Harga Pembuatan Website – Bisa Seberapa Murah?

Avatar

Redaksi

0 comments

2019-April-8th at 3:08

"Gimana ya caranya biar dapat harga pembuatan website yang murah, tapi hasilnya (kalau bisa) bagus banget?" Seorang kawan bertanya hal tersebut untuk proyek tugas akhirnya.

Saya hanya diam sebentar, sambil menggaruk-garuk dagu saya yang gatal.

Kisaran harga bikin website memang terentang seperti ayunan pendulum. Misalnya, web development untuk situs high-end bisa makan budget ratusan juta (dan digarap berminggu-minggu). Namun... alternatif murahnya juga ada. Yang gratis pun ada.

Maka, merencanakan platform harga untuk bikin website hendaknya bisa dibikin simpel. Mari kita lihat alternatif apa yang ada di tangan Anda!

harga pembuatan website

Harga Pembuatan Website Semakin Murah

Yup. Ongkos membuat website sudah tidak semahal 10 tahun yang lalu.

Teknologi pembuatan web telah begitu mutakhir. Sampai-sampai seorang amatir kini bisa mencipta website seperti seorang profesional. Bikinnya pun langsung dari rumah saja. Caranya? Dengan memakai software seperti website builder atau CMS. Ongkosnya tipis-tipis saja, tidak lebih mahal dari satu loyang pizza.

Jasa web development

Namun, di tengah makin terjangkaunya ongkos bikin website, jasa web development toh masih eksis; pasarnya masih ada. Artinya, ada keahlian yang masih memiliki nilai jual dari para web developer atau desainer di agensi (tentunya dengan tarif premium). Biasanya, mereka bisa membuat kustomisasi desain yang unik, kompleks... dan tentunya minim cacat.

Melihat dua kemungkinan itu, kita bisa bertanya: bisa semurah apa website yang akan saya buat ini?

Maka, setidaknya Anda perlu mempertimbangkan 3 hal berikut:

  • Apakah Anda hendak membuat sendiri website Anda?
  • Mau dibuat seberapa unik website Anda?
  • Mau difungsikan sebagai apa website Anda kelak?

Bila Anda hendak membuat sendiri website Anda, gunakan saja website builder atau CMS. Kalau Anda tidak bisa (atau tidak ada waktu), berarti berarti Anda perlu menyewa jasa pembuatan website atau membeli website yang sudah jadi.

Jasa pembuatan website

Kemudian, perbedaan harga akan tergantung dari tingkat kerumitan dalam pembuatannya. Semakin rumit dan banyak fitur, suatu website akan semakin mahal harganya.

Website yang hanya berisi teks visi, misi dan berita korporat tentu lebih murah pembuatannya daripada jenis website jual-beli (e-commerce).

Lalu, ada detail kecil-kecil yang ikut menentukan. Misalnya, jenis fitur, sumber daya yang mengerjakan, biaya hosting dan domain yang digunakan, hingga mungkin jasa optimasi SEO.

Maka, mari kita melihat 3 metode pembuatan website berikut, yaitu (a) membeli website yang sudah jadi; (b) menyewa jasa pembuatan website; dan (c) menggunakan website builder. Nantinya, kita bisa memperkirakan harga pembuatan website dari cara-cara tersebut.

Beli website yang sudah jadi

Kisaran harga: 1-20 juta rupiah

Website yang Anda beli adalah yang sudah jadi. Alias, website yang sudah ada dan siap pakai.

Namun, Anda perlu terima segalanya apa adanya. Website seperti ini tidak dapat disesuaikan dengan usaha yang sedang anda jalani. Mau tidak mau, nama website dan isi content sesuai yang sudah ada di sana. :

Flippa

Harga Pembuatan Website Flippa

Flippa.com adalah sebuah marketplace khusus untuk jual beli bisnis, termasuk jual beli website. Sebagai bagian dari startup web SitePoint, Flippa cukup digemari entrepreneur bisnis web. Ada sekitar 5.000 bisnis dan domain baru yang dijual di sini tiap harinya. Transaksi jual beli pun sudah dibuat simpel dan aman.

Flipppa adalah start-up internasional. Maka, transaksi Anda alam kurs dollar AS. Harga web yang dijual berkisar antara $20-2.000. Jika anda menjual dan membeli di sana, tentu saja ada sejumlah dana yang harus dibayarkan ke Flippa sebagai penyedia pasarnya.

Forum ads.id

Harga Pembuatan Website ads.id

Banyak forum virtual berisi member yang menjual website yang sudah jadi. Di Indonesia contohnya forum ads.id dan kaskus.

