Review Dapur Hosting oleh Para Pengguna dan Ahli

Rating Keseluruhan:
2.0
Kehandalan
4.0/10
Harga
1.0/10
Mudah Digunakan
1.0/10
Pelayanan
1.0/10
Fitur
3.2/10

DapurHosting merupakan salah satu penyedia jasa hosting di Indonesia. Layanannya meliputi jasa web hosting murah, email hosting perusahaan, reseller hosting Indonesia, dedicated server, dan colocation server. Selain itu Dapur hosting juga menyediakan registrasi nama domain Indonesia dengan menggunakan ekstensi id. Lokasi kantor bertempat didaerah ibu kota Jakarta Pusat, Indonesia. Kami akan menyajikan ulasan review dapur hosting untuk memberikan informasi kepada anda agar lebih mengenal layanan dan service yang diberikan oleh perusahaan hosting ini. Secara garis besar ulasan yang akan kami berikan meliputi produk dan layanan, cpengalaman menggunakan layanan di dapur hosting, tes performance hosting hingga cPanel DapurHosting. Semoga informasi dan review DapurHosting yang kami berikan ini dapat bermafaat bagi anda.

Dapurhosting

Produk DapurHosting

Dapur Hosting memiliki beberapa produk dan layanan. Pelanggan dapat memilih produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada. Berikut adalah produk yang disediakan oleh DapurHosting:

1) Shared Hosting

Webhosting adalah layanan penyimpanan file website, email, dan database yang terkoneksi ke internet dan dapat diakses dari manapun. Salah satu paket webhosting adalah shared hosting. Ada beberapa pilihan untuk paket shared hosting disini. Berikut pilihan paket shared hosting yang disediakan oleh Dapur Hosting.

Hosting Murah

Paket ini terdiri dari empat pilihan. Paket DapurHosting ini adalah paket hosting paling murah yang disediakan oleh penyedia jasa hosting ini. Paket ini tersedia dalah pilihan lokasi server yang berada di Indonesia maupun USA.Paket paling murah disini seharga 100 ribu untuk satu tahun, namun sayangnya paket yang ada disini belum termasuk gratis domain. Jadi harga disini adalah harga untuk hostingnya saja.Fitur paket personal DapurHosting:

–  Layanan Support 24/7
–  Jamianan Uptime 99,9%
–  Control panel menggunakan cPanel
–  Database MySql
–  Fasilitas Backup
–  OS CloudLinux
–  Softaculous
–  Webserver Litespeed

Hosting Premium

Paket Shared hosting premium ini sesuai untuk website dengan traffic pengunjung yang tinggi. Cocok untuk memenuhi kebutuhan web perusahaan yang  membutuhkan sumber daya server dan stabilitas yang lebih baik. Jumlah pengguna (akun hosting) di server hosting premium lebih sedikit dibanding paket hosting murah sehingga penggunaan sumber daya lebih banyak tersedia. Paket ini memiliki semua fitur yang ada pada paket hosting murah ditambah dengan keunggulan lainnya seperti storage yang lebih besar, kuota bandwidth lebih besar, dan masih banyak lagi.

Fitur paket premium:
Semua fitur dan keunggulan yang ada dipaket hosting murah DapurHosting tersedia dipaket premium dengan tambahan spesifikasi yang lebih tinggi.

Kelebihan:
(+) Terdapat banyak variasi harga dan durasi pembayaran.
(+) Dapat menggunakan banyak subdomain dan instalasi wordpress selama storage masih mencukupi.
Kekurangan:
(-) Sama seperti shared hosting pada umumnya, penggunaan resource server dibatasi.
(-) Belum mendapatkan gratis domain jika membeli paket selama setahun.

Email Hosting

DapurHosting menyediakan paket email hosting yang terpisah dari web hosting. Layanan email hosting biasanya digunakan untuk email perusahaan. Pemisahan mail hosting dan web hosting ditujukan agar meningkatkan kinerja dan stabilitas mail perusahaan. Selain itu paket email hosting didesain dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibanding paket hosting murah.Mail hosting dapat diakes dari apilikasi email di komputer menggunakan Outlook atau Thunderbird. Dapat juga diakses melalui smartphone seperti Android, iPhone, dan Windows Phone dengan menggunakan webmail, POP, IMAP dan SMTP. Semua mailbox email diproteksi dengan anti virus dan anti spam.

