Apa itu CMS? – Aplikasi Pengolah Konten Web

Avatar

Redaksi

0 komentar

2019-Januari-17th

CMS adalah Content Management System, yaitu aplikasi berbasis web yang dapat mengelola pengaturan dan penyuntingan halaman website secara mudah dan cepat.

Aplikasi CMS utamanya berperan dalam menyederhanakan proses web development. CMS populer, seperti WordPress, Joomla!, Drupal, atau Magento, menyediakan template untuk berbagai jenis web (situs pribadi, landing page, blog, toko online, dan sebagainya) sehingga pengguna tak perlu membangun website secara manual.

cms adalah sistem manajemen konten

Apa itu Sistem Manajemen Konten (CMS)?

Pertama-tama, kita perlu menilik apa itu praktik manajemen konten.

Manajemen konten adalah proses dan teknologi yang mendukung upaya pengelolaan dan penerbitan informasi dalam suatu medium. Ketika informasi tersebut tersimpan di komputer, ia konten ini secara spesifik disebut konten digital.

Penerbitan sendiri memiliki banyak tujuan, tergantung dari pemegang struktur penerbitan tersebut. Misalnya, kantor berita, situs toko online atau institusi pendidikan memiliki tujuan penerbitan yang berbeda. Di sini, manajemen konten mereka memiliki kekhasan tersendiri.

Manajemen konten digital

Konten digital adalah konten berbentuk data digital. Data seperti ini disimpan dalam format tertentu dan memuat informasi yang disebar atau diputar secara digital. Format-format yang didukung CMS bisa berupa teks (dengan atau tanpa grafis), foto, video, audio, peta, dan kode pemrograman).

CMS sebagai web content management system akan menampilkan konten multi-format sekaligus menyediakan platform tempat user bisa berinteraksi.

Kebanyakan CMS menyediakan fitur manajemen format/style, pencatatan suntingan, pengelolaan suntingan konten (disebut 'version control' dalam penerbitan). Sebagai aplikasi berbasis WWW, CMS juga membantu dalam hal indexing untuk keperluan search-engine optimization (SEO).

Aplikasi CMS sendiri menggunakan 2 elemen berikut:

  • Komponen Front-End, atau CMA (Content Management Application). Di sini pengguna bisa menciptakan atau mengubah konten website.
  • Komponen Back-End, atau CDA (Content Delivery Application (CDA). Ini sejenis sistem protokol yang mendapat input informasi dari CMA dan menghadirkannya ke website. Hasil pemuatan CDA ini yang nanti muncul sebagai tampilan website.

CMS cukup populer di era penerbitan elektronik. Sistem konten ini bersanding dengan penerbitan digital seperti e-book, majalah digital hingga pembentukan perpustakaan atau katalog digital.

W3Techs sudah meriset statistik penggunaan CMS secara global, Data menyebutkan WordPress adalah CMS terpopuler (digunakan di 32% situs web di dunia). Joomla dan Drupal mengikuti di urutan ke-2 dan ke-3.

Beberapa Nilai Plus CMS

Beberapa paragraf di atas semoga memberi Anda gambaran soal apa itu CMS.

1. Memudahkan orang awam dalam membuat website.

Struktur website pada awalnya ditulis dalam bahasa program, e.g. bahasa HTML. Ini disebut 'manual coding'.  Pada era manual coding, pembuat web perlu paham seluk belum bahasa tersebut. Namun, dengan memakai CMS, penguasaan bahasa pemrograman pun tak diperlukan lagi.

Orang awam lebih mudah bikin web dengan CMSCMS membuat siapapun mampu bikin situs web pribadi. Anak-anak hingga orang dewasa (yang rata-rata belum melek teknologi) hanya perlu belajar sedikit untuk bisa pakai CMS.

Anda tinggal pahami cara kerja WordPress, misalnya, dan dalam waktu 3 hari, Anda sudah bisa bikin web yang bagus. Dan seiring berjalannya waktu, Anda akan makin memahami cara kerja aplikasi ini.

CMS seperti telah menyiapkan rangka website. Website tersebut sudah siap pakai dan tinggal diisi dengan konten atau edit tampilannya. Dengan seperti itu tentunya pembuatan website menjadi lebih mudah dan cepat dibanding jika kita membangunnya secara manual.

