Magento adalah CMS Ecommerce Utama bagi Pebisnis Yang Serius

Avatar

Redaksi

0 komentar

2018-November-20th

CMS ecommerce Magento adalah pemimpin inovasi eCommerce berbasis cloud. CMS ecommerce ini menjadi #1 dalam daftar Internet Retailer Top 500 sebagai brand paling sukses di Amerika Utara. Salah satu tawaran yang menonjol adalah elemen kreasi pengalaman digital yang luar biasa dan lintas channel (omnichannel).

Apa itu Magento? Magento adalah cms ecommerce

Apa itu Magento?

Magento adalah platform terdepan dalam hal inovasi open commerce. Tiap tahunnya Magento menangani volume perdagangan kasar senilai lebih dari $100 miliar.

Pemilik website toko online umumnya mengenal Shopify atau Prestashop.

Namun, mereka belum benar-benar memahami apa itu CMS ecommerce Magento.

Magento dengan sukses menggabungkan pengalaman belanja digital dan fisik, yang pada akhirnya menyenangkan para customer. Selain terkenal sebagai platform commerce open source, Magento juga menawarkan layanan berbasis cloud, yang mencakup fitur plugin, asosiasi retail hingga teknologi manajemen pesanan.

Adobe buying Magento

Magento saat ini bagian dari Adobe, pimpinan industri desain dan konten/data digital. Kolaborasi mereka menghasilkan layanan Adobe Experience Cloud.

Ini adalah layanan orkestrasi pemesanan untuk produk fisik dan digital, misal produk konsumsi, retail, grosir, pabrikan hingga sektor publik.

Tingkat penjualan aplikasi CMS eCommerce ini bernilai 72% seluruh penjualan online di Amerika Utara.

Dua Jenis CMS eCommerce Magento

Platform Magento tersedia dalam dua versi. Satu yang versi gratis dan versi yang berbayar.

1. Magento Open Source

Magento Open Source - sebelumnya disebut Magento Community Edition.Versi gratis ini disarankan untuk Anda pemilik UKM atau bisnis yang sudah mapan, namun, baru belakangan ini ingin mencoba masuk ke ranah online.

Magento Open Source

Magento Open Source adalah platform komunitas. Sejak rilis beta pertama diluncurkan pada 2007, Magento Open Source telah dikembangkan dan disesuaikan untuk menyediakan platform eCommerce dasar untuk semua orang. Pengembang boleh mengimplementasikan file inti dan memperluas fungsinya lewat plugin dan modul baru.

Meski gratis, Magento Open Source punya banyak fitur menarik. Pengguna Magento Open Source bisa dengan mudah menganalisa data penjualan di toko online mereka. Fitur Magento Business Intelligence Essentials menyediakan hal ini ke setiap pedagang di Magento. Mereka akan mendapat analisa laporan yang solid.

Anda juga bisa menghubungkan database Anda lalu mendapat akses langsung ke 100 template analisa, seperti lifetime value, repeat purchase probability dan penggunaan kupon.

Namun, seiring perkembangan bisnis Magento, masa guna versi gratis ini tidak akan lama lagi. Dukungan untuk Magento 1 Open Source e-Commerce akan berakhir pada Juni 2020.

2. Magento Commerce

Magento Commerce - sebelumnya disebut Magento Enterprise Edition. Diluncurkan sejak 11 April 2016, platform berbayar Magento ini adalah CMS pasangan atau Platform-as-a-Service (PaaS). Layanan berbasis platform adalah kategori layanan platform cloud computing sehingga pengguna bisa menciptakan dan menjalankan aplikasi tanpa perlu pusing menangani maintenance infrastruktur (yang erat dalam proses launching aplikasi).

PaaS adalah cara untuk memasarkan perangkat lunak melalui pihak terkait sebagai pelanggan menyewa platform dengan membayarnya setiap bulan, sebagai gantinya CMS ecommerce Magento memberi sistem yang terus diperbarui, sudah terpasang dan dihosting di Cloud server.

Versi berbayar ini cukup versatile dan komplit. Tidak hanya untuk korporasi besar dengan volume transaksi tinggi, Magento Commerce juga bisa dimanfaatkan pelaku UKM online.

