Web Server Adalah Dapur Situs Web Anda: Pelajari Lebih Lanjut

Web server adalah kombinasi perangkat lunak berbasis protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan sebuah komputer terdedikasi. Relasi client-server menjadi model kerja web-server. Komputer client mengirim request akses ke situs web, lalu server web menjawab lewat penyajian konten (gambar hingga hypertext link) sesuai format tampilan yang diatur dalam style sheet (CSS).

Menurut data W3Tech per Juli 2018, server Apache adalah aplikasi server paling populer (45,9% market share). Apache diikuti oleh nginx (39%) dan Internet Information System (9,5%).

pengertian web server adalah

Apa itu Web Server?

Web server adalah program berbasis HTTP (Hypertext Transfer Protocol), dijalankan oleh perangkat komputer khusus, yang menayangkan file yang membentuk suatu halaman situs web yang aksesnya di-request oleh pengguna via komputernya, diistilahkan ‘client’. Proses ini disebut model client-server.

Server web menyimpan dan memproses seluruh data dari suatu situs web. Data tersebut (konten teks, gambar, style sheet/CSS dan kode program) disimpan dalam sebuah dokumen bernama HTML

Pengertian HTTP: Protokol yang mengatur Internet

Barangkali Anda tidak asing dengan istilah ‘http’. Istilah akronim ini muncul dengan huruf kecil di address bar Anda.

Sebagai contoh, https://www.webhostingterbaik.id.

Seperti namanya, Hypertext Transfer Protocol, HTTP adalah sebuah tata aturan (protokol) pengelolaan informasi di suatu website. Dia mengatur gambar apa yang ditampilkan, teks mana yang muncul, lebar dan tinggi huruf, jenis huruf, letak sebuah teks, dan lain sebagainya.

Server web mengimplementasikan HTTP dan sejumlah protokol lain. Misalnya, SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan FTP (File Transfer Protocol). Kedua protokol tersebut menjalankan fungsi pengiriman email dan sistem transfer serta pengiriman file.

Bagaimana Server Web Ditemukan?

Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan Inggris, bekerja di Pusat Studi Nuklir Eropa (atau European Center for Nuclear Research, disingkat CERN). Di situ muncul perlunya sistem informasi bagi para ilmuwan di sejumlah universitas.

Proyek sistem informasi ini menjadi embrio World Wide Web (WWW), atau lebih populer dengan sebutan Internet.

Tim Berners-Lee dan WorldWideWebBerbarengan dengan itu, Berners-Lee menciptakan website pertamanya, World Wide Web. Situs ini berisi penjelasan cara operasi sistem internet ini bagi pihak yang terlibat. Misalnya, bagaimana mengakses dokumen ilmuwan lain dan bagaimana membangun server Anda sendiri.

Dokumen dan seluruh teks protokol internet perlu disimpan di satu komputer. Maka, Berners-Lee menggunakan komputer NeXT-nya sebagai server.

Yup, bila Anda belum tahu, Anda bisa menggunakan komputer Anda sebagai web server. Namun, ini terbilang kurang efisien. Saya akan sedikit membahas hal ini nanti.

Cara Kerja Server: Skema dan Struktur

Bila cara kerja web server adalah hal baru bagi Anda, mari melihatnya sebagai berikut.

Skema cara kerja web serverSecara mendasar, aplikasi server akan mengambil konten/file dari database, mem-format-nya, lalu menaruh informasi tersebut ke dalam suatu template HTML, yaitu dokumen teks berisi pemrograman tampilan suatu situs.

Setelah itu, aplikasi server mengirimkan hasil olahan datanya untuk ditampilkan kepada pengguna.

Sebutlah, Anda ingin membaca review web hosting terbaik di Indonesia. Maka, Anda mengunjungi website Web Hosting Terbaik. Anda mengetik alamat website, atau URL situs tersebut (www.webhostingterbaik.id) di address bar Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Sistem komunikasi dengan server dimulai di sini.

Chrome (atau apapun web browser Anda) akan membuat request pemuatan situs Web Hosting Terbaik. Ke mana situs itu disampaikan? Nah, permintaan ini dialamatkan ke server dari situs tersebut. Berikutnya, aplikasi server akan memproses file yang diminta dan mengorkestrasi penampilan informasi sesuai bentuk situs web tersebut dalam file CSS, atau style sheet.

HTML dan CSS dalam cara kerja web server

Server web, seperti diterangkan di atas, adalah mesin yang pasif. Ia tidak beroperasi atas kemauan sendiri. Aplikasi server diprogram hanya untuk merespon permintaan, atau ‘request’

Bila tidak ada request, server web akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Ia siap diakses kapan saja, 24 jam penuh.

Jenis Server Web: Statis atau Dinamis?

Server web terdiri dari 2 tipe.

  • Server statis. Server tersebut, diistilahkan sebagai ‘stack’, terdiri dari perangkat keras komputer dengan server HTTP. Jenis ini disebut ‘statis’ karena hanya menampilkan data yang selama ini telah disimpan, atau secara ‘apa adanya’.
  • Server dinamis. Web server adalah dinamis saat ia ditambahi software khusus. Misalnya, aplikasi server atau database MySQL. Aplikasi server dinamis lebih dulu memperbarui atau mengolah informasi yang ada, sebelum ditampilkan dalam halaman situs web tertentu.

Pernah melakukan pencarian di laman Google?

