Perbedaan Blog dan Website – Yuk Cari Tahu Apa Bedanya!

Blog dan website adalah media yang efektif untuk menyebarkan informasi di internet. Dengan kedua media tersebut, Anda bisa menampilkan tulisan, gambar ataupun media visual lainnya kepada khalayak umum agar bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Namun, seringkali banyak orang yang bingung perbedaan blog dan website mengingat salah satu fungsi utamanya yang hampir sama. Padahal, perbedaan website dan blog ini sangat mendasar dan bisa dibilang banyak orang salah kaprah.

Perbedaan Blog dan Website

Dari berbagai penelusuran kami di internet, banyak pandangan orang tentang perbedaan blog dan website ini. Kebanyakan membahas perbedaan blog dan website dari segi teknis saja misalnya dari sisi-sisi berikut ini:

Sisi Pengguna: Kebanyakan orang menganggap bahwa blog hanya dimiliki secara perorangan saja sementara untuk website dimiliki oleh beberapa orang atau organisasi profesional tertentu.

Tujuan: Blog dibuat untuk tujuan pribadi seperti untuk menulis diari atau catatan harian. Sementara website dibuat sebagai media informasi perusahaan kepada masyarakat secara luas. Namun semakin hari fungsi dan tujuan blog semakin berkembang, tak hanya menulis, blog juga dibuat sebagai media memasarkan bisnis dan juga mencari uang.

Biaya: Perbedaan website dan blog selanjutnya menurut beberapa orang adalah biaya pembuatan dan perawatan. Membuat dan merawat blog jauh lebih murah daripada membuat website. Untuk membuat blog bahkan banyak platform gratis yang tersedia seperti Blogspot dan WordPress.com . Anda tidak akan dikenakan biaya sekali ketika menulis blog di situs ini. Sementara untuk website, diperlukan biaya yang lebih karena dituntut profesional dengan hosting dan nama domain sendiri. Website tertentu juga memerlukan pengembangan tersediri sehingga diperlukan biaya untuk jasa pembuatan website.

Kemudahan: Perbedaan blog dan website selanjutnya adalah dari sisi kemudahan pembuatan. Blog lebih mudah dibuat karena terah tersedia banyak platform gratis. Anda tidak perlu pusing-pusing belajar ilmu pengembangan website secara manual untuk memilikinya. Berbeda dengan website, Anda setidaknya harus tahu banyak hal seperti hosting, domain, File Transfer Protocol , HTML dan yang lainnya.

Desain Template: Template dari blog terbatas sedangkan tampilan dari website lebih bervariasi. Sebenarnya hal ini kurang tepat karena blog sekarang juga dapat dikustomisasi tampilannya sesuai keinginan asalkan Anda mengetahui konsep HTML dan CSS.

Performa: Blog dibilang memiliki performa yang tidak lebih bagus daripada website karena website dibangun sendiri dari awal, sementara untuk blog karena menggunakan platform lain maka performanya sangat bergantung pada platform yang digunakan tersebut.

Walaupun perbedaan website dan blog di atas tidak sepenuhnya salah, kami memiliki pandangan lain mengenai perbedaan website dan blog. Maka dari itu, di dalam artikel ini, kami akan mengulas perbedaan blog dan website dari sisi yang mungkin belum banyak dibahas oleh pihak lain.

Pengertian Blog dan Website

Untuk melihat perbedaan website dan blog, kita mulai dari pengertian antara website dan blog. Kami mencoba melakukan pengecekan terhadap arti kata blog dan website pada situs resmi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimiliki oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dari situs tersebut kami mendapatkan informasi pengertian dari blog dan website.

Blog (noun, kata benda dalam bidang komputer) adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja.

Sementara untuk kata website, tidak ada hasil pencarian yang kami temukan di dalam kamus. Namun, ketika kami mengetikkan kata web saja (singkatan untuk website), muncul pengertian seperti berikut.

Web (noun, kata benda) adalah sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet; jejaring; jaringan.

