Review Hostinger oleh Para Pengguna dan Ahli

Rating Keseluruhan:
9.7
Kehandalan
10.0/10
Harga
9.6/10
Mudah Digunakan
9.7/10
Pelayanan
9.5/10
Fitur
9.8/10

Hostinger Indonesia (IDHostinger) adalah bagian dari Hostinger, penyedia web hosting skala multinasional yang berkedudukan di Larnaca, Cyprus. Perusahaan ini berdiri pada 2004 di Kaunas, Lithuania, sebagai perusahaan perseorangan “hosting media”. Baru pada tahun 2012 mereka pindah ke headquarter saat ini, sebagai upaya perluasan usaha ke dunia internasional.

Saat ini IDHostinger telah merambah ke 178 negara dan memiliki lebih dari 29 juta pengguna. Hostinger mengklaim bahwa setiap harinya ada 15.000 pelanggan baru yang mendaftar di provider ini.

Lokasi operasional hostinger di dunia

Hostinger Indonesia, di bawah payung PT Web Media Teknologi sendiri cukup fenomenal di industri hosting Indonesia. Di suatu waktu, mereka berani menawarkan promo hosting gratis dengan kualitas service yang mumpuni. Promo gratis ini masih berlanjut, namun, kini ditangani oleh subsidiary mereka, yaitu 000webhost.com.

Apa yang patut Anda harapkan dari Hostinger, dengan 200 pekerja dan 8 data center tersebar di berbagai belahan dunia?

Hostinger: provider murah kelas dunia

Halaman muka situs resmi IDHostinger mungkin bisa membangkitkan ekspektasi Anda. Mereka berani mengklaim diri sebagai “Web Hosting Murah Kelas Dunia”. Nah, apakah harga mereka memang cukup murah? Bagaimana kualitas server mereka dibanding hosting provider lain di Indonesia?

Seperti review web hosting lainnya, di sini saya akan membahas beberapa aspek berikut:

  • Layanan Hostinger Indonesia – produk hosting dari Hostinger Indonesia
  • Harga Paket Hosting – harga ‘murah’ dari produk IDHostinger
  • Kesan Pertama Sebagai Pengguna Layanan – metode pembayaran, pilihan server, tampilan cPanel, dan lain-lain.
  • Evaluasi Performa – kualitas server uptime, loading time
  • Evaluasi Customer Service kualitas respon CS terhadap keluhan customer

Layanan Hostinger Indonesia

Layanan Hostinger Indonesia terpaparkan dalam 6 jenis produk hosting dan domain berikut.

1. Shared Web Hosting

HostingerID promo black friday 90% off

Produk shared web hosting dari Hostinger Indonesia didesain untuk personal website skala kecil-menengah. Tapi Anda jangan ragu. Seluruh produk hosting di sini sudah memakai infrastruktur Cloud. Proses loading time dan kecepatan akses tentunya memiliki standar yang tinggi.

Hostinger Indonesia membagi produk shared hosting  ke dalam 3 paket. Ada Paket Web Hosting SINGLE, PREMIUM dan BISNIS. Skala kapasitas 3 paket hosting ini bervariasi dari SINGLE ke BISNIS. Paket SINGLE terbilang paling minimalis, cocok untuk yang baru pertama mencoba hosting web. Paket PREMIUM dan BISNIS adalah pilihan/opsi upgrade untuk website yang sudah established dan membutuhkan daya lebih besar.

2. Cloud Hosting Indonesia

Cloud Hosting Indonesia dari Hostinger

Paket Cloud Hosting Indonesia baru dirilis Hostinger Indonesia pada 27 September 2018. Layanan ini merupakan rebranding dari paket terdahulu, yaitu Business Hosting Indonesia.

Apa yang membedakan Cloud Hosting Indonesia dari produk lainnya? Tentunya paket ini memakai infrastruktur Cloud, dengan garansi uptime 99,9%, server speed 3x lebih cepat dari server biasa, dan juga cPanel yang lebih advanced. Hardware pun lebih dedicated, dengan Dedicated IP Address, Disk Space mulai dari 40 GB, hingga fasilitas upgrade on-the-go.

Belum lagi, Anda mendapat jaminan 30 Hari Uang Kembali bila Anda merasa belum puas dengan kualitas layanan ini.

