CMS WordPress: Platform Website & Blogging Terbaik Saat Ini

Avatar

Redaksi

3 komentar

2019-Maret-14th

Belajar CMS WordPress

Jika Anda terpikir untuk membuat website, mungkin CMS WordPress adalah aplikasi yang mampir di pikiran Anda.

Alasannya mudah: WordPress adalah pengelola konten website dan blog paling populer di dunia. Market share-nya sampai 78,8%. Dan popularitas ini tak beranjak ke mana-mana.

Banyak yang mengatakan, WordPress cocok dipakai untuk jangka panjang. Padahal, secara model bisnis, WordPress tidak mendukung monetasi AdSense (yang hanya bisa diakses lewat Blogspot). Lalu, apa sebenarnya sisi untung memakai WordPress? Dan... apa sebenarnya WordPress ini?

Pertama, perlu diketahui bahwa WordPress adalah aplikasi CMS.

Apa itu CMS?

CMS adalah singkatan dari Content Management System, aplikasi online yang mengelola penciptaan dan modifikasi konten digital di suatu situs web. Biasanya, platform ini bisa dipakai oleh banyak user secara kolaboratif.

CMS punya banyak fitur. Fitur CMS mencakup platform penerbitan berbasis web, pengelolaan format/style, indexing dan sistem pencarian.

CMS biasanya terdiri dari 2 komponen

  • Content Management Application (CMA), yaitu tatap muka yang dilihat oleh pengunjung web, yang memungkinkan pengguna, dengan pengalaman seminim mungkin, untuk dapat menambah, mengubah dan menghapus konten di website tanpa intervensi pemilik web.
  • Content Delivery Application (CDA), aplikasi yang mengumpulkan informasi dari CMA di atas dan memperbarui konten website.

Pada umumnya, platform CMS membuat aspek content-creation menjadi lebih terintegrasi dan efisien. Misalnya, alamat halaman situs web (URL) sudah disesuaikan dengan sistem search engine optimization (SEO).

Keuntungan lain dari memakai CMS adalah dalam sisi pengembangan. Platform ini secara basic sudah mengatasi problem pengelolaan media (gambar, lagu, link, video), text-formatting dan desain web yang tematis. Lebih dari itu, lewat sejumlah ekstensi atau plugin, fitur yang ditawarkan oleh CMS menjadi sangat beragam.

Most popular content management systems

Berdasarkan statistik persebaran pasar oleh W3Techs, CMS yang paling populer adalah WordPress, yang digunakan lebih dari 32% website di Internet. Peringkat ini diikuti oleh Joomla dan Drupal.

CMS WordPress Adalah Platform Terbaik.

We love WordPress

WordPress adalah CMS gratis berbasis bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Orang banyak menggunakan WordPress untuk blogging. Nnamun, CMS ini sebenarnya juga mendukung tipe konten web lainnya, seperti mailing list dan forum, galeri media, hingga toko online.

WordPress dirilis pada 27 Mei 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little, sebagai pengembangan dari software mereka sebelumnya, b2/cafelog. Agar berjalan, WordPress perlu diinstal pada sebuah server web. Bisa dari layanan web hosting tertentu atau menggunakan hosting WordPress sendiri.

Menurut W3Techs, 32% website aktif di internet saat ini memakai CMS WordPress dan banyak developer WordPress sendiri telah membentuk komunitas yang maju dalam pengembangan aplikasi, plugin, hingga situs edukatif.

Kegunaan CMS WordPress

CMS WordPress adalah senjata para blogger untuk membuat konten.

Kegunaan CMS WordPress Backing system SEO Graphic Design

Platform ini terkenal karena fitur:

  • Dinamis : Tema desain web WordPress bisa Anda ganti sesuka hati. Lebih dari itu, tema pilihan Anda akan menyimpan preferensi Anda, sehingga Anda tak perlu mengatur tema dari awal untuk setiap halaman situs..
  • Update: WordPress dijalankan oleh komunitas pengembang dan blogger. Mereka terus memperbarui CMS WordPress dan menerbitkan rilis di setiap peluncuran versi baru. Setiap versi terbaru (saat ini WordPress 5.0) telah membereskan sejumlah celah (bug) atau menawarkan fitur baru..
  • Layanan permalink: Semua URL situs Anda secara otomatis, dan permanen, ditambahkan ke database mesin pencari, seperti Google. Selain itu, setiap halaman, posting, dan gambar dapat memiliki kata kunci meta tag sendiri, deskripsi, dan judul, dan dioptimalkan untuk kata kunci tertentu, memungkinkan untuk optimisasi mesin pencari yang sangat tepat.  Ini membuat situs Anda teroptimasi ke sistem mesin pencarian.
  • Easy to use: WordPress adalah sistem mandiri dan tidak memerlukan perangkat lunak pengeditan HTML. Anda dapat membuat halaman baru atau posting blog, memformat teks, mengunggah gambar, mengunggah dokumen, file video, galeri gambar, dll. Semua tanpa perlu tambahan perangkat lunak HTML atau FTP.
  • Ready-made Blog: Karena CMS WordPress pada awalnya dibuat sebagai platform blogging, sehingga kemampuan blogging mudah diintegrasikan. Langganan RSS / email ke blog Anda, memberikan berkomentar, dan menambahkan posting blog terbaru ke halaman situs juga sangat mudah untuk diatur. WordPress menjadikan situs Anda lebih dinamis dan interaktif.
  • Ekstensif: Ingin menambahkan kalender, galeri video, halaman Twitter dan Facebook, dan lainnya ke situs Anda? WordPress membuat ini dapat dilakukan dengan plugin. Sebagian besar gratis atau dengan harga sangat terjangkau.

