Dunia web hosting murah Indonesia sangat impresif. Walaupun, memang, tidak seindah negeri dongeng. Meski dijejali kejutan diskon besar, industri web hosting tetaplah bisnis pada umumnya. Sulit menemukan service sempurna di suatu paket hosting. Tak terkecuali di paket web hosting murah. Maka, pertama-tama ini realitasnya: Anda bisa mendapat web hosting murah yang memadai. Namun, Anda jangan banyak permintaan. (Nanti saya akan bahas juga batasan dari web hosting murah).

Sekarang, saya beri daftar 5 penyedia web hosting murah Indonesia:

  • Hostinger Indonesia - uptime di atas rata-rata, plus website builder Zyro
  • Niagahoster - gratis sertifikat SSL untuk semua hosting murah
  • Dewaweb - level keamanan server paling maju di jajaran Cloud hosting Indonesia
  • ArdHosting - menyediakan tawaran hosting menarik bagi penggerak UKM Indonesia
  • IDWebHost - akses area nasional cukup cepat, plus hosting harga Rp700/bulan.

1. Hostinger

Hostinger Promo Tahun BaruUptime: 100%
Response time:
247ms
Harga mulai:
Rp15.889,-/bulan

Hostinger, atau IDHostinger, barangkali punya DNA web hosting terbaik. Kemunculannya ditandai promo hosting murah gratis domain, yang saat itu terbilang cukup inovatif.

Di Indonesia, Hostinger Indonesia, sendiri telah memuncaki banyak daftar provider web hosting terbaik.

Hostinger sendiri, yang didirikan di Kaunas, Lithuania pada tahun 2004 saat ini telah dipilih 29 juta pengguna dari 178 negara. Mereka juga memiliki 8 data center di seluruh dunia. Meski sebagai provider internasional, mereka tetap bergerak di area web hosting murah, yang ada di layanan shared web hosting. Jenis layanan ini dibagi jadi 3 paket: SINGLE, PREMIUM dan BISNIS dengan tarif mulai Rp15.889,-/bulan.

Performa mengagumkan

Server Hostinger ada di Eropa. Apakah bisa diakses dengan cepat?

Apalagi kalau website Anda banyak dikunjungi warga Indonesia. Namun, perusahaan web hosting yang sempat fenomenal sebagai ‘web hosting gratis’ di awal kiprahnya di Indonesia ini, ternyata memiliki 2 opsi letak server lainnya, yaitu di Amerika Serikat dan Singapura. Otomatis, ketiga pusat server mereka telah menjangkau area geografis Amerika, Eropa dan Asia.

Response time HostingerDan dengan begitu, mereka mendapat skor response time yang keren: 247ms.

Loading time Hostinger – dibedakan antara yang ringan dan kompleks (mengandung banyak obyek gambar, CSS, dan sebagainya – juga tidak terlalu mencolok. BitCatcha bahkan memberi nilai 'A' untuk tingkat performa server Hostinger.

Dan Anda akan menemukan sebuah server yang reliable di Hostinger. Kenapa? Karena uptime mereka sempurna... 100%! Sudah nggak bisa lebih lagi. Ini menunjukkan bahwa konsistensi server IDHostinger tidak perlu jadi pertanyaan.

Hostinger uptime resultsNah, apakah kecepatan super ini bakal terdukung oleh fitur yang akomodatif? Saya lihat, sih, begitu. Untuk sistem shared web hosting termurah, SINGLE, Anda akan mendapat jatah disk space 10GB dengan bandwidth 100GB. Itu hanya bisa dipakai untuk hosting 1 website, dan Anda juga belum akan mendapat domain gratis.

Khusus soal domain, Hostinger secara khusus baru menawarkan ekstensi domain .xyz dan .com. Anda belum bisa beli ekstensi .id di Hostinger.

Website Builder

Website builder HostingerIDHostinger bekerja sama dengan website builder Zyro.

Website builder ini bisa membantu pengguna membuat website pribadi, bisnis maupun toko online (eCommerce). Fitur ini sangat berguna bila Anda perlu membuat website dalam waktu cepat (di Hostinger, hanya perlu 5 menit).