Reseller Hosting

Paket Reseller Hosting Indonesia oleh DapurHosting diperuntukkan bagi yang ingin memiliki usaha web hosting sendiri atau yang ingin mengelola sendiri akun hosting pelanggan. Bisnis hosting adalah bisnis yang menyediakan ruang di server kepada individu atau perusahaan untuk menyimpan website mereka sehingga dapat diakses melalui jaringan internet. Dengan menjadi reseller hosting maka tidak perlu memiliki server sendiri, cukup menjadi reseller hosting disini sudah dapat memulai bisnis webhosting.

Fitur Reseller Hosting:Layanan reseller DapurHosting menggunakan server dengan dual processor Intel Xeon E5-2620, memori 64 GB yang didukung dengan WHM dan cPanel untuk pengelolaan hosting dan domain, LiteSpeed Web Server yang dapat meningkatkan kinerja web sebesar 600% dari webserver biasa, CloudLinux yang menjamin setiap akun hosting mendapatkan sumber daya server yang semestinya dan Softaculous untuk mempermudah instalasi aplikasi-aplikasi berbasis web pada akun hosting.

Trial Hosting

DapurHosting menyediakan free trial hosting selama 7 hari dengan menggunakan lokasi server trial hosting di Indonesia. Bagi pengguna yang baru akan menggunakan layanan di Dapur Hosting dapat mencoba fasilitas ini. Anda akan mendapatkan gambaran dan pengalaman bagaimana hosting yang disediakan oleh penyedia layanan hosting ini.Trial hosting tidak mendapatkan email account. fitur ini tidak disediakan untuk mencegah penyalahgunaan akun free trial. Pada akun trial yang digunakan adalah subdomain untuk kepeluan trial dan tidak bisa menggunakan domain sendiri. Fitur dari trial DapurHosting ini adalah sebagai berikut:

  • 150 MB Space
  • 150 MB Bandwidth
  • cPanel
  • FTP Access
  • MySql, PhpMyAdmin
  • Softaculous Auto-Installer

Tips & Info Memilih Hosting DapurHosting

Sebelum anda membeli paket hosting hendaknya mencari informasi terlebih dahulu mengenai paket yang disediakan oleh peyedia jasa hosting dan pilihlah paket sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda. Anda dapat mencari tahu tentang paket yang ditawarkan dengan langsung melihat di website resmi perusahaan hosting tersebut maupun dengan membaca ulasan seperti pada artikel review dapur hosting ini.

Tips Memilih Shared Hosting

Setiap penyedia layanan hosting biasanya menyediakan paket Shared hosting termasuk DapurHosting. Paket ini memiliki kelebihan dengan harga murah dan siap untuk dipakai. Kekurangannya yaitu adanya pembatasan pengunaan resource dan peraturan tertentu yang harus ditaati oleh para pelanggan. Shared hosting cocok untuk anda yang ingin menggunakan fasilitas hosting utuk website maupun blog tanpa harus melakukan konfigurasi yang rumit.

  • Hosting Murah
    Cocok bagi anda yang pertama kali menggunakan hosting untuk website. Paket ini cocok untuk digunakan pada website baru yang belum memiliki banyak traffic atau pengunjung website perharinya. Paket ini merupakan paket termurah yang disediakan. Dengan paket ini anda juga dapat merasakan menggunakan cPanel sebagai control panel pada hosting anda. Anda juga dapat membuat subdomain sebanyak dan menginstall WordPress sebanyak mungkin selama storage hosting masih dapat menampung. Sayangnya paket di dapur hosting disini belum mendapatkan gratis domain, sehingga anda harus membeli domain untuk dapat menggunakan hosting ini. Sayangnya, Anda harus berlangganan selama setahun penuh di DapurHosting untuk menggunakan paket ini.
  • Hosting Premium
    Paket premium DapurHosting memiliki semua fitur yang tersedia pada paket hosting murah namun tentu saja dengan memberikan spesifikasi dan harga yang lebih tinggi. Paket ini cocok digunakan jika website sudah memiliki traffic pengunjung yang lumayan tinggi. Sama seperti yang terdapat pada paket hosting murah, anda harus membeli sendiri domain yang ingin digunakan karena paket ini belum termasuk domain.

