Shopify adalah Platform E-Commerce Instan yang Cerdas

Shopify adalah platform pembuatan toko online (e-commerce). CMS e-commerce ini juga memakai implementasi sistem retail point-of-sale (POS). Aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur untuk meringkas alur manajemen toko online skala kecil-menengah. Layanan e-commerce yang cukup khas adalah variasi metode pembayaran, marketing, shipment dan pengelolaan database pelanggan.

Pengertian Shopify adalah dan Cara membuat toko online dengan Shopify

Apa itu Shopify?

Shopify adalah platform solusi e-commerce. Layanan Shopify mencakup pembuatan website dengan fungsi toko online, Buy Button yang terintegrasi ke situs web Anda, Facebook Shop, hingga paket khusus untuk brand yang established (Enterprise).

Shopify mengubah aturan main pembuatan e-commerce.

Shopify didirikan 3 sekawan asal Ontario, Kanada pada tahun 2004. Platform ini bermula dari ketidakpuasan mereka atas platform e-commerce yang ada saat itu. Kebetulan salah satu dari mereka, Tobias Lutke, adalah seorang programmer, yang lantas membuat platform e-commer mereka sendiri, menggunakan framework aplikasi web Ruby on Rails.

Platform Shopify, sesuai laporan mereka pada Agustus 2017, telah dipakai 600.000 merchant/pedagang online. Dalam ukuran volume penjualan kotor, perusahaan ini bernilai US$55 miliar.

Kepopuleran Shopify bukannya tanpa alasan.

Everything you need is Shopify

Misal, Anda bisa memilih desain toko dari 100 pilihan tema gratis yang sudah mobile-friendly. Pemantauan kualitas selling Anda juga teroptimasi berkat fitur dashboard yang komprehensif dan integrasi SEO.

Ada pula fitur ‘embed code’, yaitu pencipta katalog mini berisi produk individu. Katalog ini nantinya bisa Anda tempelkan di website Anda. Khawatir soal cara pembayarannya? Jangan khawatir. Selain bahwa Shopify memiliki fitur Point-of-Sale (POS) yang mengakomodasi banyak metode, di fitur ‘embed code’, misalnya, Anda juga bisa menghadirkan shopping cart.

Jadi, pada dasarnya, Shopify benar-benar memahami kebutuhan pedagang online.

Tipe Layanan Shopify

  • Online Store – Metode penjualan produk secara e-commerce secara lebih mudah, cepat dan ambisius.
  • Shopify POS (Point-of-Sale) – Fitur integrasi kartu kredit (dan berbagai metode pembayarandi pembayaran transaksi membuat Anda bisa memastikan transaksi terjadi dengan mudah, di mana saja dan lewat platform apa pun. antara Anda (merchant) dan customer.
  • Retail Package – Opsi upgrade layanan yang cukup powerful. Anda bisa memberi tiap staff satu PIN pribadi. Anda juga mendapat opsi metode pembayaran yang lebih banyak, dari uang cash, kartu kredit, store credit (poin toko) hingga metode custom.
  • Buy Button – Layanan pembuatan katalog produk individu (‘embedded product card’) yang bisa ditempatkan di situs terpisah.
  • Facebook Shop dan Messenger – Shopify bisa menambahkan satu tab baru, ‘Shop’, pada Facebook Page Anda.
  • Enterprise – Paket Shopify Plus adalah layanan ultima Shopify di mana Anda bisa mendapat platform multi-channel dengan lebih banyak kebebasan skalabilitas.

Harga paket e-commerce Shopify

Shopify Basic and AdvancedShopify adalah platform e-commerce yang tidak menawarkan paket gratis (free plan).

Harga paket Shopify pun cukup variatif – tentunya dengan fitur paket yang telah disesuaikan.

Jumlah paket utamanya sendiri ada 3, yaitu:

  • Basic Shopify: Meskipun memiliki biaya rendah per bulan, yaitu biaya per transaksi adalah 2%.
  • Shopify : Biaya yang lebih tinggi, yaitu biaya per transaksi menurun hingga 1% dan beberapa fitur tambahan yang ditambahkan.
  • Advanced Shopify : Bagi mereka yang memiliki toko yang jauh lebih besar. Ini adalah biaya pribadi untuk sebagian besar pengguna. Mengaktifkan semua fitur yang mungkin dari Shopify dan mengurangi biaya per transaksi menjadi 0,5%.