Mesin pencarian Google adalah contoh software web pengolahan data yang berbasis aplikasi server dinamis. Buktinya, Google bisa menghasilkan hasil penelusuran yang berbeda-beda sesuai kata kunci. Hal ini tidak mungkin dilakukan website dengan server statis, di mana Anda hanya akan menemukan konten yang sama sepanjang waktu.

Beberapa Aplikasi Server Web Modern

Aplikasi server saat ini jauh lebih maju dari jaman Berners-Lee.

Saat ini ada aplikasi server komersil (seperti Apache, IIS, nginx). Ada pula aplikasi yang khusus dibuat untuk suatu website. Misalnya, situs pengembangan perangkat lunak Mozilla (MDN) memakai aplikasi server Kuma yang dibuat khusus oleh perusahaan tersebut.

Usage of web serverAplikasi server mana yang paling populer?

Data terakhir, dari W3Techs Usage of Web Servers for Websites, per Juli 2018 Apache menjadi server yang paling banyak dipakai (45% market share). Software nginx (dibaca engine-X) membuntuti (40,2%), diikuti Internet Information Service dari Microsoft (9,2%).

Server Web: Harus Aman dan Stabil

Web server adalah ruang simpan seluruh data, dokumen, dan style sheet suatu website. Inilah nyawa sebuah situs web. Saking pentingnya, dia harus merespon tiap kali dimintai data. Dalam dunia jaringan internet, ini berarti harus aktif 24 jam penuh.

404 Not Found error pageRespon yang nihil akibat server overload menghasilkan sejumlah ekses.

Paling lumrah adalah munculnya tulisan ‘404 Not Found’. Kode 404 berarti tidak ada jawaban dari server terkait. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa server mati, downtime, akibat teknis server atau karena mati listrik.

Seperti dilakukan Berners-Lee, ia bisa memakai komputer NeXT pribadinya sebagai server website.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Komputer tersebut perlu:

  • selalu menyala dan bekerja dengan responsif;
  • selalu terhubung ke Internet;
  • memiliki IP address, atau alamat resmi server, yang konsisten (dedicated). Sebagai catatan: ada beberapa penyedia layanan internet rumah yang tidak menyediakan IP address paten.

Server security checklistArtinya, server web yang baik haruslah stabil.

Ini pun harus diikuti prasyarat kedua: server harus aman, atau memiliki parameter keamanan (security) yang kuat.

Di era maraknya cyber crime, Anda perlu menyadari betapa berharganya informasi. Apapun itu, mulai dari kata sandi, nomor rekening, hingga data lainnya yang tersimpan dalam server web Anda.

Nah, di sinilah pentingnya sertifikasi keamanan yang disebut SSL (Secure Sockets Layer) guna menanggulangi ancaman peretasan dan penyalahgunaan data pribadi Anda.

Web Hosting adalah layanan server profesional.

Tingkat maintenance web server adalah cukup kompleks dan konstan. Pemula bahkan pengelola situs web tidak ingin ambil pusing dengan naik-turunnya daya listrik, atau minimnya waktu untuk monitoring selama 24 jam.

Maka, tidak sedikit yang melirik layanan web hosting.

Dalam layanan web hosting, para profesional IT menyediakan ruang dalam server mereka, sekaligus membantu Anda memonitor lancarnya server Anda.

Relasi Anda dengan web hosting provider adalah relasi bisnis. Anda adalah pengembang situs web. Hosting provider adalah mitra pihak ketiga yang menjalankan maintenance sistem situs web Anda. Anda dan web hosting provider bekerja secara independen.

Web Hosting Terbaik di Indonesia

Pilihan harga layanan dan fasilitas web hosting saat ini cukup variatif.

Tren kompetisi layanan web server adalah juga hal menarik, tak terkecuali di Indonesia. Sampai-sampai, karena saking banyaknya pilihan Anda bisa saja pusing melihat daftar tersebut. Web Hosting Terbaik sendiri telah melakukan review atas layanan hosting murah dan web hosting terbaik di Indonesia, yang bisa Anda jadikan acuan.

Pemilihan server website biasanya mempertimbangkan

  • seberapa baik server bekerja denagan suatu sistem operasi juga dengan server lainnya;
  • kemampuannya menangani pemrograman server;
  • parameter keamanan;
  • paket publishing, SEO dan perkakas situs web yang disertakan di dalamnya.

Web Server adalah Dapur Website Anda

Di tahun 2018, dunia server web makin gencar berevolusi. Dari satu komputer NeXT di pusat riset, perangkat server website menjadi lebih kompleks, juga lebih efektif. Anda juga bisa melihat bahwa web server adalah ‘dapur’ di era digital, yaitu ketika Internet, via mesin  server, mampu mengolah data menjadi informasi.

Proses dalam server web sendiri memakai model client/server. Semua komputer hosting situs web harus memiliki program server. Beberapa server web terdepan di antaranya Apache (paling banyak diinstal), Internet Information Server (IIS) milik Microsoft dan nginx (dibaca ‘engine X’) dari NGNIX.

Kaitannya dengan minat Anda untuk mengembangkan situs web Anda sendiri, web server adalah satu hal yang perlu Anda bangun dengan baik. Anda tidak perlu benar-benar memahami pengertian server web secara bahasa pemrograman, karena Anda bisa mempercayakan hal itu pada para profesional di bidang IT. Yang perlu Anda pastikan adalah kebutuhan situs web Anda dan menyesuaikannya dengan pilihan yang telah tersedia.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Dapatkan posting terbaru :