2) Dedicated Server

DapurHosting menyewakan dedicated server yang disimpan di datacenter dan telah terkoneksi ke internet. Dengan menggunakan dedicated server, anda dapat menggunakan sumber daya server semaksimal mungkin, melakukan kustomasi, konfigurasi, dan instalasi sebebas mungkin.

Biasanya penyedia jasa hosting menyediakan paket shared hosting, VPS, dan Dedicated server. Sebelum melakukan pemesanan anda harus memahami dahulu perbedaan dari paket-paket tersebut. Jika diurutkan berdasarkan tingakatan spesifikasi, Dedicated server ini ibaratnya adalah satu bangunan utuh yang anda gunakan sendiri atau dengan kata lain satu server ini anda gunakan sendiri. Sedangkan VPS adalah sebuah kamar yang ada pada bangunan tersebut, dan shared hosting yaitu ruangan kamar yang diisi oleh beberapa orang.

Jadi jika anda menginginkan kebebasan dalam menggunakan server minimal gunakanlah VPS, jika ingin lebih besar lagi maka dapat menggunakan Dedicated Server. Namun pada penyedia hosting ini tidak menyediakan VPS. Secara harga Dedicated server dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan VPS dan Shared hosting. Jadi kembali lagi kepada pelanggan untuk memilih hosting sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Faktor lain yang perlu anda ketahui sebelum memesan server adalah mengetahui tipe supportnya apakah managed atau unmanaged. Dedicated Server yang disediakan disini adalah unmanaged yang berarti semua konfigurasi, instalasi OS, hingga server siap dipakai semua dikerjakan oleh pelanggan sendiri. Jadi setidaknya anda harus memiliki pengetahuan tentang server dan jarngan, pihak hosting hanya menyiapkan alatnya saja. Jika anda tidak memiliki pengetahuan diatas dan tidak ingin repot tentang masalah server, anda dapat menyewa admin server yang ditugaskan untuk mengelola server anda. Namun pastikan bahwa orang tersebut adalah orang yang tepat dan dapat dipercaya. Berikut adalah pilihan paket dedicated server yang disediakan oleh DapurHosting.

Pihak DapurHosting menyediakan juga layanan tambahan yang dapat digunakan bersama dengan layanan sewa dedicated server dengan biaya tambahan, berikut adalah rinciannya:
– Koneksi internasional 1Mbps (1:1): Rp 1.500.000/bulan
– Lisensi cPanel: Rp 500.000/bulan
– Memori 8GB: Rp 250.000
– HDD 1 TB: Rp 300.000

3) Colocation Server

Colocation server adalah layanan penyimpanan server di datacenter. Pihak DapurHosting menyediakan tempat, listrik dan koneksi yang terhubung internet, sedangkan pelanggan menyediakan servernya sendiri dan server tersebut disimpan ditempat pihak hosting. Dapur Hosting menyediakan layanan colocation server di Gedung IDC D3 Jakarta, Indonesia.

Fitur Colocation Server
– Listrik 400VA
– Online Central UPS 100% uptime Electricity
– Full raised floor in Cyber Building
– Fiber Optic Connection
– Committed support 24 / 7 Port Monitoring
– Ticketing support system
– FM-200® Fire Suppression Systems

Layanan tambahan yang dapat digunakan bersama dengan layanan colocation DapurHosting:
– Koneksi internasional 1 Mbps (1:1): Rp 1.500.000/bulan
– Lisensi cPanel: Rp 500.000/bulan
– Listrik 100 VA: Rp 400.000/bulan

4) Domain

Nama domain berfungsi sebagai alamat atau identitas di internet. Nama domain bersifat unik dan memudahkan untuk mengakses sebuah website. Jika anda ingin membeli sebuah domain buatlah nama domain yang simpel dan berhubungan dengan topik atau niche website anda agar mudah dikenali orang.

