Pengertian Shopify adalah dan Cara membuat toko online dengan Shopify

Apa itu Shopify? Shopify adalah salah satu penyedia layanan e-commerce yang terkenal untuk membuat toko online secara instan. Lebih dari satu dekade Shopify menjual peralatan snowboard kepada pelanggan. Dibutuhkan waktu dalam menjual produk melalui internet, serta memiliki pengetahuan teknis atau mendalam untuk membuat situs yang tidak hanya menguntungkan sesama dan juga menjadi intuitif bagi pengunjung. Shopify datang untuk mengubah aturan main dalam pembuatan layanan e-commerce. Shopify adalah Perusahaan Kanada ini, menawarkan layanan e-commerce untuk pengguna biasa, tanpa memerlukan pengetahuan teknis tentang web dan pemrograman. Ini cukup membanggakan karena memiliki lebih dari 600 ribu toko elektronik dengan omset 55 miliar , hanya dalam kurun 12 tahun beroperasi. Luar biasa, bukan? bagaimana cara mulai untuk membuat e-commerce di Shopify Indonesia? Dalam artikel ini saya akan menunjukkan langkah demi langkah dalam pembuatan akun layanan toko elektronik dan e-commerce terkenal ini.

Pengertian Shopify adalah dan Cara membuat toko online dengan Shopify

Shopify adalah? – Paket dan Harga Shopify

Apa itu Shopify? Shopify adalah platform solusi e-commerce. Tergantung pada paket yang dipilih, Anda dapat memiliki situs web dengan gaya toko virtual, fungsi yang terintegrasi dengan e-commerce ke situs web Anda, integrasi dengan Facebook, atau tempat penjualan lainnya yang semua ini akan ditawarkan oleh Shopify.

Pertama-tama, apa itu Shopify? Shopify adalah tidak gratis. Shopify adalah platform yang sangat lengkap, tetapi kelengkapan datang dengan harga. Paketnya tidak terlalu bervariasi tetapi cukup memiliki alternatif yang menarik.

Pengertian Shopify adalah dan Cara membuat toko online dengan Shopify

Meskipun halaman website diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, namun Shopify adalah bagian harga masih tertulis dalam dolar bukannya muncul dalam rupiah. Jika dilihat cukup menarik melihat alternatif yang terdapat pada tiga paket dibawah ini:

  • Basic Shopify : Idealnya untuk memulai, meskipun memiliki biaya rendah per bulan, yaitu biaya per transaksi adalah 2%.
  • Shopify : Biaya yang lebih tinggi, yaitu biaya per transaksi menurun hingga 1% dan beberapa fitur tambahan yang ditambahkan.
  • Lanjutan Shopify : Bagi mereka yang memiliki toko yang jauh lebih besar. Ini adalah biaya pribadi untuk sebagian besar pengguna. Mengaktifkan semua fitur yang mungkin dari Shopify dan mengurangi biaya per transaksi menjadi 0,5%.

Persis bagaimana Anda telah membacanya, selain “menyewa” toko elektronik, Anda harus membayar Shopify untuk setiap transaksi yang berhasil Anda miliki.

Selain ketiga rencana utama ini, ada dua rencana khusus Shopify adalah:

  • Shopifyplus : Ini adalah solusi yang tersedia bagi mereka yang memiliki toko dengan volume penjualan besar di mana sumber daya tambahan diperlukan yang tidak mencakup tiga rencana yang dijelaskan di atas. Untuk menyiapkan rencana ini, perlu menghubungi perwakilan Shopify.
  • Shopify Lite : Hanya $ 9 sebulan, Shopify memberikan lebih banyak alternatif “ringan” yang dapat digunakan untuk berjualan di Facebook, di situs web yang sudah Anda miliki.

