Cara Menghilangkan Internet Positif di Android dan PC – 2019

Avatar

Redaksi

0 comments

2019-Februari-15th at 3:33

cara membuka internet positif

Kemunculan Internet Positif sering membuat kesal. Bukan apa-apa: kadang kita bertanya kenapa situs tersebut diblokir oleh otoritas pemerintah Indonesia. Namun, jangan sebal dulu. Ada banyak cara menghilangkan Internet Positif di Android, PC, atau di manapun.

Bisa, kah?

Bypass Internet Positif masih memakai sistem Internet Protocal (IP) Address. Sistemnya, jika IP Address berasal dari Indonesia, maka, pengguna dengan IP Address tersebut akan dikenai Internet Positif di situs tertentu. Cara membuka Internet Positif ini salah satunya adalah dengan aplikasi Virtual Private Network (VPN). Di Android, VPN berupa aplikasi. Di PC, VPN berupa software atau ekstensi dari web browser.

Selengkapnya, adalah sebagai berikut. Saya mulai dari cara menghilangkan Internet Positif di Android.

1. Masuk ke aplikasi Play Store

Cara menghilangkan internet positiff di Android bisa dengan aplikasi. Aplikasi semacam ini tersedia di Google Play Store google play store icon. Temukan aplikasi ini di HP Android Anda. Pastikan koneksi internet Anda (seluler/Wi-Fi) sudah ON. Jangan khawatir harus membayar. Download aplikasi di sini gratis.

2. Download aplikasi TunnelBear VPN

Rekomendasi saya untuk aplikas unblock Internet Positif adalah TunnelBear VPN. Aplikasi ini mudah dipakai dan menyediakan kuota gratis. Dan, tentunya, selalu berhasil menonaktifkan Internet Positif kala diakses lewat browser apapun, entah Google Chrome, Mozilla Firefox atau UC Browser.

Ketik nama TunnelBear VPN di kotak pencarian search bar play store

pada area kanan halaman utama Google Play store. Berikutnya, akan muncul snapshot dari aplikasi (app) tersebut. Silakan baca deskripsi aplikasi ini. Data ukuran aplikasi ini tidak begitu besar, yaitu 13,64 MB. tunnelbear vpn playstore install

Lalu, klik INSTALL untuk mulai download (unduh) aplikasi. Di jendela yang muncul berikutnya, klik tombol ACCEPT / TERIMA. Setelah Anda memencet tombol hijau tersebut, Anda perlu menunggu beberapa saat sampai download TunnelBear VPN selesai.

tunnelbear vpn install accept button

3. Buka aplikasi dan login ke TunnelBear VPN

Temukan aplikasi TunnelBear VPN tunnelbear vpn icon

di smartphone Android Anda. Setelah Anda klik satu kali, Anda akan masuk ke halaman login TunnelBear VPN. Sekali lagi, ini cara menghilangkan Internet Positif secara gratis. Anda di sini hanya perlu memasukkan email dan password yang Anda kehendaki. Pastikan email Anda aktif sehingga Anda bisa memverifikasi login Anda yang dikirim ke Anda via e-mail. tunnelbear vpn login

4. Sambungkan VPN

Sudah verifikasi email dari TunnelBear VPN? Keren. Nah, berikutnya saat masuk ke aplikasi ini, Anda akan masuk ke panel koneksi bergambar peta geografis Anda. Saya berada di Indonesia, maka tampak posisi peta berada di Indonesia.

Kalau Anda sudah siap, klik tombol abu-abu tunnelbear vpn connection button

di area tengah atas. Akan muncul animasi si tokoh beruang masuk ke dalam pipa dan keluar di pipa negara lain. Lalu tombol yang Anda klik akan berubah warna menjadi hijau tunnelbear vpn connected dengan tulisan Connected.  Nah, itu tandanya Anda telah terkoneksi ke internet via VPN. tunnelbear vpn connected

5. Selamat berselancar di internet tanpa batas!

Koneksi VPN Anda berhasil. Anda siap meluncur ke internet tanpa gangguan! Silakan buka browser Anda dan masukkan alamat website yang semula diblokir oleh Internet Positif. Seharusnya, kini halaman bypass Internet Positif sudah tidak tampak. Yup, itulah cara menghilangkan internet positif Android. Mudah, kan?

Cara Menghilangkan Internet Positif di PC

Peringatan Internet Positif (Trust+Positif atau Internet Sehat dan Aman) per 31 Agustus 2017 telah memblokir 800.000 situs web. Konten situs tersebut bisa dianggap 'ilegal' atau memuat konten 'kurang pantas.' Menkominfo sendiri sampai saat ini masih memegang komitmen sensor ini. Namun, meski sensor ini melibatkan Internet Service Provider (ISP) se-Indonesia, tetap masih ada kok cara menghilangkan Internet Positif. Caranya telah saya beberkan di bawah ini.

banner internet positif di firefox

Di sini saya memakai browser Mozilla Firefox. Bukan karena alasan apapun. Anda mungkin memakai browser lain, seperti Google Chrome, UC Browser atau Opera. Semuanya itu bisa bypass/unblock Internet Positif sama seperti Firefox. Metodenya pun relatif sama. Oleh karena itu, dengan ikuti panduan via Firefox ini, Anda tentu akan sedikit paham alur kerja ekstensi VPN.

