Review Hostinger oleh Para Pengguna dan Ahli

Rating Keseluruhan:
9.7
Kehandalan
10.0/10
Harga
9.6/10
Mudah Digunakan
9.7/10
Pelayanan
9.5/10
Fitur
9.8/10

Jika mengingat nama Hostinger, mungkin yang terlintas di benak masyarakat pengguna internet Indonesia saat ini kebanyakan adalah hosting gratis. Ya memang, tak dapat dipungkiri kiprah Hostinger Indonesia atau IDHostinger beberapa tahun lalu yang berani menawarkan promosi hosting gratis tanpa syarat memang sangat fenomenal dan hingga kini masih melekat di masyarakat. Apalagi hosting gratis yang ditawarkan berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa review Hostinger yang saya baca memang cukup mumpuni. Saat ini Hostinger Indonesia (ID Hostinger) nampaknya telah melangkah lebih jauh. Hosting gratis masih tetap ada namun telah didelegasikan ke saudaranya yaitu 000webhost.com.

Sementara untuk web hosting ini sendiri berdasarkan informasi yang saya dapat pada situsnya akan fokus menjadi web hosting murah dengan kualitas terbaik dan tercepat di Indonesia. Hostinger sendiri merupakan perusahaan penyedia web hosting multinasional yang sudah sangat berpengalaman. Didirikan pada tahun 2004 di Kaunas, Lithuania sebagai perusahaan perseorangan “hosting media”, pada tahun 2012 Hostinger melebarkan sayapnya dengan mendirikan perusahaan yang berkedudukan di Larnaca, Cyprus. Perusahaan inkorporasi ini menjadi langkah awal Hostinger dalam perluasan usaha ke dunia internasional. Saat ini Hostinger telah berhasil merambah ke 178 negara dan memiliki lebih dari 29 juta pengguna. Setiap harinya 15.000 pelanggan baru diklaim terus mendaftar di penyedia layanan web hosting ini.

Negara Hostinger Beroperasi
Negara-negara di mana Hostinger telah Beroperasi

Hostinger memiliki visi untuk menyediakan layanan web hosting yang dapat diandalkan (reliable), mudah digunakan, fitur lengkap, akses cepat, customer service yang efektif dan tentunya harga yang terjangkau bagi semua orang. Perusahaan saat ini memiliki lebih dari 200 pekerja yang tersebar di berbagai belahan dunia. Untuk urusan data center, Hostinger juga telah memiliki 8 buah data center yang tersebar di berbagai negara pula.

Penggunaan sumber daya manusia dan pemasaran yang minimal diklaim membuat Hostinger mampu menyediakan produk dan layanan yang murah namun tetap memiliki kualitas sempurna. Dengan semangat yang sama, Hostinger hadir di Indonesia dengan nama Hostinger Indonesia atau IDHostinger di bawah payung PT. Web Media Teknologi. Pertama kali membuka situsnya, web hosting ini dengan berani menamakan diri sebagai web hosting terbaik & tercepat. Satu-satunya di Indonesia!

Dari beberapa tulisan yang terpampang di halaman depan website, Hostinger Indonesia (ID Hostinger) saya rasa memang web hosting yang sangat menarik. Tampilan website elegan dan kekinian. Harganya murah ditambah dengan adanya jaminan kualitas. Apalagi mengingat jika perusahaan ini sebenarnya merupakan perusahaan multinasional.

Oleh karena itu, dalam Hostinger review kali ini saya akan mengupas dan mencoba langsung layanan dari web hosting hostinger ini. Apakah secara harga dan kualitas bisa bersaing dengan web hosting lainnya yang sudah lama established di Indonesia? Atau justru malah lebih baik? Seperti review web hosting lainnya, review saya akan memuat beberapa aspek yaitu:

– Layanan IDHostinger (Hostinger indonesia)
– Harga Paket Hosting yang Ditawarkan
– Kesan Pertama dalam Menggunakan Layanan
– Evaluasi Performa
– Customer Service (Layanan Pelanggan)

Layanan Hostinger Indonesia

Berikut ini adalah 4 layanan utama yang disediakan oleh Hostinger Indonesia (ID Hostinger) sesuai yang ditampilkan pada situsnya:

  • Web Hosting Terbaik
  • VPS Murah Indonesia
  • Domain Murah
  • Website Builder
Halaman Muka Hostinger Indonesia

Shared Web Hosting

Layanan shared web hosting pada Hostinger Indonesia ditujukan untuk kalangan website kecil atau besar, bisnis maupun pribadi. Penggunaan infrastruktur berteknologi cloud pada setiap hosting memungkinkan web yang dihosting menggunakan Hostinger Indonesia dapat diakses dengan lebih cepat. Hal ini tentunya sangat baik karena akan memberikan impresi yang bagus bagi pengunjung yang ingin membuka website. Website yang diload atau diakses lemot bisa jadi membuat pengunjung kesal dan akhirnya batal mengunjungi website.