Tabel berikut menunjukkan detail fitur yang disertakan dengan setiap paket:

FungsiBasic ShopifyShopifyAdvanced Shopify
Akun untuk Staf2515
Jumlah ProdukTidak terbatasTidak terbatasTidak terbatas
Penyimpanan FileTidak terbatasTidak terbatasTidak terbatas
Harga Retail Package$ 49$ 49$ 49
Dukungan 24/7YaYaYa
Transaction Fee2,00%1,00%0,50%
Analisis PenipuanTidakYaYa
Fitur Order secara ManualYaYaYa
Discount CodeYaYaYa
Integrasi Blog ke WebYaYaYa
Gratis Sertifikat SSLYaYaYa
Gift CardTidakYaYa
Laporan Analitis ProfesionalTidakYaYa
Pengelolaan Abandoned CartTidakYaYa
Biaya Pengiriman ProdukOleh UserOleh UserPihak Eksternal

Persis bagaimana Anda telah membacanya, selain “menyewa” toko elektronik, Anda harus membayar Shopify untuk setiap transaksi yang berhasil Anda miliki.

Selain 3 paket utama, ada 2 paket khusus Shopify, yaitu:

  • Shopify Lite: Dengan harga Rp126.000/bln, paket ini mempersilakan Anda memakai fitur Shopify khusus untuk Facebook Shop. Bila Anda sudah memiliki toko di media sosial Facebook, paket ini akana sangat ringan dan optimal.
  • Shopify Plus: Paket ini adalah untuk layanan Enterprise. Targetnya adalah korporasi e-commerce dengan kebutuhan resource yang melebihi yang telah disediakan dalam 3 paket Shopify di atas.

Shopify Indonesia – Beberapa Setup Pertama

Berikut ini adalah langkah pertama untuk membuat toko online di Shopify. Anda pada umumnya hanya perlu mempersiapkan alamat email, yang akan dipakai sebagai data pertama Anda sebagai pemilik toko online Shopify.

1. Daftarkan alamat email Anda.

Layar pertama yang muncul di Shopify adalah permintaan email pengguna. Ini untuk memulai proses pembuatan akun.

email address shopify

2. Gunakan kesempatan 14-day Trial

Tak ada salahnya memanfaatkan periode coba gratis Shopfiy selama 14 hari, Anda bisa melihat sejauh mana Shopify sanggup menjawab kebutuhan Anda.

Start your free 14-day trial

3. Isi Biodata dan Alamat Bisnis Anda.

Anda akan mendapat notifikasi bahwa toko online Anda berhasil dibuat. Shopify kemudian akan meminta Anda menceritakan biodata dan bisnis Anda. Anda juga akan dimintai informasi penagihan (dari penagihan pengguna):

Informasi bisnis di Shopify

4. Masuk ke Dashboard.

Jika seluruh informasi penting sudah Anda isi, Anda akan diantar menuju Dashboard toko online Shopify Anda.

Dashboard shopify

Apa yang bisa dilakukan Dashboard Shopify?

Shoping StockroomDashboard Shopify adalah pusat kendali toko online Shopify anda.

Fitur Shopify lumayan menyeluruh – Anda bisa melakukan hampir segala hal yang perlu Anda lakukan di situ. Namun, sayangnya panel ini masih dalam Bahasa Inggris.

Ya. Tidak ada fitur ganti bahasa – apalagi ke Bahasa Indonesia.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Interface Dashboard Shopify adalah salah satu yang terbaik. Seiring berjalannya waktu Anda pasti akan terbiasa mengakses beberapa fitur berikut.

1. Penambahan Produk.

Shopify adalah proses menambahkan produk. Anda bisa pergi ke pilihan Add Product (Tambahkan Produk) dan tambahkan semua rincian terkait dengan produk jualan Anda di situ.

Deskripsikan produk dengan baik.

Ada beberapa trik marketing agar produk Anda laris. Beberapa adalah sebagai berikut:

  • Judul singkat dan mencolok.
  • Deskripsi sederhana, mencakup semua aspek produk pengguna.
  • Gambar produk resolusi tinggi, kontras dan menarik. .
  • Klasifikasi produk Shopify adalah strukturasi jenis produk.

Kemudian pengguna memiliki informasi tambahan seperti harga, karakteristik fisik produk, pengiriman dan detail SEO.

Optimalkan manajemen aset Shopify.

Pengguna Shopify juga bisa mengelola masuk-keluarnya inventaris. Produk itu nanti perlu distrukturasi di bawah kategori persediaan produk pelacakan.

Manage your inventory

Customer tidak langsung membeli produk di keranjang belanjanya? Di Shopify, itu tidak masalah. Manajemen persediaan bisa diberi fitur ‘Backorder’. Produk yang teridentifikasi diinginkan oleh seorang customer akan disimpan datanya – dan menjadi data penting untuk mutu customer service Anda nantinya.

Fitur Collections Shopify adalah pilihan konfigurasi lainnya. Di sini, produk dengan karakteristik serupa bisa dijadikan satu divisi. Padukan dengan mengaktifkan fitur Gift Card, atau semacam kupon promo, maka Anda akan menikmati tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi.