Template website builder menawarkan premium experience dan berkelas bagi kebanyakan orang. Apalagi, dengan website builder, Anda tidak perlu jadi ahli terlebih dahulu untuk membuat website  keren. Anda tinggal pilih template yang Anda suka. Sisanya, Anda bisa ganti konten halaman muka (homepage), kontak bisnis, dan lain sebagainya.

2. Niagahoster

Halaman muka NiagahosterUptime: 99,98%
Response time:
269ms
Harga mulai:
Rp19.800,-/bulan

NIagahoster baru muncul pada tahun 2013 (bandingkan dengan Hostinger yang berdiri pada 2004). Namun, 5 tahun ternyata mampu dipakai Niagahoster untuk lepas landas. Niagahoster kini menjadi salah satu pioneer terdepan web hosting murah Indonesia dengan server Indonesia IIX.

Web hosting murah Indonesia dari Niagahoster terdapat di bagian Web Hosting Indonesia. Anda bisa memilih dari 4 paket: Bayi, Pelajar, Personal dan Bisnis, yang dibanderol dengan harga hosting mulai Rp19.800,-/bulan.

Garansi Uptime 99,98%

Janji itu seremeh remah-remah gorengan. Maka, ketika Niagahoster berani berjanji, alias menggaransi, uptime 99,98%, mereka tahu benar apa yang mereka katakan. Karena, untuk uptime setinggi itu, praktis hanya boleh ada 0,02% waktu downtime, alias dalam 1 bulan hanya boleh terjadi downtime... 8 menit, 46 detik!

Dan... hasil tes Niagahoster berhasil menjawab tantangan tersebut.

Uptime NiagahosterAnda tidak salah lihat. Di atas kertas, uptime server Niagahoster 99,99%. Lebih tinggi dari yang mereka garansikan.

Hal penting lainnya adalah kinerja Page Load Time Niagahoster. Ini adalah waktu rata-rata yang dibutuhkan pengunjung dalam membuka suatu halaman website. Makin cepat Page Load Time, maka makin bagus kecepatan hosting tersebut.

Response time Niagahoster via bitCachaDalam hal Page Load Time (PLT), Niagahoster menunjukkan hasil cukup tinggi, yaitu 12ms. Kecepatan membuka halaman situs web diawali oleh Response Time (Ping), yang biasanya dicek berdasarkan kecepatan respon ping dari berbagai server dunia. Hasilnya ada di sebelah kiri ini.

Uptime tinggi, kecepatan respon dan loading time tentu bagus untuk skor website mobile-friendly.

SSL Gratis

Secured Socket Layer (SSL) adalah fitur proteksi data pada sebuah halaman web. Jika, Anda melihat ke browser Anda sekarang, ada tanda gembok hijau di samping alamat web Web Hosting TerBaik. Itulah tanda web ini dilindungi SSL, atau nama lainnya, HTTPS. SSL melindungi data penting, misal, password atau nomor kartu kredit, dari aksi pencurian.

Hosting murah gratis SSL niagahosterNiagahoster membuat satu gebrakan menarik dengan mengintegrasikan sertifikat SSL gratis ke semua paket hostingnya.

Bahkan paket web hosting murah, Paket Bayi (seharga Rp19.800,-/bulan), sudah dilengkapi dengan SSL gratis. Fitur ini menguntungkan situs toko online atau website bisnis yang menjalankan aktivitas transaksi pembayaran.

Selain SSL, masih ada fitur keamanan premium di Niagahoster. Ada perlindungan terhadap hacking/pishing lewat fitur BitNinja Smart Security. Meskipun, untuk dedicated IP address dan Private Name Server yang lebih aman hanya diberikan untuk aket hosting tertentu saja.

3. Dewaweb

Hosting terbaik DewaWebUptime: 100%
Response time:
380-1.100ms
Harga mulai:
Rp15.000,-/bulan

Teknologi cloud hosting makin populer di era 2010-an. Di Indonesia, sistem hosting cepat ini digaet oleh salah satunya Dewaweb. Mereka berdiri sejak tahun 2014 dan kini telah dipercaya oleh lebih dari 20.000 pelanggan di Indonesia.

Di dalam sebuah perusahaan cloud hosting seperti Dewaweb, Anda bisa berekspektasi tinggi perihal fitur. Misal, provider ini menggunakan teknologi HP Blade System, SSD, HTTP/2, hingga TIme Machine Backup.