CMS WordPress tidak terbatas pada platform blog saja. Pengguna WordPress juga diberikan berbagai fitur yang memudahkan mereka ketika mengutak-atik platform CMS ini. Jadi, WordPress tidak hanya berpotensi ekstensif. CMS ini pelan-pelan juga bisa mendidik penggunanya agar mahir dalam bidang pemrograman website.

Contoh Situs WordPress

WordPress kian hari, kian membuat terpukau penggemarnya. Tidak hanya untuk membuat Blog, CMS WordPress adalah platform yang sesuai untuk situs E-Commerce, Company Profile, Landing Page, Portal dan lain-lain. Dari 600 juta situs web WordPress, berikut beberapa contoh website yang dibuat dengan platform CMS WordPress.

Situs WordPress1. Little

Dengan dijuliki work by litter situs yang berasal dari Amerika Serikat ini berkembang cukup baik dari segi desain website. Selain gambar website yang ikonik, pemilik situs ini memiliki daya tarik khas dalam hal branding - sehingga memiliki basis follower blog yang cukup kuat.

Situs WordPress2. Wrist

Situs web Wrist adalah galeri sketsa ilustratif yang mengeksplorasi tipografi, warna, mekanika jam, dan segala hal lain mengenai desain jam tangan. Pemiliknya, seorang perancang dan web developer yang tinggal di South Bay, mengupdate konten situsnya dua minggu sekali, dengan 1 brand jam tangan berbeda di tiap posting blognya.

Situs WordPress3. Minerva

Situs online store yang memasarkan berbagai macam brand pakaian dari kalangan low, hingga high-class; dari brand lokal hingga elite. Pengembangan elemen e-commerce yang signifikan juga membantu situs ini dalam segi efisien waktu.

Situs WordPress4. Universitas Indonesia

Ya. Ini adalah situs resmi Universitas Indonesia, atau sering disingkat UI. Ternyata pembuatan website Universitas Indonesia tidak dibangun dari awal kodingan, melainkan dibuat dengan CMS WordPress. Saat artikel ini di buat, website UI tercatat menggunakan tema premium bernama Limitless.

Situs WordPress5. Fubis

Fubis termasuk blog dengan desain cukup menarik. Desain Fubis terbilang modern, dengan sebuah postingan utama sebagai headline dan dilengkapi dengan hero image cukup besar yang dapat memenuhi layar komputer pada saat pertama kali dibuka. Elemen-elemen tersebut terlihat berani, dan juga profesional.

WordPress Hosting Indonesia: Apakah diunggulkan?

Mayoritas web hosting kompatibel dengan CMS WordPress. Namun, di dalam penggunaannya, hanya beberapa layanan saja yang memberikan performa bagus. Hasil tersebut dipengaruhi sejumlah faktor, teknis, marketing dan customer service.

Anda sebaiknya memilih WordPress hosting Indonesia dengan elemen berikut.

1. Punya fitur optimasi WordPress.

Optimasi WordPress bisa berupa integrasi plugin khusus, atau elemen enhancement, misalnya JetPack. Dampak dari optimasi ini adalah proses loading web lebih cepat, setting web lebih efisien dan tambahan fitur esensial. Elemen tersebut akan melengkapi fitur hosting pada umumnya, seperti gratis domain atau layanan backup gratis.

2. Performa hosting stabil dan baik.

Utamakan hosting dengan tawaran uptime di atas 99,9%. Di angka itu saja masih terjadi server terputus, dalam hitungan SLA Calculator, selama 1 menit, 26,4 detik. Tentu, dengan angka uptime lebih mendekati 100%, keseringan server not responding akan makin sedikit. Perlu contoh? Berikut adalah skor uptime 100% dari Hostinger Indonesia.

Hostinger uptime results

Selengkapnya baca review 5 provider web hosting terbaik dengan performa paling stabil di Indonesia.

3. Memakai versi PHP dan MySQL terbaru.

Syarat minimal dari CMS WordPress adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0. Pastikan sebelum mulai publish, setting WordPress telah memenuhi kebutuhan yang ada. Perusahaan yang menawarkan versi PHP, dan MySQL, terbaru dapat memakai suPHP sebagai PHP dan menggunakan web server Apache dengan modul mod_rewrite..Ini akan lebih baik untuk Anda.

4. cPanel mereka cukup familiar.

