Review ArdHosting oleh Para Pengguna dan Ahli

Rating Keseluruhan:
6.5
Reliability
7.0/10
Pricing
7.2/10
User friendly
5.1/10
Support
5.1/10
Fitur
8.1/10

Pada tahun 2000, dunia web hosting Indonesia kedatangan satu lagi pemain tangguh bernama ArdHosting atau Ard Hosting. Merupakan brand image dari PT. Ardh Global Indonesia, perusahaan ini fokus dalam penyedia layanann web hosting dan registrasi domain. ArdHosting memiliki slogan “Fast and Reliable Webhosting”. Dengan slogan tersebut, web hosting ini berharap dapat memberikan layanan web hosting dan domain yang murah, cepat dan handal sesuai kebutuhan dari pengguna. Slogan tersebut tampaknya bukan omong kosong semata, terbukti dengan banyaknya review ArdHosting yang positif dan telah tersebar di berbagai blog-blog dan juga forum-forum.

Lama beroperasi ArdHosting yang sudah 17 tahun sejak awal didirikan tentunya bukanlah waktu yang singkat. Web hosting ini sudah pasti berpengalaman dalam menjalankan bisnisnya. ArdHosting telah melayani banyak sekali pelanggan dan klien mulai dari pelanggan pribadi hingga korporat. Seperti yang ditampilkan pada halaman depan situsnya, perusahaan-perusahaan besar seperti Pertamina Retail, Garuda Food, Mustika Ratu diklaim telah menggunakan layanan yang disediakan ArdHosting.

Review ArdHosting

Berbagai macam layanan selain web hosting dan registrasi domain juga tersedia. Hal ini menjadi salah satu langkah perusahaan untuk melakukan diversifikasi produk dan juga meningkatkan kepuasan layanan pelanggan. Salah satu layanan yang cukup unik dan membuat web hosting ini berbeda dengan web hosting lainnya di Indonesia adalah paket hosting berbasis server Windows.

Dari situs hostadvice, Ard Hosting bahkan menempati peringkat empat web hosting dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Walaupun tidak signifikan, web hosting ini hingga saat ini telah berhasil menguasai pangsa pasar/market share untuk layanan web hosting di Indonesia sebesar 4.38%.

Dalam review ArdHosting kali ini, saya akan mengupas seberapa hebat-kah web hosting ini sebenarnya sehingga berhasil menguasai pangsa pasar sebesar itu. Apa benar web hosting ini merupakan web hosting terbaik? Mari kita cari tahu bersama-sama.

Review saya akan mengulas ArdHosting dari beberapa aspek yaitu:
– Layanan Ard Hosting.
– Harga paket yang ditawarkan.
– Kesan pertama saat menggunakan layanan
– Kualitas layanan atau evaluasi performa
– Customer service atau layanan pelanggan

Layanan ArdHosting

layanan ardhosting

ArdHosting menyediakan berbagai macam layanan dengan berbagai macam paket pula. Secara garis besar layanan dari web hosting ini meliputi:
– Paket Shared Hosting berbasis Linux
– Paket Shared Hosting berbasis Windows
– Paket Cloud Hosting
– Paket Virtual Private Server (VPS)
– Register Domain
– Paket Dedicated Server
– Paket Colocation Server
– Web Solution

Paket Shared Hosting Berbasis Linux

Paket shared hosting berbasis Linux pada Ard Hosting terdiri dari 5 jenis paket yang berbeda. Masing-masing jenis paket juga memiliki paket harga yang berbeda. Jenis-jenis paket tersebut disesuaikan dengan target dan kebutuhan pengguna. Dimulai dari paket e-mail hosting yang sesuai namanya dikhususkan untuk kebutuhan server e-mail saja. Kemudian terdapat paket web hosting WordPress.

Untuk jenis paket yang tidak dikhususkan untuk suatu kegunaan tertentu, terdapat jenis paket untuk kalangan usaha kecil menengah(UKM), paket untuk pemilik toko online atau e-commerce, paket untuk kalangan corporate dan paket unlimited untuk resource kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas. Semua paket shared hosting yang ditawarkan oleh ArdHosting tidak memiliki batasan bandwith atau unmetered sehingga pelanggan tidak perlu khawatir apabila suatu ketika website tidak bisa diakses karena bandwith habis.

