Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan di Era Sekarang

Avatar

Redaksi

0 comments

2018-Oktober-26th at 3:50

Apa yang Anda lihat dalam hamparan 644 juta website aktif di internet?

Tak perlu ilmu analisa tingkat dewa di sini. Kita tentu mewarisi insting pedagang nenek moyang kita, yaitu insting yang mengatakan bahwa di mana ada sekumpulan orang, di situ ada peluang bisnis yang menjanjikan.

Namun, internet masih barang baru bagi kebanyakan orang.

Sebagian besar pengguna awam belum mengerti betul apakah World Wide Web ini punya aturan tersendiri. Dan… bagaimana cara membuat situasi di dunia virtual ini menjadi peluang bisnis online yang mantap. Itulah yang akan saya bahas di sini.

Peluang bisnis online

Peluang bisnis online yang tak selalu perlu modal.

Transaksi di bisnis online

Bisnis konvensional identik dengan toko, produk atau jualan.

Orang sering bertanya, "Lo bisnis apa sekarang?" Dengan itu si penanya punya ekspektasi mendengar jawaban seperti 'bisnis properti', 'bisnis cukur rambut', atau 'bisnis ternak teri' (nganter anak, nganter istri...).

Namun, hadirnya internet membuka lebih banyak lagi peluang usaha. Alias, peluang bisnis online.

Peluang seperti terhitung tidak konvensional, karena pergerakannya virtual. Bahkan, beberapa jenis peluang usaha ini tak mengharuskan kita memiliki 'produk'.

Ini beberapa contohnya.

  • Blogging – suplai konten di blog berpotensi mengundang minat pemasang iklan. Pihak peminat bisa berupa Google AdSense atau affiliate marketer. Namun, sumber pemasukan seorang blogger tidak hanya iklan saja. Jika traffic blog Anda tinggi, suatu brand bukan tidak mungkin akan menghubungi Anda. Mereka menawarkan kerja sama review produk dengan imbalan tertentu.
  • Video content creation –platform video streaming, seperti Youtube, memiliki program mitra AdSense. Anda bisa mendapat sejumlah pemasukan saat video Anda ditonton atau channel Anda di-subscribe sejumlah orang.
  • Penulis lepas (freelancing) –cukup mirip dengan profesi kepenulisan konvensional, dunia internet juga menjadi rumah ribuan jenis media. Sistem di sini biasanya adalah kontrak kepenulisan atau guest writer.
  • Affiliate marketing – peluang bisnis online tanpa modal ini termasuk laris dicoba para blogger atau pemilik website. Tugas Anda adalah me-review suatu brand, sehingga pengunjung akan tertarik melakukan suatu action, misalnya mengunjungi website resmi brand tersebut, atau membeli produk mereka melalui Anda. Nantinya, Anda akan mendapat komisi untuk setiap transaksi yang dijalankan melalui Anda.

Internet adalah tempat bisnis yang menjanjikan

Beberapa alasan yang sudah tidak diragukan terkait peluang usaha online dengan memilih bisnis online ialah:

1. Jangkauan global dengan sekali klik.

Internet menghubungkan jutaan orang ke dalam 1 jaringan global. Dengan hal ini, maka apapun bisnis Anda, bakal lebih cepat diketahui calon customer. Mereka yang tertarik juga akan mudah menghubungi Anda. Tak perlu repot ketemu empat mata, apalagi memberi penjelasan ke masing-masing orang.

Anda tinggal posting 1 konten untuk dilihat jutaan orang yang meminati produk Anda.

2. Efisiensi ongkos bisnis.

Jenis bisnis online alternatif di atas (blogging, video content creation) relatif lebih minim ongkos dibanding pembuatan produk bisnis seperti produk makanan atau penerbitan, sebagai contoh.

Rata-rata, di sistem bisnis online, Anda hanya perlu merogoh kocek untuk koneksi data internet. Berikutnya, tergantung jenis konten digital yang Anda buat.

Online Store Wix

Kantor pun bisa di rumah saja, jika perlu. Ruang kerja Anda adalah komputer jinjing, atau bahkan smartphone! Aplikasi website builder dari Weebly, misalnya, memungkinkan Anda mengatur display produk selagi minum kopi bersama sahabat.

Template wix Jade & Andy Wix Template Animal Posters

Alternatifnya, website builder Wix, memiliki fitur Artificial Design Intelligence (ADI). Dengan ini, Anda bisa memiliki toko online yang keren hanya dalam hitungan detik! Hal seperti ini umumnya ditawarkan CMS yang sepaket dengan layanan web hosting terbaik. Namun, dengan website builder... Anda bisa menggunakannya dengan murah, atau malah gratis!