2. Pengelolaan database pembeli.

Pengguna Shopify juga bisa mengimplementasiikan Customer Relationship Management (CRM, Manajemen Hubungan Pelanggan). Elemen ini erat kaitannya dengan data pelanggan. Pengelolaan data yang rapi tentu menjadi tonggak marketing dan customer service Anda.

Shopify memberi 3 opsi manajemen database pelanggan. Selain (1) mengolah data secara manual dan (2) mengelola biodata customer sesaat sebelum meng-order produk, Anda bisa memakai (3) file CSV. File ini berguna saat Anda ingin memfokuskan ke sejumlah klien tertentu.

3. Analisa dan visualisasi data.

Shopify Analytics memiliki kemampuan visualisasi data. Semua informasi transaksional (tingkat penjualan, order/pesanan, web traffic, hingga referensi) diolah Shopify ke dalam grafik yang memudahkan Anda mengambil kesimpulan.

Marketing analytics Shopify

Sangat menarik dan praktis, bukan?

4. Toko Anda, Desain Anda.

Tombol Customize theme di Dashboard Shopify adalah kunci mesin desain Anda. Dalam kustomisasi tema, pengguna Shopify dapat mengubah tampilan toko – alias, membuatnya lebih menarik bagi pengunjung.

Explore the themesShopify saat ini menawarkan 11 tema gratis dengan 3 variasi gaya untuk tiap tema. Tema ini bisa dipakai dan diutak-atik tanpa Anda perlu membayar sepeser pun.

Anda sendiri juga bisa mengunggah file .zip tema toko online Anda ke Shopify. Artinya, Anda bisa memakai desain toko buatan Anda sendiri.

Perlu pilihan lain? Datanglah ke toko Shopify Themes. Daftar tema telah dikategorisasi sedemikian rupa (misal, ‘Ideal untuk inventori kecil’ atau ‘Gaya Minimalis’) sehingga memudahkan kita untuk memilih.

5. Tambahkan domain.

Pernah dengar slogan ‘Banyak IDe dengan .ID’? Kalimat yang ear-catching, ini menggarisbawahi pentingnya domain.

Anda entah memerlukan domain .com atau .id. Nama domain .com relatif lebih populer secara global. Ekstensi tersebut juga dianggap merupakan ekstensi ‘lumrahnya’ sebuah website. Artinya, customer cenderung akan mengasosiasikan toko online Anda memakai ekstensi .com.

Sementara itu, domain ccTLD (alias ekstensi lokal-nasional) seperti .ID memiliki potensi marketing tertentu. Toko yang berdomain .id pasti akan terlihat ‘out-of-the-box’ dan mencolok di antara kerumunan nama domain yang lain.

Beli atau hubungkan domain ke Shopify

Panel utama Dashboard Shopify memuat tombol Add Domains atau Tambahkan Domain. Di sini Anda bisa mengatur pendaftaran domain ke Shopify. Bila belum punya, Anda juga bisa beli domain di situ..

Pengaturan Shopify lainnya

Fitur di atas merupakan elemen kunci yang menjadi kekhasan Shopify. Namun, masih ada beberapa elemen lain yang penting Anda ketahui. Elemen tersebut di antaranya:

Preference

Preferensi di Shopify adalah akses mengatur fitur apa yang ada di sebuah toko online. Misalnya, apakah perlu dimunculkan fitur Judul atau Gol. Pengaturan seperti itu tentu berdampak pada SEO serta Google Analytics.

Configuration

Setting Configuration in ShopifyAda banyak hal yang bisa dikonfigurasi di Shopify. Dari Biodata, Pajak hingga Metode Pengiriman Barang (Shipment).

Salah satu fitur khas Shopify adalah Point-of-Sale, yaitu perantara antara uang pengguna dan akun. Di platform e-commerce ini pilihan POS ada banyak.

Anda bisa memilih metode populer, seperti PayPal, hingga pembayaran dengan BitCoin!.

Shopify platform e-commerce instan yang cerdas.

Shopify mengelola toko online Anda secara rapi. Pembuatan toko online pun instan dan hanya memerlukan alamat email. Meski simpel, toko online bikinan CMS e-commerce asal Kanada ini cukup berhasil membuat toko online Shopify sesuai ekspektasi pemilik.

Faktor 14-hari coba gratis adalah nilai plus. Anda sebaiknya memanfaatkan fitur ini sebelum memilih salah satu dari 3 paket Shopify (Basic, Shopify dan Advanced Shopify). Jangan lupa juga Anda perlu beli domain yang bagus. Semua itu agar pengalaman bisnis online di Shopify makin optimal dan menghasilkan lebih banyak profit.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Dapatkan posting terbaru :