Dari sisi pengertian ini saja, bisa kita bisa ambil informasi untuk perbedaan blog dan website. Web atau website memiliki pengertian yang lebih luas dari pada kata blog. Web mencakup semua sistem yang terhubung melalui internet dimana pengguna bisa mengakses, memanipulasi, hingga melakukan unduh (download) dokumen.

Sementara untuk blog hanya terbatas pada catatan atau jurnal pribadi di internet. Pengertian blog juga menjelaskan bahwa catatan tersebut bisa diakses oleh siapa saja sedangkan dalam web tidak ada klausul kata bisa diakses oleh siapa saja. Bagaimana? Sudah mulai terbayang perbedaan blog dan website?

Jenis-Jenis Website, Salah Satunya adalah Blog

Jika kita mencoba mencari jenis-jenis website dalam internet, akan muncul banyak sekali artikel yang sudah membahasnya. Jenis-jenis website tersebut sebagian besar dikelompokkan berdasarkan tujuan atau fungsinya.
Berikut ini beberapa jenis website dikelompokkan berdasarkan tujuan atau fungsinya:

  1. Search Engine atau Mesin Pencarian, yaitu website untuk menemukan sesuatu yang ingin Anda cari di internet seperti Google, Bing dan Yahoo.
  2. Social Networking atau Sosial Media, yaitu website untuk saling berkoumunikasi dan berinteraksi dengan teman di dunia maya, contohnya seperti Facebook, Twitter dan Instagram
  3. Forum, yaitu website diskusi yang khusus membahas topik tertentu secara beraturan. Berbeda dengan sosial media, forum memiliki aturan-aturan yang mengikat anggotanya ketikan mengemukakan informasi. Contoh dari forum yang cukup populer adalah Kaskus, Ads.id dan Skyscrapercity
  4. Portal Berita dan Informasi, yaitu website yang selalu update menyediakan berita dan informasi tentang suatu hal yang sedang terjadi saat ini. Contoh portal berita di Indonesia adalah Detik.com, Kompas.com dan Okezone.com
  5. Sistem Informasi dalam sebuah Institusi seperti Sistem Informasi Kepegawaian (yang berbasis website) dan Sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Website seperti ini dibuat untuk mempermudah proses administrasi suatu hal sehingga bisa digunakan bersamaan secara online.
  6. Toko online atau E-Commerce misalnya Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Pada umumnya, terdapat dua jenis toko online yaitu yang berupa B2C (Bussines to Customer) dan C2C (Customer to Customer).
  7. Company Profile yaitu website yang dibuat dan dimiliki perusahaan sebagai representasi perusahaan tersebut di internet.
  8. Hosting Provider (Seperti : ArdHosting, Hostinger, Niagahoster dsb)
  9. Blog yang biasanya milik pribadi atau sebagai bagian tertentu dalam website.

Dan masih banyak jenis-jenis website lainnya. Artikel mengenai jenis-jenis website ini akan kami bahas pada artikel yang berbeda selanjutnya agar lebih komprehensif.

Dari berbagai jenis website di atas, terlihat bahwa banyak orang yang sebenarnya mengkategorikan blog sebagai salah satu jenis atau bagian dari sebuah website. Sehingga bisa kami bilang sebenarnya membandingkan antara website dan blog adalah hal yang kurang tepat. Perbedaan blog dan website jika dilihat dari tujuannya adalah sebagai berikut:

Blog adalah salah satu jenis website yang tujuannya untuk menulis jurnal, artikel atau catatan yang sifatnya pribadi atau sesuai pemilik blog yang bersangkutan.

Sedangkan website jenisnya lebih banyak dan beragam tergantung tujuannya, tidak hanya terbatas dalam menulis jurnal atau artikel saja. Hal yang membuat sama yaitu terhubung ke jaringan / internet sehingga bisa diakses oleh pengguna.

Cara Membuat Blog dan Website

Membuat blog pada umumnya lebih mudah karena sudah tersedia banyak sekali platform pembuatan blog salah satunya yang terkenal adalah Blogspot yang disediakan oleh Google. Di platform seperti ini, biasanya juga telah tersedia berbagai tema yang bisa disesuaikan dengan selera.