Khusus untuk paket WordPress, ArdHosting telah menggunakan teknologi cloud dengan SSD Drive dan infrastruktrur LiteSpeed Web Server. Hal ini diklaim mampu meningkatkan kecepatan akses website menjadi 50 kali lebih cepat daripada biasanya. Selain itu paket ini juga dilengkapi HTTP/2 & FREE SSL yang berfungsi agar website lebih aman atau secure dan terpercaya oleh pengunjung.

Review ArdHosting - Paket WordPress ArdHosting

Sedangkan untuk paket shared reguler yang bisa digunakan sesuai keinginan, web hosting ini menyediakan 3 pilihan lokasi server. Lokasi tersebut adalah Indonesia, Singapura (SGP) dan Amerika Serikat (USA).

Pelanggan tinggal memilih server sesuai target pengunjung website yang akan dibuat. Misalnya jika pengunjung website yang ditarget adalah masyarakat yang ada di Indonesia, maka baiknya menggunakan server Indonesia. Jika pengunjung mayoritas Internasional, lebih baik memilih server Amerika Serikat. Hal ini terkait kecepatan akses yang akan dialami pengguna saat membuka website. Semakin dekat lokasi pengguna dengan server, tentunya kecepatan aksesnya akan lebih cepat.

Dalam situsnya, Ard Hosting menyatakan 6 fitur utama yang menjadi keunggalan hosting disini yaitu Layered Back up untuk untuk menjamin kenyamanan Anda dalam meletakkan data Anda di server kami. Layanan backup dapat dilakukan secara lokal maupun remote secara harian, mingguan atau bulanan.

Kemudian terdapat fitur CloudLinux Operation System dimana dengan adanya fitur ini, shared hosting yang dimiliki ArdHosting diklaim akan lebih stabil sehingga jaminan uptime lebih baik,dan membuat server lebih aman. Selanjutnya yaitu web server yang menggunakan LiteSpeed yang lagi-lagi diklaim dapat membuat website diakses lebih cepat 40 kali lipat daripada menggunakan apacahe dan dapat meminimalisir overload.

Penggunaan SSD Storage juga membuat kecepatan baca tulis (read and write) di server meningkat 8 kali lipat daripada penggunaan disk space biasa. Server Supermicro pun telah digunakan oleh ArdHosting agar mutu layanan menjadi lebih maksimal. Dan terakhir adalah koneksi cepat antara server yang berada di Singapura dan Amerika Serikat.

Paket Shared Hosting Berbasis Windows

Paket shared hosting ini merupakan paket yang menurut saya sangat spesial ketika melakukan review ArdHosting ini. Lumayan jarang ditemukan pada penyedia web hosting ini, tampaknya ArdHosting telah memiliki pelanggan tersendiri sehingga hingga saat ini paket hosting berbasis Windows tetap tersedia. Dengan paket ini, pelanggan bisa menjalankan script MSSQL, Visual Basic, .NET, ASP, Javascript dan produk Microsoft lainnya. Walaupun demikian, pelanggan masih bisa juga menggunakannya untuk website berbasis PHP ditambah dengan database MySQL. Plesk Control Panel tersedia untuk memudahkan pelanggan untuk setting dan konfigurasi hosting sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan paket hosting yang berbasi Linux, untuk paket hosting berbasis Windows ini hanya tersedia pilihan server Indonesia dan Amerika Serikat (USA). Sementara untuk server yang berlokasi di Singapura (SGP) nampaknya belum tersedia. Hampir sama dengan fitur yang ada pada shared hosting Linux, paket hosting ini juga dibekali dengan fitur Layered Backup, Pure SSD Storage, Performa Terbaik dari Supermicro dan Fast Connection Speed and Bandwidth Unlimited.

Registrasi Domain

Mengenai registrasi domain, PT. Ardh Global Indonesia sebagai perusahaan pemilik brand Ard Hosting menyatakan diri sebagai partner resmi dari ICANN. Sebagai informasi bagi yang belum tahu apa itu ICANN, lembaga ini merupakan lembaga resmi yang mengelola dan melakukan regulasi pendaftaran domain internet dari seluruh dunia. Daftar registran domain yang telah teregistrasi dalam ICANN dapat dilihat pada ICANN Accreditation List.

