Apa Itu PrestaShop? [Plus 7 Ciri Khas E-Commerce via PrestaShop]

PrestaShop adalah platform jual-beli online yang bisa didownload secara 100% gratis, tanpa biaya bulanan atau kewajiban ongkos komisi penjualan. CMS e-commerce berpartner dengan garda depan industri online (Google, PayPal, eBay) sehingga selain bisa menggratiskan platformnya, pengguna mendapat fitur yang kaya untuk memperluas jangkauan bisnis online.

Aplikasi PrestaShop perlu dijalankan memakai layanan web hosting terpisah. Dari sini, pengguna bisa mengembangkan toko onlinenya melalui modul, kustomisasi tema toko dan lain sebagainya.

PrestaShop logo penguin

Apa itu Prestashop?

PrestaShop adalah perangkat lunak yang menyediakan layanan pembuatan web e-commerce berbasis bahasa program PHP, dan dataase MySQL, yang ekstensif melalui pemanfaatan modules..

Proyek PrestaShop dimulai tahun 2005 oleh beberapa mahasiswa EPITECH IT School di Paris, Perancis. Proyek ini awalnya bernama phpOpenStore dan baru tersedia dalam 2 bahasa, Inggris dan Perancis. Namun, tiga bulan setelah rilis, aplikasi ini sudah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa.

Prestashop company historySaat ini Prestashop menjadi salah satu platform CMS e-commmerce terpopuler di dunia. Dengan karyawan (marketing dan developer) 150-200 awak, aplikasi open source ini telah dipakai 0,8% website aktif di dunia.

Ini menandai persaingan ketat dengan CMS e-commerce lainnya, seperti Shopify dan Magento.

Hosting situs untuk e-commerce PrestaShop bisa dicapai lewat 2 opsi. Memakai web hosting sendiri (lebih populer) atau memakai PrestaShop Hosting yang merupakan kerjasama dengan hosting provider 1&1. .

PrestaShop saat ini sudah memotori sekitar 270.000 toko online. Sebagai platform multi-bahasa, user juga bisa memilih salah satu dari 65 pilihan bahasa interface yang tersedia.

Mengapa PrestaShop layak mendapatkan perhatian?

PrestaShop adalah CMS e-commerce yang popularitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. Ia bertengger di posisi ke-8 CMS terpopuler (seturut riset W3Techs) dan memiliki keunggulan tersendiri.

Beberapa poin plus dari PrestaShop adalah sebagai berikut:

  • User-friendly. Visi PrestaShop adalah menjadi software yang bisa membantu berbagai lapisan masyarakat berjualan online. Maka, aplikasi ini user friendly. Anda tak perlu jadi programmer dulu untuk membuat website di PrestaShop.
  • Ekstensif. Terdapat 300+ fitur bawaan PrestaShop, mulai dari One-Page Checkout hingga Stock Management. Anda juga bisa belanja modul (add-ons) untuk memperkaya fitur e-commerce Anda.
  • Mudah Dikelola. Manajemen harian toko-toko online Anda di PrestaShop bisa diefisiensi lewat sistem one back-office.
  • Multi-bahasa. PrestaShop adalah platform e-commerce utama di Perancis dan Spanyol. Bahasa interface tidak lagi menimbulkan masalah, karena PrestaShop sudah tersedia dalam 65 bahasa.

Fitur Khas Toko Online PrestaShop

Banyak ragam fitur yang tersedia dan berkualitas pada dalam PrestaShop

1. Mudah digunakan.

CMS Prestashop adalah user-friendly. Instalasi PrestaShop ke web server bisa melihat sejumlah panduan. Berikutnya, Anda juga bisa dengan mudah mengelola toko online Anda.

Ragam fitur PrestaShop diposisikan untuk meningkatkan sales toko online Anda. Anda bisa konfigurasi nilai produk, membuat variabel/tag/kategori. Bahkan Anda bisa menawarkan produk secara paket atau memberikan saran pembelian dengan cara menyesuaikan preferensi calon pembeli Anda.

Brand logo slider free module

Anda juga tidak perlu repot menulis kode PHP untuk menu metode shipment. PrestaShop sudah mengintegrasikan database zona pengiriman geografis, operator pengiriman, harga dan metode pengiriman. User pastinya akan dimudahkan.

2. Desain toko responsif dan khas.

Desain responsif PrestaShopWebsite responsive adalah situs web yang dikondisikan memiliki desain menyesuaikan platform penampilnya. Jadi, user yang membuka situs via smartphone tidak akan dibebani bentuk situs web tampilan desktop.

Di sini, PrestaShop mengacu pada pentingnya website mobile-friendly. Tema desain website yang dipakai bisa optimal, menyesuaikan bentuk, dengan berbagai jenis layar – entah desktop, smartphone atau tablet.

Hal lain yang menarik dari PrestaShop adalah kustomisasi dan modulasi.

Pilih dari 300 modul yang tersedia, mana aspek yang dibutuhkan toko online Anda. Misal, ada fitur One-Page Checkout. Anda bisa menampilkan halaman ringkasan transaksi sebelum user memvalidasi transaksi.

Atur juga tata letak produk Anda. Di PrestaShop, Anda bisa mengkonfigurasikan filter, tata urutan dan penempatan produk. Bahkan, Anda bisa menempatkan fitur internal search di halaman Page Not Found (404). Ini akan memudahkan navigasi balik kustomer Anda ke produk yang ia cari – sehingga potensi lead sales Anda terselamatkan.

3. Transaksi online sesuai kebijakan setempat.

HukumPrestaShop adalah CMS e-commerce yang membuat breakthrough di tahun 2009. Lanskap e-commerce seperti dirombak atas inovasi PrestaShop, yang saat itu bahkan masih terbilang prototype. Dan salah satu hal penting yang diusung adalah mengenai legal compliance.