Nothing to lose.

3. Virtual Private Server (VPS)

Layanan VPS Hostinger

Virtual Private Server (VPS) adalah layanan hosting dengan teknik server khusus (virtualisasi) yang bisa membuat customer mendesain sendiri kapasitas paket hostingnya. Ada 6 jenis paket VPS murah dari IDHostinger. Yang termurah sudah menyediakan kapasitas RAM 1GB, Disk Storage 20GB. VPS yang ditawarkan juga telah menggunakan teknologi Cloud sehingga keandalan dan performa kecepatan aksesnya tidak perlu diragukan lagi.

4. Registrasi Domain

Akreditasi ICANN HostingerHostinger Indonesia adalah anak usaha dari Hostinger International Ltd. Korporasi tersebut telah terdaftar dalam Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) atas nama Hostinger, UAB.

Ini berarti IDHostinger diakui sebagai perusahaan resmi penyedia jasa registasi domain. Domain yang ditawarkannya pun sangat beragam, hampir semua akhiran domain tersedia.

Anda tinggal mencari domain yang diinginkan di kolom pencarian. Juga, jika nama domain yang dicari sudah dipakai orang lain, fitur pencarian domain Hostinger Indonesia akan menawarkan nama domain alternatif yang mirip.

Cek domain dan beli domain murah Hostinger Indonesia

5. Website Builder

Website builder adalah layanan aplikasi web development, sehingga pengguna awam sekalipun dapat menciptakan website profesional dalam waktu kurang dari 30 menit. Hostinger Indonesia meng-gratis-kan aplikasi ini untuk mereka yang menyewa hosting di sini, minimal shared hosting.

Template Premium Website Builder HostingerDi atas saya bilang, web builder membuat website dalam waktu kurang dari 30 menit. IDHostinger sendiri malah bilang di website builder-nya, Zyro, website bisa rampung dibikin dalam “5 menit saja”. Dan setelah saya lihat, ketersediaan template cukup melimpah. Template – atau desain website yang sudah jadi – terlihat cantik, elegan dan stylish. Itu semua bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Tak berhenti di situ saja. Tools editor website dari Zyro Website Builder bisa untuk mengubah tampilan template berbasis real-time, alias What You See is What You Get (WYSIWYG). Cara mengubah template pun mudah, yaitu dengan tinggal mengklik ikon widget (tool) yang dimaui, lalu geser ke tempat yang pas dalam website Anda.

Website Builder Hostinger

Zyro website builder dari IDHostinger cukup lengkap untuk website e-commerce. Anda sudah disediakan fitur Add to Cart, Pay via PayPal dan sebagainya. Semua itu sudah didukung kompatibilitas multi peranti, lewat template website yang rata-rata sudah responsif.

6. WordPress Hosting

CMS WordPress merupakan aplikasi pengelola konten web (Content Managemen System, atau CMS) paling populer di dunia. Cukup menarik melihat Hostinger Indonesia adalah salah-satu penyedia hosting yang teroptimasi untuk WordPress. Artinya, WordPress hosting yang Anda dapat nanti, sudah dipastikan membuat blog/website WordPress Anda lebih cepat.

Hostinger Indonesia WordPress Hosting

Di IDHostinger, customer tidak hanya dapat meng-install WordPress dengan cepat. Anda mendapat fasilitas HTTP/2, PHP7.1, NGINX dan cache plugin WordPress sehingga mengoptimalkan kerja website WordPress.

Grafik merah di atas adalah gambar fluktuasi access speed WordPress lewat Hostinger. Dan skornya ngebut, hingga 179ms!

Harga Paket Hostinger Indonesia

Soal harga itu soal penting. Siapa yang tidak mau paket hosting murah dengan kualitas cukup baik?

Pernyataan sebagai “Web Hosting Murah” terpampang cukup besar di situs Hostinger Indonesia. Sebentar lagi, saya akan menunjukkan seberapa murah sebenarnya harga yang ditawarkan provider satu ini.

1. Paket Shared Hosting

Web hosting single premium bisnis

Paket Shared Hosting dibanderol secara ekonomis. Lihat saja platform harganya..

