Review Weebly oleh Para Pengguna dan Ahli

Rating Keseluruhan:
9.7
Reliability
9.5/10
Pricing
9.6/10
User friendly
9.8/10
Support
9.7/10
Fitur
9.7/10

Weebly adalah website builder lainnya yang memberikan layanan kepada pelanggan untuk membuat website secara benar-benar kustom dan user-friendly. Seperti kompetitiornya, Weebly, mengkhususkan diri dalam memberikan kemudahan bagi pengembang website pemula yang belum berpengalaman dalam membuat website. Dalam review Weebly yang khusus ini, saya akan mengevaluasi bagaimanan keandalan dan performa Weebly ketika menggunakan versi gratis dan juga versi yang berbayar.

Harga dan Fitur Weebly

Untungnya bagi dompet kita, Weebly tidak mengenakan biaya apapun ketika pengguna melakukan pendaftaran. Secar default, cukup dengan mendaftar kita bisa langsung mengakses website builder Weebly dan juga sebagian besar tools yang ada kecuali yaitu penempatan video, audio dan fasilitas pencarian pada website. Walaupun demikian ada beberapa kelemahan yang signifikan dari layanan gratis ini:

1. Anda tidak bisa menggunakan top level domain pada website kecuali mengupgrade.
2. Harus mau website tersisipi oleh iklan yang tidak bisa dihilangkan dari Weebly pada bagian footer. (Walaupun anda berlangganan paket termurah, iklan tidak bisa dihilangkan)
3. Anda tidak bisa menambahkan kotak pencarian kecuali anda berlangganan salah satu dari dua paket termahal.

Sekarang, mari kita lihat paket berbayar yang ditawarkan oleh Weebly:

Seperti yang anda lihat, harga paket rata-rata Weebly tidak terlalu berbeda dengan beberpa penyedia layanan hosting. Paket yang paling optimal yaitu paket “Starter” hadir dengan semua kebutuhan yang diperlukan sebuah website personal. Paket ini dibanderol dengan harga $96 atau sekitar Rp. 1.250.000 pertahun ($8 atau Rp 115.000 per bulan). Jika berlangganan dua tahun maka harga yang ditawarkan adalah $120 atau sekitar Rp. 1.600.000 ($5 atau Rp 80.000 per bulan).

Performa dan Pengalaman Pribadi

Kelebihan yang paling menonjol dari Weebly adalah memberikan gratis registrasi domain dengan paket apapun. Secara default, registrasi domain sendiri bisa menghabiskan sekitar Rp. 120.000 hingga Rp. 180.000 tiap tahunnya.

Semua website builder yang sukses, memiliki dua hal yang membedakannya dengan yang lain yaitu fasilitas yang hebat dan kemudahan dalam penggunaan. Demikian halnya Weebly. Ketika mencoba website builder Weebly, saya menemukan berbagai macam opsi kustomisasi yang dihadirkan dengan cara yang mudah dimengerti dan mudah digunakan. Namun, saya sedikit frustasi dengan beberapa batasan, khususnya dalam mengatur ukuran text dan menempatkannya ke tempat yang diinginkan. Garis tepi yang tidak terlihat membuat penempatan saya tidak pas sehingga bisa saya simpulkan bahwa fleksibilitas bukanlah kekuatan utama Weebly. Walaupun demikian saya masih bisa mempublikasikan semua konten yang saya inginkan dengan cepat. Berikut ini adalah tampilan website builder dari Weebly:

Selanjutnya, saya membeli paket Starter dari Weebly untuk melihat apakah ada yang berubah dalam hal fungsionalitas. Sayangnya, tidak banyak yang berubah. Setelah melakukan upgrade, saya dapat memasangkan nama domain saya sendiri dan juga iklan dari Weebly menghilang. saya juga bisa melakukan klaim terhadap gratis registrasi domain.

Bagaimana dengan kecepatannya? Mari kita lihat.

Memiliki response time 1 detik untuk sebuah website adalah hal yang wajar. Hal yang cukup mengejutkan saya adalah skor uptime yang konsisten. Saya telah melakukan monitoring website selama dua puluh hari dan website hanya pernah down selama dua menit. Apresiasi untuk server administrator Weebly yang telah menjaga server senantiasi aktif nyaris tanpa cacat.

Kesimpulan Review Weebly

Weebly tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan. Harga dan fitur yang disediakan mirip-mirip dengan penyedia layanan web builder seperti Wix dan Squarespace. Walaupun demikian, Weebly memiliki ciri khas sendiri dari yang lain yaitu menyediakan layanan premium yang lebih murah dengan tambahan fasilitas yang lebih worth it.

Hal yang paling kelemahan dari Weebly adalah kurangnya flesibilitas. Saya sering mengalami kesulitan menempatkan beberapa element di tempat persis seperti yang saya mau. Selain itu, kelemahan yang lain adalah versi gratis Weebly yang tidak bisa menggunakan domain sendiri dan mengharuskan menyisipkan iklan di website.

Salah satu keuntungan dari Weebly adalah harga dan fasilitas tambahannya. Weebly berani memberikan harga berlangganan termurah di kelasnya dengan tambahan gratis domain. Skor uptime dan response time juga tidak bisa dipandang remeh. 99.98% skor uptime dikombinasikan dengan 1 detik response time adalah hal yang cukup bagus bagi sebuah perusaahaan website builder.

Secara keseluruhan, saya merekomendasikan Weebly. Seperti Wix, Weebly memiliki potensi menjadi platform website builder terbaik, walaupun dengan harga yang lebih murah.

Fitur Utama

  • Opsi Upgrade Murah
  • Termasuk Domain Gratis
  • Skor Uptime Nyaris Sempurna

Harga Hosting

Lokasi Server

  • Amerika Serikat

Sistem Operasi Server

  • Linux logo Linux

Berikan review anda