Sayapun mengecek kebenarannya apakah ArdHosting merupakan partner resmi yang terdaftar dalam ICANN atau bukan. Saya mengunjungi situs ICANN Accreditation List dan mencari nama perusahaan dari ArdHosting. Hasilnya? PT. Ardh Global Indonesia memang terdaftar dalam list ini sehingga bisa saya katakan membeli hosting di ArdHosting merupakan hal yang keamanannya sudah terjamin. Berikut ini screenshot nama perusahaan ArdHosting yang berada di ICANN Accreditation List.

Review ArdHosting - Domain Terdaftar Resmi di ICANN

Sayangnya, ketika saya melihat daftar domain yang bisa dibeli, variannya masih terbatas. Hanya tersedia domain-domain mainstream seperti .com, .net, ,org dan sebagainya ditambah domain Indonesia (domain berakhiran .id).

Virtual Private Server

Web hosting ArdHosting menyediakan paket Virtual Private Server (VPS) untuk pelanggan yang ingin memiliki server dengan kendali penuh. Dengan VPS, pelanggan bisa memiliki akses root(top user) layaknya server milik sendiri. Dengan demikian pelanggan bebas menginstall dan mengatur software, aplikasi dan security yang diinginkan. Batasan yang ada hanya pada resource dari server itu sendiri seperti kapasitas penyimpanan dan kapasitas memori sementara (RAM). Spesifikasi server yang disediakan adalah sebagai berikut:

• Dual Intel Xeon
• Memory mininal 64GB of FB-DIMM
• Support Adaptec Raid Card (hardware raid card) with raid 10
• Hot-Swap Drives and Fans
• Replaceable on the Fly
• Dual Gigabit Network Interfaces

ArdHosting sendiri menyediakan berbagai macam paket VPS, mulai dari paket VPS standar, paket VPS + cPanel dan paket VPS Windows. Untuk paket VPS standar atau yang berbasis Linux, terdapat pilihan server Indonesia dan Amerika Serikat (USA), sedangkan untuk paket VPS berbasis Windows untuk servernya hanya tersedia Indonesia saja. Selain itu, pilihan paket VPS ini juga tersedia dalam paket dengan cPanel dan tanpa cPanel. Hal yang menarik di paket-paket VPS yang ditawarkan oleh ArdHosting ini adalah tidak batasan data transfer atau unmetered.

Cloud Hosting

Paket Cloud Hosting yang ditawarkan oleh ArdHosting merupakan paket hosting premium yang telah menggunakan teknologi Cloud. Teknologi yang digunakan pada cloud hosting berbeda dengan layanan shared hosting pada umumnya. Cloud Hosting menerapkan arsitektur multi node untuk mencapai kinerja server yang optimal dan meningkatkan kecepatan akses. Dengan arsitektur ini, dimungkinkan dilakukan pembagian fungsi seperti Load Balancing, Web Server, DNS Server, Mail Server serta Database Server pada mesin yang berbeda-beda.

Layanan Cloud Hosting ini diklaim 50 kali lebih cepat daripada biasanya. Selain itu ArdHosting juga berani memberikan jaminan 14 hari garansi uang kembali dan jaminan server uptime dengan skor 99.5%. Tidak ada biaya setup (Setup Fee) untuk Cloud Hosting ini.

Dedicated Server dan Colocation Server

Untuk pengguna skala besar yang memiliki trafik website sangat tinggi, ArdHosting menyediakan paket server eksklusif yaitu dedicated server yang mana memiliki resources yang tinggi pula. Dedicated Server ini telah menggunakan SSD Storage sehingga kecepatan aksesnya semakin cepat.

Sementara Colocation Server merupakan layanan untuk menyewa tempat untuk server yang dimiliki pelanggan untuk diletakkan di data center ArdHosting. Pelanggan dapat membawa server yang dimiliki kemudian tim dari web hosting akan menghubungkan server tersebut dengan Internet. Selain itu tim juga akan selalu menjaga kehandalan server yang dititipkan.

Reseller Hosting

Dengan paket ini, pelanggan ArdHosting bisa membagi-bagi resources yang dibeli menjadi paket-paket resources yang lebih kecil untuk nantinya dijual kembali. Harga pembelian yang kompetitif memungkinkan pelanggan bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan kembali paket web hostingnya. Paket ini juga cocok dibeli untuk developer website yang banyak mengembangkan website milik client. Keamanan data terjamin dengan adanya fitur private DNS sehingga pelanggan akhir tidak akan menyadari bahwa sebenarnya dia membeli paket hosting dari reseller.

