Kenapa Pemilik Website Perlu Paham Pentingnya Mobile Friendly?

Avatar

Redaksi

0 comments

2018-Desember-4th at 6:25

Pada 2015, CEO Google (kala itu Eric Schimdt), mengumumkan Google akan menerapkan pendekatan mobile-first dalam menyusun index ranking website. Belakangan metode ini disebut elemen Mobile-friendly.

Apa maksudnya dan pentingya website mobile-friendly ini?

Saat ini cukup dikatakan bahwa elemen mobile-first adalah salah satu algoritma terpenting Google. Jangan main-main: algoritma ini berdampak pada 80% website aktif kala itu. Ranking website pada anjlok. Jumlah pengunjung kian tipis. Oops!

Ilustrasi pentingnya mobile friendly

Apa itu Website Mobile-Friendly?

Website mobile-friendly berarti mudah dibuka melalui gawai (smartphone, tablet, dan lain-lain). Pemilik web mencapai skor mobile-friendly dengan memakai template desain responsif, web hosting optimal, serta sistem konten (CMS) yang berprinsip mobile-first.

Situs berorientasi desktop pada umumnya tidak ramah gawai. Artinya, dari smartphone, website tersebut lama diakses, boros kuota, dan tidak merespon dengan cepat. Akibatnya, pengunjung akan pergi. Volume traffic ke situs tersebut akan anjlok. Lalu terjadilah apa yang oleh para pakar marketing kemudian dilabeli sebagai...

Mobilegeddon’.

Yup, artinya adalah mirip kisah Armageddon (kisah kiamat bergenre sci-fi), namun, dalam dunia mobile.

Fenomena hilangnya pamor banyak website di seluruh dunia (80% website), kemudian membentuk kesadaran baru. Pemilik web makin sadar pentingnya website mobile-friendly atau website ramah perangkat mobile.

Berawal dari menjamurnya perangkat mobile

Awal mula aspek mobile-first bisa kita lihat di Indonesia. Menurut data Hootsuite, pengguna internet di Indonesia per Januari 2018 sudah mencapai angka 132,7 juta. Ini terhitung 50% dari total populasi Indonesia (261 juta manusia).

Apa perangkat yang dipakai rakyat Indonesia untuk mengakses internet?

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengenai hasil survey pengguna internet di Indonesia pada tahun 2016, sebanyak 47,6% pengguna mengakses internet lewat perangkat mobile (smartphone, tablet). Itulah dia, mobile-first, yaitu ketika konsumsi data dilakukan melalui gawai (peranti mobile)

Sebanyak 50,7% memakai gabungan gawai dan laptop/PC. Dan... hanya 1,7% saja yang setia sehidup-semati hanya memakai komputer untuk akses internet.

Data AJPII mengenai pengguna internet di Indonesia

Fluktuasi di atas akan tetap mengarah pada pertumbuhan pengguna internet via gawai (smartphone, tablet, iPad). Jumlah ini akan terus meningkat mengingat pertumbuhan pengguna gawai masih berlangsung sangat pesat.

Website Anda didesain untuk siapa?

Prinsip mobile-first Google, atau pemihakan terhadap situs yang ramah smartphone bisa dipandang dari segala sisi. Khusus dalam hal kepuasan pelanggan, pentingnya website mobile-friendly ini berarti:

Pengguna gawai perlu memperoleh sesuatu yang lebih daripada sekadar cukilan konten yang diambil dari website versi desktop Anda. Lewat layar gawai, mereka perlu mendapatkan kualitas pengalaman seperti saat mengakses website yang utuh.

Keuntungan perangkat gawai

Lagipula, melihat bahwa gawai selalu ada di dalam saku pengguna, aktivitas akses internet di masa depan akan sedikit banyak dipengaruhi aktivitas mobile ini..

Dulu, kita nge-chat dengan duduk di kamar menghadap layar komputer yang menampilkan Yahoo! Messenger atau Omegle.

Sekarang kita kirim pesan WA sambil jogging pagi.

Berita online dulunya dibaca tanpa distraksi, di tengah waktu senggang kantor. Sekarang, konten jurnalisme dibaca di tengah perjalanan, di dalam bis kota atau kereta.

Prinsip mobile-first sudah bukan pilihan lagi. Ini adalah keharusan bagi situs web yang ingin survive.

Tren mobile: kemunculan akses internet multi-platform

Dalam hal penggunaan, perangkat gawai dipakai lebih sering daripada komputer duduk (laptop/PC).

Akses Internet lewat berbagai platform

Gambaran tersebut menunjukkan pentingnya website mobile-friendly yang multi-platform. Implikasinya, desain visual dan pengalaman yang sama lintas platform perlu diupayakan dalam platform yang berbeda tersebut.

Mobile search illustrations

Data menyebutkan, 48% pendalaman (riset) terhadap produk dimulai di mesin pencarian (Google, Bing dan sejenisnya). Diikuti 33% dari website resmi, dan 26% dari app resmi.

