Review Masterweb oleh Para Pengguna dan Ahli

Rating Keseluruhan:
5.5
Kehandalan
7.1/10
Harga
4.5/10
Mudah Digunakan
4.5/10
Pelayanan
5.3/10
Fitur
6.1/10

Jujur, saya sangat antusias untuk melakukan review Masterweb ini. Bukan karena ada apa-apa, tapi karena mengetahui bahwa web hosting ini ternyata sudah menyediakan layanan web hosting jauh sebelum pengguna internet booming di Indonesia. Masterweb memang bisa disebut master web di Indonesia karena merupakan salah satu web hosting komersial tertua di negeri ini. Hebatnya lagi, dengan fasilitasnya yang beragam seperti Masterkey Masterweb, web hosting ini masih terus bertahan bahkan bisa dibilang masih berjaya hingga saat ini.

Masterweb atau biasa disingkat dengan MWN awalnya bergerak pada bidang Internet Service Provider (ISP). Baru pada tahun 1998 perusahaan ini banting stir ke layanan penyedia web hosting. Pendirinya sendiri sebenarnya sudah bergelut di dunia teknologi informasi sejak tahun 1996. Berdasarkan informasi yang saya peroleh di situsnya, Masterweb telah memiliki lebih dari 400 data center. Data center tersebut tidak hanya terletak di Indonesia namun juga tersebar di luar negeri (Amerika Serikat, Singapura dan Jerman).

Dengan usianya yang hampir mendekati dua dekade, penyedia web hosting ini sangat populer di Indonesia. Hingga hari ini, Masterweb mengklaim telah memiliki lebih dari 100.000 pelanggan dan terus meningkat setiap bulannya. Tak tanggung-tanggung, peningkatan pelanggan per bulan bahkan diklaim mencapai 4000 hingga 5000 pelanggan. Berdasarkan data pada situs hostadvice, Masterweb saat ini merupakan web hosting dengan pelanggan terbanyak di Indonesia dengan pangsa pasar (market share) yang behasil dikuasai sebesar 14.01%.

Review Masterweb - Marketshare Web Hosting Indonesia (hostadvice)

Saya pun penasaran, apa yang membuat Master web ini tetap berjaya di tengah banyaknya bermunculan web hosting baru di Indonesia. Apakah web hosting ini memang sebuah “master web” yang menyediakan kualitas web hosting terbaik sehingga akhirnya diloyali pelanggan? Dan apakah dari sisi harga masih kompetitif dibandingkan web hosting lain? Bagaimana pula dengan layanan pelanggannya?

Berikut ini adalah review Masterweb dari saya yang akan menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Untuk memudahkan membaca dan memahami, review saya bagi menjadi 5 bagian yang meliputi aspek-aspek web hosting seperti berikut ini:

– Layanan Masterweb
– Harga Paket Hosting yang Ditawarkan
– Kesan Pertama dalam Menggunakan Layanan
– Evaluasi Performa
– Customer Service (Layanan Pelanggan)

Layanan Master web

• Domain Name
• Webhosting
• Virtual Private Server
• Cloud Server
• Colocation Server
• Dedicated Server
• Website Builder
• SSL Certificate
• Managed Server
• Digital Marketing
• Email Cantik
• Learning Center

Berbagai macam layanan yang berkaitan dengan web hosting telah disediakan oleh Masterweb. Untuk layanan shared hosting dikelompokkan sesuai dengan sasaran pengguna. Paket shared hosting terdiri dari mulai paket yang paling kecil atau untuk pribadi (smile), kemudian paket untuk usaha kecil menengah (ukm) hingga paket untuk bisnis dan corporate. Dalam situsnya, tidak ditampilkan apakah layanan shared web hosting yang ditawarkan merupakan shared hosting dengan server Indonesia atau luar Indonesia (biasanya US). Namun ketika saya menanyakan via online chat ternyata semua layanan shared hosting di Masterweb sementara masih menggunakan server lokal di Indonesia.

Review Masterweb - Layanan

Sedangkan untuk server shared hosting di luar negeri masih dalam proses di Singapura. Tidak adanya pilihan server selain Indonesia ini perlu menjadi perhatian kita. Terlebih jika target pengunjung website adalah pengunjung Internasional. Sebaiknya perlu mempertimbangkan kembali untuk membeli paket shared hosting di Masterweb dan memilih paket atau web hosting lain yang yang menggunakan server bukan Indonesia agar load time dan response time ketika pengunjung membuka website lebih cepat.

Selain fokus utama di registrasi nama domain dan layanan shared web hosting. Masterweb juga menyediakan layanan Virtual Private Server (VPS) bagi yang ingin memiliki server secara kustom dan Cloud Server untuk layanan server yang lebih eksklusif dengan akses dan performa yang lebih cepat.

