Banyak Kerja Online Yang Menjanjikan – Mana yang Cocok untuk Anda?

Avatar

Redaksi

0 comments

2018-November-19th at 11:17

Saat ini persaingan di dunia kerja makin ketat. Mahasiswa dengan titel perguruan tinggi belum tentu akan mendapat pekerjaan layak. Di sisi lain, teknologi berkembang pesat dan siapapun yang cepat beradaptasi justru mendapat peluang kerja lebih baik.

Nah, Anda, dengan pengalaman apa pun, bisa juga berpeluang kerja online seperti ini.

Profesi online pun makin disukai saat ini. Anda bisa kerja di mana saja senyaman Anda. Jenis profesi online pun sangat beragam. Bukannya tidak mungkin, bahwa minat atau bakat Anda akan tersalurkan di salah satu profesi ini.

Jenis Profesi Kerja Online

Jenis Profesi Kerja Online

Inovasi teknologi internet berjalan sangat cepat. Begitu pun dengan perkembangan dunia kerja.

Jika kita lihat sekarang, banyak jenis pekerjaan baru yang sulit dibayangkan ada 5-10 tahun lalu. Keahlian yang dicari pun banyak yang baru. Tak mengherankan, bahwa peluang kerja online memberi semangat baru bagi angkatan kerja muda saat ini.

Apa saja jenis-jenis profesi kerja itu? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Pencipta Konten (Content Creator)

Kerja online sebagai Content creator

Blogger

Profesi online ini tidak asing lagi para peselancar dunia maya. Dengan blog atau website, Anda dapat membagi hobi Anda kepada seluruh orang di dunia, sehingga orang yang mempunyai hobi yang sama dengan Anda akan menjadi pengikut blog atau website Anda.

Kerja online jadi content writer dailysocial.com Kerja online jadi content writer omkicau.com

Saat kunjungan dan subscriber blog Anda jumlahnya meningkat, maka peluang mencari profit (monetizing) blog Anda terbuka lebar. Misalnya, lewat pemasangan iklan atau tawaran konten premium/khusus member blog Anda. Ketika kualitas konten blog Anda bagus dan membantu, teknik profit tersebut tentu akan diterima.

Freelance Content Writer

Kerja online sebagai content writer whiteboardjournal

Ini profesi bagi yang suka dunia tulis menulis. Menjadi penulis artikel online bisa memberi kebanggaan tersendiri. Tentunya, terbuka peluang untuk medapatkan penghasilan dari hasil menulis.

Ada banyak media online yang membuka ruang bagi penulis lepas. Topiknya bisa mencakup teknologi, sastra-budaya, fashion, hingga travel writings. Contohnya, media seperti Whiteboard journal membuka ruang untuk tulisan Anda yang berkaitan dengan sastra, budaya, atau opini.

Freelancer copywriter

Copywriting adalah profesi penulisan konten untuk iklan. Copywriter umumnya bekerja untuk sebuah agensi marketing-advertising dan menulis iklan radio, TV, baliho outdoor atau konten digital. Berbeda dengan content writer, seorang copywriter umumnya hanya perlu menulis kalimat atau paragraf singkat yang menarik, ear-catching.

Kerja online sebagai copywriter samarowais.com

Di era internet, seorang copywriter pun tak perlu ikut agensi untuk mencari klien. Ia bisa membuka web pribadi berisi portofolio karyanya. Misalnya, web Samar Owais, seorang copywriter lepas, berisi keterangan apa saja keahlian yang ia punya. Selain berisi testimoni para klien, ia tentunya menaruh beberapa link di tempat strategis yang mengantar calon klien untuk menyewa jasanya..

2. Online Entrepreneurs

Kerja online sebagai online marketer

Seller Online Shop

Kini berbelanja melalui online lebih diminati oleh banyak orang. Selain mudah juga dapat menyediakan berbagai barang yang kuantitasnya lebih banyak. Membangun online shop sangat mudah sekali, bahkan Anda tidak perlu memerlukan modal yang banyak untuk memulai bisnis.

