Review Jagoan Hosting oleh Para Pengguna dan Ahli

Rating Keseluruhan:
3.4
Reliability
2.3/10
Pricing
4.0/10
User friendly
7.2/10
Support
1.0/10
Fitur
2.5/10

Berdiri di bawah payung perusahaan Beon Intermedia sejak tahun 2007, Jagoan Hosting merupakan perusahaan penyedia web hosting yang sudah cukup lama dan berpengalaman di Indonesia. Penyedia web hosting ini sangat terkenal khususnya di area Provinsi Jawa Timur dan sekitarnya yang mana merupakan basis utama dan juga lokasi kantor pusatnya (Kota Malang dan Kota Surabaya). Banyak perusahaan yang telah menggunakan layanan yang disediakan oleh Jagoan Hosting ini. Berbagai Jagoan Hosting review  yang didominasi review JagoanHosting bernada positif pun sangat mudah kita temukan pada forum-forum dan blog-blog di Internet.

PT. Beon Intermedia, induk perusahaan Jagoan Hosting sendiri didirikan oleh Danton Prabawanto. Dia adalah seorang yang hanya merupakan seorang lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), namun sukses mengembangkan perusahaan ini dan hingga sekarang masih menjabat sebagai CEO.

Review JagoanHosting

Jagoan Hosting pada situsnya menekankan bahwa layanan yang diberikan merupakan layanan yang paling jago namun tetap memiliki harga yang murah. Jika Beon Intermedia fokus kepada penyedia layanan hosting Premium Unlimited, Jagoan Hosting lebih fokus kepada segmen entry level yaitu kalangan pengguna hosting umum seperti untuk profil perusahaan, blog pribadi atau toko online. Perusahaan memiliki dua data center di Indonesia yang bertempat di Kota Surabaya dan Jakarta.

Dalam review JagoanHosting kali ini saya akan mencoba mengulas apakah web hosting ini benar-benar jagoan hosting seperti namanya? Dan apa benar kata murah yang disebutkan?

Jagoan Hosting review akan mengulas web hosting ini dari beberapa aspek yaitu:

– Layanan Jagoan Hosting
– Harga Paket Hosting yang Ditawarkan
– Kesan Pertama dalam Menggunakan Layanan
– Evaluasi Performa (KeJagoan)
– Customer Service (Layanan Pelanggan)

Layanan JagoanHosting

– Shared Hosting
– Cloud Hosting
– Email Hosting
– Registrasi Domain
– VPS hosting
– Reseller hosting
– Web Accelerator
– Pembuatan Website

Jagoan Hosting menawarkan berbagai macam layanan mulai dari layanan yang paling umum yang biasanya ditawarkan oleh sebuah penyedia web hosting seperti shared hosting, email hosting, registrasi domain hingga layanan Virtual Private Server (VPS).

Layanan shared hosting sendiri terdiri dari dua jenis yaitu paket shared hosting dengan server Indonesia (IIX) dan server USA (Internasional). Pilihan lokasi server ini tinggal disesuaikan dengan kharateristik pengunjung website yang dimiliki. Jika kebanyakan pengunjung dari dalam Indonesia hendaknya memilih server Indonesia sedangkan apabila pengunjung ditargetkan untuk Internasional maka server US merupakan pilihan yang tepat.

Selain itu, layanan cloud hosting juga tersedia bagi yang menginginkan hosting dengan kecepatan yang lebih cepat. Walaupun demikian, berdasarkan percakapan saya dengan support, hosting jenis ini kurang cocok apabila resources atau sumber daya yang dibutuhkan untuk hosting website sangatlah besar.

Registrasi Domain

Jagoan Hosting menyediakan registrasi Top Level Domain (TLD) internasional seperti .com, .net, .org dan sebagainya. Selain itu juga tersedia registrasi domain untuk domain-domain Indonesia seperti .id , .co.id, or.id , sch.id dan sejenisnya.

Jagoan Hosting - Domains

Berbicara mengenai registrasi domain, saya mencoba mengecek apakah Jagoan Hosting sudah terdaftar di ICANN apa belum. Perlu diketahui, ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names and Numbers adalah organisasi nirlaba yang menjadi regulator dari Top Level Domain seluruh dunia. Registrant domain yang terdaftar dapat dilihat di halaman resmi ICANN. Sayangnya pada daftar tersebut saya tidak menemukan baik nama Jagoan Hosting ataupun Beon Intermedia selaku induk perusahaannya. Mungkin yang terjadi disini adalah Jagoan Hosting ikut nebeng atau menjadi reseller dari registrant lain yang sudah terdaftar di ICANN.