Setelah registrasi hosting, dan data storing, maka Anda akan diarahkan pada satu halaman control panel. Ini penting - karena panel ini menjadi 'ruang kerja' Anda sebagai webmaster atau blogger. cPanel sendiri adalah control panel yang memberi cara mudah untuk mengelola domain, files, keamanan, dll. Bila hosting provider tidak menawarkan cPanel, usahakan mencoba panel tersebut sebelum memulai pembayaran.

5. Customer service responsif 24/7.

Internet bergulir dengan cepat. Maka, orang-orang yang bekerja di ranah digital ini perlu mendapat respon yang cepat. Anda bisa coba menghubungi tim Customer Support (via telepon, chat, atau WA) dari hosting provider tersebut. WebHostingTerBaik.id sendiri sudah menguji kualitas CS sejumlah provider di Indonesia, yang bisa Anda lihat ulasannya di situs Web Hosting Terbaik.id.

6. Memberi garansi uang kembali.

Garansi 30 hari uang kembali Niagahoster

Beberapa hosting provider ingin memberi rasa aman pada Anda dengan garansi uang kembali. Umumnya, berupa 30 hari atau 90 hari uang kembali.

Jadi, Anda bisa mendapatkan kembali uang Anda, bila dalam kurun waktu itu Anda merasa tidak puas dengan layanan WordPress Hosting mereka. Di sini Anda perlu perhatikan, apa syarat dan ketentuannya, termasuk biaya apa saja yang tidak bisa dikembalikan, juga soal kepemilikan domain.

Kesimpulan: CMS WordPress adalah sebuah platform website.

WordPress adalah platform pengelolaan konten website. Aplikasi ini banyak digunakan untuk website pribadi, profesional, toko online hingga blogging. WordPress terdiri dari 2 jenis, WordPress.com gratis dan WordPress.org untuk self-hosting. Keduanya sama-sama menawarkan desain web, fitur, dan komunitas yang membantu Anda mengelola situs atau blog Anda.

Saat Anda memilih WordPress sebagai platform website, Anda akan bergabung denga 600 juta website yang telah memakai CMS ini.

WordPress Hosting Indonesia adalah layanan yang sudah dioptimalkan untuk WordPress. Dalam hal harga, produk ini berkisar antara Rp 50.000 – Rp 100.000 per bulan, yang umumnya memakai metode shared hosting. Berikutnya, Anda bisa mengoptimasi website WordPress Anda dengan sejumlah cara mempercepat loading website - yang pada akhirnya akan membuat situs web Anda mendapat rating SEO yang baik, serta diminati oleh pengunjung website Anda.


Avatar

Written by Redaksi

Didirikan oleh para pengguna web hosting sama seperti kamu, redaksi webhostingterbaik.id terdiri dari berbagai kalangan profesional yang mencintai satu hal yang sama, yaitu memanfaatkan internet sebagai media berbagi kebaikan seluas-luasnya. Tak perlu mentraktir kopi, redaksi sudah sangat bahagia ketika kamu dan pembaca lainnya benar-benar menemukan apa yang dibutuhkan di sini.

Disclosure :

Our reviews include affiliate links and if you choose to buy a product, you help support the running of this blog. However, we are not sponsored by any of the providers so we can keep our reviews honest and transparent. Read more...
Beri Komentar

* your email will not be displayed

User comments

gogogogow1 gambar
gogogogow1

2019-Maret-25th

Yang paling keren emang nomor 01. Ya WordPress ya Jokowi-Ma'ruf Amin! Jangan lupa 17 April coblos nomor 01 yak! JA NGAN LU PA!

Yang paling keren emang nomor 01. Ya WordPress ya Jokowi-Ma'ruf Amin! Jangan lupa 17 April coblos nomor 01 yak! JA NGAN LU PA!

Joko Asdha gambar
Joko Asdha

2019-Maret-25th

Sayangnya wordpress tu gakbs pake adsense. Makanya gw masih di blogspot. Scr desain web, wordpress menang sih. Tapi gw kan juga butuh duit >.< Lagian kenapa yak WordPress gak mau... Baca lebih banyak

Sayangnya wordpress tu gakbs pake adsense. Makanya gw masih di blogspot. Scr desain web, wordpress menang sih. Tapi gw kan juga butuh duit >.< Lagian kenapa yak WordPress gak mau gabung ke adsense?

Jancukers Alons gambar
Jancukers Alons

2019-Maret-25th

Nggak usah pake wordpress udah. Pakai aja platform blogging/microblog yang ada sekarang. Orang2 udah pada pindah ke platform kayak medium, academia, wattpad atau ke twitter. Kalo pakai platform2 seperti itu,... Baca lebih banyak

Nggak usah pake wordpress udah. Pakai aja platform blogging/microblog yang ada sekarang. Orang2 udah pada pindah ke platform kayak medium, academia, wattpad atau ke twitter. Kalo pakai platform2 seperti itu, kemungkinan dapat pembaca lebih besar dan brand lo juga lebih bagus. Oiya, di indo juga ada kompasiana. Tu kan, denger nama 'kompasiana' aja udah jelas brand nya kayak apa? Tinggal pilih platformnya aja yang cocok ama tulisan lo. Kalo web wordpress sendiri harus bikin brand dari awal. Kerjanya dua kali; udah nulis, masih harus bikin branding lagi...