Apa itu Magento? Cara Install dan Konfigurasi Toko Online Magento

Banyak platform e-commerce yang tersedia untuk membuat toko online, contohnya seperti Magento. Apa itu Magento? Magento adalah salah satu aplikasi web yang berbasis CMS (Content Management System) khusus untuk e-commerce atau penjualan online. Tetapi, apa itu Magento secara eksplisit? Magento adalah platform open source yang menyediakan pedagang elektronik dengan sistem keranjang belanja yang fleksibel, serta kontrol atas penampilan, konten dan fungsionalitas dari toko online mereka. Selain itu ada beberapa hal yang disediakan oleh Magento, Magento memiliki alat pemasaran yang kuat, selain mampu mengontrol semua aspek SEO (optimasi mesin pencari) dan alat manajemen katalog.

Skalabilitas adalah salah satu kekuatan Magento, memungkinkan anda untuk membuat toko kecil dengan beberapa produk ke toko ritel dengan volume penjualan besar dan tentunya dengan manajemen inventarisnya. Magento adalah sebuah CMS yang cara pemakaiannya sangat terstruktur, pengguna dapat meningkatkan fungsionalitas sistem melalui plugin dan tema, yang dapat dengan cepat meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, Magento memerlukan pemrograman yang rumit jika fitur khusus diperlukan.

Apa itu Magento? Cara Install dan Konfigurasi Toko Online Magento

Kegunaan Magento adalah?

  • Setiap pengguna pastinya ingin yang cepat dan mudah, Magento ini didukung dengan memudahkan bagi pengguna untuk menginstal dan mengkonfigurasi, dan menambahkan desain atau plugin.
  • Magento adalah sistem yang memungkinkan anda untuk menambah diskon atau promosi setelah klien pergi ke kasir.
  • Dibangun di open source memiliki dukungan dari komunitas besar.
  • Ini menyediakan banyak sekali antarmuka dengan alat pembayaran.
  • Biaya pelaksanaan sangat rendah, karena anda hanya butuh hosting, sisanya Anda bisa melakukannya.

Magento dibagi menjadi dua versi. Satu yang gratis dan yang membutuhkan pembayaran. Perbedaan antara keduanya adalah dukungan yang akan anda terima saat sistem beroperasi. Jika anda ingin memulai toko kecil atau sudah memiliki bisnis yang mapan tetapi ingin memulai online, versi gratis disarankan. Versi berbayar ditujukan untuk perusahaan menengah atau besar dengan volume transaksi tinggi, aliran inventaris yang cukup besar, dan fungsionalitas yang sangat menuntut personalisasi.

Kedua platform ini diberi nama sebagai berikut: Magento Open Source (sebelumnya disebut Magento Community Edition) dan Magento Commerce, yang terakhir tersedia untuk diunduh dan dipasang (sebelumnya disebut Magento Enterprise Edition) atau sebagai platform-as-a-service (PaaS), yang sebelumnya disebut Magento Enterprise Cloud Edition.

Sumber terbuka Magento

Magento Open Source, yang sebelumnya disebut Magento Community Edition, Magento adalah platform e-commerce. Pengembang dapat mengimplementasikan file inti dan memperluas fungsinya dengan plugin dan modul baru dari pengembang lain. Sejak rilis beta pertama diluncurkan pada 2007, Magento Open Source telah dikembangkan dan disesuaikan untuk menyediakan platform eCommerce dasar untuk semua orang.

Meskipun sistem ini tersedia dalam versi 1.x dan 2.x untuk diunduh dari situs web Magento Commerce, Inc. Setiap orang yang ingin mengunduh harus mendaftar terlebih dahulu. Sejauh ini versi terbaru dari Open Source Magento adalah CE 1.9.3 dan 2.2.3.

Magento Commerce

Pada 11 April 2016, Magento adalah Commerce yang didistribusikan sebagai platform sebagai layanan (PaaS). Platform as a Services adalah cara untuk memasarkan perangkat lunak dengan melalui pihak terkait sebagai pelanggan menyewa platform dengan membayarnya setiap bulan, sebagai gantinya Magento menerima sistem yang terus diperbarui, sudah terpasang dan dihosting di server di cloud. Kelebihan dari jenis layanan perangkat lunak Magento adalah bahwa kita tidak perlu khawatir tentang infrastruktur server atau konfigurasi yang sama. Anda juga tidak perlu khawatir tentang menjaga pembaruan perangkat lunak karena dipelihara oleh administrator layanan.