Web Solution

Selain layanan seputar web hosting, ArdHosting juga menyediakan layanan Web Solution untuk memudahkan pelanggan awam mendapatkan website yang diinginkan. Website yang dibuat merupakan website yang berbasis WordPress dengan menggunakan template premium.

Berbagai website dapat dipesan seperti website toko online, perusahaan, company profile, personal web atau ukm, sekolah hingga website perguruan tinggi atau universitas. Walaupun website akan dikonfigurasi oleh tim sesuai pesanan, pelanggan akan tetap mendapatkan full access administrator. Dengan demikian pelanggan masih memungkinkan untuk mengedit tampilan website ataupun menambahkan plugin yang diperlukan.

ArdHosting tampaknya berusaha menjadi one stop solution untuk segala jenis kebutuhan hosting. Produknya sangat bervariasi dan juga memiliki banyak paket yang bisa dipilih. Walaupun banyaknya variasi paket berpotensi membingungkan calon pelanggan, informasi yang tertulis pada setiap paket seperti yang akan didapatkan oleh pelanggan cukup jelas dan lengkap. Sebagai web hosting yang sudah berdiri sejak 17 tahun lalu, memang wajar rasanya jika ArdHosting memiliki berbagai macam layanan web hosting selengkap ini.

Harga Paket yang Ditawarkan

Harga biasanya menjadi salah satu hal krusial dan sangat penting selain kualitas layanan ketika memilih sebuah layanan web hosting. Harga yang murah tentunya akan sangat menarik di mata kita sebagai pelanggan. Namun sebagai pelanggan yang cerdik tentunya kita harus tetap cermat dan selektif dalam memilih paket web hosting sesuai kebutuhan.

Mengingat banyaknya variasi paket dan layanan yang disediakan oleh, Dalam review ArdHosting ini ini saya akan lebih fokus terhadap paket shared hosting Linux, VPS dan registrasi domain mengingat 3 hal ini merupakan paket layanan yang paling sering dibeli.

Shared Hosting Linux

Jumlah paket shared hosting Linux di web hosting ini benar-benar sangat banyak. Jika ada penghargaan, mungkin ArdHosting akan menang sebagai we hosting penyedia paket shared hosting terbanyak variasinya. Paket shared hosting Linux di ArdHosting jika saya rangkum tersedia dalam 21 paket yang dikelompokkan dalam 4 kategori. Kategori-kategori tersebut adalah paket Usaha Kecil Menengah (UKM), Paket E-Commerce, Paket Corporate dan Paket Unlimited.

Agar Anda lebih mudah membandingkan antara kategori paket, berikut saya membuat tabel perbandingan harga.

PaketUKME-CommerceCorporateUnlimited
Kapasitas Penyimpanan (Disk Space)250 – 1250MB2 – 100GB25 – 75GBUnlimited
Bandwith untuk Server IndonesiaUnmeteredUnmeteredUnmeteredUnmetered
Email AccountUnlimitedUnlimitedUnlimitedUnlimited
Free SSLYaYaYaYa
Free DomainYaYaYaYa
Minimum Contract12 bulan6 – 3 bulan1 bulan1 bulan
Range HargaRp 18.300 – Rp 37.500Rp 19.900 – Rp 459.900Rp 650.000  – Rp 1.500.000Rp 1.900.000

Catatan: harga di atas merupakan harga per bulan dan belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPn) sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia yaitu sebesar 10%.

Dari tabel di atas terlihat keunggulan dari Ard hosting yaitu bandwith unlimited untuk semua paket dalam server Indonesia. Selain itu pengguna juga berhak mendapatkan unlimited email account, gratis SSL dan gratis domain bahkan untuk paket yang termurah. Perbedaan fasilitas hanya terdapat pada besarnya jumlah kapasitas penyimpanan. Variasi paket yang ditawarkan memungkinkan pengguna memilih paket yang benar-benar diperlukan sesuai kebutuhan.

Sayangnya untuk paket UKM memiliki kontrak yang tidak fleksibel yaitu minimal 12 bulan. Hal ini menyebabkan pengguna baru tidak cocok mencoba-coba paket ini karena harus membayar langsung untuk 12 bulan pertama. Dari segi harga, jika dilihat dari kapasitas penyimpan paket UKM ini kurang kompetitif. Lebih baik memilih paket E-comerce yang memiliki kapasitas lebih besar namun dengan harga yang tidak terlalu terpaut jauh.