Anda bisa juga bisa meningkatkan performa toko di Magneto. Tersedia solusi Order Management, Business Intelligence Pro dan Extension Marketplace

Magento adalah

Instant Purchase, salah satu fitur unggulan Magento Commerce, mempersilakan customer untuk menyimpan alamat penagihan. Juga bisa menyimpan metode pembayaran untuk checkout dengan hanya sekali klik. Hasilnya customer akan lebih senang berbelanja, terutama bagi mereka yang berbelanja lewat gawai.

Apa Saja Kegunaan Magento?

Platform CMS ecommerce Magento sangat terstruktur. Pengguna dapat menambah fungsi semudah menginstall plugin dan tema.

Magento sendiri juga memiliki alat pemasaran yang kuat. Selain mampu mengontrol semua aspek SEO (optimasi mesin pencari), Anda juga mendapat akses ke alat manajemen katalog.

  • Analisa dan optimasi pengalaman belanja. Analytics dan kemampuan optimasi untuk perusahaan kini menjangkau bisnis kecil menengah. Integrasi Launch, dari Adobe, dengan Magento membantu pedagang untuk menganalisa data penjualan dan optimasi pengalaman belanja.
  • Jangkau audience yang lebih jauh. Magento berkolaborasi dengan pemimpin marketplace dan advertising digital, seperti Amazon Sales Channel dan Google Merchant Center and Advertising Channels. Hasilnya adalah pengguna Magento Commerce akan mampu merengkuh dan berpromosi di platform tersebut dengan lebih efektif.
  • Mobil experience yang menjual. Mobile commerce via gawai saat ini semakin matang, namun banyak pedangang kesulitan menaikkan tingkat konversi mobile yang rendah. Magento Progressive Web Applications (PWA) Studio punya solusinya dengan mempersilakan pedagang dan developer untuk menciptakan mobile experience yang aman, cepat dan menarik.
  • Performa yang terus di-maintenance. Pada update 9 Oktober 2018, CMS ecommerce Magento memperkenalkan BulkAPI dan Asynchronous API yang meningkatkan elemen integrasi

Cara Install Magento

Tantangan memakai magento adalah ia secara default dan eksklusif hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Maka bagian ini akan sedikit Anda memberi panduan yang lebih mudah diikuti. Salah satu bagian yang akan kami terangkan adalah cara install Magento - satu langkah awal yang memulai segalanya.

Sebagai tes, panduan kali ini melakukannya di Windows 10. Hosting Anda mungkin akan memiliki beberapa distribusi GNU / Linux. Perbedaan tersebut saya rasa bukan masalah. Anda masih bisa mengikuti tutorial cara install Magento ini dan melihat langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Persiapan File dan Database

Seperti umumnya aplikasi CMS, Magento perlu 'dirakit' agar menjadi framework kerja yang utuh. Pada titik ini, Anda perlu mengunduh beberapa file dari web resmi Magento, juga membuat database MySQL sebagai tempat pengolahan data ecommerce Anda nantinya.

1. Periksa system requirement Magento

Sistem operasi CMS ecommerce Magento membutuhkan satu framework dasar agar bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini di antaranya. Anda bisa melihat persyaratan lengkap Magento di laman Magento System Requirement Tech:

  • Server: Apache 2.2/2.4, atau nginx 1.8
  • Database: MySQL 5.6
  • PHP: versi 7.0.2 / 7.0.4 / 7.0.6-7.0.x

2. Aktifkan beberapa file ekstensi file server berikut.

Saya tak memungkiri, bahwa cara install Magento cukup menantang. Sebelum instalasi, Anda harus mengaktifkan dua ekstensi pada:

  • File php.ini dari server, satu adalah php_xls.dll , php_soap.dll, dan
  • File php_intl.dll

Kita lakukan aktivasi dengan menghapus titik koma sebelum nama ekstensi. Kemudian, silakan restart server Apache.

Aktifkan file php.ini Aktifkan file php.ini

3. Unduh file Magento

Panduan cara install Magento ini menggunakan Magento Open Source versi 2.2.4. Untuk menggunakannya, kita harus mengunduhnya dahulu dari Situs Resmi Magento. Pilih versi Magento Anda lewat tombol drop-down. Lalu, klik Download (dan daftarkan akun bila ini pertama kali Anda memakai Magento).