Kerja online jadi seller di etsy.com

Anda dapat memulai profesi online / kerja online ini dari dropship kemudian reseller bahkan Anda dapat menjadi agen dan distributor suatu produk.

Affiliate Marketer

Ketika Anda sudah mempunyai blog atau website, namun belum mempunyai produk untuk dijual. Anda dapat menjual produk orang lain baik itu berbentuk fisik maupun dalam bentuk digital. Sehingga Anda dapat memanfaatkan blog atau website Anda menjadi sebuah bisnis.

Kerja online jadi affiliate marketer di amazon associates

Salah satu jaringan affiliate program adalah Amazon Associates. Di sini Anda bermitra dengan Amazon lewat pemasangan iklan produk yang mereka distribusikan. Media Anda adalah blog atau website Anda. Dan... Anda akan mendapat komisi (dalam US Dollar) sebesar hingga kira-kira 10% biaya iklan.

Pengajar Online

Bagi para guru yang ingin mengajar murid dengan hal yang berbeda, Anda harus mencoba kerja online menjadi guru online. Anda dapat menjadi seorang guru online sesuai dangan bidang mata pelajaran yang Anda sukai.

Kerja online jadi pengajar di quipper

Sebagai contoh, channel Quipper Indonesia di Youtube. Situs ini berisi video pembahasan ,aterial pelajar sains di sekolah. Karena kualitas konten yang bagus, Quipper kini menjadi salah channel edukasi paling sukses, dan profitable, di Indonesia.

3. Developers

Kerja online sebagai web develoepers

Web Designer dan Web Developers

Front-End Back-End

Bagi Anda yang mengerti tentang web lebih dalam, Anda dapat mencoba menjadi web designer.

Tugas dari salah satu jenis profesi kerja online ini yaitu menciptakan dan memelihara suatu web terutama bagian front end website, coding,  dan back end website merupakan hal yang harus Anda tekuni.

Sementara itu, untuk pakar IT, bisa bergerak di bidang web development. Ia membuat aplikasi atau struktur suatu web. Dalam hal ini, web developers mempunyai peranan penting sebagai penghubung dari semua sumber daya sehingga dapat digunakan pada sebuah website.

Munculnya 4 kerja online yang sangat menjanjikan

Pertumbuhan teknologi menciptakan trend baru dan meninggalkan trend lama. Dari sekian banyak profesi, ada beberapa yang memiliki peluang besar di masa depan. Pertama, karena profesi ini masih baru, sehingga pesaing pun masih sama-sama berusaha menguasai profesi ini. Kedua, adalah karena tren internet sendiri yang mendukung kerja online berikut.

Kondisi seperti ini menuntut kita untuk dapat mengupgrade diri, meningkatkan skill, dan mempelajari hal yang baru agar dapat bersaing di era digital.

Berikut ini adalah beberapa jenis lowongan kerja 2018 yang muncul di zaman sekarang dan dulunya tidak ada.

1. SEO Specialist & Content Writer

Profesi online ini dulu tidak begitu dikenal. Bahkan, sekarang pun masih asing di telinga banyak orang. Namun, sejak Google menjadi raja search engine, banyak perusahaan mencari kru ahli SEO, terutama bila mereka mmeiliki website resmi.

Tugas seorang SEO Specialist adalah membuat agar website yang dioptimasi masuk ke halaman pertama dalam pencarian Google sesuai dengan keyword yang ditargetkan dan berusaha agar website mendapat peringkat setinggi mungkin di Google.

Jika website berada pada page one atau halaman pertama maka peluang orang untuk mengunjungi website akan semakin besar.

Salah satu yang dikerjakan spesialis SEO adalah mencermati SEO on page. Ini adalah salah satu jenis SEO yang menitikberatkan pada halaman suatu website. Banyak kriteria dari seo on page diantaranya adalah:

  • pemilihan keyword,
  • penempatan keyword pada judul,
  • penggunaan sub heading,
  • meta description,
  • alt image, dan masih banyak lagi.