Paket shared web hosting yang ditawarkan oleh Hostinger Indonesia cukup sederhana. Terdiri dari 3 paket yaitu paket web hosting SINGLE, PREMIUM dan BISNIS. Paket web hosting SINGLE tentunya cocok untuk pengguna yang ingin hanya coba-coba atau membuat website dalam skala kecil. Paket PREMIUM cocok untuk website skala yang lebih besar dan trafik yang ramai. Sementara paket BISNIS yang merupakan paket tertinggi cocok untuk pengguna dengan skala yang sangat besar dan trafik yang sangat ramai.

Virtual Private Server (VPS)

Layanan VPS Hostinger

Untuk layanan Virtual Private Server (VPS) – yaitu layanan hosting dengan server khusus yang bisa pengguna kustomisasi sendiri sesuai kebutuhan, Hostinger Indonesia menyediakan 6 jenis paket mulai dari yang termurah yaitu dengan RAM 1GB dan kapasitas penyimpanan 20GB hingga paket termahal yaitu paket 6 yang memiliki RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 160GB. VPS yang ditawarkan juga telah menggunakan teknologi cloud sehingga keandalan dan performa kecepatan aksesnya tidak perlu diragukan lagi.

Registrasi Domain

Berbicara mengenai registrasi domain, Hostinger Indonesia yang merupakan anak usaha dari Hostinger International Ltd. dan Hostinger, UAB telah telah terdaftar dalam Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) sebagai perusahaan resmi penyedia jasa registasi domain.

Akreditasi ICANN Hostinger

Sebagai informasi bagi yang belum tahu apa itu ICANN, lembaga ini merupakan lembaga resmi yang mengelola dan melakukan regulasi pendaftaran domain internet dari seluruh dunia. Daftar registran domain yang telah teregistrasi dalam ICANN dapat anda lihat sendiri di ICANN Accreditation List. Dengan demikian, saya rasa kita tidak perlu ragu lagi apabila membeli domain di Hostinger Indonesia.

Domain yang ditawarkannya pun sangat beragam, hampir semua akhiran domain tersedia. Anda tinggal mencari domain yang diinginkan di kolom pencarian.

Domain di Hostinger Indonesia

Uniknnya jika pelanggan tidak menemukan nama domain yang diinginkan atau nama domain telah dipakai oleh orang lain, fitur pencarian pada Hostinger Indonesia akan menawarkan nama domain alternatif lain yang mirip. Memang bukan fitur yang wah untuk saat ini namun saya kira tetap pantas untuk diberikan apresiasi.

Satu hal yang minus dari registrasi domain yang dimiliki Hostinger Indonesia adalah belum adanya domain Indonesia atau domain berakhiran .id seperti .co.id, or.id atau sch.id untuk dibeli. Saya rasa di waktu mendatang domain dengan akhiran .id ini penting untuk disediakan mengingat Hostinger Indonesia menarget masyarakat Indonesia.

Website Builder

Fitur website builder tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna yang tidak mengetahui seluk beluk teknis pengembangan website secara manual atau coding. Di samping itu, fitur ini juga sangat diperlukan apabila kita dituntut untuk membangun website dalam waktu yang cepat. Hostinger Indonesia menyediakan layanan website builder ini gratis bagi pelanggan yang telah berlangganan paket shared web hosting.

Dalam situsnya, Hostinger Indonesia menyatakan bahwa pengguna dapat membuat sendiri website yang diinginkan dalam waktu 5 menit saja. Saya pun tertarik untuk mencoba fasilitas website builder ini. Dan ternyata fasilitas website builder yang dimiliki Hostinger Indonesia ini memiliki template website yang sangat banyak dan beragam. Hampir semua jenis dan kategori website tersedia siap digunakan. Template-template yang ada pun juga cantik, elegan dan kekinian. Bisa saya bilang template yang tersedia disini termasuk template-template website premium, namun pelanggan bisa menggunakannya secara cuma-cuma.