Bagaimana cara memulai

Mengapa Magento? Karena magento adalah sistem yang datang secara default secara eksklusif dalam bahasa Inggris, panduan ini membantu untuk mempermudah bagi yang ingin memulai toko dengan perangkat lunak Magento dalam bahasa Indonesia. Itulah mengapa disini akan menjelaskan langkah demi langkah bagaimana melakukannya. Sebagai tes panduan kali ini melakukannya di Windows 10, tetapi di hosting anda mungkin akan memiliki beberapa distridbusi GNU / Linux. Pokoknya ini bukan sebuah hambatan untuk mengikuti tutorial karena disini akan merinci setiap langkah dengan sangat hati-hati untuk menghindari kebingungan. Mari kita lanjutkan ke persiapan untuk memulai instalasi.

Persiapan

Sebelum menginstal Magento, kita harus ingat bahwa server Web Hosting harus memiliki persyaratan minimum tertentu untuk dapat melakukan proses instalasi dan konfigurasi tanpa masalah dan menghindari kegagalan untuk kedepannya.

  1. Server
    • Apache 2.2 atau 2.4
    • nginx 1.8
  2. Database
    • MySQL 5.6
  3. PHP
    • 7.0.2 / 7.0.4 / 7.0.6-7.0.x

Untuk melihat daftar persyaratan khusus yang lebih rinci, Anda dapat melakukannya dengan mengklik disini.

Sebelum instalasi harus mengaktifkan dua ekstensi pada file php.ini dari server, satu adalah php_xls.dll , php_soap.dll dan yang lainnya adalah php_intl.dll , kita lakukan dengan menghapus titik koma sebelumnya nama ekstensi dan kemudian restart server Apache.

File dan Database yang diperlukan

Untuk artikel tentang Magento adalah menggunakan Edisi Komunitas versi 2.2.4. Untuk menggunakannya, kita harus mengunduhnya dahulu dari situs web resmi.

Setelah memilih versi dengan tombol drop-down, ketika mengklik “Download” akan melanjutkan untuk mendaftar di halaman Magento (jika sudah melakukannya, hanya memasukkan credential saja).

Magento jauh lebih berat daripada sistem e-commerce lainnya, dalam kasus menggunakan versi 2.2.4. Setelah diunduh, dapat membukanya dengan dekompresor seperti WinRAR dan menempatkannya di dalam folder web server Apache (dalam kasus ini menggunakan htdocs , atau dengan folder web server lainnya adalah www ).

Proses ini dapat bervariasi secara signifikan jika kita melakukannya di Web Hosting. Dalam hal ini Anda dapat melakukannya dengan dua cara: Yang pertama adalah menggunakan protokol transfer file yang disebut FTP. Jika Anda memiliki akun FTP di Web Hosting, dan dapat memasukkan klien seperti FileZilla , melengkapi data (alamat server FTP, nama pengguna dan kata sandi) dan mengunggah file-file (itu akan memakan waktu sedikit tergantung pada kecepatan unggah Anda). Cara lain adalah dengan menggunakan file manager yang dapat ditemukan di cPanel dari akun Hosting Anda.

Satu langkah sebelum instalasi Magento adalah pembuatan database di MySQL. Untuk ini, menuju ke manajer basis data yang digunakan, dalam kasus saya phpMyAdmin (server lokal saya adalah http://localhost/phpmyadmin) dan di sana tempat untuk  membuat database, seperti berikut ini:

Sekarang sudah memiliki file yang siap di server dan database dibuat. Sekarang, mulai untuk mencoba!

Proses Instalasi Magento

Untuk mengakses proses instalasi Magento harus memasukkan URL di alamat browser anda yang menuju ke folder di mana anda memiliki semua file yang sebelumnya sudah diatur, seperti dalam kasus ini melakukan pada server lokal, URL yang akan digunakan http://localhost/magento, setelah itu akan muncul tampilan install dari Magento.

magento adalah

Jika muncul tampilan seperti diatas maka mengklik tombol setuju dan Pengaturan Magento berarti menerima syarat dan ketentuan. Setelah itu sistem akan memeriksa terlebih dahulu bahwa semua persyaratan dipenuhi.

Jika sesuatu tidak terpenuhi, akan muncul tanda X merah dengan menentukan apa masalahnya. Tahap selanjutnya terdiri dari menentukan informasi dari database yang sebelumnya telah kita buat.

Langkah ketiga dapat dibagi menjadi dua. Konfigurasi Web terdiri dari URL yang akan digunakan untuk membuat toko dan juga URL untuk panel administratif. Bagian kedua disebut Opsi Lanjutan memungkinkan untuk menentukan parameter masalah yang terkait dengan aspek teknis dasar pengoperasian toko, tetapi yang bersifat opsional.