Situs resmi Magento Tech Resource

4. Buka file unduhan CMS ecommerce Magento dan simpan ke komputer.

Berikut adalah langkah bila Anda memakai server sendiri (PC): Tunggu sampai file Magento Open Source versi 2.2.4 selesai diunduh. Bila sudah, Anda bisa membukanya menggunakan aplikasi WinRAR dan menempatkannya di dalam folder web server Apache (dalam kasus ini menggunakan htdocs ; bila dengan folder web server lainnya, mungkin adalah www ).

Extraction path Magento Open Source files

Berikut adalah langkah bila Anda memakai Web Hosting. Anda bisa menyimpan file Magento ke web hosting melalui dua cara:

  • Memakai protokol transfer file (FTP). Bila terdapat FTP di web hosting, Anda bisa pakai app client seperti FileZilla, lalu mengunggah file Magento (yang sebelumnya sudah Anda ekstraksi/dekompres menggunakan WinRAR).
  • Memakai file manager yang tersedia di cPanel akun Hosting Anda.

5. Buat database MySQL.

Pembuatan database MySQL adalah bagian dari cara install Magento. Untuk ini, saya memakai  phpMyAdmin (server lokal saya adalah http://localhost/phpmyadmin). Di situlah kita bisa membuat database, seperti berikut ini:

  • Klik menu New di panel kiri phpMyAdmin
  • Masukkan nama 'magento' di kotak kosong di bawah Create Database
  • Klik tombol Create
phpMyAdmin database Magento

Proses Instalasi Magento

Sekarang file cms ecommerce Magento sudah diletakkan di server. Database pun sudah dibuat. Mari kita mulai 'instalasi' yang sebenarnya!

1. Akses localhost Magento.

Cara install Magento via server mudah saja. Masukkan URL folder Magento ke browser anda. Dalam panduan ini, saya menaruh file instalasi di alamat URL  http://localhost/magento.yang bila diakses akan menampilkan jendela awal instalasi Magento.

Pada halaman di bawah ini, klik tombol Agree and Setup Magento, yang artinya setuju syarat & ketentuan, lalu mulai install. Setelah itu sistem akan memeriksa terlebih dahulu bahwa semua persyaratan dipenuhi.

2. Jalani tahap pengecekan Magento.

Tahap awal cara install Magento adalah Readiness Check, atau pengecekan kesiapan. Klik tombol oranye Start Readiness Check dan Anda akan melalui proses pengecekan sistem Magento.

Readiness Check Magento

3. Penambahan database MySQL Magento.

Tahap selanjutnya adalah memasukkan informasi database MySQL yang tadi sudah Anda buat. Ini terdiri dari menentukan informasi database, nama, host, hingga password.

Add a database Magento MySQL

4.Konfigurasikan web Magento Anda.

Langkah keempat cara install Magento dapat dibagi menjadi dua.

  • Web Configuration (atau konfigurasi web) terdiri dari URL yang akan digunakan untuk membuat toko dan juga URL untuk panel administratif.
  • Advanced Option (atau opsi lanjutan) memungkinkan untuk menentukan parameter masalah yang teknis dasar pengoperasian toko. Namun, hal ini bersifat opsional.
Configure Magento web Advanced Option Magento

5. Kustomasi tampilan dan regional toko.

Langkah kelima cara install Magento berkaitan dengan konfigurasi regional toko. hal yang harus diperhatikan yaitu menentukan masalah seperti Zona Waktu, Mata Uang, dan Bahasa. Bagian bawah disebut Konfigurasi Modul Lanjutan dapat dibiarkan dengan opsi default. Berikut adalah ekstensi dan modul yang akan dipasang di sistem.

Konfigurasi toko Magento

6. Masukkan info administratif toko Magento Anda.

Langkah instalasi berikutnya adalah memasukkan informasi dari akun administrasi situs Magento. Anda hanya perlu memasukkan, dan mengkonfirmasi, alamat email dan password yang Anda gunakan di sini. Lalu Anda klik tombol Next.

Cara install magento

7. Mulai install Magento.

Berikutnya, Anda masuk ke halaman terakhir proses instalasi. Klik tombol oranye Install Now. Tombol ini akan memicu proses instalasi Magento.

Cara install Magento Install now

8. Instalasi sukses. Lalu masuk ke panel admin Magento.

Halaman seperti berikut ini menunjukkan instalasi CMS ecommerce Magento telah berjalan sukses. Anda juga bisa mencermati tiap data dan informasi adminstrasi yang relevan.