Dapur Hosting menyediakan berbagai macam domain global dengan ekstensi seperti .com, .net, maupun domain lokal dengan ekstensi .id, .co.id. yang membutuhkan syarat identifikasi data seperti KTP untuk proses pembeliannya karena tidak semua orang dapat menggunakan domain lokal Indonesia tersebut.

  • Reseller Domain id
    Dapur Hosting juga mengadakan program reseller domain id. Program reseller domain Indonesia memungkinkan Anda menjual kembali domain berekstensi .ID ke pelanggan anda. Pelanggan anda akan membayar langsung ke pihak reseller tanpa melalui Dapur Hosting.
    Persyaratan menjadi Reseller Domain .ID di Dapur Hosting yaitu:
    – Menyertakan identitas KTP / SIM / Passport Indonesia yang masih berlaku.
    – Melakukan deposit minimal Rp 500.000

DapurHosting Customer Service & Support

Pelayanan terhadap customer adalah hal penting dalam industri yang myediakan layanan dan jasa kepada customer, tidak terkecuali juga untuk layanan penyedia jasa hosting. Untuk dapat memberikan layanan yang baik kepada pelanggan maka dibutuhkan customer service dan support. Peran mereka akan menjadi penghubung antara pihak perusahaan hosting dan pihak pelanggan. Pelanggan yang membutuhkan informasi atau penyelesaian masalah diharapkan dapat dengan mudah menghubungi pihak hosting melalui tim customer service.

Penyedia jasa hosting yang bagus harus dapat memberikan kemudahan kepada para pelanggannya. Dalam hal service terhadap pelanggan, DapurHosting menyediakan beberapa channel komunikasi yang dapat digunakan pelanggan untuk menghubungi pihak hosting. Channel komunikasi tersebut yaitu dapat melalui Live chat, Ticket support, Email, dan Telepon. Komunikasi yang lancar dengan pihak hosting akan membantu pelanggan untuk menyelesaikan masalah terkait layanan yang ada. Menyewa sebuah hosting ibaratnya kita menitipkan data penting yang ada pada website ke tempat perusahaan hosting. Bayangkan saja jika suatu saat hosting atau website kita mengalami masalah namun puhak hostingnya sulit untuk dihubungi, maka itu akan sangat membuat tidak nyaman pelanggan. Bahkan bisa jadi pelanggan memutuskan berhenti berlangganan atau tidak jadi membeli paket hosting dikarenakan masalah susahnya mengghubungi pihak penyedia jasa.

Live Chat

Satu channel komunikasi favorit saya yang menurut saya saat ini harus sudah dimiliki oleh pihak hosting adalah live chat. Live chat dapat digunakan oleh semua pengunjung website hosting. Dengan fasilitas tersebut pelanggan dapat bertanya mengenai informasi mengenai produk dari pihak posting maupun persoalan yang dihadapi pelanggan. Live menjadi channel favorit saya karena komunikasi melalui Live chat cukup mudah dan cepat jika dibandingkan menggunakan email atau ticket. Pelanggan akan mendapatkan jawaban langsung dari customer service. Selain itu juga sangat hemat dari segi biaya karena hanya membutuhkan koneksi internet.

Live chat dengan customer service DapurHosting terbilang cukup responsif. Pertanyaan yang masuk ditanggapi pihak customer service dengan cukup cepat. Berikut adalah salah satu pengalaman saya sewaktu menghubungi bagian customer service melaui live chat.

Saya mencoba mengontak customer service DapurHosting sewaktu jam kerja dipagi hari dan tidak sampai menunggu 5 menit sudah ada balasan respon dari customer service. Cukup baik responnya sesuai dengan tujuan dari live chat itu sendiri yaitu mendapatkan jawaban secara cepat dan mudah.

Transkrip atau salinan percakapan dari live chat tersebut akan otomatis dikirimkan ke email kita. Ini sangat berguna jika ingin melihat kembali hasil percakapan yang telah dilakukan dengan customer service. Jadi pastikan email yang kita input sebelum melakukan live chat adalah email yang benar.

