Cara Daftar Google AdSense – Tips Agar Lolos Seleksi

Cara Daftar Google AdSense

Saat ini, ribuan orang memakai Google AdSense sebagai platform monetasi konten. Tidak jarang para blogger bisa hidup hanya dari penghasilan AdSense ini. Ini memantik gelombang rasa penasaran bagaimana cara daftar Google AdSense (yang tidaklah serumit desas-desus).

Pada dasarnya, Anda tinggal membuat akun dan menunggu pemberitahuan aktivasi. Namun, memang, soal bagaimana sukses aktivasi akun Google AdSense... itu menjadi urusan yang berbeda. Pendaftaran akun adalah urusan administrasi (yang tidak beda dengan membuat akun Gmail). Sementara, cara lolos verifikasi tim Google sendiri adalah soal strategi.

Apa itu Google AdSense?

Saya tidak akan berlama-lama sebelum menunjukkan langkah mendaftar akun Google AdSense. Namun, ada gunanya untuk memahami apa itu Google AdSense.

Google AdSense adalah program yang dijalankan oleh Google. Anggota program ini disebut publishers dan mendapat akses ke Google Network, yang berupa situs konten, guna menghadirkan teks, gambar, video atau iklan media interaktif. Penempatan iklan AdSense adalah otomatis ke situs konten dan audiens yang relevan.

Pada 2007, Google Network ini sudah mencapai 1 juta pengiklan. Dan angka ini masih bertambah hingga saat ini.

Google AdSense

Namun, barangkali Anda perlu dengar bahwa peluang gagal verifikasi akun AdSense cukup besar. Tingkat kegagalan bisa mencapai 10%. Sampai-sampai ada anggapan, bahwa sebagian besar situs pasti gagal terverifikasi di percobaan pertama.

Hal itu akan saya bahas segera setelah Anda menyimak mudahnya cara mendaftar Google AdSense. Dan semoga Anda makin setuju bahwa ada aspek konten sangat menentukan keberhasilan dalam membuat akun AdSense.

Langkah dan cara daftar Google AdSense

Ada 2 hal yang perlu Anda siapkan untuk memuluskan pendaftaran akun Google AdSense:

  • Akun Google. Apakah Anda memiliki email Gmail? Bila iya, berarti Anda sudah memiliki akun Google. Bila belum, buat saja sekarang. Prosesnya mudah dan gratis, kok.
  • Website atau channel (Youtube) buatan sendiri. Aspek ini menandai bahwa Anda memiliki akses edit kode HTML yang merupakan peranti penampilan iklan AdSense.

Baik. Berikut cara daftar Google AdSense lewat pendaftaran akun:

1. Kunjungi Google AdSense

Kunjungi laman resmi Google AdSense. Lalu klik link Daftar Sekarang.

Halaman muka Google AdSense

2. Masukkan Alamat Website Anda

Setelah halaman berikutnya muncul, masukkan alamat situs Anda (URL) yang Anda daftarkan sebagai ruang beriklan AdSense. Bila Anda belum memiliki website, panduan cara membuat website bisa menuntun Anda membuat situs web Anda sendiri.

Pendaftaran akun Google AdSense

3. Pilih Akun Google

Pilih akun Google yang akan Anda pakai sebagai akun AdSense.

Pendaftaran akun Google AdSense

4. Lengkapi Identitas Website Anda

Lengkapi checkbox dan kolom formulir lainnya. Misal, di mana negara dan wilayah Anda, serta apakah Anda bersedia menerima email saran performa dari AdSense. Jangan lupa pelajari dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.

Pendaftaran akun Google AdSense

5. Selesaikan Pendaftaran

Terakhir, klik Buat Akun .Pendaftaran Akun Google AdSense

Mudah, kan, cara daftar Google AdSense di atas? Dua jenis metode Google AdSense (Hosted dan Non Hosted) bisa dilaksanakan dengan langkah-langkah di atas. Dan berikutnya Anda tinggal menunggu pemberitahuan aktivasi akun AdSense Anda. Tidak ada standar waktu soal  ini. Bisa jadi hanya perlu 2 hari, akun sudah aktif. Namun, bisa juga... sudah 6 bulan, akun AdSense Anda belum diaktifkan oleh Google.