Secara harga, keseluruhan paket shared hosting yang ditawarkan oleh ArdHosting ini jika dibandingkan dengan web hosting lain tidak mahal dan juga tidak terlalu murah. Cukup worth it lah apalagi dengan adanya beberapa layanan gratis seperti domain dan SSL.

Virtual Private Server

Ardhosting menawarkan paket VPS tak kalah beragam dari paket shared web hosting Linux miliknya. Jika shared hosting hanya terdapat 4 pilihan kategori paket dengan 21 paket yang berbeda, layanan VPS tanpa cPanel pada web hosting ini tersedia dalam 6 paket yang berbeda. Paket termurah yaitu paket server VPS20 dibanderol dengan harga Rp 220.000 per bulan dengan fasilitas yang didapat RAM sebesar 1GB dan disk space sebesar 20GB. Sementara paket termahal yaitu paket VPS60 yang memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 160GB dan RAM 8GB dihargai dengan harga Rp. 1.450.000 per bulan.

PaketVPS20VPS40VPS60VPS80VPS120VPS160
SSD Diskspace20 GB40 GB60 GB80 GB120 GB160 GB
Memory Garansi1024 MB2048 MB3072 MB4096 MB6144 MB8192 MB
Memory Burstable 1024 MB 2048 MB 3072 MB 4096 MB 6144 MB 8192 MB
Processor Core X 1 X 2 X 3 X 4 X 6 X 8
Data Transfer/

Traffic Limit

 Unmetered Unmetered Unmetered Unmetered Unmetered Unmetered
QOS Bandwidth IIX 100Mbps (share) 100Mbps (share) 100Mbps (share) 100Mbps (share) 100Mbps (share) 100Mbps (share)
QOS Bandwidth Internasional Up to 30 Mbps Up to 30 Mbps Up to 30 Mbps Up to 30 Mbps Up to 30 Mbps Up to 30 Mbps
Harga per Bulan (Belum termasuk PPn) Rp          220,000 Rp       390,000 Rp                 550,000 Rp                 700,000 Rp               1,000,000 Rp            1,450,000

Dari segi harga, saya tidak bisa menyebut paket yang ditawarkan oleh ArdHosting ini sebagai termurah. Namun paket VPS yang ditawarkan ini memiliki satu keunggulan yaitu tidak adanya batasan data transfer.

Registrasi Domain

Untuk registrasi domain, Ardhosting menyediakan promo harga miring untuk pembelian tahun pertama. Walaupun demikian harga perpanjangannya pun tidak jauh beda dari harga pasaran domain yang ada di dunia.

Kesan Pertama Menggunakan Layanan

Billing Media

Pengguna yang ingin melakukan transaksi pembelian di Ard Hosting akan diarahkan ke website tersendiri yaitu Billingmedia. Anehnya, website ini memiliki domain yang berbeda dengan ArdHosting. Hal ini menurut saya cukup janggal, mengapa tidak dijadikan subdomain sehingga menjadi suatu kesatuan saja sehingga masih di bawah payung domain ArdHosting. Dengan begitu hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindakan phising bisa dihindari.

Berikut tampilan website Bilingmedia Ard Hosting yang saya maksud. Anda dapat melakukan Ardhosting login pada halaman ini.

Tampilan Billingmedia untuk Ardhosting Login

 Pembayaran

Dalam review Ardhosting ini, saya akan mencoba membeli salah satu paket shared web hosting. Langsung saja, setelah saya memilih paket yang diinginkan pada halaman Ardhosting, saya langsung dibawa kepada Billingmedia untuk menunntaskan pembayaran. Di halaman Billingmedia inilah harga sesungguhnya yang harus dibayarkan muncul seperti tambahan biaya PPn dan biaya lain-lain(beberapa paket ternyata memiliki biaya setup yang harganya lumayan).

Web hosting ini menyediakan metode pembayaran yang menurut saya masih terbatas. Metode pembayaran transfer bank dapat dilakukan melalui bank Mandiri, BCA, BNI dan CIMB Niaga. Sementara metode pembayaran lainnya adalah melalui PayPal. Sayangnya tidak ada metode pembayaran menggunakan kartu kredit berlogo VISA maupun Maestro yang lazimnya tersedia di berbagai web hosting lainnya.