Cloud hosting masih dikelaskan sebagai fitur mahal. Namun, Anda masih punya opsi web hosting murah Indonesia di shared cloud hosting Dewaweb. Ada 4 opsi: Paket SCOUT, HUNTER, WARRIOR dan GUARDIAN, dengan harga hosting termurah (Paket SCOUT) Rp15.000,-/bulan.

Uptime Sempurna: 100%

Uptime DewawebKami tidak terlalu kaget saat skor uptime server Dewaweb memunculkan angka 100%, sempurna. Secara teknis, itulah keunggulan dari teknologi cloud hosting.

Dan uptime ini terus konsisten selama 30 hari pengetesan.

Di sisi lain, response time hosting Dewaweb tidak terlalu mengecewakan. Rata-rata berkisar antara 380ms hingga 1.100ms untuk membuka halaman web.

Response Time DewawebPosisi pengguna memberi pengaruh. Server Dewaweb lebih cepat merespon pengguna di area Asia, diikuti wilayah Eropa dan Amerika. Namun, permasalahan ini umumnya bisa diatasi dengan layanan Content Delivery Network (CDN), contohnya adalah Cloudflare.

Sementara itu, hosting termurah Dewaweb adalah jenis shared hosting. Di sini hambatannya adalah soal pembagian kapasitas server. Anda akan mendapat bagian kecil CPU Power dan Memory. Seperti contoh, paket termurah, SCOUT, memberi Anda jatah 0,5 Core dan 128 MB. Kapasitas ini umumnya sudah mentok untuk blog minimalis dengan pengunjung yang masih sedikit.

Ingin bikin toko online atau blog pribadi?

Anda bisa memilih 3 paket lainnya. Paket tersebut memberi kuota resource lebih besar dengan fitur Addon Domains (yang tidak disediakan bagi paket SCOUT).

Keamanan server kelas berat

Security dari Dewaweb

Seluruh Cloud server Dewaweb dijaga ketat. Fitur Imunify360 AI Security adalah lapisan utama security berbasis Artificial Intelligence (AI) dari server Dewaweb. Sistem ini 'bisa belajar sendiri' mengantisipasi ancaman siber terbaru. Kemudian, sSertifikasi ISO27001. Sertifikasi ini bukti bahwa Dewaweb berkomitmen tinggi menjaga informasi dan data klien sesuai standar prosedur yang telah ditetapkan.

Ketiga, optimasi hardware kelas atas ala cloud computing. Sebut saja MailChannels Cloud SMTP Relay untuk memastikan email Anda akan masuk ke inbox Anda (bukan Spam/Junk), SSL Grade A, HP Blade Servers, Time Machine Backup (yang menyalin-simpan data Anda setiap hari), hingga Quick Healing Network yang membuat cloud server Dewaweb bisa menyembuhkan diri secara cepat ketika ada problem teknis.

4. ArdHosting

Website ArdHostingUptime: 99,94%
Response time:
1.747ms
Harga mulai:
Rp18.300//bulan

Ardhosting mengemuka di tahun 2000 dan langsung menjadi satu pemain tangguh industri web hosting Indonesia. Mereka fokus pada layanan web hosting dan registrasi domain.

Portfolio klien ArdHosting bisa membuat ragu: 'memangnya ada web hosting murah di ArdHosting?' Klien korporat sekelas Pertamina Retail, Garuda Food dan Mustika Ratu tentu terbilang korporasi nasional, yang sudah biasa memakai produk hosting mahal. Tapi, ternyata masih ada kesempatan di ArdHosting.

Dan web hosting murah Indonesia ini memang khusus untuk pelanggan Indonesia.

Ada 3 menu dengan tawaran hosting murah gratis domain: Paket UKM, WordPress, dan E-Commerce. Harga termurahnya ada di Rp18.300,-/bulan untuk Paket UKM.

Web Hosting Murah Gratis Domain

ArdHosting menawarkan web hosting murah Indonesia untuk penggerak UKM.

Hosting UKM ArdHosting

Tidak hanya mendapat fasilitas SSD disk space 250 MB, dengan ongkos paket termurah (dibayar langsung untuk 1 tahun, atau Rp220.000,-/tahun), Anda sudah akan mendapat fitur 90 email per jam, Litespeed, SSL gratis dan domain gratis. Ekstensi domain gratis disediakan untuk domain .com, .net, .org, .biz, .info, .web.id dan .or.id. Artinya, bila sudah beli hosting di ArdHosting, Anda sudah akan bisa memiliki website dan berangkat jualan online.