Paket hosting paling ekonomis ada pada paket web hosting SINGLE. Diikuti oleh paket PREMIUM dan BISNIS. Ini sesuai dengan kapasitas paket hosting yang disertakan. [Perhatian: Anda perlu rutin mengunjungi situs IDHostinger untuk melihat data harga terkini; mereka sering sekali promo dan banting harga[.

Berikut adalah detail spesifikasi tiap paket:

Paket HostingSINGLEPREMIUMBISNIS
Disk Storage
10GBUnlimitedUnlimited
Bandwith100GBUnlimitedUnlimited
Database MySQL, Akun FTP dan Akun Email1UnlimitedUnlimited
Website BulderYaYaYa
Optimasi  WordPressTidak3X lipat5X lipat
Gratis DomainTidakYa (langganan 12 bulan)Ya (langganan 12 bulan)
Backup HarianOpsionalOpsionalTermasuk dalam Paket
Sertifikat SSLOpsionalOpsionalTermasuk dalam Paket
Live Chat ChatYaYaYa, langsung profesional

Nantinya, Hostinger Indonesia menawarkan tenor penyewaan paket hosting Anda. Sebagai gambaran, saya gunakan contoh pilihan tenor sewa Paket Web Hosting SINGLE khusus sesi Black Friday (Diskon 90%).

  • 3 bulan (*): Rp. 23. 489/bln
  • 12 bulan: Rp. 21.305/bln
  • 24 bulan: Rp. 15.845/bln
  • 48 bulan: Rp. 8.739/bln

(*) sewa hosting untuk 3 bulan saja tidak disertai fasilitas nama domain gratis.

Nah, sekarang saatnya menimbang harga paket hosting di Hostinger Indonesia. Yang mau saya katakan adalah… WOW! Paket SINGLE IDHostinger, dengan harga di bawah 10.000/bulan, sudah memberi disk storage 10 GB. Di provider lain, kapasitas sebesar ini sudah masuk ke jajaran paket hosting kelas bisnis yang harganya cukup mahal.

Namun, di luar harga, saya hanya merekomendasikan paket SINGLE untuk website kecil minimalis. Ini karena, pertama, bandwidth akan di-cap sampai 100 GB; kedua, Anda hanya bisa punya 1 akun FTP, email dan database MySQL. Jika kebutuhan Anda lebih dari itu, Anda akan lebih baik sewa paket PREMIUM atau BISNIS.

Harga Fitur Tambahan

Fitur tambahan ini adalah elemen keamanan (security parameter) yang bisa menghindarkan hosting dan data Anda dari pencurian atau peretasan. Terdapat 3 jenis fitur:

  • Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) merupakan fitur enkripsi HTTPS pada komponen data pribadi yang dibagikan ke suatu website (misal, data nomor PIN kartu kredit, tanggal lahir, alamat);
  • Backup Harian akan menyimpan data website Anda secara rutin, menghindarkan Anda dari data yang hilang (akibat kerusakan server atau sebab lainnya).
  • Cloudflare Protection akan mengaktifkan level keamanan saat situs Anda dalam ancaman traffic HTTP yang bersifat merusak.

Seperti tertulis di tabel di atas, ketiga fitur ini GRATIS hanya untuk paket hosting BISNIS. Bila Anda hanya menyewa SINGLE dan PREMIUM, fitur-fitur tersebut bersifat opsional di mana ANda perlu membayar sejumlah harga untuk mengaktifkannya.

Fitur tambahan Hosting di Hostinger

Jaminan 30 Hari Uang Kembali HostingerNamun, Anda sepertinya tak perlu ragu untuk mencoba fitur-fitur tersebut. Bahkan untuk pembelian paket Shared hosting ini, pelanggan dapat menikmati jaminan 30 hari uang kembali bila Anda kurang puas dengan apa yang telah Anda beli.

Jadi, sekali lagi. Nothing to lose. Bila ini kali pertama Anda menyewa hosting, maka mencoba Shared Hosting dari Hostinger Indonesia akan menjadi pembelajaran yang tidak terlalu mahal.

2. Paket Cloud Hosting Indonesia

Cloud hosting Hostinger Startup Professional Enterprise

Secara desain, 3 paket Cloud Hosting Indonesia (Startup, Professional, dan Enterprise) diberi semua elemen penting tanpa terkecuali. Yang berbeda adalah besaran teknis elemen tersebut. Besaran kapasitasnya berjenjang dari Startup hingga Enterprise.