  • Ticket Support
    Selain melalui live chat, salah satu chanel informasi yaang wajib ada ditiap penyedia jasa hosting adalah support melalui ticket. Pelanggan dapat menggunakan ticket untuk berkomunikasi dengan bagian support. Bedanya denga live chat adalah penggunaan ticket ini lebih tepat digunakan oleh user yang sudah menjadi pelanggan di sebuah layanan hosting. Selain itu ticket lebih tepat jika digunakan untuk menanyakan masalah yang lebih rumit atau kompleks dan membutuhkan waktu penyelesaian.
    Ticket dapat dibuat langsung melalui area halaman pelanggan. Melalui halaman pelanggan tersebut customer juga dapat melihat kembali ticket yang pernah dibuat baik yang statusnya masih open atau sudah closed.

Berikut adalah salah satu contoh ketika saya mencoba menghubungi customer service melalui ticket pelanggan.

Tidak sampai 5 menit juga sudah mendapat balasan ticket dari pihak customer service. Sama seperti Live chat, transkrip percakapan beserta notifikasi dari ticket juga dikirimkan ke email pelanggan secara otomatis.  Sejauh ini pelayanan customer service mereka terbilang cukup baik. Dari segi respon dan fasilitas yang disediakan untuk menghubungi pihak hosting cukup memadai.

Pengalaman Menggunakan Layanan DapurHosting

Saya sendiri menggunakan layanan hosting dibeberapa perusahaan hosting baik di Indonesia dan luar negeri. Untuk review Dapur Hosting kali ini saya akan berbagi informasi mengenai pengalaman yang dirasakan dalam menggunakan jasa hosting di penyedia layanan hosting ini.

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, biasanya hal yang dilakukan sebelum membeli layanan hosting adalah mencari informasi mengenai produk yang disediakan dan mencari tahu siapa penyedia jasa hostingnya. Hal itu perlu dilakukan karena saya tidak ingin mengambil resiko menitipkan file penting yang terdapat pada website kepada pihak yang tidak jelas. Jadi informasi siapa pengelola hosting tersebut merupakan hal yang penting. Informasi tersebut dapat dilihat melalui website resminya secara langsung, chat dengan customer service, social media penyedia jasa, maupun membaca artikel yang membahas tentang review perusahaan hosting tersebut seperti pada artikel ini.

Tampilan website juga merupakan hal yang penting. Dari segi interface dari website Dapur Hosting memiliki tampilan yang menarik. Namun sayangnya website tersebut belum menggunakan SSL certificate atau protokol HTTPS yang sudah seharusnya digunakan oleh setiap website resmi penyedia jasa. Webiste yang menggunakan SSL certificate akan lebih terjamin kepercayaannya bagi pengunjung website dibanding dengan website yang tidak menggunakan SSL. Perusahaan hosting ini menyediakan beberapa layanan utama seperti shared hosting, dedicated server, dan colocation server dengan pilihan harga yang bervariasi. Terdapat juga layanan pembelian domain, baik itu untuk domain global maupun domain Indonesia.