Langkah keempat berkaitan dengan konfigurasi regional toko. hal yang harus diperhatikan yaitu menentukan masalah seperti Zona Waktu, Mata Uang, dan Bahasa. Bagian bawah disebut Konfigurasi Modul Lanjutan dapat dibiarkan dengan opsi default. Berikut adalah ekstensi dan modul yang akan dipasang di sistem.

Sebagai langkah terakhir, kita harus memasukkan informasi dari akun yang akan digunakan untuk administrasi situs Magento.

Ketika mengklik Next, hal berikutnya yang akan menunggu kita adalah tombol merah dengan teks Install Now (untuk itu akan lebih mudah dipahami dengan sempurna).

Tombol ini akan memicu proses instalasi Magento yang akan memakan waktu beberapa menit tergantung pada server melakukan proses pembuatannya.

Pada akhirnya akan disajikan dengan ringkas instalasi yang telah di buat dengan semua data yang relevan, tombol di bagian ini akan membawa kami ke panel administrasi.

Disini telah menyelesaikan instalasi Magento! Dengan tema default yaitu Luna, dan ini adalah tempat yang baik untuk memulai. Anda akan melihat bahwa itu sangat nyaman dan menyenangkan bagi mata. Jika kita ingin melihat bagaimana default yang diinstal, kita cukup pergi ke URL dari toko yang ditentukan selama instalasi.

Administrator

Sebelum menyelesaikan catatan ini, akan menunjukkan beberapa hal untuk dipertimbangkan pada Magento. Pertama-tama ketika memasuki panel administratif akan memperlihatkan layar login di mana harus memasukkan credential yang telah ditentukan sebelumnya selama instalasi.

Panel kontrol atau Dashboard adalah hal pertama yang akan anda lihat setelah login. Di sana akan memiliki gambaran tentang penjualan dan semua pergerakan pada toko.

Di panel ini, pada sebelah kiri, akan memperlihatkan berbagai bagian di mana perangkat lunak e-commerce ini dibagi.

  • Dashboard : Papan kontrol. Ini memungkinkan kita untuk memiliki akses cepat ke informasi yang relevan (Laporan Penjualan, Pesanan, dll.).
  • Penjualan : Manajemen penjualan dan pesanan yang akan dilakukan.
  • Katalog : Dapat mengelola produk dan layanan yang ditawarkan.
  • Pelanggan : Toko online tidak lengkap jika anda tidak memiliki manajemen yang tepat dari pelanggan anda.
  • Pemasaran : Penjualan yang baik tidak hanya dicapai dengan menampilkan produk dalam pameran fisik atau virtual, tetapi juga menciptakan kebutuhan dalam pengunjung. Melalui pemasaran yang baik yang dikelola dari modul ini dan dapat mencapai konversi melalui penawaran atau bahkan melalui ulasan produk anda oleh pembeli lain.
  • Konten : Di sini kami mengelola semua yang berkaitan dengan desain dan tampilan toko. Dari Widget ke Tema baru yang mengubah seluruh aspek.
  • Laporan : Manajemen yang baik dari sebuah toko online harus dikelola dengan informasi yang benar dan divisualisasikan dengan benar. Ini dicapai melalui bagian Laporan Magento kami. Baik itu Pesanan, Penjualan, Pajak, Pengiriman, kita bisa mendapatkan semua informasi hanya dengan beberapa klik.
  • Toko : Magento memiliki kemampuan yang sangat khusus untuk memungkinkan dalam membuat toko yang berbeda di bawah sistem yang sama. Artinya, kita dapat memiliki beberapa “halaman web” jika kita memiliki cabang, atau produk yang sangat beragam. Misalnya, toko elektronik dan pakaian eksklusif, tetapi di Administrasi kita bisa mengelolanya bersama.
  • Sistem : Jika kita perlu menentukan lebih banyak fungsi yang lebih maju atau terperinci, kita dapat melakukannya di sini.
  • Temukan Mitra & Ekstensi : Melalui Pasar Magento kita dapat memperoleh fungsi tambahan melalui plugin yang terintegrasi ke dalam sistem yang telah kita terapkan.

Bergabung dengan tim webhostingterbaik semenjak website ini mulai dirilis. Selalu antusias mencari berbagai informasi dan membagikan informasi yang diketahuinya kepada semua orang melalui tulisannya secara lengkap.

Dapatkan posting terbaru :