Sebagai contoh, paket Startup sudah mendapat semua fasilitas penting. Yaitu, Dedicated IP Address, unlimited bandwidth dan CPU Core terdedikasi. Paket ini berharga sewa Rp81.395,-/bulan. Artinya, dengan paket Cloud Hosting Indonesia termurah dari Hostinger Indonesia, Anda sudah mendapat fasilitas prima tersebut. Anda hanya perlu upgrade bila level perusahaan Anda telah berkembang dan membutuhkan lebih banyak daya.

3. Paket Virtual Private Server (VPS)

Hostinger Indonesia menawarkan paket VPSyang lebih beragam dari paket shared web hosting. Jika shared hosting hanya terdapat 3 pilihan paket, untuk VPS memiliki 6 paket yang berbeda. Paket termurah yaitu paket server VPS 1 dibanderol dengan harga Rp 43.159,- per bulan dengan fasilitas yang didapat RAM sebesar 1GB dan disk space sebesar 20GB.

VPS hosting Hostinger Indonesia

Dari fasilitas yang ditawarkan untuk paket termurah ini saja lagi-lagi terlihat bahwasannya IDHostinger memberikan harga yang benar-benar miring di kelasnya. Bisa saya katakan ini merupakan salah satu paket VPS termurah yang pernah saya temui selama ini di web hosting Indonesia.

4. Harga Domain

Harga domain gTLD di Hostinger Indonesia saya rasa cukup standar.. Domain .com misalnya dapat diperoleh dengan harga Rp 98.219 sebelum PPn.

Nah, untuk sejumlah domain khusus, seperti .xyz dan .online,  penawaran IDHostinger cukup murah. Anda cukup membayar Rp10.819,-, yang saya rasa akan digunakan provider sebagai biaya registrasi ke ICANN. Silakan Anda lihat harga selengkapnya di situs Hostinger Indonesia.

Harga beli domain di Hostinger

Perhatikan pula satu hal penting ini. Anda perlu beli domain jika Anda menyewa hosting hanya untuk 3 bulan saja. Namun, bila Anda menyewa untuk 12 bulan (atau lebih, 24/48 bulan), Anda akan mendapat domain gratis. Jadi, Anda bisa dapat domainnya, tanpa perlu membayar uang sepeserpun.

Program Afiliasi Indonesia

Program afiliasi nampaknya sudah menjadi hal yang lumrah di berbagai penyedia layanan web hosting di Indonesia, Begitupun dengan Hostinger Indonesia. Web hosting ini juga menyediakan program afiliasi yang menarik dengan imbalan komisi yang sangat menggiurkan. Kita tinggal menaruh link afiliasi yang berupa banner promosi di website yang kita miliki dan apabila ada pengunjung yang melakukan klik banner tersebut kemudian membeli hosting di Hostinger Indonesia maka komisi bisa kita dapatkan.

Program Afiliasi Hostinger Indonesia

Komisi Hostinger IndonesiaTak tanggung-tanggung, bukan hanya 10 persen atau 20 persen yang akan kita dapatkan jika berhasil menjaring pengunjung untuk membeli hosting, tapi komisi yang diberikan bahkan mencapai 100 persen.

Jadi, 100% apabila pengunjung membeli paket shared hosting dan 50 persen jika pembeli membeli hosting berjenis VPS. Wow, sungguh komisi yang benar-benar menggiurkan bukan!!

Knowledge Base/Pengetahuan Dasar dan Tutorial

Knowledgebase ID Hostinger

Tutorial dan pengetahuan dasar tentang hosting sangat diperlukan terutama bagi pelanggan yang masih awam dan baru menggunakan web hosting untuk pertama kali. Hostinger Indonesia menyediakan pusat informasi dan tutorial ini secara lengkap dan menarik. Informasi disini juga terus menerus diupdate sesuai perkembangan terkini. Dan yang terpenting, pusat informasi yang kaya akan tutorial-tutorial berguna ini terbuka dan gratis bagi siapa saja. Tidak perlu memiliki akun di IDhostinger untuk membacanya.

Kesan Pertama dalam Menggunakan Layanan

1. Metode Pembayaran

Dalam review Hostinger Indonesia ini, saya mencoba membeli salah satu paket shared web hosting yaitu paket SINGLE.