Setelah saya melakukan pembayara melalui transfer, saya kemudian melakukan konfirmasi pembayaran. Tak sampai satu jam, pembayaran saya langsung diverifikasi dan akun saya langsung diaktifkan. Saya juga menerima pemberitahuan mengenai kredential akun melalui email.

Tampilan Client Area

Client Area merupakan tempat dimana pengaturan hosting yang telah dibeli semuanya berada. Halaman ini hanya bisa diakses setelah Anda melakukan Ardhosting login. Layanan yang telah dibeli akan muncul pada halaman ini. Bagi yang memerlukan bantuan lebih dapat mengajukan pertanyaan melalui fitur Open Tiket Support. Disini pelanggan juga bisa melakukan pemesanan layanan baru dengan fitur Order New Services. Berikut ini tampilan dari Client Area dari Ard Hosting.

Tampilan Billingmedia setelah ArdHosting Login

 Tampilan cPanel

Menggunakan versi terbaru cPanel yaitu versi 66.0.29, tampilan cPanel yang Anda jumpai setelah Ardhosting login ini cukup lengkap. Fitur-fitur yang ada tersedia dengan rapi. Tampilannya standar sehingga bagi yang biasa menggunakan cPanel seharusnya tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Review ArdHosting - cPanel

Knowledgebase

ArdHosting sudah menyediakan menu knowledgebase bagi para pelanggannya. Pada umumnya disetiap perusahaan hosting menyediakan knowledgebase. Knowledgebase ini akan sangat membantu bagi pengguna baru atau newbie yang membutuhkan panduan awal. Namun ketika kami membukanya, sepertinya belum lengkap dan banyak yang kosong. Mungkin kedepannya pihak hosting akan segera memeperbarui knowlegebase ini.

Evaluasi Performa

Kualitas layanan tentu merupakah hal yang sangat penting ketika kita membeli sebuah web hosting. Percuma rasanya jika kita membeli web hosting dengan harga murah namun sering down atau kecepatan aksesnya lambat. Berbicara mengenai kualitas layanan, maka yang perlu diperhatikan dalam sebuah web hosting adalah skor uptime dan skor response time dari web hosting tersebut. Karena itu di review Masterweb ini saya akan mencoba mengecek kedua skor yang menjadi indikator performa web hosting tersebut.

Uptime

Skor uptime merupkan presentase waktu saat server sebuah hosting dapat berjalan dengan baik tanpa mengalami kendala crash, down ataupun error. Semakin mendekati nilai 100% tentunya skor uptime akan semakin baik. Begitupun sebaliknya, semakin menjauhi skor 100% maka menunjukkan server tersebut sering kali down sehingga menyebabkan website tidak bisa diakses.

Untuk mengetahui seberapa tinggi skor uptime dari ArdHosting, seperti biasa saya mencoba mengeceknya melalui situs webhostingstuff. Hasil pengecekan dari situs yang telah melakukan monitoring terhadap server ArdHosting selama kurang lebih 2729 hari atau lebih dari 7 tahun tersebut menunjukkan skor uptime yang sangat tinggi yaitu sebesar 99.94%.

Review ArdHosting - Uptime

Predikat Excellent diberikan webhostingstuff terhadap Masterweb atas pencapaian skor uptime ini. Dengan skor uptime 99.94%, berarti setiap tahunnya rata-rata server hosting Masterweb hanya mengalami akumulasi down selama sekitar 5 hingga 6 jam.

Response Time

Response time merupakan kecepatan server dalam merespon sebuah permintaan untuk memuat sebuah halaman website. Skor response time akan semakin bagus jika nilainya semakin kecil karena hal ini menunjukkan server dapat memberikan respon dalam waktu yang singkat. Sebaliknya jika skor response time tinggi berarti menunjukkan bahwa server lemot dalam memberikan respon.

Karena server untuk shared hosting yang saya beli disini berada di Indonesia, saya akan menggunakan tools dari CepatKah.com untuk menguji seberapa cepatkah web hosting ini apabila diakses dari server Indonesia. Pengujian saya lakukan terhadap dua website yang berbeda. Pengujian pertama yaitu pengujian terhadap website dengan tampilan yang sederhana. Berikut ini hasil pengujian saya terhadap website yang dihosting di ArdHosting untuk website saya yang sederhana.