Orang menggunakan perangkat seluler mereka untuk semua hal, seperti mencari jawaban melalui mesin pencarian, membayar tagihan, hingga berbelanja. Mereka beralih dari duduk di depan layar desktop, ke perangkat mobile mereka.

Biasanya pembeli melakukan hal ini dengan mengunjungi toko fisik dan bertanya langsung kepada penjual mengenai produk yang dicari.

Jika pembeli tidak dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan, mereka akan pergi dan berbelanja di tempat lain.

Topik pencarian teratas di Google

Selain itu kita tidak tahu berapa harga persis barang yang sebenarnya, lebih parah lagi kadang banyak toko yang nakal memainkan harga seenaknya demi meraih untung.

Dengan prinsip mobile-first, calon pembeli kini boleh berekspektasi mendapat informasi harga (via web) sebelum mereka datang ke toko fisik..

Jika mereka mendapatkan informasi yang akurat dan merasa cocok kemungkinan besar akan melakukan pembelian melalui perangkat mobilenya tersebut.

Terlepas dari niche situs web anda, website anda akan dapat menjangkau lebih banyak calon pengunjung dengan memiliki situs web yang mobile friendly.

Cara Cek Website Mobile-Friendly

Mungkin Anda telah menggunakan tema/template yang mobile-first dan responsif. Mungkin juga anda telah menyewa pengembang untuk membangun situs atau memodifikasi beberapa website yang ada. Namun anda perlu juga untuk mengujinya untuk mengetahui apakah situs anda sudah mengakamodasi prinsip mobile-first.

Berikut beberapa tools untuk mengetes website Anda.

1. Google Mobile-Friendly Test

Ini adalah tes paling populer. Alat ini disediakan oleh Google  untuk penelusuran tentang pengujian seluler. Anda dapat menggunakannya untuk mengetest apakah website anda sudah dianggap mobile friendly oleh Google.

google mobile friendly test

2. mobiReady

Gunakan tools ini jika Anda perlu mengukur seberapa kuat website Anda memakai prinsip mobile-first. mobiReady digunaan oleh para desainer, marketing dan pengembang website untuk mengetes performa website mobile klien.

mobiready mobile friendly test

3. think withGoogle

Website berprinsip mobile-first adalah website yang loadingnya cepat. Gunakan situs think withGoogle untuk mengetes kecepatan situs Anda. Dengan tools ini, Anda bisa mengurangi potensi kehilangan pengunjung karena sistem website yang lemot.

withgoogle mobile friendly test

Penerapan elemen mobile-friendly ke website Anda

Sistem internet menjadi lebih efektif bila informasi yang disediakan bisa diakses secara real-time. Maka, ada banyak cara agar informasi web Anda mudah diakses oleh pengguna gawai.

  • Gunakan desain responsif. Istilah 'responsif' mengindikasikan situs web bisa menyesuaikan jenis dan orientasi dimensi ukuran layar dari perangkat pengguna. Ia bisa menentukan apakah web diakses melalui mobile atau tablet.
  • Optimasi panjang konten Anda. Pengguna gawai akan lebih terbantu membaca konten dengan teks yang dibagi dalam bagian-bagian kecil. Gunakan paragaf pendek, terapkan bullet-numbering, dan juga cara-cara lain agar tampilan teks Anda ringkas.
  • Tampilkan iklan dengan memperhatikan pengunjung website. Jika Anda memiliki banyak iklan yang menghalangi tampilan mereka, mereka akan segera meninggalkan situs web Anda. Prinsip mobile-first biasanya menghindari penempatan iklan yang bombastis, karena dipastikan akan berdampak pada peningkatan rasio bounce rate.
  • Optimasi hosting. Layanan web hosting terbaik menghindarkanpelanggan Anda bosan menunggu situs yang lemot. (p.s. lelet selama 3 detik saja, Anda berpotensi kehilangan pelanggan).

Kita Perlu Sadar Pentingnya Website Mobile-Friendly.

Perangkat mobile terus mengalami perkembangan teknologi dan peningkatan pemakaian. Situs web dituntut untuk mengadopsi prinsip mobile-first. Konten perlu mudah diakses lewat tiap jenis perangkat mobile. Gunakan web hosting murah terbaik di Indonesia untuk menyokong website dengan stabilitas akses di tingkat nasional dan global.

Memiliki situs web yang mobile friendly bukan merupakan hal yang baru. Ini sudah menjadi sebuah kebutuhan, seperti bisa Anda lihat di contoh website dengan gaya desain yang kami rekomendasikan. Dengan situs web yang mobile friendly, Anda dapat menjangkau pengunjung baru.

Belanja online, riset dan membuka media sosial – semuanya ini mayoritas dilakukan melalui perangkat seluler. Memiliki website toko online yang mobile-first dapat membantu Anda meningkatkan peningkatan penjualan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.


Avatar
Redaksi

Redaksi


Hostinger logo
9.7 /10
9.5 /10
7.0 /10