Metode pembayaran cukup variatif. Anda bisa transfer via 3 bank besar di Indonesia yaitu BNI, BRI, Mandiri dan BCA. Selain itu fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit berlogo MasterCard, DISCOVER, Maestro dan VISA juga tersedia. Anda juga bisa memakai PayPal dan dompet online lokal yaitu DOKU Wallet, sebagai wakil metode e-money.

Metode pembayaran Hhostinger Indonesia

Contoh faktur pembayaran di Hostinger IndonesiaPembayaran dengan metode transfer tentunya memerlukan konfirmasi dan verifikasi pembayaran secara manual terlebih dahulu sebelum akun yang dimiliki aktif. Karena saya menggunakan metode transfer ini dalam membayar, saya pun harus melakukannya. Saya membayar di hari Sabtu yang notabene merupakan hari di akhir pekan dengan menggunakan mobile banking. Pikir saya verifikasi pembayaran saya akan tersendat dan baru diproses pada Minggu selanjutnya di hari kerja.

Namun yang terjadi adalah tidak sampai 1 jam pembayaran yang saya lakukan sudah langsung diverifikasi dan akun yang saya beli sudah bisa digunakan. Padahal saya juga tidak menghubungi Customer Support sama sekali dalam hal ini.

2. Pilihan Server

Awalnya saya sempat bingung sebenarnya paket hosting yang saya beli merupakan paket shared web hosting dengan lokasi dimana. Namun setelah akun saya aktif dan saya login ke halaman member atau client area, saya mendapati saya bisa memilih lokasi server saya ketika setup pertama kali.

Lokasi server yang tersedia adalah Eropa, Amerika Serikat (USA) dan Singapura untuk ASIA.

Pilihan server Hostinger IndonesiaSayangnya belum ada server yang berlokasi di Indonesia, namun saya rasa dengan menggunakan server yang berlokasi di Singapura saja, kecepatan akses website yang dimiliki juga akan lumayan cepat mengingat lokasi Singapura yang tidak terlalu jauh dengan Indonesia.

3. Tampilan cPanel Hostinger

Selanjutnya, saya tinggal melakukan setup domain yang akan saya gunakan. Saya juga bisa melakukan instalasi website menggunakan pilihan-pilihan yang disediakan seperti menggunakan WordPress, script Auto Installer, Web Builder atau dengan mengupload website yang telah dimiliki menggunakan File Manajer.

Tampilan cPanel Hostinger

Fasilitas cPanel memang merupakan kontrol website yang sangat populer dan sudah familiar digunakan. Hostinger Indonesia memberikan fasilitas cPanel ini namun dengan tampilan yang sangat fresh, bersih dan elegan. Fasilitas-fasilitas yang ada pada Hostinger cPanel pun terbilang lengkap dan mudah dicari karena telah dikelompokkan brdasarkan kategorinya. Fitur pencarian juga sangat memudahkan untuk mencari fasilitas tertentu.

Beberapa fitur yang jarang saya temui di cPanel pada web hosting lain seperti Impor website, template dan GIT(sistem versioning untuk pengembangan website) juga tersedia di Hostinger cPanel.

cpanel hostinger

Secara umum, saya sangat menyukai tampilan dan desain dari cPanel IDHostinger  ini. Sekali lagi jempol saya berikan untuk Hostinger cPanel!

Evaluasi Performa

Harga boleh murah. Namun, apakah server IDHostinger se-legit harganya?

Hal yang perlu diperhatikan ketika berbicara mengenai kualitas layanan dalam sebuah web hosting adalah skor uptime dan skor response time dari web hosting tersebut. Karena itu saya akan mencoba mengecek kedua skor yang menjadi indikator performa web hosting tersebut di review Hostinger Indonesia ini.

Skor Uptime

Skor uptime merupakan presentase waktu saat server sebuah web hosting dapat beroperasi dengan baik. Dengan baik di sini maksudnya tanpa mengalamai masalah crash, down ataupun error. Semakin mendekati skor 100% tentunya skor uptime akan semakin baik.

Dalam situsnya, Hostinger Indonesia (IDHostinger) menjamin garansi uptime sebesar 99.99% atau… nyaris sempurna.