Layanan yang masih jarang ditemukan di web hosting kebanyakan di Indonesia lainnya yaitu Colocation Server. Layanan ini memberi jaminan server yang lebih aman. Terdapat pula layanan Dedicated Server untuk layanan web hosting yang lebih premium. Karena keunggulannya, dua layanan ini tentunya memiliki harga yang lebih tinggi daripada layanan shared web hosting biasa.

Registrasi Domain

Layanan registrasi domain pada Masterweb bisa saya bilang sangatlah lengkap. Selain top level domain umum seperti .com, .net, .org, juga tersedia domain yang berakhiran .id atau domain Indonesia. Pada daftar domain yang bisa dibeli, banyak saya temukan domain yang memilki akhiran unik-unik bahkan terkesan asing di telinga seperti .diamonds, .enteprises, .tips, .computer, .system dan sebagainya. Calon pembeli benar-benar disuguhi daftar domain yang beragam dan lengkap oleh Masterweb ini.

Untuk layanan registrasi domain, Masterweb dengan bangga memberikan pernyataan bahwa telah berpartner dengan Tucows (SRS) yang merupakan registrant domain resmi. Registrant domain resmi merupakan registrant yang telah terdaftar pada badan regulator untuk Top Level Domain seluruh dunia yaitu Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Ketika saya mencari nama perusahaan Tucows dalam daftar registrant resmi ICANN, saya berhasil menemukan nama registran ini. Dengan demikian, layanan domain di Masterweb ini memang tepercaya.

Review Masterweb - Domain Tucows

Fasilitas reseller domain juga tersedia bagi anda yang ingin menjadi perpanjangan tangan Masterweb menjual domain. Harga domain untuk reseller tentunya lebih murah sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan dari menjual domain ke pelanggan lain. Fitur reseller ini tersedia terpisah pada situs milik perusahaan Masterweb tersendiri yaitu daftarnama.id.

Review Masterweb - Daftarnama.id

Website Builder

Layanan website builder dari Masterweb terdiri atas dua jenis yaitu dengan cara kustom sendiri atau dengan pesanan. Website builder dengan kustom sendiri pada layanan web hosting ini bernama WEB1menit sedangkan Website builder dengan pesanan bernama DLANET.

Dalam review Masterweb ini saya pun tertarik mencoba layanan web builder WEB1menit. Saya ingin benar-benar membuktikan apakah benar saya bisa membuat website dalam waktu 1 menit seperti namanya. Kebetulan Masterweb menyediakan paket gratis atau seharga Rp. 0 bagi yang ingin mencoba layanan ini. Setelah saya mengisi data yang diperlukan, saya langsung menerima email invoice Rp. 0,- dan juga username serta password untuk login di situs WEB1menit.

Review Masterweb - WEB1Menit

Sayangnya, ternyata setelah saya login, saya tidak bisa langsung bisa menikmati layanan ini. Saya harus mendaftarkan dulu domain yang akan digunakan. Domain yang dimaksud bisa dengan domain baru yang dibeli di Masterweb atau domain yang sudah dimiliki sebelumnya. Selanjutnya baru sistem akan menginstall website secara otomatis. Di luar ekspektasi saya, layanan WEB1menit ini ternyata menyediakan variasi template website yang lumayan banyak. Template yang bisa dipilih beragam mulai dari kategori Consumer, School Website hingga Profesional.

Template Website 1 Menit

Sementara untuk layanan DLANET yaitu layanan pembuatan website secara pesanan, sejatinya merupakan layanan seperti memesan website dengan jasa konsultan pada umumnya. Walaupun tampilan website yang dimilki ini menurut saya kurang kekinian, namun jika dilihat pada bagian portofolionya cukup menjajikan karena sudah menggarap berbagai macam web instansi terkenal.

masterweb jasa builder web

SSL Certificate

Masterweb menyediakan layanan tambahan Secured Socket Layer (SSL) Certificates agar komunikasi data antara website anda dan browser yang digunakan user lebih aman. Layanan SSL yang ditawarkannya pun beragam mulai dari SSL tingkat yang paling rendah yaitu SSL Starter yang cukup menggunkan enkripsi 128 – 256 bit hingga SSL tingkat tertinggi yaitu SSL C yang jika website dikunjungi address bar pada browser akan terlihat nama perusahaan beserta tanda warna hijau.

Review Masterweb - Sertifikat SSL

Email Cantik

Ini dia layanan unik lainnya dari Masterweb. Sesuai namanya, layanan Email Cantik ini memungkinkan pelanggan memiliki akun email dengan domain yang cantik nan unik. Harga yang ditawarkan pun cukup murah. Dibanderol dengan harga Rp 17.000 per tahun, pelanggan sudah bisa mendapatkan akun email berkapasitas 2GB. Akun Email yang didapatkan sudah mendukung IMAP, POP3 maupun Webmail sehingga pelanggan bisa membuka kotak masuk email melalui berbagai macam cara.

