Apa itu WordPress dan Kegunaan CMS WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi atau platform CMS (Content Management System) yang berfungsi untuk pembuatan blog maupun website. Dengan menggunakan CMS WordPress maka tidak diperlukan penguasaan bahasa pemrograman untuk dapat membuat suatu website. WordPress adalah CMS paling populer di dunia. Kemudahan pemakaiannya yang menyebabkan WordPress menjadi populer dan menjadi pilihan bagi banyak orang.

Sesuai dengan namanya yaitu content management, CMS ini cocok digunakan pada website berjenis blog. CMS akan membuat pengelolaan artikel website menjadi lebih mudah dan teratur baik dalam pengeditan maupun penyortirannya. WordPress bisa lebih baik digunakan oleh team profesional dengan pemanfaatan template yang dapat mempermudah membantu suatu pekerjaan dan dapat di download secara bebas atau membelinya secara premium.

Apa itu WordPress dan Kegunaan CMS WordPress

Kegunaan CMS WordPress

Sederhananya, WordPress digunakan oleh para blogger untuk membuat blog yang berkualitas dengan memanfatkan fungsi yang telah ada.

  • Multi User : memunginkan anda membuat situs komunitas sendiri dengan mengaktifkan multi user, sehingga pengunjung yang mendatangi situs anda dapat berperan aktif.
  • Dinamis : Jika ingin meng-UpdateWordpress anda dengan mengganti tema/template situs Wordpres dapat dengan cepat mengganti tanpa mengulangnya dari awal.
  • Upgrade : Jika versi yang baru muncul maka dengan mudah anda meng-Install-nya ke versi yang lebih baru dan biasanya terdapat tambahan fasilitas dan lainnya.
  • Layanan permalink : Semua URL anda akan secara otomatis ditambah ke berbagai mesin pencari seperti Google secara permanen.

CMS WordPress tidak hanya menjadi sarana untuk pembuatan blog tetapi juga menyediakan tools yang bisa dipakai untuk mempermudah kinerja penggunanya selama menggunakan WordPress.

Situs WordPress

WordPress kian banyak mengalami kemajuan, tidak hanya terpaku pada Blog, namun dapat membuat berbagai macam jenis situs, seperti E-Commerce, Company Profile, Landing Page, Portal dan lain-lain. Sekitar 30% website didunia menggunakan WordPress sebagai platformnya. Berikut adalah beberapa contoh situs berkualitas yang dibuat menggunakan platform CMS WordPress.

1. Little

Dengan dijuliki work by litter situs yang berasal dari Amerika Serikat ini berkembang cukup baik dari segi bidang desain, selain desain, pemilik situs ini memiliki khas daya tarik dalam hal agen brading.

Situs WordPress

2. Wrist

Pergelangan tangan adalah latihan ilustratif dua mingguan untuk mengeksplorasi tipografi, warna, mekanika jam, dan segala hal lain yang masuk ke desain jam tangan. Dimulai dengan salah satu jam tangan, webmaster situs web akan mengilustrasikan jam tangan yang ada serta menjelajahi desain jam baru. Pemiliknya adalah perancang dan pengembang yang tinggal di South Bay.

Situs WordPress

3. Minerva

Situs yang menjajakan berbagai macam brand pakaian dari kalangan low, middle hingga high ada di store tersebut. begitupun dengan brand lokalnya yang sudah banyak di distribusikan menggunakan alamat websitenya, perkembangan yang signifikan dalam penggunaan situs juga dapat membantu dalam segi efisien waktu.

Situs WordPress

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau sering disingkat UI. Ternyata pembuatan website Universitas Indonesia tidak dibangun dari awal kodingan, melainkan dibuat dengan CMS WordPress. Saat artikel ini di buat, website UI tercatat menggunakan theme premium bernama Limitless.

Situs WordPress

5. Fubis

Termasuk blog yang memiliki desain cukup menarik menurut kami, desain fubis ini bisa dibilang modern, dengan sebuah postingan utama sebagai headline dan dilengkapi dengan hero image cukup besar yang dapat memenuhi layar komputer pada saat pertama kali dibuka.

Situs WordPress

6. Web Designer Depot

Sudah tidak diragukan lagi, website ini memiliki banyak sekali pengunjung, desainnya juga sangat baik, setiap postingan dibuat dalam satu baris, namun setiap barisnya dibagi menjadi dua bagian yang sama besar. Selain itu animasi yang ada di website itu ketika di hover juga membuat desain blog yang satu ini terlihat sangat modern.

