4 Cara Mendapatkan Uang dari Internet – Google AdSense, Affiliate, Endorse, E-commerce

Avatar

Redaksi

0 comments

2018-Oktober-19th at 5:03

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok di era 4G. Pulsa atau paket data serasa mengenyangkan daripada makan siang. Dan dari sini pola konsumsi internet kita terbentuk. Padahal, di sisi lain, era digital menyimpan peluang. Alih-alih kantong kita kempes karenanya, kita sekarang punya cara mendapatkan uang dari internet.

Tidakkah Anda penasaran akan hal tersebut? Internet ternyata tidak terbatas streaming Youtube atau posting Facebook.

Internet juga bisa menjadi ladang uang.

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Mari kita ulas bersama. Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal? Dan apakah hal tersebut terlalu berlebihan? Padahal, kita tahu, banyak hal di internet disediakan secara gratis. Facebook, gratis. Youtube, gratis. Membaca artikel berita, gratis.

Tenang, saudara-saudari. Di era freemium, premium tapi free, setidaknya ada 4 skema monetasi yang dipakai para kreator digital.

Keempat skema tersebut menerapkan metode monetasi (pencarian profit) yang berbeda-beda. Mungkin, Anda akan melihat pola yang sama seperti marketing konvensional. Namun, cukup menarik bahwa skema ini memiliki kompleksitas - dan keuntungan - tersendiri, yang khas dunia virtual.

1. Google AdSense

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Google AdSense adalah layanan atau produk dari Google yang menawarkan penghasilan kepada publisher. Disini kita bertidak sebagai publisher, yaitu orang yang mengiklankan iklan dari Google. Untuk dapat menampilkan iklan dari Google dibutuhkan media. Media tersebut dapat berupa Website/Blog maupun Video Youtube.

Google AdSense menggunakan sistem CPC (Cost per Click) yang artinya publisher akan mendapatkan dollar/rupiah setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung website. Cukup simpel, tapi jangan coba-coba untuk melakukan klik terhadap iklan sendiri karena akan berakibat fatal akun adsense anda akan terkena banned/disabled. Google cukup cerdas mengetahui aktivitas kecurangan yang dilakukan. Mereka mendeteksi kecurangan melalui mesin dan review manual.

Pembayaran terjamin.

Legit. Begitulah skema Google AdSense sering dideskripsikan. Terutama oleh para blogger, entah newbie atau sudah profesional, AdSense terbukti membayar dan bukan semata scam (penipuan).

Popularitas Google AdSense sendiri terbilang sudahh settled. Ada yang bilang, Anda belum menjadi blogger sepenuhnya jika belum berhasil diterima mendaftar Google AdSense. Padahal, memang, mendaftar AdSense cukup tricky, alias memerlukan pengalaman khusus untuk bisa menembus seleksi.

Jenis iklan yang ditampilkan AdSense

Sebelum daftar menjadi publisher pahami dulu 2 hal ini.

  • AdSense Hosted - didapat dengan cara mendaftarkan blogspot atau channel youtube.
  • AdSense NonHosted - didapatkan dengan cara mendaftarkan website atau blog dengan domain TLD (domain dengan ekstensi .com, .net, dst) atau dengan cara upgrade akun AdSense Hosted menjadi Adsense NonHosted.

Perbedaan penggunaan 2 akun tersebut adalah sebagai berikut. Iklan dari akun AdSense hosted hanya bisa ditampilkan di Blogspot dan channel Youtube tapi tidak bisa ditampilkan di website yang menggunakan domain TLD. Sedangkan, iklan dari akun Adsense NonHosted dapat ditampilkan disemua website baik TLD maupun bukan, termasuk di channel youtube. simak cara mendaftar Google AdSense untuk mengetahui trik ampuh lolos seleksi Google AdSense.

2. Affiliate Program

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Affiliate (program afiliasi) adalah skema kerja sama dengan perusahaan yang membuka program afiliasi. Sebagai contoh, Amazon Associate, yang menawarkan afiliasi dan menjadi cara mendapatkan uang dari internet yang populer di dunia. Tanpa perlu modal pula.

Gambaran sederhananya seperti ini. Kita memasang iklan/banner produk Amazon di website kita. Kemudian, ada visitor atau pengunjung website kita yang tertarik pada produk tersebut, lalu mengklik iklan itu. Ia kemudian di-redirect (diarahkan oleh browser) secara otomatis ke website Amazon untuk melakukan proses pembelian. Untuk tiap transaksi sukses, kita mendapat persenan komisinya.

Komisi untuk setiap transaksi yang sukses.

Cost per action

Perlu diketahui, pengunjung website Anda perlu menyelesaikan satu rangkaian tindakan sebelum Anda bisa mendapat komisinya.Misal, tindakan berupa melakukan 'Like' ke fanpage FB, mendaftar ke database klien, atau melakukan transaksi (pembelian produk).

Ini disebut dengan istilah Cost per Action (CPA).

Teknik CPA banyak dipakai di program afiliasi. Jumlah program sejenis ini bertebaran. Sampai ribuan jumlahnya dan dengan peraturan masing-masing. Di Indonesia contohnya adalah AccessTrade, Lazada, dan masih banyak lagi.

