5 Tips Cara Memulai Bisnis Online Agar Usaha Anda TIdak Jalan di Tempat

Avatar

Redaksi

0 komentar

2018-Oktober-26th

Banyak jalan menuju kesuksesan . Misalnya, mulai saja bisnis lewat internet. Namun, bagaimana cara memulai bisnis online?

Kalau hanya bermodal smartphone dengan sisa-sisa waktu senggang saja, apakah bisnis online Anda bisa sukses? Di sisi lain, kita tentu ogah kalau usaha tersebut malah jalan di tempat.

Cara memulai bisnis online

Cara Memulai Bisnis Online

Anda mungkin tahu dengan Habibie Afsyah? Ia merupakan seorang difabel yang sukses di usia mudanya dengan berbisnis online di kancah luar negeri. Tidak rertutup kemungkinan Anda juga dapat sukses.

Namun, para pemula tentu memiliki situasinya sendiri. Seperti, bingung dari mana harus memulai.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis online.

1. Bisnis online Anda harus bisa memenuhi suatu kebutuhan.

Sama halnya dengan bisnis konvensional, bisnis online baru pada dasarnya adalah sebuah solusi. Dengan begitu, Anda menawarkan pemenuhan atas suatu kebutuhan yang ada di masyarakat atau dunia virtual.

Untuk lebih menambah peluang sukses, mulailah dengan riset pasar. Caranya, adalah dengan menemukan sekumpulan orang yang mencari solusi atas suatu masalah, namun tidak menemukan hasil. Caranya bisa dengan:

  • Kunjungi forum online: ketahui pertanyaan yang diajukan dan coba mereka atasi.
  • Lakukan riset kata kunci: temukan kata kunci yang biasa orang pakai di Google, namun, juga belum banyak disimak oleh para kompetitor.
  • Kunjungi website calon kompetitor Anda: catat apa yang mereka tawarkan sebagai solusi permasalahan. Dari sini, Anda bisa mempelajari apa yang terlewatkan dari produk atau jasa mereka.

2. Aktif di media sosial adalah sebuah keharusan.

Media sosial adalah fenomena virtual. Mereka jadi kanal yang mengantarkan orang-orang ke sebuah situs. Tak terkecuali situs web Anda.

Sarana offline masih dapat Anda lakukan meski bisnis Anda berbasis online. Misalnya, mendatangi langsung komunitas yang Anda target untuk merasakan lifestyle mereka. Hal ini bertujuan untuk melihat produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen.

Namun, data dari Shareholic mengkonfirmasi kekuatan magnet media sosial dalam menggaet pengunjung situs. Pada kuarter IV 2015, media sosial mengirim 31,24% dari keseluruhan trafik ke website.

Jenis postingan media sosial

Peralihan dari mesin pencarian ke media sosial tidak lagi sekadar perkiraan; fenomena ini sudah terjadi di sekitar kita.

Secara kolektif, 8 situs social networking mengirim 31,24% dari keseluruhan trafik situs di bulan Desember 2014. Naik 8,53% dari tahun lalu.

Oleh karena itu, media sosial perlu Anda gaet sebagai kanal marketing. Buatlah konten promosi media sosial yang menarik minat target pasar Anda.

3. Jangan hanya mengurus bisnis online di waktu senggang.

Bila ingin sukses, jangan setengah-setengah. Ceburkan diri Anda ke lautan bisnis online.

Beberapa orang berpikir kerjaan bisnis online bisa dibangun di sela-sela waktu senggang. Mereka masih memprioritaskan waktu dan tenaga untuk pekerjaan utama, dari jam 9-5 sore. Baru, kemudian mengutak-atik bisnis online mereka... kalau masih ada niat.

Namun, seperti ditulis di Forbes, bisnis online yang sukses jarang dibangun seperti itu.

Jika Anda memperlakukannya sebagai hobi, maka dia tetap akan menjadi hobi.

Maka, berikan bisnis online Anda perhatian yang dibutuhkan. Lihat ia sebagai suatu bisnis sungguhan. Kuatkan niat. Usaha akan tercapai apabila adanya niat atau kemauan dari dalam diri Anda. Kemauan inilah yang akan mendorong Anda untuk selalu bertahan dengan masalah yang dihadapi menuju kesuksesan.

4. Buatlah website yang menarik minat pengunjung.

Saya seperti mengada-ada, ya. Namanya bisnis online, tentulah terlebih dahulu kita harus memiliki website. Namun, itu sebenarnya belum cukup.

Anda perlu membuat website yang menarik dalam pandangan pertama. Dan waktu yang diberikan pada Anda adalah 5 detik di setiap kunjungan. Standarnya adalah seperti yang bisa dibuat oleh website builder. Aplikasi pembuatan website otomatis ini berhasil menaikkan standar desain website profesional.

Contoh website wix

Sementara itu, riset Ascend2 menyimpulkan sebagai content creator, ada banyak PR yang perlu Anda kerjakan. Salah satunya adalah memahami cara kerja Search Engine Optimization (SEO). Itu bila Anda ingin bersaing dengan pemuncak rating mesin pencarian Google.

Dari data Ascend2, 81% responden melihat upaya SEO mereka setidaknya sudah di atas rata-rata dengan tujuan menciptakan trafik kunjungan (50% responden setuju). Sementara itu, content creation dilihat sebagai yang paling efektif (57%), juga paling sulit (48%). Taktik efektif lainnya adalah riset kata kunci (49%), integrasi media sosial (39%) dan link eksternal/internal (36%).