Namun, perlu realistis juga. Penolakan Google AdSense itu nyata. Malahan, sering terjadi.

Barangkali dalam 1 minggu sudah muncul pemberitahuan. Isinya bukan kabar baik, melainkan pesan bahwa situs Anda belum diterima oleh ketentuan Google AdSense.

Kenapa blog saya ditolak Google AdSense?

Google dikenal menerapkan kebijakannya secara ketat. Dan raksasa perusahaan layanan internet ini memiliki otoritas penuh dalam menentukan validitas pendaftaran AdSense Anda. Maka, pertama-tama, Anda perlu membaca Persyaratan dan Ketentuan AdSense ketika mendaftar.

Kemudian, Anda bisa mencermati kesalahan umum penyebab cara daftar Google AdSense yang tidak berjalan mulus.

1. Konten website Anda terlalu sedikit

Empt box of content

Google AdSense adalah layanan yang bermitra dengan website atau channel (Youtube) Anda. Maka, tidak mengherankan bila Google meninjau sejauh apa website Anda berkualitas dalam hal konten.

Google memiliki kelompok pakar yang akan menilai konten Anda (artikel/video). Ini bukti bahwa Google sungguh-sungguh memperhatikan kualitas konten sebelum memberi persetujuan. Konten yang tidak ditulis dengan baik, banyak salah kalimat, isinya berpotensi tidak membantu pembaca - pasti akan langsung dicoret oleh tim Google.

2. Desain situs web Anda terlalu rumit

Website dan blog yang desainnya buruk akan mendapat nilai rendah. Halaman situs dengan teks yang sulit dibaca dan membuat pusing pengunjung tentu tidak akan diterima oleh tim AdSense.

3. Anda tidak membuat halaman Kebijakan Privasi dan 'About Me'

TRUST: Privacy Protected

Memahami sukses cara daftar Google AdSense adalah memahami concern Google terhadap kepuasan pengunjung. Ketiadaan Kebiajakan Privasi Data dan kejelasan identitas situs (halaman About Us atau Contact Us) akan berdampak negatif terhadap availabilitas informasi Anda sebagai pengembang website.

4. Konten web melanggar ketentuan Google AdSense

Hal ini umumnya terjadi akibat aktivitas 'tidak normal'. Misal, situs Anda bisa mendapat angka kunjungan yang tinggi, namun, lewat cara ilegal. Situs Anda juga bisa memuat kata kunci yang sangat padat dan kaya, namun, diprogram secara membingungkan. Hasilnya bisa jadi situs Anda tidak sesuai dengan kebijakan Google AdSense.

Kiat agar sukses mendaftar Google AdSense

Suksesnya cara daftar Google AdSense Anda didukung oleh dua hal: konten dan kesesuaian kebijakan (compliance).

Untuk konten, Anda perlu memilih topik yang diminati banyak orang. Anda bisa memakai Google Keyword Planner untuk keperluan ini. Lalu, jangan sampai konten atau situs Anda melanggar Persyaratan dan Ketentuan AdSense. Hindari plagiarisme. Hindari menggunakan situs untuk transaksi yang dilarang hukum.

AdSense Berbeda

Secara spesifik, saya sudah mencermati beberapa hal yang terbukti berhasil di 3 metode penerapan Google AdSense.

Cara Daftar Google AdSense Blog

Cara daftar Google AdSense menggunakan Blogspot

Blog adalah salah satu jenis situs dengan penghasilan AdSense terbesar. Ini dikarenakan bahwa blog rutin diperbarui (lewat komentar artikel atau diskusi) – lebih rutin dibanding website statis pada umumnya.