Namun bagi anda yang tidak pernah aktif diforum dan belum pernah memiliki pengalaman membeli website, tidak saya sarankan untuk membeli melalui forum.

Namun, perlu dipahami: resiko untuk membeli di forum adalah cukup besar.

Pertama, Anda harus mengetahui siapa penjualnya. Harus dipastikan dahulu bagaimana track record si penjual di forum sebelum melakukan transaksi. Kedua, sangat disarankan menggunakan rekening bersama (rekber) dalam melakukan pembayaran. Perlu diketahui banyak user anonymous di forum yang tidak menggunakan identitas asli.

Sewa jasa web development

Kisaran harga: 1-100 juta rupiah

Biaya sewa jasa web development juga punya karakter harga pembuatan website yang khas. Di sini, kita membeli website dengan cara membayar jasa pembuatan website yang disediakan oleh perusahaan hosting. Bayar, dan terima beres. Begitulah kira-kira. Penyedia jasa juga punya patokan harga masing-masing. Biasanya berkisar dari di atas 1 juta - puluhan juta.

Jasa web development

Ada baiknya Anda sudah punya bayangan konsep website Anda akan seperti apa, sebelum menyewa jasa web development. Lalu, detilnya bisa Anda jelaskan kemudian.

Jangan sampai ketika sudah di tengah jalan, Anda tiba-tiba mengubah pesanan awal anda. Ini memungkinkan dapat menimbulkan biaya tambahan.

Sementara itu, metode ini sebenarnya lebih cocok untuk website usaha kecil menengah (UKM). seperti website profil perusahaan dan website toko online sederhana. Jangan terlalu berharap menyewa agensi untuk membuat situs seperti Tokopedia atau Bukalapak. Jasa seperti lebih mengedepankan layanan web development komersial dan tipikal (memiliki template tertentu).

Masterweb

harga pembuatan website masterweb

Masterweb menyediakan layanan jasa pembuatan website.

Mereka akan mengerjakan website sesuai dengan kebutuhan dan pesanan pelanggan.

Rumahweb

harga pembuatan website rumahweb

Rumahweb menyediakan jasa pembuatan website juga.

Sama seperti jasa pembuatan website lainnya, mereka akan mengerjakan website sesuai dengan pesanan pelanggan.

Bikin sendiri dengan website builder

Kisaran harga: 0 - 200 ribu rupiah

Opsi cepat untuk bikin website adalah dengan memakai website builder. Prosesnya ringkas. Rata-rata hanya perlu 24 menit untuk membuat 1 buah website yang langsung bisa beroperasi.

Ketika anda menggunakan layanan ini, anda tinggal memilih template yang sesuai dengan tema website yang akan dibangun. Anda dapat memodifikasinya sedikit dan website anda sudah siap untuk online.

Kelebih lainnya dari opsi ini adalah Anda tidak perlu lebih dulu jadi ahli coding atau bahasa pemrograman. Siapapun dapat menggunakannya. Selain itu, beberapa provider juga sudah memberikan gratis SSL dan domain. Artinya, ongkosnya lebih murah.

Hostinger Indonesia

Harga Jasa Pembuatan Website Hostinger

Hostinger menawarkan jasa pembuatan website dengan fasilitas web builder.

Paket web builder yang ditawarkan oleh penyedia hosting ini sudah termasuk gratis SSL dan domain. Anda dapat memilih template yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan. Di samping itu, keunggulannya adalah hosting dari Hostinger sendiri, yang sudah dikenal sangat berkualitas.

Bisa semurah apa harga pembuatan website Anda?

Harga jasa pembuatan website sangat bervariasi. Semua tergantung oleh banyaknya fitur dan tingkat kerumitan website yang dibuat.

Hosting untuk usaha kecil

Jika website Anda adalah untuk UKM atau proyek kecil, jasa pembuatan website akan cukup optimal.

Jangan lupa juga gunakan hosting untuk usaha kecil agar website bisa diakses sama baiknya dengan desain situs Anda.

Kalau Anda mencari harga pembuatan website yang murah, Anda bisa coba website builder. Selain Hostinger Indonesia di atas, masih terdapat website builder premium dengan produk berkualitas. Beberapa juga merupakan aplikasi terpisah (disediakan tanpa perlu beli hosting terpisah).

Nah, semoga sukses dalam merencakan pembuatan website Anda berikutnya 🙂


Avatar
Redaksi

Redaksi


Hostinger logo
9.7 /10
9.5 /10
7.0 /10
Leave a Comment