Review ArdHosting - Response Time Web Sederhana via CepatKah.com

Sedangkan pengujian terhadap website yang lebih kompleks yaitu website WordPress yang saya install menggunakan fitur Softaculous menunjukkan hasil pemeriksaan seperti berikut.

Review ArdHosting - Response TimeWeb Lebih Kompleks via CepatKah.com.

Dari hasil pengecekan response time dengan tools cepatkah.com diatas menunjukkan average (avg) response time yang sebesar 1.754 hingga 1.848 ms. Hal ini menunjukkan response time web hosting di ArdHosting bisa dibilang memang cepat dan bagus.

Tidak puas dengan memeriksa response time hanya dari lokasi Indonesia, saya menggunakan tools yang disediakan oleh BitCacha untuk mengecek server website apabila diakses dari luar negeri. Dan ternyata walaupun lokasi servernya di Indonesia, response time dari website yang dihosting di ArdHosting ini masih memiliki skor response time yang cukup bagus. Berikut ini skor response time untuk website sederhana atau HTML saja.

Review ArdHosting - Response Time Web Sederhana via BitChaca

Sedangkan skor untuk website yang lebih kompleks adalah sebagai berikut.

Review ArdHosting - Response Time Web Lebih Kompleks via BitChaca

Hasil pengecekan dari server luar negeri menunjukkan skor yang standar saja. BitCacha memberikan nilai performa D untuk dua website yang saya uji. Kecuali jika diakses dari Singapura, response time bilang saya bilang cukup cepat, hal ini wajar melihat letak Singapura yang bertetanggan dengan Indonesia.

Sebagai tambahan untuk melihat performa sebenarnya baik uptime dan response time, saya juga melakukan monitoring terhadap website yang saya miliki di ArdHosting. Monitoring menggunakan tools dari pingdom selama kurang lebih 3 minggu menunjukkan response time website saya bagus dan sangat stabil. Skor uptime juga lumayan bagus hingga 99.75%. Website hanya mengalami down 7-8 kali dalam waktu yang kurang dari 1 jam.

Uptime ArdHosting

Dari hasil pengecekan terhadap skor uptime dan response time yang telah saya lakukan di atas, saya bisa bilang bahwa kualitas web hosting khususnya shared hosting di ArdHosting memang sudah cukup mumpuni. Walaupun begitu, dalam skor uptime masih bisa ditingkatkan dan dijaga lagi sehingga bisa setara dengan web hosting pada Tier 1 (diatas 99.99%).

Customer Service / Layanan Pelanggan

Layanan Pelanggan merupakan hal yang lagi-lagi juga sangat penting dan wajib ada dalam sebuah layanan web hosting. Layanan pelanggan yang cepat tanggap, mudah dihubungi, bisa memberikan informasi secara lengkap serta mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan benar tentunya akan menjadi sebuah nilai plus. Karena itu dalam review ArdHosting kali ini saya akan mencoba beberapa channel layanan pelanggan atau support yang tersedia. Ardhosting sendiri menyediakan channel layanan pelanggan yang lumayan lengkap yang meliputi:

1. Live Chat
2. Ticket Support
3. Email Care
4. Hotline Telepon 24 jam.

Channel bantuan yang akan saya coba adalah live chat dan tiket support mengingat channel ini merupakan channel termudah dan paling populer untuk meminta informasi atau bantuan.

Live Chat Support ArdHosting

ArdHosting telah menyediakan layanan live chat. Layanan ini dapat Anda temui pada halaman depan bagian bawah situs websitenya. Sebelumnya saya mencoba melakukan chat pada tengah malam untuk menguji apakah ada customer service yang menjawab atau tidak. Dan ternyata dari status yang telihat hanya Technical Support dan General Info yang online.

Sayangnya pas saya mencoba baik ketik chat ke Technical Support dan General Info, saya tidak kunjung menerima balasan. Dan muncullah pesan permintaan maaf yang menyatakan customer service tidak tersedia seperti di bawah ini.

Di lain kesempatan saya mencoba lagi dengan harapan masih sama yaitu bisa melakukan chat dengan customer service. Kali ini saya melakukannya di jam kerja. Beruntung untuk percobaan kedua saya ini langsung ditanggapi dengan cepat oleh seorang Technical Support. Jawaban yang diberikan pun cukup jelas dan disampaikan dengan ramah.

Live Chat dengan ArdHosting

Pertanyaan demi pertanyaan sayapun langsung disambar dengan jawaban yang sangat jelas tanpa bertele-tele.