Kemudian, tiap konten postingan media sosial mendapat tingkat respon yang berbeda. Seperti data Social Media Examiner, konten Video makin populer (75%). Ini diikuti jenis konten visual (gambar, blogging (konten teks), live video (FB Live, IG Live) dan Podcasting.

Social Media Marketing-Content Trends

Bisa disimpulkan, magnet terbaik kepada para pengunjung (kreasi konten, link-building) adalah juga teknik yang paling sulit dikuasai. Di sini Anda perlu memiliki tekad dan fokus pada kualitas konten website Anda.

Dengan berubah-ubahnya algoritma mesin pencarian dan fokus dari kuantitas konten ke arah kualitas dan relevansi, maka sungguh penting bahwa pemasar menciptakan strategi dan mengalokasikan sumber daya pada penciptaan konten. Ini tidak mudah, tapi pasti ada hasilnya.
- Todd Lebo, partner dan CMO dari Ascend2

5. Bangun reputasi keahlian Anda.

Bisnis tak pernah jauh dari psikologi pasar dan customer. Dan pada dasarnya, seorang pembeli membutuhkan pondasi psikologis untuk mempercayai sebuah produk, salah satunya tercipta lewat reputasi perusahaan atau orang-orang di baliknya. Maka, perta-tama, ada baiknya Anda membangun reputasi keahlian Anda di industri yang Anda tekuni.

Situs Entrepreneur menyarankan hal-hal berikut ini agar reputasi Anda makin terbangun:

  • Bagikan konten mendalam secara gratis. Ciptakan artikel, video, dan konten lain yang bakal berguna bagi pembaca. Lalu, share di situs-situs media sosial.
  • Bantu mereka untuk makin mengenal Anda. Pasang link 'Send to a friend' di konten penting website Anda.
  • Pelajari industri Anda. Berkembanglah menjadi pakar di forum-forum atau LinkedIn yang berkaitan dengan industri yang menjadi target pasar Anda.

Bisnis Online – Lewat Toko Online atau Website Pribadi?

Cara memulai bisnis yang sukses tergantung juga pada jenis website yang Anda pakai berbisnis. Sementara ini, ada 2 jenis situs web yang biasa dipakai, yaitu toko online dan website pribadi. Mana yang paling profitable?

Website Pribadi

Website pribadi Allen Tan Website Pribadi web & graphic designer

Website pribadi cukup banyak dipakai untuk menawarkan keahlian, jasa, atau suatu produk. Tidak jarang, website menjadi kartu nama digital Anda. Tentu, Anda perlu menunjukkan apa minat Anda, portofolio karya Anda, dan nomor kontak Anda. Dari sinilah tawaran proyek biasa dimulai dan berkembang menjadi bisnis.

Bikin website, tak perlu dipungkiri, memang bukan keahlian semua orang. Membuat web dengan WordPress sudah relatif mudah; namun, bagi yang menganggap dirinya gaptek, itupun masih relatif susah. Untuk itu, Anda bisa memakai aplikasi website builder, yang membantu seorang pemula membuat website pribadi profesional dalam hitungan 24 menit!

Toko Online

Toko Online Speckled woodToko online Art Bay

Dalam upaya mencari profit, website toko online tentu memiliki prospek yang jelas. Ini berbeda dengan menjadi pelapak di situs seperti Bukalapak atau Tokopedia. Bukan juga blog barang-barang antik pola komunikasinya masih... jadul.

Website builder seperti Weebly atau Weebly punya fitur khusus untuk menciptakan toko online (online stores). Seperti sudah dibahas di cara membuat toko online, aplikasi Prestashop, Shopify atau plugin WooCommerce pun bisa dipakai. Mereka sama-sama telah mengintegrasi fitur penting toko online, seperti display produk, pembayaran dan fitur lainnya.

Elemen kunci: Domain dan Hosting

Seperti dibahas di pengaruh hosting terhadap SEO, nama domain dan hosting sangat penting bagi kualitas traffic website Anda. Hosting lambat cenderung merugikan SEO Anda. Dan nama domain yang kurang strategis juga tidak memberi nilai tambah pada brand bisnis Anda.

Maka, Anda bisa melihat 10 provider beli hosting dan domain terbaik yang kami rekomendasikan. Tak perlu khawatir salah pilih. Provider tersebut berlokasi di Indonesia, memiliki reputasi terpercaya, dan menawarkan produk hosting yang bervariatif.

Nah, barangkali di sini Anda sudah melihat cara memulai bisnis online yang sukses. Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Jangan sungkan meninggalkan komentar atau pertanyaan di kolom comment posting ini ya 🙂


Avatar

Written by Redaksi

Didirikan oleh para pengguna web hosting sama seperti kamu, redaksi webhostingterbaik.id terdiri dari berbagai kalangan profesional yang mencintai satu hal yang sama, yaitu memanfaatkan internet sebagai media berbagi kebaikan seluas-luasnya. Tak perlu mentraktir kopi, redaksi sudah sangat bahagia ketika kamu dan pembaca lainnya benar-benar menemukan apa yang dibutuhkan di sini.

Disclosure :

Our reviews include affiliate links and if you choose to buy a product, you help support the running of this blog. However, we are not sponsored by any of the providers so we can keep our reviews honest and transparent. Read more...