Template Premium Website Builder Hostinger

Tak berhenti di pilihan template website saja, website builder yang dimiliki oleh Hostinger juga dapat dilakukan kustomisasi sesuai keinginan. Menggunakan tools editor website dari Zyro Website Builder, pelanggan bahkan bisa mengedit atau mengubah tampilan template berbasis What You See is What You Get (WYSIWYG). Dengan demikian perubahan yang pengguna lakukan pada website bisa langsung dilihat saat itu juga di editor. Hal ini semudah menulis di aplikasi pengolah kata Word.

Website Builder Hostinger

Editor ini menurut saya merupakan editor website yang sangat canggih, karena pelanggan tinggal melakukan drag and drop saja dalam mengedit website yang diinginkan. Widget yang bisa ditambahkan ke website pun lagi-lagi beragam. Pelanggan bisa menambahkan gambar, video, galeri, formulir, menu hingga pilihan bahasa. Tombol-tombol khusus website untuk toko online atau e-commerce juga tersedia seperti add to cart, pay via paypal dan sebagainya. Selain itu kompatibilitas website di berbagai perangkat juga dapat diuji dengan pilihan tampilan device pada menu di atas. Jujur, dari berbagai macam web builder yang ditawarkan oleh penyedia web hosting lain di Indonesia, tools yang dimiliki Hostinger Indonesia ini merupakan tools yang menurut saya paling mengagumkan. Saya benar-benar acungi jempol deh!

Program Afiliasi Indonesia

Program afiliasi nampaknya sudah menjadi hal yang lumrah di berbagai penyedia layanan web hosting di Indonesia, Begitupun dengan Hostinger Indonesia. Web hosting ini juga menyediakan program afiliasi yang menarik dengan imbalan komisi yang sangat menggiurkan. Kita tinggal menaruh link afiliasi yang berupa banner promosi di website yang kita miliki dan apabila ada pengunjung yang melakukan klik banner tersebut kemudian membeli hosting di Hostinger Indonesia maka komisi bisa kita dapatkan.

Program Afiliasi Hostinger Indonesia

Tak tanggung-tanggung, bukan hanya 10 persen atau 20 persen yang akan kita dapatkan jika berhasil menjaring pengunjung untuk membeli hosting, tapi komisi yang diberikan bahkan mencapai 100 persen apabila pengunjung membeli paket shared hosting dan 50 persen jika pembeli membeli hosting berjenis VPS. Wow, sungguh komisi yang benar-benar menggiurkan bukan!!

Komisi Hostinger Indonesia

WordPress Hosting

WordPress merupakan sistem manajemen konten atau Content Managemen System (CMS) yang sangat populer di dunia. Sebuah website dapat dibangun dengan cepat menggunakan WordPress. Tersedianya banyak plugin baik yang bersifat open-source maupun berbayar yang tersedia memungkinkan sebuah website yang berbasis WordPress dapat dikustom sesuai keinginan.

WordPress Hostinger Indonesia Fasilitas WordPress Hostinger

Web hosting pada Hostinger Indonesia atau IDhostinger telah menyediakan fasilitas install WordPress secara khusus sehingga pengguna dapat memasangnya dengan cepat. Tim di balik layar web hosting ini juga mengklaim telah sangat berpengalaman dan siap membantu berbagai permasalahan apabila diperlukan terkait dengan website WordPress yang diinstall pengguna di layanan web hosting Hostinger.

Knowledge Base/Pengetahuan Dasar dan Tutorial

Tutorial dan pengetahuan dasar tentang hosting sangat diperlukan terutama bagi pelanggan yang masih awam dan baru menggunakan web hosting untuk pertama kali. Hostinger Indonesia menyediakan pusat informasi dan tutorial ini secara lengkap dan menarik. Informasi disini juga terus menerus diupdate sesuai perkembangan terkini. Dan yang terpenting, pusat informasi yang kaya akan tutorial-tutorial berguna ini terbuka dan gratis bagi siapa saja. Tidak perlu memiliki akun di hostinger untuk membacanya.

Harga Paket yang Ditawarkan

Masalah harga memang merupakan masalah yang sangat penting dalam memilih sebuah web hosting. Harga yang murah, fasilitas lengkap dan kualitas layanan yang bagus tentunya itulah yang dicari-cari. Namun, jarang memang web hosting yang benar-benar memberikan ketiganya sekaligus.