  • Kemudahan interaksi dengan customer service/support
    Fokus saya selanjutnya adalah kemudahan dan kecepatan pelayanan pihak hosting. Customer service dan support tidak bisa dipisahkan dari layanan yang disediakan oleh pihak hosting. Banyak hal teknis maupun non teknis yang perlu penjelasan lebih lanjut yang informasinya kemungkinan belum tercover semua pada website perusahaan. Customer servce dan support juga berperan sebagai penghubung antara pelanggan dengan pihak hosting.Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, DapurHosting menyediakan beberapa akses komunikasi seperti melalui live chat, ticket, email, maupun telphone. Dengan sarana komunikasi tersebut diharapkan memudahkan komunikasi antara pengguna jasa dan penyedia jasa. Selama berinteraksi dengan customer service peyedia hosting ini, saya merasakan komunikasi yang baik dan lancar. Biasanya saya langsung menghubungi pihak hosting melalui live chat karena lebih cepat dan tidak ribet. Dalam hitungan kurang dari 5 menit biasanya sudah ada customer service yang merespon pertanyaan yang dikirimkan. Sebagai masukan untuk perbaikan mungkin adalah peletakan icon live chat. Icon live chat tersebut baru dapat ditemukan pada halaman Kontak >> Hubungi kami. Jika anda pengguna baru maka akan kesulitan untuk mencari tombol live chat tersebut. Sebaiknya tombol live chat dapat ditemukan pada bagian homepage, header, atau footer sehingga lebih mudah ditemukan.
    Pada review Dapur Hosting kali ini saya akan membahas tentang pengalaman sewaktu menggunakan layanan shared hosting dipenyedia jasa hosting ini. Sebagai permulaan, paket yang saya gunakan adalah paket shared hosting murah (paket A) dengan harga sewa hosting sebesar 100ribu per tahun.Paket ini memiliki spesifikasi storage sebesar 300MB, 5Gb bandwidth, dan 1 addon domain. Anda dapat membuat sebanyak mungkin subdomain pada paket ini. Selain itu instalasi wordpress juga dapat dilakukan pada semua subdomain maupun domain utama selama storage masih mencukupi.Anda dapat memilih siklus billing untuk durasi pembayaran minimal per tahun, dua tahun, hingga tiga tahun. Tidak ada pilihan untuk siklus pembayaran dibawah satu tahun. Sayang sekali dengan siklus pembayaran minimal pertahun, pelanggan tidak mendapatkan gratis domain. Harga yang tercantum adalah harga sewa hostingnya saja.
  • Channel Pembayaran
    Untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran dibutuhkan banyak pilihan channel pembayaran. Dalam hal ini untuk pembayaran melalui bank di Indonesia, pihak hosting menyediakan pembayaran melalui transfer bank lokal ke rekening BCA dan Mandiri. Ditahun 2018 ini Dapur Hosting  telah menambahkan lagi channel pembayaran melalui Paypal.
    Sudah seharusnya pihak Dapur Hosting untuk menambahkan lagi channel pembayan lainnya seperti penambahan bank maupun penambahan metode pembayaran online. Mengapa demikian?, karena saat ini jika transfer dilakukan melalui beda bank maka akan dikenakan biaya transfer yang besarnya cukup lumayan. Selain itu banyak orang juga yang sudah menggunakan channel pembayaran global seperti Paypal yang dapat digunakan disemua negara. Untuk order kali ini saya melakukan pembayaran melalui transfer bank lokal. Ketika melakukan order, pelanggan akan mendapatkankan invoice yang dikirim ke email pelanggan dan dapat dilihat juga melalui client area pada menu billing. Untuk pembayaran melalui transfer bank dibutuhkan konfirmasi pembayaran ke pihak billing dengan cara mengirimkan ke email billing yang berisi data bukti transfer.

Setelah invoice tersebut lunas dan diverifikasi oleh pihak billing, maka status invoice yang tadi nya belum lunas akan berubah menjadi lunas dan barulah pesanan kita aktif. Bukti invoice lunas juga akan otomatis dikirim ke email kita.

  • Halaman Pelanggan DapurHosting
    Bagi pelanggan baru yang melakukan order disini. Mereka baru dapat masuk ke area halaman pelanggan atau client area setelah melakukan order. Sewaktu melakukan order itulah pelanggan otomatis juga melakukan registrasi dengan mengisi data diri seperti nama, email, alamat, hingga nomor telephone yang nantinya data tersebut akan digunakan sebagai data WHOIS jika memesan domain melalui registrar Dapur Hosting. Jika sudah melakukan order (untuk pertama kali) dan registrasi barulah anda dapat melakukan login ke halaman pelanggan.
    Tampilan halaman pelanggan yang disediakan cukup sederhana dan mudah dipahami dengan menu utama seperti Service (hosting), domain, tickets, dan invoice.Untuk melihat hosting yang telah aktif dapat menuju ke menu “Services” kemudian pilih “My Services”. Disini dapat dilihat semua daftar paket hosting yang anda sewa beserta informasi harga dan pembayaran serta tanggal jatuh tempo.
    Untuk melihat informasi lebih detail lagi klik pada icon “Active”. Disini anda akan menemukan informasi lebih rinci mengenai paket hostingan dan terdapat juga akses cepat menuju cPanel maupun file manager tanpa perlu melakukan login ulang melalui halaman login cPanel Dapurhosting. Ini sangat membatu karena jika kita lupa password login cPanel Dapurhosting dapat langsung login melalui halaman pelanggan.
    Paket shared hosting DapurHosting menggunakan cPanel sebagai control panelnya. cPanel Dapur Hosting adalah control panel terbaik dan paling terkenal diantara jenis control panel lain yang beredar dipasaran karena mudah digunakan juga sangat responsif. cPanel Dapur Hosting memiliki harga lisensi yang cukup mahal perbulannya, namun jika anda menggunakan paket shared hosting maka tidak dikenakan biaya sewa cPanel. Harga hosting pada shared hosting biasanya sudah termasuk biaya langganan cPanel.

    cPanel DapurHosting
    Tampilan cPanel Dapur Hosting

    Dalam cPanel Dapur Hosting yang ada sudah tersedia Softaculous Apps Instaler yang memudahkan pengguna dalam menginstall berbagai jenis aplikasi termasuk platform CMS seperti wordpress, joomla, drupal, dan aplikasi lainnya dengan cara one click install. Semua paket hosting dari DapurHosting telah dilengkapi dengan Softaculous Auto-Installer. Dengan fitur ini anda dapat menginstall script pilihan ke hosting Anda.

    cPanel DapurHosting
    cPanel Dapur Hosting – Softaculous

    Akses dari cPanel Dapur Hosting ke File Manager juga cukup lancar. Folder dan file dapat diakses dan dibuka dengan lancar.

    cPanel DapurHosting - File Manager
    File Manager cPanel Dapur Hosting

Evaluasi Kinerja Dapur Hosting

Selama saya menggunakan layanan hosting disini. Performa atau kinerja hosting ini cukup baik. Dalam melakukan evaluasi performa atau kinerja hosting kami melakukan pemantauan uptime server dan tes kecepatan hosting. Pemantauan uptime server kami lakukan terhadap hosting yang kami gunakan di Dapurhosting. Kami melakukan pemantauan uptime kurang lebih selama dua minggu dan mendapatkan hasil server hosting mengalami down selama 2 kali dengan total waktu selama 3 menit.

Tes selanjutnya adalah peengetesan kecepatan hosting. Kami menggunakan tiga jenis website yaitu website simpel HTML, Website dengan instalasi WordPress yang masih kosong, dan Website dengan instalasi WordPress yang sudah diberikan postingan media berat didalamnya seperti gambar dan video. Alat yang digunakan untuk test kecepatan adalah Bitcatcha, Cepatkah, dan Pingdom. Berikut adalah hasil dari tes kecepatan Shared Hosting di Dapurhosting.

Page Load dan Response Time WordPress (Tanpa isi)
– Hasil test menggunakan tools Bitcatcha

– Hasil test menggunakan tools Cepatkah

– Hasil test menggunakan tools Pingdom

Page Load dan Response Time WordPress (Isi Video & GIF)
– Hasil test menggunakan tools Bitcatcha

– Hasil test menggunakan tools Cepatkah

– Hasil test menggunakan tools Pingdom

Page Load dan Response Time Website HTML
– Hasil test menggunakan tools Bitcatcha

– Hasil test menggunakan tools Cepatkah

– Hasil test menggunakan tools Pingdom

Kesimpulan Review Dapur Hosting

DapurHosting adalah perusahaan penyedia jasa hosting di Indonesia yang layak mungkin bisa menjadi pilihan. Produk yang disediakan dan pelayanan yang diberikan cukup berkualitas.  Walaupun demikian ada beberapa catatan yang menjadi kelemahan dari web hosting ini.

Kelemahan pertama DapurHosting adalah paket hosting yang tidak fleksibel baik untuk paket terkecil maupun termahal. Semuanya mengharuskan pembayaran dalam 1 tahun sehingga kurang cocok digunakan untuk pemula yang coba-coba. Selanjutnya, kelemahan lainnya adalah paket hosting sebagian besar dibatasi dengan bandwith yang kecil. Padahal di era sekarang kebanyakan web hosting nyaris semuanya berani menawarkan bandwith unlimited.

Dari segi produk yang ditawarkan Dapur Hosting sebenarnya memiliki pilihan harga yang bervariasi. Namun sebaiknya diberikan tambahan opsi durasi pembayaran dibawah satu tahun. Selain itu perlu segera juga dilakukan penambahan channel pembayaran seperti penambahan channel bank dan sistem pembayaran online melalui PayPal. Dengan sistem pembayaran yang hanya support melalui 2 bank lokal Indonesia akan sangat menyusahkan bagi calon pelanggan yang tidak memiliki rekening yang sama dengan DapurHosting.

Dari segi teknologi, hosting yang ditawarkan baik shared hosting maupun dedicated server sudah menggunakan teknologi cloud. Lokasi server dapat dipilih menggunakan lokasi di USA atau Indonesia yang disesuaikan dengan kepentingan pelanggan. Sama seperti kebanyakan perusahaan hosting lainnya, untuk paket shared hosting disini juga ada pembatasan resource. Dapur Hosting juga sudah menyediakan pembelian domain Indonesia yang berekstensi .id.

Layanan customer service dan support penyedia jasa hosting ini sudah cukup bagus. Respon mereka terhadap ticket dan chat yang masuk dari pelanggan direspon dengan cukup cepat. Channel komunikasi melaui live chat, ticket, dan notifikasi via email berjalan dengan lancar. Secara keseluruhan produk dan layanan yang diberikan perusahaan hosting ini sudah baik.

Demikian review Dapur Hosting kali ini. Semoga informasi ini berguna bagi para calon pelanggan untuk menambah informasi seputar hosting dan juga bagi penyedia jasa agar semakin mengingkatkan lagi pelayanannya dan dapat terus berkembang. Review ini dibuat dengan penilaian seobjektif mungkin tanpa berusaha merugikan pihak manapun. Terima kasih.

Pros

  • Menggunakan Teknologi Cloud

Cons

  • Harga relatif mahal
  • Paket pembayaran tidak fleksibel
  • Beli hosting tidak mendapatkan gratis domain
  • Channel pembayaran kurang
  • Sebagian besar paket terdapat batasan bandwith yang kecil

Fitur Utama

  • Web Hosting Murah
  • Teknologi CloudLinux
  • Support Domain Indonesia

Harga Hosting

Lokasi Server

  • Indonesia
  • Amerika Serikat

Sistem Operasi Server

  • Linux logo Linux

Alternatif dari Dapur Hosting

Hostinger logo 9.7 Review
9.5 Review
7.0 Review
Perbandingan Semua Hosting

Berikan review anda

    • rahayu portrait rahayu
    • 2017-Oktober-12th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Namanya dapurhosting, cocok nih kayaknya buat wanita yang sukanya juga di dapur, hehehe.
    Perusahaan saya kerja langganan disini, overall gak ada masalah.

    • I am Rey portrait I am Rey
    • 2017-Oktober-18th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    100ribu pertahun cukup oke, lebih oke lagi kalo dapat gratis domain

    • Elang portrait Elang
    • 2017-November-14th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    cukup simpel saya suka

    • Zaky P portrait Zaky P
    • 2017-November-15th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Udah nyoba trialnya yang 7 hari, tapi masih belum yakin, akhirnya baca review ini, terima kasih reviewnya sangat membantu sekali

    • farahdilla portrait farahdilla
    • 2017-November-18th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Terimakasih artikelnya lengkap banget, sebelumnya saya buat blog dari wordpress gratisan mau pakai hosting tapi bingung belum pernah pakai. akhirnya ketemu website ini jadi tau hosting apa saja yang bagus dan gimana cara pakainya. semoga websitenya makin ramai

      • Niam portrait Niam
      • 2017-November-26th
      Balas

      okelahkalobegitu

    • Gilang Pratama portrait Gilang Pratama
    • 2017-November-20th
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Hosting bagus tapi sayang belum gratis domain

    • Tegar Satria portrait Tegar Satria
    • 2017-November-22nd
    Balas
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    pake hosting ini udah setahunan, lumayan puas sih, gak ada masalah, kalau bisa itu bisa beli hosting bulanan aja, gak langsung harus tahunan