Web Accelerator

Ketika saya melakukan surfing untuk melakukan review Jagoan Hosting ini, saya menemukan layanan yang cukup unik yang yaitu Web Accelerator. Layanan ini diklaim mampu mempercepat website hingga 10 kali lipat. Web Accelerator tersedia bagi semua pelanggan yang telah berlangganan paket shared hosting baik paket ID maupun US.

Review Jagoan Hosting - Web Accelerator

Web Accelerator ini bekerja melalui 4 cara. Pertama yaitu dengan cara mencegah DDOS Attack sehingga hanya yang memang benar-benar pengunjung yang bisa mengakses website. Selanjutnya yaitu dengan cara membuat penyimpanan sementara untuk proses berulang (chacing system) sehingga konten statis dapat dimuat dengan lebih cepat. Langkah ketiga yaitu dengan melakukan kompresi data sehingga website dapat lebih ringan untuk diakses pengunjung. Dan yang terakhir adalah dengan adanya integrasi dengan Google Page Speed.

Sayangnya, untuk menikmati layanan Web Accelerator ini pelanggan harus merogoh kocek lebih dalam. Jagoan Hosting membebankan biaya tambahan untuk Web Accelerator sebesar Rp 600.000,00 per tahun atau Rp 50.000,00 jika memilih berlangganan secara bulanan.

Reseller Hosting

Jagoan Hosting juga memiliki layanan reseller hosting dimana siapa saja bisa menjadi perpanjangan tangan web hosting untuk menjual layanannya. Fitur White Label 100% memungkinkan reseller untuk menentukan sendiri paket hosting beserta harga jual nya. Dengan demikian reseller bisa juga membuat brand atau merek sendiri terhadap situs penjualan hosting yang dimiliki.

Reseller akan mendapatkan WHM dan cPanel gratis yang dapat digunakan untuk melihat pelanggan yang terdaftar di web hosting reseller. Selain itu dengan fitur ini juga, reseller dapat melakukan pengelolalan web hosting tanpa batasan lisensi.

Website Builder

Jagoan Hosting menyediakan platform website builder atau pembuatan website melalui produk layanan Beon Intermedia yang lain yaitu JagoanWeb. Sebagai informasi, platform ini dikembangkan bekerjasama dengan Revoluzio sebuah perusahaan teknologi digital yang berbasis di Singapura.

Review Jagoan Hosting - Website Builder

Untuk membangun sebuah website, disediakan Revo Builder. Menurut informasi pada situsnya, pengguna yang ingin membangun website sendiri cukup melakukan drag and drop. Yang menarik disini adalah adanya promo paket starter pack gratis selama 1 tahun. Namun sayangnya, paket gratis ini memilki batasan jumlah pengunjung yaitu sebesar 2000.

Dari berbagai layanan dimiliki oleh Jagoan Hosting diatas, dapat dilihat bahwasannya layanan yang diberikan oleh web hosting ini sebenarnya cukup beragam. Berbagai pilihan tersedia bagi seluruh kalangan, baik yang belum pernah mengembangkan website hingga kalangan professional yang membutuhkan resource besar dan cepat.

Harga Paket yang Ditawarkan

Shared Hosting

Untuk harga paket yang ditawarkan, dalam review Jagoan Hosting ini saya akan lebih fokus membahas paket shared hosting yang mana merupakan paket paling umum yang dibeli oleh pelanggan entry level. Jagoan Hosting menawarkan enam jenis paket shared hosting untuk server Indonesia (IIIX) yang bisa dipilih sesuai kebutuhan seperti yang terlihat dalam gambar berikut ini.

Review Jagoan Hosting - Paket Shared Hosting
Dari gambar screenshot yang saya ambil dari situs Jagoan Hosting di atas terlihat bahwasannya perbedaan fasilitas yang ditawarkan oleh web hosting ini antara paket satu dengan yang lain hanyalah pada kapasitas penyimpanan serta jumlah domain tambahan yang dapat dibuat.

Semakin mahal paket yang dipilih maka akan semakin besar dan banyak kapasitas penyimpanan serta domain tambahan yang bisa didapat. Perbedaan lainnya yaitu dari segi layanan pelanggan (Customer Support) untuk paket hosting yang lebih mahal akan mendapatkan layanan support atau bantuan yang lebih diutamakan (prioritas).

Perbedaan mencolok terdapat pada paket termurah yaitu pake IRON yang mana tidak mendapatkan fasilitas tambahan add-on dan park domain sama sekali. Sementara untuk fasilitas lainnya mendapatkan fasilitas yang sama untuk semua paket.