Review Masterweb - Email Cantik

Digital Marketing

Selain menyediakan jasa yang berkaitan dengan hosting, Masterweb juga menyediakan layanan Digital Marketing. Dengan layanan ini pelanggan dapat memaksimalkan dan meningkatkan trafik pengunjung website yang dimiliki dengan kampanye adwords.

Training Center

Tak berhenti di jasa layanan internet, Masterweb menyediakan layanan training center pula. Disini siapapun bisa mendaftar dan mengikuti training untuk menambah dan mengasah kembali kemampuan pengetahuan yang dimiliki. Topik training yang ditawarkan pun cukup bervariasi dan berbeda setiap bulannya mulai dari tentang ketrampilan programming hingga networking.

Melihat dari bergamnya layanan yang diberikan. Masterweb seakan-akan ingin membuktikan dirinya sebagai master dari web hosting di Indonesia. Beberapa layanan bahkan sangat unik dan belum pernah saya temui pada layanan web hosting lainnya. Layanannya pun tak melulu produk seputar web hosting tapi juga sudah merambah ke jasa lainnya seperti digital marketing dan training center. Hal ini saya rasa wajar karena memang Masterweb telah sangat lama dan berpengalaman berkecimpung dalam dunia web hosting di Indonesia.

Harga Paket Hosting yang Ditawarkan

Harga biasanya merupakan salah satu hal krusial dan penting selain kualitas layanan ketika memilih sebuah layanan web hosting. Harga yang murah tentunya sangat menarik di mata kita sebagai pelanggan. Namun sebagai pelanggan yang cerdik tentunya kita harus tetap cermat dan selektif dalam memilih paket web hosting sesuai kebutuhan. Berikut ini review Masterweb mengenai paket harga hosting yang ditawarkan.

Shared Hosting

Paket shared hosting Masterweb tersedia dalam 6 paket yang dikelompokkan dalam 3 kategori. Kategori-kategori tersebut adalah paket personal, usaha kecil menengah (UKM) dan bisnis. Paket personal terdiri dari 1 paket saja yaitu paket Smile (kapasitas penyimpanan 1GB). Paket UKM terdiri dari 3 paket berbeda yaitu Lucky (2GB), Bright (5GB) dan Happy (10GB). Sementara untuk paket Bisnis terdiri dari paket Excited (25GB), Success (100GB) dan Titanium (kapasitas penyimpanan tidak terbatas/unlimited).

masterweb-paket-lucky-bright-smile.jpg masterweb paket titanium

Semakin mahal paket yang dipilih tentunya akan semakin besar kapasitas penyimpanan yang bisa didapat. Selain itu semakin lengkap pula fitur-fitur yang diperoleh. Semua paket tidak memilki batasan bandwith (unlimited) baik akses dari dalam negeri maupun dari luar negeri sehingga pelanggan tidak perlu risau apabila di tengah-tengah jalan saat berlangganan website yang dimilki tiba-tiba down atau tidak bisa diakses karena bandwith habis. Tidak ada pula batasan akun email yang bisa dibuat untuk semua paket. Content Management System populer WordPress tersedia pula untuk diinstall melalui cPanel.

Untuk memudahkan melihat perbandingan antara paket shared hosting yang satu dengan yang lain, saya telah membuat tabel rangkuman perbandingan seperti di bawah ini:

Paket HostingSMILELUCKYBRIGHTHAPPYEXCITEDSUCCESSTITANIUM
Kapasitas Penyimpanan1GB2GB5GB10GB25GB100GBUnlimited
BandwithUnlimitedUnlimitedUnlimitedUnlimitedUnlimitedUnlimitedUnlimited
Anti Malware ProtectionTidakTidakTidakYaYaYaYa
Remote DatabaseTidakTidakYaYaYaYaYa
Jumlah Database MySQL110UnlimitedUnlimitedUnlimitedUnlimitedUnlimited
Host Website125102550500
Prioritas Support7654321
Gratis  DomainTidakTidakTidakYaYaYaYa
Kontrak 1 bulanRp  2,187,900.00
Kontrak 3 bulanRp  732,343.33Rp 2,146,833.33
Kontrak 6 bulanRp  76,890.00Rp 164,890.00Rp  439,890.00Rp 2,037,750.00
Kontrak 1 tahunRp   10,890.00Rp  21,890.00Rp  43,890.00Rp  69,201.00Rp 148,401.00Rp  395,901.00Rp 1,823,250.00
Kontrak 2 tahunRp   10,890.00Rp  19,701.00Rp  39,480.83Rp  61,512.00Rp 131,912.00Rp  351,912.00Rp 1,608,750.00
Kontrak 3 tahunRp   10,890.00Rp  16,417.50Rp  32,917.50Rp  53,823.00Rp 115,423.00Rp  307,923.00Rp 1,394,250.00

Catatan: harga di atas merupakan harga jika dihitung perbulan dan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPn) sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia yaitu sebesar 10%.

Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwasannya untuk paket shared hosting dengan kapasitas penyimpanan 10GB ke atas atau paket HAPPY dan seterusnya, pelanggan berhak mendapatkan domain .com, .net, .org, .biz maupun domain apapun yang berakhiran .id. Pelanggan dengan paket hosting yang lebih tinggi atau mahal juga akan mendapatkan prioritas support atau bantuan yang lebih diutamakan.

Apabila melihat dari sisi harga dan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan untuk masing-masing paket, menurut saya harga di Masterweb ini memang terbilang cukup murah. Misalnya saja dengan harga Rp 10.890 perbulan atau Rp 130.680 pada paket SMILE, pelanggan sudah bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 1GB.

Sayangnya dalam urusan jangka waktu untuk minimum kontrak, saya mencermati untuk paket yang kapasitasnya tidak terlalu besar yaitu paket BRIGHT ke bawah memiliki minimum kontrak yang kurang fleksibel. Pelanggan mau tidak mau harus berlangganan dengan minimum kontrak 12 bulan atau 1 tahun.

Selain itu, perlu dijadikan catatan penting bahwa untuk paket SMILE, LUCKY dan BRIGHT juga tidak mendapatkan perlindungan keamanan dari Anti Malware Protection. Bahkan fitur Remote Database tidak tersedia bagi pelanggan yang membeli paket SMILE dan LUCKY. Batasan jumlah database MySQL yang bisa dibuat pun juga harus menjadi pertimbangan apabila pelanggan ingin membeli kedua paket dengan harga paling murah ini.

Jika dilihat dari situs websitenya, cukup minim promo yang ditawarkan oleh Masterweb untuk layanan paket shared hosting. Halaman khusus yang berisi promo-promo yang sedang berlaku juga tidak saya temukan. Satu-satunya sumber informasi jika ada promo di website Masterweb yang saya ketahui saat ini adalah dari slide yang terdapat di halaman depan.


Dari berbagai harga dan kontrak yang ditawarkan, Masterweb ini hemat saya secara harga sebenarnya kurang pas untuk pengguna newbie atau baru yang hanya ingin coba-coba. Paket termurah yaitu SMILE walaupun berkapasitas besar dan harganya murah memiliki kontrak yang tidak fleksibel. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas yang juga tidak didapat pada paket ini.

Namun untuk paket yang berkapasitas besar, harga yang ditawarkan cukup rasional dengan variasi fasilitas dan ukuran kapasitas yang bergam. Dari sini terlihat sepertinya, Masterweb ini memang target utamanya lebih ke pelanggan bisnis dan juga corporate yang membutuhkan sumber daya yang besar.

VPS

Master web juga menyediakan paket VPS. Terdapat lima paket VPS yang dapat dipilih oleh pelanggan. VPS yang ditawarkan menggunakan sistem virtualisasi KVM dengan sistem operasi linux. VPS pada masterweb bertipe unmanaged yang artinya semua konfigurasi dan instalasi dilakukan oleh user sendiri dan pihak masterweb hanya menyediakan hardwarenya saja.

Domain

Jika saya bandingkan dengan situs penyedia web hosting yang menyediakan registrasi domain lainnya, harga domain di Masterweb saya rasa cukup miring. Top Level Domain .com misalnya cukup dibanderol dengan harga Rp 129.000 per tahun sebelum PPn. Pada saat saya melakukan review Masterweb ini bahkan ada tawaran promo harga domain.com Rp 80.000 untuk tahun pertama.

Review Masterweb - Harga Domain

Kesan Pertama dalam Menggunakan Layanan

Tampilan Masterkey Masterweb

Halaman member atau client area yang diperuntukkan pada Masterweb bernama Masterkey. Tampilan halaman ini sendiri seperti halaman admin panel pada suatu aplikasi sistem informasi. Fitur yang bisa digunakan tentunya administrasi layanan yang telah dibeli baik hosting maupun domain.

masterkey masterweb

Bagi yang memerlukan bantuan dapat mengajukan melalui fitur Buka Tiket support. Knowledgebase juga tersedia bagi yang ingin mempelajari lebih lengkap mengenai layanan hosting di web hosting ini beserta masalah-masalah yang sering timbul. Pemesanan layanan baru juga dapat melalui halaman Masterkey ini.

