Review Rumahweb oleh Para Pengguna dan Ahli

Rating Keseluruhan:
4.9
Reliability
7.2/10
Pricing
3.2/10
User friendly
4.8/10
Support
4.2/10
Fitur
5.1/10

Rumahweb Indonesia didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta dan tumbuh menjadi salah satu perusahaan hosting terbaik Indonesia yang kini melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan. Berawal dari 1 server, kini Rumahweb telah memiliki lebih dari 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud. Rumahweb memiliki kantor pusat yang berlokasi di Yogyakarta dan kantor cabang yang berada di Jakarta. Kami akan memberikan ulasan mengenai Rumah web bedasarkan pengalaman sebelumnya dalam menggunakan layanan di Rumahweb. Selain itu kami juga akan memberikan informasi menarik yang dapat anda temukan pada ulasan kali ini. Semoga review Rumahweb ini dapat membantu untuk mendapatkan informasi lebih jelas bagi anda yang akan menggunakan layanan di Rumahweb.

review Rumahwebrumah web

Produk Rumahweb

Rumahweb menyediakan beberapa produk untuk pelanggan. Berikut adalah beberapa produk utama dari Rumahweb:

1) Domain

Koleksi domain di Rumahweb termasuk yang terlengkap dan memiliki banyak pilihan domain. Rumahweb menyediakan beragam ekstensi domain mulai dari domain TLD (Top Level domain) yang umum seperti .com dan .net hingga ekstensi domain khusus untuk di Indonesia yang dalam pembeliannya membutuhkan syarat tertentu seperti .co.id, .ac.id, .id.

Cara pembelian domain di Rumahweb juga sangat mudah. Cukup mengetikkan nama domain yang anda inginkan dan lakukan pencarian maka akan keluar nama domain yang masih tersedia beserta dengan harganya.

Info menarik lainnya mengenai domain di Rumahweb yang perlu anda ketahui adalah Rumahweb sering mengadakan promo domain murah bahkan bagi-bagi domain gratis. Tips untuk mengetahui Rumahweb mengadakan promo domain adalah dengan sering-sering mengunjungi halaman resmi facebook Rumahweb. Biasanya mereka akan menginfokan dihalaman facebooknya jika mengadakan promo.

Bayangkan saja untuk domain umum seperti .net yang harganya sekitar Rp. 135.000  per tahun dibagikan secara gratis. Ini tentu sangat jarang dan menarik sekali bagi anda yang suka berburu domain gratis.

Kelebihan:
(+) Banyak sekali pilihan ekstensi domain yang disediakan.
(+) Proses pembelian domain sangat mudah dilakukan.
(+) Harga domain sangat bersaing dan murah.
(+) Sering mengadakan promo domain murah dan bagi-bagi domain gratis

Kekurangan:
(-) Domain belum mendapatkan fasilitas gratis WHOIS.

2) Shared Hosting

Rumah web menyediakan paket shared hosting yang sudah menggunakan teknologi cloud. Terdapat beberapa pilihan paket shared hosting yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

  • Paket Personal Hosting
    Paket Personal Hosting merupakan paket shared hosting termurah yang ada di Rumahweb. Paket ini cocok bagi anda yang pertama kali mencoba membuat blog sederhana atau mencoba menggunakan layanan hosting. Paket personal dengan kapasitas sebesar 50MB menurut saya sangat kecil sekali. Jika anda menginstall wordpress pada paket tersebut hanya akan tersisa sedikit space yang tersedia.
  • Paket Profesional Hosting
    Paket Profesional Hosting merupakan paket shared hosting yang spesifikasinya lebih tinggi dari paket personal. Paket ini cocok untuk blog populer maupun website perusahaan kecil menengah. Paket profesional dengan space 500MB memberikan kelebihan sudah termasuk gratis domain jika memilih opsi pembayaran dalam jangka setahun sehingga akan lebih menghemat anggaran anda.
  • Paket Enterprise Hosting
    Jika website atau blog anda sudah mulai ramai pengunjung atau memiliki banyak traffic dalam sehari maka paket enterprise merupakan pilihan yang cocok. Semua paket hosting enterprise yang diberikan sudah mendapatkan gratis domain jka pembayaran dilakukan per tahun, termasuk juga SSL dan Weebly web builder.

Kelebihan:
(+) Banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda.
(+) Beli hosting gratis domain sehingga lebih hemat.
(+) Proses Aktivasi cepat

Kekurangan:
(-) Sama seperti layanan shared hosting pada umumnya. Jika penggunaan resource melebihi kuota yang diberikan maka disarankan untuk upgrade ke paket yang lebih tinggi.

3) VPS Hosting

Jika anda membutuhkan resource besar pada website anda dan ingin mengatur settingan tertentu pada server maka menggunakan VPS hosting adalah solusinya. VPS hosting pada Rumahweb sudah menggunakan teknologi cloud, menggunakan SSD virtuozzo paralel storage yang diklaim lebih reliable dan cepat dari sekedar SSD biasa. Pelanggan juga diberi kebebasan memilih spesifikasi yang dibutuhkan sesuai dengan budgetnya.

Layanan VPS hosting yang diberikan oleh Rumahweb adalah Managed VPS yang berarti semua konfigurasi awal seperti instalasi OS, server, control panel, dan sebagainya dikerjakan oleh team Rumahweb. Jadi pelanggan hanya tinggal pesan dan siap pakai seperti layaknya menggunakan shared hosting tanpa perlu melakukan konfigurasi server yang rumit. Dengan begitu maka bagi anda yang tidak memiliki keahlian teknis tentang server dan jaringan tetap dapat menggunakan layanan ini.

Kelebihan:
(+) VPS Managed cocok bagi anda yang tidak memiliki keahlian khusus tentang konfigurasi server dan jaringan namun ingin menggunakan fasilitas VPS.
(+) Memiliki fitur full SSD dan Cloud.

Kekurangan:
(-) Harga lumayan mahal

4) WordPress Hosting

Layanan WordPress Hosting pada Rumahweb adalah hosting khusus yang dioptimalkan untuk penggunaan platform wordpress. Fasilitas yang ditawarkan yaitu menggunakan Plesk control panel dan Litespeed webserver yang dikabarkan dengan plugin Litespeed Web Server menjadikan wordpress dapat berjalan 10x lebih cepat. Selain itu WordPress Hosting yang disediakan oleh Rumahweb ini sudah termasuk gratis SSL.

Tawaran menarik yang diberikan Rumahweb adalah anda dapat mencoba layanan wordpress hosting ini secara gratis pada bulan pertama dan baru membayar dibulan berikutnya. Jika anda masih ragu untuk menggunakan layanan ini maka anda dapat memanfaatkan fasilitas gratis 1 bulan untuk mencobanya terlebih dahulu.

Kelebihan:
(+) Optimasi optimal untuk website dengan platform wordpress.
(+) Gratis coba 1 bulan.

Kekurangan:
(-) Hanya untuk website dengan platfom wordpress. Tidak dapat menggunakan platform lain.

5) Sertifikat SSL (HTTPS)

Secure Socket Layer (SSL) adalah protokol keamanan yang mengamankan semua bentuk transaksi yang ada di website Anda. Mulai dari akses website hingga transaksi yang sensitif seperti pendaftaran, online shopping, email, hingga transaksi kartu kredit.

Website yang menggunakan SSL (HTTPS) akan lebih meyakinkan bagi pengunjung website karena lebih aman dibanding website yang tidak memakai SSL (HTTP). Selain itu penggunaan SSL sangat baik dan dianjurkan dari segi SEO.

Sejak tahun 2010 Rumahweb telah menjadi mitra GlobalSign untuk menghadirkan layanan SSL di Indonesia. Dengan teknologi SNI, kini SSL dapat dihadirkan dengan jauh lebih mudah dan murah karena tidak lagi membutuhkan dedicated IP.

6) Jasa Pembuatan Website

Bagi anda yang ingin memiliki website secara instan tanpa perlu repot, Rumahweb menyediakan jasa pembuatan website. Anda hanya perlu memberikan isi materi website kepada tim Rumahweb dan kemudian Rumahweb akan mengelola website anda. Dengan begini anda hanya perlu fokus pada bisnis anda dan mempercayakan urusan website kepada pihak Rumahweb.

Jika anda berencana menggunakan layanan ini harus pastikan terlebih dahulu semua kebutuhan, informasi, materi, hingga desain yang akan ditampilkan pada website anda sudah anda sampaikan semuanya kepada pihak Rumahweb di awal pemesanan. Karena jika website sudah terlanjur dibuat dan membutuhkan lagi pengeditan dibeberapa bagian akan menyebabkan bertambahnya biaya maintenance.

Kelebihan:
(+) Cocok bagi anda yang tidak memiliki keahlian khusus tentang pembuatan website.
(+) Website cepat jadi

Kekurangan:
(-) Harga relatif mahal dibanding dengan mengelola website secara mandiri.
(-) Untuk beberapa pengeditan memerlukan biaya tambahan.

7) Website Builder

Website Builder ini didapatkan secara gratis jika pelanggan menggunakan paket shared hosting profesional Rumahweb. Pilihan Website builder yang disediakan adalah menggunakan Weebly dan Rumahweb Sitebuilder. Website Builder memang memberikan fitur pembuatan website yang cepat dan mudah. Namun yang perlu diketahui adalah fitur ini memiliki resource yang terbatas, misalnya dari template yang disediakan, dukungan pengguna, dan sebagainya. Jika dibandingkan dengan WordPress masih jauh lebih baik dan fleksibel menggunakan WordPress. Selain itu Jika anda membuat website menggunakan website builder Weebly misalnya dan ingin beralih menggunakan website bulder lain seperti WIX, maka hal itu tidak dapat dilakukan. Anda tidak dapat melakukan migrasi website anda ke website builder lain. Jadi jika sudah menggunakan Weebly maka selamanya akan menggunakan Weebly. Kalaupun ingin menggunakan platform lain, anda harus membuat ulang website anda mulai dari awal.

Tips & Info Memilih Hosting RumahWeb

Dalam memilih tipe hosting hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran anda. Beberapa tipe hosting yang oleh penyedia layanan hosting Rumah Web adalah Shared Hosting, VPS Hosting, dan wordpress hosting. Kenali dulu tipe hosting tersebut baru putuskan mana yang cocok untuk anda.

Shared Hosting

Shared hosting memiliki keunggulan dari segi harga yang murah, mudah digunakan tanpa perlu konfigurasi server yang rumit dan siap pakai. Kelemahannya adalah resource dibatasi karena digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain dan pengguna harus menuruti aturan atau setingan yang diberlalukan oleh penyedia jasa hosting. Shared hosting cocok untuk website baru, blog, toko online, dan website dengan jumlah pengunjung yang belum terlalu banyak tiap bulannya.

VPS Hosting

VPS yang ditawarkan Rumahweb adalah Managed VPS dimana semua konfigurasi, instalasi OS dan aplikasi, hingga server siap digunakan semua dilakukan oleh penyedia jasa hosting. Setelah melakukan order, pengguna tinggal menunggu VPS siap digunakan seperti layaknya memesan shared hosting. Ini adalah solusi bagi anda yang ingin menggunakan fasilitas VPS Hosting namun tidak memiliki kemampuan teknis dibidang server dan jaringan.

Dari segi harga tentu saja VPS hosting lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan shared hosting. VPS hosting cocok untuk Anda yang menginginkan kinerja server yang lebih baik dibanding shared hosting. VPS cocok untuk website dengan tingkat traffic pengunjung yang tinggi per harinya.

WordPress Hosting

Jika anda berniat hanya menggunakan wordpress sebagai platform website anda dan menginkan performa wordpress lebih tinggi dibanding menggunakan hosting biasa, wordpress hosting Rumahweb dapat dipertimbangkan untuk digunakan. Gunakan kesempatan mencoba gratis 1 bulan diawal yang diberikan oleh Rumahweb.  Dari 1 bulan awal tersebut anda dapat menilai apakan performanya baik atau tidak. Kemudian anda dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan langganan wordpress hosting tersebut atau tidak.

Rumah Web Customer Service & Support

Faktor penting dalam jasa penyedia layanan hosting salah satunya adalah peran support dan customer service. Banyak pertanyaan dari pelanggan maupun calon pelanggan yang harus dijawab oleh customer service. Dampak dari kepuasan calon pelanggan terhadap jawaban dari pertanyaan yang diberikan kepada pihak hosting adalah keputusan pelanggan baru yang membeli produk. Sedangkan bagi pelanggan yang sudah menggunakan produk adalah keputusan untuk tetap menggunakan layanan di Rumahweb atau tidak.

Ketika akan berlangganan atau membeli produk sebuah layanan hosting, kami sarankan agar anda riset dahulu mengenai produk yang akan dibeli dengan membaca informasi melalui website resminya. Dapat juga dengan membaca review tentang hosting tersebut melalui forum maupun review seperti pada website ini.

Gali informasi apakah produk tesebut memenuhi kriteria dengan yang diperlukannya atau tidak. Jika informasi tersebut dirasa masih kurang, anda dapat bertanya langsung ke pihak terkait melalui channel yang disediakan. Rumahweb menyediakan channel support melalui live chat, telepon , dan email.

  • Live Chat

Rumahweb memberikan fasilitas live chat kepada pelanggannya maupun calon pelanggannya. Dengan fasilitas tersebut calon pelanggan dapat menggali informasi lebih detail mengenai produk yang akan dibelinya. Live chat ini sangat membantu pelanggan karena kita dapat bertanya langsung secara cepat dan dijawab saat itu juga.

Live chat dengan customer service Rumahweb cukup responsif. Beberapa kali saya melakukan Live Chat dengan support/customer service Rumahweb, waktu respon dalam menanggapi pertanyaan yang masuk cukup cepat, tidak sampai menunggu lima menit biasanya sudah ada tanggapan dari pihak Rumahweb. Live chat ini cocok bagi anda yang ingin bertanya mengenai produk Rumahweb dan ingin mendapatkan jawaban secara cepat.

Transkrip percakapan melalui livechat juga dapat anda simpan ke email anda. Ini penting karena jika sewaktu-waktu anda ingin melihat hasil percakapan yang telah dilakukan, anda dapat melihatnya kembali di email anda.

  • Ticket/Email Support

Pelanggan sudah menggunakan layanan dari Rumahweb dan mendapatkan masalah terkait layanan dan produk Rumahweb dapat bertanya kepada pihak support menggunakan fasilitas ticket. Lama penanganan ticket tergantung pada tingkat kesulitan masalah yang dihadapi.

Ticket yang pernah diajukan kepada pihak support tersimpan pada clientzone/member area pelanggan. Disitu kita dapat melihat kembali ticket baik yang statusnya sudah “closed” maupun “open”.

Berikut adalah contoh salah satu ticket beserta waktu respon penanganan ticket. Ticket dibawah ini berisi tentang masalah isi direktori website yang terlihat jika diakses melalui browser saya kirimkan pada bulan Oktober 2017 Pukul 09.47 PM.

Ticket langsung mendapat balasan Pukul 09.45PM. Tidak sampai 10 menit masalah langsung diselesaikan oleh pihak support Rumahweb. Tentunya lama penyelesaian masalah tergantung kerumitan dari masalah yang ditanyakan.

Contoh lain adalah sewaktu saya mengirimkan ticket dengan masalah iklan affiliate lazada yang tidak muncul di web yang dihosting di Rumahweb. Saya ingin tahu penyebabnya dan memastikan error terjadi dari segi hosting atau dari lazada affiliate. Kemudian saya mengirimkan ticket ke pihak support Rumahweb.

Ticket pertama saya kirim 04 september pukul 08.49 AM.

Untuk case kali ini saya baru mendapatkan jawaban ticket sekitar 1jam kemudian pukul 09.59 AM, itupun balasan untuk meminta informasi kembali detail pertanyaannya kembali agar case dapat ditindaklanjuti, belum masuk ke penanganan masalah.

Tiket saya balas kembali dengan isi yang sama dengan ticket sebelumnya. Pada pukul 10.32 AM

Ticket balasan baru dibalas oleh pihak support Rumahweb pukul 12.40 AM, sekitar 2jam dari ticket saya sebelumnya.

Ticket kembali saya kirimkan pukul 01.11 PM

Ticket mendapat balasan pukul 03.30 PM

Untuk satu ticket, balasan pertama oleh pihak support Rumahweb membutuhkan waktu kurang dari 10 menit (ini sangat baik) tapi terkadang membutuhkan waktu lama dan baru direspon hingga 1-2 jam kemudian.

Dari sini dapat diambil kesimpulan customer service & support Rumahweb sudah baik dalam menanggapi pertanyaan dari para pelanggan melalui ticket. Namun masih perlu perbaikan dari sisi konsistensi waktu respon dalam membalas ticket. Terutama respon balasan pertama dari ticket yang masuk.

Saran saya kepada para pelanggan Rumahweb yang lain sewaktu mengirimkan ticket harus lebih pro activ. Berikan penjelasan sejelas-jelasnya untuk menghindari kesalahan analisa dari tim support dan kejar terus pertanyaan yang dianggap belum dijawab dengan memuaskan.

Idealnya balasan ticket tidak menunggu waktu yang terlalu lama. Sebagai perbandingan saya menggunakan contoh respon ticket dari salah satu hosting diluar negeri (US). Saya menggunakan layanan VPS hosting dari penyedia jasa hosting lain diluar negeri (USA) dan mengirim ticket ke mereka.

Alasan saya menggunakan pembanding layanan hosting dari US tersebut karena mereka dalam waktu 1-5 menit sudah memberikan balasan dari pihak technical support mereka untuk menginformasikan bahwa ticket pertama yang saya kirimkan sedang ditangani dan segera diproses. Dan balasan tersebut datang dari support manusia langsung bukan dari robot atau mesin otomatis. Dengan begitu pelanggan menjadi merasa tenang karena masalahnya sudah ditangani oleh pihak support.

Pengalaman Menggunakan Layanan Rumahweb

Saya secara pribadi juga merupakan pengguna layanan di Rumahweb. Selain menggunakan jasa hosting di Rumahweb saya juga mengunakan beberapa jasa penyedia hosting lain di Indonesia dan diluar negeri. Berikut ulasan saya tentang pengalaman menggunakan jasa hosting di Rumahweb.

Setiap akan membeli jasa hosting yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengunjungi website penyedia jasa hostingnya terlebih dahulu. Cari informasi siapa pengelolanya, alamat perusahaannya, kecepatan akses websitenya, dan tampilan websitenya.

Tampilan dari website Rumahweb cukup bagus dan akses websitenya cepat. Tampilan halaman Rumahweb yang saya tampilkan pada screenshot ini adalah tampilan terbaru tahun 2017. Menurut saya tampilan website Rumahweb yang baru ini semakin bagus dan user friendly. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan dimana letak untuk melihat produk-produk Rumahweb beserta harganya dan informasi lainnya karena menu navigasinya jelas. Website juga sudah menggunakan SSL/protokol HTTPS yang berarti terjamin keamanannya sehingga lebih meyakinkan pengunjung.

  • Kemudahan interaksi dengan customer service/support

Sebagai contoh pada review Rumahweb kali ini adalah sewaktu saya memesan paket shared hosting di Rumahweb. Setelah membaca info tentang paket hosting yang akan digunakan saya memutuskan untuk membeli salah satu paket yang tersedia disana. Ketika ada hal yang perlu penjelasan lebih lanjut mengenai produk dan layanan dari Rumahweb dapat langsung  ditanyakan melalui live chat.

Pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan Rumahweb melalui live chat cukup cepat direspon oleh tim CS Rumahweb. Sebelum melakukan live chat yang perlu diperhatikan adalah memilih dengan departemen mana anda akan mengajukan pertanyaan. Jika mengenai masalah umum tentang produk dan penjualan pilihlah departemen sales. Jika mengenai masalah teknis produk yang anda gunakan pilihlah departemen technical support. Jika mengenai masalah pembayaran pilihlah bagian billing. Pastikan status mereka sedang online sebelum melakukan live chat.

Untuk sekedar tips jangan lupa untuk menyimpan transkrip live chat anda dengan pihak Rumahweb ke email anda. Transkrip live chat ini berguna jika sewaktu-waktu anda memerlukan konfirmasi lanjutan kepada pihak Rumahweb berdasarkan hasil chat sebelumnya.

Saya melakukan order untuk salah satu paket shared hosting tanpa domain karena sebelumnya sudah memiliki domain aktif. Hosting ini rencananya akan digunakan untuk blog pribadi sederhana yang tidak memerlukan banyak resource. Namun walaupun hanya blog sederhana, saya tetap menginginkan hosting yang berkualitas.

Shared hosting yang saya pilih adalah paket professional hosting seharga Rp.25.000 per bulan. Saat melakukan order kita dapat memilih setingan periode pembayaran dan lokasi server. Untuk lokasi server Rumahweb menyediakan 3 lokasi server yaitu Indonesia, Singapura, dan Amerika Serikat. Sesuaikan lokasi pemilihan server dengan target pengunjung website anda. Jika anda menargetkan banyak pengunjung dari Indonesia maka dapat menggunakan server Indonesia. Jika target website anda adalah visitor global maka dapat menggunakan lokasi server di amerika atau singapura.

  • Channel Pembayaran

Untuk menjadi hosting terbaik Indonesia tentunya harus memberi kemudahan bagi para pelanggan. Dari segi pembayaran, Rumahweb memberikan kemudahan dengan menyediakan banyak pilihan channel pembayaran. Channel pembayaran online dapat melalui kartu kredit dan Paypal. Sedangkan untuk channel pembayaran transfer bank lokal dapat menggunakan beberapa bank lokal di Indonesia seperti bank BCA, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, dan Maybank.

Yang belum ada disini adalah channel pembayaran melalui Payoneer. Saya rasa channel pembayaran melalui payoneer sebaiknya juga ditambahkan oleh pihak Rumahweb karena saat ini banyak transaksi online selain menggunakan Paypal juga menggunakan Payoneer.

Pada pembayaran kali ini saya menggunakan paypal, prosesnya cukup mudah dan cepat. Jumlah pesanan yang dibayar dalam IDR secara otomatis akan disesuaikan oleh Paypal ke USD dengan kurs yang ada. Perlu diketahui, jika anda melakukan pembayaran menggunakan paypal di Rumahweb untuk pertama kali maka diperlukan proses verifikasi dengan mengirimkan scan ID / KTP ke bagian CS billing Rumahweb. Untuk pembayaran selanjutnya melalui paypal tidak diperlukan lagi proses verifiikasi.

Sekitar 1-2jam setelah pembayaran selesai dilakukan maka hosting siap digunakan. Anda juga akan mendapatkan email pemberitahuan yang berisi informasi detail order, informasi nameserver, detail login control panel, dan lain-lain.

  • Member Area/Clientzone Rumahweb

Setiap penyedia layanan hosting biasanya mengharuskan pelanggan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian layanan. Begitu juga dengan Rumahweb, pelanggan harus registrasi terlebih dahulu sebelum melakukan proses pemesanan dan pembayaran.

Setelah registrasi pelanggan akan memilik akses login ke member area/clientzone. Tampilan Member area Rumahweb cukup user friendly karena sederhana dan mudah digunakan. Selain itu juga cukup responsif dan cepat aksesnya. Terdapat menu layanan yang berisi hosting / VPS kita yang aktif. Menu domain untuk melihat semua domain yang telah dibeli melalui registrar Rumahweb. Menu invoice untuk melihat tagihan yang belum dibayar.

Untuk mengatur domain anda seperti merubah domain name server, melihat tanggal jatuh tempo, perpanjangan domain dan sebagainya cukup mudah. Tinggal pilih kelola domain dengan melakukan  klik icon yang ada disebelah kanan.

Pada bagian layanan terdapat semua daftar jenis hosting yang anda gunakan baik itu shared hosting maupun VPS, semuanya akan tampil di menu layanan ini member area/clientzone.

Paket shared hosting Rumah web menggunakan cPanel sebagai control panelnya. Kualitas cPanel tidak perlu diragukan lagi, file manager sangat responsif, mudah digunakan, dan aman. Untuk login ke Cpanel juga cukup mudah. Login cPanel dapat  dilakukan langsung melalui client zone dengan cara klik tombol “Login to cPanel” tanpa perlu mengetik lagi username & password. Untuk mengganti password juga dilakukan pada area client zone.

Pada Cpanel yang disediakan Rumahweb sudah tersedia Softaculous apps Instaler yang berisi platform CMS seperti wordpress, joomla, drupal dan lainnya. Dengan menggunakan softaculous memudahkan pengguna untuk menginstal aplikasi pada hosting dengan mudah dan cepat.

Versi PHP Manager yang digunakan shared hosting Rumahweb sampai saat artikel ini dibuat adalah PHP versi 5.4, 5.5, 5.6. Belum ada pilihan menggunakan PHP terbaru versi 7.0. Seperti shared hosting pada umumnya, pengguna tidak diberikan akses PHP.ini

Dari pengalaman yang saya rasakan, pengeditan file dan folder pada file manager cPanel juga responsif. Sebagai contoh saya melakukan edit script PHP yang memiliki baris coding yang panjang. Secara langsung melalui cPanel. File tersebut dapat dibuka dengan lancar tanpa adanya lag.

Jika pengguna menggunakan CMS wordpress pada hostingnya, sebelum dapat login ke dashboard wordpress, Rumahweb menambahkan authentikasi untuk mencegah serangan DDOS. Authentikasi ini membuat pengguna menjadi bingung bagi yang pertama kali melihatnya. Pihak Rumahweb sendiri juga tidak memberitahu informasi ini kepada pelanggan kecuali jika kita bertanya langsung via chat atau ticket. Harusnya hal seperti ini diberitahukan kepada pelanggan diawal agar tidak membuat kebingungan.

  • Tutorial Web Hosting Rumahweb

Sebagai pengguna jasa hosting tentunya banyak sekali masalah teknis yang perlu diketahui oleh pelanggan. Untuk mengatasi hal tersebut Rumahweb menyediakan tutorial terkait dengan persoalan hosting pada websitenya. Tutorial yang dimiliki Rumahweb ini terbilang lengkap dan ini dapat diakses baik oleh pelanggan maupun orang yang tidak menggunakan layanan di Rumahweb. Ini sangat bagus sekali karena tutorial terkait hosting seperti ini biasanya ada dalam bahasa inggris. Disini Rumahweb telah menyediakannya dengan bahasa Indonesia yang sangat memudahkan bagi pengguna di Indonesia.

  • Rumahweb FAQ

Knowledebase atau FAQ juga telah disediakan oleh Rumahweb. Disini pengguna dapat membaca pertanyaan-pertanyaan yang sering di ajukan oleh pelanggan kepada pihak hosting beserta solusi penyelesaiannya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut telah dibagi menjadi kategori sehingga mempermudah untuk menemukan topik yang kita cari.

  • Panduan Penggunaan Layanan Rumahweb

Hampir sama dengan tutorial, Rumahweb juga menyediakan manual Rumahweb yang berisi panduan penggunaan layanan rumahwe dengan cara step by step. Panduan ini berguna sekali bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan Rumahweb.

Evaluasi Kinerja Hosting

Dari segi performa selama menggunakan shared hosting di Rumahweb, Hosting ini dapat dikatakan cukup baik. Pengujian kami lakukan dengan cara memantau uptime server dengan memasang tracker pada hosting yang kami gunakan. Kami memantau uptime kurang lebih selama dua minggu. Hasilnya Hosting Rumahweb sempat down sebanyak 10 kali dengan total waktu down yang sedikit sekitar 1-2 menit. Berikut adalah hasil screenshot dari pemantauan uptime.

Selain pemantauan uptime, kami juga melakukan tes kecepatan hosting dengan menggunakan alat tes seperti Bitcatcha, Cepatkah, dan Pingdom. Untuk melakukan uji kecepatan hosting, kami membuat 3 website yang terdiri dari website dengan platform wordpress yang masih kosong, website dengan platform WordPress yang berisi video dan gambar, serta website simpel HTML. Berikut adalah hasil dari tes kecepatan hosting.

Tes Page Load dan Response Time WordPress kosong (Fresh)
– Hasil test wordpress kosong menggunakan Bitcatcha

– Hasil test wordpress kosong menggunakan Cepatkah

– Hasil test wordpress kosong menggunakan Pingdom

Tes Page Load dan Response Time WordPress (Isi Video dan GIF)
– Hasil test wordpress kosong menggunakan Bitcatcha

– Hasil test wordpress kosong menggunakan Cepatkah

– Hasil test wordpress kosong menggunakan Pingdom

Tes Page Load dan Response Time Website HTML
– Hasil test wordpress kosong menggunakan Bitcatcha

– Hasil test wordpress kosong menggunakan Cepatkah

– Hasil test wordpress kosong menggunakan Pingdom

Upaya Rumahweb menjadi hosting terbaik Indonesia

Beroperasi sejak 2002 Rumahweb menerapkan standar dalam layanan hosting di Indonesia dengan support 24 jam didukung oleh “orang rumah” sebutan bagi team cs dan support Rumahweb yang berdedikasi dan ramah terhadap pelanggan.

Rumahweb mengklaim jasa penyedia layanan hostingnya dengan keunggulan aktivasi instan, support 24/7, garansi uptime 99%, penggunaan teknologi cloud, Multiple datacenter. Atas upayanya inilah saat ini Rumahweb menjadi salah satu top 10 hosting provider di Indonesia. Recomended choice.

hosting terbaik indonesia

Kesimpulan Review Rumahweb

Rumahweb menawarkan hosting berkualitas dengan pelayanan yang baik.  Upaya Rumahweb menjadi sebuah hosting besar dikerjakannya dengan serius memberi layanan terbaik kepada pelanggan. Menyewa sebuah hosting ibaratnya kita menitipkan isi file penting pada website kita kepada perusahaan hosting. Untuk mendapatkan kepercayaan tersebut Rumahweb berupaya untuk meningkatkan pelayanan support kepada pelanggannya dan menyediakan layanan support 24/7.

Jika anda mencari salah satu penyedia layanan hosting terbaik Indonesia maka Rumahweb wajib untuk anda pertimbangkan. Dari sisi harga yang ditawarkan juga cukup bersaing sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Nilai plus yang membuat saya menyukai Rumahweb adalah banyak sekali promo yang diberikan terutama promo domain murah hingga bagi-bagi domain gratis. Hal seperti ini jarang sekali ditemui di perusahaan hosting lain.

Sekian hosting review Rumahweb dari saya. Semoga dapat bermanfaat bagi pihak penyedia jasa agar dapat meningkatkan layanan dan servicenya dan juga bermafaat bagi para pelanggan maupun calon pelanggan. Review ini saya buat seobjektif mungkin tanpa berusaha merugikan pihak manapun. Terima kasih.

Pros

  • Layanan support 24/7
  • Tersedia banyak channel pembayaran
  • Beli hosting gratis domain
  • Durasi pembayaran fleksibel

Cons

  • Domain belum termasuk WHOIS protect
  • Harga VPS lumayan mahal

Fitur Utama

  • Hosting dengan Gratis Domain
  • Hosting Berbasis Cloud
  • Menyediakan Domain Indonesia

Lokasi Server

  • Amerika Serikat
  • Indonesia
  • Singapura

Sistem Operasi Server

  • Linux logo Linux

Berikan review anda

    • irvan
    • 2017-September-26th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    lumaayan mahal harganya

    • Riko
    • 2017-September-28th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    mantabs reviewnya,,,nyahaha bener itu rumahweb sering bagi2 domain gratisan, kemarin ane dapet 2biji gan lumayan buat ternak 😀

    • Wisnu
    • 2017-October-12th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    saya langganan hosting disini. sejauh ini layanannya memuaskan

    • Dhini
    • 2017-October-23rd
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    hostingnya bagus udah setahun pakai disini belum ada masalah

    • Mbah
    • 2017-November-1st
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    gooooooooooooooooood

    • RonnyS
    • 2017-November-12th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Selama pakai hosting dirumahweb baik-baik aja menurut saya. pelayanannya juga bagus cs gampang dihubungi, kekurangannya mungkin kadang maintenance tanpa ada kabar, tapi overall bagus

    • calon sarjana
    • 2017-November-16th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    makasih reviewnya lengkap…..tambahin info bagi2 domaing gratisannya dong gan

    • Muhammad Rafly Ramadhan
    • 2018-January-15th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Salah satu keunggulan RumahWeb yaitu seringnya Promo Domain dan Hosting secara Besar
    Review Selengkapnya:
    Terima Kasih 🙂

    • nbcdns
    • 2018-February-8th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    sejauh ini pelayanan dan juga uptime dari rumah web sangat bagus. saya sudah menggunakan layanan domain dari rumah web selama 3 tahun dan alhamdulillah semua berjalan dengan baik

    • julius
    • 2018-April-11th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Live Support Sangat Lama Sekali Respon nya, serta harganya tergolong lebih mahal dari penyedia hosting lainnya..
    Jika Layanan Livechatnya Cepat Tanggap Mungkin Harga Mahal Sesuai..