Jika Anda menginginkan blog untuk di hosting sendiri, Anda bisa menggunakan CMS (Content Management System) yang mana proses instalasinya juga sangat mudah tinggal beberapa klik saja. Salah satu CMS yang paling terkenal adalah WordPress. Anda bisa menemukan web hosting terbaik untuk WordPress di situs kami.

Untuk membuat website, sebenarnya juga banyak tersedia Content Management System siap pasang dengan berbagai tujuan. Namun, jika menginginkan sebuah website yang benar-benar unik, kompleks dan tujuannya benar-benar khusus biasanya memerlukan orang yang memiliki pengetahuan coding atau pemrograman untuk mengembangkannya.

Misal, Anda ingin mengembangkan website dengan kemampuan saling bertukar data yang kompleks dengan website lain, Anda tentunya tidak bisa hanya mengandalkan CMS.

Jadi, perbedaan website dan blog dalam sisi pembuatan lagi-lagi website lebih kompleks daripada hanya sekedar blog. Bahkan, terkadang sebuah website memiliki blog seperti halnya pada situs ini.

Perbedaan Blog dan Website

Dari berbagai penelusuran yang kami lakukan sebelumnya di atas. Bisa disimpulkan bahwa perbedaan blog dan website sejatinya tidak bisa dibandingkan karena blog adalah salah satu jenis dari website. Bahkan seringkali kita mendengar istilah WebBlog. Perbandingan yang lebih tepat dan apple to apple mungkin adalah perbedaan Blog dan Website Perusahaan / Company di mana keduanya adalah sama-sama jenis dari website.

Perbedaan Blog dan Website Perusahaan secara umum adalah sebagai berikut:

Segi Tampilan: Blog biasanya berisi catatan atau artikel yang diterbitkan secara berkala dan diurutkan berdasarkan tanggal terbit. Artikel yang lebih baru akan muncul di depan sedangkan artikel lama biasanya bisa diakses melalui paginasi halaman selanjutnya. Sedangkan website perusahaan khususnya pada halaman awal biasanya berisi informasi tentang perusahaan. Informasi ini meliputi dari profil, visi dan misi, foto anggota hingga informasi layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Segi Fitur:  Fitur blog  pada umumnya terbatas hanya pada artikel saja. Mungkin ada beberapa fitur standar lain yang melengkapi seperti fasilitas komentar dan halaman pencarian. Sedangkan untuk website, fiturnya lebih beragam. Website bisa memiliki  fitur khusus seperti halaman informasi penawaran jasa, halaman kontak dengan form yang bisa di-submit, halaman galeri, halaman artikel serta fitur-fitur lainnya.

Segi Penggunaan Bahasa: Website perusahaan pada umumnya dibuat profesional sehingga bahasa yang digunakan formal. Sementara untuk blog biasanya bahasa yang digunakan lebih santai dan mengalir.

Segi Pengunaan Teknologi: Seperti yang sudah dibahas, blog biasanya dibuat dengan platform yang sudah ada sebelumnya seperti Blogspot dan WordPress. Bisa dibilang sangat jarang orang yang benar-benar membuat blog sendiri dengan teknik koding secara manual dari awal. Sementara untuk website perusahaan, teknologi yang digunakan lebih beragam. Website perusahaan bisa dibuat dengan menggunakan platform Content Management System sehingga mengehemat banyak waktu dan sumber daya. Namun, jika website tersebut benar-benar kompleks dan diperlukan fitur khusus, banyak juga website yang dibangun secara manual dengan teknik koding.

Bagaimana? Sudah paham kan sekarang tentang perbedaan Blog dan Website (Perusahaan). Sekali lagi untuk memperjelas dan kunci utama perbedaan website dan blog ini, “blog adalah salah satu jenis dari sekian banyak jenis website yang ada di internet”.

Bergabung dengan tim webhostingterbaik semenjak website ini mulai dirilis. Selalu antusias mencari berbagai informasi dan membagikan informasi yang diketahuinya kepada semua orang melalui tulisannya secara lengkap.

Dapatkan posting terbaru :