Pendaftaran dan Membeli Paket Hosting Melalui Masterkey Masterweb

Dalam review Masterweb ini saya akan mencoba membeli paket shared hosting SMILE. Dengan demikian saya bisa benar-benar mengetahui bagaimana isi dari layanan web hosting ini secara langsung.

pembelian-pada-masterweb

Setelah memilih paket yang ditawarkan dan memilih siklus billing atau minimum kontrak melalui Masterkey Masterweb, saya diharuskan mengisi data identitas. Data identitas meliputi nama, alamat dan informasi pribadi lainnya. Terdapat opsi untuk membeli Dedicated IP bilamana menginginkan website dihosting dengan alamat IP tersendiri. Setiap setiap IP dedicated yang ditambahkan, pelanggan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 1.120.680. Harga IP dedicated tersebut saya kira masih wajar.

Tampilan Masterweb Masterkey - Metode Pembayaran

Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih metode pembayaran. Terdapat 3 metode pembayaran yang tersedia yaitu transfer Bank, Paypal dan menggunakan Kartu Kredit. Untuk transfer bank, sayangnya hanya tersedia rekening bank BCA dan Mandiri. Saya pun memilih opsi pembayaran yang umum dipilih masyarakat Indonesia yaitu metode pembayaran dengan transfer Bank.

Masterweb Masterkey

Setelah memilih metode pembayaran, saya diarahkan ke halaman invoices. Disini saya diminta mentransfer dana sebesar paket hosting yang saya beli kepada rekening Masterweb. Tampilan di halaman ini menurut saya perlu diperbaiki karena masih polos dan cukup membingungkan. Terutama berapa besaran sebenarnya yang harus saya transfer, apakah menggunakan kode unik dan juga halaman konfirmasi pembayaran yang link-nya bahkan belum di link-kan jadi hanya berupa text biasa. Di halaman ini, invoice bisa diunduh dalam bentuk PDF melalui link pada bagian bawah.

Saya melakukan transfer pada pukul 21.14 melalui mobile banking kemudian saya melakukan konfirmasi pembayaran 5 menit setelahnya. Saya berharap pembayaran saya dapat dengan segera diverifikasi agar hosting yang saya beli segera aktif pula. Namun hingga lebih dari 20 menit menunggu akun saya ternyata masih belum aktif.

Saya pun penasaran mengecek kembali status pembayaran. Alangkah terkejutnya saya, ternyata untuk verifikasi pembayaran hanya bisa dilakukan pada hari dan jam kerja. Berhubung saya membeli paket hosting ini di akhir pekan maka jika demikian adanya saya harus menunggu hingga awal pekan depan atau hari Senin. Lama sekali pikir saya. Hal yang membuat saya kecewa lagi adalah tidak ada informasi di awal mengenai hal ini.

Saya pun kemudian berusaha untuk menanyakan melalui fitur live chat Masterweb apakah bisa diverifikasi dengan segera. Pada fitur chat, tim billing dan sales sedang offline, sehingga saya menanyakan kepada Customer Service. Chat dengan Customer Service ini akan saya ceritakan pada bagian selanjutnya. Singkat cerita, akun saya tidak bisa diaktifkan karena hanya departemen billing yang dapat memproses. Jujur saya sangat kecewa dengan hal ini.

Tampilan Kontrol Web Hosting di Masterkey Masterweb

Masterweb ternyata telah mengembangkan kontrol hosting sendiri yang diberi nama sPanel di dalam Masterkey Masterweb. Sekilas halaman sPanel ini lebih ringan dan sederhana dari cPanel biasa. Tampilan menunya pun menggunakan menubar seperti pada aplikasi-aplikasi pada umumnya. Latar belakang (background) dan warna halamannya pun bisa diganti sesuai keinginan.

spanel masterweb.png
Walaupun demikian bagi yang terbiasa menggunakan cPanel mungkin akan sedikit mengalami kesulitan dalam menemukan menu-menu khusus. Apalagi tidak ada icon-icon dan juga pencarian fasilitas pada menu utama sPanel ini. Namun jangan khawatir, Masterweb tetap menyediakan cPanel standar bagi yang merasa lebih familiar mudah menggunakan kontrol web hosting ini. Kekurangan dari cPanel di Masterweb ini adalah tidak adanya DNS manager. Fitur ini hanya bisa ditemui melalui kontrol panel sPanel.

Evaluasi Performa

Kualitas layanan tentu merupakah hal yang sangat penting ketika kita membeli sebuah web hosting. Percuma rasanya jika kita membeli web hosting dengan harga murah namun sering down atau kecepatan aksesnya lambat. Berbicara mengenai kualitas layanan, maka yang perlu diperhatikan dalam sebuah web hosting adalah skor uptime dan skor response time dari web hosting tersebut. Karena itu di review Masterweb ini saya akan mencoba mengecek kedua skor yang menjadi indikator performa web hosting tersebut.

Uptime

Skor uptime adalah presentase waktu saat server sebuah hosting dapat berjalan dengan baik tanpa mengalamai masalah crash, down ataupun error. Semakin besar atau mendekati nilai 100% tentunya skor uptime akan semakin baik. Begitupun sebaliknya, semakin menjauhi skor 100% maka menunjukkan server tersebut sering down dan sering menyebabkan website tidak bisa diakses.

Terdapat beberapa tingkatan skor uptime menurut American National Standart Institute (ANSI) dalam sebuah server web hosting. Tabel di bawah ini menunjukkan tingkatan/tier skor uptime yang saya dapat dari situs mebiso.

TingkatanMinimum Uptime
Tier 499,995%
Tier 399,982%
Tier 299,749%
Tier 199,671%

Untuk mengetahui seberapa tinggi skor uptime dari Masterweb, saya mencoba mengeceknya melalui situs webhostingstuff. Hasil pengecekan dari situs yang telah melakukan monitoring terhadap server Masterweb selama kurang lebih 2595 hari atau lebih dari 7 tahun tersebut menunjukkan skor uptime yang cukup tinggi yaitu sebesar 99.83%.

Predikat Excellent diberikan webhostingstuff terhadap Masterweb atas pencapaian skor uptime ini. Jika kita lihat kembali pada tabel ANSI untuk tingkatan skor uptime web hosting di atas, maka skor uptime Masterweb ini setingkat dengan Tier 3. Dengan skor uptime 99.83%, berarti setiap tahunnya rata-rata server hosting Masterweb hanya mengalami akumulasi down selama sekitar 14 hingga 15 jam. Dari sisi uptime saya bisa menyimpulkan jika web hosting ini bukan master nya web dalam uptime karena saya masih ada web hosting yang berada di Tier 1.

Response Time

Response time merupakan kecepatan server merespon sebuah permintaan untuk memuat sebuah halaman website. Skor response time akan semakin bagus tentunya jika semakin kecil karena hal ini menunjukkan server dapat memberikan respon dalam waktu yang singkat. Sebaliknya jika skor response time tinggi berarti server lama dalam memberikan respon.

Karena server untuk shared hosting Masterweb hanya berada di Indonesia (menurut percakapan saya dengan customer service melalui live chat), saya akan menggunakan tools dari CepatKah.com untuk menguji seberapa cepatkah web hosting yang menyatakan diri sebagai “master web” ini apabila diakses dari Indonesia. Berikut ini hasil pengujian saya terhadap website yang dihosting di Masterweb ketika saya uji menggunakan website yang sederhana.

Dari hasil pengecekan response time dengan tools CepatKah.com diatas menunjukkan average (avg) response time yang sebesar 1.617 ms saja. Hal ini menunjukkan response time web hosting di Masterweb memang cepat dan bagus.

Tidak puas dengan memeriksa response time hanya dari lokasi Indonesia, saya menggunakan tools dari BitCacha untuk mengecek server website sederhana saya apabila diakses dari luar negeri. Dan ternyata walaupun lokasi servernya di Indonesia, response time dari website yang dihosting di Masterweb ini masih memiliki skor response time yang bagus (Skor C).

Server pemeriksa dari Singapura tentu menjadi lokasi yang memiliki response time tercepat karena letaknya berdekatan dengan Indonesia. Uniknya justru response time dari Sydney yang memiliki skor terlama. Sedangkan skor dari server yang negaranya cukup jauh dari Indonesia seperti Sao Paulo dan London skornya malah cukup bagus.

Sebagai perbandingan saya juga melakukan uji coba response time apabila website yang saya uji merupakan website yang lebih kompleks. Disini saya menggunakan website WordPress yang sebelumnya telah saya install melalui fasilitas softaculous.

Berikut ini hasil pengujan saya terhadap website WordPress yang saya pasang di hosting Masterweb tersebut.
Hasil Test Hosting Masterweb Masterkey dari CepatKah.com.

Hasil Test Website Masterweb Masterkey dari BitCacha.

Karena website yang dimuat lebih berat dan juga lebih kompleks, response time pada hosting yang terdapat website WordPress saya sedikit menurun khususnya apabila diakses dari luar negeri. Namun skor jika dari Indonesia bisa saya bilang masih sangat bagus.

Dengan menggunakan tools pingdom, saya juga melakukan monitoring sendiri terhadap website yang sudah saya miliki di hosting Masterweb. Hasilnya, dalam waktu 3 minggu website hanya mengalami down sebanyak 10 kali. Skor uptime mencapai 97.9 dalam waktu seminggu terakhir.

Pingdom test masterweb

Dari hasil pengecekan terhadap skor uptime dan response time yang telah saya lakukan, saya bisa katakan bahwa kualitas web hosting khususnya shared hosting di Masterweb tidak terlalu buruk. Skor uptime masih bisa ditingkatkan dan dijaga lagi sehingga bisa setara dengan web hosting pada Tier 1.

Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan merupakan hal yang mutlak ada dalam sebuah layanan web hosting. Layanan pelanggan yang baik idealnya harus mampu menjawab berbagai masalah pelanggan kapanpun dimanapun dengan cepat dan tepat.
Masterweb menyediakan beberapa jalur layanan pelanggan yaitu:

1. Live Chat 24 jam
2. Call Center 24 jam
3. Tiket Bantuan / Email

Dalam melakukan review Masterweb ini, seperti yang sudah saya jelaskan pada bagian pendaftaran, saya mengalami masalah dimana pembayaran yang telah saya lakukan tidak segera diverifikasi karena harus menunggu jam dan hari kerja. Saya mencoba menghubungi layanan pelanggan via live chat. Sayangnya saat itu departemen billing dan sales sedang offline dan hanya menyisakan departemen customer service yang online. Karena tidak ada pilihan lain, saya mencoba menghubungi Customer Service tersebut.

Customer Service Masterweb

Tak sampai satu menit, ternyata chat saya langsung dibalas. Saya mengutarakan masalah saya mengenai pembayaran dan customer service meminta detail pembayaran saya. Disini saya pikir masalah verifikasi bisa selesai saat itu juga.

customer service masterweb

Saya pun dengan antusias menjawab dengan detail pembayaran saya, namun ternyata yang terjadi, Customer Service tidak bisa melakukan verifikasi karena di Masterweb ini hanya departemen billing yang berhak memprosesnya. Saya tentunya kecewa. Jika dibandingkan web hosting lain, verifikasi bisa dilakukan kapan saja tidak memandang hari kerja ataupun bukan.

Lupakan masalah di atas, di lain kesempatan saya juga mencoba melakukan chat dengan Customer service untuk menanyakan hal-hal umum. Seperti menanyakan bedanya cloud server dan shared hosting. Lagi-lagi chat saya direspon dengan cukup cepat. Customer Service juga mampu menjawab dengan lengkap dan jelas. Namun ketika saya bertanya lagi tentang salah satu produk di Masterweb, Customer Service tersebut malah keluar dari chat saya sebelum menjawab pertanyaan kedua.

Masih sama dengan sebelumnya saya mencoba melakukan chat lagi, kali ini bertanya tentang lokasi server shared hosting. Customer service konsisten merespon dengan cepat dan jawabannya pun cukup memuaskan untuk informasi produk.

Dari hasil beberapa kali chat saya dengan Customer Service tersebut, bisa saya simpulkan response chat sangatlah responsif. Customer Service mampu menjawab pertanyaan seputar produk yang ada di Masterweb, kecuali memang untuk masalah billing yang menjadi di luar kewenangannya. Walaupun demikian saya rasa tidak ada salahnya bukan jika Customer Service seharusnya bisa membantu pelanggan dalam urusan ini.

Kesimpulan dari Review Masterweb

Dari sisi harga Masterweb terbilang kompetitif, bahkan jika berlangganan dengan kontrak yang lama memang bisa dikategorikan murah. Untuk registrasi domain walaupun tanpa promo harga yang ditawarkan memang miring dibanding harga di web hosting lainnya Layanan pelanggan untuk Customer Service juga sangat responsif.

Namun ada beberapa hal yang masih bisa ditingkatkan. Salah satunya adalah metode pembayaran yang perlu diperbanyak terutama tujuan bank transfer sehingga pembeli yang tidak memilki rekening bank yang sama dengan Masterweb bisa membayar tanpa terkena charge transfer antar bank yang berbeda. Dan menurut saya yang paling penting adalah verifikasi dan pemrosesan dari pembayaran hendaknya bisa dipercepat dan tidak terbatas pada hari dan jam kerja saja.

Sebagai webhosting tertua di Indonesia Masterweb ini dari sisi variasi layanan memang no 1 dan master di bidangnya karena layanan yang diberikan sangatlah beragam (Masterkey Masterweb). Kualitas layanannya pun tetap dijaga seperti yang terlihat dari skor uptime dan response time yang baik. Tak heran jika penggunanya saat ini terbanyak karena sudah menjangkau berbagai kalangan sejak lama.