Membuat blog di Blogger lebih menguntungkan lagi. Blogger memudahkan pemilik blog agar tidak perlu menyalin  dan menempel kode HTML ke situs blog. Iklan Google akan tampil dengan sistem otomatis.

Namun, Anda bukannya tanpa tugas. Blog Anda setidaknya harus sudah aktif selama 6 bulan. Disarankan, blog ini sudah memuat 20 artikel sebelum mendaftar AdSense.

Cara Daftar Google AdSense Youtube

Cara daftar Google AdSense menggunakan Youtube

Program Mitra Youtube adalah cara dafta AdSense Youtube. Anda bisa memonetisasi jumlah pengunjung dan subscribers dari kanal Youtube Anda. Sedikit berbeda dengan Blogger, kreator video Youtube perlu memiliki konten dengan kualitas tertentu agar bisa diterima Google AdSense.

Saat ini ada peraturan baru yang perlu Anda ketahui sebagai cara daftar Google AdSense Youtube yaitu channel youtube baru dapat dimonetisasi dan didaftarkan Adsense jika viewer video yang anda upload minimal mencapai 10.000 viewer.

Cara Daftar AdSense Non Hosted

Google AdSense x WordPress

Google AdSense pada awalnya ditentukan hanya bisa tampil di layanan partner Google (Blogger, Youtube). Namun, Anda kini juga bisa memasang Google AdSense di website dengan TLD umum (.com, .net, .info).

Syaratnya tetap dengan mendaftar akun Google AdSense terlebih dahulu. Kemudian, Anda perlu memiliki website dengan domain TLDg yang sudah aktif setidaknya selama 6 bulan.

Metode Non Hosted berarti Anda tidak menggunakan layanan partner Google. Anda perlu membuat website dengan hosting sendiri. Untuk ini, pilihan hosting murah terbaik bisa memberi Anda pilihan ekonomis yang cukup kredibel. Tim Google akan secara manual menilai kualitas website Anda. Bila sukses, Anda akan diberi notifikasi oleh tim Google AdSense.

Kesimpulan: Cara Daftar Google AdSense yang Berhasil

Selain sudah harus memiliki akun Google dan website pribadi, Anda perlu memperhatikan konten situs Anda sebelum mendaftarkannya ke Google AdSense. Perhatikan hal berikut:

  • Buat konten yang bermanfaat. “Content is King”, membuat konten yang bagus dan bermanfaat adalah hal yang sangat utama agar website Anda lolos Google AdSense. Jika konten Anda tidak berkualitas apalagi konten yang terlarang, jangan harap Google menyetujui aplikasi AdSense Anda.
  • Perbanyak jumlah artikel. Tentunya tidak mungkin Anda lolos Google AdSense jika jumlah artikel di blog Anda hanya 1 buah. Perbanyak artikel Anda sehingga lebih menarik dan memiliki pembahasan mendalam. Konten yang sedikit akan dikategorikan sebagai less content dan berpeluang besar langsung ditolak oleh Google.
  • Buat sendiri konten Anda. Plagiarisme atau tindakan copy paste adalah hal yang sangat dibenci oleh Google. Hindari membuat artikel dengan copy paste dan buat artikel Anda se-original mungkin.
  • Optimalkan navigasi. Pilih tema blog dengan navigasi yang tidak membingungkan pengunjung Anda. Navigasi blog yang membingungkan tentunya akan membuat pembaca dan reviewer AdSense frustasi dan menolak aplikasi Anda. Pastikan menu-menu utama terletak jelas dan konsisten sehingga memudahkan navigasi.
  • Buat halaman khusus mengenai identitas website. Halaman ini diperlukan agar blog Anda benar-benar terlihat profesional. Buatlah halaman-halaman tersebut sejujur mungkin jangan sampai identitas yang dicantumkan palsu atau tidak sesuai aplikasi Google AdSense Anda.

* Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu cara mendapatkan uang dari internet yang membahas cara jitu mendapatkan uang dari hobi di internet.

Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.
Dapatkan posting blog baru melalui email: