Review Dewaweb oleh Para Pengguna dan Ahli

  • Terakhir diperbarui: 2018-Juli-19th2018-Juli-19th by
  • Rendra H.
Rating Keseluruhan:
7.0
Reliability
7.2/10
Pricing
7.8/10
User friendly
6.5/10
Support
6.5/10
Fitur
7.0/10

Dewaweb (Dewa Web) adalah salah satu penyedia jasa hosting terbaik di Indonesia. Didirikan pada tahun 2014, perusahaan telah berkembang pesat dan melayani lebih dari 20.000 pelanggan di Indonesia dan luar negeri. Menggunakan teknologi terkini seperti HP Blade System, SSD, LiteSpeed Enterprise, HTTP/2, OnApp, Time Machine Backup, dll. Yang memungkinkan memberi 100% Uptime SLA, memberikan 90 hari garansi uang kembali, dan Customer Support 24 jam. Berfokus pada keamanan dan merupakan perusahaan cloud hosting pertama yang menerima ISO 27001 untuk Standard Information Security Management. Lokasi kantor berada di daerah Kebon Jeruk, Jakarta. Kami akan memberikan ulasan Review Dewaweb mulai dari harga server, kinerja hosting, hingga layanan pelanggan untuk memberi informasi kepada para pembaca agar mengetahui layanan dan service yang diberikan oleh perusahaan hosting ini. Semoga informasi di Dewaweb review yang kami berikan ini dapat bermafaat bagi Anda.

review DewawebDewaweb review

Produk Dewaweb

Review Dewaweb kami mulai dari produknya. Sebagai perusahaan hosting tentu saja memiliki produk atau layanan yang diberikan kepada pelanggan. Terdapat beberapa produk dengan variasi harga server yang disediakan oleh perusahaan hosting ini kepada pelanggannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Shared Hosting
  • VPS Hosting
  • Free Hosting
  • SSL Certificate
  • Domain

1) Shared Hosting

Ada beberapa pilihan untuk paket shared hosting yang kami temukan ketika melakukan review Dewaweb di sini. Paket shared hosting yang disediakan sudah menggunakan teknologi cloud hosting. Berikut pilihan paket shared hosting yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda.

  • Paket Cloud Hosting untuk Personal
    Ada 4 pilihan paket cloud hosting untuk personal. Paket ini merupakan paket hosting termurah dari paket lainnya yang disediakan oleh penyedia jasa hosting ini. Paket personal cocok digunakan untuk website personal, e-commerce, dan small business.

Salah satu kelebihan dari paket Cloud Hosting yang kami temukan dalam review Dewaweb ini adalah semua paket cloud hosting untuk personal sudah mendapatkan gratis domain jika membeli paket dengan durasi pembayaran minimal selama setahun. Gratis domain ini bisa diperoleh bahkan dari paket yang termurah yaitu Paket Scout. Selain itu, hal yang paling penting adalah domain gratis tersebut diperpanjang otomatis selama website anda menggunakan hosting dengan minimal durasi pembayaran 1 tahun. Jadi domain gratis tidak terbatas hanya tahun pertama namun selamanya.

  • Berikut adalah fitur paket personal:
  • Unlimited Bandwidth: Tidak ada limit bandwidth atau data transfer untuk traffic dalam negeri dan internasional, sehingga tidak ada extra charge untuk pemakaian bandwidth.
  • Menggunakan versi tertinggi LiteSpeed Enterprise yang terbukti 40x lebih cepat dari Apache webserver dan didesain untuk menangani website dengan jumlah traffic yang sangat tinggi.
  • Seluruh data website secara otomatis dibackup setiap hari dan diarsip sampai 2 minggu ke belakang. Ketika dibutuhkan dapat menggunakan “Time Machine Backup” di cPanel dan lakukan restore data dari tanggal yang diinginkan.
  • Certified Optimized Partner dari CloudFlare dan sudah dilengkapi dengan plugin Railgun Network Optimizer di setiap servernya.
  • Setiap paket cloud hosting disertai dengan Cloud Power unit yang berisi alokasi sumber daya CPU dan memory server yang digaransi.
  • Website di hosting pada sekumpulan server sekaligus yang disebut “Cloud”, yang di desain untuk bisa menyembuhkan diri secara otomatis (auto healing) ketika ada masalah di salah satu komponen hardware atau networknya.
  • Pilihan lokasi datacenter di Singapore dan USA sehingga bisa disesuaikan dengan target pasar dari bisnis Anda.
  • Paket Cloud Hosting untuk Corporate
    Paket Shared hosting ini sesuai untuk perusahaan dan website dengan traffic pengunjung yang tinggi. Berdasarkan review Dewaweb yang kami lakukan, paket ini memiliki semua fitur yang ada pada paket personal ditambah dengan keunggulan lainnya seperti storage yang lebih besar, unlimited addon & parked domain, gratis RapidSSL, dan masih banyak lagi.Berikut adalah review Dewaweb untuk fitur dari paket corporate:
  • Semua keunggulan yang ada dipaket personal tersediaa dipaket ini
  • Paket Corporate dilengkapi dengan alokasi prosesor (up to 4 CPU Cores) dan memory yang lebih tinggi (up to 1 GB RAM) yang cukup untuk melayani website dengan traffic tinggi hingga jutaan pengunjung setiap bulannya.
  • Mendapatkan satu Account Manager pribadi yang bisa dihubungi langsung untuk keperluan cloud hosting Anda. (khusus paket oracle).
  • Semua paket Corporates mendapatkan gratis RapidSSL certificate 256-bit ($10.000 warranty) yang bisa dipakai untuk mengamankan URL website dengan HTTPS.
  • Gratis SpamExperts Enterprise Email Filtering untuk meningkatkan produktivitas dalam berkerja dengan email.

Kelebihan:
(+) Sudah mendapatkan gratis domain jika membeli paket selama setahun.
(+) Terdapat banyak pilihan durasi pembayaran.
(+) Unlimited bandwidth.
(+) Sudah menggunakan SSD.
Kekurangan:
(-) Sama seperti shared hosting pada umumnya, penggunaan resource server seperti CPU/memory dibatasi.

2) SSD Cloud Server (VPS Hosting)

Virtual Private Server (VPS) adalah solusi bagi anda yang membutuhkan spesifikasi dan kinerja server melebihi shared hosting biasa. VPS dapat anda kelola sesuai dengan settingan yang diinginkan tanpa harus mengikuti aturan seperti yang terdapat pada shared hosting.

VPS yang ditawarkan secara default adalah adalah self managed atau disebut juga unmanaged yang berarti anda mengelola sendiri VPS tersebut. Jadi setidaknya diperlukan kemampuan teknis server dan jaringan untuk dapat menggunakannya. Namun pihak hosting juga memberikan opsi akan membantu mengelola cloud server anda secara lengkap (Managed VPS) seperti konfigurasi software, security hardening, security updates, server monitoring 24/7, dan juga dapat konsultasi gratis dengan L3 Admin Dewaweb mengenai persoalan VPS. Terdapat 2 tipe VPS yang ditawarkan yaitu VPS menggunakan OS Linux dan OS Windows.

  • Linux SSD Server
    VPS dengan OS Linux. Menggunakan Enterprise Class Blade Servers dan SSD Storage Blade Array dari Hewlett-Packard yang ultra reliable dan fully redundant (2N architecture). Konfigurasi Enterprise Blade ini juga memaksimalkan cloud computing power dari sisi CPU, RAM, dan kecepatan disk I/O yang dibutuhkan untuk mencapai performa tinggi dan mengurangi overhead daripada virtualisasi software cloud.
    Review Dewaweb untuk Fitur Linux SSD:
  • Enterprise Class Hardware
  • Pure SSD Power
  • Cloud Firewall
  • 1 Public IP
  • 1 Gbps Private VLAN
  • IPv6 Support
  • 15 Global Locations.
  • FREE KernelCare or Imunify360 (30-users) Protection
  • Bandwidth Unmetered (dalam batas pemakaian wajar).
  • Windows SSD Server
    Secara platform hardware yang digunakan sama dengan Linux SSD server diatas perbedaannya adalah dari segi OS yang menggunakan windows. Paket cloud server yang sudah termasuk license Windows Server 2008/2012/8.1. Untuk Windows SSD server, dari segi fitur yang diberikan juga sama dengan yang ada pada Linux SSD server diatas.

Kelebihan:
(+) Banyak pilihan paket
(+) Sudah menggunakan teknologi Cloud
(+) Sudah menggunakan SSD
Kekurangan:
(-) Jika menggunakan fasilitas “Managed” VPS ada tambahan biaya
(-) Walaupun VPS, namun pengguna tetap tidak diperbolehkan menggunakan website AGC

3) Free Hosting Untuk Organisasi Non Profit

Dewaweb mendukung semua organisasi non-profit (yayasan) yang bergerak di bidang kemanusiaan, pendidikan, dan lingkungan hidup dengan memberikan layanan cloud hosting dan domain secara gratis, sehingga website organisasi Anda akan selalu bisa diakses dengan cepat dari seluruh dunia. Untuk mendapatkan layanan ini pengguna dapat melakukan submit formulir tentang data organisasi.
Syarat dan ketentuan untuk dapat menggunakan fasilitas ini antara lain sebagai berikut:

  • Organisasi non-profit (yayasan) harus bergerak di bidang kemanusiaan, pendidikan, dan lingkungan hidup. Bukan bergerak di bidang politik atau keagamaan.
  • Terdaftar secara resmi di Indonesia (melampirkan bukti pendaftaran yayasan) dan tidak terlibat aktivitas illegal.
  • Tidak menjual akun hosting untuk keperluan komersil.
  • Memasang link ke Dewaweb pada website.

Sejauh ini, kami belum mencoba dan menemukan review Dewaweb mengenai free hosting ini. Namun dari apa yang ditawarkan sepertinya cukup menjanjikan.

Tips & Info Memilih Hosting Dewaweb
Sebelum memutuskan untuk membeli paket hosting hendaknya mencari informasi tentang paket yang disediakan dan sesuaikanlah dengan kebutuhan anda. Anda dapat mengetahuinya melalui website resmi penyedia jasa hosting, forum, maupun pada artikel review Dewaweb ini.

Tips Memilih Shared Hosting
Semua penyedia layanan hosting pasti memiliki paket Shared hosting. Paket ini memiliki keunggulan yaitu harga yang murah dan siap pakai. Kelemahannya yaitu resource terbatas dan peraturan hosting yang harus ditaati oleh para pelanggan. Berdasarkan review Dewaweb kami, shared hosting cocok bagi anda yang memulai mencoba menggunakan hosting untuk website anda.

  • Paket Personal
    Cocok bagi pemula yang belajar membuat website baru dan ingin mengeluarkan dana seminimal mungkin untuk biaya hosting. Paket personal yang disediakan semuanya sudah menggunakan teknologi cloud. Anda juga dapat menghemat peneluaran untuk biaya domain karena paket ini sudah mendapatkan gratis domain untuk pembelian paket selama setahun.
  • Paket Corporate
    Paket ini memiliki semua fitur yang ada pada paket personal namun tentu saja dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Paket ini cocok anda gunakan jika website anda sudah memiliki traffic pengunjung yang tinggi. Dengan membeli paket ini anda sudah mendapatkan gratis domain dan SSL, serta unlimited domain yang berarti anda dapat mendaftarkan domain sebanyak-banyaknya pada hosting anda selama hosting tersebut masih mampu menampungnya.

Tips Memilih VPS Hosting
Orang yang menggunakan VPS adalah pengguna yang memiliki kebutuhan khusus yang hal tersebut tidak dapat dicover oleh shared hosting biasa. Ketika membeli sebuah VPS, selain pertimbangan harga, ada hal krusial lain yang perlu diketahui yaitu jenis VPS tersebut apakah managed atau unmananged. Ini penting diketahui terutama bagi anda yang baru akan mencoba VPS karena kebelakangnya akan berpengaruh terhadap layanan yang anda dapatkan.

Unmanaged berarti semua setting dan instalasi terhadap server semua anda lakukan sendiri, pihak hosting hanya menyediakan. Jadi anda harus sudah mengerti untuk melakukan hal tersebut. Sedangkan Managed berarti pihak hosting yang melalukan setting dan instalasi terhadap server dan anda terima beres dan tinggal menunggu server siap digunakan.

Dewaweb secara default menawarkan layanan VPS self managed atau Unmanaged dimana semua konfigurasi dan instalasi pada server, hingga server siap digunakan semua dilakukan sendiri oleh client atau pelanggan. Namun pihak hosting juga menyediakan jasa managed dengan tambahan biaya. Dari sisi teknologi, berdasarkan review Dewaweb kami VPS yang ditawarkan semua sudah menggunakan cloud dan storage SSD yang dari segi kecepatan lebih cepat dibanding menggunakan storage biasa.

4) SSL Certificate (HTTPS)

Kegunaan dari SSL Certificate atau dengan nama lain biasanya disebut protokol HTTPS adalah untuk meningkatkan keamanan dan kepercayaan customer dalam melakukan transaksi di website seperti transaksi pembayaran online shop, input data pada formulir website, dan sebagainya. Aman karena informasi website yang menggunakan protokol HTTPS dienkripsi sedangkan website yang hanya menggunakan protokol HTTP tidak dienkripsi. Penggunaan SSL juga dianjurkan dari dari segi SEO.
Dewaweb menyediakan beragam layanan SSL certificate dari berbagai brand dengan harga yang bervariasi. Brand SSL yang tersedia disini adalah Symantec, GeoTrust, Thawte, RapidSSL. Berikut adalah beberapa pilihan paket SSL yang dapat anda pilih:

  • Economy Class SSL (DV)
    Sertifikat SSL standard untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung website bahwa semua transaksi dienkripsi dengan baik. Untuk mendapatkan sertifikat SSL ini hanya butuh validasi pemilik domain saja via email. Brand SSL yang terdapat di economy class ini yaitu GeoTrust, Thawte, dan RapidSSL.
  • Business Class SSL (OV)
    Sertifikat SSL premium yang menunjukkan website dimiliki oleh perusahaan yang tidak fiktif dan memiliki alamat operasional kantor yang jelas. Dengan begitu dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung untuk berbelanja di website atau melakukan bisnis dengan Anda. Untuk memesan SSL ini pastikan semua dokumen perusahaan lengkap dan memiliki alamat operasional kantor yang jelas. Brand yang terdapat pada paket ini adalah Symantec, GeoTrust, dan Thawte.
  • First Class SSL (EV)
    Sertifikat SSL premium kelas satu yang akan memunculkan padlock dengan GREEN BAR dan nama perusahaan di address bar browser sehingga meningkatkan kepercayaan visitor untuk berbelanja atau melakukan bisnis dengan Anda. Untuk mendapatkan sertifikat ini harus melalui proses validasi yang ketat melalui telepon dan email. Pastikan perusahaan sudah berjalan lebih dari 2 tahun dan memiliki alamat operasional kantor yang jelas. Brand yang terdapat pada paket first class SSL ini adalah Symantec, GeoTrust, dan Thawte.
  • Wildcard SSL
    Ini adalah sertifikat SSL untuk mengamankan multiple subdomain website anda. Lebih mudah dan hemat dibanding harus order satu persatu untuk tiap subdomain.

5) RangkingCoach SEO Tool

RankingCoach merupakan tool SEO yang disediakan oleh Dewaweb kepada pelanggan. Alat ini digunakan untuk melakukan optimasi SEO pada website yang menggunakan hosting disini. Pengguna dapat menggunakan alat untuk analisis dan monitoring agar membantu agar website berada diatas. Alat ini cukup menarik terlebih bagi anda yang ingin fokus mengelola SEO pada website anda, namun untuk menggunakannya dikenakan harga yang cukup mahal.

6) Domain

Sebagai sebuah perusahaan web hosting, Dewaweb juga menyediakan layanan pendaftaran domain secara terpisah. Anda dapat membeli domain dengan melalui menu Order -> Daftar Domain. Sebenarnya banyak sekali domain yang disediakan oleh Dewaweb ini, namun dalam fasilitas pengecekan domain, jika domain yang ingin dibeli sudah dipakai, tidak tersedia suggestion atau saran domain lainnya yang masih tersedia.

 

Dewaweb Customer Service & Support

Salah satu hal penting dalam industri penyedia jasa layanan hosting adalah pelayanan terhadap customer. Untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan dibutuhkan customer service dan support. Peran mereka akan menjembatani antara pihak hosting dan pihak customer. Pelanggan akan dengan mudah menghubungi pihak hosting melalui customer service mereka.

Perusahaan hosting yang baik harus dapat memberikan kemudahan kepada pelanggannya. Dalam hal ini Dewaweb menyediakan beberapa channel komunikasi yang dapat digunakan oleh pelanggan, yaitu melalui Live chat, Ticket, Email, dan Telepon. Sebagai penyedia jasa yang baik sudah seharusnya mengedepankan kemudahan dalam komunikasi dengan pelanggan. Ini juga termasuk after sales dari penyedia jasa. Komunikasi yang lancar dengan pihak terkait akan membantu pelanggan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi terkait layanan yang ada.

  • Live Chat
    Komunikasi melalui live chat dapat dilakukan oleh pengunjung website. Dengan fasilitas tersebut pelanggan dapat bertanya mengenai informasi mengenai produk dari pihak posting maupun persoalan yang dihadapi pelanggan. Komunikasi melalui Live chat cukup mudah dan cepat. Pelanggan akan mendapatkan jawaban langsung dari customer service jika bertanya melalui live chat ini. Selain itu juga sangat hemat karena hanya membutuhkan koneksi internet.

Live chat dengan customer service Dewaweb cukup responsif. Pertanyaan yang masuk ditanggapi dengan cukup cepat. Berikut adalah pegalaman sewaktu menghubungi bagian customer service untuk menanyakan seputar produk dan layanan hosting.

Saya mengontak customer service sewaktu jam kerja dan saat itu mendapat antrian kelima, kemungkinan karena waktu jam sibuk. Namun tidak sampai menunggu sepuluh menit sudah ada respon dari customer service.

Kekurangan yang ada pada live chat disini adalah tidak disediakannya transkrip atau salinan percakapan yang dikirimkan ke email seperti yang saya temukan pada penyedia layanan hosting lain. Kita sebenarnya masih bisa mendapatkan transkrip percakapan namun itu dilakukan secara manual dengan cara meminta pihak customer service untuk menggirimkan transkrip tersebut ke email kita.

Walaupun sederhana namun ini penting karena saya ingin melihat kembali jawaban atas pertanyaan yang pernah diajukan jika itu diperlukan. Transkrip percakapan juga berguna untuk melakukan konfirmasi kembali ke pihak hosting terhadap percakapan yang pernah dilakukan sebelumnya. Selain itu juga sangat membantu apabila percakapan yang dilakukan adalah berupa informasi atau petunjuk yang mungkin perlu disimak berulang-ulang.

  • Ticket Support
    Selain menggunakan live chat, pelanggan dapat menggunakan ticket untuk berkomunikasi dengan bagian support. Ticket lebih tepat jika digunakan untuk menanyakan masalah yang lebih kompleks dan memerlukan penyelesaian yang tidak singkat. Ticket dapat dibuat langsung melalui area halaman pelanggan. Dapat juga dibuat dengan cara mengirimkan email ke alamat email customer service/support/billing. Email yang kita kirimkan tersebut akan secara otomatis terbentuk menjadi ticket dan akan tesimpan dalam menu support dihalaman pelanggan. Salah satu contoh berikut adalah ketika saya melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengirimkan email ke bagian billing.

Sekitar satu jam kemudian email saya tersebut mendapat jawaban dan hosting saya telah di aktifkan.

Ticket dapat menjadi pilihan komunikasi jika anda memiliki masalah yang lebih kompleks ataupun perlu mengirimkan screenshot untuk menerangkan sesuatu. Masalah seperti itu lebih enak untuk diterangkan melalui layanan ticket.

Pengalaman Menggunakan Layanan Dewaweb

Saya menggunakan layanan hosting di beberapa jasa penyedia hosting di Indonesia dan luar negeri. Untuk review Dewaweb kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai hal yang dirasakan dalam menggunakan jasa hosting di perusahaan hosting ini.

Biasanya yang saya lakukan sebelum membeli layanan hosting adalah mencari informasi mengenai produk dan mengenali penyedia jasa hostingnya. Saya mencari informasi tersebut melalui websitenya langsung, chat dengan customer service, maupun membaca artikel yang membahas tentang review perusahaan hosting tersebut seperti pada artikel ini.

Tampilan adalah kesan pertama dalam setiap review kami termasuk review Dewaweb. Ini berlaku juga untuk website perusahaan. Dari segi interface, homepage website memiliki tampilan yang menarik. Website juga sudah menggunakan protokol HTTPS/SSL certificate yang sudah seharusnya digunakan oleh setiap website penyedia jasa. Perusahaan hosting ini menyediakan layanan hosting baik shared hosting maupun VPS dengan harga server yang bervariasi. Ini akan memudahkan anda dalam memilih paket sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Dewa web

Kemudahan interaksi dengan customer service/support
Kemudahan dan kecepatan pelayanan adalah hal penting agar pelanggan mau menggunakan suatu produk. Terlebih lagi dalam layanan hosting, kemudahan komunikasi antara pelanggan dengan pihak hosting adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari layanan yang disediakan oleh pihak hosting. Banyak hal teknis yang mungkin perlu dibutuhkannya bantuan dari penyedia jasa agar pelanggan dapat menggunakan layanan dengan baik.Dalam hal memberikan pelayanan atau support kepada pelanggan, menyediakan beberapa akses komunikasi seperti melalui live chat, ticket/email, maupun hotline telphone. Dengan sarana tersebut diharapkan memudahkan komunikasi antara pengguna jasa dan pihak penyedia jasa. Selama berinteraksi dengan pihak customer service/support dalam review Dewaweb ini, saya merasakan komunikasi yang baik dan lancar. Jika ada masalah tertentu biasanya saya langsung menghubungi pihak hosting melalui live chat karena lebih mudah dan cepat. Dalam hitungan menit biasanya sudah ada customer service yang merespon pertanyaan yang saya kirimkan.
Selain live chat, pihak hosting juga menyediakan ticket atau dapat juga mengirimkan pertanyaan melalui email yang selanjutnya otomatis akan menjadi ticket jika anda sudah register dan terdaftar menjadi client. Pada review Dewaweb kali ini saya akan membahas tentang pengalaman sewaktu menggunakan layanan shared hosting menggunakan penyedia jasa hosting ini. Sebagai awalan paket yang saya gunakan adalah paket Scout dengan harga server atau harga sewa hosting sebesar 15ribu per bulan. Paket ini memiliki spesifikasi storage sebesar 200MB, sudah menggunakan SSD dan unlimited bandwidth. Namun anda hanya dapat menggunakan 1 domain dan 1 MySQL database pada paket ini. Yang artinya anda hanya dapat menginstall 1 WordPress pada paket ini. Jika anda ingin menginstall wordpress menggunakan lebih dari satu domain/subdomain dalam satu hosting dapat menggunakan paket lainnya yang lebih tinggi.

Anda dapat memilih siklus billing seperti durasi pembayaran per bulan, tiga bulan, enam bulan, satu tahun, dua tahun, hingga tiga tahun. Dengan variasi siklus billing ini anda dapat menyesuaikan dengan budget yang tersedia. Selain itu dengan siklus billing yang seperti ini dapat kita dapat manfaatkan untuk mencoba dahulu sebelum memutuskan akan menggunakan dalam jangka panjang. Misal kita ingin mencoba bagaimana layanan suatu hosting, kita dapat mencobanya 1 hingga 3 bulan terlebih dahulu. Setelah anda review Dewaweb hosting sendiri, jika anda puas terhadap layanan yang didapat, anda dapat memutuskan untuk berlangganan lebih lama selama setahun misalnya.

  • Channel Pembayaran
    Untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran dibutuhkan channel pembayaran. Dalam hal ini pihak hosting menyediakan pembayaran melalui transfer bank lokal, kartu kredit, dan e-banking.Untuk channel pembayaran melalui transfer bank lokal sangat disayangkan karena pihak hosting hanya menyediakan transfer ke bank BCA. Sudah seharusnya perusahaan hosting sebesar Dewaweb ini juga menyediakan transfer ke beragam rekening bank besar lainnya di Indonesia. Hampir perusahaan hosting lain sudah memiliki banyak pilihan untuk transfer melalui bank di Indonesia. Kami juga belum menemukan channel pembayaran global melalui Paypal di hosting ini. Channel lainnya yang sudah tersedia adalah pembayaran melalui kartu kredit (Visa & Mastercard) dan e-payment (Mandiri Click Pay dan CIMB Click).

Untuk order kali ini saya melakukan pembayaran melalui transfer bank lokal. Seperti transfer bank pada umumnya, jika kita melakukan transfer beda bank maka akan dikenakan biaya transfer. Untuk itulah penambahan channel pembayaran melalui rekening bank lain sebaiknya segera ditambahkan oleh pihak hosting.

Ketika melakukan order kita akan mendapatkankan invoice yang dikirim ke email kita dan bisa dilihat juga melalui client area pada menu billing. Untuk pembayaran melalui transfer bank dibutuhkan konfirmasi pembayaran ke pihak billing dengan cara mengirimkan email yang berisi bukti transfer. Setelah invoice tersebut dilunasi dan sudah diverifikasi oleh pihak billing, maka kita akan mendapatkan bukti invoice lunas yang dikirimkan melalui email dan orderan kita siap untuk diaktifkan.

  • Halaman Pelanggan Dewaweb
    Supaya dapat melakukan order dan menggunakan layanan di peyedia jasa hosting ini maka pelanggan harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah registrasi, anda dapat melakukan login ke halaman pelanggan. Berikut tampilan halaman pelanggan saya saat melakukan Dewaweb review.
    Review Dewaweb untuk tampilan halaman pelanggan yang disediakan cukup sederhana. Di situ pelanggan akan mendapati informasi akun seperti nama dan alamat dimana data tersebut nantinya akan menjadi data WHOIS apabila membeli domain disini. Terdapat juga menu paket hosting, domain, billing, dan support.

Untuk melihat hosting Anda yang telah aktif dapat menuju ke menu “Paket Hosting” kemudian pilih “Paket Hosting Saya”. Di sini dapat dilihat semua daftar paket hosting yang telah dimiliki beserta informasi siklus billing dan tanggal jatuh tempo.

Untuk melihat informasi lebih detail lagi dalam review Dewaweb Anda dapat menuju pada bagian “Setup”. Disini anda akan menemukan informasi lebih rinci mengenai paket hostingan anda dan terdapat juga akses cepat menuju cPanel tanpa perlu login ulang melalui halaman login cPanel.

Paket shared hosting Dewaweb menggunakan cPanel sebagai control panelnya. cPanel merupakan contor panel terbaik diantara jenis control panel lain yang beredar dipasaran. cPanel mudah digunakan dan juga responsif.

cPanel yang disediakan sudah tersedia Softaculous yang memudahkan pengguna dalam menginstall berbagai jenis platform CMS seperti wordpress, joomla, drupal, dan aplikasi lainnya hanya dengan one click install.

Saat melakukan review Dewaweb untuk akses ke File Manager juga cukup lancar. Folder dan file dapat dibuka dengan lancar.

Panel yang responsif yang kami temukan dalam review Dewaweb sangat membantu bagi Anda yang sering melalakukan pengeditan script atau baris kode langsung melalui server. Faktor ini cukup penting karena akan sangat menjengkelkan jika saat anda sedang mengedit script ditengah jalan tiba-tiba panel tidak responsif atau mengalami lag.

  • Dewaweb FAQ
    Dewa web juga menyediakan halaman FAQ atau knowledgebase yaitu berupa daftar pertanyaan berserta jawaban yang sering diajukan oleh pelanggan terkait hal yang berhubungan dengan layanan hosting. Jika anda memiliki persoalan yang serupa dengan yang tertera pada FAQ, anda dapat menemukan jawabannya untuk mengetahui solusinya. Pertanyaan-pertanyaan yang ada pada FAQ dibagi dalam beberapa katagori sesuai dengan temanya sehingga memudahkan anda dalam mencari. Selain itu cara cepat lainnya yaitu dapat langsung mengetikkan keywordnya dikolom pencarian.
  • Dewaweb Blog
    Penyedia jasa hosting ini juga memiliki blog yang berisi informasi terkait hosting, internet, dan informasi lain yang berhubungan dengan dunia IT. Anda juga dapat menemukan tips & tutorial pada blog ini. Banyak artikel mengenai SEO dan bisnis. Cukup banyak artikel disana yang dapat anda explore.

Evaluasi Performa

Selama mereview Dewaweb dengan menggunakan layanan hosting di sini, Performa atau kinerja hosting ini menunjukkan hasil yang baik. Pengujian yang kami lakukan adalah pemantauan uptime dengan memasang tracker pada hosting. Kami memantau uptime sekitar dua minggu dan berikut adalah hasilnya. Hosting Dewaweb menunjukkan hasil sempurna uptime 100% dan belum pernah mati sama sekali selama kami melakukan pemantauan.

Selain itu kami juga melakukan pengujian kecepatan server menggunakan alat tes yang tersedia online seperti bitcatcha, cepatkah, dan pingdom. Untuk melakukan tes kecepatan, kami membuat 3 website pada setiap hosting yang terdiri dari: website dengan platform wordpress yang masih kosong, website wordpress yang sudah berisi video dan gambar, html website. Berikut adalah hasilnya.

Tes Page Load dan Response Time WordPress kosong (Fresh)


– Hasil test review Dewaweb untuk WordPress kosong menggunakan Bitcatcha

– Hasil test review Dewaweb untuk WordPress kosong menggunakan Cepatkah

– Hasil test WordPress kosong menggunakan Pingdom

Tes Page Load dan Response Time WordPress (Isi GIF & Video)
– Hasil website untuk Dewaweb Review dengan GIF & video menggunakan Bitcatcha

– Hasil test website untuk Dewaweb Review dengan WordPress GIF & video menggunakan Cepatkah

– Hasil test website untuk Dewaweb Review dengan WordPress GIF & video menggunakan Pingdom

Tes Page Load dan Response Time Website HTML
– Hasil review Dewaweb untuk test website HTML menggunakan Bitcatcha

– Hasil review Dewaweb untuk website HTML menggunakan Cepatkah

– Hasil review Dewaweb untuk test website HTML menggunakan Pingdom

Kesimpulan Review Dewaweb

Dewaweb adalah perusahaan penyedia jasa hosting yang bagus dan fokus pada keamanan. Terlihat dari produk yang disediakan dan pelayanan yang diberikan. Penyedia jasa hosting ini merupakan cloud hosting pertama di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikat ISO/IEC 27001:2013 yang dirilis oleh The Federal Office for Information Security (BSI). Sertifikasi ini menandakan bahwa perusahaan hosting ini telah mengikuti standar prosedur keamanan teknologi informasi kelas dunia.

Dari segi produk yang ditawarkan sebagai hosting yang bernama “Dewa Web” lumayan memiliki banyak pilihan dengan harga yang bervariasi. Pelanggan diberikan kemudahan dalam memilih channel pembayaran dan durasi pembayaran. Tersedia juga layanan pembelian SSL certificate bervariasi dan prosesnya akan dibantu oleh pihak penyedia jasa.

Dari segi teknologi, berdasarkan review Dewaweb kami, semua hosting yang ditawarkan baik shared hosting maupun VPS sudah menggunakan teknologi cloud dan SSD storage. Secara default penyedia hosting menyediakan layanan self managed/unmanaged untuk VPS nya. Pengguna dapat memesan menggunakan layanan managed namun dikenakan tambahan biaya layanan sebesar 1juta/bulan. Harga yang cukup mahal karena ini tidak termasuk harga server VPS, tetapi hanya untuk layanan managed nya saja. Bagi anda pemain web Auto (AGC), pihak hosting tidak memperbolehkan hostingnya (shared hosting maupun VPS) digunakan untuk website AGC tersebut. Namun jika anda menggunakan website yang dibangun secara normal (bukan auto) hosting ini layak dipetimbangkan karena keamanannya yang baik.

Keunggulan yang saya temukan saat melakukan Dewaweb review adalah harga yang ditawarkan yang cukup kompetitif dengan kapasitas yang didapat. Apalagi untuk cloud hosting personal pengguna akan mendapatkan gratis domain selamanya, bahkan untuk paket domain yang termurah (Cloud Hosting – Scout). Domain gratis tersebut akan tetap aktif selama akun hosting Anda aktif di Dewa web.

Pelayanan customer service dan support penyedia hosting ini ketika kami tes dalam review Dewaweb ini juga bagus. Respon mereka terhadap ticket dan chat yang diajukan oleh pelanggan cukup cepat. Secara keseluruhan produk dan layanan yang diberikan perusahaan hosting terbilang baik.

Demikian review Dewaweb untuk kali ini. Semoga informasi ini berguna bagi para customer untuk menambah informasi tentang dunia hosting dan juga bagi penyedia jasa dapat semakin mengingkatkan lagi pelayanannya dan terus berkembang. Dewaweb review ini dibuat seobjektif mungkin tanpa berusaha merugikan pihak manapun. Terima kasih sudah membaca review Dewaweb ini.

Pros

  • Fokus pada keamanan. Terbukti dengan diraihnya sertifikasi ISO/IEC 27001:2013.
  • Banyak variasi harga dengan pilihan durasi pembayaran yang fleksibel.
  • Semua Shared Hosting & VPS sudah menggunakan teknologi Cloud dan SSD.
  • Pelayanan Customer Service & Support bagus

Cons

  • Untuk layanan Managed VPS membutuhkan tambahan biaya cukup mahal
  • Tidak ada fasilitas search suggestion pada checking domain.

Fitur Utama

  • Hosting Sudah Gratis Domain
  • Sertifikasi ISO 27001
  • Teknologi Cloud & SSD

Lokasi Server

  • Amerika Serikat
  • Indonesia
  • Singapura

Sistem Operasi Server

  • Linux logo Linux
  • Windows logo Windows

Berikan review anda

    • Rizal portrait Rizal
    • 2017-Oktober-11th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Saya pakai cloud dewaweb kualitas bagus, sayang harganya lumayan mahal

    • Putra portrait Putra
    • 2017-Oktober-14th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Ingin berbagi pengalaman, hosting di dewaweb cukup baik dan cepat sudah pakai SSD. layanan support juga cepat. sudah setahun lebih langganan hosting disini tidak ada masalah. kekurangannya jarang ada promo murah seperti hosting lain

      • Duta portrait Duta
      • 2017-November-29th
      Balas

      Pakai paket apa gan?

    • Roy portrait Roy
    • 2017-Oktober-17th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    mau tnya gan tadi ane baca reviewnya katanya vps dsini beneran gak boleh agc? aneh juga vps tapi gak bebas, kasih tau hosting yg bagus buat mainan agc dong gan plisss

    • nugraha portrait nugraha
    • 2017-November-2nd
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    trimakasih review cukup menarik. dewaweb bagus selama pakai belum pernah down, chat cs juga cepet dibalesnya

    • Henny portrait Henny
    • 2017-November-4th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Yang pakai iso ato tanpa iso bedanya apa ya?

    • Reno portrait Reno
    • 2017-November-21st
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    dewaweb termasuk recomended menurut gw. pake 2hosting disini buat blog&web company profile semuanya lancar, cuma ya itu gak bisa dipake utk web aneh2 peraturannya ketat..

    • ariya portrait ariya
    • 2018-Januari-26th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    saya sudah menggunakan kurang lebih 1 Tahun website saya selalu UPTIME