Begini caranya:

1. Buka browser Mozilla Firefox

Buka Mozilla Firefox mozilla firefox icon

Anda. Lalu, klik tombol Settings mozilla firefox three bar setting menu button yang letaknya di sudut kanan halaman browser. Tombol tersebut akan membawa Anda ke menu bar yang lebih banyak. Lebih jelasnya silakan dilihat di screenshot berikut. Di daftar tersebut, ada satu menu yang perlu Anda klik, yaitu addons button mozilla firefox Firefox add-ons button

2. Tambahkan add-on VPN ke Mozilla Firefox

Setelah masuk ke halaman add-on Firefox, lihat sisi kiri. Ada sejumlah menu lain. Pilih Get More Add-ons. Setelah halaman terbuka penuh, silakan langsung menuju ke area dasar layar. Di situ Anda bisa klik tombol Find more add-ons.

mozilla firefox find more add-ons

3. Cari add-on TouchVPN di Firefox Add-Ons

Add-on TouchVPN adalah yang perlu Anda cari di halaman Firefox Add-ons. TouchVPN mirip dengan TunnelBear VPN untuk Android (yang sudah saya jabarkan di atas). Namun, TouchVPN di sini berupa tempelan (plugin) yang hanya bisa dijalankan melalui Mozilla Firefox. TouchVPN saya rekomendasikan karena juga simpel dan hanya memerlukan password, email, dan tentunya gratis.

Pertama, ketikkan kata kunci 'touch vpn' di kotak pencarian Firefox Add-ons. Klik aplikasi pertama yang muncul dalam daftar rekomendasi di situ. Seperti gambar di bawah ini:

search torch vpn

4. Pasang TorchVPN ke Firefox

Di jendela aplikasi yang muncul, klik tombol +ADD TO FIREFOX. Berikutnya, muncul pemberitahuan pada layar untuk konfirmasi. Klik ADD pada pemberitahuan konfirmasi tersebut. Perhatikan tanda kotak merah berikut:

Touch VPN Touch VPN

5. Nyalakan add-on TorchVPN

TouchVPN otomatis terpasang ke Mozilla Firefox ketika download Anda selesai. Lihat gambar di bawah ini. Ikon TouchVPN berada dekat dengan ikon Setting yang Anda klik tadi.

Pertama, klik ikon tersebut. Lalu akan muncul window bar baru. Di situ, tekan tombol 'Connect'. Bila Anda mengklik tombol tersebut, emblem Touch VPN akan berubah menjadi hijau. Ini tanda bahwa ekstensi Mozilla tersebut dalam keadaan aktif. Koneksi Anda ke internet kini melewati VPN ini.

Touch VPN

Dan... selamat - seharusnya, Anda sudah menonaktifkan Internet Positif di PC Anda. Namun, ada satu hal. Cara menghilangkan Internet Positif di PC ini hanya berfungsi jika Anda mengakses lewat browser Mozilla Firefox. Anda barangkali masih akan menemukan Internet Positif bila mengakses situs tersebut lewat Google Chrome, misalnya.

Cara membuka situs yang diblokir Internet Positif di Google Chrome (dan browser lainnya)

Mozilla Firefox adalah jenis web browser. Ini aplikasi yang Anda pakai untuk mengakses internet via PC. Namun, browser tidak hanya Firefox. Ada juga Google Chrome, UC Browser atau Opera.

Apakah browser-browser tersebut bisa membuka situs yang diblokir Internet Positif?

Jawabannya, tentu bisa.

touchvpn add to chrome

Ketiga browser juga punya cara menghilangkan Internet Positif, lho. Prinsipnya pun sama seperti di Mozilla Firefox yang saya pakai sebagai contoh. Hanya beda nama teknis. Misal, add-on VPN di Google Chrome dinamai sebagai Extensions dan bisa didownload di Google WebStore. Di Opera atau UC Browser sendiri tetap dinamai Extensions. Anda bisa memasang aplikasi seperti Touch VPN untuk bypass internet positif.

VPN: aplikasi untuk unblock Internet Positif

Virtual Private Network (VPN) bukan aplikasi kemarin sore. Awal mula VPN adalah demokratisasi akses internet untuk semua pengguna, tidak memandang kedudukan, lokasi geografis dan usia. Dan layanan VPN bisa disebut membebaskan masyarakat di beberapa negara dari restriksi berlebihan.

horse passing beyond do not pass barrier

VPN pun populer di negara otoriter. Misal Cina (dengan Great Firewall), Bahrain, Saudi Arabia hingga Vietnam.

Level restriksi internet di Indonesia sendiri masih setengah bebas (partly-free). Yang dibatas adalah akses ke situs dengan konten dewasa, perjudian, transaksi ilegal dan ekstremisme. Maka, VPN, di Indonesia, akan menang mudah.

Anda pun bisa memilih VPN terbaik yang berbayar dan juga VPN gratis yang lebihi ekonomis.

Tinggal connect ke VPN...tembok api Internet Positif bisa dimasuki dengan bebas.

Mudah bukan? Itulah tadi cara menghilangkan internet positif. Tidak hanya di PC, tapi juga di smartphone.. Sekali lagi: gunakan informasi ini dengan bertanggung jawab dan Anda perlu memahami konesekuensi dari tiap tindakan Anda di dunia digital.

Selamat browsing dengan bebas!


Avatar
Redaksi

Redaksi


Hostinger logo
9.7 /10
9.5 /10
7.0 /10