Efek dari on page yang dioptimalkan dapat mempengaruhi peringkat website pada search engine. Jadi untuk sebuah lowongan kerja content writer modern saat ini yang dibutuhkan bukan hanya pandai dalam menulis dan menyusun sebuah artikel, namun dibutuhkan juga keahlian SEO on page.

2. Digital Marketing

Sama seperti tenaga SEO, profesi digital marketer sedang naik daun. Dulu, promosi banyak melalui media cetak dan elektronik, seperti radio dan televisi. Saat ini akses internet semakin murah, mudah, dan cepat sehingga promosi melalui media online menjadi suatu keharusan.

Digital Marketing

Cakupan digital markeitng umumnya tak jauh beda dengan SEO. Anda akan melakukan kampanye digital melalui website, sosial media, forum, marketplace. Tujuannya sama, yaitu agar terjadi transaksi jual-beli.

3. Social Media Specialist

Media sosial di tahun 2000-an, seperti kemunculan Friendster, Facebook, Twitter, hingga Snapchat, adalah fenomena virtual. Di medsos, orang bisa berbincang. Mereka juga bisa bertemua kawan lama, atau membentuk komunitas baru. Tak heran, media sosial menjadi 'pusat keramaian' dengan potensi marketing yang luas.

Social media use in asia pacific

Facebook, sebagai contoh, memunculkan fitur Facebook Ads. Dengan komunitas yang besar, produk FB Ads ini cukup sukses. Karena bisa melakukan penargetan berbasis data (data-based targetting), ia banyak digunakan dalam metode kampanye media sosial.

Facebook ads layout

Mungkin dulu tak terpikirkan ada peluang kerja di sarana hiburan tersebut. Namun, toh lowongan kerja online sebagai spesialis media sosial kini menjamur.

Media yang ditangani pun tak hanya FB, ada juga Twitter, Instagram, Youtube, Snapchat, LinkedIn dan media lainnya.

Tujuannya lagi-lagi: konversi dan meningkatnya kesadaran publik terhadap brand suatu perusahaan. Cukup mudah, bukan?

4. AdSense Publisher

Lagi-lagi jenis-jenis profesi ini muncul karena ketenaran Google. Publisher adalah mitra pemasangan iklan digital. Dengan menjadi publisher, Anda bekerja secara mandiri untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah melalui Internet.

Google AdSense

Syaratnya mudah. Anda cukup memiliki website Blogger, lalu mendaftar di Google AdSense. Banyak orang mengakui mendapat profit hingga jutaan dari menyediakan space iklan untuk Google AdSense ini. Walaupun memang, blog atau website Anda sudah harus memiliki tingkat traffic yang tinggi. Juga, memiliki kualitas konten, yang setidaknya non-plagiarisme.

Prasyarat lain adalah menyewa hosting terbaik. Hosting abal-abal hanya akan membuat bisnis AdSense Anda runyam.

Sarana Pendukung Kerja Online

Itulah jenis-jenis profesi kerja online yang dapat Anda tekuni. Jika dicermati, kecuali sebagai Social Media Strategist, profesi online mensyaratkan Anda memiliki website atau blog terlebih dahulu. Website itu bisa dipakai sebagai etalase portofolio, tempat klien bisa menghubungi Anda, atau menjadi media yang disewakan ke layanan seperti Google AdSense.

Maka, bila Anda belum memiliki domain dan hosting, ada baiknya Anda mempertimbangkan memiliki 2 hal tersebut. Saat ini, hosting provider kerap menawarkan hosting murah yang gratis domain. Nah, Anda bisa memanfaatkan layanan seperti itu.

Percayakan website dan kerja online Anda ke hosting provider terbaik. Mulailah bisnis Anda sekarang. Semoga ini menjadi jalan peluang usaha online, yang mandiri dan memberikan banyak keuntungan bagi Anda.


Avatar
Redaksi

Redaksi


Hostinger logo
9.7 /10
9.5 /10
7.0 /10