ArdHosting mendesain platform harga Paket UKM menjadi bervariasi. Dengan membayar sedikit lebih mahal, Anda akan mendapat opsi seperti disk space lebih besar, pilihan durasi sewa lebih singkat (6 bulan saja), hingga bandwidth yang tidak terbatas.

Uptime 99,94% menutupi kelemahan Response Time

Uptime ArdHostingSkor uptime hostingmurah Indonesia di sini menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Hasil pengecekan dari situs monitoring selama 2.729 hari (atau lebih dari 7 tahun) menunjukkan uptime score ArdHosting bisa setinggi 99,94%.

Secara rentang waktu, rata-rata server ArdHosting hanya offline selama 5-6 jam per tahun. Ini angka yang cukup baik.

Sementara itu, skor response time ArdHosting terlihat kurang memuaskan. Dalam membuka satu website WordPress yang kompleks dibutuhkan waktu 1.754-1.848ms. Bandingkan gap antara response time tersebut dengan response time standar, yaitu 1 detik. Semakin besar gap, makin pngguna akan semakin menyadari bahwa terjadi delay di website Anda - dan itu bukan hal yang baik.

5. IDwebhost

Website IDwebhostUptime: 99,5%
Response time:
1.054ms
Harga mulai:
Rp700,-/bulan

Berdiri sejak 2004, IDwebhost telah memiliki klien aktif lebih dari 75.000 pengguna dengan domain hingga sejumlah 122.000 domain aktif. Angka yang cukup menjanjikan untuk sebuah server lokal.

Hosting IDWebHost memakai sistem operasi Linux. Sistem ini dinilai memiliki keamanan tinggi kkarena berbasis pada Unix, sistem yang didesain sebagai platform multiuser (open source).

Lalu, seperti apa web hosting murah di IDWebhost?

Nah, opsi web hosting murah Indonesia Anda di IDwebhost terdapat pada pilihan Shared Hosting. Ada 4 paket hosting: Personal, Cute, Awesome dan Fantastic, dengan harga hosting termurah (Personal) serendah Rp700,-/bulan. Tak bisa dipungkiri, paket Personal IDwebhost adalah yang termurah sejauh ini.

Siapa Cocok Pakai IDwebhost?

Perbandingan paket IDwebhost

Paket Personal IDwebhost (Rp700/bln) terkesan terlalu murah, bukan? Awalnya, saya sendiri khawatir server semurah ini hanya akan memberi saya masalah, alih-alih kenyamanan.

Namun, mari kita lihat secara seksama.

Dengan harga Rp700,-/bulan, hosting murah Indonesia Anda diberi disk space 90 MB dan bandwidth 1 GB. Itu saja. Anda tidak akan mendapat fitur penting lainnya, misal, domain & SSL gratis, POP3 email, bahkan template website gratis. Otomatis, paket Personal IDwebhost tidak akan cocok untuk website profesional. Ia akan lebih pas bila dipakai sebagai bahan belajar, misalkan, untuk hosting website yang Anda buat manual dengan HTML atau CSS.

Website yang lebih serius bisa memakai paket lain. Misal, Paket Cute (Rp13.500,-/bulan) ke atas. Dari paket termurah, minimal Anda sudah mendapat disk space 2 GB dengan bandwidth tak terbatas. Anda juga sudah mendapatkan fitur premium yang tadi absen di paket Personal (kecuali fitur Auto Weekly Backup dan Cloudflare.cdn yang baru tersedia untuk paket Awesome ke atas).

Jadi, pertama-tama, akan lebih baik bila Anda tahu tujuan website Anda sebelum sewa web hosting murah IDWebHost..

Uptime mudah goyah, meski Response Time lumayan

OK, kita sisihkan fakta murahnya harga hosting IDwebhost. Mari kita lihat kinerja server mereka.

Uptime IDwebhostSeperti saya sampaikan di atas, hosting termurah IDWebHosting tidak cocok untuk web profesional.

Terlalu banyak resiko berkaitan dengan reliabilitas.