Secara umum saya puas dengan layanan chat live support ini. Namun ketersedianya masih perlu ditambah khususnya untuk jam-jam di luar jam kerja karena pelanggan bisa menemukan masalah kapan saja tanpa mengenal waktu.

Open Ticket Support

Saya pun mencoba menanyakan sesuatu melalui open ticket support yang berada pada halaman billingmedia untuk menguji kecepatan response customer service. Berikut ini contoh form yang saya isi.

Review ArdHosting - Ticket Support

Sayangnya pas saya klik, saya terus menerus mengalami kendala yang menyatakan saya salah memilih tipe ticket.

Setelah berulang kali mencoba dan tetap tidak bisa, sayapun menyerah dengan fasilitas layanan pelanggan melalui Open Ticket ini.

Kesimpulan dari Review ArdHosting

Ardhosting yang sudah berpengalaman 17 tahun beroperasi di Indonesia memang sudah sangat mumpuni dalam menyediakan jasa layanan web hosting. Untuk urusan harga, paket yang ditawarkan cukup terjangkau. Untuk pengguna enteprise atau premium banyak sekali layanan yang tersedia.

No body perfect, beberapa hal memang masih perlu ditingkatkan seperti kualitas uptime dan ketersediaan support pada jam-jam tertentu. Sebagai kesimpulan, ArdHosting saya rasa bisa Anda pertimbangkan sebagai salah satu pilihan yang bisa anda lirik untuk web hosting Anda, khususnya bagi Anda yang memerlukan web hosting khusus seperti hosting Windows.

Pros

  • Sudah sangat berpengalaman.
  • Variasi layanan sangat banyak.
  • Semua paket unlimited bandwith.
  • Kebanyakan paket telah menggunakan SSD sehingga akses lumayan cepat.

Cons

  • Metode pembayaran terbatas.
  • Pilihan domain terbatas hanya pada domain mainstream.
  • Kontrak tidak fleksibel untuk paket hosting kecil (UKM).
  • Customer Service susah dihubungi di luar jam kerja.

Fitur Utama

  • Paket Hosting Windows
  • Paket WordPress Kecepatan Tinggi
  • Server Teknologi Terbaru

Harga Hosting

Lokasi Server

  • Amerika Serikat
  • Indonesia
  • Singapura

Sistem Operasi Server

  • Windows logo Windows
  • Linux logo Linux

Berikan review anda

    • Dany
    • 2017-October-19th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Hostingnya cukup bagus, dipakai lancar, supportnya balas lama

    • Dewi Resti
    • 2017-November-3rd
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Terima kasih reviewnya, sangat membantu bagi saya yang mau membeli di ardhosting.

    • Songko Jati
    • 2017-November-14th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Pakai ardhosting ini gak mengecewakan gan, puas sama layanan

    • Warganet
    • 2017-November-18th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    ane setujuuuuuuuuu 100%

    • mahmud
    • 2017-November-25th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Iya bener, kadang susah banget ngehubungi customer servicenya, udah nunggu lama di chat tapi gak ada yg balas

      • Adi Novan
      • 2017-November-30th
      Reply

      Tapi ane enak2 aja gan hubungin sama cs nya, tapi emang jam-jam kerja biasa sih, belum coba chat malem2

    • ndx aka
    • 2017-November-28th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    thanks reviewnya, wajib dicoba nih hosting windows…..menarik!

    • Andi
    • 2018-January-7th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Selama ini pakai http://www.ardhosting.com, layananya cukup bagus dan reliable. Harga juga terjangkau. Customer service sangat membantu kapan saja.

    • Daffa
    • 2018-January-7th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Selalu puas dengan ardhosting, selain harganya yg murah, pelayanannya juga memuaskan, dan teknikal supportnya selalu siap siaga setiap hari selama 24 jam, sukses selalu ardhosting dan semoga kedepannya tambah banyak promo-promo menariknya ?

    • Fandy
    • 2018-January-8th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    Service yang beragam. Ada VPS windows menarik dicoba. Selama.ini pakai http://cloud.ardhosting.com sangat handal

    • ditta jaded
    • 2018-January-8th
    Reply
    Reliability Pricing User friendly Support Fitur

    hosting di ardhosting murah dan kapasitasnya juga besar, cocok banget untuk saya 😀
    recommended bgt pokoknya !!!