Sebagai kesimpulan akhir, Masterweb memang pantas menjadi salah satu pilihan anda dalam memilih web hosting.

Pros

  • Pengalaman tidak perlu diragukan kembali.
  • Layanan sangat bervariasi terutama untuk segmen web hosting premium.
  • Harga domain miring walaupun tanpa promo.
  • Customer service sangat responsive.
  • Response Time dari server bagus.
  • Data center banyak.
  • Semua paket unlimited bandwith.

Cons

  • Verifikasi pembayaran hanya di jam kerja.
  • Metode pembayaran terbatas.
  • Beberapa fitur tidak tersedia pada paket hosting kecil.
  • Kontrak tidak fleksibel untuk paket hosting kecil.

Fitur Utama

  • Web Hosting Tertua
  • Fasilitas Terlengkap
  • Data Transfer Unlimited

Lokasi Server

  • Indonesia
  • Jerman
  • Amerika Serikat

Sistem Operasi Server

  • Linux logo Linux

Berikan review anda

    • Pejuang Adsense portrait Pejuang Adsense
    • 2017-Oktober-29th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    sudah cukup baik….

    • Budi Rahardjo portrait Budi Rahardjo
    • 2017-November-9th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Sejak tahun 2000an sudah menggunakan jasa masterweb. Selama ini pelayanan bagus gak ada masalah.

    • Taufiq portrait Taufiq
    • 2017-November-14th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    punya hosting di masterweb ini udah 3 bulanan, aman-aman aja, kalau bisa promonya dibanyakin gw kasih bintang 5 semua 🙂

    • EkAyana portrait EkAyana
    • 2017-November-17th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    masterweb oke pelayanannya bagus, harga relatif tapi kalau dibandingin hosting lain lumayan mahal juga

    • Tonny portrait Tonny
    • 2017-November-27th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Kadang hostinganku di masterweb kok agak lemot ya, ada yg ngalamin juga?

    • Manager Operational portrait Manager Operational
    • 2018-Juli-4th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Sebagai seorang Manager Operasional, kami merasa sangat terbantu. Untuk layanan kebutuhan corporate seperti VPS dan Cloud, ada opsi tambahan untuk Private Asisten. Jadi, apabila kita ada keperluan yang mendesak, kita bisa langsung menghubungi Private Asisten yang sudah ditentukan (langsung ke nomer HP petugas Private Asisten). Private Asisten ini juga ada untuk layanan shared hosting Titanium. Dari sisi pricing masih cukup OK untuk kebutuhan corporate, fitur juga OK karena kita bisa mengatur sendiri kebutuhan kita melalui control panel yang disediakan (ada opsi cPanel dan Plesk). Untuk support-nya, karena kami menggunakan Private Asisten, so far petugasnya cukup ramah dan memahami kebutuhan kami. Terkadang juga suka tanya2 via LiveChat juga cukup responsive dan bisa menjelaskan dengan cukup jelas.

    • Aikido Duren Tiga Dojo portrait Aikido Duren Tiga Dojo
    • 2018-Juli-5th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Kami kenal MasterWeb karena kebetulan kami mengenal salah satu karyawannya dan kebetulan berlatih bersama kami di Dojo Aikido Duren Tiga. Kami sangat terbantu sekali dengan dukungan serta bantuan dari MasterWeb sehingga Dojo kami sampai saat ini masih terus eksis di dunia digital. Buat Anda yang berkebutuhan untuk layanan di dunia internet / digital, rasanya akan cocok dengan MasterWeb dan mereka tidak segan-segan untuk berdiskusi dan berbagi ilmu dengan siapapun. Tetap semangat, tetap sehat, dan tetap berlatih Aikido 🙂

    • Fadhilah Aulia portrait Fadhilah Aulia
    • 2018-Juli-9th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Saya pake share hosting dan udh lumayan lama.. sejauh ini ga ada masalah dan harga yg ditawarkan di masterweb pun tergolong murah bagi saya. Fitur nya pun lumayan lengkap

    • Fadhilah Aulia portrait Fadhilah Aulia
    • 2018-Juli-9th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Saya menggunakan shared hosting, wajar kadang masalah website down suka terjadi namanya juga pakai share hosting.. tp sejauh ini masih bisa diatasi dan selama ini saya slalu ikuti instruksi dari teknisnya so far so good. Dr segi harga juga oke menurut saya. Saya masih betah di masterweb hehe

    • Lia Yulia portrait Lia Yulia
    • 2018-Juli-9th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Sebagai salah satu pengguna hosting di Masterweb, saya rasa masterweb bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Dengan fitur yg beraneka ragam dan harga yang tergolong murah di kelasnya. Meskipun murah tapi performanya tetap baik. MWN tetap yg terbaik!