Perlu diperhatikan harga yang tertera diatas adalah harga apabila memilih periode kontrak pembayaran selama 3 tahun. Jika anda hanya ingin mencoba atau membeli paket hosting dalam paket 1 tahunan atau kurang, jangan sampai anda tertipu dengan hal ini. Menampilkan harga termurah dari kontrak yang paling lama seperti ini sebenarnya memang wajar dilakukan oleh penyedia web hosting sebagai “marketing gimmick” untuk menarik lebih banyak pelanggan. Maka dari itu, sebagai calon pelanggan kita lah yang harus lebih cerdas dan telita akan hal-hal semacam ini.

Untuk lebih mudah dan jelasnya, saya telah membuat daftar harga dalam Jagoan Hosting review ini jika anda berlangganan dalam kurun waktu tertentu untuk masing-masing paket yang ditawarkan oleh Jagoan Hosting.

Kontrak / Paket (Disk)IRON (100MB)COPPER (250MB)BRONZE (500MB)SILVER (1GB)GOLD (2.5GB)PLATINUM (5GB)
1 bulan Tidak tersedia Tidak tersedia Tidak tersedia Rp 49,500.00 Rp 88,000.00Rp 192,500.00
3 bulan Tidak tersedia Rp 16,500.00 Rp 27,500.00 Rp 49,500.00 Rp 88,000.00Rp 192,500.00
6 bulan Tidak tersedia Rp 16,500.00 Rp 27,500.00 Rp 49,500.00 Rp 88,000.00Rp 192,500.00
12 bulan Rp 11,000.00 Rp 16,500.00 Rp 27,500.00 Rp 44,000.00 Rp 82,500.00Rp 165,000.00
24 bulan Rp 7,150.00 Rp 13,750.00 Rp 22,000.00 Rp 24,750.00 Rp 44,000.00Rp 88,000.00
36 bulan Rp 5,500.00 Rp 11,000.00 Rp 16,500.00 Rp 22,000.00 Rp 33,000.00Rp 66,000.00

Catatan: harga di atas merupakan harga jika dihitung perbulan dan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPn) sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia yaitu sebesar 10%.

Harga termurah hanya bisa diperoleh jika pelanggan membeli paket dengan kontrak langsung 36 bulan atau 3 tahun. Sementara untuk kontrak untuk 12 bulan atau 1 tahun, harga paket hostingnya bisa lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan pembelian langsung dengan kontrak 3 tahun.

Untuk harga 1 tahunan, saya bisa bilang bahwasannya harga di Jagoan Hosting ini memang cukup murah. Namun jika dilihat dari fasilitas yang diberikan terutama disk space atau kapasitas penyimpanan saya rasa bukan termurah di kelasnya.

VPS

Jagoan Hosting juga menyediakan paket VPS (Virtual Private Server). Paket yang ditawarkan adalah Unmanaged VPS yang berarti semua instalasi dan konfigurasi dilakukan sendiri oleh pengguna. Jadi untuk dapat menggunakan layanan VPS disini, pengguna harus memiliki keahlian tentang server dan jaringan. VPS disini menggunakan panel Webuzo atau Vestacp sebagai panelnya dan menggunakan sistem operasi Linux.

.

Promo di Jagoan Hosting

Sebenarnya jika anda menginginkan harga yang lebih miring di Jagoan Hosting , anda bisa mengecek promo-promo yang ditawarkan di bagian halaman Promo. Penyedia web hosting ini senantiasa memberikan promo-promo menarik setiap bulannya baik untuk paket web hosting maupun domain.

Jagoan Hosting - Promo

Walaupun kebanyakan promo hanya diperuntukkan untuk pembelian pertama, tapi ini sangat membantu sebenarnya bagi pelanggan yang hanya ingin mencoba atau melakukan review Jagoan Hosting seperti saya untuk mendapatkan harga lebih murah.

Kesan Pertama Menggunakan Layanan

Pertama kali saya membuka halaman website Jagoan Hosting, tampilan website nya memang kece, sangat unik dan memberikan kesan mendalam untuk selalu mengingatnya. Tampilan website bertemakan “outer space” lengkap dengan astronaut, roket dan benda-benda luar angkasa lainnya. Hal ini sangat berbeda dengan website-website web hosting lainnya di Indonesia yang kadang terkesan kaku. Inilah yang menurut saya paling berkesan ketika melakukan Jagoan Hosting review. Namun, entah mengapa, ketika membuka halaman utama nya, justru yang ditawarkan pertama kali adalah layanan registrasi domain bukan malah layanan hosting seperti namanya.