Tabel berikut menunjukkan detail fitur yang disertakan dengan setiap paket:

FungsiBasic ShopifyShopifyAdvanced Shopify
Akun untuk staf2515
Jumlah produkTidak terbatasTidak terbatasTidak terbatas
Penyimpanan fileTidak terbatasTidak terbatasTidak terbatas
Paket ritel$ 49$ 49$ 49
Dukungan 24/7YaYaYa
Biaya per transaksi2,00%1,00%0,50%
Analisis penipuanTidakYaYa
Pembuatan pesanan secara manualYaYaYa
Kode diskonYaYaYa
Situs web dan blogYaYaYa
Sertifikat SSL gratisYaYaYa
Kartu hadiahTidakYaYa
Laporan profesionalTidakYaYa
Pemulihan gerobak yang ditinggalkanTidakYaYa
Generator laporan lanjutanTidakTidakYa
Harga pengiriman dihitung oleh pemasok eksternalTidakTidakYa

Shopify Indonesia – Langkah Pertama

Ketika memulai hal pertama yang akan kita lihat dari Shopify adalah permintaan email pengguna untuk memulai proses pembuatan akun:

Saya menyarankan agar Anda memulai dengan menguji periode uji coba gratis 14 hari dengan Shopify, Shopify adalah yang akan memungkinkan Anda memiliki gambaran yang cukup luas untuk mengetahui apakah layanan ini benar-benar mencakup kebutuhan anda.

Setelah beberapa pesan tunggu, kita akan melihat tanda pemberitahuan toko yang dibuat.

Shopify adalah menceritakan tentang diri pengguna untuk melengkapi pembuatan layanan trial ini:

Pada akhirnya pengguna akan dimintai informasi penagihan (dari penagihan pengguna):

Seteleh melengkapi bagian biodata pengguna kini snda dibawa pada halaman dashboard utama pada layanan yang anda gunakan:

Persis apa yang anda lihat. Semuanya dalam bahasa Inggris, jadi apa itu Shopify? Shopify adalah untuk mengelola lingkungan administratif Shopify anda. Shopify adalah pengelolaan tidak memiliki dukungan untuk bahasa lain di bagian administrasi. Menariknya karena sistem ini dari toko online sedang dipromosikan akhir-akhir ini.

Dalam administrasi, di Beranda kami akan memiliki 3 opsi Shopify adalah:

  • Tambahkan produk untuk mulai dijual:Tambahkan produk untuk mulai dijual.
  • Sesuaikan toko online Anda agar cocok dengan merek Anda: Sesuaikan toko online Andaagar identik dengan merek Anda.
  • Tambahkan domain Anda sendiri untuk memperkuat merek Anda:Tambahkan domain Anda sendiri untuk memperkuat merek.

Tambahkan produk

Shopify adalah proses menambahkan produk, pengguna harus pergi ke “Tambahkan Produk” dan di sana pengguna akan memiliki formulir yang cukup lengkap untuk menambahkan semua rincian terkait dengan apa yang ingin pengguna jual di Shopify.

Detail pertama adalah membentuk bagian utama dari produk pengguna dan melakukan penjualan yang baik:

  • Judul singkat dan mencolok.
  • Deskripsi sederhana, mencakup semua aspek produk pengguna.
  • Gambar berkualitas tinggi, foto yang bagus dan warna yang bagus.
  • Shopify adalah mengklasifikasi dengan benar jenis produk yang pengguna jual untuk mengatur diri sendiri selain mencoba menentukan penjual (pengguna tidak memiliki struktur besar).
  • Tentukan koleksi di mana pengguna dapat mengelompokkan produk.

Kemudian pengguna memiliki informasi tambahan seperti harga, karakteristik fisik produk, pengiriman dan detail SEO.

Shopify juga memungkinkan pengguna mengelola transfer inventaris, apa itu Shopify? Shopify adalah aliran produk ke berbagai deposito pengguna. Input atau output dan semua jenis aktifitas dapat dicatat di sini, tetapi pengguna tidak akan merincinya.