Situs WordPress

Kelebihan CMS WordPress

Kemudahan Penggunaan

WordPress sangat mudah digunakan dan memiliki tampilan antarmuka yang intuitif. Menambahkan halaman baru, posting blog, gambar, dll secara teratur sangat mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Karena teknologinya sangat sederhana dan tidak menghabiskan banyak waktu dalam mengelolanya.

Dapat diakses dari manapun

WordPress berbasis browser. Anda dapat mengakses dari komputer manapun yang terhubung Internet dan kemudian mengelola situs Anda.

Tidak Diperlukan pengeditan HTML atau FTP

WordPress adalah sistem mandiri dan tidak memerlukan perangkat lunak pengeditan HTML. Anda dapat membuat halaman baru atau posting blog, memformat teks, mengunggah gambar, mengunggah dokumen, file video, galeri gambar, dll. Semua tanpa perlu tambahan perangkat lunak HTML atau FTP.

Mesin Pencari Menyukai Situs WordPress

Kode WordPress sangat bersih dan sederhana, sehingga memudahkan mesin pencari untuk membaca dan mengindeks konten situs. Selain itu, setiap halaman, posting, dan gambar dapat memiliki kata kunci meta tag sendiri, deskripsi, dan judul, dan dioptimalkan untuk kata kunci tertentu, memungkinkan untuk optimisasi mesin pencari yang sangat tepat. Anda juga dapat menggunakan tag untuk lebih meningkatkan upaya pengoptimalan mesin pencari.

Anda Memiliki Kontrol Situs Anda

Tidak perlu lagi menunggu desainer web anda untuk membuat pembaruan sederhana pada situs. Dengan CMS WordPress, anda memiliki kendali atas hampir setiap aspek website dan dapat dengan mudah membuat pembaruan sederhana secara mandiri.

Desain Situs Web 100% Dapat Disesuaikan

Tampilan dan tema situs dapat 100% disesuaikan sengan merk anda sehingga akan memberikan pengalaman unik kepada pengunjung Anda.

Blog siap untuk dipakai

Karena CMS WordPress pada awalnya dibuat sebagai platform blogging, sehingga kemampuan blogging mudah diintegrasikan. Langganan RSS / email ke blog Anda, memberikan berkomentar, dan menambahkan posting blog terbaru ke halaman situs juga sangat mudah untuk diatur. WordPress menjadikan situs Anda lebih dinamis dan interaktif.

Fungsionalitas Plugin

Ingin menambahkan kalender, galeri video, halaman Twitter dan Facebook, dan lainnya ke situs Anda? WordPress membuat ini dapat dilakukan dengan plugin. Sebagian besar gratis atau dengan harga sangat terjangkau.

Memiliki Banyak Pengguna

Sebagai administrator situs WordPress, Anda dapat mengatur beberapa pengguna untuk situs web dan menetapkan tingkat akses dan kemampuan untuk setiap pengguna.

Mencari Hosting WordPress yang Baik

Hampir semua layanan web hosting menyediakan CMS wordpress untuk pembuatan sebuah website. Namun, di dalam penggunaannya tidak semuanya menjadi pilihan yang baik dalam membangun sistem. Ketika berbicara tentang memilih sebuah hosting wordpress dengan kebutuhan biaya yang efektif dan terjangkau, pastinya juga harus memperhatikan beberapa faktor saat proses pemilihan hosting tersebut. Diantaranya adalah:

1.  Memperhatikan harga

Jika ingin memilih paket web hosting untuk WordPress yang efektif dan efisien. Dibutuhkan pertimbangan untuk menentukannya dalam hal harga agar tak jauh dari budget yang nantinya akan dikeluarkan. Dan pastinya harus sesuai dengan spesifikasi untuk hostingnya. Untuk harga masih terbilang wajar pada shared hosting berkisar Rp 50.000 – Rp 100.000 per bulan dan untuk harga VPS hosting juga masih termasuk masuk akal dengan kisaran Rp 300.000 – Rp 900.000 per bulan. Kemungkinan dalam tawaran harga yang cukup rendah itu yang harus diwaspadai kualitasnya apalagi untuk pembuatan sistem yang nantinya akan berkembang.

2. Memanfaatkan fitur secara ekstra

Untuk menjadikan layanan WordPress hosting agar lebih menarik bagi user yang memiliki budget terbatas, beberapa perusahaan webhosting juga sering menawarkan fitur ekstra secara gratis dalam program user. Biasanya fitur yang sering diberikan kepada user seperti tambahan 1 nama domain gratis, free WordPress installer,free advertising credits, atau layanan backup gratis. Hal ini tentu menambahkan value pada layanan yang di ambil.