Klik tombol oranye Launch Magento Admin untuk masuk ke panel admin Magento Anda!

Cara Install Magento telah sukses

Administrator

Ketika masuk ke panel admin Magento, kita akan dibawa pada jendela login. Di situ, kita harus memasukkan credential (alamat email dan password) yang telah ditentukan sebelumnya selama instalasi.

Bila seluruh data kredensial Anda benar, Anda akan dibawa pada Dashboard seperti berikut ini.

Panel dashboard magento

Di sebelah kiri panel, Anda akan melihat jajaran menu admin Magento. Sejumlah menu tersebut memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Dashboard : Papan kontrol. Ini memungkinkan kita untuk memiliki akses cepat ke informasi yang relevan (Laporan Penjualan, Pesanan, dll.).
  • Sales : Manajemen penjualan dan pesanan yang akan dilakukan.
  • Catalogue : Dapat mengelola produk dan layanan yang ditawarkan.
  • Customer : Toko online tidak lengkap jika anda tidak memiliki manajemen yang tepat dari pelanggan anda.
  • Marketing : Penjualan yang baik tidak hanya dicapai dengan menampilkan produk dalam pameran fisik atau virtual, tetapi juga menciptakan kebutuhan dalam pengunjung. Melalui pemasaran yang baik yang dikelola dari modul ini dan dapat mencapai konversi melalui penawaran atau bahkan melalui ulasan produk anda oleh pembeli lain.
  • Content: Di sini kami mengelola semua yang berkaitan dengan desain dan tampilan toko. Dari Widget ke Tema baru yang mengubah seluruh aspek.
  • Report: Manajemen yang baik dari sebuah toko online harus dikelola dengan informasi yang benar dan divisualisasikan dengan benar. Ini dicapai melalui bagian Laporan Magento kami. Baik itu Pesanan, Penjualan, Pajak, Pengiriman, kita bisa mendapatkan semua informasi hanya dengan beberapa klik.
  • Shop: Magento memiliki kemampuan yang sangat khusus untuk memungkinkan dalam membuat toko yang berbeda di bawah sistem yang sama. Artinya, kita dapat memiliki beberapa "halaman web" jika kita memiliki cabang, atau produk yang sangat beragam. Misalnya, toko elektronik dan pakaian eksklusif, tetapi di Administrasi kita bisa mengelolanya bersama.
  • System: Jika kita perlu menentukan lebih banyak fungsi yang lebih maju atau terperinci, kita dapat melakukannya di sini.
  • Discover Partners and Extensions : Melalui Pasar Magento kita dapat memperoleh fungsi tambahan melalui plugin yang terintegrasi ke dalam sistem yang telah kita terapkan.

Magento adalah CMS eCommerce bagi yang Serius Berbisnis

Konsumen berharap tiap interaksi dengan suatu brand bisa kontekstual, intuitif dan penuh makna. Namun, banyak perusahaan kesulitan untuk menghadirkan pengalaman pribadi secara konsisten di antara banyaknya touchpoints, data dan konten.

Inovasi Magento akan memampukan banyak perusahaan, dari skala bisnis apapun, untuk menjadikan interaksi konsumen yang lebih kuat, sehingga tiap pengalaman berbelanja menjadi berkesan.

Berbeda dengan kebanyakan platform ecommerce berbayar. Magento Commerce, versi berbayar CMS ecommerce ini, sendiri tidak mengkhususkan pada korporasi atau bisnis yang established. Bisnis UKM juga mendapat tempat dalam layanan Magento, lewat solusi toko online dan marketing yang optimal dan relatif terjangkau.


Avatar

Written by Redaksi

Didirikan oleh para pengguna web hosting sama seperti kamu, redaksi webhostingterbaik.id terdiri dari berbagai kalangan profesional yang mencintai satu hal yang sama, yaitu memanfaatkan internet sebagai media berbagi kebaikan seluas-luasnya. Tak perlu mentraktir kopi, redaksi sudah sangat bahagia ketika kamu dan pembaca lainnya benar-benar menemukan apa yang dibutuhkan di sini.

Disclosure :

Our reviews include affiliate links and if you choose to buy a product, you help support the running of this blog. However, we are not sponsored by any of the providers so we can keep our reviews honest and transparent. Read more...
Beri Komentar

* your email will not be displayed