Hostinger Indonesia dengan ukuran font besar pada halaman situsnya menyatakan diri sebagai web hosting murah. Dalam review Hostinger ini sayapun penasaran seberapa murah sebenarnya harga yang ditawarkan untuk fasilitas yang akan didapat.

Paket Shared Hosting

Paket Shared Hosting Hostinger Indonesia

Dimulai dari paket shared hosting, Hostinger Indonesia menawarkan 3 paket pembelian. Paket web hosting SINGLE merupakan paket dengan harga termurah, sedangkan paket web hosting BISNIS menjadi paket web hosting termahal. Sekilas daftar harga dan fasilitas yang ditawarkan lagi-lagi benar-benar menarik. Namun untuk lebih memperjelas, saya akan membuatkan tabel perbandingan antar paket. Berikut tabel perbandingan tersebut:

Paket HostingSINGLEPREMIUMBISNIS
Kapasitas Penyimpanan10GBUnlimitedUnlimited
Bandwith100GBUnlimitedUnlimited
Database MySQL, Akun FTP dan Akun Email1UnlimitedUnlimited
Website BulderYaYaYa
Optimasi Kecepatan WordPressTidak3X lipat5X lipat
Gratis Domain jika berlangganan tahunanTidakYaYa
Backup HarianOpsionalOpsionalTermasuk dalam Paket
Sertifikat SSLOpsionalOpsionalTermasuk dalam Paket
Live Chat ChatYaYaYa, langsung profesional
Kontrak 1 bulan
Kontrak 3 bulan Rp        20,966 Rp        54,890 Rp        101,090
Kontrak 6 bulan Rp        18,689 Rp        43,912 Rp          80,872
Kontrak 1 tahun Rp        17,111 Rp        32,934 Rp          60,654
Kontrak 2 tahun Rp        14,966 Rp        27,445 Rp          50,545
Kontrak 3 tahun Rp        11,303 Rp        27,445 Rp          50,545
Kontrak 4 tahun Rp        27,445 Rp          50,545

Catatan: harga di atas merupakan harga jika dihitung perbulan dan sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPn) sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia yaitu sebesar 10%.

Dari segi kapasitas penyimpanan, Hostinger Indonesia memang benar-benar gila menurut saya. Hanya dengan paket termurah yaitu paket SINGLE misalnya, pengguna sudah bisa mendapatkan hosting dengan kapasitas penyimpanan sebesar 10GB. Kapasitas penyimpanan atau disk space sebesar ini jika di web hosting lain biasanya sudah masuk ke kategori paket kelas atas yang harganya sudah lumayan tidak terbeli oleh kantong pribadi. Sayangnya untuk paket SINGLE ini memang memiliki batasan bandwith walaupun bandwith yang diberikan memang cukup besar yaitu 100GB. Selain itu terdapat batasan database MySQL, akun FTP dan akun email yang bisa dibuat. Dengan demikian paket SINGLE ini bisa saya simpulkan memang cocok digunakan oleh pelanggan yang ingin mencoba-coba saja atau membuat website sederhana dengan trafik yang masih minim.

Jika ingin mengupgrade sedikit saja ke paket PREMIUM, pelanggan sudah bisa mendapatkan fasilitas kapasitas penyimpanan tidak terbatas atau unlimited. Selain itu tidak ada batasan pula dalam penggunaan bandwith untuk paket ini. Pelanggan yang menggunakan WordPress juga dapat menikmati optimasi kecepatan WordPress hingga 3 kali lipat dari biasanya.

Sedangkan untuk paket BISNIS yang merupakan paket shared hosting tertinggi, kapasitas penyimpanan dan bandwith yang diberikan tentunya juga tidak terbatas atau unlimited. Pelanggan yang memasang WordPress pun dapat memperoleh fasilitas optimasi WordPress 5 kali lebih cepat. Selain itu, untuk layanan live chat, akan langsung ditangani khusus oleh profesional. Beda mencolok paket ini dengan paket lain adalah sertifikat SSL dan fasilitas backup harian sudah termasuk ke dalam pembelian paket. Sementara pada paket lain, fasilitas ini tetap bisa diperoleh namun dengan biaya tambahan.

Fasilitas Backup yang merupakan fasilitas yang sangat penting demi mengamankan website dari hal-hal yang tidak terduga dibanderol sebesar Rp 17.216 perbulan sebagai fasilitas tambahan dalam paket SINGLE atau PREMIUM.