3. Perhatikan Kebijakan

Pada beberapa perusahaan, ada yang menjamin garansi uang kembali dalam pelayanannya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk asuransi untuk pembayaran yang kamu lakukan dan memperbolehkanmu melakukan refund jika tidak puas dengan pelayanan dan ingin membatalkannya. Saat ini hampir semua perusahaan webhosting memberlakukan kebijakan pengembalian uang dalam periode mulai dari 30 hari hingga 90 hari. Yang harus kamu perhatikan adalah syarat dan ketentuannya, termasuk biaya apa saja yang tidak bisa dikembalikan dan kepemilikan domain. Lebih baik memilih webhosting dengan periode uang-kembali yang lebih lama asalkan syarat-syarat kebijakan pengembaliannya jelas.

4. Kemampuan WordPress bekerja secara optimal

Sebelum mempublish alangkah baiknya melakukan setup local untuk mencegah terjadinya error atau hal yang tidak diinginakan. Pastikan WordPress bisa berjalan dengan baik tanpa masalah. Selain itu adapun syarat minimal dari wordpres adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0. Pastikan sebelum memulai harus memenuhi kebutuhan yang ada. Perusahaan yang menawarkan versi PHP terbaru dan MySQL dapat menggunakan suPHP sebagai PHP dan menggunakan web server apache dengan modul mod_rewrite akan lebih jauh dipilih.

5. Layanan instalasi WordPress

Instalasi CMS WordPress akan sangat membingungkan terutama bagi pemula. Dalam kasus ini, yang dibutuhkan adalah 1-click script installer yang akan secara otomatis melakukan seluruh proses instalasi mulai dari mendownload file zip hingga menginstall software. Paket webhosting tanpa tools di atas tapi sudah termasuk instalasi gratis oleh tim teknisi professional masih menjadi pilihan yang cukup.

6. Mencoba control panel yang ditawarkan

Jika telah melakukan registrasi hosting maka tak jauh lagi dalam segi penyimpanan data akan diarahkan pada satu halaman control panel. Pada dasarnya control panel memegang peranan penting dalam pengelolaan akun hosting sama seperti situs WordPress yang dijalankan. Webhosting yang mengutiliasi cPanel sebagai control panel mampu menyediakan cara mudah untuk mengelola domain, files, keamanan, dll. Jika provider hostingmu tidak menawarkan cPanel, kamu sebaiknya benar-benar mencoba demo panel yang ditawarkan sebelum melakukan pembayaran.

7. Mengetahui kualitas customer service

Terdapat cara untuk menguji kualitas dari customer service pada setiap layanan hosting. Tidak hanya penting dalam mendapatkan tanggapan yang sigap, client juga harus mengetahui seberapa cepatnya respon dari customer service yang telah mengajukan pertanyaan. Untuk mengecek kualitas dapat mencoba menghubungi tim support yang ada pada website layanan hosting dan setiap client juga dapat menguji profesionalisme dari customer service.

8. Pastikan situs WordPress memiliki keamanan dari perusahaan

Sebelum membuat keputusan final alangkah baiknya untuk melihat daftar dari semua fitur yang ditawarkan. Salah satunya mendemokan control panel atau menanyakan pada tim customer service untuk mengetahui dan melihat apakah perusahaan web hosting tersebut sudah memiliki security yang ketat untuk menjaga salah satu project termasuk web WordPress tersebut. Pada dasarnya, suPHP, SSH dan SSL sangat penting, dan akan lebih baik jika perusahaan webhosting memiliki software backup.

9. Mengetahui performa dari web hosting

Pastinya di setiap layanan web hosting memiliki performa yang berbeda beda. Bisa ada yang buruk atau bisa juga tidak dan itu akan sangat jauh dari pilihan yang efektif dan efisien. Jika websitemu masih sering dimuat lambat dan error, maka itu adalah pilihan yang buruk. Untuk menyelesaikan masalah ini, anda dapat mencari review hosting dari konsumen mereka dan membaca beberapa statistic dari situs review yang telah memonitor performa WordPress hosting tersebut.

Bergabung dengan tim webhostingterbaik semenjak website ini mulai dirilis. Selalu antusias mencari berbagai informasi dan membagikan informasi yang diketahuinya kepada semua orang melalui tulisannya secara lengkap.

Dapatkan posting terbaru :