Saya pun mencoba membeli paket shared hosting ID Bronze yang memiliki kapasitas 500 MB. Navigasi pembelian cukup mudah karena dibagi step by step dengan progres yang jelas. Ketika proses review pembelian hosting, saya ditawari untuk menambah beberapa layanan tambahan untuk menunjang web hosting yang dibeli seperti email hosting, SSL dan web accelerator. Pada halaman ini pula baru terlihat harga total yang dibayarkan beserta tambahan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) yang sebesar 10%.

Review Jagoan Hosting - Pembelian

Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank yang sudah ditentukan. Bisa juga dengan kartu kredit yang memiliki logo Mastercard atau Visa.

Metode Pembayaran

Metode Pembayaran

Salah satu keunggulan metode pembayaran Jagoan Hosting yang belum saya temukan di provider web hosting lainnya adalah metode pembayaran melalui Indomaret. Metode ini pastinya sangat berguna bagi pelanggan. Khususnya bagi mereka yang ingin membeli hosting namun tidak memiliki rekening bank. Metode pembayaran melalui Indomaret ini juga memungkinkan hosting langsung aktif seketika setelah pelanggan membayar di kasir Indomaret tanpa harus melakukan konfirmasi.

Walaupun demikian, jika pelanggan memilih metode pembayaran melalui Indomaret, maka akan dikenakan charge tambahan untuk biaya administrasi.

Karena Indomaret cukup jauh letaknya dari tempat saya, maka saya memilih metode pembayaran dengan transfer salah satu bank dan membayarnya menggunakan aplikasi mobile dari bank tersebut. Untuk metode pembayaran melalui transfer ini, saya harus melakukan konfirmasi pembayaran setelahnya dengan mengisikan data mengenai uang yang saya transfer. Proses konfirmasi dari sisi Jagoan Hosting sepertinya masih dilakukan secara manual sehingga saya harus menunggu beberapa menit agar akun hosting yang saya beli diaktifkan. Sedikit nilai minus dalam Jagoan Hosting review ini.

Setelah pembayaran dikonfirmasi, saya menerima dua email. Email pertama berisi mengenai pembayaran seperti yang saya tunjukkan di atas dan satu email lagi berisi credential akun hosting saya.

Saya pun langsung mencoba login dan masuk ke halaman member area dari Jagoan Hosting ini. Member area memiliki dashboard dengan informasi akun hosting dan juga shortcut atau jalan pintas menuju fasilitas yang sering diakses di cPanel. Selain itu ada informasi grafis mengenai penggunakan disk space.

JagoanHosting member area

Tampilan dashboard di atas adalah tampilan setelah saya mencoba memasukkan file sebesar 50 MB melalui File manager. Untuk mengakses cPanel, kita tinggal melakukan klik pada tombol “Login to cPanel” di bagian bawah halaman.

JagoanHosting cPanel

JagoanHosting sudah menggunakan cPanel versi 66.0.23 sehingga bisa dikatakan penyedia web hosting ini selalu melakukan update terhadap cPanel yang digunakan. Fitur-fitur yang ada pada cPanel ini sendiri cukup lengkap. Semuanya dikelompokkan secara rapi menurut kategorinya. Untuk menemukan dan mengakses fasilitas dengan cepat, maka saya tinggal menulis nama fasilitas yang diinginkan di search bar pada bagian atas.

Di bagian samping, terdapat statistik penggunaan fasilitas hosting secara lengkap mulai dari penggunaan disk space, add-on domain, bandwith, memory dan lain-lain. Tersedia beberapa template cPanel lainnya melalui fasilitas Change Style yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

Bagi yang ingin membangun website secara instan, terdapat fitur Softaculous Apps Installer yang menyediakan bermacam-macam CMS dari berbagai kategori.

Review Jagoan Hosting - Softaculous

Setelah saya melakukan review Jagoan Hosting ini dengan membeli secara langsung, saya merasa untuk pembelian hosting dan fasilitas yang disediakan disini khususnya cPanel sudah baik dan cukup mudah. Mungkin yang bisa diperbaiki adalah ketika pembayaran melalui Bank Transfer agar dipercepat konfirmasinya atau jika memungkinkan pelanggan tidak perlu repot-repot melakukan konfirmasi pembayaran. Sebagai informasi, metode transfer tanpa konfirmasi pembayaran seperti ini sudah diterapkan oleh beberapa marketplace di Indonesia. Jadi saya yakin JagoanHosting bisa juga mengikutinya.

Performa (Seberapa Jagoan Hosting nya?)

Berbicara mengenai seberapa jago (baik) kualitas atau performa dari hosting, maka skor uptime, page load time dan response time adalah dua hal yang perlu menjadi perhatian. Berikut ini merupakan hasil pengetesan saya tentang ketiga parameter tadi dari JagoanHosting.