Tak ada yang lebih mengesalkan daripada penghasilan yang terpangkas oleh kesalahan prosedur transaksi online.

Sudah margin penjualan kecil, bisa-bisa kena charge… Duh!

PrestaShop sendiri pertama-tama punya fitur untuk elemen Policy dan Disclaimer ini. Anda bisa membuat halaman yang fokus pada informasi hukum.

Legalitas transaksi juga mendapat perhatian di PrestaShop. Anda bisa membuat proses checkout sesuai dengan hukum yang berlaku. Anda bisa menyetel pajak sesuai area pembelian; termasuk juga pajak atas pengiriman dan packaging.

4. Punya integrasi digital marketing.

Customizable call to action buttonInterface PrestaShop bisa ‘memotivasi’ user Anda untuk berbelanja.

Tidak hanya Anda bisa mendapat halaman deskripsi produk. Anda juga bisa mendesain sendiri tombol pembelian, yang biasa disebut ‘Call-to-Action’. Fitur ini menjadi detil yang memperkuat ‘brand voice’ toko online Anda.

Digital marketing tentu tak afdol tanpa elemen Search Engine Optimization (SEO).

PrestaShop memberikan fungsi SEO pada domain dan toko Anda. Website Anda juga bisa mudah dihubungkan ke media sosial (yang merupakan pilar digital marketing terkuat #2 setelah search engine.)

Lalu, apakah Anda pelaku ekspor/impor? PrestaShop punya sesuatu untuk Anda. Platform ini tersedia dalam 65 bahasa. Selain itu, Anda bisa mengatur mata uang dan otomatisasi pergerakan nilai tukar. Transaksi antar negara pun akan lancar.

5. Bagus dalam manajemen stok dan pesanan.

Kelola PesananStock management, alias pengelolaan persediaan, di PrestaShop terbilang sudah advanced.

Misal, CMS PrestaShop mempermudah inventarisasi produk. Anda bisa menulis keterangan relasi pemasok dengan produk tertentu.

Anda juga akan mudah menyunting pesanan atas permintaan pelanggan. Anda akan mendapat notifikasi bila ada pesanan baru.

Ingin terlihat profesional? PrestaShop bisa juga mencetak slip pengiriman dalam bentuk PDF!

6. Optimasi layanan pelanggan.

Menjalankan PelangganIngin mendapatkan konsumen yang loyal?

Biarkan mereka membuat akun di toko online Anda. PrestaShop sendiri sudah menyediakan fitur ini untuk Anda.

Imbalnya bagi konsumen adalah mereka bisa memonitor kondisi terkini pesanan mereka.

Keuntungan bagi Anda? Tentu Anda bisa mengelola alamat pelanggan, mengimpor/ekspor daftar pelanggan – dan lebih penting lagi, menganalisa demografi pelanggan toko online Anda untuk kemudian dijadikan bahan strategi digital marketing Anda ke depan.

Pelanggan Anda juga akan mendapat ringkasan aktivitas mereka dan toko Anda. PrestaShop juga bisa menerbitkan slip kredit untuk pengembalian barang jika ada pelanggan yang tidak puas.

Dari fitur ini, otomatis, Anda memberikan transparansi pada customer. PrestaShop pada dasarnya ingin membantu Anda terlihat sebagai pebisnis online yang bisa dipercaya.

7. Memperluas wawasan owner toko online.

Mendapatkan WawasanPrestaShop membantu Anda mengukur kemajuan bisnis online Anda.

Tersedia tinjauan data utama (sales, pengunjung, jenis produk, dsb) agar Anda bisa merumuskan strategi penjualan produk Anda selanjutnya. Analisa berbasis data tersebut dimudahkan pula dengan penampilan data statistik yang bisa diatur lewat filter-filter tertentu.

Anda juga bisa kualitas kinerja pemasaran digital Anda. Anda akan mendapat wawasan soal navigasi pengunjung selama berada di toko online Anda – yang tentunya memberi Anda gambaran mengenai apa yang sebenarnya ada di benak user Anda ketika berkunjung.

Populer selama 10 tahun terakhir, komunitas pengguna dan pengembang PrestaShop pun telah aktif dan tersebar di seluruh dunia.

Anda tentu tak perlu risau tersesat dalam belantara e-commerce. Kunjungi saja forum atau blog PrestaShop – dan temukan jawaban Anda di sana.

Kesimpulan – dan sedikit hal lain.

Toko hasil PrestaShop terbilang mencolok dibanding website toko online dari platform lain.. PrestaShop menawarkan kepada pelanggan agar tampilan toko layak untuk dilihat. Dengan kekuatannya dari fitur-fiturnya yang canggih dan terutama karena gratis, PrestaShop menjadi banyak diminati oleh kalangan masyarakat termasuk Indonesia.

Namun, begitu – agar ulasan ini berimbang – ada pula nilai negatif yang dialami PrestaShop belakangan ini.

PrestaShop di versi 1.7 ternyata menuai kritik. Misal, masih terdapat sejumlah bug atau kesalahan teknis di sana-sini. Belum lagi melambatnya performa situs Anda akibat pemrograman yang kompleks. Akibatnya? Anda terpaksa harus membeli modul tambahan senilai minimal Rp700ribu.

Bila Anda tertarik, Anda bisa membaca review tersebut di sini.

Selebihnya, semua tergantung pada pilihan Anda. Bila kecepatan menjadi isu Anda, saya sarankan agar memakai layanan web hosting terbaik atau VPS terbaik – yang bisa mendongkrak site speed toko online Anda.

Akhir kata, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat keputusan terbaik untuk bisnis online Anda 🙂

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Dapatkan posting terbaru :