SLA adalah Sekian Persen? Cek dengan Kalkulator Uptime

Hitung waktu uptime web hosting dengan memasukkan presentase dari SLA yang dijanjikan. Pastikan hosting yang Anda gunakan jarang down.

  • Hosting Anda memiliki kemungkinan down selama:
  • Dalam Sehari
  • Dalam Seminggu
  • Dalam Sebulan
  • Dalam setahun

Tentang Kalkulator Uptime

Sebelum Anda membeli sebuah hosting untuk website, Anda mungkin pernah melihat janji-janji yang ditawarkan oleh pihak hosting apabila Anda nanti menggunakan layanan-nya. Misalnya saja janji garansi uptime yaitu jaminan website Anda hanya akan mengalami down dalam waktu sekian persen saja dalam setahun. Janji ini sebenarnya bisa dikategorikan sebagai SLA perusahaan web hosting tersebut. Sebagai informasi, SLA adalah singkatan dari Service Level Agreement yang merupakan kontrak antara pengguna dan penyedia layanan dimana penyedia layanan harus memberikan jaminan kualitas layanan pada level tertentu. SLA ini terdapat pada semua lini bisnis profesional khususnya di bidang jasa yang memberikan fasilitas bagi konsumen. SLA dirancang sedemikian rupa sehingga menciptakan pemahaman bersama tentang layanan, prioritas dan tanggung jawab masing-masing pihak baik pemberi layanan dan penerima layanan.

Yang menarik, banyak web hosting di Indonesia yang berani memberikan jaminan uptime web hosting dengan SLA adalah hingga 99,9% atau nyaris sempurna. Sekilas memang hal ini sangat menarik sehingga membuat Anda percaya bahwa web hosting mereka bisa diandalkan dan merupakan yang terbaik. Namun tunggu dulu, Anda harus benar-benar berhati-hati dengan hal ini. SLA adalah 99,9% berarti web hosting hanya mengalami down dengan akumulasi waktu tidak lebih dari 43 menit dalam sebulan. Waktu sepanjang tersebut tergolong sangat baik, namu Anda perlu mengecek dulu kebenarannya apakah layananannya nanti benar demikian atau tidak. Jangan sampai hal ini hanyalah trik pemasaran semata untuk meraup uang di dompet Anda. Baca review-review kami untuk melihat hasil monitoring dari berbagai web hosting di Indonesia sebenarnya.

Untuk memudahkan mengukur jaminan uptime. Anda bisa melakukannya menggunakan kalkulator uptime yang ada pada halaman website ini. Pada kolom atau drop down list di atas, tuliskan persentase jaminan uptime yang telah dijanjikan, dan sistem kalkulator uptime akan melakukan perhitungan. Misalnya uptime dalam SLA adalah “99,9%” maka secara efektif berarti server Anda dapat mengalami down lebih dari 43 menit dalam sebulan! Sekaligus tanpa memerlukan bantuan alat konversi lainnya, Anda bisa melihat kemungkinan down dalam rentang waktu pertahun, perbulan, perminggu bahkan perhari. Cobalah alat kalkulator uptime kami dan lihatlah sendiri bagaimana hasilnya.

Jaminan uptime dalam SLA adalah salah satu hal yang penting diperhatikan sebelum Anda membeli hosting. Pun demikian setelah Anda memakai jasa hosting nantinya, Anda bisa memantau performa dari web hosting Anda kemudian menilai sendiri. Jika ternyata website mengalami down lebih lama daripada yang dijanjikan sebelumnya, Anda dapat menuntut balik ke pihak hosting. Anda berhak memperoleh layanan terbaik karena Anda telah mengeluarkan uang untuk itu. Tipsnya, cari web hosting yang apabila SLA adalah sudah ditetapkan demikian di awal dan ternyata tidak sesuai kenyataan berani memberikan jaminan atau garansi uang kembali.