Secara teknis, skor uptime 99,76% mengindikasikan server setidaknya akan down selama 3 menit, 27 detik setiap harinya. Dalam kurun waktu 30 hari, bahkan skor ini menurun jadi 99,5%. Website Anda akan berada pada performa yang inkonsisten dengan uptime seperti itu.

Response time IDwebhostNamun, sebaliknya, server IDwebhost ternyata cukup baik dalam skor response time. Setelah dites menggunakan alat tes Bitcatcha, Cepatkah dan Pingdom, server ini mampu mendapat skor pemuatan halaman 1.053ms

Kombinasi uptime + response time yang unik...

Dua Jenis Web Hosting Murah Indonesia

Suatu produk hosting terbilang sempurna jika memenuhi 3 prasyarat berikut: Praktis, Cepat, dan Murah.

Namun, itu cukup mustahil.

Di dunia riil, hosting provider terbaik umumnya mentok memadukan dua elemen saja.Pilihannya, antara (1) hosting murah + kecepatan tinggi atau (2) hosting murah + ekstra praktis (domain gratis, banyak fitur).

1. Web Hosting Murah + Cepat

Anda tetap akan menemukan, bahwa di web hosting murah Indonesia yang fokus pada kecepatan server, fitur mereka tetap bukan fitur kadaluarsa. Contohnya terdapat di provider Hostinger, Niagahoster dan Dewaweb. Masing-masing dari provider ini fokus pada aspek tertentu di luar kecepatan.

Hostinger condong pada reliabilitas dan pemanduan bagi pengguna pemula. Niagahoster unggul di penyediaan SSL gratis dan Customer Support. Sementara, Dewaweb sangat kredibel di bidang pengamanan server dan data pengguna.

2. Web Hosting Murah + Praktis

Demikian pula, web hosting murah Indonesia yang fokus pada kekayaan fitur, pada umumnya tidak lantas menelantarkan kinerja server – meskipun, yah, tidak secepat yang Anda harapkan. Provider semacam ArdHosting dan IDwebhost memiliki kekuatan server yang tetap fungsional, meskipun Anda akan lebih tertarik menggunakan kekayaan fitur mereka.

Cara Optimasi Web Hosting Murah Indonesia

Hosting murah itu bukan berarti kerjanya murahan. Performa hosting murah bisa lumayan bila digunakan sesuai porsi dan dioptimasi secara efektif.

Ini 4 hal agar hosting murah terasa mewah.

Optimasikan website1. Optimasi website Anda.

Kurangi aset dari local data, seperti gambar, CSS/HTML dan aset sejenis. Dengan begitu loading time website Anda akan lebih baik. Page caching juga fitur yang patut dicoba. Mayoritas CMS sudah dilengkapi plugin yang menyediakan layanan ini, sehingga mempermudah Anda untuk mengurangi beban server dan mempercepat loading.

Data pengguna2. Pasang plugin Data Logging.

Jika Anda mengumpulkan data pengguna Anda, kemungkinan Anda juga memakai plugin di CMS. Ada 2 cara utama agar penggunaan plugin bisa efekti. Yaitu, (1) ubah storage engine Anda ke InnoDB dan/atau (2) hapus data yang tidak penting/kadaluarsa secara rutin.

Nantinya, data bisa tersimpan, tapi tidak membebani server Anda.

3. Optimasi gambar.

Image resize

Berikut ini fakta soal gambar website.

Semakin besar ukuran gambar, semakin lama proses loadingnya. Kemudian, semakin banyak gambar di satu halaman situs, makin lama loading time situs Anda. Di sini, fitur kompresi gambar akan membantu memperkecil ukuran image dan mempercepat loading situs Anda.

4. Kelola penggunaan disk space.

3D Render of Cloud Drive IconBahkan untuk paket dengan disk space berukuran gigabyte (GB), kuota hosting Anda bisa terlihat kecil setelah beberapa bulan penggunaan. Ada 4 elemen yang bisa menyebabkan kuota Anda menipis dengan cepat:

  • Software/Apps: Apakah aplikasi (dan script) yang Anda pasang/simpan semakin berat?
  • Database: Apakah ukuran konten dan feedback pengunjung semakin besar (seiring makin populernya situs Anda)?
  • Akun webmail: Apakah besar email yang masuk sudah hampir mentok limit?
  • Website: Apakah Anda menambah sub-situs ke akun Anda?