2. Merapikan pengelolaan konten digital.

Keunggulan CMS terletak pada sistem kelola kontennya (CMS: Content Management System). Konten bisa berupa artikel (teks), atau audio-video. Tak mengherankan bahwa blog, karena banyak memuat artikel, biasa memakai platform CMS. Dengan platform ini, pengeditan artikel bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Blog dengan banyak artikel punya problem dalam penyortiran. Penyuntingan postingan lama jadi harus dimulai dengan mengaduk gudang artikel. Di CMS, proses ini bisa dilewati. Anda tinggal ketika judul artikel di kotak pencarian pada Dashboard admin web, dan, voila!, artikel lama Anda akan muncul dalam hitungan detik. Pencarian dapat juga lewat penyusuran berdasar tanggal terbitan (tanggal publish) atau nama penulis, sehingga pengguna tak perlu buang-buang waktu lagi.

3. Tampilan web tampak profesional dan solid.

Aplikasi CMS itu tidak sebatas produk yang Anda 'beli putus' (P.S: Ini istilah saja; mayoritas CMS bersifat gratis). Ketika Anda pakai suatu CMS, Anda masuk ke komunitas itu. Ada support, juga pilihan template desain web. Contohnya adalah CMS WordPress dengan beragam pengembang template desain independen. CMS semacam ini istilahnya aplikasi 'open source', siapapun bisa mengembangkannya.

Karma wordpress free clean template Rework WordPress theme

WordPress memberi Anda banyak pilihan tema secara gratis. Semua jenis web pun diakomodir. Entah web Anda blog berisi curhatan, cerita travelling; atau website Anda adalah portal berita, hingga web korporat.

4. Membantu manajemen penulis.

Sudah dijabarkan di atas, manajemen konten berpusat di industri penerbitan. Sistem manajemen konten digital (CMS) pun tidak tercabut dari akar tersebut. Meski konten digital bisa multi-format (gambar, suara, video), namun, CMS pada umumnya, misal WordPress atau Joomla! dipakai dalam pengelolaan konten berbasis teks. Yang mengoperasikan adalah penulis - atau para penulis.

CMS populer pada umumnya memudahkan manajemen penulis. Fitur ini sering diberi nama 'permission management', yaitu pengelolaan akses untuk multi user (akses penuh, sebagian, atau hanya melihat saja). Dengan ini, kontrol terhadap kualitas dan keamanan data bisa tercapai.

5. Website teroptimasi ke Google atau search engine lainnya.

Penerbitan digital berbasis web umumnya berusaha meraup tingkat kunjungan pembaca yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa di Internet sendiri ada kanal-kanal yang membawa volume pengunjung lebih banyak. Kanal-kanal tersebut, sebagai contoh, adalah media sosial dan, tentunya, mesin pencarian (Google atau Bing, sebagai contoh).

Agar mengoptimalkan kanal tersebut, website perlu disetting agar mendapat tempat yang strategis. Khusus search engine dikenal istilah SEO (Search Engine Optimization), yaitu strategi, teknis maupun konten, sehingga website atau alamat postingan (URL) disukai oleh mesin pencarian tersebut.

Secara teknis, memang cukup besar pengaruh hosting terhadap SEO. Namun, CMS terbilang maju dalam hal ini. Dalam WordPress, misalnya, kita bisa memasang YoastSEO yang mahir memberi masukan agar konten website kita mendapat skor SEO yang baik.

Jenis-jenis CMS

CMS ada banyak macamnya. Beragam jenis CMS tersebut memiliki kegunaannya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis CMS yang populer.

Tatap muka WordPress1. WordPress.

WordPress adalah aplikasi gratis dan open-source berbasis PHP dan MySQL. Ia mencipta banyak jenis situs berkat arsitektur plugin dan sistem template yang rapi dan ekstensif. CMS WordPress dipakai 32% website di seluruh dunia dan sudah terdapat banyak komunitas yang dapat membantu Anda terkait penggunaan WordPress.

Joomla Afela template Multipage Onepage Magazine E-commerce Photography2. Joomla!.

Joomla! adalah CMS gratis dan open-source untuk publikasi konten digital/web. Aplikasi web berbasis framework 'model-view-controller' ini populer sebagai platform bermacam jenis situs web, misal situs korporat, atau aplikasi online, seperti majalah online hingga reservasi e-commerce.

Customizer module for Prestashop3. PrestaShop

PrestaShop adalah platform CMS untuk toko online. Anda bisa mengatur warna tema toko, memasang logo, dan mengutak-atik tema profesional. Awalnya ia sangat populer di Perancis. Kini, Prestashop sudah digunakan lebih dari 270.000 website e-commerce dan menghubungkan toko online dengan customer dari seluruh dunia.