Hampir sama seperti AdSense, pembuka keran dollar Anda di sini adalah traffic pengunjung website. Semakin tinggi tingkat kunjungan ke website per harinya, makin besar peluang konversi (alias, transaksi yang berhasil). Otomatis, komisi Anda makin tinggi.

Namun, ada satu catatan tambahan.

Baik itu mencari pendapatan melalui AdSense atau affiliate program, semuanya membutuhkan website yang cepat. Dan website semacam itu diciptakan oleh hosting yang cepat, konsisten dan aman. Kami menyarankan Anda memakai web hosting terbaik agar website Anda kredibel untuk program-program afiliasi.

3. Online Shop

Online Shop

Online shop cocok sebagai cara mendapatkan uang dari Internet, terutama bila Anda punya produk atau telah menjadi reseller produk tertentu. Skema ini sendiri melihat banyak perkembangan di Indonesia.

Tahap awalnya adalah punya website dulu. Bila Anda belum punya website sendiri, Anda bisa daftar ke marketplace yang sudah ada. Contohnya adalah Tokopedia dan Bukalapak, yang menerima member sebagai individu atau perusahaan. Nantinya, Anda tinggal display produk di sana dan menunggu order.

Toko online juga perlu 'buka cabang'.

Sering muncul pertanyaan: mana yang lebih untung, gabung ke marketplace atau bikin toko online sendiri?

Jawabannya adalah keduanya perlu.

Integrasi e-commerce

Semakin banyak channel penjualan, peluang marketing semakin besar. Jadi, buatlah toko di Tokopedia, Bukalapak, dan marketplace lainnya. Kemudian, bikin website pribadi untuk keperluan marketing yang sama.

Website pribadi juga akan mendukung brand image dari bisnis Anda. Situs Anda perlu diisi elemen company profile serta deskripsi produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Ada hal yang dimudahkan lewat inovasi website saat ini, yaitu fitur integrasi. Anda bisa menghubungkan website Anda ke media sosial (FB, Instagram, Twitter, Youtube) atau lapak Anda di suatu marketplace. Hasilnya adalah metode organisir transaksi yang lebih ramping dan rapi. Untuk keperluan seperti itu, website builder sekarang bisa menyelesaikan keperluan Anda. Atau Anda bisa membuat toko online via metode-metode lain, misalnya plugin e-commerce atau lewat platform khusus toko online.

4. Sponsor dan Endorsement

Social Media Endorsement

Skema sponsor dan endorsement bisa juga jadi cara mendapatkan uang dari internet. Cara ini tak perlu modal besar. Meskipun begitu, ini buannya tanpa tantangan.

Logikanya begini. Apa yang membuat suatu brand ingin mempromosikan produknya melalui Anda dan channel Anda? Tentunya, karena Anda tenar dan memiliki social influence yang dicari brand tersebut. Brand dengan skema marketing macam ini pun biasanya mengincar social media persona dengan standar engagement tertentu, misalnya jumlah followers minimal ribuan.

Bila Anda punya pengaruh, brand tersebut pun mau mensponsori penampilan Anda di media sosial. Kontraknya bisa berupa sejumlah budget, misalnya, untuk 3x post gaya per minggu.

Endorsement: personal branding yang mendorong konversi.

Sama halnya dengan sponsor di atas. Saat ini kegiatan endorse yang paling populer dilakukan adalah melalui campaign social media seperti facebook, twitter, youtube, dan Instagram. Khusus yang paling booming saat ini adalah melalui Instagram.

Jika instagram anda memiliki jumlah follower hingga ratusan ribu, ketika anda membuat satu postingan tentang sebuah produk maka otomatis ratusan ribu follower anda tersebut akan melihat produk yang Anda tawarkan. Dan dari situ muncul influence pada pemirsa agar membeli produk tertentu.

Contoh paket social media endorsement

Keuntungan metode ini bergantung pada besar pengaruh sosial dan kreativitas Anda. Buatlah juga tarif berapa rupiah untuk sekali Anda posting. Junjung juga profesionalitas, jika Anda sudah menetapkan harga dan ada yang bersedia membayar, maka kerjakanlah sesuai dengan janji Anda.

Kesimpulan

Sarana untuk melakukan bisnis online sudah terbuka lebar. Banyak sekali sumber cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal banyak yang dapat ditemukan. Pada artikel ini hanyalah sebagiannya saja. Tinggal balik lagi kepada Anda untuk memutuskan mana yang paling cocok.

Tidak ada yang paling bagus, karena seseorang mungkin dapat sukses melalui Google AdSense, tapi belum tentu juga berhasil di bidang Online shop atau affiliate program. Agar hasil maksimal kuncinya adalah fokus dan usahakan untuk terus meningkatkan traffic.

Jangan ragu untuk memulai, terkadang dibutuhkan trial and error  (juga web hosting yang tepat) untuk mengetahui mana potensi yang paling cocok. Dan... selamat mencoba menjadi pejuang digital, ya!


Avatar
Redaksi

Redaksi


Hostinger logo
9.7 /10
9.5 /10
7.0 /10