Uptime Server

Uptime adalah hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam memilih suatu provider hosting yang berkualitas. Uptime sendiri merupakan waktu ketika server dari hosting dapat berjalan dengan baik sesuai fungsinya tanpa mengalami error, crash, down ataupun mati.

Semakin tinggi nilai uptime atau mendekati 100% maka akan semakin baik server hosting tersebut karena senantiasa memperhatikan realibilitas dan stabilitas. Sebaliknya, semakin menjauhi angka 100% maka server dari penyedia hosting tersebut semakin tidak jago atau realibilitas dan stabilitasnya kurang.

Dalam situsnya, tidak ada klaim oleh Jagoan Hosting mengenai uptime ini sehingga sedikit membuat saya penasaran apakah server di Jagoan Hosting ini dapat dipercaya realibilitas nya atau tidak. Saya pun akhirnya mencoba untuk melakukan pengecekan melalui website webhostingstuff untuk mengetahui uptime dari server Jagoan Hosting. Berikut ini merupakan hasil pengecekan yang saya lakukan.

Jagoan Hosting uptime

Situs webhostingstuff.com yang telah melakukan monitoring terhadap server Jagoan Hosting selama 3970 hari atau lebih dari 10 tahun menunjukkan web hosting ini memiliki skor uptime sebesar 99.69 %. Situs ini pun mengkategorikan skor uptime Jagoan Hosting sebagai Excellent.

Walaupun demikian, sebenarnya dengan skor uptime sebesar 99.69 %, jika dikalkulasikan secara kasar dalam setahun (365 hari) server Jagoan Hosting memiliki akumulasi kemungkinan down, crash atau error kira-kira selama 27 jam atau bila dikonversi ke dalam hari menjadi satu hari lebih 3 jam. Jika anda memilki website misalnya toko online yang tidak bisa diakses dalam rentang waktu selama itu tentunya hal tersebut merupakan sebuah potensi kerugian (potential loss) yang sangat wajib dihindari.

Tidak puas dengan mengecek dalam satu situs monitoring, saya melakukan pengecekan uptime lagi melalui situs myHostingUptime. Sayangnya, Jagoan Hosting belum terdaftar dalam monitoring uptime pada situs ini sehingga saya gagal mendapatkan informasi uptime dari web hosting ini.

Jika digolongkan berdasarkan penggolongan yang didefinisikan oleh American National Standart Institute (ANSI) dalam ANSI/TIA-942, maka uptime yang dimiliki server Jagoan Hosting yaitu sebesar 99.69% berdasarkan pengecekan dari situs webhostingstuff.com tergolong pada tier 1 atau tier terbawah dari 4 tier yang ada. Dari skor uptime ini bisa saya tarik kesimpulan bahwasannya hosting di Jagoan Hosting ini dalam urusan uptime bukan terjago di kelasnya karena masih banyak penyedia web hosting lainnya yang memiliki skor uptime yang lebih tinggi.

Page Load Time dan Response Time

Selain uptime, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah hosting adalah page load time dan response time. Kedua parameter ini merupakan kecepatan rata-rata server dalam merespon request untuk memuat sebuah halaman website yang dihosting di sebuah web hosting. Skor dari page load time tentunya akan semakin bagus jika semakin cepat atau semakin kecil. Skor dari parameter ini yang cepat secara tidak langsung menunjukkan kualitas dari server penyedia layanan web hosting tersebut. Selain itu, kecepatan memuat halaman yang cepat juga akan memberikan first impression atau kesan yang bagus bagi pengunjung karena tidak perlu berlama-lama menunggu website untuk dimuat di browser.

Untuk mengetahui bagaimana page load time server Jagoan Hosting, disini saya menggunakan data dari hypestat.com. Hasil pengecekan situs Jagoan Hosting.com menunjukkan average load time sebesar 1583 ms.

Jagoan Hosting - Average Load Time

Berdasarkan keterangan di situs tersebut, 49% website lebih lambat daripada Jagoan Hosting. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa kecepatan memuat halaman dari Jagoanhosting.com berada di kisaran rata-rata. Tidak cepat dan tidak lambat, mediocre alias sedang-sedang sajalah.
Untuk semakin mengetahui sebenarnya seberapa cepat response time dari hosting di Jagoan Hosting ini, saya melakukan percobaan dengan menggunakan dua perbandingan yaitu ketika hosting saya host dengan website yang sederhana dan ketika menggunakan website yang lebih kompleks.

– Respone Time ketika Menggunakan Website Sederhana

Saya menggunakan halaman HTML sederhana untuk menguji response time web hosting apabila website berisi konten yang minimal. Berikut ini tampilan website sederhana yang saya unggah melalui File Manager di cPanel.

Saya kemudian melakukan pengujian response time melalui BitCatcha Tools untuk mengetahui seberapa cepat website yang saya unggah diakses dari berbagai server di dunia.

BitCatcha Tools memberikan skor performa C+ untuk response time website saya yang saya host di Jagoan Hosting. Response time tercepat berasal dari Singapore dengan kecepatan 26 ms. Hal ini wajar karena server berada di Indonesia jadi server yang lebih dekat akan memiliki response time yang lebih cepat pula. Sementara response time paling lambat berasal dari server London yang mencapai 541 ms.

Tentunya tidak adil rasanya jika tidak dalam review Jagoan Hosting ini saya tidak mengecek response time serta page load time dari server Indonesia. Untuk melakukan pengujian dari server Indonesia, saya menggunakan tools yang disediakan situs CepatKah.com. Pengujian melalui situs tersebut dengan menggunakan server permeriksa PT. Ikubaru Indonesia menunjukkan hasil seperti di bawah ini.

Website dapat dimuat dengan sangat cepat bahkan tidak lebih dari sepersepuluh detik. Untuk response time sendiri juga lumayan cepat yaitu sebesar 18 ms, hampir sama dengan hasil response time dari server pemeriksa yang berasal dari Singapura melalui pengecekan dengan BitCatcha Tools.

Response Time ketika Menggunakan Website yang Lebih Kompleks

Untuk menguji web hosting yang saya beli di Jagoan Hosting dengan website yang lebih kompleks, saya menggunakan sampel uji coba website WordPress yang sebelumnya telah saya install melalui fasilitas Softaculous.

Hasil pengecekan website WordPress saya dengan BitCatcha Tools menunjukkan hasil seperti berikut.

Terjadi penurunan yang lumayan signifikan terhadap response time dimana sebelumnya mendapat skor C+ namun dalam pengujian kali ini justru mendapat skor D. Response time bisa dibilang lambat dari server pemeriksa Sao Paulo, London dan Jepang yang melebihi 1000 ms bahkan hingga lebih dari 2000 ms.

Untuk response time dari server pemeriksa Indonesia, seperti sebelumnya saya menggunakan tools dari CepatKah.com. Berikut hasil pengujiannya.

Waktu memuat halaman sudah pasti lebih lama karena website yang dimuat juga lebih kompleks. Sementara untuk response time ternyata memilki kecepatan yang hampir sama dengan apabila menggunakan website yang sederhana.

Saya juga telah melakukan monitoring menggunakan tools pingdom terhadap website saya yang dihosting menggunakan JagoanHosting selama 3 minggu. Hasilnya skor uptime memang tidak mengecewakan sekitar 99.65%. Response time juga cukup tinggi. Selama monitoring tersebut, website mengalami down kurang dari 10 kali dengan akumulasi total waktu down sekitar 1 jam.

jagoanhosting uptime

Jika dilihat dari hasil pengecekan skor uptime, page load time dan juga response time yang diperoleh dari berbagai pengujian diatas, Jagoan Hosting bisa saya bilang sudah memiliki kualitas hosting yang lumayan mumpuni khususnya untuk paket shared hosting Indonesia. Walaupun sebenarnya untuk kualitas uptime masih sangat mungkin untuk ditingkatkan dan dijaga lagi.

Customer Service / Layanan Pelanggan

Layanan Pelanggan merupakan hal yang sangat penting dan wajib ada dalam sebuah layanan web hosting. Layanan pelanggan yang cepat tanggap, mudah dihubungi, bisa memberikan informasi secara lengkap serta mampu menyelesaikan masalah dengan baik tentunya akan menjadi sebuah nilai tambah. Karena itu dalam review Jagoan Hosting kali ini saya akan mencoba beberapa channel layanan pelanggan atau support yang dimiliki oleh web hosting ini. Jagoan Hosting menyediakan channel layanan pelanggan yang lumayan lengkap yang meliputi:
1. Live Chat
2. Halaman Support
3. Email Care
4. Hotline Telepon
Channel bantuan yang akan saya coba adalah live chat dan tiket bantuan melalui halaman support dimana channel ini merupakan channel termudah dan paling populer untuk meminta informasi atau bantuan.

Live Chat Support JagoanHosting

Jagoan Hosting telah menyediakan layanan live chat. Layanan ini dapat anda temui pada bagian pojok kanan bawah situs websitenya. Pertama kali membuka layanan Live Chat, anda akan ditawari untuk memilih jenis bantuan yang diinginkan, apakah bantuan troubleshooting atau informasi produk.

Ketika saya mencoba untuk memilih bantuan troubleshooting dengan melakukan klik Cari Solusi, saya berharap bisa chat dengan teknisi yang mampu menjawab persoalan teknis, namun ternyata yang muncul setelah saya memilih chat troubleshooting adalah daftar tutorial yang sudah ada sebelumnya. Ketika saya mencoba mengetikkan suatu masalah pada kolom chat, yang terjadi adalah sistem chat bernama Andro akan mencarikan tutorial yang sesuai dengan keyword kita. Jadi sepertinya disini bukan manusia yang melayani support bantuan.

Algoritma pencarian pada panel chat Jagoan Hosting ini sepertinya masih perlu ditingkatkan. Seperti pada contoh di atas saya mencari tahu bagaimana memasang SSL, namun yang muncul pada pencarian pertama justru merupakan cara memasang Google ReCaptcha pada WordPress, sedangkan tutorial memasang SSL baru muncul pada hasil pencarian kedua dan seterusnya.

Cara menyelesaikan bantuan teknis dengan mencarikan tutorial melalui chat ini saya apresiasi karena memang cukup memudahkan pengunjung mencari informasi yang sebenarnya cara penyelesaiannya sudah tersedia dengan cepat. Walaupun demikian saya rasa live chat dengan bagian teknis tetap diperlukan untuk kejadian-kejadian tertentu yang tidak tercover oleh tutorial-tutorial yang ada sebelumnya.

Selanjutnya, saya mencoba chat dengan bagian informasi produk, kali ini saya berharap benar-benar dijawab oleh manusia. Setelah saya mengisikan data nama, email dan telepon, untungnya untuk chat bagian ini saya memang benar-benar dihubungkan untuk melakukan komunikasi chatting dengan Customer Assistance Officer yang mana merupakan manusia.

Saya mencoba berbasa-basi dulu untuk mengetahui kecepatan respon dari customer service.

Tak perlu menunggu lama, tak sampai semenit ternyata chat saya tenyata langsung dibalas. Dan saya langsung mencoba bertanya tentang hal yang sangat mendasar seperti perbedaan shared hosting ID dan US. Sayangnya, customer service ini sempat melakukan kesalahan dalam menjawab dengan malah memberikan informasi mengenai cloud hosting.

live chat jagoan hosting2

Namun dengan sigap, customer service ini memperbarui jawabannya dengan jawaban yang sesuai mengenai perbedaan hosting ID dan US.

live chat jagoan hosting3

Secara umum respon dari Live Chat support dari Jagoan Hosting ini cukup memuaskan karena mampu menjawab pertanyaan dari saya dengan cepat. Penggunaan bahasa untuk menjawab pun santai, mudah dipahami dan tidak bertele-tele.

Update : Awal tahun 2018 ini, saya mendapatkan email dari Jagoan Hosting yang memberitahukan bahwa layanan chat untuk pelanggan saat ini hanya tersedia hingga pukul 08.00 – 17.00 WIB saja. Hal ini menurut saya merupakan penurunan kualitas layanan pelanggan yang cukup jauh. Terlebih bagi pelanggan non-korporat yang mana akan lebih sering mengelola websitenya di saat non-jam kerja.

Jika terjadi sesuatu, misalnya saja hosting mengalami down atau error di malam hari, maka akan sulit mendapatkan pelayanan atau informasi karena layanan chat adalah layanan yang paling mudah dan sering digunakan.  Terlebih layanan pelanggan lain dari Jagoan Hosting seperti melalui tiket juga kurang memuaskan dan cepat dalam memberikan jawaban.

Halaman Suppport

Saya lalu mencoba halaman support untuk memproleh informasi produk dan promo gratis SSL dari Jagoan Hosting. Di halaman support ini, saya harus mengisikan nama, email, subyek, pesan dan attachment yang diperlukan.

Awalnya saya berharap respon yang cepat terhadap informasi yang saya minta seperti halnya respon layanan Live Chat Support Jagoan Hosting yang cepat. Namun hingga lebih dari 1 jam sayangnya saya belum mendapatkan balasan baik berupa no tiket maupun informasi yang diminta.

Kesimpulan dari Review Jagoan Hosting

Jagoan Hosting yang sudah lama beroperasi dan berpengalaman di Indonesia memang sudah sangat mumpuni dalam menyediakan jasa layanan web hosting. Untuk urusan harga, paket yang ditawarkan cukup terjangkau dan saya kira cukup worth it to buy.

Walaupun demikian, beberapa hal memang masih perlu ditingkatkan seperti kualitas uptime dan kecepatan respon bantuan melalui halaman support. Layanan chat pelanggan sebaiknya harus tersedia 24 jam mengingat layanan ini merupakan layanan yang paling diandalkan oleh pengguna.

Salah satu hal yang membuat saya tertarik dengan Jagoan Hosting ini yaitu user interface halaman menarik dan mudah digunakan. Layanannya pun cukup beragam.

Sebagai kesimpulan, Jagoan Hosting saya rasa bisa dipertimbangkan sebagai salah satu pilihan web hosting bagi Anda yang ingin hanya coba-coba karena sering tersedia banyak promo untuk pembelian pertama. Namun jika Anda mencari untuk hal yang lebih serius, lebih baik mempertimbangkan pilihan web hosting lain yang memiliki uptime server lebih tinggi dan juga layanan pelanggan yang lebih bisa diandalkan..

Pros

  • User interface halaman menarik.
  • Banyak promo untuk pembelian pertama.
  • Semua paket shared hosting bandwith unlimited

Cons

  • Uptime server masih bisa ditingkatkan.
  • Layanan chat pelanggan tidak 24 jam.
  • Bantuan melalui halaman support perlu dipercepat responnya.
  • Kapasitas penyimpanan tidak terlalu besar atau terbatas.

Fitur Utama

  • User Interface Menarik
  • Harga Paket Murah dan Fleksibel
  • Banyak Promo

Lokasi Server

  • Amerika Serikat
  • Indonesia

Sistem Operasi Server

  • Linux logo Linux

Alternatif dari Jagoan Hosting

Hostinger logo 9.7 Review
9.5 Review
6.5 Review
Perbandingan Semua Hosting

Berikan review anda

    • Mahendra
    • 2017-September-23rd
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Harga oke, pelayanan oke, tutorial banyak, selama pakai belum pernah bermasalah, recomended

    • Yanuar
    • 2017-September-27th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    pakai hosting dijagoan sejauh ini memuaskan respon support juga cepat

    • anonymous
    • 2017-October-7th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Harga cukup terjangkau cocok untuk mahasiswa

    • Tika
    • 2017-November-10th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    salah satu hosting yang bagus di indo

    • bellarisha
    • 2017-November-27th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    cocok untuk nubie pertama kali coba hosting

    • Donny
    • 2017-November-28th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Hosting pertama yang saya pakai, harga lumayan&supportnya bagus juga untuk newbie. thanks artikelnya bagus sangat membantu jadi tau hosting apa aja yang bagus di indo, saya auto bookmark gan

    • Fernanda Nasution
    • 2017-November-30th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Sangat suka sama jagoan hosting, banyak promo, murah meriah, tapi emang itu disk spacenya pelit banget

    • Asrul Bachtiar
    • 2018-January-19th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Deploy app buat client, nyoba bali vps disini. Ada error dari “pihak ketiga”nya… contact support dapet respon “nanti kalau ada perkembangan kami kabarkan soalnya error terjadi di pihak ketiga”….
    eh sampe hampir 2x24jam nggak ada update support ticket nya….iseng ane coba deploy vps nya…eh udah bisa…. sangat kecewa dan disesalkan kenapa itu support tidak update ticket nya/ notif saya kalau vps nya sudah bisa create normal….ini kan project bukan main – main… jadi kena semprot ma client….
    eh tau – tau itu ticket statusnya closed aja….bahkan info apa-pun tidak ada…hanya status closed saja dengan respon terakhir dari support…..
    overall jagoanhosting menang di harga yang murah aja… selain itu kualitas dibawah rata – rata… terlebih lagi customer supportnya jauh dari layak…tolong diperhatikan….
    saya orang Malang dan Jagoanhosting juga ada di Malang, Malang butuh banget perusahaan seperti ini…jadi tolong diperhatikan terutama dibagian cust servicenya…. semoga Jagoanhosting bisa semakin berkembang

    • Ken Kirana
    • 2018-April-12th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Harganya terjangkau, respon CS & tim support cepat, cocok buat pemula yang mau bikin website, apalagi sekarang ada paket website instan yang bisa langsung jadi >> https://www.jagoanhosting.com/website-profile-murah/ dan https://www.jagoanhosting.com/toko-online-murah/

    • kevin olla
    • 2018-April-16th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    harga kurasa paling mudah dari kebanyakan hosting dengan perbandingan fitur serta pelayanan, termasuk hosting terbesar di indonesia, selama pakai ngak ada kendala, makanya saya milih untuk pakai jagoanhosting dari pada hosting lain yang belum tentu uptimenya dengan harga yang lebih mahal