Website info dari HostingerUntuk membuktikan klaim ini, saya melakukan pengecekan dengan menggunakan situs myhostinguptime.com. Hasilnya cukup mencengangkan.

Situs ini telah melakukan monitoring server hostinger.co.id sejak 15 Juli 2014 dan hasilnya skor uptime yang dihimpun adalah 100%.

Kami juga melakukan tracking uptime menggunakan tools lain dan hasilnya tetap sama mendapatkan nilai uptime 100%. Tentunya hasil ini sangat menakjubkan, nilai uptime yang sempurna ini memberikan jaminan website kita akan terus online. Inilah yang dicari oleh para webmaster dan publisher.

Hostinger uptime results

Dengan demikian, server IDHostinger ini memang benar-benar tangguh dan jagoan karena nyaris tidak pernah mengalami down sedikitpun. Jika dikategorikan berdasarkan penggolongan menurut American National Standart Institute (ANSI). Server yang saya tes dalam IDHostinger review ini tergolong atau setara dengan server pada tier tertinggi yaitu pada hosting tier 1.

Skor Response Time

Website testingSelain uptime, skor response time merupakan skor yang juga penting. Skor response time yang cepat menunjukkan server dapat memuat sebuah halaman website dengan cepat pula.

Berikut ini merupakan 1 dari 2 website yang sebelumnya saya bangun dengan fasilitas website builder. Saya akan menggunakan dua website sederhana ini sebagai sampel saya dalam menguji response time dari server Hostinger Indonesia.

Pengujian pertama saya menggunakan tools CepatKah.com untuk melihat kecepatan respon server jika diakses dari Indonesia. Hasil pengujian dengan tools tersebut menunjukkan hasil seperti berikut ini.

Response Time untuk HTML Sederhana

Rata-rata response time adalah 247ms yang berarti tidak terlalu lambat. Waktu memuat halaman juga tak sampai 1 detik. Walaupun lokasi server tidak di Indonesia ternyata response time dari website saya jika diakses dari Indonesia bisa dibilang masih sangat bagus.

Loading time HTML Hostinger

Notifikasi hasil server speed HostingerSelanjutnya saya melakukan pengetesan response time menggunakan BitCacha tools. TOols ini bisa dipakai untuk menghitung response time dari berbagai lokasi geografis yang berbeda.

Hasil pengecekan menggunakan tools tersebut dapat dilihat pada screenshot ini untuk website yang sederhana.

Response TIme untuk HTML Kompleks

Hasil pengecekan CepatKah.com rata-rata response time tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan website yang sederhana.

CepatKah Builder Hostinger

Notifikasi hasil server speed HostingerBerikut adalah hasil pengecekan dengan menggunakan BitCacha Tools.

Hasilnya masih di atas rata-rata pula. Diakses dari belahan bumi manapun, tidak ada response time yang berada di bawah 500 ms.

Dari pengecekan skor uptime dan response uptime yang saya lakukan dalam Hostinger Review di atas menunjukkan bahwasannya kualitas server IDHostinger memang sangat mumpuni. Pengalaman IDHostinger sebagai penyedia web hosting internasional memang tidak pernah membohongi.

Evaluasi Layanan Pelanggan

Sejak masih bernama IDHostinger, Hostinger Indonesia menyediakan beberapa jalur layanan pelanggan atau customer support diantaranya yaitu melalui sambungan telepon, live chat dan email selama 24 jam. Awalnya saya sempat kebingungan dimana lokasi live chat yang dimaksud.

Ternyata, untuk live chat ini hanya diperuntukkan untuk pelanggan yang telah membeli paket hosting saja.

Setelah saya membeli paket web hosting, saya pun mencoba menghubungi layanan pelanggan dengan melalui live chat untuk menguji seberapa cepat dan efektifkah customer support membalas pertanyaan saya. Saya pun sengaja mencoba mengubungi customer service di malam hari apakah masih ada yang online atau tidak.

Ternyata customer service tersebut menjawab dengan cepat, bahkan tidak lebih dari 1 menit. Di lain kesempatan saya juga mencoba menguji response dari customer service melalui chat ini. Hasilnya masih tetap sama, respon sangat cepat.