Experience the Drupal 84. Drupal

Drupal adalah CMS yang banyak dipakai membuat website yang Anda lihat sehari-hari. Misalnya, web Pinterest for Business atau situs Universitas Oxford. Satu elemen utamanya adalah fleksibilitas, dengan sistem modular yang bisa memberikan Anda konten yang multi guna dan terstruktur. Lebih dari itu, sisi responsif dan integrasi aplikasi digital membuat CMS Drupal salah satu CMS terbaik di dunia.

phpBB3.2 Flatboots display mockup5. phpBB

phpBB (singkatan dari PHP Bulletin Board) adalah aplikasi forum internet berbasis bahasa pemrograman PHP. Aplikasi ini gratis dan open-source. Ia menudukung berbagai jenis basis data (PostgreSQL, SQLite, MySQL, Oracle Database), struktur pesan mendatar dan berbagai elemen forum internet pada umumnya.

Cara Menggunakan CMS

Yang akan dijabarkan di sini adalah CMS berbasis hosting pribadi. Jika Anda mencari panduan CMS gratis, free-hosting, Anda bisa menemukannya di artikel cara membuat website.

Aplikasi sistem manajemen konten (CMS) sama seperti perangkat lunak komputer. Anda perlu memasangnya (install) ke sebuah unit komputer, yang dalam hal ini adalah komputer server. Di sini pada dasarnya Anda akan dipandu cara memasang CMS pada hosting dan dari situ Anda bisa memulai eksplorasi CMS lebih lanjut.

Belum memiliki server hosting? Anda bisa menemukan rekomendasi kami di web hosting terbaik.

1. Login ke cPanel

Masuk ke cPanel Anda. Ketika memesan sebuah paket hosting, Anda akan mendapatkan akses ke sebuah control panel. Untuk pertama kali, hosting Anda pastinya masih kosong dan belum terisi apapun. Melalui control panel itulah pengguna dapat melakukan instalasi CMS.

Contoh login ke cPanel Hostinger

2. Gunakan Softaculous

Klik menu Software, lalu klik ikon Softaculous.

Install CMS melalui control panel

3. Install WordPress

Klik pada logo WordPress. Langkah ini akan membuka sebuah halaman baru yang menampilkan beberapa pilihan (Install, Overview, Features dan Import). Klik pada link Install

WordPress Softaculous

4. Lengkapi informasi yang diminta

Isi detail instalasi WordPress. Informasi tersebut seperti Pilih Domain, Username Admin, Password dan Email. Setelah itu klik Install. Mulai di sini, Softaculous akan memverifikasi data dan memulai install file WordPress ke server Anda.

5. Cek tampilan website Anda

Setelah instalasi selesai, kunjungi website Anda (dengan mengetik alamat website di browser Google Chrome atau Mozilla Firefox). Anda akan melihat tatapmuka WordPress sudah terpasang di situs web Anda.

WordPress My Blog fresh install

Kesimpulan

Content Management System atau CMS adalah sebuah perangkat lunak atau aplikasi web yang berfungsi untuk mengelola halaman website. Dengan CMS Anda dapat membuat website dengan cepat tanpa harus menguasai bahasa pemrograman.

Komunitas suatu CMS biasanya merupakan sumber informasi edukatif terbaik. Misalnya saja forum komunitas pengguna WordPress. Di sana dapat Anda temukan jawaban dari permasalahan yang anda hadapi, baik yang mudah maupun yang lebih kompleks. Anda akan dapat feedback dari pengguna lain yang pernah mengalami hal yang serupa dan menemukan penyelesaiannya.

Penyedia web hosting terbaik sendiri juga menyediakan tutorial tentang cara instalasi dan penggunaan CMS. Perusahaan provider ini selalu menyediakan tutorial kepada para pelanggannya. Artikel mereka sudah lengkap dan anda dapat mengikutinya.


Avatar

Written by Redaksi

Didirikan oleh para pengguna web hosting sama seperti kamu, redaksi webhostingterbaik.id terdiri dari berbagai kalangan profesional yang mencintai satu hal yang sama, yaitu memanfaatkan internet sebagai media berbagi kebaikan seluas-luasnya. Tak perlu mentraktir kopi, redaksi sudah sangat bahagia ketika kamu dan pembaca lainnya benar-benar menemukan apa yang dibutuhkan di sini.

Disclosure :

Our reviews include affiliate links and if you choose to buy a product, you help support the running of this blog. However, we are not sponsored by any of the providers so we can keep our reviews honest and transparent. Read more...
Beri Komentar

* your email will not be displayed