Untuk produk yang akan dilacak dalam persediaan (apa itu Shopify? yaitu untuk Shopify dapat membuat kontrol stok) harus diaktifkan oleh properti yang diinventarisasi di bawah kategori persediaan produk pelacakan.

Apa itu Shopify? dapat didefinisikan, juga akan ada opsi untuk memeriksa yang akan memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan bahwa sekali dari stok pelanggan dapat terus membeli (semacam “backorder”).

Begitu masuk pengguna dapat menentukan untuk suatu produk tertentu dari pembelian yang diharapkan. Misalnya di sini pengguna berharap bahwa pada hari Minggu mendapat 10 poin, pengguna bahkan dapat memasukkan nomor pelacakan pembelian pengguna untuk memiliki pelacakan yang lebih akurat dengan garis waktu.

Pilihan lain yang memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi Shopify adalah “Koleksi”. Koleksi adalah sekumpulan produk yang memiliki karakteristik serupa. Pengguna dapat mengelompokkan untuk mendapatkan perhatian lebih dari pembeli.

Apa itu Shopify? Shopify adalah yang memungkinkan untuk membuat kartu hadiah atau Kartu Hadiah untuk menarik lebih banyak pembeli ke situs kami, dengan cara yang sangat mirip dengan apa yang dilakukan rantai besar.

Manajemen pembeli

Di Shopify pengguna juga dapat melakukan apa yang disebut CRM atau Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management). Di bagian pelanggan memiliki tiga alternatif untuk menyelesaikan bagian pelanggan dalam Shopify adalah:

  • Muat klien secara manual.
  • Impor beberapa klien dari file yang dipisahkan koma (CSV).
  • Tunggu sampai pelanggan membuat pesanan, karena mereka harus mendaftar dengan informasi pribadi dan pembayaran mereka.

Formulir pengunggahan manual pelanggan adalah formulir sederhana tempat penggun dapat menempatkan semua data pelanggan:

Informasi analitis

Apa itu Shopify pada informasi analitis adalah bagian dari Shopify yang akan memungkinkan kita untuk memvisualisasikan dalam panel kontrol semua informasi yang terkait dengan penjualan yang dilakukan, pesanan yang dibuat, kunjungan ke toko pengguna, referensi, dan lain sebagainya.

Di bawah ini pengguna tampilkan tangkapan layar dengan informasi yang dapat pengguna lihat di forum ini:

Dan masih ada lagi! Tetapi untuk menjadi sedikit lebih pendek saya tidak akan memasukkannya di sini. Pengguna dapat menerbitkan laporan dan mencetaknya, memvisualisasikan semuanya dalam grafik. Sangat menarik dan praktis.

Sesuaikan desain

Di halaman utama atau Home memiliki tombol yang bertuliskan “Customize theme”. Tombol ini akan membawa kita ke bagian di mana pengguna dapat menyesuaikan tampilan toko untuk membuatnya lebih menarik bagi pengunjung.

Di sini pengguna akan memiliki 4 opsi yang diklasifikasikan menjadi 2 bagian:

  1. Tema Saat Ini: Akan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan (Customize) aspek tema saat ini diterapkan di toko pengguna.
  2. Tema lainnya (Tema lainnya): pengguna dapat menambahkan lebih banyak tema ke situs pengguna dari berbagai tempat:
    1. Unggah tema: pengguna dapat mengunggah file .zip yang memiliki tema yang ingin diterapkan.
    2. Tema gratis (tema gratis): akan menyediakan galeri berisi 10 tema gratis agar dapat langsung diterapkan ke toko.
    3. Toko Tema Shopify: Ini memungkinkan untuk mengakses halaman web lain yang berisi galeri dengan tema yang akan memiliki biaya tambahan.