Chatting customer serviceChatting customer service 2

Customer service juga dapat menjawab pertanyaan saya seputar hal teknis dengan baik dan jelas. Tidak ada pilihan kita menghubungi bagian apa dalam chat ini sehingga kita bebas bertanya apapun tanpa terkotak-kotak oleh bagian atau divisi departemen. Overall, saya sangat puas dengan pelayanan customer service yang dimiliki oleh Hostinger Indonesia.

Kesimpulan Review Hostinger Indonesia

Hostinger Indonesia/ IDHostinger menawarkan hosting yang murah dengan kualitas dan layanan web hosting yang tidak ecek-ecek alias murahan. Fasilitas yang diberikan pun sangat jauh di atas dari yang diberikan web hosting pada umumnya di Indonesia. Tampilan Hostinger cPanel yang berbeda dengan web hosting lainnya saja yang tampil fresh dan berbeda sebenarnya cukup menunjukkan bahwa web hosting ini merupakan salah satu yang terbaik.

Walaupun ada beberapa hal yang masih menjadi catatan, seperti belum adanya server Indonesia dan chat live support yang hanya bisa diakses oleh pengguna yang telah berlangganan, saya benar-benar terkesima dengan keseluruhan aspek yang saya nilai dari review Hostinger Indonesia ini.

Sebagai akhir dari Hostinger review, saya dengan gamblang memberikan rekomendasi untuk menjadikan Hostinger Indonesia sebagai salah satu web hostig terbaik yang musti Anda coba.

Pros

  • Harga murah dan paket fleksibel.
  • Fasilitas yang diberikan sangat besar dan serba unlimited.
  • Kualitas dan performa server sangat bagus.
  • Respon customer service sangat cepat dan efektif.
  • Memiliki website builder yang keren.
  • Terbukti berpengalaman di dunia Internasional.
  • Tampilan menarik baik halaman depan maupun cPanel

Cons

  • Tidak tersedia server Indonesia.
  • Tidak tersedia domain Indonesia (akhiran .id).
  • Live chat support hanya untuk pelanggan yang memiliki langganan paket.

Fitur Utama

  • Harga Murah
  • Termasuk Domain Gratis
  • WordPress telah Dioptimasi
  • Performa yang Luar Biasa

Lokasi Server

  • Singapura
  • Amerika Serikat
  • Inggris Raya

Sistem Operasi Server

  • Linux logo Linux

Berikan review anda

    • Zhad Barnixs portrait Zhad Barnixs
    • 2018-Maret-5th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Hosting terbaik. Joss pokoknya.

    • Sauferry Anas portrait Sauferry Anas
    • 2018-Maret-18th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Hostinger memberikan layanan hosting yang stabil dan domain dengan layanan yang sangat baik harga bersaing ,support 24 x 7 sangat baik untuk dijadikan pilihan untuk keperluan personal atau pun perusahaan.

    • Sauferry Anas portrait Sauferry Anas
    • 2018-Maret-18th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Terbaik dan handal serta mudah untuk digunakan dengan fitur yang menarik

    • Agus oka portrait Agus oka
    • 2018-Maret-20th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Hosting yang lengkap juga murah…mantap

    • irfan portrait irfan
    • 2018-April-2nd
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Saya sangat senang dengan wep hosting ini murah meriah semoga sukses selalu amin itu saja sampaikan terimakasih hosting…..

    • Mochtarom portrait Mochtarom
    • 2018-April-4th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Mohon dapatnya di aktifkan kembali

    • Fifih portrait Fifih
    • 2018-Juni-23rd
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Semoga hosting web dapat melancarkan usaha saya, selain murah semoga pelayanannya Ok.

    • Deni Riswana portrait Deni Riswana
    • 2018-Juli-1st
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Alhamdulillah baru migrasi ke hostinger, harga lumayan mmurah tapi layanan sangat berkwalitas, juga support yang sangat bagus dan fast respons… Saya gak nyesel pilih hostinger … Mantapp

    • Alfiadin portrait Alfiadin
    • 2018-Juli-28th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    TERBAIK APLIKASI DAN BERKUALITAS

    • Faisal portrait Faisal
    • 2018-Agustus-7th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Saya sangat ingin membuat website
    Untuk kelancaran usaha saya di bidang rental mobil. Tapi belum tau caranya. Dan saya masih sangat awam dalam hal website.