagi Programmer web yang pernah mencoba bahasa ASP maupun java pasti mengetahui betul satu kelebihan ini. Mulai dari proses install yang tidak perlu setting berlebihan, konfigurasi dengan database yang mudah. hingga proses pengembangan yang tidak memerlukan waktu kompilasi. membuat PHP terasa sangat ringkas dan praktis berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang membutuhkan proses kompilasi untuk dapat melihat website yang telah diselesaikan pembuatan kodenya. Bahkan, bahasa pemrograman php dapat digunakan didalam dokumen html, hmm ringkas bukan.

Konsep Dasar Pemrograman PHP

PHP diawali dengan permintaan suatu halaman web (file.php) oleh browser atau client. Kemudian berdasarkan alamat di Internet (URL), browser mendapatkan alamat dari web server, yang akan mengidentifikasi halaman yang diminta, dan menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh web server. PHP diawali dengan permintaan suatu halaman web (file.php) oleh browser atau klien.

Mengenal Pengertian PHP dan Belajar PHP Dasar

Kemudian berdasarkan alamat di Internet (URL), browser mendapatkan alamat dari web server, yang akan mengidentifikasi halaman yang diminta, dan menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh web server. PHP diawali dengan permintaan suatu halaman web (file.php) oleh browser atau klien. Kemudian berdasarkan alamat di Internet (URL), browser mendapatkan alamat dari web server, yang akan mengidentifikasi halaman yang diminta, dan menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh web server.

Mengenal Skrip PHP untuk Belajar PHP Dasar

Suatu skrip akan dikenali sebagai skrip PHP bila diapit oleh salah satu tanda yang berada pada aturan PHP, yaitu

  1. <?php …. ?>
  2. <? …. ?>

Dari aturan penulisan pembuka PHP diatas yang sering digunakan para programmer ialah pada nomer 1.

Contoh penggunaan PHP :

<?php

echo(“Hello World”);

?>

Biasanya pada penulisan skrip PHP yang baik dengan menggunakan komentar. Komputer merupakan sebuah penjelasan penjelasan yang menerangkan tentang maksud dari suatu skrip agar skrip tersebut dapat mudah dipahami dan juga dapat berguna bagi programmer.

PHP sendiri menyediakan beberapa tanda dalam penulisan sebuah komentar, yaitu:

  1. // = komentar ini menggunakan 2 garis miring yang artinya membuat komentar hanya dalam 1 baris.
  2. /* …. */ = komentar dengan gaya seperti ini dapat memberikan keterangan atau komentar yang panjang atau dapat membuat lebih dari satu baris.
  3. # = ada juga komentar yang memiliki fungsi yang sama dengan nomer 1.

Contoh penggunaan komentar pada bahasa pemrograman PHP adalah

<?php

// perintah echo berfungsi untuk menampilkan sesuatu dilayar

echo(“Hallo Semua, Aku ada bersamamu”);

#Tag <br> merupakan bagian tag dari HTML yang berfungsi untuk berpindah baris.

echo(“<br>”);

echo(“Sekarang itu Tanggal = ”);

/*

fungsi date berfungsi untuk menampilkan hasil informasi berupa tanggal (d = date), bulan(M = Month) dan tahun(Y = Year)

*/

echo date(“d M Y”);

?>

Dan seperti hal lainnya bahasa pemrograman PHP juga mengenal dengan variable, kalimat bersyarat, perulangan, operator, array dan fungsi. Karena disamping itu, bahasa pemrograman PHP merupakan skrip yang berjalan di server maka kemampuan untuk mengolah dan memproses di server seperti melakukan koneksi ke database, membaca sistem di server dan client, cookies, penanganan form, enkripsi, penanganan file dan lainnya. Untuk memperdalam bahasa pemrograman PHP lebih baik untuk membeli atau mencari referensi di internet.

Operator dalam PHP

Operator digunakan untuk melakukan operasi pada variabel dan nilai, Ada beberapa operator dalam pemrograman PHP untuk menyelesaikan suatu permasalahan, antara lain:

Jenis OperatorOperatorContohKeterangan
Aritmatika+$a + $bPertambahan
$a – $bPengurangan
*$a * $bPerkalian
/$a / $bPembagian
%$a % $bModulus, sisa pembagian
Jenis OperatorOperatorContohKeterangan
Bitwise&$a & $bBitwise AND
|$a | $bBitwise OR
^$a ^ $bBitwise XOR
~!$aBitwise NOT
<<$a << $bShift Left
>>$a >> $bShift Right
Jenis OperatorOperatorContohKeterangan
Perbandingan==$a == $bSama dengan
===$a === $bIdentic
!=$a != $bTidak sama dengan
<>$a <> $bTidak sama dengan
!==$a !== $bTidak identic
<$a < $bKurang dari
>$a > $bLebih dari
<=$a <= $bKurang dari sama dengan
>=$a >= $bLebih dari sama dengan
Jenis OperatorOperatorContohKeterangan
LogikaAND$a AND $bTRUE jika $a dan $b TRUE
&&$a && $bTRUE jika $a dan $b TRUE
OR$a OR $bTRUE jika $a atau $b TRUE
||$a || $bTRUE jika $a dan / atau $b TRUE
XOR$a || $bTRUE jika $a atau $b TRUE, tapi tidak keduanya
!!$aTRUE jika $a FALSE

 

Fitur PHP

PHP menjadi bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan didunia karena open source (gratis) dan sangat sederhana. Fitur-fitur PHP diantaranya adalah:

Open Source

Open source berarti tidak perlu membayar untuk penggunaannya. Kita dapat bebas menggunakannya secara gratis.

Sederhana

PHP sederhana dan mudah digunakan, dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Karena alasan inilah PHP banyak digunakan di seluruh dunia.

Interpreted

PHP adalah bahasa yang bersifat interpreted, sehingga tidak membutuhkan proses compile.

Cepat

PHP lebih cepat dari bahasa pemrograman lainnya, misal ASP.

Platform Independent

PHP dapat berjalan di semua platform seperti Linux, Unix, Mac OS X, dan Windows.

Cara Cepat Belajar PHP

Jika anda baru pertama kali belajar PHP, cara paling cepat mempelajarinya adalah dengan mengunjungi situs w3schools.com. Disana sangat lengkap sekali panduan cara penggunaan bahasa PHP. Anda tinggal mencari pembahasan materi PHP apa yang diperlukan dan melihat panduannya. Mulai dari materi basic hingga advance semua tersedia. Selain itu penggunaan website ini gratis dan dapat di explore sepuasnya.

Mengenal Pengertian PHP dan Belajar PHP Dasar

Yang menarik dari w3school adalah, disana disediakan tempat khusus untuk menguji baris program dan langsung dapat dilihat hasilnya. Tulis baris program anda di kolom sebelah kiri dan hasilnya langsung terlihat seketika dikolom sebelah kanan.

Mengenal Pengertian PHP dan Belajar PHP Dasar

Dari semua itu, yang terpenting agar cepat menguasai bahasa pemrograman adalah dengan cara praktek. Tanpa praktek langsung dan latihan, mustahil anda dapat mengerti dan menguasai bahasa pemrograman. Apapun bahasa pemrogramannya, tidak terbatas hanya pada PHP. Semua membutuhkan proses belajar untuk menguasainya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel terkait lainnya mengenai HTML: Mengenal Pengertian HTML dan Belajar HTML dasar.

Bergabung dengan tim webhostingterbaik semenjak website ini mulai dirilis. Selalu antusias mencari berbagai informasi dan membagikan informasi yang diketahuinya kepada semua orang melalui tulisannya secara lengkap.

Dapatkan posting terbaru :