File atau script yang tidak Anda gunakan, lebih baik dihapus saja. Dan alih-alih meng-upgrade software, Anda bisa mencari alternatif yang lebih ringan. Hal ini banyak terjadi untuk skema WordPress hosting.

RankNama HostingFiturUptime/Response TimeHarga mulai
#1HostingerWebsite Builder   100%/242msRp15.889,-/bulan
#2NiagahosterSSL Gratis99,98%/269msRp19.800,-/bulan
#3DewawebCloud hosting100%/380msRp15.000,-/bulan
#4ArdHostingSSD, Litespeed99,94%/1.747msRp18.300,-/bulan
#5IDwebhostDomain & SSL gratis99,5%/1.054msRp700,-/bulan
Gabriel (Ig: @gb.g.m) antusias mengikuti perkembangan terkini dunia web hosting dan SEO writing. Ia juga menulis cerpen eksperimental, dan esai imajinatif, di blog Tempat Duduk.

Leave a Comment

  1. Jancukers Alons picture Jancukers Alons
    2018-November-2nd
    Balas

    WAAHHHHH APIK KI REK!!! idwebhosting 700 rupiyah per bln! Kui ndobos rak cak?

  2. Dewi Durgalestari picture Dewi Durgalestari
    2018-November-2nd
    Balas

    Ini nih, murah tapi yang gak murahan. Percaya gw. Setahun 2 bulan ini gw pake Hostinger, dan lumayan sih. lancar dan nggak pernah telat ngerespon. Akhir-akhir ini gw cek harganya Hostinger naik-turun (pernah paling murah 11.000 per bulan brooooooo). Mas Gabriel, kabar-kabar lah kalo harga hostinger lagi bersahabat…

  3. Noii Sequeira picture Noii Sequeira
    2018-November-2nd
    Balas

    Pendafatarannya susah nggak, kak? Harus pake akun credit card atao paypal?

  4. Bondi Yuwono picture Bondi Yuwono
    2018-November-2nd
    Balas

    Hosting 700 rupiah 😀 tapi belum pake SSL yah. Sama aja, ujung-ujung perlu keluar 150.000. Belum nanti beli domain, 100rban lagi.

  5. Rika Melati picture Rika Melati
    2018-Oktober-29th
    Balas

    Kesimpulanny, Hstinger ud all-in, y mas? Memangnya gk smoa host kasih web builder, kah?

  6. Yoni Bawono picture Yoni Bawono
    2018-Oktober-22nd
    Balas

    Salam knal mas Gabriel.
    Mas, ada saran tidak, saya masih belum yakin mau sewa Niagahoster atau Hostinger. Niagahoster server lokal, tapi paket Premiumnya lumayan (apalagi dapat sertif SSL). Kalo Hostinger… host internasional, tapi kalo di Indonesia performanya gimana ya? Saya masih belum mantep antara keduanya nih.

  7. Rujak Cileungsi picture Rujak Cileungsi
    2018-Oktober-8th
    Balas

    Boss… kek nya gw mo migrasi host ni. Ada alternatip slaen hostinger? Mahal cuyy…Ato emang standar harganya udah segitu aja? Nggak ada yang lebih murah? Duh, sorry boss kalo banyak tanya. Soalnya, kek berat uga gitu omzet belum stabil (tau ndiri kan gua jualan apaan… rujak wkwkwk), mo gw bikin sampingannya gituuuu… smacam food blog zadesss. Ya gitulah; kalo biaya mahal, entaran aja deh bikin webnya…

  8. Don Worilelo picture Don Worilelo
    2018-Oktober-8th
    Balas

    Sy ud lama pakai Niagahoster utk host webste barang antique. Lumayan, nggak pernah mandeg di jam-jam critical (momen musim nikah September lalu banyak yang cari koin kuno). Kyknya sy ud cuocok di Niaga.

  9. Dante Alfonsa picture Dante Alfonsa
    2018-Oktober-8th
    Balas

    Jadi, prinsipnya nggak perlu harddisk besar-besar ya, mas? Optimalnya berapa?
    Jadi penasaran, kalo hosting gratis ada gak mas Rendra? :)))

Get new blog posts by email: