Review Wix oleh Para Pengguna dan Ahli

Rating Keseluruhan:
9.9
Kehandalan
9.9/10
Harga
9.9/10
Mudah Digunakan
9.9/10
Pelayanan
9.9/10
Fitur
9.9/10

Apa itu Wix? Jika berbicara mengenai web builder atau aplikasi untuk membuat website tanpa memerlukan pengetahuan teknis koding, Wix adalah salah satu satu brand website builder yang paling terkenal. Wix memang menawarkan hal yang cukup eksklusif untuk penggunanya yaitu berupa website builder khusus untuk membuat website kustom sesuai keinginan pengguna tanpa ribet. Tak hanya membuat website, fitur terbaru dari website Wix bahkan memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan optimasi terhadap websitenya. Review Wix Indonesia kali ini akan membantu Anda untuk memahami seberapa baik dan bagus-kah layanan yang ditawarkan oleh website builder ini sesungguhnya. Selain itu, dengan review ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada Anda akan kelebihan dan kekurangan Wix hingga Anda dapat mengambil kesimpulan “Apakah menghabiskan waktu untuk mencoba website builder ini adalah sesuatu yang layak atau tidak”.

Harga dan Perbandingan Paket Wix

Wix Indonesia menawarkan paket gratis yang bisa Anda coba secara cuma-cuma untuk membuat website. Asalkan Anda kreatif, paket gratis ini sebenarnya sudah cukup powerfull untuk membuat sebuah website yang terlihat profesional. Walaupun demikian, ada beberapa kekurangan atau keterbatasan utama yang cukup membuat paket ini menjadi tidak se-powerfull kelihatannya. Kelemahan dari paket gratis ini adalah sebagai berikut:

1.Anda tidak bisa menggunakan nama domain sendiri untuk website yang telah Anda buat dengan Wix.

Secara default, ketika Anda menggunakan versi Wix Indonesia gratis, Anda hanya bisa menggunakan URL yang berupa subdomain dari situs ini, misalnya: https://websiteku.wixsite.com/websiteku. URL ini tentunya terlihat panjang dan tidak profesional. Tidak pantas jika Anda gunakan sebagai website resmi. Walaupun Anda telah membeli domain dari regisrar lain, Wix Indonesia tidak memberikan fitur yang memungkinkan Anda menautkan website yang telah Anda buat dengan domain yang telah Anda beli.

2. Mau tidak mau website yang Anda buat akan disisipi oleh Iklan.

Layanan yang diberikan Wix adalah layanan yang bukan bebas dari iklan. Setelah menerbitkan website pertama Anda, dua iklan akan langsung tampil di bagian atas dan bawah website yang Anda buat. Kabar lebih buruknya, kita tidak bisa memilih jenis iklan apa yang akan tampil di website kita. Iklan tidak senonoh atau yang lainnya bisa saja tampil.Tentu saja iklan ini sangat mengganggu dan membuat website terlihat semakin tidak profesional.

Kemudian, bagaimana caranya supaya Anda bisa menghindari dua masalah di atas? Jawabannya cukup sederhana dan Anda pasti sudah tahu – upgrade. Tak perlu terkejut, karena website builder ini adalah pihak yang tentunya mencari keuntungan atas jasa yang diberikan.

paket wix indonesia

Pada gambar di atas, dapat Anda lihat pilihan-pilihan paket untuk melakukan upgrade dari akun Indonesia. Dimulai dari paket yang paling dasar yaitu Paket Connect Domain. Paket berbayar termurah ini dibanderol dengan harga berlangganan $5 atau sekitar Rp. 65.000 per bulan. Dengan paket ini, Anda dapat menggunakan nama domain Anda sendiri terhadap website dari Wix Indonesia yang sudah Anda buat. Jadi, Anda dapat mengubah alamatnya menjadi namadomainanda.com atau yang lainnya sesuai keinginan.

Hal yang perlu Anda perhatikan dan garis bawahi dari paket Connect Domain Wix adalah iklan akan tetap muncul di website Anda biarpun Anda berlangganan paket ini. Saya kira, paket ini sebaiknya tidak Anda pilih karena iklan adalah hal yang benar-benar mengganggu di website.

Paket selanjutnya dari Wix adalah paket langganan yang menurut saya lebih worth it dan layak Anda pilih. Salah satunya bernama Combo yang harga berlangganannya $10 atau sekitar Rp. 130.000 per bulan. Walaupun harga berlangganannya cukup mahal, paket ini memberikan fasilitas yang cukup banyak. Dengan paket Combo, Anda tidak akan melihat lagi iklan yang mengganggu di website. Anda juga akan mendapatkan nama domain gratis untuk didaftarkan dan juga sumber daya yang jumlahnya cukup rasional. Paket combo merupakan paket yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan jika Anda menginginkan mengembangkan website dengan hemat, mudah, dan tanpa iklan.

Paket lainnya yaitu Unlimited, eCommerce dan VIP memberikan tambahan sumber daya yang lebih besar seperti bandwith dan juga besar storage penyimpanan. Terlihat menggiurkan memang, namun saya pikir, sumber daya ini hanya akan benar-benar diperlukan jika website Anda trafik pengunjungnya mulai banyak. Jika Anda membelinya saat Anda baru mulai membuat website, rasanya akan rugi karena sumber daya tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Paket-paket Unlimited, eCommerce dan VIP sebenarnya juga memberikan beberapa tambahan fasilitas lain seperti app store credit, AdWords credit dan beberapa tambahan lainnya. Kredit AdWords bisa Anda gunakan untuk beriklan di Google sementara kredi AppStore dapat Anda gunakan untuk membeli aplikasi di iTunes. Walaupun demikian, percayalah, hal-hal ini saya rasa tidak akan terlalu Anda perlukan jika Anda sebagai orang yang baru mengembangkan website.

Cara Membuat Website dengan Wix

Membuat website dengan Wix adalah hal yang sangatlah mudah. Anda tinggal mendaftar di halaman website kemudian langsung membuat website yang Anda inginkan. Terdapat dua opsi cara pembuatan website awal dengan website builder ini yaitu menggunakan Wix ADI atau melalui Editor.

Melalui Wix ADI, Anda dapat membuat website yang Anda inginkan dengan hanya menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan, seperti tujuan website dan nama website Anda. Setelah menjawab semua pertanyaan, Sistem otomatis akan membuatkan website berdasarkan jawaban Anda.

Cara kedua untuk membuat website di situs ini adalah dengan menggunakan Editor atau Web Builder. Di sinilah Anda dapat membuat website sesuka hati. Langkah pertama dalam menggunakan editor adalah memilih template awal website Anda. Website builder ini telah menyediakan ratusan template menarik yang bisa Anda pilih sesuai kategori website Anda.

Template-template yang disediakan Wix Indonesia ini bisa saya bilang benar-benar template premium yang terlihat profesional. Elegan dan sangat nyaman dipandang mata. Anda tinggal memilih template yang sesuai keinginan kemudian klik tombol Edit untuk masuk ke editor.

Sebelumnya, biarkan saya menegaskan kembali satu hal bahwa Wix adalah website builder yang telah dikembangkan dengan luar biasa dan sangat baik. Semua pilihan kustomisasi sangat memudahkan saya untuk melakukan upload, menghapus, atau mengedit apapun yang saya inginkan. Jujur, saya banyak menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya agak menyeleweng ketika mencoba website builder Wix. Yang saya rasakan ketika mencoba apa itu Wix builder adalah seakan-akan kembali ke masa lalu di mana saya baru mengenal keajaiban software “Microsoft Paint“. Bebas berkreasi bentuk, warna dan apapun tanpa batas.

Website builder Wix Indonesia benar-benar telah dioptimasi dan memberikan kebebasan yang sebebas-bebasnya dalam mendesain website kita sendiri. Dan yang lebih penting lagi, website builder atau editor hadir dengan daftar pilihan pengaturan dan opsi yang sangat banyak. Walaupun demikian, Anda tidak akan kesulitan menemukan pilihan tools yang ingin digunakan karena pilihan tools akan muncul atau tersedia ketika Anda membutuhkannya. Seperti ketika Anda mengklik sebuah gambar, akan langsung tampil pilihan untuk mengubah ukuran (resize), memotong gambar (cropping), memberikan bayanan (shadowing) dan sebagainya. Demikian halnya ketika anda melakukan klik terhadap text box, anda bisa mengatur tampilan dari teks anda. Dan satu lagi, hampir semua elemen website yang ada dapat anda animasikan!

review wix

Hal penting yang tidak luput dari fitur-fitur luar biasa lainnya adalah fitur tampilan website ketika dibuka dengan perangkat mobile. Seperti yang kita tahu, saat ini pengguna internet hampir sebagian besar mengakses internet menggunakan perangkat mobile. Dengan demikian, membuat website yang tampil optimal ketika dibuka melalui perangkat mobile adalah hal yang sangat penting.

Kita telah melihat prosedur bagaimana mudahnya membuat website dengan website builder ini. Hal ini membuktikan bahwa developer Wix benar-benar telah melakukan pekerjaan yang luar biasa agar membuat menjadi alat pembuat website yang memuaskan. Sekarang dalam review Wix Indonesia ini, mari kita lihat jika server yang digunakan apakah juga bagus.

Performa Website Wix

Untuk menguji perfoma website yang dibuat dengan Wix secara independent, saya telah membeli paket Combo dan mempublikasikan website sederhana tanpa gambar dengan resolusi yang tinggi. Saya juga telah melakukan monitoring kecepatan dan uptime selama 21 hari dengan menggunakan tools dari pingdom. Berikut ini adalah hasil monitoring yang saya peroleh:

Skor uptime 99.96% dan kecepatan akses 562ms adalah hasil akhir pengujian saya. Tidak sempurna memang, tapi di tengah kelebihan dan kekurangan Wix, saya tidak pernah menyangka sebelumnya jika Wix dapat mencapai tingkat reliabilas uptime dan kecepatan pada level tersebut. Kecepatan Wix Indonesia dan skor uptime-nya selevel dengan beberapa penyedia layanan yang sudah cukup dikenal seperti GoDaddy dan HostGator. Bahkan, faktanya kecepatan aksesnya juga hampir sama. Walaupun demikian, jika kita bandingkan dengan Hostinger dan BlueHost, website builder ini masih kalah hampir 400ms di dalam hal kecepatan website.

Kesimpulan Review Wix Indonesia

Apa itu Wix? Wix adalah salah satu website builder yang sangat populer saat ini. Kemudahan dalam penggunaan merupakan kekuatan utamanya. Ketika melakukan review website builder ini saya terkesan dengan banyaknya fitur yang ditawarkan olehnya. Sebagai perusahaan yang fokus terhadap website builder, Wix Indonesia juga tetap menunjukkan performa yang bagus. Walaupun tidak memberikan opsi cara alternatif lain dalam membangun sebuah website, Wix bisa saya katakan justru telah membuat generasi baru dari software pembuatan website.

Walaupun saya cukup terkesan dengan performa fasilitas berbayar Wix Indonesia, saya tidak berfikir demikian dengan versi gratisnya. Layanan gratisnya hanya memberikan sedikit fasilitas, dan justru memberikan kelemahan yang menonjol kecuali Anda mau benar-benar membayar.

Terakhir, saya perlu mengomentari harga dari website builder ini. Jujur, paket harga Wix Indonesia sebenarnya cukup mahal. Silakan hitung kembali dana yang perlu Anda gelontorkan tiap bulannya untuk memiliki website dari Wix tanpa iklan dan domain sendiri. Biaya $10 atau sekitar Rp 130.000 per bulan untuk paket yang hanya memberikan kapasitas penyimpanan 3GB dan bandwith terbatas adalah hal yang tidak worth it di dunia hosting saat ini. Anda dapat mendapatkan fasilitas hosting tertinggi dengan fasilitas serba tidakk terbatas dengan harga yang sama (bahkan mungkin lebih murah) pada semua paket yang ditawarkan oleh daftar Top 10 Web hosting terbaik kami. Hal ini saya kira perlu dijadikan pertimbangan bagi Anda lagi sebelum berlangganan paket berbayar!

Secara umum setelah melihat kelebihan dan kekurangan Wix, saya tetap merekomendasikannya sebagai platorm website builder. Struktur-nya yang unik dan kemudahan penggunaannya sangat sempurna bagi pengembang website pemula yang tidak mau mempelajari seluk beluk pengembangan website konvesional dan teknik koding. Mudah, murah dan berasa premium.

Pros

  • Website Builder Memuaskan
  • Sangat Mudah Digunakan
  • Response Time Relatif Bagus
  • Skor Uptime Bagus

Cons

  • Versi Gratis Tidak Worth It
  • Opsi Upgrade Mahal
  • Ada Iklan bahkan untuk Paket Berbayar yang Termurah
  • Tidak Kompatibel dengan Web Hosting Lainnya

Fitur Utama

  • Website Builder yang Unik
  • Kecepatan Akses yang Tinggi
  • Skor Uptime Bagus

Lokasi Server

  • Amerika Serikat

Sistem Operasi Server

  • Linux logo Linux

Berikan review anda

    • ananda portrait ananda
    • 2018-Mei-23rd
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    terimakasih atas review nya, sangat memuaskan !
    saya inging bertanya, kalo beli paket nya harus menggunakan credit card ato bisa pake debit card?

    terimakasih