3. Tidak terperangkap lokasi.

Netizen adalah terma populer bagi pengguna internet di dunia virtual. Semua netizen adalah bagian dari satu komunitas global yang relatif tidak dibentengi batas geografis atau hukum. Dengan itu, pasar Anda pun bisa mencakup seluruh dunia.

Bayangkanlah, mutiara pantai selatan, atau batik Madura, yang dibeli perempuan asal Norwegia di toko online Etsy. Seperti itulah gambaran jangkauan lokasi pasar Anda.

Selain itu, mengingat banyak negara sudah menerapkan prinsip 'pasar bebas' (free trade), tentu semua tinggal tergantung pada kapan Anda mulai berjualan. Akses telah terbuka lebar. Tak ada batasan lagi di dunia virtual.

4. Ladang uang yang subur.

Memang, hanya mega-companies (Google, internet service providers/ISPs) yang saat ini sudah mencetak milyaran rupiah per detiknya. Namun, potensi panen uang di ladang internet masih sangat besar. Tak terbatas. Lihat saja berapa banyak profesi baru yang muncul berkat munculnya internet.

Sebagai contoh adalah peluang Affiliates Program. Toko online seperti Lazada atau Amazon membuat program ini untuk menambah sales lead mereka. Anda, di lain sisi, bakal mendapat profit hanya dengan membuat ulasan atau menyediakan sebuah space di website Anda.

Program afiliasi Lazada

Seberapa cepat Anda akan meraup untung dari bisnis online? Semua tergantung apakah Anda punya strategi dalam memulai bisnis Anda. Karena seperti bisnis riil konvensional, pemirsa internet adalah juga sekumpulan manusia dengan kebutuhan dan minat tertentu. Kita tidak bisa datang dengan mata tertutup.

Tips memulai bisnis online

Memulai sesuatu, tak terkecuali bisnis online, membutuhkan persistensi dan gairah yang kuat. Terkhusus dalam meraih peluang bisnis online, Anda perlu mencermati beberapa hal berikut.

#1 – Tentukan produk bisnis Anda.

Lakukan riset terlebih dahulu terkait peluang bisnis online yang akan Anda lakukan. Anda bisa mencari tahu seberapa besar potensi bisnis yang akan anda jalankan dengan melihat beberapa bisnis yang hampir sama dengan bisnis yang akan Anda jalankan. Dengan demikian Anda bisa lihat apa yang menjadi tantangan dari bisnis semacam yang anda lakukan.

Ada dua pilihan peluang usaha online, yaitu bisnis jasa atau bisnis produk. Namun, Anda tak perlu hanya memilih 1 di antara keduanya. Temukan solusi apa yang bisa diberikan produk bisnis Anda. Gunakan itu sebagai dasar menggamit peluang bisnis online Anda.

Jenis produk yang banyak dibeli di toko online

Anda perlu belajar mengenai metode dari beberapa sistem bisnis yang sebelumnya sudah sukses dalam menjalankan usaha. Anda perlu juga mengukur peluang usaha Anda. Misalnya dengan memastikan adanya keunggulan dari bisnis Anda yang bisa membuat pelanggan Anda tetap menjatuhkan pilihannya kepada Anda

#2 – Promosi. Tunjukkan bisnis Anda.

Di sini, Anda perlu meyakinkan banyak orang bahwa bisnis yang anda bangun ialah bisnis yang berkualitas. Tunjukkan pula, bahwa semua didukung kemampuan Anda yang telah mumpuni.

#3 – Bangun website yang representatif.

Hosting dengan domain murah

Terkait domain ini, anda harus temukan yang cocok dengan brand Anda. Ini karena domain website akan berpengaruh terhadap bisnis Anda. Domain yang cocok akan mengoneksikan lebih banyak orang ke bisnis Anda.

Simak artikel domain gratis untuk menemukan penyedia nama domain tak berbayar.:

Selain itu, jika Anda betul-betul ingin merambah bisnis yang berkelanjutan, ada baiknya menggunakan situs web berbayar. Bikin toko online yang menarik meningkatkan peluang usaha Anda. Dalam hal tertentu, Anda barangkali akan diuntungkan oleh aplikasi website builder. Aplikasi ini menghasilkan desain website profesional yang mudah dipakai orang awam.

Nah, setelah mengetahui seputar peluang bisnis online, semoga Anda dapat menjalankan bisnis online dengan lancar.


Avatar
Redaksi

Redaksi


Hostinger logo
9.7 /10
9.5 /10
7.0 /10