Sementara fasilitas Secure Socket Layer (SSL) yang membuat komunikasi antara website dengan klien pengguna lebih aman dengan teknologi enkripsi dapat dibeli pada paket SINGLE atau PREMIUM dengan harga Rp 132.800 saja untuk seumur hidup!

Untuk urusan harga, Hostinger Indonesia bisa saya katakan benar-benar murah. Apalagi dengan melihat besarnya fasilitas yang ditawarkan di atas. Selain itu, jangka minimum kontraknya pun fleksibel. Semua paket dapat dibeli dengan minimal kontrak selama 3 bulan.

Pengguna dapat mencoba paket termurah yaitu paket single dengan berlangganan selama 3 bulan dengan cukup merogoh kocek sebesar Rp. 62.898. Sementara untuk Paket BISNIS yang serba unlimited misalnya bisa dinikmati hanya dengan Rp 727.848 sudah termasuk PPN dan gratis domain jika berlangganan dalam satu tahun. Dibandingkan dengan harga pada web hosting lain, Hostinger Indonesia sekali lagi memang benar-benar murah. Bahkan kalau berlangganan dengan rentang waktu yang lebih lama harganya bisa lebih murah lagi.

Perlu diingat pula, harga yang sudah dibeli tersebut bukan hanya bisa dinikmati dalam masa promo, namun dijamin tidak akan berubah dalam perpanjangan selanjutnya di bulan ataupun tahun berikutnya.

Dan yang lebih memukau lagi, untuk pembelian paket shared web hosting ini, pelanggan dapat menikmati jaminan 30 hari uang kembali.

Sehingga bila nantinya dalam waktu 30 hari merasa kecewa dengan layanan dari Hostinger Indonesia atau IDHostinger bisa meminta kembali uang yang telah dibayarkan. Dengan demikian, bisa diindikasikan bahwa web hosting ini akan memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik untuk pelanggan.

Paket Virtual Private Server (VPS)

Hostinger Indonesia menawarkan paket VPS yang lebih beragam dari paket shared web hosting. Jika shared hosting hanya terdapat 3 pilihan paket, untuk VPS memiliki 6 paket yang berbeda. Paket termurah yaitu paket server VPS 1 dibanderol dengan harga Rp 100.900 per bulan dengan fasilitas yang didapat RAM sebesar 1GB dan disk space sebesar 20GB.

Dari fasilitas yang ditawarkan untuk paket termurah ini saja lagi-lagi terlihat bahwasannya Hostinger Indonesia memberikan harga yang benar-benar miring di kelasnya. Bisa saya katakan ini merupakan salah satu paket VPS termurah yang pernah saya temui selama ini di web hosting Indonesia.

Harga Domain

Harga pembelian domain di Hostinger Indonesia khususnya untuk domain mainstream seperti .com, .net atau .info saya rasa cukup standar. Domain .com misalnya dapat diperoleh dengan harga Rp 119.000 sebelum PPn. Namun untuk domain-domain khusus seperti .xyz dan .online ditawarkan dengan harga yang benar-benar sangat murah. Jika dihitung dengan USD atau dollar, harga domain ini cukup 1 dollar atau sekitar 13 ribu rupiah saja. Sangat cocok untuk coba-coba ataupun digunakan secarah hemat dengan serius.

Dari harga paket shared web hosting, Virtual Private Server (VPS) dan registrasi domain yang saya review dari Hostinger Indonesia di atas. Bisa saya katakan Hostinger Indonesia ini memang benar-benar murah. Selain itu fasilitas yang diberikan dari segi ukuran juga luar biasa. Untuk promosi, pelanggan tidak perlu disibukkan lagi mencari-cari kode promo atau kupon karena setiap membeli akan otomatis mendapatkan promo yang berjalan. Dengan demikian pelanggan tidak perlu khawatir lagi untuk tidak mendapatkan harga termurah dari Hostinger Indonesia.

Kesan Pertama dalam Menggunakan Layanan

Metode Pembayaran

Dalam review Hostinger Indonesia ini, saya mencoba membeli salah satu paket shared web hosting yaitu paket SINGLE. Langsung saja, setelah saya memilih paket yang diinginkan, saya dibawa kepada halaman pembayaran. Hostinger Indonesia atau IDHostinger memberikan fasilitas pembayaran yang cukup beragam.

Terdapat metode pembayaran transfer dengan menggunakan 3 bank besar di Indonesia yaitu BNI, Mandiri dan BCA. Selain itu fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit berlogo MasterCard, DISCOVER, Maestro dan VISA juga tersedia. Tak ketinggalan metode pembayaran populer menggunakan PayPal. Terdapat pula metode dengan pembayaran dompet online lokal yaitu DOKU Wallet. Yang menurut saya cukup menarik adalah Hostinger Indonesia menerima pembayaran melalui bitcoin.

Pembayaran dengan metode transfer tentunya memerlukan konfirmasi dan verifikasi pembayaran secara manual terlebih dahulu sebelum akun yang dimiliki aktif. Karena saya menggunakan metode transfer ini dalam membayar, saya pun harus melakukannya. Saya membayar di hari Sabtu yang notabene merupakan hari di akhir pekan dengan menggunakan mobile banking. Pikir saya verifikasi pembayaran saya akan tersendat dan baru diproses pada Minggu selanjutnya di hari kerja.

Namun yang terjadi adalah tidak sampai 1 jam pembayaran yang saya lakukan sudah langsung diverifikasi dan akun yang saya beli sudah bisa digunakan. Padahal saya juga tidak menghubungi Customer Support sama sekali dalam hal ini.

Pilihan Server

Awalnya saya sempat bingung sebenarnya paket hosting yang saya beli merupakan paket shared web hosting dengan lokasi dimana. Namun setelah akun saya aktif dan saya login ke halaman member atau client area, saya mendapati saya bisa memilih lokasi server saya ketika setup pertama kali. Lokasi server yang tersedia adalah Eropa, Amerika Serikat (USA) dan Singapura untuk ASIA.

Sayangnya belum ada server yang berlokasi di Indonesia, namun saya rasa dengan menggunakan server yang berlokasi di Singapura saja, kecepatan akses website yang dimiliki juga akan lumayan cepat mengingat lokasi Singapura yang tidak terlalu jauh dengan Indonesia.

Tampilan Hostinger cPanel

Selanjutnya, saya tinggal melakukan setup domain yang akan saya gunakan dan melakukan instalasi website menggunakan pilihan-pilihan yang disediakan seperti menggunakan WordPress, script Auto Installer, Web Builder atau dengan mengupload website yang telah dimiliki menggunakan File Manajer.

Fasilitas cPanel memang merupakan kontrol website yang sangat populer dan sudah familiar digunakan. Hostinger Indonesia memberikan fasilitas cPanel ini namun dengan tampilan yang sangat fresh, bersih dan elegan. Fasilitas-fasilitas yang ada pada Hostinger cPanel pun terbilang lengkap dan mudah dicari karena telah dikelompokkan brdasarkan kategorinya. Fitur pencarian juga sangat memudahkan untuk mencari fasilitas tertentu.

Beberapa fitur yang jarang saya temui di cPanel pada web hosting lain seperti Impor website, template dan GIT(sistem versioning untuk pengembangan website) juga tersedia di Hostinger cPanel.

Hostinger
Tampilan Hostinger cPanel

Secara umum, saya sangat menyukai tampilan dan desain dari Hostinger cPanel ini. Sekali lagi jempol saya berikan untuk Hostinger cPanel!

Evaluasi Performa

Urusan harga dan fasilitas, saya tidak meragukan lagi Hostinger Indonesia. Namun bagaimana dengan kualitas yang diberikan? Apakah performanya bagus? Jika performanya benar-benar bagus pula maka dalam review Hostinger Indonesia kali ini bisa saya sebut bahwa web hosting ini sebagai salah satu jagoan hosting nya web hosting Indonesia.

Dalam membeli sebuah web hosting kualitas layanan tentunya merupakah hal yang sangat penting. Harga murah namun sering down atau kecepatan aksesnya lambat pasti percuma. Hal yang perlu diperhatikan ketika berbicara mengenai kualitas layanan dalam sebuah web hosting adalah skor uptime dan skor response time dari web hosting tersebut. Karena itu saya akan mencoba mengecek kedua skor yang menjadi indikator performa web hosting tersebut di review Hostinger Indonesia ini.

Skor Uptime

Skor uptime merupakan presentase waktu saat server sebuah web hosting dapat beroperasi dengan baik. Dengan baik disini maksudnya tanpa mengalamai masalah crash, down ataupun error. Semakin mendekati skor 100% tentunya skor uptime akan semakin baik. Begitupun sebaliknya, semakin menjauhi skor 100% maka menunjukkan server tersebut sering terjadi down sehingga menyebabkan website tidak bisa diakses.

