Cloudflare adalah Jawaban untuk Situs Lelet – CDN

Avatar

Redaksi

0 komentar

2019-April-8th

CloudFlare adalah

CDN Cloudflare adalah layanan internet yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan teknologi percepatan akses website. Cloudflare merupakan Content Delivery Network (CDN), yaitu jaringan server di seantero dunia yang membuat konten website Anda lebih dekat dengan pengunjung situs Anda. Hasilnya, konten Anda mudah dibuka. Hal ini pada dasarnya merupakan solusi lokasi server web hosting yang statis di suatu tempat - alias, CDN menjadi jembatan antara hosting dan pengunjung situs Anda.

Bila Anda ingin mempersingkat loading time website Anda, CDN Cloudflare adalah jodoh Anda. Namun, Anda masih perlu melihat apa itu Cloudflare, keunggulan dan kelemahannya. Misalnya, Anda mungkin tergiur dengan tambahan fitur keamanan Cloudflare, namun, Anda tidak ingin mengambil ekses keamanan yang akan saya jabarkan di bawah ini.

Cloudflare adalah layanan CDN.

Barangkali Anda bertanya-tanya CDN itu apa dan apa gunanya.

CDN atau Content Delivery Network merupakan gabungan dari beberapa node atau server, yang bisa saja terletak di setiap negara di dunia. Teknologi CDN memakai sistem data caching, yaitu teknik penyimpanan data statis, yang disimpan di setiap server dalam jaringan CDN tersebut.

Jarang disadari betapa seringnya kita mengakses internet lewat CDN ini. Padahal dari membaca berita, main flash games online, belanja aksesoris HP di toko online, hingga mendengarkan musik di Spotify -- semua aktivitas itu diperantarai oleh CDN.

Lalu, di antara berbagai brand CDN di dunia, kenapa Cloudflare diunggulkan? Nah, itu ada alasannya.

Apa bedanya CloudFlare dari layanan CDN sejenis?

Cloudflare adalah perusahaan di bidang teknologi dan internet security yang bermarkas di San Fransisco, AS. CDN Cloudflare terdiri dari 155 data center di 75 negara. Yeah - cakupan teknologi Cloudflare sangat, sangat besar. Mereka sampai mengklaim menangani trafik data yang lebih besar dari kombinasi trafik ke Twitter, Instagram, Amazon, Wikipedia.

Beberapa solusi yang ditawarkan CloudFLare adalah sebagai berikut:

  • Stream Delivery adalah jaringan 155 data center untuk memberikan akses high-quality video streaming dengan kecepatan penuh.
  • Argo Tunnel, yaitu enkripsi data antara data center Cloudflare dengan web server asli situs Anda. Tidak ada inbound ports yang akan diekspos ke luar.
  • Proteksi atas serangan DDoS, atau dinamai Cloudflare Spectrum, yang melindungi protokol dan port non-web. Ini juga dilengkapi enkripsi TLS untuk koneksi HTTPS yang lebih aman.

Konon, tiap hari ada sebanyak 10.000 customer baru mendaftar layanan Cloudflare. Sebenarnya hal tersebut cukup logis. Integrasi Cloudflare tidak akan membebani web hosting terbaik Anda. Justru akan mempercepatnya. Optmasi kode HTML, CSS, dan JavaScript, dalam sistem kerja Cloudflare, adalah salah satu contoh bahwa Cloudflare tahu bagaimana cara mempercepat akses pengunjung ke website Anda.

CloudFlare vs Web Hosting lokal

CloudFlare vs web hosting biasa

Dalam hal kecepatan akses, Internet skala global punya satu hambatan besar: latency. Transfer data sering diperlambat (disebut, data latency) oleh jarak web server dengan IP pengunjung konten web. Web hosting sudah mencoba semaksimal mungkin meminimalisir latensi data. Contohnya, secara lokal ada jaringan data center IIX dengan kecepatan data hingga 1 Gbps. Ini cukup cepat untuk akses situs dari dalam negeri.

Namun, saat konten diakses secara internasional, tingkat kecepatan akses cenderung melambat. Di sini, CDN Cloudflare adalah elemen krusial dalam mempercepat akses tersebut. Dia menjembatani pengunjung dengan web server, yaitu lewat metode static caching.

Misalnya, seorang peminat batik dari Illinois, AS, mengunjungi website kerajinan lokal Anda, yang servernya ada di Yogyakarta. Dengan memakai Cloudflare, data website Anda akan disimpan di seluruh jaringan data center Cloudflare. Konten website Anda pun akan diambilkan dari data center terdekat dari engunjung asal Amerika Serikat tersebut.

Rata-rata kecepatan akses CloudFlare

Fitur utama CloudFlare adalah solusi keamanan. Layanan ini bisa menahan komen-komen spam, crawling bot yang terlalu berat, injeksi SQL hingga serangan DDoS.

Pengaturan tingkat keamanan CloudFlare juga sangat mudah jika pengguna Anda menghadapi masalah saat mengakses website karena fitur keamanan CloudFlare. Preference sudah disediakan CloudFlare, dari tinggi, medium ke rendah.