Apa itu Shopify? dalam contoh ini pengguna akan mencari tema gratis yang bagus untuk tokonya, dalam hal ini pengguna akan memilih Simple:

Meskipun setelah mengklik tambah Simple, tema yang tersedia di halaman pengguna, itu belum akan diterapkan. Pengguna harus pergi ke lebih banyak tema, Tindakan, lalu publikasikan untuk menerapkan perubahan:

Akan bertanya kepada pengguna apakah kami benar-benar ingin mempublikasikan subjek, pengguna mengatakan ya dan akan melihat yang berikut:

Halaman pengguna masih sesuatu yang steril, untuk memberikan sedikit lebih banyak kehidupan pengguna klik pada Customize dan dapat mengedit semua aspek visual dari topik ini, termasuk bagian, tipografi, warna, dan lain sebagainya.

Setelah edit yang baik dan singkat, contoh halaman seperti ini:

Menarik! Tidak Tampaknya itu sangat indah. Beritahu jika pengguna tidak ingin membuat toko untuk begitu mudah.

Sebelum menyelesaikan, pengguna akan melihat beberapa aspek untuk memperhitungkan toko.

Tambahkan domain

Seperti di webhostingterbaik.id penting untuk memiliki .com atau domain .id untuk website yang menawarkan yang lebih besar untuk pengunjung yang dicetak pada website.

Di Beranda memiliki tombol yang bertuliskan “Tambahkan domain”. Di sana juga dapat membuat konfigurasi pendaftaran domain ke toko di Shopify (atau membeli yang baru).

Pengaturan Shopify lainnya

Preferensi

Preferensi akan pada Shopify adalah untuk menentukan fitur-fitur tertentu dari situs web toko virtual. Seperti judul atau gol. Ini terkait erat dengan posisi SEO dan juga dapat mengkonfigurasi Google Analytics.

Konfigurasi

Setelah itu membuat deskripsi singkat tentang konfigurasi yang tersedia di Shopify Indonesia:

  • Umum: Opsi umum harus dilakukan dengan data utama toko. Nama, alamat, informasi kontak, dan standar dan format yang digunakan (seperti jenis sistem pengukuran, jenis tanggal dan lokasi, dan lain sebagainya).
  • Pajak: Di bagian ini untuk mengatur pajak yang diterapkan pada produk di seluruh toko. Jika mereka sudah termasuk atau jika membedakan sebelumnya.
  • Akun: Di sini dapat mengonfigurasi akses ke akun, izin, dan pengguna dapat meminta bantuan dari pakar.
  • Penyedia pembayaran: penyedia pembayaran adalah perantara antara uang pengguna dan akun. Jika pengguna ingin menjual secara online, pengguna harus menawarkan banyak cara pembayaran yang pengguna bisa. Berikut ini adalah variasi nyata yang dapat dipilih: Dari PayPal yang paling populer, hingga kartu kredit penting yang pengguna miliki hingga pembayaran dengan BitCoin!.
  • Pemberitahuan: dapat mengonfigurasi notifikasi dari setiap peristiwa yang terjadi di toko. Dari pesanan, pembayaran, dan pengiriman.
  • Penagihan: Di sini dapat melihat faktur Shopify. Dapat melihat detail dari semua tagihan yang dibayar dan tertunda. Ingat bahwa bagian ini terkait dengan pembayaran rencana.
  • Checkout: Di sini dapat menyesuaikan apa yang akan menjadi perilaku penyelesaian proses pembelian, yang disebut Checkout.
  • File: Di sini akan melihat semua file multimedia yang unggah selama penyesuaian toko Shopify.
  • Pengiriman: bagian penting dari perlengkapan penjualan online. Pengguna harus menjelaskan dengan jelas berapa biaya akan sesuai dengan properti masing-masing paket. Pengguna juga dapat menawarkan berbagai jenis pengiriman yang diproses oleh berbagai perusahaan kurir.
  • Saluran penjualan: Saluran penjualan memungkinkan untuk menentukan berbagai cara di mana akan memasarkan produk secara online. Baik melalui toko online, melalui perangkat seluler, jejaring sosial, dan lainnya.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Dapatkan posting terbaru :