Dalam situsnya, Hostinger Indonesia (ID Hostinger) menjamin garansi uptime sebesar 99.99% atau nyaris sempurna.

Untuk membuktikan klaim ini, saya melakukan pengecekan dengan menggunakan situs myhostinguptime.com. Hasilnya cukup mencengangkan. Situs ini telah melakukan monitoring server hostinger.co.id sejak 15 Juli 2014 dan hasilnya skor uptime yang dihimpun adalah 100%.

Kami juga melakukan tracking uptime menggunakan tools lain dan hasilnya tetap sama mendapatkan nilai uptime 100%. Tentunya hasil ini sangat menakjubkan, nilai uptime yang sempurna ini memberikan jaminan website kita akan terus online. Inilah yang dicari oleh para webmaster dan publisher.

Hostinger uptime results

Dengan demikian, server Hostinger ini memang benar-benar tangguh dan jagoan karena nyaris tidak pernah mengalami down sedikitpun. Jika dikategorikan berdasarkan penggolongan menurut American National Standart Institute (ANSI). Server yang saya tes dalam Hostinger review ini tergolong atau setara dengan server pada tier tertinggi yaitu pada hosting tier 1.

Skor Response Time

Selain uptime, skor response time merupakan skor yang juga penting. Skor response time yang cepat menunjukkan server dapat memuat sebuah halaman website dengan cepat pula. Berikut ini merupakan website yang sebelumnya saya bangun dengan fasilitas website builder. Saya akan menggunakan website sederhana ini sebagai sampel saya dalam menguji response time dari server Hostinger Indonesia.

Selain itu saya juga akan menguji kecepatan terhadap website yang lebih kompleks yaitu website yang saya bangun menggunakan fitur website builder.

Pengujian pertama saya menggunakan tools CepatKah.com untuk melihat kecepatan respon server jika diakses dari Indonesia. Hasil pengujian dengan tools tersebut menunjukkan hasil seperti berikut ini.
Pengujian terhadap website yang sederhana.

Pengujian terhadap website yang dibangun dengan website builder.

Rata-rata response time adalah 247ms yang berarti tidak terlalu lambat. Waktu memuat halaman juga tak sampai 1 detik. Walaupun lokasi server tidak di Indonesia ternyata response time dari website saya jika diakses dari Indonesia bisa dibilang masih sangat bagus.

Selanjutnya saya melakukan pengetesan response time menggunakan BitCacha tools. Hasil pengecekan menggunakan tools tersebut dapat dilihat pada screenshot di bawah ini untuk website yang sederhana.

Sedangkan hasil pengecekan untuk website yang lebih kompleks adalah sebagai berikut.

Hasil pengecekan CepatKah.com rata-rata response time tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan website yang sederhana.

CepatKah Builder Hostinger

Hasil pengecekan dengan menggunakan BitCacha Tools.

Hasilnya masih di atas rata-rata pula, bahkan di atas rata-rata. Diakses dari belahan bumi manapun, tidak ada response time yang berada di 500 ms.

Dari pengecekan skor uptime dan response uptime yang saya lakukan dalam Hostinger Review di atas menunjukkan bahwasannya kualitas server Hostinger memang sangat mumpuni. Pengalaman Hostinger sebagai penyedia web hosting internasional memang tidak pernah membohongi.

Layanan Pelanggan

Jika kita mengalami masalah atau ada pertanyaan dalam menggunakan web hosting, layanan pelanggan adalah hal yang pertama kita cari. Layanan pelanggan sebuah web hosting haruslah cepat, mudah dihubungi dan efektif dalam menyelesaikan masalah.

Sejak masih bernama IDHostinger, Hostinger Indonesia menyediakan beberapa jalur layanan pelanggan atau customer support diantaranya yaitu melalui sambungan telepon, live chat dan email selama 24 jam. Awalnya saya sempat kebingungan dimana lokasi live chat yang dimaksud. Ternyata, untuk live chat ini hanya diperuntukkan untuk pelanggan yang telah membeli paket hosting saja.

Setelah saya membeli paket web hosting, saya pun mencoba menghubungi layanan pelanggan dengan melalui live chat untuk menguji seberapa cepat dan efektifkah customer support membalas pertanyaan saya. Saya pun sengaja mencoba mengubungi customer service di malam hari apakah masih ada yang online atau tidak.

Ternyata customer service tersebut menjawab dengan cepat, bahkan tidak lebih dari 1 menit. Di lain kesempatan saya juga mencoba menguji response dari customer service melalui chat ini. Hasilnya masih tetap sama, respon sangat cepat.

Customer service juga dapat menjawab pertanyaan saya seputar hal teknis dengan baik dan jelas. Tidak ada pilihan kita menghubungi bagian apa dalam chat ini sehingga kita bebas bertanya apapun tanpa terkotak-kotak oleh bagian atau divisi departemen. Overall, saya sangat puas dengan pelayanan customer service yang dimiliki oleh Hostinger Indonesia.

Kesimpulan Review Hostinger Indonesia

Hostinger Indonesia / ID Hostinger menawarkan hosting yang murah dengan kualitas dan layanan web hosting yang tidak ecek-ecek alias murahan. Fasilitas yang diberikan pun sangat jauh di atas dari yang diberikan web hosting pada umumnya di Indonesia. Tampilan Hostinger cPanel yang berbeda dengan web hosting lainnya saja yang tampil fresh dan berbeda sebenarnya cukup menunjukkan bahwa web hosting ini merupakan salah satu yang terbaik.

Walaupun ada beberapa hal yang masih menjadi catatan seperti belum adanya server Indonesia dan chat live support yang hanya bisa diakses oleh pengguna yang telah berlangganan, saya benar-benar terkesima dengan keseluruhan aspek yang saya nilai dari review Hostinger Indonesia ini. Sebagai akhir dari Hostinger review, saya dengan gamblang memberikan rekomendasi untuk menjadikan Hostinger Indonesia sebagai pilihan yang patut dilirik dalam memilih web hosting.

Pros

  • Harga murah dan paket fleksibel.
  • Fasilitas yang diberikan sangat besar dan serba unlimited.
  • Kualitas dan performa server sangat bagus.
  • Respon customer service sangat cepat dan efektif.
  • Memiliki website builder yang keren.
  • Terbukti berpengalaman di dunia Internasional.
  • Tampilan menarik baik halaman depan maupun cPanel

Cons

  • Tidak tersedia server Indonesia.
  • Tidak tersedia domain Indonesia (akhiran .id).
  • Live chat support hanya untuk pelanggan yang memiliki langganan paket.

Fitur Utama

  • Harga Murah
  • Termasuk Domain Gratis
  • WordPress telah Dioptimasi
  • Performa yang Luar Biasa

Lokasi Server

  • Singapura
  • Amerika Serikat
  • Inggris Raya

Sistem Operasi Server

  • Linux logo Linux

Berikan review anda

    • Priyo Pandu portrait Priyo Pandu
    • 2018-Januari-16th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Fast respon admin hostinger, hebat dalam memberikan solusi..
    Good Job..
    terima kasih

    • Candra Agung portrait Candra Agung
    • 2018-Januari-20th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Hostinger manteplah pokoknya, kemarin habis borong domain pas lagi ada promo, aktivasinya cepet. ane pakai hosting disini belum pernah down. blog juga gampang keindex, recommended JOSSS!!

    • Dody Aditama portrait Dody Aditama
    • 2018-Januari-21st
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Support dari admin Fast Respon, user interface mudah di pahami. Dab tentunya website dengan biaya hosting lumayan murah 🙂

    • Oyong Bayu portrait Oyong Bayu
    • 2018-Januari-21st
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    The Best Hosting And Server

    • Oyong Bayu portrait Oyong Bayu
    • 2018-Januari-21st
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Menurut saya, perusahaan hosting dan vps server terbaik. The Best Aja dehhh

    • Agung portrait Agung
    • 2018-Januari-22nd
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Ini LUAR BIASA!! Seneng banget langganan di Hostinger ,Murah Meriahh , Paling Best hosting dan servernya

    • panjijonata portrait panjijonata
    • 2018-Januari-23rd
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    kenapa bisa di block bos website ku

    • Bambang Sutikno portrait Bambang Sutikno
    • 2018-Februari-6th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Baru pertama kali bikin website

    • Sucipto portrait Sucipto
    • 2018-Februari-8th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Bagus dan memuaskan dengan harga terjangkau…

    • Nur Alam portrait Nur Alam
    • 2018-Februari-20th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Akhirnya aku nemu tempat hosting web yang murah dan berkualitas untuk ngerjain tugas skripsi!!
    Awalnya coba yang gratis di 000webhost, tapi aku ingin web ku ini menjadi web yang berguna secara continue, jadi aku akan stay membangun web di Hostinger ini. Semoga pelayanannya dipertahankan! Good Jobb!