Selain itu, CDN Cloudflare adalah tak ubahnya labirin bagi orang jahat yang ingin masuk ke web server Anda. Cloudflare menciptakan sistem perahasiaan data (enkripsi data), sehingga penyerang situs web Anda akan masuk ke Cloudflare lebih dulu, alih-alih langsung masuk ke web server Anda.

Keuntungan Cloudflare

Berikut adalah beberapa kelebihan cloudflare:

  • SSL gratis bagi tiap pengguna. SSL ini bisa digunakan untuk shared host.
  • Pengguna bisa memilih situs-situs yang dirasa sebagai bentuk penyerangan dari negara-negara tertentu.
  • Meminimalisir serangan hacker, karena IP addres asli yang diberikan oleh web hosting bisa disembunyikan.
  • Adanya perlindungan dari ancaman DDoS dengan melakukan perubahan di beberapa keamanan situs.
  • User dapat menggunakan name server jika saat registrasi tidak diberikan pilihan untuk menambahkan DNS

Kerugian CloudFlare

Banyak keuntungan CloudFlare yang terbukti bekerja efektif. Namun, Anda mungkin juga bisa menemui kesulitan dan halangan berikut ini:

  • Anda perlu pengetahuan teknis, karena CloudFlare tidak akan membantu Anda ketika mereka meminta DNS Anda diarahkan ke tempat baru.
  • Versi gratis CloudFlare terbatas dalam kapasitas SSL. Anda perlu bayar $20 demi melepas restriksi subdomain (tidak terbatas lagi).
  • CloudFlare mengambil kontrol seluruh ruang DNS Anda. CloudFlare menaruh situs Anda di berbagai server multi-route (anycast) di beberapa negara. Hal semacam ini bisa membantu percepatan akses, namun, cukup merintangi situs dengan agenda tertentu.

Cara Register Cloudflare

Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari cloudflare, berikut adalah cara register CDN Cloudflare

1. Kunjungi website Cloudflare

Website resmi CDN Cloudflare adalah yang perlu pertama Anda kunjungi. Anda harus memiliki akun cloudflare terlebih dahulu. Caranya adalah dengan  klik Sign up yang ada di pojok atas halaman Cloudflare. Nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email dan password untuk akun Cloudflare Anda .

website cloudflare

2. Tambahkan domain Anda

Masukkan nama domain (alamat situs web Anda) ke dalam kotak input, lalu klik Add Site. Anda tidak perlu memasukkan 'www' dalam nama domain situs Anda.

Add your site

3. Terima hasil data DNS Anda

Sistem akan melakukan scanning DNS nama domain Anda (selama sekitar 60 detik), dan Nameserver dan alamat IP secara otomatis akan terdeteksi oleh cloudflare. Setelah Anda pastikan semua data benar, klik Next.

DNS records query

4. Pilih paket Cloudflare

Berikutnya, Anda perlu memilih paket Cloudflare yang Anda mau. Terdapat Paket Free, Pro dan Business dengan masing-masing keuntungan. Ketersediaan paket gratis CDN Cloudflare adalah satu hal yang menggiurkan di sini. Namun, semua terserah Anda. Anda bisa klik banner dari tiap paket atau klik tombol putih di banner paket yang Anda mau.

Harga paket cloudflare

5. Ganti Nameserver Anda dengan Nameserver Cloudflare

Setelah proses di atas berhasil, maka Cloudflare akan memberikan Nameserver baru untuk domain Anda. Silakan klik Continue untuk mengesahkan perpindahan Nameserver tersebut. Anda bisa melihat Nameserver ini di Dashboard Cloudflare, dalam menu Overview.

Ganti nameserver

6. CDN Cloudflare Anda sudah aktif!

Yup! Akun dan aktivasi CDN Cloudflare sudah aktif. Biasanya hanya butuh waktu 6 menit untuk aktivasi, bila semua informasi teknis diberikan dengan benar.

CDN cloudflare overview

Kesimpulan: Cloudflare adalah jaringan distribusi konten.

Berdasarkan ulasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa CDN Cloudflare adalah solusi maksimal untuk performa kecepatan sebuah website. Bisa dikatakan jaringan data center Cloudflare cocok bagi pengguna yang menginginkan keamanan ekstra pada websitenya. CDN Cloudflare juga solusi untuk loading website yang lebih cepat.

Bagi Anda yang belum banyak mengetahui tentang cloudflare, CDN ini bisa didapatkan secara gratis ataupun berbayar. Anda akan mendapatkannya dari penyedia layanan hosting.Misalnya, Anda bisa memadukan Cloudflare dengan hosting dari Hostinger, atau jajaran web hosting terbaik di Indonesia lainnya.


Avatar

Written by Redaksi

Didirikan oleh para pengguna web hosting sama seperti kamu, redaksi webhostingterbaik.id terdiri dari berbagai kalangan profesional yang mencintai satu hal yang sama, yaitu memanfaatkan internet sebagai media berbagi kebaikan seluas-luasnya. Tak perlu mentraktir kopi, redaksi sudah sangat bahagia ketika kamu dan pembaca lainnya benar-benar menemukan apa yang dibutuhkan di sini.

Disclosure :

Our reviews include affiliate links and if you choose to buy a product, you help support the running of this blog. However, we are not sponsored by any of the providers so we can keep our reviews honest and transparent. Read more...